petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara kredivo cicilan 12 bulan

java303 124Jutaan kata 931163Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara kredivo cicilan 12 bulan》

Pesan Hadi ke AHY: Masyarakat Menunggu, Apalagi Menterinya Ganteng******

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyebut Menteri ATR/BPN AHY pasti sudah ditunggu masyarakat di daerah yang ingin mendapatkan kepastian hak atas tanah.
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyebut Menteri ATR/BPN AHY pasti sudah ditunggu masyarakat di daerah yang ingin mendapatkan kepastian hak atas tanah. ( CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyebut Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pasti sudah ditunggu masyarakat di daerah.

Hadi yang digeser Presiden Joko Widodo ke Kemenko Polhukam itu berpesan kepada AHY untuk melanjutkan program yang sudah dilaksanakannya di ATR/BPN. Salah satu yang dilakukan Hadi Cs adalah pembagian sertifikat dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Ia juga berpesan kepada istri AHY, yakni Annisa Pohan, agar mengizinkan sang suami 'blusukan' ke daerah-daerah. Hadi menegaskan banyak petani gurem, buruh kecil, hingga nelayan tradisional yang menanti kehadiran pemerintah.

"Mbak Annisa tidak perlu cemburu karena yang menyalami kita semuanya sudah tuwir-tuwir, bebaskan Mas AHY pergi keluar untuk melaksanakan tugas negara. Mas AHY pasti terharu, mas harus bisa menahan tangisan, tahan saja di dada," pesan Hadi.

Di lain sisi, AHY mengapresiasi kinerja Hadi selama mengomandoi Kementerian ATR/BPN. Ketua Umum Partai Demokrat itu juga berjanji akan meneruskan progres-progres baik yang sudah dicapai oleh Hadi di kementerian ini.

Selain itu, sang putra Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap kehadirannya di Kementerian ATR/BPN bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

"Itu tidak bisa sendirian. Tapi, dengan kepastian hukum di bidang tata ruang, space, termasuk juga tanah yang disiapkan untuk pembangunan maka memberikan keyakinan, keamanan, kenyamanan bagi para investor baik dari dalam maupun luar negeri," jelas AHY saat tiba perdana di kantor barunya.

"Sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja, meningkatkan penghasilan, dan seterusnya. Termasuk tentu ini menciptakan keadilan, beliau (Hadi) menyampaikan kita harus tegas, kita harus menghadapi siapapun yang melawan hukum. Kita ingin ATR ini benar-benar profesional melayani dan terpercaya," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Atasi Kelangkaan, Pemerintah Perintahkan Bulog Percepat Impor Beras******

Pemerintah memerintahkan Bulog mempercepat impor dan penyaluran beras demi mengatasi lonjakan harga hingga kelangkaan di toko ritel modern.
Pemerintah memerintahkan Bulog mempercepat impor dan penyaluran beras demi mengatasi lonjakan harga hingga kelangkaan di toko ritel modern. (AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah memerintahkan Perum Buloguntuk mempercepat impordan penyaluran beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) demi mengatasi lonjakan harga hingga kelangkaan di toko ritelmodern.

Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto mengatakan Presiden Joko Widodo sudah memimpin rapat bersama stakeholdersterkait untuk mengatasi sengkarut masalah beras ini.

Sesuai arahan Jokowi, kementerian pimpinan Airlangga Hartarto ini menegaskan akan terus memonitor perkembangan harga beras di pasar dan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga (K/L) terkait.

"Terus juga mempercepat impornya. Jadi, yang mendapatkan penugasan Bulog, diperintahkan kepada Bulog mempercepat proses impor dan penyaluran," sambungnya.

Haryo mengatakan kenaikan harga beras hingga kelangkaan di pasar disebabkan karena mundurnya musim tanam. Di lain sisi, pengadaan beras impor juga masih berproses.

Ada juga tingginya harga pupuk dunia imbas pasokan bahan baku yang terdampak perang Rusia-Ukraina. Selain itu, Haryo menyinggung soal rantai pasok global akibat konflik di Terusan Suez yang mengganggu pasokan pangan dunia dan Asia.

Sementara itu, Bos Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menegaskan pihaknya akan terus mengelola importasi beras dengan baik. Terlebih, Presiden Jokowi sudah memberi lampu hijau soal izin impor 2 juta ton beras sepanjang 2024.

"Kami akan kelola sedemikian sehingga pasokan stok tersedia, terutama hadapi Ramadan dan lebaran. Juga musim belum panen, sekaligus paceklik Juni, Juli, dan Oktober (2024)," katanya saat mengecek stok beras SPHP di Ramayana Klender, Jakarta Timur, Senin (12/2).

Lihat Juga :
Blak-blakan Basuki soal Alasan Tak Dampingi Jokowi Resmikan Tol Toba

"Insyaallahstok Bulog tersebut terjaga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Izin (impor) 2 juta ton sepanjang tahun, kita kelola. Karena sekarang juga cukup, untuk apa tambahkan (impor) sekarang, toh masih cukup untuk sampai Ramadan dan lebaran, cukup," tegas Bayu.

Akan tetapi, Bayu menemukan keanehan soal kelangkaan beras di toko ritel modern. Padahal, Bulog sudah menyuplai beras ke ritel modern pada Januari 2024-Februari 2024 160 persen lebih banyak dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Ia menegaskan penyaluran beras SPHP sampai ke ritel modern demi memudahkan masyarakat atau rumah tangga yang membutuhkan.

Lihat Juga :
Penyebab Beras Langka Versi Erick Thohir dan Bos Bulog

"Banyak sekali informasi yang datang ke kami, kita taruh 1 ton, itu kan 1.000 kg. Kalau 5 kg (satu pack) berarti ada 200 sak, masa hanya dalam setengah jam habis terjual?" ungkap Bayu.

Bayu menduga ludesnya pasokan beras itu bukan dibeli oleh konsumen rumah tangga. Ia menyebut Bulog akan berat dalam menjalankan tugasnya jika misteri itu tak segera diungkap.

"Jadi, kalau Bulog terus begini kan berat, kalau terus menerus yang dihadapi bukan rumah tangga sebenarnya. Jadi, orang yang beli satu sak, 5 kg, itu (seharusnya) bisa sampai dua minggu," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Sindir Ganjar ke '1/3 Penguasa RI' Dukung Politik Dinasti: Rakyat Luka******

Ganjar Pranowo menyatakan pernyataan bahwa 1/3 penguasa ekonomi RI pendukung politik dinasti telah melukai rakyat dan karena itu harus dilawan.
Ganjar Pranowo menyatakan pernyataan bahwa 1/3 penguasa ekonomi RI pendukung politik dinasti telah melukai rakyat dan karena itu harus dilawan. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyoroti pernyataan pengusaha yang mengklaim sepertiga penyumbang ekonomi Indonesia siap memenangkan pasangan calon nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Saat menyampaikan pesan penutup debat terakhir Pilpres 2024, Minggu (4/2) malam, Ganjar menegaskan bahwa proses politik demokrasi harus dijaga dengan baik. Menurutnya, politik dinasti harus dilawan.

"Kita mesti melawan politik dinasti itu yang didukung oleh mereka yang statement-nya sangat terbuka, menguasai sepertiga kekayaan Indonesia," kata dia di JCC, Senayan, Jakarta.

"Sungguh-sungguh rakyat merasa terluka karena statement itu dan yang mengutamakan kepentingan keluarga menjadi di atas segalanya," sambung dia.

Adapun, ucapan Ganjar itu jelas menyinggung paslon Prabowo-Gibran. Keduanya dianggap simbol politik dinasti baru di tanah air.

Sebelumnya, pengusaha Garibaldi Thohir atau Boy Thohir mengklaim sepertiga penyumbang perekonomian Indonesia siap membantu memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Boy dalam acara Relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (22/1) malam. Prabowo, hingga Erick Thohir yang merupakan adik Boy, hadir dalam acara tersebut.

"Walaupun kami jumlahnya sedikit, tapi ya di ruangan ini mungkin sepertiga perekonomian Indonesia ada di sini," kata Boy.

"Mulai dari Djarum Grup, Sampoerna Grup, Adaro Grup, siapa lagi, pokoknya grup-grup semua ada di sini, ada Ninin, the richest wanita in Indonesia, dan semuanya Pak," imbuh dia.

Namun, pernyataan Boy itu kemudian dibantah oleh sejumlah perusahaan yang disebutnya. 

Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Indonesia Tbk Febriati Nadira misalnya, mengatakan klaim yang disampaikan oleh Boy, sebagai salah satu pemilik dan pemegang saham Adaro Group, merupakan pendapat pribadi sebagai warga negara.

Pernyataan itu katanya, tidak mewakili pendapat atau pilihan seluruh karyawan.

Nadira menegaskan bahwa partisipasi setiap individu dalam politik, termasuk di Adaro, adalah hak konstitusional dasar dan kebebasan warga negara yang diatur oleh undang-undang.

"Adaro, sebagai perusahaan yang berkomitmen menjalankan Good Corporate Governance (GCG), menghormati dan menjamin kebebasan seluruh karyawan dalam kehidupan dan partisipasi politik sesuai UU dan peraturan yang berlaku di Indonesia," kata dia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (23/1).

Senada, Corporate Communications Manager PT Djarum mengatakan perusahaan tidak mengetahui soal dukungan ke Prabowo-Gibran. Menurutnya, itu merupakan klaim Boy Thohir saja.

[Gambas:Video CNN]

"Aku enggak ngerti, karena itu Pak Boy (Thohir) sih yang bilang, bukan kita (Djarum Group)," ujar Budi, dikutip dari detikcom, Senin (23/1).

Sementara itu Presiden Direktur Sampoerna Strategic Bambang Sulistyo mengatakan pernyataan Garibaldi Thohir alias Boy Thohir yang menyebut Sampoerna Group siap memenangkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga tak mewakili perusahaannya.

Bambang menegaskan ia tak mendukung siapa pun. Ia juga menjelaskan tak ada perwakilan Sampoerna yang hadir dalam acara tersebut.

"Saya bilang, 'Lah wong aku iki ora melu sapa-sapa, tur ora melu apa-apa', (Lah orang saya ini tidak ikut siapa-siapa, dan tidak ikut apa-apa). Jadi ya sudah diam aja gitu kan," katanya.

(del/agt)




bab terbaru:nexus slot gacor hari ini

Perbarui waktu:2024-06-12

Daftar bab terbaru
lombaqq
ninjajago
slot progresif
pola slot gacor 2023
erek 1 100
daftar slot yang lagi gacor sekarang
situs lama slot
situs slot gacor hari
rtp megajp
Daftar isi semua bab
Bab 1 mpoxtra838
Bab 2 pola kakek zeus maxwin
Bab 3 tempat main slot gacor
Bab 4 slot bonus 100 new member
Bab 5 slot judi slot
Bab 6 slot gacor mahjong ways 2
Bab 7 dayang4d
Bab 8 dragontiger
Bab 9 game situs slot
Bab 10 kapalslot
Bab 11 dewa777
Bab 12 situs slot gacor hari ini terbaru
Bab 13 slot situs gacor hari ini
Bab 14 angka jitu taiwan
Bab 15 wahana99
Bab 16 slot gacor 1
Bab 17 kincir86
Bab 18 taxi4d
Bab 19 imba gacor
Bab 20 situs download game pc aman
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4325bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Sistem Tingkat Suci yang menentang Surga

cicilan kredivo 10 juta
Transmart kasih diskon besar hingga Rp1 juta lebih untuk sepeda listrik khusus gelaran Full Day Sale pada Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2).
Transmart kasih diskon besar hingga Rp1 juta lebih untuk sepeda listrik khusus gelaran Full Day Sale pada Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2). (CNN Indonesia/Anisa Dewi Anggriaeni)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sepeda listrik yang jadi produk terlaris di Transmart bakal didiskon gede-gedean selama gelaran Full Day Sale besok Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2).

Transmart kasih diskon sepeda listrik ini sampai jutaan rupiah, loh. Penasaran, kan?

Lihat Juga :
Cuma di Transmart, Aneka Produk Fresh Diskon 20% Tiap Hari

Nggak cuma sepeda listrik, sepeda anak Ride On & Tricyle juga didiskon up to 30% jadi mulai Rp300 ribuan aja, berlaku di Pulau Jawa. Sedangkan di luar Jawa, Ride On & Tricyle dibanderol mulai Rp310 ribuan.

Semua diskon sepeda listrik dan sepeda anak tersebut bisa pelanggan dapatkan dengan pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Anda bisa segera unduh aplikasinya dari hp atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan.

Caranya unduh Allo Bank yang tersedia di App Store atau Play Store, lalu daftar akun dan upgrade ke Allo Prime.

Setelah di-upgrade, lanjut ajukan Allo Pay Later yang proses aktivasinya cepat dan langsung dapat limit besar. Nantinya limit tersebut bisa digunakan di hari yang sama untuk belanja di Transmart.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart. Selamat berburu diskon di Transmart Full Day Sale besok!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Raja Surgawi yang Tak Tertandingi

kerja dapat dollar
Garuda Indonesia mendiskon hingga 80 persen penerbangan domestik maupun internasional.
Garuda Indonesia mendiskon hingga 80 persen penerbangan domestik maupun internasional. (Foto: ANTARA FOTO/AMPELSA)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT GarudaIndonesia Tbk memberikandiskonhingga 80 persen untuk penerbangan domestik maupun internasional. Diskon ini diberikan dalam gelaran Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) Anniversary Edition 2024.

Adapun diskon berlaku untuk periode pemesanan mulai 19-28 Februari 2024 dengan periode perjalanan mulai 15 Februari 2024 hingga 14 Februari 2025.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan penyelenggaraan GOTF Anniversary ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk menghadirkan layanan penerbangan yang aman, nyaman dengan harga yang kompetitif.

Irfan menyebut penyelenggaraan GOTF Anniversary Edition ini juga merupakan upaya perusahaan untuk mengoptimalkan momen libur Lebaran 2024, di mana pada kesempatan ini Garuda Indonesia juga meluncurkan program 'Lebaran ke Jakarta'.

Dalam program ini perusahaan juga menghadirkan berbagai penawaran menarik untuk menikmati momen Lebaran di Jakarta.

"Kami optimis melalui berbagai jaringan penerbangan yang kami hadirkan dalam penyelenggaraan GOTF ini, khususnya penerbangan langsung dari dan menuju berbagai destinasi internasional, gelaran ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk pengguna jasa dalam mempersiapkan rencana perjalanan udaranya baik untuk perjalanan bisnis, liburan, maupun silaturahmi mengunjungi keluarga," ucap Irfan melalui keterangan resmi, Senin (19/2).

Pada pelaksanaan GOTF Anniversary edition ini Garuda Indonesia kembali bekerjasama dengan Bank Mandiri sebagai bank partner menargetkan transaksi hingga Rp450 miliar. Program ini dilaksanakan secara hybrid di mana para pengguna jasa dapat mengakses berbagai penawaran menarik melalui www.garuda-indonesia.com, aplikasi FlyGaruda hingga Online Travel Agent dan berbagai travel agent di Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Lihat Juga :
Kubu Prabowo Jamin Program Makan Siang Langsung Jalan Tapi Bertahap

Adapun dalam gelaran GOTF Anniversary Edition kali ini, Garuda Indonesia menawarkan pilihan harga tiket untuk penerbangan domestik di antaranya:

Jakarta - Aceh pp mulai Rp2,4 jutaan
Jakarta - Medan pp mulai Rp1,9 jutaan
Jakarta - Padang pp mulai Rp1,7 jutaan
Jakarta - Palembang pp mulai Rp1,1 jutaan
Jakarta - Malang pp mulai Rp1,3 jutaan
Jakarta - Semarang pp mulai Rp1 jutaan
Jakarta - Solo pp mulai Rp1,1 jutaan
Jakarta - Yogyakarta pp mulai Rp1,1 jutaan
Jakarta - Surabaya pp mulai Rp1,4 jutaan
Jakarta - Denpasar pp mulai Rp1,7 jutaan

Selain itu, beberapa rute internasional yang juga mendapatkan penawaran menarik di antaranya :

Jakarta - Singapura pp mulai Rp2,7 jutaan
Jakarta - Guangzhou pp mulai Rp5,2 jutaan
Jakarta - Amsterdam pp mulai Rp7,5 jutaan
Surabaya - Singapura pp mulai Rp2,5 jutaan
Jakarta - Kuala Lumpur pp mulai Rp1,9 jutaan
Jakarta - Sydney pp mulai Rp6,5 jutaan
Jakarta - Melbourne pp mulai Rp6,6 jutaan
Jakarta - Tokyo pp mulai Rp6,7 jutaan
Jakarta - Seoul pp mulai Rp4,8 jutaan
Denpasar - Singapura pp mulai Rp2,1 jutaan
Denpasar - Seoul pp mulai Rp5,1 jutaan

Lihat Juga :
THR PNS 2024 Cair H-10 Lebaran

Tak hanya itu, Garuda Indonesia juga menawarkan harga yang kompetitif pada kerja sama rute penerbangan aliansi Garuda Indonesia diantaranya sebagai berikut:

Jakarta - Paris pp mulai Rp15,6 jutaan
Jakarta - Milan pp mulai Rp15,8 jutaan
Jakarta - Roma pp mulai Rp16,2 jutaan
Jakarta - Barcelona pp mulai Rp16,5 jutaan
Jakarta - Frankfurt pp mulai Rp17 jutaan

Selain menghadirkan Program Best Deal berupa penawaran diskon tiket hingga 80 persen, GOTF Anniversary Edition kali ini juga menghadirkan berbagai program menarik lainnya.

Program ini termasuk program Flash Sale akan berlaku pada periode tertentu selama program GOTF berlangsung di aplikasi FlyGaruda dan www.garuda-indonesia.com.

Garuda Indonesia juga meghadirkan Program Akselerasi GarudaMiles untuk anggota Reguler Tier Blue, Silver, dan Gold untuk percepatan naik tingkat keanggotaan dengan melakukan penerbangan Garuda Indonesia sejumlah frekuensi tertentu dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu, GOTF Anniversary Edition kali ini turut menghadirkan berbagai nilai tambah seperti diskon 10 persen dari harga excess baggage + 30 persen prepaid baggage, program Welcome Bonus 1.000 Miles untuk anggota baru GarudaMiles Reguler & Junior, dam program Milesback up to 30 persen.

Lalu, Program Special Price Bundling GarudaMiles Gold Privilege & 1000 Miles dengan diskon mencapai Rp750 ribu, program Seat Selection & Lounge Access, diskon Garuda Shop hingga 75 persen, penawaran Indosat Roaming Package, serta program Diskon AHM Booking Hotel.

Senior Executive Vice President Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Saptari menambahkan bahwa penjualan tiket pada Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) Anniversary edition 2024 ini ditargetkan tumbuh 50 persen dari 2023 lalu.

"Untuk mencapai hal tersebut Bank Mandiri memberikan berbagai tambahan benefit khusus bagi nasabah pengguna Mandiri Kartu Kredit, yang ingin melakukan pembelian tiket/tour berkesempatan untuk mendapatkan program potongan harga hingga Rp3,5 juta, program Diskon Flash Sale hingga mencapai Rp2,5 juta, serta program pembelian tiket Garuda Indonesia dengan skema cicilan hingga 12 bulan," kata dia.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Anak perempuan sah itu tidak bermoral

erek erek kamar mandi
Pedagang pasar tradisional juga menjerit kesulitan mendapat pasokan beras, tak beda jauh seperti toko ritel yang tengah dilanda kelangkaan stok.
Pedagang pasar tradisional juga menjerit kesulitan mendapat pasokan beras, tak beda jauh seperti toko ritel yang tengah dilanda kelangkaan stok. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pedagang pasar tradisional juga menjerit kesulitan mendapat pasokan beras, tak beda jauh seperti toko ritel yang tengah dilanda kelangkaan stok.

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Reynaldi Sarijowan menyebut dua kondisi miris yang terjadi di pasar tradisional.

Pertama, para pedagang mengeluh sulit mendapatkan beras medium dengan harga Rp10.900 per kg.

Bahkan, Reynaldi menyebut harga yang melonjak tinggi itu memecahkan rekor di rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan data IKAPPI, itu adalah harga beras tertinggi di era Jokowi.

Oleh karena itu, ia mendesak pemerintah serius memperhatikan kondisi beras di pasar tradisional.

"Maka ini yang harus dilakukan pemerintah, hati-hati jika pasar tradisional stok berasnya tidak melimpah, tentu akan terganggu distribusi pangan rakyat yang ada di pasar," tandasnya.

Beras belakangan sulit ditemui di toko ritel modern. Kelangkaan terjadi di sejumlah minimarket, seperti Alfamart hingga Indomaret.

Bahkan, minimarket di kawasan Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat sama sekali tak lagi menjual beras dengan kemasan 5 kg. Pasokan beras di kawasan tersebut diklaim habis sudah hampir sebulan lamanya.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkap ada misteri di balik kelangkaan beras di toko ritel modern. Ia mengklaim Bulog sudah menyuplai beras ke ritel modern lebih banyak 160 persen dibandingkan Januari 2023-Februari 2023.

"Banyak sekali informasi yang datang ke kami, kita taruh 1 ton, itu kan 1.000 kg. Kalau 5 kg (satu pak) berarti ada 200 sak, masa hanya dalam setengah jam habis terjual?" ungkap Bayu keheranan saat mengecek stok beras SPHP di Ramayana Klender, Jakarta Timur, Senin (12/2) kemarin.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Jatuh ke dalam debu

casaqq
Wacana Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono membuka kembali rencana ekspor benih lobster bertentangan dengan hilirisasi laut Jokowi.
Wacana Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono membuka kembali rencana ekspor benih lobster bertentangan dengan hilirisasi laut Jokowi. (Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah berencana kembali membuka ekspor benih lobster atau benur yang sempat dilarang di era mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Wacana itu muncul di tengah rencana Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan Vietnam untuk melakukan budidaya lobster di Tanah Air.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Tb Haeru Rahayu mengatakan potensi untuk mengekspor benih lobster itu cukup besar. Namun, ia menilai rencana ekspor benih lobster ke luar negeri, khususnya ke Vietnam, juga bukan perkara mudah.

Larangan ekspor benih lobster ditetapkan oleh eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada 2016. Larangan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 56 Tahun 2016 tentang Penangkapan Lobster.

Pada 2020, mantan Menteri KKP Edhy Prabowo membuka keran ekspor benih lobster. Namun, ia kemudian divonis hukuman lima tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dalam kasus dugaan suap terkait izin budi daya lobster dan ekspor benih lobster atau benur. Ia dinyatakan menerima suap sebesar Rp 25,7 miliar dari para eksportir.

Ekspor benih lobster kembali dilarang oleh Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono lewat Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus spp.) di Wilayah Negara Republik Indonesia. Namun, saat ini pemerintah kembali berencana mengekspor benih lobster.

Lantas, apa dampaknya jika keran ekspor benih lobster kembali dibuka ?

Lihat Juga :
Israel Ganjal Indonesia Gabung Geng Negara Maju OECD

Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) Susan Herawati mengatakan Indonesia akan rugi jika kembali membuka keran ekspor benih lobster. Yang diuntungkan, justru negara yang menerima benih lobster Indonesia.

"Kalau kita sumber dayanya habis, secara produksi juga tidak akan bertambah. Kemudian kemampuan untuk mengelola atau membesarkan lobster tidak akan berkembang, stagnan saja karena semua sumber dayanya diekspor," katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (6/2).

Ia mengatakan jika alasan pemerintah untuk menindak penyelundupan yang marak terjadi sejak larangan ekspor benih lobster berlaku, maka yang harusnya dilakukan adalah memperbaiki penegakan hukum, bukan malah membuka keran ekspor.

Susan juga memandang tidak tepat jika pemerintah beralasan ekspor benih lobster demi menggenjot Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Menurutnya, PNBP yang diterima tidak berdampak besar bagi masyarakat, terutama yang tinggal di pesisir.

Susan menilai bahwa pemerintah pada dasarnya memang tidak memiliki niat untuk melakukan hilirisasi sumber daya laut.

Lihat Juga :
Darma Mangkuluhur, Anak Tommy Soeharto yang Buat Lapangan Golf Rp1,2 T

"Memang sudah urusannya cuma apa yang bisa dikeruk, itulah yang dikeruk, mumpung masih menjabat. Selepas itu, ya Insyallah gimana nanti. Ini cara berpikir yang fatal yang dilakukan pemerintah," katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah menilai dengan membuka keran ekspor benih lobster berarti pemerintah tidak konsisten dengan program hilirisasi yang selama ini digadang-gadangkan. Pasalnya hilirisasi berarti sumber daya alam harusnya diolah dulu supaya memiliki nilai tambah.

"Bentuk hilirisasi di perikanan adalah kita tidak mengekspor benih. Kita harus mengekspornya dalam bentuk lobster yang sudah besar atau bahkan turunannya lagi," katanya.

Dengan mengekspor benih, Piter mengatakan Indonesia justru membesarkan industri perikanan negara lain. Bisa saja suatu saat nanti yang terjadi Indonesia tidak lagi memiliki lobster karena benihnya habis diekspor, tapi akhirnya negara lain yang memiliki lobster.

Ia menduga pemerintah berencana kembali mengekspor benih lobster semata hanya untuk kepentingan eksportir.

"Untuk kepentingan sesaat dari eksportir benih, hanya untuk kepentingan sekelompok orang," katanya.

Lanjut ke halaman berikutnya...

Tiru Kebijakan DMO Batu Bara Jika Ngotot Ingin Ekspor

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Pemurni Teknologi

seribu mimpi 2d
Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan hingga pukul 08.30 WIB, jumlah penumpang di Stasiun Ancol mengalami peningkatan yang cukup signifikan
Ilustrasi. KAI Commuter mencatat lonjakan penumpang saat kampanye akbar AMIN, Sabtu (10/2). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

KAI Commuter mencatat sebanyak 3.170 penumpang menggunakan layanan KRL di Stasiun Ancol pada hari ini Sabtu (10/2), atau terjadi lonjakan penumpang yang rata-rata hanya sebanyak 350 orang saat pagi hari. KAI Commuter pun menerapkan sistem buka tutup antrean guna mengantisipasi kepadatan penumpang.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan hingga pukul 08.30 WIB, jumlah penumpang di Stasiun Ancol mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan hari-hari biasanya.

"Hingga pukul 08.30 WIB, tercatat sebanyak 3.170 orang yang turun di stasiun Ancol, yang rata-rata hanya sebanyak 350 orang pada pagi hari," kata Anne dalam keterangan resmi, Sabtu (10/2).

"Angka tersebut juga mengalami kenaikan jika dibanding dengan pengguna yang keluar di Stasiun Palmerah pada pagi hari di hari libur yaitu rata-rata sebanyak 4.500 orang," ujar Anne.

Lonjakan penumpang ini terjadi seiring dengan kegiatan Kampanye Akbar pemilu 2024 yang diselenggarakan pada hari ini di Jakarta International Stadium (JIS) dan Gelora Bung Karno (GBK).

KAI Commuter pun menerapkan sejumlah langkah antisipasi mulai dari menambah personel pengamanan dari internal maupun unsur TNI/Polri hingga menyiagakan mobil rescue, ambulans, dan tenaga medis.

"KAI Commuter juga akan memberlakukan sistem buka tutup antrean pengguna yang akan masuk ke area peron stasiun jika keadaan sudah ramai, terutama pada stasiun transit Kampung Bandan sebagai stasiun transit untuk menuju Stasiun Ancol," ujar Anne.

Lihat Juga :
Satu Orang Tewas dalam Kecelakaan KRL Tabrak Mobil di Tigaraksa

Anne menyampaikan layanan operasional Commuter Line hari ini sebanyak 1.037 perjalanan. Anne pun berujar KAI Commuter akan terus memantau dan melakukan antisipasi dengan melakukan rekayasa pola operasi secara situasional sesuai dengan kondisi di lintas.

"PT KCI menghimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan, selalu ikuti arahan dan instruksi dari petugas di stasiun," imbau Anne.

Sejumlah penumpang sebelumnya memprotes Kereta Api Indonesia (KAI) karena rute KRL yang semestinya berhenti di Stasiun Ancol jadi dilanjutkan ke Stasiun Tanjung Priok.

Kondisi ini terjadi jelang Kampanye Akbar pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di JIS.

"Ini udah dlm KRL arah ancol, tapi ada pengumuman malah ga akan berhenti di ancol dan langsung ke priuk," kicau @nonamier, Sabtu (10/2).

Selain mengeluhkan penumpukan di Stasiun Priok, ada juga penumpang yang mengeluhkan terjadi penumpukan penumpang KRL di Stasiun Jakarta Kota.

(blq/mik)

[Gambas:Video CNN]

Perhatikan iblis seperti ini

hari gacor
Ritel modern di bilangan Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat mulai dibanjiri beras Bulog. Penjaga ritel mengatakan banjir mulai terjadi Rabu (21/2).
Ritel modern di bilangan Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat mulai dibanjiri beras Bulog. Penjaga ritel mengatakan banjir mulai terjadi Rabu (21/2). (CNN Indonesia/ Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ritel modern di bilangan Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat mulai dibanjiri berasBulog di tengah ajakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ke masyarakat untuk beralih dari beras premium yang langka.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di Alfamart Kamboja, pengunjung yang masuk langsung disuguhkan dengan beras di rak khusus. Tumpukan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) itu terlihat di sisi kanan dari arah pintu masuk.

Ada sekitar 7 pack beras SPHP yang tersedia pada pukul 11.30 WIB di ritel tersebut serta 5 pack beras premium Alfamart Setra Pulen. Beras itu masih dibanderol sesuai harga eceran tertinggi (HET) per pack alias kemasan 5 kg, yakni Rp54.500 untuk beras Bulog dan Rp69.500 bagi beras premium.

"Kemarin masuk 4 atau 5 karung gitu, sekarungnya isi 5 pack beras, campur (beras SPHP dan premium)," kata Andi kepada CNNIndonesia.com.

Namun, Andi menegaskan stok beras itu langsung diburu oleh warga sekitar. Ia menyebut beras SPHP hingga premium gampang ludes.

Oleh karena itu, Alfamart di tempatnya berjaga menerapkan kebijakan pembatasan pembelian. Bahkan, kini seorang konsumen hanya boleh memboyong 1 pack beras, dari yang sebelumnya maksimal 2 pack alias 10 kg.

"Memang masuknya ndut-ndutan (jarang). Sekarang pembeli dibatasi cuma beli satu pack saja per orang, biar yang lain (konsumen lain) kebagian," tandasnya.

Namun, kondisi tersebut berbanding terbalik dengan Indomaret Kamboja yang berada tepat di seberang minimarket berwarna merah tersebut. Rudi, penjaga Indomaret tersebut, mengaku beras saat ini sedang kosong.

Ia menuturkan beras Bulog Cs sempat dijual dua hari yang lalu. Namun, saat ini sudah habis dan belum ada barang baru masuk dari gudang.

"Dua hari yang lalu sempat ada (beras), masuk dari gudang, tapi cuma sedikit. Masuknya cuma sekarung gitu, campur ada yang beras Bulog, ada yang premium," tuturnya.

Rudi mengaku barang kiriman dari gudang biasanya masuk setiap dua hari sekali ke toko yang dijaganya. Namun, ia menegaskan bahwa itu tidak selalu dibarengi dengan pasokan beras.

Bahkan, kondisi bagai bumi dan langit terjadi di sesama ritel modern berwarna merah. Apa yang terjadi di Alfamart Kamboja tak senada dengan Alfamidi Kamboja, meski jaraknya hanya sekitar 250 meter.

Alfamidi adalah ritel modern dengan ukuran lebih besar dari minimarket, tetapi tak seluas supermarket. Ia menempati kelas menengah ritel modern.

[Gambas:Video CNN]

"Beras di sini lagi gak ada, kosong. Terakhir ada itu seminggu lalu, masih sempat masuk 1 karung-2 karung," aku Angela selaku karyawan di Alfamidi tersebut.

"Biasanya beras dipajang di rak sini (menunjukkan ke salah satu display rak). Kalaupun ada, itu juga dibatasi belinya dua pack doang per orang," sambungnya.

Memang benar beras nihil di rak yang ditunjukkan Angela. Hanya ada gula pasir, tepung, dan selembar kertas bertuliskan 'Informasi. Mohon maaf pembelian beras dan gula pasir maksimal 2 pcs per konsumen,'.

Meski jarak ketiga minimarket itu berdekatan, stok berasnya tak merata. Ada yang melimpah, tetapi ada juga yang kering kerontang.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan alias Zulhas mengimbau masyarakat membeli beras SPHP buatan Perum Bulog. Beras kelas medium ini diklaim bisa jadi solusi alternatif di tengah kenaikan harga beras premium.

"Jadi, saya berharap masyarakat beralih ke beras SPHP, kan kalau beras premium barangnya lagi naik dan barangnya juga tidak sesuai dengan yang ditentukan," kata Zulhas saat meninjau beras di Transmart Cempaka Putih, Jakarta, dikutip dari Antara.

Lihat Juga :
Luhut Hitung BBM Euro 5 Bisa Pangkas Subsidi Energi Hingga Rp50 T

Zulhas mengatakan harga beras SPHP stabil dan terjangkau. Beras tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan, juga menjaga ketersediaan stok beras di pasaran.

Pria yang juga ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan stok beras SPHP cukup, yakni 1,3 juta ton di Bulog. Akan tetapi, ia mengakui bahwa penyalurannya memang harus dipercepat sehingga tidak terjadi kelangkaan.

(skt/agt)