petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

voucher reddoorz

buku mimpi 2 abjad 745Jutaan kata 9126Orang-orang telah membaca serialisasi

《voucher reddoorz》

Modus Konglomerat Properti Vietnam Gelapkan Rp194 T dari Bank******

Konglomerat properti Truong My Lan ditangkap kepolisian Vietnam karena menggelapkan dana 304 triliun dong atau sekitar Rp194 triliun pada Oktober 2022 lalu.
Konglomerat properti Truong My Lan ditangkap kepolisian Vietnam karena menggelapkan dana 304 triliun dong atau sekitar Rp194 triliun pada Oktober 2022 lalu. Ilustrasi. (iStockphoto/Todor Dinchev).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konglomerat properti Truong My Lan ditangkap kepolisianVietnam karena menggelapkan dana 304 triliun dong atau sekitar Rp194 triliun pada Oktober 2022 lalu.

Kasus tersebut mendapat perhatian publik karena dana yang ditilap sangat besar. Sebagai gambaran, nilainya setara 3,2 persen pendapatan domestik bruto (PDB) Vietnam.

Modus yang dilakukan bos pengembang properti Van Thinh Phat Holdings Group itu adalah dengan menilap uang dari Saigon Commercial Bank (SCB). Lan disebut sebagai pemegang saham mayoritas bank tersebut.

"Memanfaatkan lebih dari 1.000 anak perusahaan dalam dan di luar negeri untuk mengambil pinjaman hingga 40 miliar Euro dari Saigon Commercial Bank lalu mengalokasikannya ke pihak ketiga melalui perusahaan gelap yang dibentuk oleh dirinya dan keluarga," tulis DW.

Setahun setelah penangkapannya, polisi masih berupaya mengungkap jaringan perusahaannya, yang mencakup lebih dari 1.000 perusahaan, sebagian besar perusahaan kecil, yang didirikan untuk mendapatkan pinjaman bank.

Dilansir dari berbagai sumber, Lan lahir di Saigon, Vietnam pada 13 Oktober, 1956. Keluarganya adalah imigran dari China.

Tak banyak cerita tentang masa kecil Lan. Mengutip SCMP, Lan sempat berjualan aksesoris di sebuah pasar di Distrik 5 Kota Ho Chi Minh.

Lihat Juga :
Kekayaan Dua Anak Haji Isam Menurun Rp4,55 T Dalam Setahun

Pada 1992, Lan mendirikan Van Thinh Phat Limited Liaibility Company. Awalnya, perusahaan bergerak di bidang perdagangan, restoran, dan hotel. Setelah itu, ia melebarkan sayap ke sektor real estat yang diduga berkembang pesat berkat bantuan koneksi politik.

Dalam beberapa tahun, Lan berhasil mendapatkan beberapa properti paling berharga di kota tersebut, termasuk beberapa di Nguyen Hue Boulevard, salah satu jalan termahal di Asia. Dia memupuk dukungan politik dengan menjadi sponsor yang murah hati untuk inisiatif-inisiatif kota besar.

Pada 2007, ia mendirikan Van Thinh Phat Group (VTP Group Holdings) dengan modal dasar 6 triliun VND. Di perusahaan itu, Lan mengempit 80 persen saham, setara dengan kontribusi modal senilai 4,8 triliun dong.

Pertumbuhan kerajaan bisnis Lan diduga dipicu oleh pengambilan utang dalam jumlah besar melalui pasar obligasi komersial. Bisnisnya menerbitkan 25 jenis obligasi berbeda yang dijual secara agresif melalui SCB dan menghasilkan 30 triliun dong.

Sebagian besar modal Lan diperoleh melalui pinjaman bank. Lan diduga mengendalikan 91 persen SCB, melalui 27 nominasi, dan antara Februari 2018 dan Oktober tahun lalu, 93 persen pinjamannya diarahkan ke VTP dan perusahaan cangkangnya tanpa jaminan, jadwal pembayaran, atau uji tuntas normal.

Namun, Lan berhasil lolos dengan menyuap regulator senior di bank sentral dan 23 regulator negara lainnya dengan uang sebesar US,2 juta untuk memalsukan laporan pengawasan mereka terhadap SCB dan menyembunyikan kredit macet serta bukti kesalahan.

Nama Lan juga sempat muncul pada Panama Paper sebagai beneficiary dari EuroAsia. ID Concept Group Limited, perusahaan cangkang dengan alamat terdaftar di "surga pajak" British Virgin Island.

Lan menikah dengan pengusaha real estat Hong Kong Eric Chu Nap Kee dan memiliki seorang putri Chu Duyen Phan. Keluarga Lan merupakan salah satu keluarga terkaya di Vietnam.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Jusuf Hamka Ungkap Pemerintah Cuma Mau Bayar Utang Kepadanya Rp78 M******

Pengusaha Jusuf Hamka mengungkapkan pemerintah cuma mau bayar utang kepadanya Rp78 miliar. Padahal ia mengklaim utang itu tembus Rp800 miliar.
Pengusaha Jusuf Hamka mengungkapkan pemerintah cuma mau bayar utang kepadanya Rp78 miliar. Padahal ia mengklaim utang itu tembus Rp800 miliar. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha Jusuf Hamka mengungkapkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) cuma mau bayar utangkepadanya Rp78 miliar.

Padahal, sebelumnya pria yang akrab disapa Babah Alun itu menagih utang pemerintah kepada PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) senilai Rp800 miliar.

Hal tersebut disampaikan setelah bertemu dengan perwakilan Kemenkeu dan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (13/12).

"Waktu itu juga negosiasi yang dari Rp400 miliar (2017) ke Rp179 miliar adalah denda 37,5 persen dan pokok Rp78 miliar. Sekarang cuman pokoknya saja tanpa denda sama sekali," ucap Jusuf.

Ia pun mengaku tak tahu secara rinci alasan pemerintah cuma mau bayar Rp78 miliar. Jusuf hanya menyampaikan angka itu yang diajukan pemerintah.

"Alasannya tadi mandatnya yang diterima cuma angka itu. lebih dari itu nggak bisa nanti akan dibicarakan lagi," katanya.

Terhadap putusan itu, ia pun mengaku belum mau menerima. Jusuf pun kemudian berharap pemerintah bisa adil dan berumah hati membayar utang.

Ia juga menyinggung pemerintah selalu tegas dalam menagih pajak kepada masyarakat. Namun, giliran membayar utang kepada rakyat malah molor.

"Bahkan tadi ada kata keluar kalau negara tidak mau bayar bisa apa? Ya nggak bisa apa apa, kita kan warga negara bukan negara," kata Jusuf.

Di sisi lain, ia juga mengungkapkan meski pemerintah cuma mau bayar Rp78 miliar saja, waktu pembayarannya pun masih belum jelas kapan. Menurutnya, masih jauh panggang dari pada api.

"Singkat aja kali ya, Belanda masih jauh. Hilalnya belum kelihatan," ujarnya.

CNNIndonesia.com sudah berupaya untuk minta tanggapan kepada Stafsus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo terkait pengakuan Jusuf Hamka tersebut. Namun yang bersangkutan enggan berkomentar jauh mengenai masalah itu.

"Sebaiknya ditanyakan Kemenko Polhukam karena ini dihandle Satgas BLBI bersama-sama," katanya.

Sengkarut utang piutang antara Jusuf dengan Kementerian Keuangan bermula dari deposito perusahaannya PT CMNP sebesar Rp78 miliar di Bank Yakin Makmur atau Bank Yama.

Utang itu belum dibayar sejak krisis moneter 1998, kala Bank Yama dilikuidasi pemerintah. Sejak saat itu, Jusuf mengaku tidak mendapatkan kembali uang depositonya.

Pemerintah berdalih CMNP terafiliasi dengan pemilik Bank Yama, yakni Siti Hardijanti Hastuti alias Tutut Soeharto yang masuk daftar pengutang BLBI.

Tak terima dengan dalih itu, pihaknya kemudian menggugat pemerintah ke pengadilan pada 2012 dan memenangkannya.

Lalu, ia dipanggil Kepala Biro Hukum Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat itu, yakni Indra Surya. Pemerintah mengakui utang tersebut dan berjanji akan membayar. Namun, Kemenkeu meminta diskon.

[Gambas:Video CNN]

Sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) yang dimenangkan Jusuf Hamka, negara harus membayar pokok utang tersebut beserta denda 2 persen per bulan. Itungan pada 2016 atau 2017 adalah Rp400 miliar, tetapi pemerintah hanya bersedia membayar Rp179 miliar.

"Waktu itu menterinya (menteri keuangan) Bambang Brodjonegoro kalau nggak salah, 2016 atau 2017. Disuruh buat kesepakatan. Pemerintah minta diskon, tercapailah angka Rp170 miliar (Rp179 miliar). Ya sudahlah saya pikir asal duitnya balik saja, tanda tangan perjanjian," ucapnya.

Lihat Juga :
Profil Tsamara Amany yang Diangkat Erick Thohir Jadi Staf Khusus

Dijanjikan dua minggu selesai, Jusuf menyebut utang tersebut malah diabaikan pemerintah bertahun-tahun. Sampai pada akhirnya Jusuf mengklaim utang pemerintah kepada dirinya hingga kini mencapai Rp800 miliar.

Dalam perjalanannya, Jusuf belakangan ini bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD untuk membahas nasib utang tersebut.

Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan pihaknya masih akan mempelajari dengan teliti dan hati-hati mengenai persoalan utang itu.

(mrh/agt)

Mayoritas Harga Pangan Naik, Cabai Rawit Kian 'Menggigit'******

Mayoritas harga pangan naik pada awal pekan ini, Senin (27/11). Kenaikan tertinggi masih terjadi pada komoditas cabai-cabaian, terutama cabai rawit.
Mayoritas harga pangan naik pada awal pekan ini, Senin (27/11). Kenaikan tertinggi masih terjadi pada komoditas cabai-cabaian, terutama cabai rawit. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga pangannaik pada awal pekan ini, Senin (27/11). Kenaikan tertinggi masih terjadi pada komoditas cabai-cabaian, terutama cabai rawit.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga cabai rawit merah melesat 9,88 persen ke Rp90.600 per kg. Bahkan, di Pasar Alok, Kota Maumere harganya menembus Rp250 ribu per kg.

Cabai merah besar juga makin mahal. Tercatat, harganya naik 6,79 persen ke Rp66.850 per kg. Kenaikan juga terjadi pada cabai merah keriting sebesar 3,23 persen ke Rp68.800 per kg dan cabai rawit hijau 3,81 persen ke Rp65.350 per kg.

Sementara itu, harga daging ayam ras segar turun 0,99 persen ke Rp35.150 per kg. Harga daging sapi kualitas 1 juga turun 0,07 persen ke Rp137.900 per kg, daging sapi kualitas 2 turun 0,08 persen ke Rp129.050 per kg, dan bawang putih ukuran sedang turun 0,27 persen ke Rp37.450 per kg.

Adapun harga komoditas pangan lainnya terpantau stagnan. Rinciannya, beras kualitas bawah I Rp13.550 per kg, beras kualitas bawah II Rp13.450 per kg, beras kualitas medium I Rp14.700 per kg, beras kualitas medium II Rp14.500 per kg, dan beras kualitas super I Rp15.950 per kg.

Kemudian, harga minyak goreng kemasan bermerek 1 Rp20.900 per kg, minyak goreng kemasan bermerek 2 Rp19.450 per kg, dan telur ayam ras segar Rp29 ribu per kg.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:slot138 gacor

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
gacor4d slot
situs jp slot
jam gacor gates of olympus
dewa88 baru
trik gaple
spaceman
kredit hp di akulaku berapa bulan
slot98
bo 88 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 maniakplay
Bab 2 tempat slot paling gacor
Bab 3 permainan slot online
Bab 4 permainan slot gacor
Bab 5 siji4d
Bab 6 dragon303 rtp
Bab 7 qq bonus new member
Bab 8 slotnesia77
Bab 9 easy go pinjol ilegal
Bab 10 buku mimpi pengemis
Bab 11 bangsatogel
Bab 12 istana8899
Bab 13 slot online paling gacor
Bab 14 buy slot
Bab 15 game slot online deposit dana
Bab 16 pinjaman online legal tanpa bi checking
Bab 17 slot pagi
Bab 18 nagabola
Bab 19 cara menggunakan cicilan di tokopedia
Bab 20 cara aktifkan kredivo di tokopedia
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7396bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Penganut Tao Hongyun yang malang, orang paling kejam di dunia

madu303
IHSG ditutup melemah ke level 7.087 pada Rabu (6/12) sore, usai 355 saham terkapar.
IHSG ditutup melemah ke level 7.087 pada Rabu (6/12) sore, usai 355 saham terkapar. (Foto: cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks hargasahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.087 pada Rabu (6/12) sore. Indeks saham melemah 13,45 poin atau 0,19 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp16,45 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 44,14 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 221 saham menguat, 355 saham terkoreksi, dan 191 saham lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, mayoritas bursa saham Asia terpantau kompak bergerak di zona hijau.

Tercatat indeks Hang Seng Composite di Hong Kong menguat 0,88 persen, indeks Straits Times di Singapura menguat 0,12 persen, dan indeks Nikkei 225 di Jepang plus 2,04 persen.

Senada, bursa saham Eropa pun terpantau kompak menguat. Tercatat indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,14 persen dan indeks DAX di Jerman plus 0,18 persen.

Sebaliknya, bursa Amerika terpantau melemah. Indeks S&P 500 melemah 0,06 persen, indeks NASDAQ Composite minus 0,54 persen, dan indeks Dow Jones minus 0,89 persen.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

malam yang rusak

dunia judi slot
Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini dengan bertabur diskon. Mumpung masih ada waktu, cus ke Transmart sekarang juga!
Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini dengan bertabur diskon. Mumpung masih ada waktu, cus ke Transmart sekarang juga! (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale datang lagi hari ini, Minggu (10/12) dengan diskon gede-gedean, yakni 50 persen dan masih ada ekstra diskon 20 persen.

Masih ada waktu buat belanja dengan bertabur diskon ini. Cus ke Transmart sekarang juga daripada nyesel melewatkan promonya!

Lihat Juga :
Cuma Hari Ini, Belanja di Transmart Full Day Sale Diskon 50% + 20%

Transmart kasih diskon 50 persen untuk beragam produk terpilih dan ada diskon tambahan lagi 20 persen untuk pengguna Allo Bank, Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Kalau belum punya Allo Paylater, cukup unduh aplikasi Allo Bank di App Store atau Google Play Store. Kemudian daftar akun dan upgrade ke Allo Prime. Setelah itu ajukan Allo Paylater.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik. Selamat berbelanja!

Langsung aja ke Transmart terdekat sekarang juga ya, mumpung masih ada waktu buat belanja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Lotere film dan televisi paling kuat

mpo555
Beli sofa, kursi, dan meja kerja hari ini, Minggu (17/12) bisa dapat diskon berlipat loh di Transmart. Hematnya bahkan sampai Rp1,9 jutaan!
Beli sofa, kursi, dan meja kerja hari ini, Minggu (17/12) bisa dapat diskon berlipat loh di Transmart. Hematnya bahkan sampai Rp1,9 jutaan! (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja furnitur di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (17/12) bertabur diskon, loh. Soalnya Transmart kasih diskon gede-gedean buat berbagai produk terpilih, seperti sofa, kursi, dan meja kerja.

Apalagi nih kalau kamu bayar belanjaannya pakai Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, dan Bank Mega Syariah, ada ekstra diskon 20 persen.

Lihat Juga :
Jangan Lupa Belanja ke Transmart Hari Ini, Ada Diskon 50%+20%
  • Greyson 2 Seater Dark Grey, harga diskon Rp3.999.200 dari harga normal Rp5.999.000 per unit. Hemat sampai Rp1.999.800.
  • Winston Office Chair Black, harga diskon Rp879.200 dari harga normal Rp1.499.000 per unit. Hemat sampai Rp619.800.
  • Jevan Computer Desk, harga diskon Rp423.200 dari harga normal Rp899.000 per unit. Hemat sampai Rp475.800.

Jangan sampai menyesal karena lewatkan kesempatan beli furnitur bertabur diskon ini. Yuk, langsung kunjungi gerai Transmart terdekat sekarang juga.

Supaya makin hemat, bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik. Selamat belanja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Xingwutongshen

pinjol masuk bi checking
Belanja daging dan ikan segar berkualitas di Transmart jadi makin murah karena ada diskon 20 persen setiap hari.
Belanja daging dan ikan segar berkualitas di Transmart jadi makin murah karena ada diskon 20 persen setiap hari (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja daging dan ikan segar berkualitas di Transmart jadi makin murah karena ada diskon 20 persen setiap hari.

Khusus bagi pelanggan setia Transmart yang menggunakan All Prime, kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah bisa langsung dapat ekstra diskon 20 persen.

Lihat Juga :
Belanja Hemat Buah-buahan Segar di Transmart Diskon 20% Tiap Hari

Selain daging dan ikan, ada juga seafood bakso dan buah-buahan seperti semangka dan anggur muscat yang lagi viral.

Diskon setiap hari ini berlaku di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Dijamin belanja produk segar di Transmart makin memuaskan.

Kalau belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgradeke Allo Prime.

Cara lainnya, dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di boothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Jangan lupa ya, bayarnya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar lebih hemat dan bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik! Selamat berbelanja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Keluarga Pengharum Mayat

danaqq
PLN Icon Plus menargetkan dapat menggaet 1,5 juta pelanggan layanan internet Iconnet pada 2024.
Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menuturkan saat ini jumlah pelanggan Iconnet telah mencapai 1 juta dan menjadikan mereka provider terbesar kedua. (CNN Indonesia/ Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

PLN Icon Plus menargetkan dapat menggaet 1,5 juta pelanggan layanan internet Iconnet pada 2024. PLN Icon Plus merupakan anak usaha PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menuturkan, saat ini jumlah pelanggan Iconnet telah mencapai 1 juta. Menurutnya, angka ini cukup tinggi dan menjadikan Iconnet sebagai providernomor dua terbesar di Indonesia.

Ari menilai, pertumbuhan jumlah pelanggan itu juga cukup pesat. Maklum, Iconnet baru berdiri pada 31 Mei 2021 lalu. Khusus sepanjang tahun ini, pertumbuhan pelanggan Iconnet mencapai 500 ribu.

Selain itu, PLN Icon Plus juga akan terus berinvestasi dan berkolaborasi dalam pengembangan infrastruktur dan teknologi untuk meningkatkan layanan yang diberikan.

Adapun inovasi itu dilakukan seperti paket bundling internetdan layanan smart home system.

"Untuk menjadi solusi smartdan greenbagi masyarakat" imbuh Ari.

Ari menuturkan, layanan Iconnet menawarkan kecepatan internet yang tinggi dengan jangkauan yang luas di seluruh Indonesia.

Berdasarkan catatannya, Iconnet saat ini telah menjangkau pelanggan di 535 kabupaten/kota di Indonesia. Jumlah tersebut mencakup 12.740 desa yang terlayani.

(mrh/asr)

[Gambas:Video CNN]

Saya mungkin seorang pembunuh palsu

situs slot terpercaya 2022
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi menetapkan besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2024 untuk 38 kabupaten/kota di Jatim.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi menetapkan besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2024 untuk 38 kabupaten/kota di Jatim. ( Muchlis - Biro Setpres).
Surabaya, CNN Indonesia--

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi menetapkan besaran upahminimum kabupaten/kota (UMK) 2024 untuk 38 kabupaten/kota di Jatim.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/656/KPTS/013/2023 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jatim 2024.

"Bahwa upah minimum sebagaimana dimaksud dalam huruf a, merupakan rekomendasi Bupati/Wali Kota dan hasil rapat sidang Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Timur," tulis keputusan tersebut.

Kemudian Kabupaten Gresik dengan besaran Rp4.642.031, naik Rp120 ribu dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp4.522.030,51.

Lalu Kabupaten Sidoarjo dengan nilai Rp4.638.582 yang juga naik Rp120 ribuan dari tahun sebelumnya sebesar Rp4.518.581,85.

Sedangkan daerah dengan UMK paling rendah di Jatim ialah Kabupaten Situbondo dengan besaran Rp2.172.287,00 atau hanya naik Rp35 ribu dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp2.137.025,85.

Lihat Juga :
Bahlil ke Investor China yang Mau Berinvestasi di IKN: Akan Saya Bantu

Dalam keputusan tersebut, tertulis penetapan itu telah sesuai dengan Surat Menteri Ketenagakerjaan, tanggal 15 Nopember 2023, Nomor: B-M/243/HI.01.00/XI/ 2023 tentang Penyampaian Informasi Tata Cara Penetapan Upah Minimum Tahun 2024 Serta Data Kondisi Ekonomi dan Ketenagakerjaan Untuk Penetapan Upah Minimum Tahun 2024.

Disebutkan pula, salah satu landasan yang digunakan untuk penghitungan upah minimum ialah Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Berdasarkan keputusan gubernur itu, berikut ini daftar lengkap UMK 2024 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur:

1. Kota Surabaya Rp4.725,479

2. Kabupaten Gresik Rp4.642.031

3. Kabupaten Sidoarjo Rp4.638.582

4. Kabupaten Pasuruan Rp4.635.133

5. Kabupaten Mojokerto Rp4.624.787

6. Kabupaten Malang Rp3.368.275

7. Kota Malang Rp3.309.144

8. Kota Pasuruan Rp3.138.838

9. Kota Batu Rp3.155.367

10. Kabupaten Jombang Rp2.945.544

11. Kabupaten Probolinggo Rp2.806.955

12. Kabupaten Tuban Rp2.864.225

13. Kota Mojokerto Rp2.832.710

14. Kabupaten Lamongan Rp2.828.323

15. Kota Probolinggo Rp2.701.086

16. Kabupaten Jember Rp2.665.392

17. Kabupaten Banyuwangi Rp2.638.628

18. Kota Kediri Rp2.415.362

19. Kota Blitar Rp2.330.000

20. Kabupaten Bojonegoro Rp2.371.016

21. Kabupaten Tulungagung Rp2.320.000

22. Kabupaten Lumajang Rp2.281.469

23. Kota Madiun Rp2.274.277

24. Kabupaten Kediri Rp2.340.668

25. Kabupaten Nganjuk Rp2.258.455

26. Kabupaten Sumenep Rp2.249.113

27. Kabupaten Blitar Rp2.256.050

28. Kabupaten Madiun Rp2.243.291

29. Kabupaten Magetan Rp2.238.808

30. Kabupaten Ponorogo Rp2.235.311

31. Kabupaten Pamekasan Rp2.221.135

32. Kabupaten Pacitan Rp2.199.337

33. Kabupaten Sampang Rp2.182.861

34. Kabupaten Ngawi Rp2.241.054

35. Kabupaten Bondowoso Rp2.183.590

36. Kabupaten Trenggalek Rp2.223.163

37. Kabupaten Situbondo Rp2.172.287

38. Kabupaten Bangkalan Rp2.240.701

[Gambas:Video CNN]



(frd/agt)