petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

server thailand anti rungkad

super dana ilegal atau legal 708Jutaan kata 323696Orang-orang telah membaca serialisasi

《server thailand anti rungkad》

Prabowo Pede Bisa Kerek Ekonomi RI Tumbuh 8 Persen 5 Tahun Lagi******

Prabowo optimis bisa mengerek pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 8 persen dalam 4-5 tahun ke depan dengan meningkatkan rasio pajak.
Prabowo optimis bisa mengerek pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 8 persen dalam 4-5 tahun ke depan dengan meningkatkan rasio pajak. (Foto: REUTERS/WILLY KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Prabowo Subianto optimis ia bisa mengerekpertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 8 persen dalam 4 hingga 5 tahun ke depan jika terpilih menjadi presiden.

Calon presiden nomor urut 2 tersebut mengatakan rakyat Indonesia harus makmur dan sejahtera. Ia menegaskan pemimpin di negara manapun kudu punya cita-cita menyejahterakan warganya.

"Pada dasarnya, saya secara pribadi yakin bahwa kita bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kita. Estimasi saya adalah dalam 4 tahun hingga 5 tahun ke depan kita bisa mencapai tingkat pertumbuhan (ekonomi) sampai 8 persen atau bahkan lebih besar lagi," ucap Prabowo dalam Mandiri Investment Forum 2024 di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (5/3).

Ketua Umum Partai Gerindra itu menekankan dirinya butuh masukan dari sejumlah pihak tentang bagaimana meningkatkan tax ratio tersebut.

"Bukan berarti kita perlu menaikkan pajak, tapi dalam hal ini kita perlu memperluas basis perpajakan atau jumlah wajib pajak. Dan saya pikir ini bisa dilakukan," jelasnya.

"Dari angka 10 persen (tax ratio) kalau bisa kita tingkatkan ke 16 persen seperti di Thailand, maka kenaikan 6 persen dari US.500 miliar produk domestik bruto (PDB), ini akan menjadi angka yang signifikan, mencapai US miliar," tambah Prabowo.

Usai acara, Prabowo menjelaskan bahwa Indonesia harus berkolaborasi demi mencapai target-target yang telah ditentukan.

Selain menggalakkan kolaborasi, Menteri Pertahanan Prabowo berjanji akan meneruskan keberhasilan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lihat Juga :
Cerita Prabowo Pernah Punya Utang di Bank Mandiri

"Pendekatan kita di Indonesia adalah kolaborasi, kerja sama ekonomi, yang besar, menengah, kecil, koperasi, pedagang pasar, petani, nelayan, ini kerja sama yang baik. Kalau ini kuat, yang bawah berdaya, kemampuan daya beli daya mereka kuat. Karena itu kita harus sepakat dan sudah sepakat kita harus hilangkan kemiskinan," tegas Prabowo.

"Kita harus kerja keras. Banyak negara butuh 50 tahun, 60 tahun, ada negara yang cepat, tapi kita akan terus yang sudah dirintis presiden-presiden terdahulu, yang dikerjakan Pak Jokowi kita teruskan," tutupnya.

Ini bukan pertama kalinya Prabowo sesumbar bisa mengerek pertumbuhan ekonomi hingga 8 persen. Saat masa kampanye Januari lalu, ia menyatakan hal serupa.

Prabowo menargetkan pertumbuhan ekonomi mencapai minimal 8 persen jika ia terpilih dalam Pilpres 2024.

"Saya optimis bahwa pertumbuhan ekonomi kita, sasaran saya bila menerima mandat, saya harus mencapai pertumbuhan 8 persen minimum," katanya di acara Trimegah Political and Economic Outlook 2024, Rabu (31/1).

Prabowo mengatakan capaian ekonomi di era Presiden Jokowi akan menjadi fondasi baginya. Menurutnya, era pemerintahan Jokowi mencapai prestasi yang baik. Hal itu dilihat dari tingkat inflasi yang terkendali.

"Tingkat inflasi menurut pengetahuan saya, adalah yang terendah sepanjang sejarah RI," katanya.

Namun, ia mengatakan orang Indonesia cenderung kurang menghargai prestasi Jokowi tersebut. Padahal katanya, tingkat inflasi Indonesia jauh lebih rendah dibanding negara lain, termasuk Argentina yang mencapai 150 persen.

"Sifat bangsa Indonesia kadang-kadang diberi karunia kurang begitu menghargai gitu," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Alasan Guru Besar IPDN Sebut PNS Tercuan dari Makan Gratis Ala Prabowo******

Guru Besar IPDN Muhadam Labolo menilai PNS merupakan pihak paling diuntungkan dari program makan siang dan susu gratis ala Prabowo Subianto.
Guru Besar IPDN Muhadam Labolo menilai PNS merupakan pihak paling diuntungkan dari program makan siang dan susu gratis ala Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Muhadam Labolo menilai Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pihak paling diuntungkan dari program makan siang dan susu gratis ala Prabowo Subianto.

"Kalau seorang calon presiden hari ini terpilih dengan program makan siang gratis dan susu gratis, saya mau tanya yang paling diuntungkan siapa? Sudah pasti aparatur sipil negara (ASN)," ujar Muhadam dalam Korpri Menyapa di Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).

Menurut Muhadam, anggaran program tersebut akan menetes di setiap level pemerintahan sebelum digunakan untuk memenuhi kebutuhan makan siang warga sasaran.

Ia mencontohkan tetesan berupa uang pendampingan sudah terlihat dalam Program Inpres Desa Tertinggal (IDT) hingga Program Keluarga Harapan (PKH). Ada juga dana pendampingan yang dikelola PNS dalam program bantuan sosial (bansos) hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Selain dari program makan siang dan susu gratis ala Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, menurut Muhadam, PNS akan tetap diuntungkan kalau pun Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menang.

Ia mengatakan siapapun capres yang terpilih, ujungnya akan 'membebani' birokrat. Ia menyinggung tugas politikus adalah menjual mimpi.

"Politisi tugasnya menjual mimpi, kalau mimpinya laku lima tahun, maka yang menerjemahkan mimpinya menjadi program dan kegiatan adalah birokrasi. Itu enaknya jadi politisi, tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, cukup sekolah menengah umum (SMU)/sederajat, silakan maju sebagai capres, (calon) gubernur, bupati," tuturnya.

"Saya yakin akan banyak yang gemuk birokrasi semua itu, tetesannya itu loh. Saya yakin untuk, misal makan siang dan susu gratis, mungkin bapak/ibu sekalian menganggap sesuatu yang jauh, pasti akan menetes ke sana," tandas Muhadam.

Muhadam percaya, pada akhirnya, janji-janji politik pasangan calon tersebut akan diterjemahkan birokrat sesuai dengan sistem Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), hingga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Budiman Sudjatmiko sebelumnya menyebut sasaran program makan siang gratis adalah 82,9 juta anak sekolah dan pesantren di seluruh Indonesia. Dengan target program ini, modal yang perlu dialokasikan ditaksir mencapai Rp450 triliun per tahun.

Kecuali, anggaran tahun pertama yang diperkirakan hanya Rp120 triliun di mana sekitar Rp60 triliun dari jumlah tersebut akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

[Gambas:Video CNN]



(num/sfr)

Tanggapan Firli Bahuri soal putusan praperadilan di PN Jaksel******

Tanggapan Firli Bahuri soal putusan praperadilan di PN Jaksel
Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri saat memberikan keterangan pers terkait dengan putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan di salah satu kafe di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (19/12/2023) malam. ANTARA/Syaiful Hakim
Biasanya 'kan putusan dua, yaitu ditolak atau dikabulkan, ini ada yang di tengah-tengah tidak dapat diterima.
Jakarta (ANTARA) - Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri memberikan tanggapan terkait dengan putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengenai praperadilannya yang ditetapkan tersangka oleh Polda Metro Jaya.

"Saya kaget mendengar berita hari ini bahwa permohonan Firli ditolak. Saya kaget, 'kan putusan pengadilan enggak begitu bunyinya," kata Firli ditemui di salah satu kafe di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa malam.

Menurut dia, putusan hakim PN Jakarta Selatan menyebutkan mengadili, pertama, permohonan pemohon tidak diterima, bukan ditolak, tetapi juga bukan dikabulkan.

"Biasanya 'kan putusan dua, yaitu ditolak atau dikabulkan, ini ada yang di tengah-tengah tidak dapat diterima," jelas Firli.

Firli menuturkan bahwa pihaknya akan terus mengikuti proses hukum sesuai dengan prosedur maupun aturan yang berlaku.

Ia berharap jangan sampai masyarakat Indonesia, khususnya anak bangsa, dapat terjerumus di dalam opini menghakimi orang.

"Kami berharap bahwa tidak ada anak bangsa yang terjerumus di dalam opini menghakimi orang karena pada prinsipnya penegakan hukum itu harus ada asas praduga tidak bersalah, tentulah kami akan ikuti proses hukum," ucapnya.

Baca juga: Lemkapi: Putusan praperadilan Firli beri kepastian hukum 
Baca juga: MAKI soroti dokumen DJKA dalam praperadilan Firli Bahuri
 
Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri saat tiba di salah satu kafe di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (19/12/2023) malam. ANTARA/Syaiful Hakim


Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Imelda Herawati menolak permohonan gugatan praperadilan Firli Bahuri terkait dengan penetapan tersangka oleh Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya).

"Mengadili dalam eksepsi, mengabulkan eksepsi termohon dalam pokok perkara, menyatakan permohonan praperadilan pemohon tidak dapat diterima," kata hakim Imelda dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa.

Imelda mengatakan bahwa penetapan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya telah sesuai dengan prosedur dan sah menurut hukum yang berlaku sehingga status tersangka Firli tetap sah dan tidak bisa digugurkan.

Firli mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait dengan sah atau tidaknya penetapan tersangka oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya

Gugatan tersebut tertuang dengan nomor perkara 129/Pid.Pra/2023/PN JKT.SEL.

Sidang praperadilan sudah melalui beberapa tahapan, mulai dari penyampaian gugatan pemohon dari kubu Firli pada hari Senin (11/12). Satu hari setelahnya jawaban Polda Metro Jaya terkait dengan gugatan praperadilan yang diajukan Firli.

Setelah itu, hakim juga meminta kedua belah pihak menyerahkan berkas-berkas alat bukti dan keterangan ahli masing-masing pada hari Rabu (7/11) dan Kamis (8/11).

Setelah itu, hakim juga meminta kedua belah pihak menyerahkan berkas-berkas alat bukti dan keterangan ahli masing-masing pada hari Rabu (12/12) dan Kamis (15/12).

Firli menghadirkan sembilan saksi dalam sidang praperadilan, enam di antaranya saksi ahli dan tiga saksi fakta. Sementara itu, Polda Metro Jaya menghadirkan saksi Irjen Pol. Karyoto selaku termohon dan penyidik Subdit V Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKP Arief Maulana.

Dengan putusan hakim Imelda itu, penetapan Firli sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya adalah sah.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menetapkan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak menyebutkan bahwa penetapan tersangka tersebut setelah gelar perkara pada hari Rabu (22/11).

Penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 E atau Pasal 12 B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana yang diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 junctoPasal 65 KUHP yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada tahun 2020 sampai dengan 2023.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023




bab terbaru:daftar pinjaman ojk

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
judi slot gacor malam ini
rtp piala88
akulaku dan kredivo legal atau ilegal
prima88
kode alam mancing
suara4d
room slot gacor hari ini domino
bo slot terpercaya dan gacor
cuan55
Daftar isi semua bab
Bab 1 game slot online mudah menang
Bab 2 trisula88
Bab 3 slotace99
Bab 4 situs lagi gacor hari ini
Bab 5 caturqq
Bab 6 rtp slot login
Bab 7 indohoki4d
Bab 8 grup angka jitu
Bab 9 slot gacor 500x
Bab 10 casino terpercaya
Bab 11 slot maxwin gacor
Bab 12 p200m slot
Bab 13 slot daftar
Bab 14 trik bermain slot online
Bab 15 sensasi777
Bab 16 cicilan di blibli
Bab 17 pinjaman online yang terdaftar di ojk 2022
Bab 18 mpo4d login
Bab 19 qqjpslot
Bab 20 nagahoki303
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6530bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Dunia Dewa Bela Diri

pinjam uang cepat dan mudah
Nottingham Forest pecat pelatih Cooper dan disebut sedang dekati Nuno
Arsip - Pelatih Nottingham Forest Steve Cooper memperhatikan penampilan tim asuhannya saat memainkan pertandingan persahabatan melawan PSV Eindhoven, yang dimainkan di Stadion Philipps, Eindhoven, 30 Juli 2023. (ANTARA/AFP/JEROEN PUTMANS)
Jakarta (ANTARA) - Nottingham Forest telah resmi memecah pelatih Steve Cooper pada Selasa waktu setempat, di tengah laporan bahwa klub papan bawah Liga Inggris itu siap merekrut Nuno Espirito Santo.

Cooper dipecat setelah Forest menjalani rentetan hasil buruk, yakni hanya meraih satu kemenangan dari 13 pertandingan Liga Inggris. Hasil negatif itu membuat Forest hanya berada satu posisi di atas zona degradasi.

Forest dilaporkan telah mengadakan sejumlah pembicaraan dengan mantan pelatih Tottenham Hotspur dan Wolverhampton, Nuno, agar pria asal Portugal itu mau kembali berkarier di Liga Inggris.

“Pada hari ini Steve Cooper telah dibebaskan dari tugas-tugasnya sebagai pelatih kepala Nottingham Forest, setelah menduduki posisinya selama dua tahun,” demikian pernyataan klub seperti dikutip AFP.

“Klub akan membuat pengumuman lanjutan mengenai pelatih kepala yang baru dalam waktu dekat,” tambahnya.

Nama Cooper cukup harum di kalangan penggemar Forest, setelah ia membimbing mereka dari dasar klasemen Championship atau divisi kedua, sampai berhasil lolos dari ancaman degradasi pada musim lalu.

Sayangnya rekrutan-rekrutan mahal Forest sesuai permintaan Cooper pada musim panas gagal memberi dampak yang diinginkan. Pemilik Forest Evangelos Marinakis akhirnya kehabisan kesabaran terhadap mantan pelatih Swansea itu.

“Semua orang di Nottingham Forest akan berterima kasih kepada Steve untuk kontribusi besarnya terhadap klub sepak bola kami. Pencapaiannya dalam membawa Forest kembali ke strata teratas Liga Inggris tidak diragukan lagi akan menjadi momen ikonik di sejarah klub,” kata Marinakis.

“Kami berterima kasih kepada Steve untuk dedikasi dan komitmennya selama bersama kami, serta koneksi luar biasa yang ia bentuk bersama para penggemar kami dan kota Nottingham.”

“Steve akan selalu tetap menjadi teman bagi klub dan selamanya akan disambut di The City Ground. Kami mendoakan yang terbaik untuk masa depannya.”

Dengan Forest hanya berjarak lima poin dari tiga terbawah, terdapat laporan bahwa Nuno akan segera direkrut Forest sebelum mereka memainkan pertandingan krusial melawan Bournemouth pada Sabtu (23/12).

Nuno sedang menganggur sejak meninggalkan klub Arab Saudi Al-Ittihad pada November silam. Kini pria 49 tahun itu berpeluang kembali melatih di Liga Inggris, dua tahun setelah ia dipecat dari Tottenham.

Ia sempat melatih Wolverhampton selama empat tahun. Di Wolves, Nuno membawa mereka promosi ke dari Championship pada musim pertama kepelatihannya.

Wolverhampton menikmati finis di posisi ketujuh berturut-turut, dan sempat melaju ke perempat final Liga Europa di bawah kepemimpinan Nuno.

Mantan pelatih Eintrahct Frankfurt Oliver Glasner sempat dikait-kaitkan dengan pekerjaan melatih di Forest, sebelum Nuno menjadi incaran utama mereka.

Baca juga: Nottingham Forest resmi gaet Anthony Elanga dari Manchester United
Baca juga: Klopp harap cedera Gravenberch tidak parah
Baca juga: MU curi satu poin dari Anfield seusai tahan imbang Liverpool tanpa gol
Baca juga: Para pemain Liga Inggris suarakan kampanye anti tayangan bajakan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023

Satu-satunya Dewa Dharma

puncak 303 slot login
Guru Besar IPB Muhadam Labolo menyebut PNS paling diuntungkan oleh program makan siang gratis ala Prabowo-Gibran karena bisa dapat tetesan rezeki.
Guru Besar IPB Muhadam Labolo menyebut PNS paling diuntungkan oleh program makan siang gratis ala Prabowo-Gibran karena bisa dapat tetesan rezeki. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Muhadam Labolo menyebut pegawai negeri sipil (PNS) paling diuntungkan dari makan siang dan susu gratis ala Prabowo Subianto.

"Kalau seorang calon presiden hari ini terpilih dengan program makan siang gratis dan susu gratis, saya mau tanya yang paling diuntungkan siapa? Sudah pasti aparatur sipil negara (ASN)," tegas Muhadam dalam Korpri Menyapa di Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).

"Bapak (PNS) sudah bisa hitung sekian triliun dibutuhkan harus diteteskan ke bawah. Dia akan singgah di provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan, ketua RW, lalu menetes ke bawah. Tidak mungkin itu tidak ada tetesan untuk pendampingan semua," sambungnya.

Ia menegaskan tidak hanya program makan siang dan susu gratis yang dijanjikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Muhadam mengatakan PNS akan tetap diuntungkan kalau pun Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menang.

Muhadam mengatakan siapapun capres yang terpilih, ujungnya akan 'membebani' birokrat. Ia menekankan tugas politikus adalah menjual mimpi.

"Politisi tugasnya menjual mimpi, kalau mimpinya laku lima tahun, maka yang menerjemahkan mimpinya menjadi program dan kegiatan adalah birokrasi. Itu enaknya jadi politisi, tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, cukup sekolah menengah umum (SMU)/sederajat, silakan maju sebagai capres, (calon) gubernur, bupati," tuturnya.

"Saya yakin akan banyak yang gemuk birokrasi semua itu, tetesannya itu loh. Saya yakin untuk, misal makan siang dan susu gratis, mungkin bapak/ibu sekalian menganggap sesuatu yang jauh, pasti akan menetes ke sana," tandas Muhadam.

Nantinya, Muhadam menyebut janji-janji politik pasangan calon tersebut akan diterjemahkan birokrat sesuai dengan sistem Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), hingga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Prabowo-Gibran berjanji melaksanakan program makan siang gratis.

Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Budiman Sudjatmiko menyebut sasaran program makan siang gratis adalah 82,9 juta anak sekolah dan pesantren di seluruh Indonesia. Ia mengatakan pembiayaan penuh yang diperlukan untuk melaksanakan program ini mencapai Rp450 triliun per tahun.

Namun, untuk pelaksanaan tahun pertama program ini diperkirakan menyedot Rp120 triliun. Budiman menegaskan sekitar Rp60 triliun duit tersebut akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Supermarket benteng saya

slot gacor depo 10k
Kemenkes pastikan nyamuk ber-Wolbachia tidak menyerang lebih ganas
Telur nyamuk ber-Wolbachia. (ANTARA/HO-Kementerian Kesehatan)
Jakarta (ANTARA) - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Imran Pambudi memastikan bahwa nyamuk ber-Wolbachia tidak akan menyerang lebih ganas kepada manusia. "Sebelum kita melakukan penyebaran nyamuk ber-Wolbachia, sudah ada kajian risikonya yang dilakukan oleh 25 ahli multidisipliner. Dari kajian yang dilakukan bahwa beberapa risiko yang muncul bisa diabaikan, dan dari kajian tersebut, diprediksi tidak lebih ganas," kata Imran dalam bincang akhir tahun bersama Kemenkes di Jakarta, Selasa. Imran memaparkan berdasarkan hasil studi yang dilakukan pada tahun 2021 oleh Peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Adi Utarini disebutkan  teknologi nyamuk ber-Wolbachia telah terbukti menurunkan insiden infeksi demam berdarah dengue 77,1 persen dan angka rawat inap 82,6 persen.

Baca juga: Revolusi dan rahasia Wolbachia yang mengubah dunia

Imran menjelaskan penerapan metode Wolbachia di Indonesia juga berbeda dengan Singapura yang lebih dulu melakukannya. "Bedanya dengan Singapura, mereka melakukan sterilisasi, jadi semua nyamuknya laki-laki. Yang dilakukan di Indonesia, sama-sama nyamuk, hanya saja metode kita berbeda, jadi kita tidak mensterilkan (nyamuk). Mereka tetap beranak pinak dan anaknya bisa mengandung Wolbachia," ujar dia. Namun, ia memastikan bahwa pemerintah akan menjaga agar nyamuk ber-Wolbachia tidak beradaptasi. "Mereka (nyamuk ber-Wolbachia) kan selalu punya mekanisme untuk bertahan, jadi kalau dilihat secara ilmu mungkin tiap lima tahun akan ada lagi nyamuk yang beradaptasi, kalau dia bermutasi, itu adalah mekanisme alami untuk mempertahankan diri, itu harus kita jaga dan lihat agar tidak terjadi," ucapnya. Menyinggung penolakan yang terjadi di beberapa daerah terkait nyamuk ber-Wolbachia ini, ia mengemukakan bahwa Kemenkes akan melakukan pendekatan-pendekatan kepada pemerintah daerah dan tokoh-tokoh yang bersangkutan.

Baca juga: Guru Besar UI paparkan bakteri Wolbachia tak menginfeksi manusia

Baca juga: Akademisi Udayana: Metode Wolbachia aman bagi manusia dan lingkungan "Kami prinsipnya, selama masyarakat masih ada yang belum setuju, kita pasti akan melakukan pendekatan dulu sampai kondisinya kondusif," tuturnya. Ia mengutarakan penyebaran nyamuk ber-Wolbachia ini berpotensi menihilkan kematian akibat demam berdarah dengue. "Kalau menihilkan kasus enggak ya, karena kan kita enggak bisa 100 persen nyamuk ada Wolbachia, tetapi kalau mencoba menihilkan kematian, mungkin iya. Jadi, beda ya, kasus sakit sama kasus kematian, karena semakin kita bisa menurunkan jumlah kasusnya, yang perlu perawatan kan lebih sedikit, artinya penanganannya bisa lebih baik," kata Imran Pambudi.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023

Guru Tao Tongxuan

mpo8080
Sejumlah pakar asing mewanti-wanti risiko program makan siang gratis yang diusung calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.
Sejumlah pakar asing mewanti-wanti risiko program makan siang gratis yang diusung calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pakar asing mewanti-wanti risiko program makan siang gratis yang diusung calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Lembaga pemeringkat utang Fitch Ratings menyebut program makan siang dan susu gratis Prabowo bakal berdampak pada peringkat kredit Indonesia karena memicu penumpukan tekanan pada kas pemerintah.

Lebih dari itu, program ambisius ini bahkan disebut bisa melampaui batas defisit anggaran yang ditetapkan undang-undang sebesar 3 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Lembaga ini menyinggung pernyataan Prabowo bahwa Indonesia bisa mempertahankan rasio utang terhadap PDB yang jauh lebih tinggi "juga menunjukkan risiko terhadap proyeksi fiskal dasar kami."

Prabowo menawarkan program makan siang dan susu gratis ditujukan kepada hampir 80 juta anak Indonesia. Program kampanye pemilihan presiden (pilpres) ini bertujuan mengurangi masalah kekurangan gizi dan stunting di Indonesia.

Saat ini, ia meraup suara terbanyak dalam real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hingga Selasa (5/3) pagi, ia dan Gibran Rakabuming Raka, pasangannya, mengantongi 58,82 persen suara.

Seorang perwakilan tim kampanye Prabowo mengatakan program makan siang dan susu gratis dijadwalkan berlangsung hingga 2029 dan membutuhkan hingga Rp450 triliun per tahun.

Lihat Juga :
Profil Haji Isam, Crazy Rich Berkaus Oblong Pembeli Pesawat Rp1,5 T

Dia mengatakan kepada Nikkei Asia bahwa pemerintahan Prabowo nantinya membutuhkan anggaran Rp100 triliun hingga Rp120 triliun untuk tahun pertama pemerintahan.

Wakil Presiden dan Pejabat Kredit Senior Moody's Investors Service Anushka Shah pun menyuarakan kekhawatiran serupa.

Shah berujar program makan siang dan susu gratis Prabowo "menunjukkan genjotan fiskal yang lebih ekspansif."

"Jika diterapkan, mereka akan menandai perbedaan dari rekam jejak panjang Indonesia dalam anggaran dan rasio utang yang dikelola secara konservatif," ucapnya pada 15 Februari lalu.

Lihat Juga :
Jeff Bezos Rebut Takhta Orang Terkaya Dunia Elon Musk, Harta Rp3.149 T

Selain program makan siang dan susu gratis, Prabowo juga punya proyek melejit lainnya yang merupakan warisan dari presiden saat ini, Joko Widodo (Jokowi). Proyek tersebut yakni pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

"Pada titik ini, implikasi untuk kelayakan kredit Indonesia netral, meski begitu kami sangat memperhatikan komposisi parlemen untuk mendapatkan petunjuk yang lebih besar mengenai arah kebijakan dan implementasi reformasi," kata Shah.

Saat ini, pemerintah RI sudah mulai membahas anggaran untuk tahun berikutnya, termasuk pula rencana kebijakan Prabowo.

Saat rapat kabinet 26 Februari lalu, Jokowi mengatakan proposal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 harus menyesuaikan program-program presiden baru dan memastikan kelangsungan kerja pemerintahan saat ini.

"Rencana Kerja Pemerintah tahun 2025 dan kebijakan fiskal adalah jembatan untuk menjaga kesinambungan pembangunan dan mengakomodasi program-program presiden terpilih hasil Pilpres 2024," kata Jokowi saat itu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyebut program makan siang dan susu gratis Prabowo telah dimasukkan ke dalam perhitungan pemerintah untuk perkiraan pertumbuhan PDB dan defisit fiskal tahun 2025.

Menurutnya, defisit APBN Indonesia pada 2025 akan mencapai 2,45 persen hingga 2,8 persen PDB. Angka ini naik dari target tahun ini sebesar 2,29 persen.

[Gambas:Video CNN]



(blq/sfr)

Kaisar Pedang Hunyuan

asiahoki
Menparekraf Sandiaga Uno mengungkap pemerintah bakal menggelontorkan dana sebesar Rp2 triliun untuk memfasilitasi berbagai konser dan acara internasional.
Menparekraf Sandiaga Uno mengungkap pemerintah bakal menggelontorkan dana sebesar Rp2 triliun untuk memfasilitasi berbagai konser dan acara internasional. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkap pemerintah bakal menggelontorkan dana sebesar Rp2 triliun untuk memfasilitasi berbagai konser dan acara internasional.

Hal ini ia sampaikan melalui unggahan di Instagram resminya @sandiuno, Rabu (6/3).

"Ke depannya, selain perizinan dan peningkatan SDM (sumber daya manusia), pemerintah akan memfasilitasi berbagai konser dan event internasional melalui Indonesia Tourism Fund yang tahun ini akan digelontorkan sebanyak Rp2 triliun," tulis dia.

"Saya melihat apa yang dilakukan oleh pemerintah Singapura untuk konser Taylor Swift ini harus menjadi inspirasi dan pelajaran bagi kita bersama," tutur dia.

Dalam video yang diunggahnya, ia mengatakan bahwa momen Singapura berhasil meyakinkan Taylor Swift untuk hanya menggelar konser di negara itu adalah 'koreksi bagi Indonesia'.

"Saya melihatnya ini seperti sebuah koreksi bagi kita, bagi Indonesia, mungkin ke depan kita bisa kerja sama karena kalau kita lihat kan kunjungan dari penonton dari Indonesia ini pasti besar sekali dan ini akan menambah jumlah dari emisi karbon," kata Sandiaga.

"Bagaimana kita berbagi dan kita hitung secara keseluruhan, mungkin kalau kita lihat, kita bisa mengarahkan 4 hari di Singapura atau 2 hari di Indonesia," katanya.

Sandiaga juga mengungkap pemerintah melalui kementeriannya akan gerak cepat untuk berkolaborasi dan membangun kerja sama sehingga dapat menciptakan lapangan kerja serta memberikan dampak pergerakan ekonomi untuk Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

Dominasi generasi muda

slot gacor yang sering menang
Konser Taylor Swift yang berlangsung selama enam hari di Singapura diyakini berdampak positif dalam mendongkrak ekonomi Negeri Singa.
Konser Taylor Swift yang berlangsung selama enam hari di Singapura diyakini berdampak positif dalam mendongkrak ekonomi Negeri Singa. (AFP/DAVID GRAY).
Jakarta, CNN Indonesia--

Taylor Swiftsukses menggemparkan Asia Tenggara dengan konser enam hari berturut-turut di Singapura bulan ini.

Namun, hal itu membuat negara tetangga kesal. Pasalnya, Swift dan pemerintah Singapura diam-diam sepakat untuk menjadikan Negeri Singa sebagai satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang disinggahi The Eras Tour.

Dilansir dari CNN, Selasa (5/3), pemerintah Singapura dihujat habis-habisan lantaran membuat kesepakatan eksklusif itu dengan membayar sejumlah insentif kepada agensi sang mega bintang.

Lantas, seberapa dahsyat dampak ekonomi dari konser Taylor Swift di Singapura?

Taylor Swift tampil selama 6 malam dengan berhasil menjual habis tiket sebanyak 300 ribu di Singapura.

Manajer Umum Trip.com Edmund Ong mengungkap tur tersebut membuat layanan jalur udara menuju Singapura melonjak sebesar 186 persen dengan pemesanan akomodasi melesat hampir 5 kali lipat.

Para fans yang rela habiskan isi tabungan mereka untuk bisa bertemu dengan sang bintang.

Lihat Juga :
Staf Sri Mulyani Ungkap Proses Pembahasan APBN untuk Presiden Baru

Dolar Singapura dikenal sebagai salah satu yang terkuat di Asia, sehingga segala sesuatu memang lebih mahal bagi para wisatawan dari negara tetangga. Sebagai gambaran, PDB per kapita Singapura mencapai US ribu, 23 kali lebih besar dari Filipina yang hanya sekitar US.500 per tahun.

"Saya dan teman-teman menghabiskan kurang lebih ribu (Rp 31,4 juta) untuk tiketnya (Taylor Swift) dan akomodasi transportasi dari negara kami," ucap penggemar asal Filipina, Christel Kaye Kuan.

Ekonom HSBC ASEAN Yun Liu menaksir konser akbar Swift itu menyumbang 10 persen dari PDB dari sektor layanan darmawisata di Singapura.

Sementara, sejumlah ekonom dari Maybank memperkirakan 70 persen penontonnya diisi oleh turis asing yang menghabiskan US0 juta atau Rp5,8 triliun di Singapura.

Lihat Juga :
Blak-blakan Sri Mulyani soal Sulitnya Kerek Rasio Pajak RI

Menanggapi kerja sama Singapura dan Taylor, Anggota Parlemen Filipina Joey Salceda kecewa. "Itu bukanlah hal yang dilakukan oleh negara tetangga yang baik," ujar Joey.

Tak tinggal diam, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong langsung membalas kritik itu.

"Kami bukannya 'tidak bersahabat', kami merundingkan perjanjian dengan Taylor Swift untuk datang ke Singapura saja, tentu ada insentif yang diberikan dan disetujui olehnya, dan saya tidak lihat itu adalah tindakan yang salah" tutur Lee, dalam konferensi pers di Melbourne di tengah kunjungan negaranya ke Australia.

Sempat beredar kabar dana hibah untuk Taylor Swift, Menteri Kebudayaan Singapura Edward Tong memastikan isu tersebut salah.

"Dana itu tidak akurat dan tidak seperti yang diperkirakan publik," ujar Edward pada awal pekan ini.

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin sebelumnya mengklaim Singapura membayar Taylor Swift US juta atau sekitar Rp47,2 miliar per pertunjukan, Jumat (16/2).

Perputaran uang dari konser Taylor Swift ini dinilai sangat berpotensi untuk meningkatkan ekonomi Singapura.

Rangkaian The Eras Tour Taylor Swift sendiri digadang-gadang menjadi tur dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa dengan nilai mencapai US miliar atau Rp16,1 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(wlm/sfr)