petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

borju89

paito macau 13 738Jutaan kata 455725Orang-orang telah membaca serialisasi

《borju89》

Ekspor Nikel Turun 27,26 Persen ke Rp14,37 T di Januari******

BPS mencatat nilai ekspor nikel dan barang turunannya mencapai Rp14,37 triliun pada Januari-Februari 2024 dibanding tahun lalu yang Rp19,84 triliun.
BPS mencatat nilai ekspor nikel dan barang turunannya mencapai Rp14,37 triliun pada Januari-Februari 2024 dibanding tahun lalu yang Rp19,84 triliun. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor nikeldan barang turunannya mencapai USGempa magnitudo 7,5 dan 6,6 guncang Taiwan, Jepang peringatkan tsunami******

Gempa magnitudo 7,5 dan 6,6 guncang Taiwan, Jepang peringatkan tsunami
Ilustrasi - Gempa bumi yang tercatat oleh seismometer. ANTARA/Shutterstock/pri.
Tokyo (ANTARA) - Gempa bermagnitudo 7,5 dan 6,6 dilaporkan terjadi di sekitar Taiwan pada Rabu pagi dan getarannya terasa di Pulau Okinawa dan Miyako, Jepang selatan, sehingga membuat otoritas mengeluarkan peringatan tsunami di pulau-pulau tersebut.

Menurut data Badan Meteorologi Jepang, gempa bermagnitudo 7,5 di dekat pantai timur Taiwan yang tercatat pada pukul 08:58 waktu setempat (06.58 WIB), Rabu, memiliki “kedalaman yang sangat dangkal,” katanya tanpa penjelasan lebih lanjut.

Sementara itu, gempa kedua tercatat berselang kurang dari 15 menit kemudian yakni pada pukul 09.11 waktu setempat (07.11 WIB).

Guncangan hingga kekuatan bermagnitudo 4 itu juga dirasakan di Prefektur Okinawa, Jepang selatan, lanjutnya.

Pascagempa terjadi, peringatan tsunami dikeluarkan untuk Pulau Okinawa, Miyako dan Yaeyama.

Otoritas menambahkan bahwa gelombang tsunami setinggi tiga meter diperkirakan akan segera melanda wilayah Miyako dan Yaeyama dan diperkirakan bakal mencapai Okinawa pada sekitar pukul 10.00 waktu setempat (08.00 WIB).

Hingga kini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat gempa.

Baca juga: Peneliti BRIN sebut pentingnya pengetahuan terkait gempa bumi
Baca juga: PBB ingatkan Asia Pasifik soal bencana alam yang merusak
Baca juga: Gempa dangkal 6,2 magnitudo landa Taiwan

Sumber: Sputnik

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

,92 miliar atau sekitar Rp14,37 triliun (asumsi kurs Rp15.625 per dolar AS) pada Januari-Februari 2024.

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan angka ini turun 27,26 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yakni US,27 miliar atau Rp19,84 triliun.

"Ekspor nikel dan barang daripadanya juga turun 27,26 persen di mana penurunan nilai ekspor barang ini didorong oleh penurunan nilai ekspor yang bertujuan ke Tiongkok," ucap Amalia dalam konferensi pers, Jumat (15/3).

Amalia juga mengungkapkan bahwa nilai ekspor sektor industri pengolahan lain pun kompak turun. Lihat saja, logam dasar bukan besi turun 13,57 persen (yoy) menjadi US,21 miliar atau Rp34,53 triliun pada Januari-Februari 2024. Penurunan nilai ekspor ini seiring dengan mengecilnya ekspor ke negara tujuan.

Misalnya, ekspor logam dasar bukan besi turun US7 juta atau Rp5,89 triliun ke China. Lalu, ekspor ke Belanda turun US juta atau Rp281,26 miliar dan ke Islandia turun US juta atau Rp171,88 miliar.

Selanjutnya, nilai ekspor logam dasar mulia juga turun 63,77 persen menjadi US3 miliar atau Rp2,03 triliun pada Januari-Februari 2024. Rinciannya, ekspor ke Jepang turun US5 juta, Singapura turun US juta, dan Hong Kong minus US juta.

Kemudian, nilai ekspor peralatan listrik lainnya turun 49,2 persen menjadi USRamai Pelanggan Serbu Transmart Full Day Sale Jelang Lebaran******

Warga Jakarta memanfaatkan Transmart Full Day Sale untuk berbelanja kebutuhan menjelang Idulfitri.
Warga Jakarta memanfaatkan Transmart Full Day Sale untuk berbelanja kebutuhan menjelang Idulfitri. (CNN Indonesia/Feraldi Hifzurahman)
Jakarta, CNN Indonesia--

Warga Jakarta ramai berbelanja dan berburu diskon di Transmart Full Day Sale yang kembali hadir pada Minggu (31/3). Para pelanggan menyerbu berbagai produk dengan diskon spesial, terutama menjelang HariIdulfitri 1445 H yang jatuh kurang dari dua pekan lagi.

Pantauan CNNIndonesia.comdi Transmart Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pelanggan tampak sudah menyebar di area belanja sejak pukul 12.05 WIB. Mereka terlihat memilih berbagai produk yang ditawarkan, mulai dari pakaian bertema Muslim hingga beragam jenis camilan khas Lebaran.

Tak hanya itu, beberapa pelanggan juga menyusuri area kebutuhan sehari-hari untuk belanja bulanan. Berbagai produk makanan, aneka daging segar, dan buah-buahan hingga sayuran tak luput diincar para pelanggan.

Keramaian itu pun membuat antrean pelanggan di kasir menjadi cukup panjang. Pelanggan terlihat membawa keranjang hingga troli berisi berbagai produk yang dijual murah berkat diskon spesial.

Transmart Full Day Sale kembali hadir untuk melengkapi beragam kebutuhan harian pelanggan. Gelaran Transmart Full Day Sale edisi ini hanya berlangsung satu hari, yakni sejak toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Berbagai produk dapat dibeli secara murah berkat diskon 50 persen dan ekstra 20 persen dengan metode pembayaran Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Diskon hingga 50 persen juga berlaku untuk aneka produk pilihan, mulai dari produk segar, fesyen, furnitur, hingga elektronik yang meliputi TV, AC, kulkas, sampai sepeda listrik.

Lihat Juga :
Siap-Siap Lebaran, Borong Belanja di Transmart Full Day Sale Hari Ini

Pengunjung juga dapat dengan memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah dengan mudah. Aplikasi Allo Bank dapat diunduh dari hp melalui Google Play Store dan App Store, kemudian upgrade akunnya ke Allo Prime.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

(frl/isn)

[Gambas:Video CNN]
,49 miliar atau Rp7,65 triliun. Rinciannya, nilai ekspor ke Singapura turun US7 juta, AS turun US1 juta, dan Filipina minus US juta.

Sementara itu, nilai ekspor minyak kelapa sawit turun 22,43 persen menjadi US,33 miliar atau Rp52,03 triliun pada Januari-Februari 2024. Tercatat, ekspor ke China turun US8 juta, Malaysia minus US2 juta, dan Bangladesh minus US juta.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Hampir 200 pekerja kemanusiaan di Palestina terbunuh sejak Oktober******

Hampir 200 pekerja kemanusiaan di Palestina terbunuh sejak Oktober
Rumah Zakat Aceh mendistribusikan sebanyak 1.000 paket ifthar untuk warga Palestina di Deir Al Balah, Gaza-Palestina. ANTARA/HO-Rumah Zakat Aceh/am.
Hamilton, Kanada (ANTARA) - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (2/4) mengungkapkan bahwa “sedikitnya 196 pekerja kemanusiaan terbunuh sejak Oktober” di Jalur Gaza, menyusul tragedi terjadinya pembunuhan pekerja bantuan oleh pasukan Israel baru-baru ini.

Menggambarkan wilayah Palestina sebagai “salah satu tempat paling berbahaya dan sulit di dunia untuk bekerja” sebagai pekerja bantuan kemanusiaan, juru bicara PBB Stephane Dujarric saat konferensi pers kembali menegaskan bahwa semua serangan terhadap pekerja layanan kesehatan dan militerisasi rumah sakit “tidak dapat diterima.”

Dujarric menekankan bahwa rumah sakit harus dilindungi agar warga sipil dapat menerima bantuan penyelamatan jiwa yang mungkin mereka butuhkan.

Mengulangi seruan mendesak PBB untuk segera dilakukan gencatan senjata, jubir itu mengatakan Koordinator Senior PBB untuk Kemanusiaan dan Rekonstruksi Gaza, Sigrid Kaag, bertemu dengan pekerja lembaga kemanusiaan World Central Kitchen (WCK) di Gaza, sehari sebelum mereka tewas akibat serangan udara Israel.

Mengetahui Kaag "terkejut" dengan serangan tersebut, Dujarric menyampaikan pernyataan belasungkawa kepada keluarga korban.

Ditanya tentang pesan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres atas peristiwa tersebut, Dujarric mengatakan: "Pesannya adalah biarkan pekerja kemanusiaan melakukan tugasnya. Mereka harus mampu melakukannya dan aman."

Menurut Dujarric, Israel sedang menyelidiki serangan WCK dan PBB sedang menunggu hasilnya.

Dia juga menambahkan bahwa banyak personel PBB yang terbunuh di wilayah tersebut, dengan beberapa di antaranya tewas di lokasi yang sebelumnya telah dikomunikasikan kepada otoritas Israel.

Dujarric menggambarkan minimnya komentar Israel tentang kematian tersebut sebagai “kekontrasan yang sangat layak disorot.”

Mengungkapkan kesedihan atas semua kematian warga sipil, Dujarric menekankan perlunya menghormati semua individu.

Pada Selasa (2/4) WCK mengatakan tujuh pekerja mereka tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza pada Senin.

Tujuh pekerja organisasi bantuan yang berbasis di AS, yang tewas pada Senin itu adalah warga negara Australia, Polandia, Inggris, Palestina, serta warga negara ganda AS-Kanada.

Pasca “serangan terarah” tersebut, WCK menyatakan bahwa pihaknya berhenti beroperasi di wilayah tersebut.

Selain telah menewaskan 33.000 orang sejak 7 Oktober 2023, serangan dan pengepungan oleh Israel di Jalur Gaza juga disalahkan atas kondisi hampir kelaparan lebih dari dua juta warga Palestina.

Demikian juga serangan yang menewaskan pekerja bantuan dan warga sipil yang mencari bantuan kemanusiaan.

Baca juga: Inggris panggil dubes Israel menyusul tewasnya pekerja bantuan di Gaza
Baca juga: Lima warga asing tewas dalam serangan udara Israel di Gaza

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

IHSG Terperosok 1,15 Persen ke 7.205 Sore Ini******

IHSG ditutup di level 7.205 pada Senin (1/4) sore. Indeks saham melemah 83,75 poin atau minus 1,15 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 7.205 pada Senin (1/4) sore. Indeks saham melemah 83,75 poin atau minus 1,15 persen dari perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.205 pada Senin (1/4) sore. Indeks saham melemah 83,75 poin atau minus 1.15 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,39 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,27 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 167 saham menguat, 455 saham terkoreksi, dan 167 lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, mayoritas bursa saham di kawasan Asia terpantau bergerak di zona hijau.

Tercatat, indeks Shanghai Composite di China menguat 1,19 persen, dan indeks Straits Times di Singapura menguat 0,37 persen.

Sementara indeks Nikkei 225 di Jepang melemah 1,40 persen dan indeks Hang Seng Composite di Hong Kong mandek.

Bursa saham Eropa pun terpantau kompak mandek. Tercatat indeks FTSE 100 di Inggris tetap berada di posisi 7.952 dan indeks DAX di Jerman tetap berada di posisi 18.492.

Senada, bursa Amerika pun terpantau mandek. Indeks S&P 500 tetap berada di posisi 5.254, indeks Dow Jones tetap berada di posisi 39.807, dan indeks NASDAQ Composite tetap berada di posisi 16.379.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)




bab terbaru:pakd4d

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
ligaplay88
1001liga
jasa pinjam kartu kredit
jam gacor inces
qq1221slot
java303
pinjaman online bri syariah
situs slot hari ini
shopee gratis ongkir 0
Daftar isi semua bab
Bab 1 tradisibet
Bab 2 demo slot parametrik
Bab 3 japan paito warna angkanet
Bab 4 muliaslot
Bab 5 situs judi online
Bab 6 situs slot hero138
Bab 7 situs minimal wd 25
Bab 8 maksimal pinjaman tunai kredivo
Bab 9 slotmega
Bab 10 rtp bioskop777
Bab 11 link judi free terbaru
Bab 12 ratucasino88
Bab 13 77gacor
Bab 14 jam gacor slot hari ini 2023
Bab 15 pinjam uang tunai di kredivo
Bab 16 cara agar dapat penghasilan sendiri
Bab 17 voucher grabfood hari ini
Bab 18 judi slot terbaik dan terpercaya
Bab 19 slot gacor 4d gampang menang
Bab 20 muka kakek zeus
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9079bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Paus Bola Basket

jamu78
Indonesia bisa masuk ke fase krisis beras kedua kalau masa tanam pada Maret-April menghasilkan beras di bawah 2,5 juta ton.
Indonesia bisa masuk ke fase krisis beras kedua kalau masa tanam pada Maret-April menghasilkan beras di bawah 2,5 juta ton. (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan (Bapanas) Arief Prasetyo mengingatkan bahwa Indonesia bisa masuk ke fasekrisis berasyang kedua kalinya.

Menurutnya, hal itu bisa terjadi jika masa tanam pada Maret-April menghasilkan beras di bawah 2,5 juta ton.

"Fase krisis kedua ini tergantung tanam Maret dan April. Masih tanam di atas 1 juta hektar, maka bulan 7 kita tetap masih punya beras di atas 2,5 juta ton," kata Arief seperti dikutip dari Detik Finance, Senin (4/3).

Oleh karena itu, Arief mengatakan pemerintah harus bersiaga dengan ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) aman. Ia menilai hal itu bisa dilakukan dengan menyerap hasil panen Maret-April apabila telah melampaui kebutuhan dalam negeri.

"Maka pemerintah sudah bersiap dengan CBP-nya karena Juli hingga akhir tahun, awal tahun menjadi masa pemerintah melakukan intervensi. Caranya dengan panen, serap, panen, serap," jelasnya.

Harga beras sendiri belakangan meroket. Tak hanya itu, stoknya pun mulai langka di ritel modern.

Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) memproyeksi kelangkaan dan mahalnya harga beras berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024.

Ketua Umum Perpadi Sutarto Alimoeso mengatakan hal itu terjadi karena panen di Maret pun tidak terlalu besar dan cenderung di bawah normal.

"Kondisi seperti ini masih akan berlangsung sampai dengan akhir Maret," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (26/2).

Ia mengatakan panen pada Maret diperkirakan hanya mampu menghasilkan beras 3,5 juta ton. Padahal, normalnya panen bisa menghasilkan lebih dari 5 juta ton.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Orang Suci Tertinggi

slot yang lagi gacor
Badan Pangan Nasional menyebut jumlah 5 kg beras cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga selama beberapa hari sehingga pembeliannya di ritel dibatasi.
Badan Pangan Nasional menyebut jumlah 5 kg beras cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga selama beberapa hari sehingga pembeliannya di ritel dibatasi. (CNN Indonesia/ Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkapkan alasan pembelian beras premiumkemasan 5 kg di ritel dibatasi dua pack per konsumen.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo mengatakan pembatasan dilakukan karena jumlah tersebut dinilai cukup untuk per satu rumah tangga.

Lihat Juga :
Daftar 4 Bankir yang Disebut Media Asing Dilirik Prabowo Jadi Menkeu

Ia mengatakan 10 kg tidak akan cukup bila itu diperuntukkan dijual kembali. Nah, untuk itu sebenarnya pemerintah sudah membuat skema berbeda untuk UMKM yang ingin menjual kembali.

"Kalau 2 ton ya nggak cukup. Itu harus ambil ke Pasar Cipinang," imbuhnya.

Ia mengatakan pemerintah memang membatasi pembelian di ritel modern karena tujuannya hanya untuk penggunaan rumah tangga saja.

"Orang ada yang komplain 'nggak boleh lebih dari dua ya?' ya ini untuk ritel. Kalau mau banyak ke Cipinang," jelasnya.

Beras premium mendadak hilang dari ritel modern. Hal ini menyebabkan kelangkaan dan beras di pasar naik tinggi tembus Rp18 ribu per kg.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Otak paling kuat dalam hiburan

spin 123 slot
Pengusaha Robert Bonosusatya pernah menjadi petinggi PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk dab PT Pratama Agro Sawit.
Pengusaha Robert Bonosusatya (kanan mengenakan masker) pernah menjadi petinggi PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk dab PT Pratama Agro Sawit. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah).
Jakarta, CNN Indonesia--

PengusahaRobert Bonosusatya (RBS) diperiksa sebagai saksi oleh penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk kasus dugaankorupsi tata niagatimah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022.

Ia tidak berbicara banyak usai diperiksa selama 13 jam. Ia hanya menegaskan telah menjawab seluruh pertanyaan yang dilayangkan oleh penyidik.

"Sebagai warga negara yang baik, saya sudah melakukan kewajiban, mentaati peraturan yang ada, saya sudah diperiksa," ujarnya kepada wartawan di Kejaksaan Agung, Senin (1/4).

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menduga Robert berperan meminta crazy rich Helena Lim dan Harvey Moeis untuk memanipulasi uang hasil korupsi dengan modus Corporate Social Responsibility (CSR).

Robert, kata dia, juga diduga mendirikan dan mendanai perusahaan-perusahaan yang digunakan sebagai alat untuk melakukan korupsi tambang timah. Boyamin berpendapat Robert merupakan pihak yang menerima manfaat atau keuntungan (beneficial owner) dari perusahaan-perusahaan yang melakukan penambangan timah.

"RBS apakah orang yang sama dengan orang yang disebut RBT, maka kami serahkan sepenuhnya kepada penyidik karena kami yakin penyidik telah mengetahui identitas yang bersangkutan," sambungnya.

Dari berbagai sumber, Robert merupakan mantan komisaris utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, sebuah perusahaan operator jalan tol.

Ia juga disebut pernah menjabat Komisaris Utama PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk, yang bergerak di bisnis percetakan dan dokumen keamanan. Jasuindo pernah menang proyek pencetakan BPKB, STNK, dan SIM di Korlantas Polri.

Lihat Juga :
Komentar Basuki soal Malaysia Gratiskan Tol saat Mudik Lebaran

Pada 2008, Robert menjabat presiden direktur PT Pratama Agro Sawit. Kebun sawitnya berlokasi di Kabupaten Batang Hari, Jambi.

Ia juga disebut sebagai pemilik PT Refined Bangka Tin (RBT), yang kini tersangkut dugaan korupsi PT Timah.

Nama Robert Bonosusatya pernah beberapa kali tersangkut di kasus-kasus yang melibatkan petinggi Polri.

Ia pernah terseret di tengah kasus hukum yang menyeret Ferdy Sambo dan anak buahnya mantan Karo Paminal Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan.

Hendra tercatat menggunakan jet pribadi bersama anak buahnya untuk berangkat ke kediaman keluarga almarhum Brigadir Josua di Jambi atas perintah Irjen Ferdy Sambo pada Senin (11/7/2023) lalu.

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso mengklaim berdasarkan penelusuran yang dilakukan diketahui bahwa pesawat pribadi yang digunakan Hendra tersebut bertipe Jet T7-JAB. Ia menduga pesawat jet pribadi yang digunakan oleh Hendra tersebut merupakan kepunyaan Robert Bonosusatya atau RBT alias Bong.

"Dalam catatan IPW dia adalah Ketua Konsorsium Judi Online Indonesia yang bermarkas di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, yang hanya berjarak 200 meter dari Mabes Polri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/9).

Robert membantah tudingan IPW soal penyedia jet pribadi untuk Hendra, serta mengaku tak punya jet pribadi.

"Tidak benar itu, tidak benar sama sekali. Bukan saya, mana ada saya jet pribadi," kata Robert kepada CNNIndonesia.commelalui telepon, Selasa (20/9).

Namun, Robert tidak menampik apabila dirinya mengenal Hendra meski sudah lama tidak saling kontak dengan Hendra.

"Hendra kenal dari zaman dahulu. Sudah lama sekali saya kontak dia sejak 5 atau 6 tahun. Waktu itu dia masih AKBP," ujar Robert.

Nama Robert juga pernah mencuat dalam dokumen hasil pemeriksaan Bareskrim Polri pada periode Mei hingga Juni 2010, yang mengusut transaksi ganjil sebesar Rp57 miliar di rekening Komjen Budi Gunawan, yang kini menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Menurut dokumen yang tersebar saat Budi mengikuti uji kelayakan calon Kepala Polri pada 14 Januari 2015 itu, Robert disebut sebagai penjamin kredit yang dikucurkan untuk putra Budi, Muhammad Herviano Widyatama pada 6 Juli 2005.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Dari ksatria menjadi raja

trik main qq online
Pemerintah Italia menyiapkan dana hingga 1 miliar euro atau sekitar Rp17 triliun untuk mendukung proyek pengembangan AI.
Pemerintah Italia menyiapkan dana hingga 1 miliar euro atau sekitar Rp17 triliun untuk mendukung proyek pengembangan AI. Ilustrasi. (REUTERS/FLORENCE LO).
Jakarta, CNN Indonesia--

PemerintahItalia menyiapkan dana investasi hingga 1 miliar euro atau sekitar Rp17 triliun (asumsi kurs Rp17 ribu per euro) untuk mendukung proyek pengembangan kecerdasan buatan (AI).

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni mengumumkan rencana itu saat berbicara di sebuah acara di Roma pada Selasa (12/3), dua hari sebelum negaranya menjadi tuan rumah pertemuan para menteri teknologi G7 di mana AI akan menjadi agenda utama.

Investasi akan digunakan untuk mempromosikan proyek kecerdasan buatan dan menyerukan "aturan etis" terkait penggunaannya.

Selain itu, Italia juga sedang menyusun undang-undangnya sendir terkait penggunaan AI.

"Ini adalah teknologi yang dapat mengeluarkan seluruh potensi positifnya hanya jika pengembangannya dilakukan dalam batasan aturan etika yang mengutamakan manusia, hak dan kebutuhannya," katanya.

Pesatnya perkembangan AI menjadi topik perhatian global, dipicu oleh peluncuran ChatGPT pada 2022, sebuah program generatif dari OpenAI Microsoft yang dapat menulis cerita, membuat gambar, menulis kode komputer, dan banyak lagi dari perintah teks sederhana.

Meloni mengatakan AI akan menjadi prioritas kepresidenan Italia tahun ini di kelompok tujuh negara terkaya dunia (G7).

Pada pertemuan para menteri G7 di Verona dan Trento pada Kamis dan Jumat lalu, Roma berharap dapat bekerja menuju "perangkat untuk pengembangan dan penggunaan semua sistem AI di sektor publik yang beretika dan berpusat pada manusia".

Italia juga berupaya mengembangkan "mekanisme yang tepat untuk pemantauan sukarela" terhadap penerapan kode etik tidak mengikat yang disepakati oleh negara-negara G7 tahun lalu untuk perusahaan pengembang sistem AI paling canggih.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

catatan pembunuhan bardik

slot vip hoki

Selamat jangkar

angka jitu prediksi hk