petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rtp tuna55

pinjol cair malam hari 863Jutaan kata 266370Orang-orang telah membaca serialisasi

《rtp tuna55》

Bahlil: Terima Kasih Pak SBY Selesaikan Utang Kita ke IMF******

Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadlia mengucapkan terima kasih kepada SBY karena berhasil bebaskan RI dari jerat utang 'lintah darat' IMF.
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadlia mengucapkan terima kasih kepada SBY karena berhasil bebaskan RI dari jerat utang 'lintah darat' IMF. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadlia mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena telah berhasil membebaskan Indonesia dari jerat utang IMF.

Ia mengatakan kebebasan Indonesia dari jerat utang IMF sangat berarti. Pasalnya, rekomendasi yang diberikan lembaga itu kepada negara yang dapat pinjaman dari mereka banyak yang merugikan.

Termasuk bagi Indonesia saat menghadapi krisis ekonomi pada 1998 lalu. Saat itu kata Bahlil, IMF menerapkan beberapa syarat yang merugikan Indonesia kalau mau mendapatkan gelontoran pinjaman dari mereka.

Akibatnya, banyak industri di Indonesia yang kolaps. 

"Kita harus terima kasih kepada pemerintahan sebelum Pak Jokowi yaitu di zamannya Pak SBY karena berhasil menyelesaikan utang kita ke IMF. Karena  (IMF) kayak lintah darat. Banyak pajak, paket kebijakan ekonomi dari IMF yang tidak cocok dengan kondisi negara kita," katanya Jumat (30/6) lalu.

Bahlil mengatakan karena kebebasan Indonesia dari jerat utang itu, pemerintah tak mau lagi kejadian serupa terjadi pada Indonesia. Hal itu diperlukan supaya Indonesia bisa bebas menentukan kebijakannya dalam mensejahterakan rakyat.

Termasuk, mensejahterahkan rakyat melalui kebijakan larangan ekspor nikel Cs. Sebagai pengingat, baru-baru ini IMF memang meminta kepada Presiden Jokowi menghentikan kebijakan larangan ekspor nikel cs.

Permintaan mereka sampaikan dalam IMF Executive Board Concludes 2023 Article IV Consultation with Indonesia yang dikeluarkan Minggu (25/6) kemarin.

[Gambas:Video CNN]

Dalam laporan itu, IMF sebenarnya menyambut baik ambisi Indonesia untuk meningkatkan nilai tambah dalam ekspor mineral, termasuk menarik investasi asing dari kebijakan larangan ekspor itu.

Selain itu, IMF tersebut juga mendukung langkah Indonesia yang memfasilitasi transfer keterampilan dan teknologi. Namun, mereka mencatat bahwa kebijakan harus didasarkan pada analisis biaya-manfaat yang lebih lanjut, dan dirancang untuk meminimalkan dampak lintas batas.

"Dalam konteks itu, para direktur mengimbau untuk mempertimbangkan penghapusan bertahap pembatasan ekspor dan tidak memperluas pembatasan tersebut ke komoditas lain," tulis laporan tersebut.

(mrh/agt)

DKI Jakarta Anggarkan Rp78 M untuk Pasang AI di 20 Simpang Jalan******

DKI Jakarta menggelontorkan anggaran Rp78 miliar untuk penerapan teknologi artificial intelligence alias AI di lampu lalu lintas 20 persimpangan di ibu kota.
DKI Jakarta menggelontorkan anggaran Rp78 miliar untuk penerapan teknologi artificial intelligence alias AI di lampu lalu lintas 20 persimpangan di ibu kota. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub)DKI  Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan anggaranpemasangan teknologi artificial intelligencealias AIsebesar Rp78 miliar.

Uang tersebut dipakai untuk pemasangan teknologi AI pada lampu lalu lintas di 20 simpang jalan Ibu Kota dan ruang kontrol di lantai 16 Gedung Dinas Perhubungan, Gambir, Jakarta Pusat.

Syafrin mengklaim penggunaan AI itu efektif mengurangi kemacetan di persimpangan jalan.

Ia pun mencontohkan manfaat AI di Jalan Gunung Sahari-Jalan Dokter Sutomo (MBAL). Menurutnya dengan bantuan AI, arus lalu lintas pada sore hari dari sisi selatan sudah dapat mengalir lebih lancar ke arah utara.

Secara bentuk, kata Syafrin, AI ini merupa kamera pengenal plat nomor otomatis (ANPR) yang terlihat mirip dengan kamera pemantau pelanggaran lalu lintas otomatis (ETLE) dari kepolisian. Namun, kamera ini terletak pada 100 meter sebelum simpang jalan.


"Jadi di 20 simpang, ada yang simpang lima, ada yang simpang empat, simpang tiga. Jadi di kaki persimpangan itu jaraknya sekitar 100 meter, kamera ANPR kita pasang. Itu untuk memonitor berapa traffic volume yang masuk di kaki simpang itu," ujar Syafrin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan penerapan AI ini dilakukan secara mandiri oleh Dishub DKI Jakarta, bukan dengan kerja sama Google Indonesia.

Cara kerja alat AI yang berbentuk kamera ANPR ini sifatnya sistem yang menghitung volume lalu lintas yang masuk di setiap kaki persimpangan, lalu sistem akan menghitung siklus waktunya.

"Kemudian diberikangreen time(waktu lampu hijau lebih lama) kepada satu simpang yang terpadat. Itu langsung diberikan waktu prioritas untuk melintas," ujar Syafrin.

[Gambas:Video CNN]

Adapun 20 titik lokasi yang sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan atauartificial intelligence (AI)antara lain Jalan Jembatan 2 Raya-Jalan Tubagus Angke, Jalan Kyai Tapa-Jalan Daan Mogot (Grogol), Jalan S Parman-Jalan Tomang Raya, Jalan S. Parman-Jalan KS. Tubun-Jalan Gatot Subroto (Slipi), dan Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasuna Said (Kuningan).

Lalu Jalan Gatot Subroto-Jalan Supomo (Pancoran), Jalan MT haryono-Jalan Sutoyo (Cawang Uki), Jalan DI Panjaitan-Jalan Kalimalang, Jalan Ahmad Yani-Jalan Utan Kayu (Rawamangun), Jalan Ahmad Yani-Jalan Pemuda-Jalan Pramuka, Jalan Ahmad Yani-Jalan H. Ten, dan Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Letjen Suprapto.

Kemudian Jalan Senen Raya-Jalan Kwitang (Senen), Jalan Gunung Sahari-Jalan Wahidin, Jalan Gunung Sahari-Jalan Dokter Sutomo (MBAL), Jalan Gunung Sahari-Jalan Angkasa-Jalan Samanhudi , Jalan Gunung Sahari-Jalan Mangga Besar (Kartini), Jalan Gunung Sahari-Jalan Pangeran Jayakarta, Jalan Gunung Sahari-Jalan Mangga Dua, dan Jalan Perniagaan Raya-Jalan Pasar Pagi Flyover (Jembatan Lima).

(mrh/agt)

Jatuh Bangun Pedagang Lawan Senja Kala Mal di Blok M******

Area pusat perbelanjaan Blok M pernah hits pada masanya. Kini, pedagang kawasan legendaris itu berupaya bertahan di tengah perubahan zaman.
Area pusat perbelanjaan Blok M pernah hits pada masanya. Kini, pedagang kawasan legendaris itu berupaya bertahan di tengah perubahan zaman. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Area pusat perbelanjaan Blok M pernah hits pada masanya. Kini, pedagang kawasan legendaris itu berupaya bertahan di tengah perubahan zaman.

Di sana, ada Mal Blok M yang dulunya populer sebagai satu-satunya 'Mal Bawah Tanah'. Tak heran, Blok M menjadi kawasan yang digandrungi muda-mudi di era 90-an.

Sejatinya, lokasi pusat perbelanjaan ini cukup strategis karena satu kawasan dengan Terminal Blok M, Jakarta Selatan. Bahkan, akses menuju pusat perbelanjaan ini semakin mudah dengan keberadaan Stasiun MRT Blok M.

CNNIndonesia.com mencoba membuktikan kabar lemahnya denyut perputaran ekonomi di kawasan dagang itu.

Memang, kawasan sekitar Blok M terlihat masih cukup ramai, terutama di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, yang menjadi spot favorit anak muda Jakarta menikmati senja. Ada juga kuliner kaki lima yang ramai digandrungi pengunjung.

Namun, hawa sepi sudah terasa ketika melangkah masuk ke salah satu mal di sana, Blok M Square, pada Senin (4/7) petang. Mal yang terdiri dari lantai basement hingga lantai 7 ini menyajikan kesan hening yang berbeda.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Pastikan Indonesia Sudah Bebas dari Jerat Utang IMF

Di lantai basement ada banyak toko buku, penjahit, penjual obat dan alat kesehatan, hingga jasa percetakan. Namun, tak lebih dari dua puluh pengunjung singgah di lantai basement ini. Beberapa penjual tampak sibuk mengemas buku-buku pesanan.

Beranjak ke lantai dasar atau ground, tersedia berbagai macam barang teknik, tekstil, hingga sayur dan buah-buahan. Aktivitas di lantai ini juga tak bisa dibilang ramai karena para penjual terlihat asik bermain ponsel imbas tak ada pengunjung menghampiri.

Hiruk pikuk di lantai upper groundpun tak jauh beda. Penjual emas, perhiasan, dan optik tampak sepi dan minim transaksi. Wajar jika suara mereka tiba-tiba menggelegar ketika terdengar derap langkah pengunjung.

"Silakan Kak, boleh dilihat-lihat dulu. Tanya-tanya dulu bisa," sahut-sahutan pedagang di lantai ini, merayu pembeli mampir.

Lihat Juga :
ANALISISBau Amis AS, Jerman Cs di Balik IMF Minta Jokowi Ekspor Nikel Cs Lagi

Secercah harapan yang sama juga disuarakan pedagang di lantai 1 hingga 7. Lela misalnya, penjual perlengkapan gadget dan elektronik yang bermarkas di lantai 3A.

Kaki Lela menopang tubuh tegapnya saat beramah tamah menyambut calon pembeli. Ia bagaikan ahli yang tahu segala hal tentang gadget ketika menjajakan barang dagangannya.

Namun, di balik semangat 45 Lela, ia menyimpan kegundahan soal Blok M Square yang makin sepi. Terlebih, wanita berjilbab ini mengaku sudah hitungan tahun berjualan di mal ini.

Sayang, gemerlap Blok M Square diklaim redup saat dihantam pandemi covid-19. Lela mengaku banyak rekan sejawatnya terpaksa rehat dengan menutup toko, bahkan keterusan hingga gulung tikar.

Lihat Juga :
3 Saran Sesat IMF yang Jungkalkan RI ke 'ICU' dan Hancurkan Soeharto

"Kalau sebelum covid-19, biasanya penjualan kami banyak. Misal per hari itu bisa kejualribuan barang, mulai daricasingHP, powerbank, earphone, banyak deh. Sekarang nembus ratusan saja susah," keluhnya.

Meski penjualan menurun, Lela bersyukur masih ada beberapa langganan yang rajin kembali ke tokonya. Di sisi lain, ia sedih karena banyak rekan sejawatnya yang tak kunjung kembali melapak selepas covid-19 reda.

Ia berpendapat penjualan barang di tokonya masih terbantu sikap pengunjung yang tak 100 persen percaya barang di toko online. Menurutnya, ada beberapa langganan yang masih memegang teguh ajaran old schooldengan berkunjung langsung ke toko fisik.

Lanjut ke halaman sebelah...

Banyak toko gulung tikar, disewakan hingga dijual

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:pelunasan dipercepat kredivo

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
togel 94
rtp meriah4d
maxwin slot login
65 di erek erek
pinjol bagus
situs slot tergacor di indonesia
pusattogel88
togelon
rtpadminriki
Daftar isi semua bab
Bab 1 canggih slot
Bab 2 erek erek 06 2d
Bab 3 togel adalah
Bab 4 slot terbaru gacor 2023
Bab 5 qq 138 slot
Bab 6 abo777
Bab 7 berlian888
Bab 8 slot gacor hari ini 2023
Bab 9 jassqq
Bab 10 super 99 slot
Bab 11 cara pinjam paylater
Bab 12 rumahbola88
Bab 13 receh88
Bab 14 buku mimpi 2d 3d 4d
Bab 15 main slot paling gacor
Bab 16 bunga kredivo 30 hari
Bab 17 petir 138 slot
Bab 18 babapoker
Bab 19 vip579
Bab 20 pinjaman pulsa online langsung cair 2021
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1371bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Kotak Makanan Ogre

judi terpercaya
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta pemerintah daerah menyiapkan lumbung pangan di daerahnya masing-masing untuk menghadapi El Nino.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta pemerintah daerah menyiapkan lumbung pangan di daerahnya masing-masing untuk menghadapi El Nino. (Kementerian Pertanian)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta pemerintah daerah menyiapkan lumbung pangandi daerahnya masing-masing untuk menghadapi El Nino

Ia mengatakan dengan lumbung tersebut setiap daerah maka akan memiliki pasokan pangan yang kuat untuk menghadapi fenomena itu. Ia mengatakan, jika pasokan pangan tidak kuat, El Nino akan sangat berbahaya bagi Indonesia. 

"Bila buffer stocktidak kuat, El Nino bisa sangat berbahaya," ungkap Syahrul saat memberikan arahan pada kegiatan Forum Diskusi 'Meskipun El Nino, Bisa Panen' di Kantor Pusat Standardisasi Instrumen Perkebunan, Bogor, dikutip dari keterangan resmi, Selasa (4/07).

Selain menyiapkan lumbung pangan, Syahrul juga meminta setiap daerah menyiapkan lahan percontohan seluas 1.000 hektare. Nantinya, lahan percontohan ini akan menjadi 'lokomotif' untuk meningkatkan kapasitas produksi pangan daerah tersebut. 

"Biar petani dan warga bisa melihatnya sebagai contoh, seperti pengelolaan air atau pemanfaatan pupuk organik. Dengan lahan tersebut, masyarakat bisa meningkatkan hasil produksi berbagai komoditas pangan," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

Pemasok Dewa dan Iblis

erek2 barang 2d
Link dan cara cek pengumuman tes BUMN 2023 disampaikan melalui akun masing-masing pelamar dan portal resmi RBB 2023. Cek selengkapnya.
Ilustrasi. Link dan cara cek pengumuman tes BUMN 2023 (iStockphoto/damircudic)
Jakarta, CNN Indonesia--

Hasilonlinetes tahap ke-1 Rekrutmen Bersama BUMN(RBB) 2023 diumumkan hari ini, Senin (3/7).

Dilansir dari Instagram resmi FHCI.BUMN, linkdan cara cek pengumuman tes BUMN 2023 hanya akan disampaikan melalui akun masing-masing pelamar dan portal resmi RBB 2023.

Lihat Juga :
Rekomendasi Situs Latihan TKD Rekrutmen Bersama BUMN 2023

LinkPengumuman Tes BUMN 2023

Ilustrasi bekerja dengan komputer pangkuIlustrasi. Link dan cara cek pengumuman tes BUMN 2023 (Roman Drits/Barn Images)

Dikutip dari Instagram resmi FHCI.BUMN, link pengumuman tes BUMN 2023 hanya disampaikan melalui situs resmi https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

Selain dari link resmi tersebut, peserta yang mengikuti RBB 2023 diharapkan waspada terhadap segala jenis bentuk penipuan yang mengatasnamakan BUMN.

Lihat Juga :
Link dan Cara Cek Hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Cara Cek Pengumuman Tes BUMN 2023

Di bawah ini terdapat link dan cara cek pengumuman tes BUMN 2023 yang bisa langsung dicoba oleh para peserta.

  1. Buka website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/ melalui browserdi perangkat masing-masing.
  2. Login ke akun RBB masing-masing.
  3. Masuk menggunakanemail danpasswordterdaftar.
  4. Pilih menu 'Lamaran Saya' dan klik 'Hasil Tahap I' untuk melihat skor TKD dan Akhlak.
  5. Apabila peserta dinyatakan lolos ke tahap tes berikutnya, akan ada keterangan langsung berwarna hijau sedangkan keterangan yang diberi warna merah pertanda tidak lolos.

Jika peserta lolos, ada keterangan tertulis 'Selamat! Saudara/i dinyatakan dapat melanjutkan tahapan tes selanjutnya'.

Bagi peserta yang lolos tes onlinetahap ke-1, nantinya akan melanjutkan tesonlinetahap ke-2 yaitu tes Bahasa Inggris dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Lihat Juga :
Passing Grade Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Cek Dulu Biar Lolos

Itulah linkdan cara cek pengumuman tes BUMN 2023. Seluruh rangkaian Rekrutmen Bersama BUMN 2023 ini berlangsung gratis alias tidak dipungut biaya.

(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Panjang umur iman

slot gacor gampang menang
ASDP mencatat jumlah pemudik libur panjang Iduladha 2023 yang menyebrang Pelabuhan Merak menuju pulau Sumatera naik sekitar 10 persen.
ASDP mencatat jumlah pemudik libur panjang Iduladha 2023 yang menyebrang Pelabuhan Merak menuju pulau Sumatera naik sekitar 10 persen. (Foto: ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki)
Jakarta, CNN Indonesia--

PTASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat jumlah pemudik libur panjang Iduladha 2023 yang menyebrang Pelabuhan Merakmenuju pulau Sumatera naik sekitar 10 persen. Pada Senin (26/6), jumlah penumpang  37.202 orang, sedangkan besoknya bertambah menjadi 47.494 orang.

"Kenaikan pemudik itu karena liburan panjang Iduladha," kata General Manager ASDP Cabang Merak Suharto di Merak, seperti dikutipAntara, Kamis (29/6).

ASDP menyatakan sudah mempersiapkan berbagai fasilitas sarana dan prasarana untuk mendukung operasional penyeberangan dan pelabuhan.

Lihat Juga :
Cara Melihat dan Membaca Tanda Tempat Kerja Kita Akan Melakukan PHK

Menurutnya, ASDP Cabang Merak terus berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) setempat untuk sarana kapal pada lintasan Merak - Bakauheni. BPTD akan mengoperasikan sebanyak 28 unit kapal selama 24 jam pada liburan panjang Iduladha.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Alam Dewa Kegelapan

liga138
Menyambut hari raya Iduladha 1444H, PNM menyalurkan hewan kurban di berbagai titik di seluruh Indonesia melalui Gerakan #PNMBerkurban.
PNM melalui Gerakan #PNMBerkurban menyalurkan hewan kurban di berbagai titik di seluruh Indonesia. (Foto: Arsip PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Dalam momentum perayaan Iduladha 1444 Hijriah, PNM menyalurkan hewan kurban di berbagai titik di seluruh Indonesia. Bukti nyata dari rasa syukur perusahaan yang telah berusia 24 tahun dalam memberdayakan pelaku usaha ultra mikro ini terwujud melalui gerakan #PNMBerkurban.

Penyaluran hewan kurban dilakukan di sekitar kantor layanan PNM yang diwakili oleh Kantor Pusat PNM dan tersebar di berbagai titik unit Mekaar dengan masing-masing menyediakan satu ekor sapi. Daging kurban nantinya akan dialokasikan ke daerah-daerah dengan tingkat kepadatan nasabah PNM Mekaar tinggi yang layak menerimanya.

Beberapa titik unit Mekaar yang menjadi penerima hewan kurban antara lain berada di Kabupaten Pidie-Aceh, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Musi Rawas-Sumatera Selatan, Kabupaten Lombok Timur-NTB, Kabupaten Jeneponto-Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan-Kalimantan Selatan, serta daerah lainnya.

"Saya berharap kurban dari PNM bisa menjadi pengingat bagi kita semua, khususnya Insan PNM, untuk terus peduli dan memperhatikan sekitar. Memaknai Iduladha sebagi momentum untuk berbagi dan meyakini bahwa ada hak orang lain dari sebagian rezeki yang kita milik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/6).

Arief juga mengimbau unit-unit yang menjadi titik penyaluran hewan kurban untuk mengoptimalkan pembagian daging kurban kepada nasabah PNM Mekaar, para perempuan pelaku usaha ultra mikro. Ia meyakini bahwa jika kita menabur kebaikan, maka kita akan menuai kebaikan pula.

"Amal baik pasti akan mendapatkan balasannya, bukan hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk karyawan yang membantu mengurus nasabah PNM Mekaar," tutup Arief.

(rir/rir)

Anak perempuan sah itu tidak bermoral

pinjol paling bagus
PUPR mengusulkan anggaran Direktorat Jenderal Bina Marga sebesar Rp49 triliun di 2024. Salah satunya untuk membiayai pembangunan Bandara VVIP IKN.
PUPR mengusulkan anggaran Direktorat Jenderal Bina Marga sebesar Rp49 triliun di 2024. Salah satunya untuk membiayai pembangunan Bandara VVIP IKN. Ilustrasi. (Foto: Arsip Angkasa Pura I)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengusulkan anggaran Direktorat Jenderal Bina Marga sebesar Rp49 triliun untuk 2024.

Direktur Jenderal Bina Marga PUPR Hedy Rahadian menyebut dana ini untuk membiayai penugasan pembangunan Bandara VVIP serta akses tol di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Pagu indikatif 2024 sebesar Rp49 triliun belum mengakomodasi penugasan-penugasan, antara lain penugasan Perpres Nomor 31 Tahun 2023 mengenai percepatan pembangunan dan pengoperasian bandara VVIP untuk mendukung IKN, kemudian penugasan untuk pembangunan tol Seksi 6A, 6B, 6C, Seksi 1 dan Seksi 5B Akses IKN yang ditargetkan selesai pada tahun depan," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, dikutip Antara,Selasa (4/7).

"Agar peningkatan konektivitas jalan daerah pada tahun depan tidak terlambat, kami ingin bahwa Inpres ini sejak awal sudah masuk dalam postur anggaran," ungkap Hedy.

Karena itu, Direktorat Jenderal Bina Marga mengajukan anggaran untuk tahun depan sebesar Rp49 triliun.

"Pagu indikatif 2024 adalah Rp49 triliun. Prioritas anggaran untuk 2024 adalah program-program bersifat committed,yakni optimalisasi, pemeliharaan baik jalan maupun jembatan, kemudian rehabilitasi rekonstruksi dan penggantian jembatan, serta penuntasan koridor pembangunan jalan dan jembatan," ujarnya.

Ia merinci alokasi anggaran Bina Marga sebesar Rp49 triliun tersebut diperuntukkan bagi program infrastruktur konektivitas sebesar Rp46,60 triliun, serta program dukungan manajemen sebesar Rp2,39 triliun.

Adapun rincian program infrastruktur konektivitas 2024 terdiri dari kegiatan reguler sebesar Rp34,75 triliun dan pembangunan IKN sebesar Rp11,85 triliun.

Kegiatan reguler mencakup pembangunan jalan, pembangunan jembatan, jalan layang dan underpass,preservasi jalan dan jembatan serta jembatan gantung, pembangunan jalan tol dan cadangan serta lahan tol.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)

Legenda Xuantian dalam Tarian Dewa dan Setan

togel188
Kementan mengantisipasi penyakit antraks di Gunungkidul agar tidak menjadi wabah melalui empat langkah pengendalian.
Kementan mengantisipasi penyakit antraks di Gunung Kidul agar tidak menjadi wabah melalui empat langkah pengendalian. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pertanian (Kementan) mengantisipasi penyakitantraksdi Gunungkidul, DI Yogyakarta, agar tidak menjadi wabah dan merebak ke daerah lain melalui empat langkah pengendalian. Salah satunya, menyuntik antibiotik pada hewan ternak yang sehat.

Direktur Kesehatan Hewan Kementan Nuryani Zainuddin menyebut Gunung Kidul memang daerah endemik antraks. Ketika tidak dilakukan penanganan yang baik, maka kasusnya akan muncul lagi.

"Yang kami lakukan penyuntikan antibiotik pada semua hewan ternak di daerah tertular, lalu dilanjutkan ke daerah terancam di sekelilingnya. Kami lakukan pada 78 (ekor) sapi dan 286 pada kambing dan domba untuk menghindari penularan pada ternak yang sehat," ungkap Nuryani saat konferensi pers, Kamis (6/7).

"Kemudian dekontaminasi dengan desinfektan kuat, dengan formalin, pada lokasi penyembelihan dan penguburan ternak," ungkap Nuryani.

Ia menjelaskan penyakit antraks di Indonesia pertama kali muncul pada 1884 dan masih ada hingga sekarang. Penyakit yang ditularkan dari hewan ini memang tidak bisa dimusnahkan, hanya bisa dikendalikan.

Setiap tahun Kementan menyediakan 96 ribu dosis vaksin yang disebarkan ke provinsi, terutama daerah endemik antraks. Selain itu, ada cadangan cadangan 110 ribu dosis vaksin untuk berjaga-jaga penyakit ini menjadi wabah.

Lihat Juga :
Mengintip Gaji 27 Atlet yang Diangkat Menpora Jadi PNS

"Kami menyediakan 110 ribu dosis vaksin yang kita gunakan buffer stock di pusat (Kementan) jika terjadi wabah," imbuhnya.

Ia menjelaskan penyakit antraks disebabkan bakteri yang berasal dari hewan herbivora alias pemakan tumbuhan seperti sapi, kambing, domba, kuda, kelinci, babi hingga burung unta. Hewan yang terinfeksi bakal mengalami demam tinggi, kejang, sulit bernafas, rebah kemudian mati.

Nuryani menegaskan hewan-hewan sakit dengan gejala demikian tidak boleh disembelih demi mencegah penyebaran spora.

Pasalnya, spora antraks menyebar ke tanah dan lingkungan, lalu mengendap di sana hingga puluhan tahun. Begitu ada faktor pemicu, spora tersebut kembali aktif menularkan kepada hewan maupun manusia.

"Ternak yang mati atau sakit ini tidak boleh dibedah, harus dibakar atau dikubur untuk mencegah penularan. Ketika dibedah akan terjadi spora, penularan, dan masuk ke dalam tanah dan bertahan sampai puluhan tahun," ungkapnya.

Meski tak bisa hilang, ia menjabarkan beberapa langkah pencegahan antara lain vaksinasi hewan di area endemik, kontrol lalu lintas hewan dari daerah endemik ke daerah bebas antraks hingga tindakan disposal atau pemusnahan hewan yang terinfeksi.

Nuryani menyebut kasus antraks pada hewan di Gunung Kidul merupakan kejadian pertama tahun ini. Ada 12 ekor ternak terinfeksi, terdiri dari 6 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Kementan mendata kasus antraks di Indonesia ada 10 kasus pada 2022, 8 kasus pada 2021 dan 11 kasus di 2020.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)