petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara ngambil hp di akulaku

maincuan 880Jutaan kata 158670Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara ngambil hp di akulaku》

IHSG Diprediksi Perkasa Awal Pekan Ini******

IHSG diprediksi perkasa awal pekan ini meski pekan lalu indeks menembus ke bawah 7.039 yang merupakan support terdekatnya dan berpotensi turun ke 7.000.
IHSG diprediksi perkasa awal pekan ini meski pekan lalu indeks menembus ke bawah 7.039 yang merupakan support terdekatnya dan berpotensi turun ke 7.000. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Senin (4/12) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan IHSG sebenarnya telah menembus ke bawah 7.039 pada pekan lalu yang sebelumnya menjadi supportterdekat. Dengan pencapaian itu, IHSG juga dapat menguji supportberikutnya di level 7.000 jika melemah di bawah 7.020.

"Namun demikian IHSG berpeluang melanjutkan fase uptrend menuju 7.128 karena membentuk candle hammerpada Jumat lalu," kata Ivan.

"Sedangkan momentum tekanan merupakan momentum berharga bagi investor jangka menengah dan panjang dikarenakan harapan akan kondisi yang kian membaik. Hari ini IHSG berpotensi bergerak sideways," katanya.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 6.921 dan resistance 7.078 hari ini.

William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni ASII, BBRI, BMRI, KLBF, dan AKRA.

[Gambas:Video CNN]

IHSG bertengger di posisi 7.059 pada Jumat (1/12) sore. Indeks saham melemah 20,83 poin atau 0,29 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,88 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 31,09 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 217 saham menguat, 338 saham terkoreksi, dan 204 saham lainnya stagnan.



(fby/agt)

Membongkar Sebab Harga Sembako Naik Terus, Benarkah Efek El Nino Saja?******

Pengamat menyebut lonjakan harga pangan belakangan ini bukan semata karena efek El Nino tapi juga tata kelola pangan di dalam negeri yang buruk.
Pengamat menyebut lonjakan harga pangan belakangan ini bukan semata karena efek El Nino tapi juga tata kelola pangan di dalam negeri yang buruk. (CNN Indonesia/Cintya Faliana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga bahan pokoktak banyak berubah menjelang akhir 2023. Cabai, gula, hingga minyak goreng semuanya kompak mahal.

Bahkan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sampai harus mengerek harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng besutan pemerintah, Minyakita. Harga minyak jenis ini rencananya akan dinaikkan dari Rp14 ribu per liter menjadi Rp15 ribu per liter.

"Ya memang Rp14 ribu mestinya, tapi mengikuti perkembangan inflasi. Tapi kita belum memutuskan. Masih harus rapat menteri koordinator (menko) dulu untuk jadi Rp15 ribu (per liter)," kata pria yang akrab disapa Zulhas di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (29/11).

Tak hanya satu pedagang, naiknya harga cabai juga dikeluhkan pedagang lain. Mereka mengaku kenaikan disebabkan sedari cabai di pasar induk yang dipatok Rp100 ribu per kg.

Sementara itu, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional mencatat harga gula pasir lokal naik 1,1 persen ke Rp17.450 per kg pada awal pekan ini. Kemudian, gula kualitas premium naik 1,4 persen ke Rp17.550 per kg.

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Eliza Mardian melihat adanya kompleksitas biang kerok mahalnya harga bahan pokok. Setidaknya ada dua pokok alasan yang menjadi biang kerok kenaikan harga bahan pokok itu, yakni; El Nino dan permintaan yang meningkat.

"Stabil mahal karena beberapa komoditas, seperti beras dan cabai yang mayoritas dipenuhi dalam negeri disebabkan dua faktor, yakni supplyterganggu akibat El Nino dan demandmasyarakat relatif tinggi menjelang Nataru serta momentum pesta demokrasi (Pemilu 2024)," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (4/12).

Sedangkan beberapa komoditas lain, seperti gula, yang 60 persen dipenuhi dari impor harganya dipengaruhi kondisi di level global. Eliza menyinggung kini harga gula berfluktuasi karena India sebagai salah satu negara pengekspor membatasi pengirimannya.

Lihat Juga :
Buwas Usai Dicopot dari Jabatan Bos Bulog: Amanah Itu Sudah Selesai

Mirip seperti Indonesia, India juga memasuki tahun pemilu sehingga pemerintahnya berkepentingan menjaga stabilitas harga demi menghindari chaos.

Eliza menganggap sengkarut masalah pangan Indonesia sekarang sudah selayaknya fenomena gunung es. Kendati, ia mengakui yang terlihat kini seolah-olah harga mahal murni imbas El Nino.

"Padahal jika kita dalami, persoalan pangan ini tidak terlepas dari tata kelola yang masih semrawut. Data pangan yang akurat dan real timetidak ada, insentif bagi petani berkurang, subsidi pupuk dan solar dikurangi sehingga biaya produksi meningkat serta berujung kepada kenaikan harga di konsumen," kritiknya.

Selain itu, ia menyoroti rantai pasok yang masih panjang sehingga menyebabkan inefisiensi. Kurangnya research and development (RnD)untuk menerapkan teknologi yang bisa menggenjot jumlah produksi dan menekan biaya turut ia permasalahkan.

Lihat Juga :
Bahlil Ungkap Investor Mulai Ragu Gegara Ada Capres Mau Batalkan IKN

"Karena kurangnya insentif bagi petani serta kurangnya RnD menyebabkan kita ketergantungan impor. Ketergantungan impor ini sudah bertahun-tahun lamanya, bukan satu atau dua tahun terakhir saja. Sayangnya, ini tidak ditangani dengan kebijakan komprehensif karena ada konflik kepentingan," tutur Eliza.

Menurutnya, persoalan pangan yang sistemik mengharuskan pemerintah menerbitkan kebijakan komprehensif. Eliza menegaskan impor dan operasi pasar yang dilakukan selama ini hanyalah short cutpenyelesaian masalah jangka pendek.

Selain solusi jangka pendek, ia menekankan pentingnya komitmen menempuh perbaikan tata kelola dalam jangka menengah dan panjang.

"Political willdan paradigma pembangunan pertanian akan mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dipilih. Jika paradigmanya kemandirian pangan, maka sedari dulu sudah dibenahi persoalan-persoalan yang seperti fenomena gunung es tersebut," sindir Eliza.

"Isu pangan ini klasik, dari sejak saya kuliah dulu itu terus persoalannya. Jadi memang strateginya yang kurang tepat karena masih kurang komprehensif dan itu semua bergantung pada political willdan paradigma pembangunan pengambil kebijakan," tambahnya.

Lihat Juga :
Erick Blak-blakan Alasan Geser Buwas dari Dirut Bulog ke Komisaris SIG

Mengintip masalah pangan di negeri orang, apakah yang terjadi di RI wajar?

Eliza menyebut persoalan pangan tiap negara sejatinya berbeda-beda.

Itu semua tergantung dengan kekayaan sumber daya alam dan kebijakan yang diambil pemerintahnya.

Jika negara yang bergantung dengan pasokan global alias tidak mandiri, Eliza menilai harga pangannya akan tidak stabil hingga bisa mengganggu stabilitas perekonomian. Ia mencontohkan negara-negara Arab, di mana saat harga gandum naik pada musim semi membuat harga roti meroket dan memicu kemarahan rakyat.

Lihat Juga :
Alasan Kekayaan Prajogo Pangestu Melesat dalam Waktu Singkat

Tak Ada Kemauan Pemerintah Perkuat Cadangan Pangan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Bursa Karbon Catatkan Nilai Transaksi Rp29,45 M Sejak Diluncurkan******

OJK mencatat nilai transaksi di bursa kabron telah mencapai Rp29,45 miliar sejak diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.
OJK mencatat nilai transaksi di bursa kabron telah mencapai Rp29,45 miliar sejak diluncurkan pada 26 September 2023 lalu. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)
Jakarta, CNN Indonesia--

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat nilai transaksi di bursa kabron telah mencapai Rp29,45 miliar.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi mengatakan angka itu akumulasi sejak bursa karbon diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.

"Akumulasi nilai transaksi sebesar Rp29,45 miliar," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Senin (20/11).

Terpisah, Jokowi berharap kehadiran bursa karbon bisa berkontribusi untuk melawan krisis iklim.

Berdasarkan catatannya, Jokowi menyebut Indonesia memiliki potensi kredit karbon sebanyak 1 gigaton karbon dioksida yang bisa ditangkap.

Jika dikalkulasi, potensi Bursa Karbon Indonesia diperkirakan melampaui Rp3.000 triliun.

Bursa Karbon juga menjadi langkah konkret untuk Indonesia mencapai Nationally Determined Contribution (NDC), yaitu dokumen yang memuat komitmen dan aksi iklim sebuah negara yang dikomunikasikan kepada dunia melalui United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

Lihat Juga :
Erick soal Pilot Garuda Pose 3 Jari Bareng Mahfud: Mereka Bukan ASN

"Hasil dari perdagangan ini akan diinvestasikan kembali pada upaya menjaga lingkungan khususnya melalui pengurangan emisi karbon," katanya.

Bursa karbon adalah suatu sistem yang mengatur perdagangan karbon atau catatan kepemilikan unit karbon. BEI sudah mendaftarkan sebagai penyelenggara bursa karbon.

Sebelumnya, BEI secara resmi telah menyampaikan permohonan sebagai penyelenggara bursa karbon kepada OJK.

Informasi itu disampaikan Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik pada Jumat (8/9) lalu. Ia menambahkan BEI telah menyampaikan seluruh persyaratan yang telah ditetapkan dalam aturan OJK.

"Untuk itu, dapat kami sampaikan bahwa BEI telah menyampaikan permohonan sebagai penyelenggara bursa karbon sesuai dengan ketentuan dalam SEOJK 12/2023," ungkapnya seperti dikutip dari Antara.

SEOJK Nomor 12 Tahun 2023 berisi tentang Tata Cara Penyelenggaraan Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon.

Ia mengungkapkan sebelum mengajukan permohonan, BEI telah mempersiapkan diri untuk menjadi penyelenggara bursa karbon sejak awal 2022 lalu.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)




bab terbaru:hohtoto

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
rawatan pinjol
situs judi slot paling gacor 2022
erek erek 76 2d
mediaslot88
skor kredivo
rtp live wbocash
link situs slot gacor
bocoran admin agus slot
game slot paling gacor hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 hokiplay99
Bab 2 voucher shopee pengguna baru 2022
Bab 3 mw88toto
Bab 4 aplikasi credit
Bab 5 alexistogel rtp
Bab 6 link situs slot paling gacor
Bab 7 slot yang bisa deposit 5000
Bab 8 pinjol ilegal limit besar
Bab 9 trik bermain rejeki nomplok
Bab 10 mpo228
Bab 11 raja89
Bab 12 situs judi slot online terbaru
Bab 13 ratuslot303
Bab 14 bonus new member 100 to kecil
Bab 15 situs slot resmi dan terpercaya
Bab 16 proses akulaku
Bab 17 slot terbukti gacor
Bab 18 pinjaman uang shopee paylater
Bab 19 pokrace99
Bab 20 bocoran slot tergacor admin riki
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1872bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Bunuh yang abadi dan bunuh Tao

oceanslot88
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan alasannya mencopot Budi Waseso sebagai direktur Bulog adalah rotasi yang wajar.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan alasannya mencopot Budi Waseso sebagai direktur Bulog adalah rotasi yang wajar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan alasannya mencopot Budi Waseso sebagai direktur Bulog adalah rotasi yang wajar.

"Enggak ada apa-apa, rotasi seperti biasa," kata Erick usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Senin (4/12).

Erick mengatakan pihaknya memang ingin menyinergikan Bulog dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) serta Kementerian Pertanian. Itulah yang melandasi rotasi Buwas.

Secara terpisah, Buwas mengaku dirinya dicopot saat melakukan kunjungan kerja ke Aceh. Kunker ini dalam rangka meninjau ketersediaan beras di gudang penyimpanan Kabupaten Aceh Besar sekaligus mengikuti Musyawarah Nasional Pramuka di Banda Aceh.

Menurutnya, pencopotan dirinya karena masa bakti di Bulog sudah habis dan hal itu juga jadi kewenangan Menteri BUMN Erick Thohir. Setelah itu, Buwas mendapat amanah untuk menjabat sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk alias SIG.

"Itu biasa (kalau diganti). Saya itu sudah 5 tahun, kontrak saya itu sudah selesai di bulan April. Tapi ternyata diperpanjang dan diangkat kembali, itu sifatnya terserah Kementerian BUMN, kalau sekarang saya ditugaskan di tempat baru ya itu biasa," ucap Buwas hari ini selepas menghadiri Munas Pramuka di Gedung Balee Meuseuraya Aceh.

Akan tetapi, Buwas mengaku tak mengetahui jika dirinya tiba-tiba ditunjuk jadi komisaris utama PT Semen Indonesia melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Bahkan, ia tidak tahu menahu soal agenda RUPSLB tersebut karena kewenangan ada di tangan Erick.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Sahabat di sebelah

under slot
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin menetapkan UMP Sulsel 2024 sebesar Rp 3,4 juta atau naik 1,45 persen dibandingkan tahun ini.
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin menetapkan UMP Sulsel 2024 sebesar Rp 3,4 juta atau naik 1,45 persen dibandingkan tahun ini. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Makassar, CNN Indonesia--

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulsel2024 sebesar Rp 3,4 juta atau naik 1,45 persen dibandingkan tahun ini.

"Angkanya adalah UMP Sulsel sebesar Rp3,4 juta yang terdiri dari atas upah pokok dan tunjangan tetap," kata Bahtiar pada Selasa (21/11).

"Keputusan yang kita ambil ini sudah mentok sudah tidak bisa ditambah satu rupiah dan itu akan saya dapat teguran. Ini sudah opsi yang paling tinggi UMP dari tiga opsi upah yang diajukan dewan pengupahan," sambungnya.

"UMP dikecualikan bagi usaha mikro dan bagi usaha kecil berdasarkan kesepakatan pengusaha dengan pekerja pada usaha bersangkutan paling sedikit 50 persen konsumsi masyarakat ditingkat provinsi atau nilai upah yang disepakati paling sedikit 25 persen di atas garis kemiskinan dengan menggunakan data yang bersumber dari data yang berwenang di bidang statistik," ungkapnya.

Kemudian bahwa dalam penetapan UMP tahun 2024 ini, kata Bahtiar pihaknya telah menampung aspirasi dari buruh untuk bagi pekerja yang memiliki masa kerja lebih dari satu tahun.

"Saya kira norma baru. Ini norma yang lebih spesifik yang kita adopsi dari pengaturan lebih tinggi dari aspirasi buruh. Pekerja yang mempunyai masa kerja lebih dari satu tahun dan seterusnya, pengusaha wajib menerapkan struktur dan skala upah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulsel Aerdiles Saggaf mengatakan bahwa penetapan UMP tahun 2024 ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor 1671/12/2023 tanggal 21 November tentang pengesahan UMP Sulsel tahun 2024.

"UMP ditetapkan sebanyak Rp 3,4 juta atau ada kenaikan 1,45 persen jadi keputusan ini sudah melalui proses yang panjang dengan pertimbangan-pertimbangan seluruh pihak," kata Aerdiles.

[Gambas:Video CNN]



(mir/sfr)

Penguasa Ilahi Seluruh Dunia

situs slot gacor online
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (20/11) ini, ditopang stabilnya perekonomian RI.
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (20/11) ini, ditopang stabilnya perekonomian RI. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (20/11) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham masih dapat melaju ke posisi resistance 7.058.

"Berdasarkan indikator MACD (moving average convergence/divergence) menandakan momentum bullish," ucap Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Sementara, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG bergerak konsolidatif. Menurutnya, pergerakan indeks saham saat ini terlihat sedang berusaha keluar dari fase konsolidasi wajar.

Adapun penguatan yang terjadi belakangan ditopang oleh stabilnya kondisi perekonomian Indonesia. Namun, selama resisten level terdekat belum dapat ditembus, maka IHSG masih akan bergerak konsolidatif hingga beberapa waktu mendatang.

"Sehingga jika terjadi koreksi wajar hal tersebut tentunya masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan harapan capital gain hingga akhir tahun," imbuh William.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 6.821 dan resistance 7.012 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni ITMG, TLKM, BBNI, UNVR, SMGR, ASRI, dan KLBF.

IHSG ditutup menguat 19,65 poin atau 0,28 persen ke level 6.977 pada perdagangan Jumat (17/11) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp8,35 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 14,50 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Kelahiran kembali modern setiap hari

scbd88
Kemenhub bakal ikut mengkaji usulan Moeldoko yang meminta PT KCIC membangun Stasiun Whoosh di Kopo, Bandung, Jawa Barat.
Kemenhub bakal ikut mengkaji usulan Moeldoko yang meminta PT KCIC membangun Stasiun Whoosh di Kopo, Bandung, Jawa Barat. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal ikut mengkaji usulan Kepala Staf Kepresidenan (KSP)Moeldoko yang meminta PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) membangun Stasiun Whooshdi Kopo, Bandung, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Mohamad Risal Wasal mengatakan usulan itu masih tahap kajian.

Menurutnya, jika kelak stasiun Whoosh dibangun di Kopo, maka harus ada stasiun lain yang ditutup. Stasiun yang ditutup itu bisa saja Stasiun Tegalluar Kabupaten Bandung atau Stasiun Padalarang Kabupaten Bandung Barat.

Meski demikian, ia mengatakan kalau pembangunan stasiun di Kopo bisa memberikan layanan kepada para penumpang, Kemenhub bakal mendukung.

Risal pun mengatakan rencana pembangunan stasiun di Kopo bakal berada dekat dengan gerbang tol. Selain itu, ia juga mengklaim pemerintah sudah punya lahan di sana.

"Iya (dekat gerbang Tol Kopio), tapi tetap harus kami kaji," ucap Risal.

Ia menambahkan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu hasil kajian dari Moeldoko dan PT KCIC. Sebab, usulan itu berasal dari mereka.

"Kami lihat hasil kajian mereka, mereka yang mengusulkan menyajikan itu," jelas Risal.

Moeldoko meminta KCIC membangun Stasiun Whoosh di Kopo, Bandung, Jawa Barat. Ia mengusulkan hal tersebut karena Kereta Cepat Jakarta-Bandung seharusnya benar-benar berhenti di Kota Bandung.

Saat ini, Whoosh baru memiliki 4 stasiun, yakni Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Dua stasiun terakhir adalah pemberhentian terdekat dari Bandung, di mana nantinya penumpang akan diangkut menggunakan KA Feeder ke jantung kota.

Oleh karena itu, Moeldoko bersikeras pihaknya akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga (K/L) terkait untuk mengkaji rencana ini. Ia ingin pembangunan stasiun di Kopo bisa memberi dampak positif bagi warga sekitar.

"Demi kenyamanan penumpang, kereta sebaiknya tidak hanya berhenti di Stasiun Padalarang dan Tegalluar," tegasnya dikutip dariAntara.

Usulan itu disampaikan Moeldoko dalam pertemuan bersama beberapa stakeholder terkait. Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi yang hadir dalam diskusi itu mengatakan tengah mempertimbangkan usul Moeldoko.

Namun, Dwiyana curhat bahwa pihaknya kemungkinan tak akan bisa membangun stasiun Whoosh di Kopo dalam waktu dekat. Pendanaan dan izin lahan menjadi dua kendala utama yang harus diatasi KCIC.

"Di Kopo ada sekitar 30 hektare lahan dan bisa dibangun untuk Stasiun Whoosh, tetapi kami belum punya dananya," ujar Dwiyana.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

galaksi yang luas

deposit 30 bonus 30 new member
Sejumlah negara Arab memboikot produk atau bisnis yang dianggap pro Israel. Hal itu membuat sejumlah gerai McDonalds', KFC, hingga Starbucks sepi.
Sejumlah negara Arab memboikot produk atau bisnis yang dianggap pro Israel. Hal itu membuat sejumlah gerai McDonalds', KFC, hingga Starbucks sepi. Ilustrasi. (istockphoto/robas).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah negara Arab memboikot produk atau bisnis yang dianggap pro Israel. Gerakan boikot ini sebagai aksi protes terhadap serangan Israel ke warga Palestina.

Dilansir dari Reuters, Kamis (23/11), beberapa perusahaan yang menjadi sasaran boikot ini juga diduga memiliki hubungan keuangan dengan Israel atau melakukan investasi di sana.

Seruan boikot sendiri menjalar di media sosial. Warga pun ramai-ramai beralih ke produk alternatif lokal.

Seruan boikot juga menyebar di beberapa negara Arab lainnya termasuk Kuwait dan Maroko. Sementara, boikot hanya terjadi secara sporadis dan dampaknya kecil di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

"Saya merasa meskipun saya tahu ini tidak akan berdampak besar pada perang, maka setidaknya ini yang bisa kita lakukan sebagai warga negara lain agar kita tidak merasa tangan kita berlumuran darah," ujar Reham Hamed, warga Kairo yang ikut melakukan boikot produk Barat.

Di Yordania, warga yang pro-boikot terkadang memasuki cabang McDonald's dan Starbucks untuk pengunjung di sana berpindah ke restoran lain.

Beredar video yang memperlihatkan tentara Israel sedang mencuci pakaian dengan merek detergen terkenal yang dihimbau untuk diboikot oleh pemirsa.

Lihat Juga :
Duduk Perkara Dugaan Korupsi Tol MBZ hingga Menteri Basuki Bersuara

Di Kuwait City, hampir semua cabang Starbucks, McDonald's, dan KFC kosong. Sementara di Maroko, seorang pekerja di cabang Starbucks mengatakan jumlah pelanggan menurun secara signifikan sepanjang pekan ini.

McDonald's Corp mengatakan pihaknya kecewa dengan boikot. Sebab, perusahaan menganggap para warga salah paham soal posisi McDonald's dalam konflik.

Waralabanya di Mesir telah menegaskan kepemilikannya di negara itu dan menjanjikan bantuan sebesar US0 ribu ke Gaza.

Setali tiga uang, Starbucks mengatakan bahwa perusahaan tersebut adalah organisasi non-politik. Perusahaan juga menepis rumor bahwa mereka telah memberikan dukungan kepada pemerintah atau tentara Israel.

Sementara, perusahaan Barat lainnya belum memberikan pernyataan secara resmi terkait tudingan pro-Israel.

Serangan Israel kepada Palestina sudah berlangsung sejak 7 Oktober 2023. Korban tewas akibat konflik di Gaza, Palestina mencapai 14 ribu orang hingga Rabu (22/11).

Mengutip Al Jazeera, jumlah korban jiwa jika dirinci yakni 14.128 orang. Sebanyak 5.600 di antaranya adalah anak-anak dan 3.550 perempuan.

Kemudian ada sedikitnya 33 ribu orang terluka akibat terdampak konflik antara Palestina dan Israel.

Lalu 6.800 masih dinyatakan hilang. Ada yang berada di reruntuhan bangunan yang belum sempat dievakuasi serta jenazah yang belum teridentifikasi.

Pemerintah setempat juga menyatakan 44 ribu rumah di Gaza hancur. Sebanyak 230 ribu rusak atau 60 persen permukiman di Gaza sudah tidak laik huni akibat perang.

Ada 26 rumah sakit dan 55 fasilitas kesehatan lainnya yang tidak bisa lagi beroperasi.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Satu-satunya Dewa Dharma

pinjam uang cepat tanpa jaminan
OIKN Nusantara mengatakan ada 12 investor groundbreaking ketiga pada Desember besok, nilai investasinya Rp10 triliun.
OIKN Nusantara mengatakan ada 12 peserta groundbreaking ketiga pada Desember besok, nilai investasinya Rp10 triliun. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Negara (OIKNNusantaramengatakan groundbreaking ketiga di ibu kota baru akan dilakukan pada Desember 2023.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono mengatakan nilai investasinya sebesar Rp10 triliun dari 12 investor groundbreaking.

Para peserta tersebut di antaranya Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Kebun Raya dan Reforestasi Hutan IKN, dan Green Movement: Sabuk Hijau Nusantara.

"Kemudian berbagai lembaga negara, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan BPJS Kesehatan. Ini masih daftar tentative, tergantung jadwal bapak presiden kita bisa lakukan berapa banyak," katanya dalam media briefing, Senin (20/11).

Agung menjelaskan saat ini total investasi yang suda terealisasi di IKN telah mencapai Rp35 triliun yang berasal dari 21 investor domestik yang terbagi di dua groundbreaking.

Groundbreaking pertama pada 21 September lalu dengan nilai Rp23 triliun dan groundbreaking kedua pada 1 November sebesar Rp12 triliun.


Sementara untuk investor asing masih berproses, termasuk yang akan membangun perumahan dengan skema Kerja sama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU), di antaranya, CITIC Construction dari China yang akan membangun 60 tower Kementerian Pertahanan dan Keamanan.

Lalu Maxim dari Malaysia yang akan bangun 10 tower hunian ASN, dan IJM Malaysia yang akan membangun 20 tower hunian ASN.

"Saya tidak mengatakan akan groundbreaking dalam waktu dekat tapi mereka paling mendekati dalam tahapan untuk KPBU perumahan ASN. Kira-kira kapan, kita targetkan awal tahun depan tapi ini sangat tergantung prosesnya bukan hanya di investornya, tapi juga pemerintah Indonesia," kata Agung.

[Gambas:Video CNN]

 

(fby/pta)