petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot win 888

sukaslot 354Jutaan kata 202591Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot win 888》

Gus Ipul sebut PWNU kecewa pernyataan Gus Nadir soal arahan Rais Aam******

Gus Ipul sebut PWNU kecewa pernyataan Gus Nadir soal arahan Rais Aam
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. ANTARA/HO-LTN PBNU/am.
PWNU minta bukti siapa peserta yang bilang itu kepada Gus Nadir
Yogyakarta (ANTARA) - Sekjen PBNU Saifullah Yusuf mengatakan para pengurus wilayah NU (PWNU) kecewa dengan pernyataan Nadirsyah Hosein yang menyebut ada arahan dari Rais Aam PBNU KH Miftachul Achyar untuk mendukung pasangan calon tertentu di Pilpres 2024.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Yogyakarta, Rabu, Saifullah atau akrab disapa Gus Ipul mengatakan kekecewaan itu terkait tuduhan Nadirsyah yang menyebut Miftachul Achyar mengarahkan pengurus NU untuk mendukung salah satu pasangan calon peserta Pilpres 2024 melalui ucapan sam'an wa tha'atan(dengarkan dan patuhi) di sebuah pertemuan.

"Rais Aam (Miftachul Achyar) sama sekali tak pernah ada pernyataan itu. PWNU minta bukti siapa peserta yang bilang itu kepada Gus Nadir," kata Gus Ipul.

Oleh karena itu, wali kota Pasuruan, Jawa Timur, itu pun menyayangkan pernyataan Nadirsyah Hosein atau Gus Nadir karena dianggap telah menyebarkan berita bohong atau hoaks.

Baca juga: Gus Ipul sebut pilpres sekali putaran bisa hemat anggaran

Apalagi, lanjut Gus Ipul, Gus Nadir sama sekali tidak pernah tabayun atau mengklarifikasi langsung dengan orang-orang yang hadir pada pertemuan itu.

Sebelumnya, pada sesi wawancara dengan sebuah media, Gus Nadir secara terang-terangan menyitir kalimat sam'an wa tha'atan yang dia rujuk kepada Rais Aam PBNU KH Miftachul Achyar.

Menurut mantan Rais Syuriyah PCI NU Australia-New Zealand itu, arahan tersebut disampaikan dalam sebuah pertemuan di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

"Tolong, sekali ini saja, sam'an wa tha'atan," demikian menurut Nadir yang dia akui itu sebagai kata-kata dari Rais Aam PBNU.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Gedung Kampus UNU Yogyakarta pas Harlah NU

Terkait sinyalemen yang berkembang di tengah masyarakat akibat tudingan tersebut, Miftachul Akhyar mengingatkan agar seluruh warga Nahdliyin untuk tabayun dengan meneliti seluruh permasalahan yang ada.

Tabayun menjadi sebuah amanah yang ditanggung oleh seluruh umat manusia, terutama Nahdliyin serta pengurus NU secara keseluruhan.

"Manakala PBNU melakukan sesuatu, (maka) datang dan tanyakan. (Jangan) Belum datang sudah pengumuman," katanya dalam pembukaan acara Konferensi Besar NU 2024 di Pesantren Al Munawwir, Krapyak, Yogyakarta.

Menurut Kiai Mif, sapaan Miftachul Akhyar, tabayun merupakan senjata untuk menaklukkan "musuh-musuh" yang ada; sehingga jika tidak dilakukan, maka mereka akan kalah sebelum berperang.

Baca juga: Gus Yahya: Tekad NU mengabdi bangsa tak akan pernah luntur

"Sami'na wa atha'na. Di situlah Allah memberikan anugerah adalah perilaku ulama dulu. Bahkan, para nabi juga mengucapkan sami'na wa atha'na(kami dengar dan kami patuh)," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Presiden Jokowi: NU berkontribusi luar biasa jaga keutuhan NKRI

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024

BPBD DKI pastikan Jakarta nihil genangan pada Senin pagi******

BPBD DKI pastikan Jakarta nihil genangan pada Senin pagi
Sejumlah warga mengenakan payung saat cuaca hujan di kawasan sekitar Stasiun Duren Kalibata, Jakarta, Senin (29/1/2024). ANTARA/Luthfia Miranda Putri/am.
 total ada 267 personel petugas penanggulangan bencana atau tim reaksi cepat (TRC) yang bertugas di seluruh wilayah rawan banjir
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memastikan Jakarta tidak ada atau nihil genangan pada Senin pagi pukul 09.15 WIB. "Izin bantu jawab hingga saat ini masih nihil dan masih dalam pemantauan petugas di lapangan," kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang ketika dikonfirmasi di Jakarta, Senin. Dia menyebutkan total ada 267 personel petugas penanggulangan bencana atau tim reaksi cepat (TRC) yang bertugas di seluruh wilayah rawan banjir. Tim itu bertugas menangani bencana termasuk banjir, melakukan edukasi dan mengevakuasi warga jika terjadi banjir di wilayah Jakarta serta melakukan penanganan dan pemantauan setelah bencana terjadi. BPBD DKI Jakarta juga telah menyiapkan peralatan pendukung seperti tenda, perahu karet di setiap kelurahan, pelampung cincin (ring buoys), jaket dan pelampung untuk mengevakuasi apabila terjadi banjir. Berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber, sejumlah wilayah DKI yakni kawasan Jakarta Selatan hingga Jakarta Pusat mengalami hujan hingga pukul 09.24 WIB. BPBD DKI Jakarta menerbitkan imbauan waspada bencana hingga puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada Februari 2024 untuk itu masyarakat diminta untuk siap siaga menghadapi potensi yang terjadi. Terkait hal itu, BPBD DKI telah memetakan 25 kelurahan rawan banjir di Jakarta dengan rincian sebagai berikut:
  • Jakarta Barat berlokasi di Rawa Buaya, Tegal Alur, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, dan Kembangan Utara (lima kelurahan);
  • Jakarta Selatan berlokasi di Cipete Utara, Petogogan, Cipulir, Pondok Pinang, Ulujami, Pondok Labu, Bangka, Pejaten Timur, dan Jati Padang (sembilan kelurahan);
  • Jakarta Timur berlokasi di Bidara Cina, Kampung Melayu, Cawang, Cililitan, Cipinang Melayu, Kebon Pala, Makasar, dan Rambutan (delapan kelurahan);
  • Jakarta Utara berlokasi di Pademangan Barat, Pluit, dan Rorotan (tiga kelurahan).
Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah DKI Jakarta akan hujan pada Senin (29/1) pagi hingga siang.
 Berdasarkan data perkiraan cuaca yang diunggah BMKG melalui website resminya, Minggu, terlihat seluruh wilayah DKI Jakarta yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara akan hujan ringan, sedangkan kepulauan Seribu diperkirakan hujan sedang.Baca juga: BPBD DKI mencatat empat RT di Jakarta Barat tergenang 30-60 cm
Baca juga: Hujan sebabkan genangan di dua jalan Jakarta Barat
Baca juga: Antisipasi banjir, polisi dan camat bentuk kampung siaga di Jaksel

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024

KCIC terapkan tarif dinamis untuk Kereta Cepat Whoosh mulai 3 Februari******

KCIC terapkan tarif dinamis untuk Kereta Cepat Whoosh mulai 3 Februari
Situasi di Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (29/1/2024). ANTARA/Rubby Jovan/am.
Dalam skema baru ini dimungkinkan dalam satu hari terdapat beberapa tarif yang berbeda untuk perjalanan Whoosh
Bandung (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menerapkan skema “dynamic pricing” atau tarif dinamis untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh yang lebih fleksibel mulai keberangkatan 3 Februari 2024.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangannya yang diterima di Bandung, Senin, mengatakan penerapan skema tarif dinamis ini memungkinkan penumpang mendapatkan tiket Kereta Cepat Whoosh dengan harga yang lebih hemat bila melakukan perjalanan di waktu tertentu.

“Dalam skema baru ini dimungkinkan dalam satu hari terdapat beberapa tarif yang berbeda untuk perjalanan Whoosh," kata Eva.

Eva menjelaskan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan tarif dinamis diantaranya jam sibuk atau jam non sibuk, momen liburan atau non liburan hingga pada hari kerja ataupun akhir pekan.

Ia menambahkan pada jam sibuk akan ditawarkan tarif yang lebih tinggi, sebaliknya pada di luar jam sibuk tentunya akan ditawarkan tarif yang lebih murah.

“Penumpang diberi alternatif perjalanan dengan tarif yang berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan daya belinya,” kata dia.

Dia menyebut tarif yang akan diberlakukan nanti untuk kelas premium ekonomi berkisar mulai dari Rp150.000, Rp175.000, Rp200.000, Rp225.000, hingga Rp250.000.

Menurut dia, tarif dinamis ini akan memberikan nilai tambah bagi penumpang. Adanya fleksibilitas harga diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat.

“Penerapan tarif dinamis ini akan terus dipantau dan dievaluasi agar dapat terus sesuai dengan kebutuhan penumpang dan operasional Whoosh,” katanya.

Masyarakat yang ingin menggunakan Whoosh dapat melakukan pemesanan melalui saluran resmi seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Adapun hingga 27 Januari 2024, sebanyak 1,4 juta orang yang menggunakan Keret Cepat Whoosh untuk melakukan mobilitas Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Saat ini rata-rata okupansi berkisar sekitar 60 hingga 80 persen.

Baca juga: KCIC buka lowongan kerja pada 16 posisi bagi lulusan D3 sampai sarjana
Baca juga: KCIC beri pelatihan masinis Indonesia untuk operasional kereta cepat
Baca juga: KCIC targetkan layani 31 ribu penumpang per hari pada 2024
 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:rajawali988

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
daftar situs judi slot online terpercaya 2022
slotbangjago
sakti4d
semarjitu77
link slot 2023
rtp slot airbet88
slot untung
dewahoki777
erek gelang
Daftar isi semua bab
Bab 1 black88
Bab 2 dunia303
Bab 3 pinjam 50 juta
Bab 4 nama link gacor
Bab 5 situs terbaru slot gacor
Bab 6 sgp vip slot
Bab 7 dagangjudi
Bab 8 slot gacor zeus
Bab 9 slot terbaik 2022
Bab 10 situs win slot gacor
Bab 11 service 4d slot
Bab 12 tunai4d
Bab 13 slot gacor wd terus
Bab 14 demo slot pinguin
Bab 15 uji4d slot
Bab 16 pola slot terbaik
Bab 17 akun resmi slot
Bab 18 dapetin uang cepat
Bab 19 ninja138
Bab 20 1001 tafsir mimpi
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8015bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Kultivator abadi datang ke dunia

buku mimpi pocong
Hujan guyur di sebagian besar wilayah ibu kota provinsi pada Senin
Ilustrasi - Hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat mengguyur wilayah Kota Manado dan sekitarnya. ANTARA/Karel A Polakitan/am.
Tujuh puluh persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Senin. Mengutip situs resmi BMKG di Jakarta, Senin, wilayah yang diprakirakan hujan ringan pada siang hari ini, yakni Bengkulu, Jambi, Surabaya, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, dan Kendari. Sedangkan untuk wilayah Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Ternate dan Medan diprediksi akan turun hujan sedang. BMKG juga mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan disertai petir yang terjadi di Bandung, Pontianak, dan Banjarmasin, pada siang hari ini. Beberapa wilayah diprediksi berawan pada siang hari ini, diantaranya Denpasar, Pekanbaru, Makassar, dan Manado.

Baca juga: Jakarta diperkirakan hujan pada Senin pagi hingga siang
Baca juga: BMKG: Enam daerah Banten berpotensi hujan lebat disertai angin kencang Kemudian wilayah yang berpotensi cerah berawan pada siang hari ini, seperti Jakarta Pusat, Gorontalo, Samarinda, Tarakan, Padang, dan Palembang. Sebelumnya, BMKG juga memperingatkan bahwa Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan memiliki potensi curah hujan tinggi dengan klasifikasi awas. "Tujuh puluh persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Untuk periode akhir Januari 2024, wilayah yang memiliki potensi curah hujan tinggi dengan klasifikasi Awas terjadi di wilayah NTB dan Sulawesi Selatan," kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan. Selain itu, terdapat wilayah yang masuk dalam klasifikasi siaga, yakni Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Baca juga: BMKG peringatkan tinggi gelombang Selat Makassar capai 2,5 meter
Baca juga: BMKG: Waspadai curah hujan sangat tinggi di pegunungan tengah Jateng
Baca juga: BMKG prakirakan sejumlah daerah di Indonesia diguyur hujan

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Domain Pedang Tak Terkalahkan

cara daftar slot dana
Penuhi panggilan KPK, Idrus Marham ditanya soal posisinya di CLM
Politikus Partai Golkar Idrus Marham (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (31/1/2024). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym/aa.
Jakarta (ANTARA) - Politikus Partai Golkar yang juga mantan Menteri Sosial Idrus Marham mengaku ditanya soal posisinya di PT Citra Lampia Mandiri (CLM) saat memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi.

Idrus saat dijumpai di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu, menjelaskan bahwa dirinya memang pernah menjadi Komisaris PT CLM, namun jabatan itu hanya diembannya selama satu hari.

"Saya ditanya soal posisi saya pernah menjadi Komisaris CLM satu hari. Jadi, saya tanggal 4 Juli 2022 diangkat dalam RUPS (rapat umum pemegang saham) luar biasa, tetapi tanggal 5 (Juli 2022) saya sudah mengundurkan diri. Jadi, itu dikonfirmasi dan yang lain-lainlah, saya kira itu saja," ucap Idrus.

Idrus Marham dipanggil penyidik KPK untuk dimintai keterangan sebagai saksi dari pihak swasta dalam perkara dugaan korupsi suap pengurusan administrasi hukum umum di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pemanggilan Idrus Marham semula dijadwalkan KPK pada Selasa (30/1), tetapi dia baru memenuhi panggilan tersebut pada Rabu ini.

Baca juga: KPK panggil Idrus Marham di kasus Eddy Hiariej

Kepada wartawan, Idrus menjelaskan bahwa dirinya diminta menjadi komisaris dalam RUPS luar biasa, kemudian dia mundur dari posisi komisaris PT CLM karena merasa jabatan itu bukan bidangnya.

“Kalau itu kan saya merasa bukan bidang saya, yang mengurusi masalah itu, sehingga akan lebih bagus (mengundurkan diri), kalau pun ada yang mau dibantu tanpa komisaris pun bisa,” ucap Idrus.

Kendati baru sehari menjadi komisaris, Idrus Marham mengaku pernah mendengar soal permasalahan internal di perusahaan tersebut.

"Ya pastilah saya tahu ada masalahnya, waktu itu saya sarankan supaya diselesaikan dengan baik secara kekeluargaan. Kalau di dalam proses hukum ada namanya restorative justice(keadilan restoratif, red), itu saran saya dulu," ujarnya.

Baca juga: Idrus Marham bebas usai jalani masa hukuman dua tahun penjara

Dalam perkara ini, penyidik KPK pada 7 Desember 2023 telah menahan Direktur Utama PT CLM Helmut Hermawan (HH).

Selain itu, KPK juga telah menetapkan tiga tersangka lainnya, yakni mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej (EOSH), pengacara Yosi Andika Mulyadi (YAM), dan asisten pribadi EOSH, Yogi Arie Rukmana (YAR).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan konstruksi dugaan korupsi tersebut berawal dari terjadinya sengketa dan perselisihan internal di PT CLM dari tahun 2019 hingga 2022 mengenai status kepemilikan.

Untuk menyelesaikan sengketa tersebut, HH selaku Direktur Utama PT CLM berinisiatif mencari konsultan hukum dan sesuai rekomendasi yang diperoleh yang tepat adalah EOSH.

Sebagai tindak lanjut atas hal tersebut, sekitar April 2022 dilakukan pertemuan di rumah dinas EOSH yang dihadiri HH bersama staf dan PT CLM. Hasil pertemuan tersebut dicapai kesepakatan, yaitu EOSH siap memberikan konsultasi hukum untuk pengurusan administrasi hukum umum PT CLM.

Baca juga: KPK periksa tiga saksi soal pemberian suap ke Eddy Hiariej

EOSH lantas menugaskan YAR dan YAM sebagai representasi dirinya. Besaran uang yang disepakati untuk diberikan HH kepada EOSH sejumlah Rp4 miliar.

Selain itu, HH juga mengalami permasalahan hukum di Bareskrim Polri. Untuk itu, EOSH bersedia dan menjanjikan proses hukumnya dapat dihentikan melalui SP3 dengan adanya penyerahan uang sejumlah Rp3 miliar.

HH juga meminta bantuan EOSH selaku Wamenkumham pada saat itu untuk membantu proses buka blokir hasil RUPS PT CLM. Atas kewenangan EOSH, proses buka blokir akhirnya terlaksana.

Berikutnya, HH kembali memberikan uang sejumlah sekitar Rp1 miliar untuk keperluan pribadi EOSH maju dalam pencalonan Ketua Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti).

KPK menjadikan pemberian yang sejumlah sekitar Rp8 miliar dari HH pada EOSH melalui YAR dan YAM sebagai bukti awal untuk terus ditelusuri dan didalami hingga dikembangkan.

HH sebagai pihak pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca juga: PN Jaksel putuskan penetapan tersangka Eddy Hiariej tidak sah
Baca juga: KPK periksa pengacara dan aspri eks Wamenkumham Eddy Hiariej

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

apakah aku tuhan

nuansaslot
Peneliti UGM: Limbah rumah tangga bisa untuk deteksi COVID-19
Peneliti Pusat Kajian Kesehatan Anak FKKMK Universitas Gadjah Mada (UGM) meneliti air limbah rumah tangga untuk deteksi COVID-19 (ANTARA/HO-UGM)
Yogyakarta (ANTARA) - Sejumlah peneliti Pusat Kajian Kesehatan Anak Universitas Gadjah Mada (UGM) menyatakan air limbah rumah tangga dapat digunakan sebagai sarana deteksi COVID-19 dengan biaya murah.

Ketua Tim Peneliti Pusat Kajian Kesehatan Anak (PKKA-PRO) UGM dr Indah Kartika Murni dalam keterangan resmi di Yogyakarta, Selasa, mengatakan air limbah yang digunakan adalah yang mengandung tinja dan urine dari individu yang terinfeksi COVID-19, baik bergejala maupun tanpa gejala.

"Tinja dan urine individu tersebut mengandung bagian atau fragmen virus SARS-CoV-2 yang sudah tidak menular," kata dia.

Dengan prinsip tersebut, kata Indah, sistem surveilans air limbah tersebut telah diterapkan di beberapa negara maju untuk deteksi COVID-19 seperti di Amerika Serikat dan Belanda sebagai pelengkap surveilans individu yang rutin dilakukan.

Baca juga: Peneliti UGM ungkap terapi gen bantu pengobatan penyakit langka

Di Indonesia, menurut Indah, surveilans air limbah rumah tangga telah dilakukan, namun untuk deteksi wabah polio saja.

Tim PKKA-PRO yang dia pimpin bersama dr Vicka Oktaria berkolaborasi dengan Murdoch Children's Research Institute (MCRI) Australia melakukan penelitian pada tahun 2021-2022.

Hasil dari penelitian itu, lanjut Indah, menunjukkan bahwa hasil deteksi dari surveilans air limbah tersebut mampu mendeteksi peningkatan kasus COVID-19 hingga dua pekan lebih awal dari peningkatan kasus di masyarakat.

"Hal tersebut menjadi dasar penelitian lanjutan untuk melihat efektivitas biaya dari penerapan surveilans air limbah," katanya.

Ia menjelaskan penelitian lanjutan untuk mengetahui kemampuan surveilans limbah sebagai sistem kewaspadaan dini peningkatan kasus COVID-19 di komunitas serta untuk melihat efektivitas biaya apabila diimplementasikan sebagai program surveilans rutin.

Baca juga: Peneliti UGM kembangkan alat pencegah COVID-19 pada gagang pintu

"Penelitian lanjutan itu menunjukkan bahwa sistem surveilans air limbah memiliki potensi sebagai opsi yang ekonomis untuk mendukung sistem peringatan dini dalam situasi pandemi, terutama di negara-negara dengan pendapatan menengah ke bawah," ujarnya.

Salah satu tim peneliti drTiara menekankan pentingnya dukungan kebijakan yang kuat dan tepat waktu, beserta respons kesehatan masyarakat yang efektif sebagai faktor utama yang menentukan keberhasilan setiap sistem surveilans.

"Tidak ada surveillance systemyang efektif tanpa diikuti public health response," ujar dia.

Dukungan terhadap rencana inisiasi pelaksanaan surveilans air limbah untuk COVID-19, kata Tiara, dapat dimulai dengan pembentukan jejaring nasional khusus untuk surveilans air limbah.

Jejaring tersebut diharapkan akan melibatkan berbagai pihak yang bersedia bekerja sama dalam mengembangkan sistem surveilans air limbah di Indonesia.

Baca juga: Tim Peneliti UGM temukan potensi asam humat dari batu bara Indonesia

"Ke depan kita dapat membuat jejaring nasional untuk surveilans air limbah berisi aktor-aktor yang dapat bekerja bersama untuk mengembangkan surveilans air limbah ini," katanya.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Raja bola nomor 1

bunga di kredivo
SEVENTEEN jadi grup K-Pop ketiga siap gelar konser di Nissan Stadium
Poster tur konser encore SEVENTEEN "FOLLOW AGAIN". ANTARA/X.com@pledis_17/am.
Jakarta (ANTARA) - Grup idola asal Korea Selatan SEVENTEEN berhasil menjadi grup K-Pop ketiga yang akan menggelar konser tunggal mereka di Nissan Stadium, Jepang pada 25-26 Mei 2024 serta dua konser penutup lainnya di Incheon dan Osaka.

Soompi, Minggu (28/1) waktu setempat, melaporkan PLEDIS Entertainment selaku agensi SEVENTEEN resmi mengumumkan tiga jadwal untuk tur konser encore(penutup) “FOLLOW AGAIN” pada musim semi tahun ini. Salah satunya di stadium terbesar di Jepang saat ini, yaitu Nissan Stadium.

Baca juga: Jeonghan SEVENTEEN absen sementara dari aktivitas grup pasca operasi

SEVENTEEN akan memulai tur encoremereka dengan menggelar konser selama dua hari di Incheon Asiad Main Stadium, Korea Selatan pada 30 dan 31 Maret. Kemudian, pada bulan Mei, mereka akan pergi ke Jepang untuk tampil di Yanmar Stadium Nagai Osaka, Jepang pada 18 dan 19 Mei, diikuti dengan konser selama dua hari di Nissan Stadium Kanagawa, Jepang pada 25 dan 26 Mei 2024.

Tercatat, hingga bulan Januari 2024, SEVENTEEN menjadi grup K-Pop ketiga yang akan mengadakan konser tunggal di stadium ini. Sebelumnya, hanya ada satu grup K-Pop yang berhasil mengadakan konser tunggal di Nissan Stadium, yakni TVXQ.

Namun, grup TWICE pada bulan lalu akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan konser di stadium ini pada bulan Juli 2024. Selain TVXQ dan TWICE, SEVENTEEN pun resmi mengumumkan bahwa mereka juga akan tampil di Nissan Stadium pada Mei mendatang.

Sementara itu, SEVENTEEN baru saja merampungkan tur konser Jepang dan beberapa kawasan lainnya dalam “SEVENTEEN TOUR: FOLLOW TO JAPAN” di bulan ini. SEVENTEEN pun memberi kejutan kembali dengan menggelar tur konser penutup dari konser tersebut di Korea Selatan dan Jepang yang akan digelar mulai Maret mendatang.

Baca juga: Woozi SEVENTEEN rilis lagu "What Kind of Future" untuk kenang Moonbin

Baca juga: Daftar pemenang GDA Jakarta, mulai dari SEVENTEEN hingga NewJeans

Baca juga: S.Coups SEVENTEEN rilis lagu solo terbaru "Me"

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024

Kacamata ajaib dunia film

cara mengisi kode pos di kredivo
RSUP M Djamil terima pasien rujukan RS Semen Padang usai insiden
RSUP M Djamil Padang terima pasien rujukan dari RS Semen Padang. ANTARA/Fathul Abdi.
Padang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatra Barat (Sumbar) menerima pasien rujukan dari Rumah Sakit Semen Padang yang lumpuh total akibat insiden ledakan pada Selasa sore sekitar pukul 15.30 WIB. "Atas kejadian yang dialami oleh Rumah Sakit Semen Padang kami langsung mengaktifkan kesiapsiagaan bencana, kami juga langsung menyiapkan penanganan medis," kata Direktur Utama RSUP M Djamil Padang Dovy Djanas di Padang, Selasa. Ia mengatakan hingga pukul 18.30 WIB pihaknya telah menerima sebanyak 14 orang yang dirujuk dari RS Semen Padang. Dengan rincian sebanyak dua belas orang berstatus sebagai pasien, sedangkan dua orang lainnya merupakan korban ketika insiden ledakan terjadi. "Dua orang pasien adalah korban saat insiden ledakan terjadi, kondisinya mengalami luka ringan dan telah mendapatkan penanganan medis," jelasnya.
Baca juga: RS Semen Padang pindahkan pasien ke rumah sakit lain pascaledakan

Baca juga: Rumah Sakit Semen Padang belum ketahui penyebab ledakan
 Ia mengatakan dari sisi kesiapsiagaan tenaga medis dan ruangan pihak RSUP M Djamil Padang masih cukup untuk memberikan layanan medis terhadap pasien. "Terhadap kejadian ini bagi pasien yang kategorinya ringan dirujuk ke rumah sakit terdekat, bagi yang kondisi berat akan dibawa ke RSUP M Djamil," katanya. Dovy juga menyampaikan bahwa pihaknya turut prihatin atas kejadian menimpa Rumah Sakit Semen Padang pada Selasa sore, sesaat setelah kejadian pihaknya langsung mengaktifkan kesiapsiagaan bencana. Pada bagian lain, kejadian ledakan tersebut mengakibatkan pelayanan di Rumah Sakit Semen Padang lumpuh total sejak Selasa sore. Puluhan pasien yang tengah dirawat di rumah sakit tampak dikeluarkan ke pelataran rumah sakit menggunakan tempat tidur atau kursi roda mulai dari orang tua, wanita, laki-laki, dan anak-anak. Hingga pukul 18.30 WIB proses pemindahan pasien dari Rumah Sakit Semen Padang ke rumah sakit lain masih terus berlangsung, antrian panjang mobil ambulance masih bersiap untuk membawa pasien. Berdasarkan informasi dari pihak rumah sakit jumlah total pasien pada saat kejadian ada sebanyak 102 orang.
Baca juga: Polisi pastikan ledakan di Rumah Sakit Semen Padang bukan bom

Baca juga: Semen Padang Hospital jadi rumah sakit pusat layanan kecelakaan kerja

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Akulah Kaisar Dewa Sembilan Surga

situs terpercaya indonesia
Sambut Tahun Baru Imlek, pusat perbelanjaan di Jakarta mulai bersolek
Seorang penari menyajikan tari tradisional China di sebuah pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta, Jumat (26/1/2024). Pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta mulai bersolek untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024. ANTARA/Xinhua/am.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mulai bersolek dengan berbagai ornamen berwarna merah dan menampilkan pertunjukkan khas budaya China untuk menyambut Tahun Baru Imlek, yang tahun ini jatuh pada 10 Februari.

Mal Grand Indonesia, salah satu mal terbesar di Jakarta dengan luas lantai sekitar 26 hektare, mulai berhias sejak sepekan lalu dengan kehadiran miniatur paviliun tradisional China dan instalasi bunga berwarna dominan merah yang menjadi magnet bagi pengunjung untuk mengabadikan gambar.

Pengelola mal juga menyediakan panggung untuk menampilkan tari tradisional China dan Bian Lian yang mulai ditampilkan pada Jumat (26/1) sore, di gedung timur pusat perbelanjaan itu. Sejumlah pengunjung memadati sekitar panggung dan mengabadikannya melalui ponsel pintar.

"Ini pertama kali saya melihat pertunjukkan tari tradisional China, penampilannya sangat menghibur," ujar Kelvin yang berkunjung ke Mal Grand Indonesia bersama teman sekolahnya untuk sekedar melepas penat menjelang akhir pekan.
 
Sejumlah wanita dengan mengenakan pakaian tardisional khas China menyajikan tarian kipas di sebuah pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta, Jumat (26/1). (Xinhua)   

Hal serupa disampaikan pengunjung lainnya, Susiani, yang terkesima melihat pertunjukan tari tradisional China yang menampilkan sejumlah remaja perempuan memainkan kipas dengan lincah. Penampilan Bian Lian tidak kalah ramai terutama saat penari menghampiri beberapa anak kecil untuk membagikan rumbai kain berwarna merah.

"Tujuan saya ke mal ini untuk berkeliling sembari mencari makan, kebetulan saya melihat panggung ini dan penampilan tariannya sangat mengesankan," ujarnya.

Penampilan Bian Lian dan tari tradisional China dijadwalkan setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu sore, sementara parade Barongsai dijadwalkan setiap Sabtu dan Minggu yang berlangsung sampai puncak acara pada Tahun Baru Imlek.

Asisten Manajer Komunikasi Korporat Mal Grand Indonesia Annisa Hazarini mengatakan tema Tahun Baru Imlek yang diusung tahun ini adalah "A Lunar Spectacle" dengan dekorasi bernuansa taman oriental klasik selama lima pekan hingga 18 Februari mendatang.

Beberapa mal lain juga menghadirkan hiburan serupa, Mal Blok M Plaza akan menghadirkan Barongsai selama tiga hari pada Tahun Baru Imlek. Demikian juga Mal Central Park yang akan menghadirkan penampilan Barongsai "kelas dunia" setiap akhir pekan serta atraksi kembang api dan drone saat puncak acara pada 10 Februari mendatang.

Hal lainnya yang identik dengan Tahun Baru Imlek yakni banjir diskon yang ditawarkan pusat perbelanjaan, berupa potongan harga hingga undian berhadiah. Sebagai contoh Mal Central Park yang menggelar acara belanja maraton hingga larut malam pukul 24.00 pada 3 Februari mendatang, menawarkan diskon belanja hingga 80 persen.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024