petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara pakai home credit di shopee

bandar36 263Jutaan kata 557063Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara pakai home credit di shopee》

Wamen Ungkap Penyebab Banyak Proyek BUMN Mangkrak******

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkap penyebab proyek BUMN banyak yang mangkrak.
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkap penyebab proyek BUMN banyak yang mangkrak. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil Menteri BUMNKartika Wirjoatmodjo mengungkap penyebab proyek BUMNbanyak yang mangkrak.

Salah satunya perencanaan hingga analisis suatu proyek atau Engineering Procurement Construction (EPC) yang tidak tertata dengan baik.

Oleh karenanya, ia menekankan agar seluruh BUMN harus betul-betul memastikan EPC yang dibuat sudah baik sebelum melaksanakan suatu proyek. Diantaranya kepada PLN dan Pertamina yang dinilai memiliki beberapa proyek yang tertunda akibat perencanaan yang tidak rapi.

Menurutnya, kerja sama proyek yang dilakukan tanpa persiapan EPC yang baik akan memberikan masalah ke depannya. Tidak hanya membuat proyek mangkrak tapi juga bisa berujung masalah hukum.

"Jadi jangan ada isu isu EPC. Contracting nggak tepat, projeknya jadi tertunda," imbuhnya.

Lihat Juga :
Airlangga Sebut ASEAN Perlu Bersatu dalam Perdagangan Karbon

Tiko membeberkan salah satu BUMN yang memiliki EPC yang rapi dan patut dicontoh adalah PT Wijaya Karya (WIKA) serta perusahaan PT Freeport dalam pembangunan smelter di dalam negeri.

"Freeport ini EPC nya paling bagus ini. WIKA menjalankan dengan perencanaan rapih. Komersial agreement dan legal agreement yang rapih," jelasnya.

Dengan demikian, Tiko sangat mengharapkan pembangunan Jakarta Integrated Green Terminal (JIGT) yang dilakukan PT Pertamina International Shipping bersama PT Pelindo bisa berjalan dengan baik tanpa ada masalah EPC.

"Sehingga tidak ada lagi isu-isu EPC. Kode bisnis diperhatikan dengan baik," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Temuan Ombudsman: Mayoritas Warga Rempang Masih Tak Mau Dipindah******

Ombudsman menemukan bahwa mayoritas warga di tiga kampung Pulau Rempang disebut menolak untuk direlokasi untuk pembangunan proyek Rempang Eco City.
Ombudsman menemukan bahwa mayoritas warga di tiga kampung Pulau Rempang disebut menolak untuk direlokasi untuk pembangunan proyek Rempang Eco City. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ombudsman RI membeberkan hasil temuan sementara terkait konflik relokasi warga Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau imbas rencana pembangunan proyekRempang Eco City. Salah satunya, mayoritas warga di tiga kampung Pulau Rempang disebut menolak untuk dipindah.

Anggota Ombudsman RI Johanes Widijantoro mengatakan pihaknya mendapatkan keterangan dari tiga kampung tua di Pulau Rempang, yakni Pasir Panjang, Tanjung Banun, dan Sembulang.

Ketiga kampung ini yang nantinya menjadi target pembangunan tahap awal pada lahan sekitar 2.000 hektare.

"Mereka menilai bahwa semuanya kok serba cepat, mereka juga menyatakan bahwa apa yang mereka tangkap cenderung tidak tetap, berubah-ubah enggak jelas, enggak pasti. Yang paling menggelisahkan hari ini adalah mereka didatangi oleh petugas tim gabungan yang istilahnya memang door to dooruntuk bergerilya meminta persetujuan warga," ujar dia dalam konferensi pers di Gedung Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Rabu (27/8).

Johanes menegaskan pada prinsipnya warga Kampung Pasir Panjang tidak mau direlokasi dan berharap tak akan ada relokasi ke tempat mana pun.

"Mereka hanya mendukung penataan kampung saja, dan berharap pada pemerintah adanya pembinaan dan penataan Kampung Pasir Panjang. Jadi bukan relokasi, bukan juga pergeseran dalam bahasanya terkini ya," jelas dia lebih lanjut.

Lihat Juga :
Agung Podomoro Jual Neo Soho Mall Rp1,44 T, Sebagian Buat Bayar Utang

Sementara di Kampung Tanjung Banun dengan total 130 KK, Johanes menyebut warga sudah mengetahui rencana pemerintah memberikan kompensasi dan ganti rugi lahan atau rumah pengganti. Namun, informasi tidak diterima secara langsung dari pemerintah.

"Mereka tidak pernah dikumpulkan, diberi informasi secara langsung itu enggak. Jadi hanya dari mulut ke mulut. Sudah ada dua kali pengecekan lahan dan pendataan kepada warga, namun tidak pernah dilakukan pertemuan untuk menjelaskan maksud dan tujuan pendataan tersebut," imbuh Johanes.

Ia juga menyebut belum ada dialog dan komunikasi dari pemerintah secara langsung kepada warga Tanjung Banun tentang persetujuan relokasi dari warga dan tawaran ganti rugi. Menurut dia, warga di sana juga pada dasarnya tak mau dipindahkan dari tempat asalnya.

"Belum adanya dialog dan komunikasi dari pihak pemerintah kepada warga secara langsung. Mengklarifikasi bahwa belum ada persetujuan relokasi dari warga dan menolak relokasi serta tawaran ganti kerugian yang diberikan oleh pemerintah," lanjutnya.

Lihat Juga :
Jokowi Minta Luhut Bentuk Organisasi Urus Integrasi Transportasi

"Jadi Kampung Tanjung Banun ini sama dengan Pasir Panjang, pada dasarnya mereka tidak mau dipindahkan dari tempatnya."

Sementara di Kampung Sembulang yang terdiri dari 130 KK, Johanes mengatakan warga berada dalam tekanan setiap harinya karena desakan aparat agar mereka menyetujui relokasi. Apalagi setelah demonstrasi pada 7 dan 11 September lalu.

"Mereka merasa dalam tekanan hari-hari ini karena mereka, bahkan ketika enggak ada orang di rumah, form-nya itu dimasukkan di pintu. Kalau enggak ada orang tuanya, anaknya dipaksa mewakili orang tuanya lah gitu untuk mengisi form dan tanda tangan," jelasnya.

Johanes juga mengungkap pada saat Menteri Investasi Bahlil Lahadalia turun, warga berharap bisa bertemu. Hanya saja hanya tiga orang warga yang menjadi perwakilan dalam pertemuan tersebut. Sementara warga yang menolak tidak dilibatkan dalam komunikasi.

Lihat Juga :
Kapan TikTok Shop Bakal Dilarang Berjualan di Indonesia?

Selain itu, terdapat dampak ekonomi yang dirasakan langsung khusus warga Sembulang, seperti kesulitan mendapatkan pasokan bahan pangan dari distributor.

"Ini menarik karena mereka rata-rata ada yang berjualan, punya warung-warung, tapi ada ketakutan distributor untuk mensuplai barang karena status tempat itu sudah di-declare oleh pemerintah akan dikosongkan sehingga ada kekhawatiran tidak terbayar," jelas Widijantoro.

Menurut dia, konflik ini membuat distributor bahan pangan khawatir ada potensi gagal bayar dari para warga Kampung Sembulang. Hal ini tentu menyusahkan warga untuk menjangkau kebutuhan pangannya.

"Itu berpengaruh kepada suplai, tentu mengganggu mereka, karena ketersediaan bahan pangan pokok mereka kemudian menipis, mereka hanya mengonsumsi apa yang masih ada," ungkap dia.

Lihat Juga :
Bahlil: Tokoh Rempang Ucap Kiamat Pun Kampung Tak Maju Tanpa Investasi

Kemudian, imbas peristiwa demonstrasi, beberapa warga Kampung Sembulang ditahan aparat. Hal ini kemudian berdampak pada pemasukan warga yang mayoritas nelayan akhirnya takut untuk melaut. Hal ini tentu akan memengaruhi pendapatan mereka.

Maka itu, Ombudsman RI segera memvalidasi data-data yang sebenarnya terkait berapa orang yang sudah bersedia mau direlokasi.

"Soal data yang mau direlokasi perlu juga memang kejujuran dari BP Batam terkait dengan data-data itu. Sebenarnya berapa orang yang sudah bersedia mau direlokasi, karena satu sisi ada informasi di media massa menyatakan sudah ratusan. Faktanya kemudian tersebar hanya 3 KK yang kemudian telah direlokasi. Ombudsman tentunya juga akan memvalidasi data-data ini nanti, sebenarnya data yang mana yang benar," pungkasnya.



(del/sfr)

KAI Luncurkan Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif Pertama di KA Jayabaya******

KAI resmi meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasar Senen, Selasa (26/9). Tahap awal, kereta dirangkaikan pada KA Jayabaya.
KAI resmi meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasar Senen, Selasa (26/9). Tahap awal, kereta dirangkaikan pada KA Jayabaya. (Dok. KAI).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) resmi meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasar Senen, Selasa (26/9). Pada tahap awal, kereta ini dirangkaikan padaKereta Api(KA) Jayabaya relasi Pasar Senen-Malang pulang pergi.

Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan perusahaan secara konsisten terus beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi.

"Dari kereta ekonomi yang selama ini sudah beroperasi, sarananya kita perbaiki. Sehingga akan lebih memberikan experience kepada penumpang suatu perjalanan yang lebih baik, jauh lebih baik. Secara korporasi, kereta api juga menunjukkan kemampuan dan kontribusinya di industri Kereta Api Indonesia," ujar Hadis dalam sambutannya.

Dalam kereta kelas ekonomi generasi terbaru ini, jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas.

Selain itu, lanjut Hadis, jenis kursinya sudah menggunakan tipecaptain seatyang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya serta bisa disesuaikan searah laju kereta api ataupun berhadapan.

"Kami sangat mendengarkan masukan-masukan dari pelanggan. Pelanggan yang melakukan perjalanan jarak jauh tapi dalam kondisi tegak lurus duduknya, kemudian menghadapnya kadang-kadang hadap-hadapan, sehingga kenyamanannya sangat jauh dari mohon maaf, manusiawi. Oleh sebab itu, satu per satu bertahap kami perbaiki," jelasnya.

Lihat Juga :
Membedah Teknologi WHOOSH, Hingga Jakarta-Bandung Bisa 351 Km/Jam

Selain pada kursi, upgradejuga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu.

Interior kereta juga dimodifikasi mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi.

Hadis menjelaskan Kereta Ekonomi New Generation merupakan hasil modifikasi yang KAI lakukan di Balai Yasa Manggarai, yakni tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan. Kata dia, saat ini ada 12 kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi di Balai Yasa Manggarai sejak April 2023.

"Dua belas kereta sudah selesai, kami perbaiki. Dan nanti sampai dengan 2026, seterusnya kereta ekonomi ini akan kita perbaiki. Mungkin ada kalau disebut unit bisa sampai 200 unit kereta ekonomi yang harus kami perbaiki dan kami ganti," ungkap Hadis.

Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation, maka transformasi KA Jayabaya menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta ekonomi new generation (K3 NG) dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

Adapun jadwal perjalanan KA Jayabaya relasi Pasar Senen-Malang yaitu berangkat dari Pasar Senen pukul 17.25 dan tiba di Malang pukul 06.20. Untuk relasi Malang-Pasar Senen, berangkat dari Malang pukul 12.30 dan tiba di Pasar Senen pukul 01.38.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)




bab terbaru:situs judi slot paling banyak menang

Perbarui waktu:2024-07-08

Daftar bab terbaru
cara dapat duit dari shopee
slot sering gacor
spin gacor
erek erek pengemis 2d
virusjp
cara login kredivo lewat email
erek erek 2d ular
terbaru slot
situs mining crypto terpercaya
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara verifikasi pembayaran kredivo di tokopedia
Bab 2 mongolia paito
Bab 3 afk77
Bab 4 tarikan jp paus new
Bab 5 erek 79
Bab 6 trik bermain judi bola parlay
Bab 7 bonus new member 100 heylink.me
Bab 8 gudang4d
Bab 9 keju4d
Bab 10 semua situs slot
Bab 11 beli hp tanpa dp di akulaku
Bab 12 pinjol kirim ke dana
Bab 13 suhu88 slot
Bab 14 jago88
Bab 15 dunia hoki99 slot
Bab 16 kuburan erek erek
Bab 17 hk minggu angka jitu
Bab 18 tafsir mimpi 62
Bab 19 petir88
Bab 20 dana rupiah ojk
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3164bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Ketik 8 orang

panen138 link
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Jumat (13/10).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Jumat (13/10). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Jumat (13/10).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan indeks masih memiliki kekuatan untuk kembali naik karena kondisi ekonomi yang masih cukup stabil.

"Sedangkan dalam jangka pendek sentimen fluktuasi harga komoditas dan pergerakan nilai tukar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pola gerak IHSG," katanya dalam risetnya.

Sementara, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham menunjukkan potensi pelemahan (bearish).

"IHSG bisa memulai pelemahan untuk melanjutkan pembentukan wave b menuju 6.804 apabila hari ini penutupan IHSG di bawah 6.967 lagi," katanya.

IHSG ditutup di level 6.935 pada Kamis (12/10). Indeks saham menguat 3,39 poin atau 0,05 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp12 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 3 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 221 saham menguat, 330 terkoreksi, dan 206 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Setan mengganggu langit

lapak123slot
Menteri BUMN Erick Thohir berjanji bakal kembali menutup anak cucu perusahaan pelat merah, tidak hanya berhenti di 173 perusahaan.
Menteri BUMN Erick Thohir berjanji bakal kembali menutup anak cucu perusahaan pelat merah, tidak hanya berhenti di 173 perusahaan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir berjanji bakal kembali menutup anak cucu perusahaan pelat merah, tidak hanya berhenti di 173 perusahaan.

"Tentu kita terus komitmen menutup anak cucu BUMN yang tidak diperlukan. Jumlah 173 ini (yang sudah ditutup) saya rasa Pak Sesmen (Sesmen BUMN Rabin Indrajad Hattari) harus kita reviewlagi," katanya dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

"Para wamen, saya rasa waktunya masih ada kalau kita bisa menutup lagi anak cucu (BUMN) yang kita sepakati jangan jadi gantolan dari perusahaan holdingsehat," imbuh Erick.

"Nanti saya coba commitke situ karena keterkaitan dari proyek-proyek itu kalau terus dianakcucukan tidak efisien juga. Kalau diperlukan oke, tapi kalau tidak sebaiknya kita kurangi ya pak sesmen," tutupnya.

Erick memang tengah bersih-bersih BUMN. Ia mengatakan anak cucu BUMN kerap mengandalkan proyek perusahaan induknya sehingga perputaran keuntungan hanya dirasakan di lingkup perusahaan pelat merah, tidak berdampak ke bisnis UMKM daerah.

"Jangan sampai jeruk makan jeruk lakukan ini yang suplainya BUMN juga. Ini yang kita terus mau dorong supaya pengusaha-pengusaha juga bisa tumbuh. Dia (anak cucu BUMN) ingin menjadi menara gading. Bikin jalan tol yang suplai aspalnya BUMN, pasirnya BUMN, jadi gak sehat akhirnya membunuh pengusaha daerah," kata Erick, dikutip dari Antara.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Jin Ke Ru Giok

pola gacor starlight christmas
Ketua Umum Kadin sekaligus Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 Arsjad Rasjid punya sederet ladang cuan. Berikut rinciannya.
Ketua Umum Kadin sekaligus Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 Arsjad Rasjid punya sederet ladang cuan. (Cnn Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) sekaligus Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024Arsjad Rasjid punya sederet ladang cuan yang tak bisa dipandang remeh.

Namanya harum di kancah bisnis tanah air dan regional Asia Tenggara. Arsjad adalah Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) alias geng pebisnis di Asia Tenggara.

Selain dikenal memimpin para pengusaha andal, Arsjad juga punya usaha sendiri. Ia adalah Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk, yakni perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan engineering procurement construction(EPC).

Berdasarkan situs arsjadrasjid.com, ia mempekerjakan lebih dari 10 ribu karyawan di Indika Energy Group. Ia bersama anak buahnya sukses turnaround dari menurunnya kinerja perusahaan imbas harga batu bara amblas di 2013-2016 sampai akhirnya perusahaan berbalik positif.

Per 2022, Indika Energy melaporkan laba bersih US2,7 juta atau setara Rp6,9 triliun (asumsi kurs Rp15.355 per dolar AS) dan laba inti US1,2 juta alias Rp8 triliun. Indika Energy juga berupaya memperkuat diversifikasi usaha di sektor nonbatu bara di tengah meningkatnya permintaan dan harga jual batu bara global.

Bahkan, pendapatan perusahaan meningkat 41,2 persen menjadi US.334,9 juta pada tahun lalu. Faktor paling dominan dari meningkatnya cuan Arsjad adalah harga jual batu bara yang lebih tinggi.

Selain di Indika, Arsjad pernah menduduki posisi strategis lainnya, yakni Presiden Komisaris PT Tripatra Engineers & Constructors serta PT Tripatra Engineering sejak April 2021. Ia juga komisaris PT Indika Infrastruktur Investindo sejak Juni 2020 dan PT Indika Multi Properti sejak Oktober 2019.

Jabatan komisaris di perusahaan ternama juga hal lumrah baginya, seperti PT Indika Inti Corpindo (sejak Juni 2020), PT Grab Teknologi Indonesia (sejak 2020), dan Kideco (sejak Februari 2017). Lalu, PT Indika Energy Infrastructure (sejak Desember 2016) dan PT Rukun Raharja Tbk (sejak Juni 2014).

Arsjad juga menjabat Chairman Indika Foundation sejak Februari 2017.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Tiba di pegadaian besar atas nama menjadi yang terkuat

qqjelas
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut TikTok terdaftar di Indonesia sebagai media sosial dan tak punya izin menjalankan toko online.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meminta TikTok tak mengadu domba Indonesia. Bahlil mengklaim pemerintah justru ingin melindungi UMKM. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadaliameminta TikTok tak mengadu domba Indonesia. Bahlil mengklaim pemerintah justru ingin melindungi UMKM.

Bahlil mengaku mendapat laporan lewat WhatsApp (WA) soal respons TikTok usai pemerintah melarang TikTok Shop Cs.

Larangan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

"Padahal yang kita lakukan ini adalah untuk memproteksi UMKM kita. Masa jilbab Rp75 ribu, TikTok jual Rp5 ribu. Yang bener saja nanti UMKM kita enggak bisa berkembang," imbuh Bahlil.

Bahlil menyebut saat ini TikTok terdaftar di Indonesia sebagai media sosial. Ia menegaskan perusahaan asal China itu tak punya izin menjalankan toko online.

Oleh karena itu, ia meminta TikTok tidak menjalankan bisnis selain media sosial.

"Kalau itu terjadi, maka kami akan melakukan tindakan tegas terhadap TikTok. Jadi boleh dia melakukan e-commerce, tapi dia harus membuat izin yang berbeda dengan sekarang. Izin yang sekarang untuk media sosial," ujarnya.

Lihat Juga :
Zulhas Ungkap Social Commerce Diatur di Semua Negara, Termasuk China

Sebelumnya, TikTok menyayangkan keputusan pemerintah. Mereka mengklaim pelarangan ini akan berdampak pada penghidupan 6 juta penjual dan hampir 7 juta kreator affiliate pengguna TikTok Shop.

"Kami sangat menyayangkan terkait pengumuman hari ini, terutama bagaimana keputusan tersebut akan berdampak pada penghidupan 6 juta penjual dan hampir 7 juta kreator affiliateyang menggunakan TikTok Shop," kata TikTok Indonesia melalui pernyataannya, Rabu (27/9).

(skt/fra)

[Gambas:Video CNN]

Kembali ke Dinasti Sui dan Tang untuk menjadi abadi

erek erek 2d 100
Kemendag membantah larangan social commerce seperti TikTok Shop bertransaksi jual-beli didorong oleh kepentingan e-commerce seperti Shopee.
Kemendag membantah larangan social commerce seperti TikTok Shop bertransaksi jual-beli didorong oleh kepentingan e-commerce seperti Shopee. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membantah larangan social commerceseperti TikTok Shop bertransaksi jual-beli didorong oleh kepentingan e-commerce seperti Shopee.

Larangan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, Dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan e-commerce juga harus mematuhi Permendag Nomor 31 Tahun 2023, khususnya larangan penjualan barang impor di bawah US0 dolar atau Rp1,5 juta untuk produk cross broder.

Isy menambahkan Permendag 31 Tahun 2023 tidak khusus mengatur satu platform.

"Ini mengatur bukan untuk salah satu platform tapi untuk semuanya," imbuhnya.

Pemerintah menegaskan social commerce hanya bisa untuk promosi. Apabila ada aplikasi media sosial yang ingin berjualan dan bertransaksi harus membuat aplikasi e-commerce terpisah sesuai ketentuan. Hal ini agar data dari aplikasi medsos tidak disalahkan untuk kepentingan pihak tertentu.

Lihat Juga :
Bahlil ke TikTok: Jangan Adu Domba Bangsa Indonesia

Artinya, layanan TikTok Shop tidak bisa beroperasi untuk bertransaksi selama pengelola tidak memiliki entitas e-commerce terpisah.

Aturan ini diterbitkan lantaran fenomena TikTok Shop tengah meresahkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pasalnya barang jualan pedagang asli Indonesia di toko offline maupun marketplace lainnya kalah saing dengan produk Tiktok Shop yang sangat murah.

Bahkan, barang yang dijual pedagang di TikTok Shop dituding hasil perdagangan lintas batas alias cross border. Jika benar, banjir barang impor tersebut berarti langsung ditawarkan kepada pembeli tanpa melalui proses importasi yang semestinya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Raja Iblis Abadi

dewahoki
Bapanas mengungkap pembatasan pembelian beras di toko ritel hanya berlaku untuk beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) yang berasal dari Bulog.
Bapanas mengungkap pembatasan pembelian beras di toko ritel hanya berlaku untuk beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) yang berasal dari Bulog. (CNN Indonesia/ Kadafi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkap pembatasan pembelian beras di toko ritel hanya berlaku untuk beras stabilisasi pasokan dan harga pangan(SPHP) yang berasal dari Bulog. 

Hal ini ia ungkapkan di tengah maraknya  pembatasan pembelian beras maksimal 10 kg di toko ritel.

"Untuk jenis beras yang dibatasi 2 pack di pasar ritel hanya berlaku untuk beras SPHP yang dari Bulog. Kalau untuk beras komersial, itu tergantung dari kebijakan ritel masing-masing," kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi dalam keterangan resminya, Selasa (3/10).

Pembatasan beras SPHP di toko ritel diklaim Bapanas mendorong masyarakat untuk berbelanja dengan bijak. Terlebih, Indonesia sedang menghadapi kekeringan imbas El Nino.

"Kenapa harus dibatasi? Ini karena beras SPHP harganya telah ditetapkan pemerintah sebesar Rp10.900 per kg dan setiap rumah logikanya cukup dengan 2 pack. Apalagi kualitas beras SPHP Bulog ini berkualitas premium," tegas Arief.

"Tentunya masyarakat kami ajak bersama untuk senantiasa berbelanja bijak yang artinya sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu belanja berlebihan di atas kebutuhan normal," sambungnya.

Lihat Juga :
Jerit Pedagang Tanah Abang hingga TikTok Shop Dilarang

Sementara itu, Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita memastikan pasokan beras masih cukup, di mana gelontoran terus dilakukan ke semua lini. Bulog berjanji akan terus membanjiri pasar dengan stok CBP sebagai bentuk intervensi pasar bersama pemerintah.

Per 2 Oktober, Bulog sudah mengguyur beras SPHP di tingkat konsumen hingga 799 ribu ton. Wilayah yang paling banyak digelontorkan selama 2023 ini adalah DKI Jakarta dan Banten dengan total 174 ribu ton.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di Super Indo Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Senin (2/10), tampak jelas aturan yang membatasi pembeli hanya bisa membawa pulang 2 kemasan beras berukuran 5 kg per hari.

Pembatasan serupa juga terjadi di toko ritel lain, seperti Alfamart hingga Indomaret. Para petugas toko kompak mengatakan pembatasan ini berlaku sudah sejak satu hingga dua minggu belakangan.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey membenarkan pembatasan ini. Ia menyebut pembatasan dilakukan demi mengatasi panic buying mengingat mahalnya harga beras di tengah mengkhawatirkannya pasokan imbas El Nino.

"Betul, betul (ada pembatasan di ritel). Jadi, ini sesuai dengan arahan dalam pertemuan dengan instansi terkait, yakni ada Bapanas dan Bulog dalam pembicaraan bersama kami peritel. Jadi pembatasan ini antara 2 kemasan-3 kemasan per konsumen itu maksud tujuannya agar ada pemerataan," kata Roy kepada CNNIndonesia.com.

Namun, ia berjanji mencabut batas maksimal pembelian beras di ritel jika stok sudah melimpah, termasuk jika beras impor sudah masuk ke tanah air.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)