petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

jamslot777

pinjaman dana shopee 170Jutaan kata 135139Orang-orang telah membaca serialisasi

《jamslot777》

PT Dirgantara Indonesia Akui Cicil Gaji Karyawan******

Dirut PTDI mengatakan manajemen telah mengomunikasikan keadaan ini dan disepakati bersama serikat pekerja untuk pembayaran gaji secara bertahap.
Ilustrasi. Pekerja menyelesaikan produksi pesawat NC 212i di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022) (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan usaha milik negara (BUMN) bidang industri pesawat terbang, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengakui mencicil gaji karyawannya pada November 2023.

Sebelumnya dikabarkan terjadi penundaan pembayaran gaji di BUMN tersebut. Direktur Utama PT DI Gita Amperiawan menegaskan tak ada pemotongan gaji karyawan, hanya pencicilan pembayaran.

"Gaji karyawan PT DI tidak dipotong, melainkan dilakukan pembayaran secara bertahap," kata Gita dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/12) seperti dikutip dari Antara.

Lihat Juga :
Pertamina Buat 48 SPBU Temporer di Tol Trans Jawa-Sumatera Saat Nataru

Meski demikian, Gita menyampaikan bahwa kondisi yang dialami saat ini dipastikan hanya sementara, dan terkait pembayaran upah secara mencicil tersebut telah disepakati bersama para pekerja.

"Manajemen PTDI telah mengomunikasikan keadaan ini, dan disepakati bersama serikat pekerja untuk pembayaran gaji secara bertahap," ujarnya.

Manajemen PTDI, ujar dia lagi, saat ini tengah melakukan upaya percepatan yang dapat mendorong perbaikan arus kas perusahaan.

"Sehingga diharapkan dalam waktu relatif singkat arus kas dapat membaik dan pembayaran gaji karyawan dapat kembali normal sebagaimana mekanisme semula," katanya tanpa menerangkan lebih detail upaya yang dilakukan.

Diinformasikan, upah seluruh karyawan PTDI untuk November 2023, baru dibayar rata sebesar Rp1 juta.

Soal tertundanya pembayaran gaji tersebut, sebelumnya disampaikan Direksi PT DI melalui surat edaran tanggal 23 November 2023 tentang Pembayaran Gaji Bulan November 2023.

Semula gaji seluruh karyawan akan dibayarkan pada 15 Desember 2023, tapi hingga tanggal tersebut, dana untuk membayar gaji karyawan masih berproses.

Lihat Juga :
ANALISISJanji Ekonomi Cak Imin, Gibran, Mahfud, Siapa Paling Menjanjikan?

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM PTDI Wildan Arief menjelaskan tadinya pembayaran gaji penuh kepada para karyawan akan dilakukan dengan dana dari hasil penjualan persediaan material tidak terpakai (dead stock), serta penerimaan uang muka dari customer.

Tapi tidak dijelaskan, pihak customer mana yang memiliki kewajiban pembayaran ke PT Dirgantara Indonesia. 

Dalam beberapa waktu terakhir, PT DI menyerahkan sejumlah pesawat dan helikopter pesanan Kementerian Pertahanan.

(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Respons Kemnaker dan Kantor Luhut soal Ledakan Tungku Smelter PT ITSS******

Kemnaker dan Kemenko Kemariman dan Investasi akan menerjunkan tim untuk mengusut penyebab meledaknya tungku smelter PT ITSS.
Kemnaker dan Kemenko Kemariman dan Investasi akan menerjunkan tim untuk mengusut penyebab meledaknya tungku smelter PT ITSS. ( Dok.katsaing ketua Exco Partai Buruh Kab Morowali via CNBC Indonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaanbuka suara soal ledakan tungku smelteryang terjadi di PTITSS, Sulawesi Tengah. Kemnaker juga menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa tersebut.

Melalui Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kemnaker Haiyani Rumondang, mereka menyatakan akan menurunkan tim pengawas ketenagakerjaan pada Senin (25/12) ini untuk mengetahui masalah yang terjadi.

"Merespons kejadian kecelakaan tersebut, Kadisnaker Provinsi Sulawesi Tengah langsung menurunkan Tim Pengawas Ketenagakerjaan. Tim Pengawas Ketenagakerjaan Kemnaker juga akan turun Senin," ucap Haiyani, Minggu (24/12) malam.

Kementerian yang dikomandoi oleh Luhut Panjaitan itu akan menerjunkan tim untuk mengusut penyebab tungku smelter yang meledak di Morowali. Tim akan berangkat Selasa (26/12) atau Rabu (27/12).

"Iya Selasa/Rabu ini berangkat," kata Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Hario Seto, Minggu (24/12) seperti dikutip dari detik.com.

Tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) meledak hingga menewaskan 13 orang pekerja pada Minggu (24/12) kemarin.

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Agus Nugroho menerangkan bahwa kecelakaan tersebut terjadi bermula ketika tim teknis dari PT ITSS akan melakukan perbaikan terhadap salah satu tungku feronito yang ada di lantai dua gedung PT ITSS.

"Pada saat tim teknis melakukan pembongkaran terhadap tungku yang dimaksud, terjadi ledakan disertai dengan semburan api yang mengakibatkan terjadinya kebakaran," kata Agus saat memberikan keterangan persnya, Minggu (24/12) malam.

Setelah kejadian itu, kata Agus pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan proses penyelidikan kejadian tungku smelter yang meledak tersebut dengan melibatkan tim Laboratorium Forensik Polri.

"Saat ini kita juga sudah membentuk tim penanganan penyelidikan terhadap perkara ini dengan melibatkan dari polda dengan tim laboratorium dari Makassar," jelasnya.

Selain itu, kata jenderal bintang dua ini pihaknya juga telah mengerahkan tim DVI Polda Sulteng untuk membantu mengindentifikasi para korban meninggal maupun luka-luka.

Haiyani mengatakan ledakan terjadi karena memang industri smelter termasuk industri dengan risiko bahaya tinggi. Karena itu untuk mencegah bahaya, perusahaan wajib menerapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang tinggi. 

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Erick Thohir Bubarkan 7 BUMN Tahun Ini******

Menteri BUMN Erick Thohir membubarkan 7 perusahaan pelat merah selama 2023.
Menteri Menteri BUMN Erick melaksanakan titah Presiden Jokowi untuk membubarkan 7 perusahaan pelat merah di 2023. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir membubarkan 7 perusahaan pelat merah di 2023. Ia melaksanakan titah Presiden Joko Widodo untuk melikuidasi sejumlah BUMN

Rencana pembubaran 7 BUMN itu mulanya diumumkan Erick pada 2021 lalu. Ia menyebut alasannya adalah perusahaan negara tersebut sudah lama tidak beroperasi, meski masih mempekerjakan karyawan.

"Sekarang yang perlu ditutup 7 (BUMN) yang sudah lama tidak beroperasi. Zalim kalau jadi pemimpin tidak memberikan kepastian," ucap Erick pada September 2021.

1. PT Merpati Nusantara Airlines (Persero)

Pembubaran Merpati Nusantara Airlines dilakukan Presiden Jokowi pada 20 Februari 2023. BUMN yang didirikan pada 6 September 1962 itu sudah tidak beroperasi sejak 2014 lalu.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2023 tentang Pembubaran Perusahaan Perseroan PT Merpati Nusantara Airlines menjelaskan alasan kuat pembubaran maskapai pelat merah itu.

"Perusahaan Perseroan (Persero) PT Merpati Nusantara Airlines yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 1971 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Negara (P.N.) Perhubungan Udara Daerah dan Penerbangan Serbaguna 'Merpati Nusantara' menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) bubar karena dinyatakan pailit," tulis pasal 1 beleid tersebut.

Pailitnya Merpati Airlines sebelumnya diputuskan dalam Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 5/Pdt.Sus Pembatalan Perdamaian I 2022/ PN. Niaga Sby Jo Nomor 4/Pdt.Sus-PKPU/20l8/PN.Niaga Sby tertanggal 2 Juni 2022.

2. PT Kertas Leces (Persero)

Kertas Leces dibubarkan pada hari yang sama dengan pembubaran Merpati Airlines. Pembubaran tertuang dalam PP Nomor 9 Tahun 2023 tentang Pembubaran Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kertas Leces.

"Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kertas Leces yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun l982 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Negara Kertas Leces Menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) bubar karena dinyatakan pailit," bunyi pasal 1 pp itu.

Penyelesaian pembubaran Kertas Leces, termasuk likuiditas, dilaksanakan paling lambat 9 tahun sejak perusahaan dinyatakan pailit. Kepailitan perseroan diputuskan di PN Surabaya pada September 2018 lalu.

Di lain sisi, seluruh kekayaan sisa hasil likuidasi perseroan disetorkan ke kas negara.

3. PT Istaka Karya (Persero)

BUMN Konstruksi ini didirikan pada 1979 dengan nama awal Indonesian Consortium of Construction Industries (PT ICCI). Sayang, Istaka Karya dibubarkan pada 17 Maret 2023 lalu.

Presiden Jokowi meneken PP Nomor 13 Tahun 2023 tentang Pembubaran Perusahaan Perseroan (Persero) PT Istaka Karya. Alasannya, perusahaan pailit berdasarkan putusan PN Jakarta Pusat pada Juli 2022.

"Semua kekayaan sisa hasil likuidasi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Istaka Karya sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 disetorkan ke kas negara," jelas pasal 4 beleid tersebut.

Penyelesaian pembubaran Istaka Karya, termasuk likuidasi, dilaksanakan paling lambat 5 tahun. Proses terhitung sejak perseroan dinyatakan pailit.

4. PT Industri Sandang Nusantara (Persero)

Pembubaran ISN berbarengan dengan Istaka Karya. Keputusan ini ditetapkan melalui PP Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pembubaran Perusahaan Perseroan (Persero) PT Industri Sandang Nusantara.

Berdiri pada 1961, ISN diharapkan bisa memenuhi kebutuhan sandang di Indonesia dengan fokus produksi pemintalan benang dan pertenunan nasional. Apes, perseroan malah menjadi 'pasien' PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) dengan suntikan dana Rp26 miliar.

Pembubaran PT Industri Sandang Nusantara, termasuk likuidasi, harus diselesaikan paling lambat 6 tahun, terhitung sejak pengundangan peraturan pemerintah tersebut.

Lanjut ke halaman sebelah...

Produsen Kertas hingga Pembiayaan Kapal Niaga Dilikuidasi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:apk paylater

Perbarui waktu:2024-06-03

Daftar bab terbaru
bayar kredivo via shopee
togel orang gila
00 slot
bocoran togel
trik main slot olympus maxwin
alamat slot terbaru
kumpulan situs slot tergacor
slot jp malam ini
cara pinjam di brimo
Daftar isi semua bab
Bab 1 betviva
Bab 2 supplemental bonus vs regular bonus
Bab 3 surya123
Bab 4 slot gacor malam ini terbaru
Bab 5 taipan99
Bab 6 vbola76
Bab 7 tafsir mimpi 39
Bab 8 slot gacor judi online
Bab 9 bonus 4d slot
Bab 10 pola maxwin bet 200
Bab 11 sparta play88
Bab 12 judi slot online terbesar
Bab 13 situs slot jitu
Bab 14 prediksi forum togel wap
Bab 15 slot paling maxwin
Bab 16 mantulwd808
Bab 17 cara dapat duit gratis dari dana
Bab 18 jam gacor bonanza xmas
Bab 19 pinjam ilegal cepat cair
Bab 20 bonus new member tanpa deposit
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7845bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Gerbang Bayangan Langit

aplikasi beli hp kredit
Kereta api cepat China baru berkecepatan 350 km per jam resmi beroperasi di Sichuan pada Selasa (26/12) kemarin.
Kereta api cepat China baru berkecepatan 350 km per jam resmi beroperasi di Sichuan pada Selasa (26/12) kemarin. Ilustrasi.Foto: REUTERS/Aly Song
Jakarta, CNN Indonesia--

Kereta api cepat China baru berkecepatan 350 km per jam resmi beroperasi di Sichuan pada Selasa (26/12) kemarin.

Mengutip Xinhua, kereta api cepat anyar itu menghubungkan Chengdu yang merupakan ibu kota Sichuan, dengan kota Zigong dan Yibin.

"Kereta api berkecepatan tinggi Chengdu-Zigong-Yibin memiliki kecepatan 350 km per jam dan mempunyai 12 stasiun di sepanjang jalur 261 km," tulis laporan tersebut, dikutip Rabu (27/12).

Pemerintah Tiongkok kereta api cepat China bisa memangkas waktu tempuh bagi orang di kota-kota, seperti Yibin dan Zigong yang berada di selatan Sichuan.

Selain itu, daerah lain di provinsi tetangga, yakni Yunnan dan Guizhou, diharapkan dapat lebih terintegrasi ke dalam perekonomian Chengdu-Chongqing.

Zhang Zongwei selaku kepala perusahaan kereta api Chengdu-Zigong-Yibin mengakui medan yang rumit dalam proyek ini. Oleh karena itu, jalur baru ini mempunyai 231 jembatan dan 29 terowongan.

Transportasi ini menjadi bagian dari jaringan kereta api cepat di China, yang berpusat pada delapan jalur vertikal utama penghubung daerah utara dan selatan, serta delapan jalur horizontal yang menghubungkan timur dan barat.

Perkembangan kereta api di China memang semakin melesat belakangan ini. Banyak peluncuran jalur kereta api yang bertujuan mendorong pembangunan ekonomi dan sosial di dalam hingga luar negeri.

Per akhir November 2023, total jarak tempuh pengoperasian jaringan kereta api Tiongkok melebihi 155.500 km. Capaian ini termasuk 43.700 km jalur kereta api berkecepatan tinggi.

Selain membangun infrastruktur kereta di negeri sendiri, China juga menggarap proyek kereta cepat di Indonesia. Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh yang resmi beroperasi sejak awal Oktober 2023 menjadi salah satu contoh karyanya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Permainan kiamat akan datang

slot r
KAI Commuter mencatat 2.797.230 penumpang naik kereta rel listrik (KRL) pada libur dan cuti bersama Natal 2023 (23-26 Desember 2023).
KAI Commuter mencatat 2.797.230 penumpang naik kereta rel listrik (KRL) pada libur dan cuti bersama Natal 2023 (23-26 Desember 2023). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

KAI Commuter mencatat 2.797.230 penumpang naik kereta rel listrik (KRL) pada libur dan cuti bersama Natal 2023(23-26 Desember 2023).

Adapun volume tertinggi selama libur Natal 2023 yaitu pada Minggu 24 Desember sebanyak 719.947 orang. Sedangkan pada 25 Desember data mencatat terdapat 643.630 orang dan 26 Desember sebanyak 673.313 orang.

"Terpantau juga pergerakan pengguna pada libur Natal ini mulai pukul 09.00-11.00 WIB dan mulai pukul 15.00-18.00 WIB," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan tertulis, Rabu (27/12).

Sementara itu Stasiun Jakarta Kota sebanyak 140.489 orang dan Stasiun Tanah Abang sebanyak 131.196 orang.

Untuk menghadapi malam pergantian tahun baru, KAI Commuter akan mempersiapkan 24 perjalanan tambahan Commuter Line Jabodetabek khusus pada 31 Desember 2023 malam.

"Untuk update perjalanan tambahan tersebut bisa dilihat melalui aplikasi C-Access," pungkas Anne.

Anne mengimbau kepada pengguna KRL yang sedang batuk atau flu atau yang sedang hamil untuk menggunakan masker demi kesehatan bersama. KAI Commuter juga menyediakan fasilitas-fasilitas kesehatan untuk digunakan saat diperlukan.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Bepergian melintasi surga dan jadilah dewa jahat

mbo4d
Beli buah-buahan segar seperti semangka merah hemat banget di Transmart karena ada diskon 20 persen setiap hari!
Beli buah-buahan segar seperti semangka merah hemat banget di Transmart karena ada diskon 20 persen setiap hari! (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau beli buah semangka yang banyak buat stok di rumah? Nggak perlu nunggu gajian lagi deh, karena sekarang beli buah-buahan segar di Transmart pasti ada diskon terus sampai 20 persen setiap hari.

Syarat dapat semangka dengan harga murah di Transmart ini gampang, kamu cukup menjadi salah satu nasabah dari ketiga bank yang direkomendasikan, yaitu Allo Bank, Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Lihat Juga :
Transmart Banjir Promo Setiap Hari, Produk Segar Diskon 20 Persen!

Apabila pembayarannya tidak menggunakan Allo Prime, Kartu Kartu Kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah, pembelian semangka berlaku harga promo.

Yuk, segera downloadAllo Bank sekarang supaya bisa menggunakan Allo Prime untuk belanja buah-buahan segar di Transmart.

Cara lainnya bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap boothyang ada di gerai Transmart seluruh Indonesia.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Pengubah kehidupan perkotaan

cara kredivo di shopee
IHSG diproyeksi mandek dengan kecenderungan melemah pada perdagangan Kamis (28/12).
IHSG diproyeksi mandek dengan kecenderungan melemah pada perdagangan Kamis (28/12). (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks HargaSahamGabungan (IHSG) diproyeksi mandek dengan kecenderungan melemah pada perdagangan Kamis (28/12).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pada pekan pendek ini indeks bergerak cukup moderat. Jika gagal ditutup di atas resisten level terdekat, peluang konsolidasi bakal semakin terbuka lebar.

"Pergerakan IHSG masih akan diwarnai oleh sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah dan harga komoditas. Hari ini IHSG berpotensi bergerak dalam rentang terbatas," kata William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBCA, BBNI, ICBP, BSDE, TBIG, KLBF, dan PWON.

Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto beranggapan transaksi IHSG mulai menurun karena banyak pelaku pasar mengurangi transaksi di hari libur. Ia memprediksi pergerakan hari ini di rentang 7.220-7.250.

"Hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak dalam kecenderungan melemah. Pelemahan IHSG yang mungkin akan terjadi tidaklah mengakibatkan perubahan arah tren," ungkapnya.

IHSG menguat ke posisi 7.245 pada perdagangan Rabu (27/12). Indeks saham naik tipis 8,39 poin atau plus 0,12 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp10,48 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,54 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/pta)

Negeri dongeng

slot situs gacor hari ini
BPS Bali: Nilai tukar petani Februari 2024 tertinggi dalam 5 tahun
Kepala BPS Bali Endang Retno Sri Subiyandani saat menjelaskan NTP Bali Februari 2024 di Denpasar, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari
Pada bulan Februari 2024 NTP di Bali sebesar 105,98, nilai ini meningkat 2,30 persen dibandingkan Januari 2024
Denpasar (ANTARA) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bali Endang Retno Sri Subiyandani menyebutkan nilai tukar petani (NTP) Bali Februari 2024 merupakan yang tertinggi dalam lima tahun terakhir.

“Pada bulan Februari 2024 NTP di Bali sebesar 105,98, nilai ini meningkat 2,30 persen dibandingkan Januari 2024. NTP yang mencapai 105,98 ini merupakan yang tertinggi dalam lima tahun terakhir,” kata Endang Retno di Denpasar, Jumat.

Endang menjelaskan NTP Bali ini terus meningkat belakangan ini ditopang oleh peningkatan indeks harga yang diterima petani yang lebih tinggi dibanding harga yang dibayar petani.

Adapun indeks yang diterima petani naik 3,04 persen berkat komoditas gabah, tomat, dan cabai merah, sementara indeks yang dibayar petani naik hanya sedikit yaitu 0,72 persen karena andil beras, cabai rawit, daging ayam ras, dan cabai merah.

“Sebelumnya memang NTP kita belum sampai setinggi sekarang, ini dari 100 naik terus jadi 105,98. Nilai tukar petani itu dipicu dua sisi bisa dari produksinya petani bagus bisa juga ongkos yang dikeluarkan ditekan oleh pemerintah pada saat ongkos yg dikeluarkan ditekan pemerintah misalkan diberi bantuan traktor atau alat bajak,” ujar Endang.

Baca juga: BPS sebut kabupaten lumbung padi Bali alami inflasi beras tertinggi

Baca juga: Buleleng luncurkan portal satu data dasar kebijakan publik 

“Jadi, hanya bibit yang tidak bisa dikendalikan karena harganya mengikuti pasaran, tapi ketika itu bisa ditekan juga maka pembaginya menurun lagi jadi yang diterima petani lebih tinggi,” sambung Kepala BPS Bali.

Salah satu komoditas yang membantu tingginya penerimaan petani adalah gabah. BPS Bali mengakui bahwa gabah bak dua mata pisau yang menguntungkan petani sekaligus merugikan masyarakat karena berujung kenaikan harga beras.

Namun bagi petani Bali, kenaikan harga gabah tidak akan menguntungkan apabila biaya produksinya juga tinggi sehingga yang patut disyukuri adalah keberhasilan dalam menekan pengeluaran petani.

Lebih lanjut NTP Bali Februari 2024 dilihat dari sub sektornya masih ada sektor yang belum menyentuh nilai 100 meski secara keseluruhan tertinggi sepanjang lima tahun terakhir.

Endang menyebutkan subsektor tersebut yaitu peternakan dan perikanan dengan indeks di bawah 100, sementara yang sudah lebih dari 100 yaitu tanaman pangan, hortikultura dan tanaman perkebunan rakyat.

“Peningkatan tertinggi pada subsektor hortikultura sebesar 6,77 persen,” ucapnya.

Jika lihat dari nilai tukar usaha pertanian (NTUP) yaitu mengeluarkan indeks pengeluaran konsumsi rumah tangga petani nilainya lebih tinggi lagi, yaitu 110,21.

“Ini akibat indeks harga yang diterima petani lebih tinggi dari biaya produksi. Adapun komoditas penyumbang biaya produksi petani diantaranya jagung pipilan, dedak, dan benih padi,” ujar Kepala BPS Bali itu kepada media.

Baca juga: BPS catat pertumbuhan ekonomi Bali 2023 lebih dari sebelum pandemi

Baca juga: Provinsi Bali awali 2024 dengan kondisi deflasi sepanjang Januari

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Master Pedang Samsara

nakal slot
Pertamina mendukung gelaran internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) yang berlangsung di Danau Toba.
Pertamina mendukung gelaran internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) . (Foto: Pertamina)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pertamina mendukung gelaran internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) yang berlangsung di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara pada 2-3 Maret 2024.

Selain untuk memajukan olahraga air dan pariwisata nasional, ajang ini juga diharapkan menciptakan multiplier effect bagi perekonomian daerah.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan kebanggaannya dalam mendukung perhelatan internasional yang diadakan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba tepatnya di Balige, Sumatra Utara.

Adapun Pertamina menyediakan stok Pertamax Turbo Ron 98 sebanyak 30.000 Liter yang digunakan para pembalap untuk memacu kendaraan airnya.

"Kualitas Pertamax Turbo sesuai standar balap dunia sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai event internasional," imbuhnya.

Fadjar menambahkan, Pertamina juga menyediakan stok BBM jenis Pertamax sebanyak 8.000 liter dan Pertamina Dex 100 Liter untuk mendukung Basarnas dalam menjalankan tugas mengamankan kegiatan F1 Power Boat di air dan darat.

Sedangkan untuk udara, Pertamina menyediakan stok Avtur sejumlah 9.400 Liter untuk helikopter yang bertugas memantau event ini.

Kemudian, kata Fadjar, sebagai acara internasional, F1 Powerboat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Karenanya, ajang ini diharapkan mendongkrak ekonomi daerah, salah satunya melalui multiplier effect aktivitas perdagangan.

Pertamina juga menggandeng empat Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) binaannya untuk memasarkan produk-produk unggulannya, seperti Tanaya Dominic Pattisserie, Birna Coffee, Zack Kress Chips, serta Tenun Ulos Sakkamedeha.

"Selain dukungan pada acara dan ketersediaan bahan bakar, Pertamina juga menyiapkan produk-produk berkualitas dari UMKM binaan di sekitar lokasi event. Ini menjadi upaya bagi UMKM untuk memperluas pasarnya hingga mancanegara," tambah Fadjar.

Booth UMKM ini berada pada Pameran Toba UKM Expo 2024 yang digelar di sekitar Danau Toba untuk memeriahkan ajang F1 Powerboat. Selain UMKM binaan Pertamina, juga terdapat 60 UKM, institusi pemerintah, BUMN maupun swasta.

"Partisipasi UMKM binaan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut dalam pameran ink diharapkan dapat memotivasi UMKM untuk naik kelas, bahkan go global ke mancanegara," tambah Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Susanto August Satria.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG's).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

(inh)