petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

aplikasi yang pakai paylater

kumpulan situs slot bonus new member 100 149Jutaan kata 506600Orang-orang telah membaca serialisasi

《aplikasi yang pakai paylater》

Jabatan Baru Luhut: Koordinator Investasi Apple di IKN******

Presiden Jokowi menunjuk Menko Marves Luhut menjadi koordinator investasi Apple di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Presiden Jokowi menunjuk Menko Marves Luhut menjadi koordinator investasi Apple di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Foto: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendapat jabatan atau tanggung jawab baru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini, Luhut ditunjuk sebagai koordinator investasi Appledi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang. Ia mengatakan penunjukan Luhut berkaitan dengan permintaan Jokowi kepada CEO Apple Tim Cook agar raksasa teknologi dari AS itu ikut berinvestasi dalam pengembangan Smart City di IKN.

"Teknisnya (kesepakatan investasi Apple di IKN) di Kementerian. Nanti Bapak Presiden menugaskan Pak Luhut sebagai Koordinator," kata Agus di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/4).

Saat ini, Agus menjelaskan Apple memberikan investasi unik dalam bentuk pembangunan Apple Developer Academy di empat kota. Total investasi seluruh pusat pengembang itu mencapai Rp1,8 triliun.

Di sisi lain, pemerintah menurutnya juga meminta Apple untuk membangun pabrik manufaktur atau menggunakan komponen asli Indonesia atau TKDN dalam produksi Apple.

Sebab, Indonesia per 2023 tercatat sudah mampu memproduksi 50 juta unit handphone. Dengan kemampuan itu, Agus berharap Apple mempertimbangkan konsep business matching yakni dengan menyesuaikan produk atau komponen Indonesia dengan spesifikasi dari Apple.

"Berdasarkan dari kesepakatan antara Indonesia dengan Apple antara pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemenperin dengan Apple untuk mereka bisa mendapatkan nilai 35 persen. Jadi basisnya adalah investasi," ujar Agus.

Adapun sampai saat ini, produsen iPhone masih belum membuka pabriknya di Indonesia. Sementara, jenama HP lain sudah memiliki pabrik perakitan di dalam negeri.

Hampir semua HP yang dijual di Indonesia harus dirakit di dalam negeri untuk memenuhi aturan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN. Namun, hanya iPhone yang masih diimpor utuh.

Namun, Apple tetap bisa menjual iPhone di Indonesia karena memenuhi regulasi TKDN dengan menggunakan skema investasi lewat modal yang digunakan untuk membangun Apple Developer Academy.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Kemenhub: Kepatuhan penerbangan balon udara di Wonosobo meningkat******

Kemenhub: Kepatuhan penerbangan balon udara di Wonosobo meningkat
Direktur Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Sigit Hani Hadiyanto diwawancara di sela menghadiri festival balon udara di Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (21/4/2024). ANTARA/Harianto
Wonosobo (ANTARA) - Direktur Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Sigit Hani Hadiyanto menyatakan bahwa kepatuhan dalam penerbangan balon udara di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mulai meningkat.

"Tingkat kepatuhan masyarakat terhadap ketentuan Peraturan Menteri Nomor 40 Tahun 2018, alhamdulillah meningkat. Hal ini tergambar dari penurunan tren laporan gangguan balon udara yang disampaikan para pilot kepada AirNav," kata Sigit di Wonosobo, Minggu.

Sigit terjun langsung memantau puncak Festival Balon Udara di alun-alun Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

Ia menghadiri kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan kepada pelestarian budaya balon udara, namun dengan menaati aturan yang telah ditetapkan sehingga tidak mengganggu penerbangan pesawat.

Sigit mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Wonosobo bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk AirNav Indonesia, yang sudah memfasilitasi kegiatan Festival Balon Udara yang menaati Permenhub Nomor 40 Tahun 2018 tentang Penggunaan Balon Udara pada Kegiatan Budaya Masyarakat dan telah mengajukan perijinan pelaksanaan kegiatan.

Baca juga: Keselamatan penerbangan dikampanyekan di Festival Balon Udara Wonosobo

Peraturan tersebut mengatur beberapa ketentuan, seperti diameter balon maksimal 4 meter, tinggi balon maksimal 7 meter, tidak dilengkapi peralatan dengan bahan mengandung api, mudah meledak/sejenis; termasuk ketinggian maksimal 150 meter dari permukaan tanah; dan memiliki minimal tiga tali tambatan.

Dalam peraturan tersebut diatur pula lokasi penyelenggaraan festival, yakni berupa lahan tanpa halangan pepohonan, permukiman, kabel listrik, maupun stasiun pengisian bahan bakar dan berjarak cukup jauh dari bandara.

"Izin penerbangan balon udara dapat disampaikan sewaktu-waktu dan tidak hanya pada saat momen festival saja dengan ketentuan mematuhi persyaratan dan ketentuan peraturan perundangan," tambah Sigit.

Seorang pria memegang Bendera Merah Putih menyemangati rekan-rekannya untuk menerbangkan balon udara dalam puncak festival balon udara yang dilaksanakan di alun-alun Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (21/4/2024). ANTARA/Harianto
Senada dengan Sigit, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo Agus Wibowo mengatakan bahwa saat ini penerbangan balon udara secara liar di daerahnya telah menurun.

Meski begitu, dia enggan menyebutkan angka pasti karena merupakan kewenangan dari Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia.

"Tahun ini secara umum untuk penerbangan liar menurun dibandingkan tahun lalu. Ini informasi dari teman-teman AirNav tadi malam menyampaikan datanya, tetapi saya tidak akan sebutkan datanya supaya lebih afdol dari mereka langsung," ucap Agus.

Baca juga: AirNav: 30 laporan penerbangan balon udara liar periode Lebaran 2024

Sementara itu, Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia menyebutkan pada periode mudik dan balik Lebaran 2024 tercatat 30 laporan dari pilot soal balon udara liar, menurun dibanding tahun sebelumnya sebanyak 68 laporan.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegiantoro menyampaikan dari puluhan laporan mengenai penerbangan udara yang diduga dilakukan secara liar, tidak ada balon udara yang mengenai pesawat.

Hermana menekankan pentingnya menaati aturan yang ditetapkan dalam penerbangan balon udara agar tidak mengganggu penerbangan pesawat karena di atas Pulau Jawa terdapat rute penerbangan tersibuk di Indonesia dengan rata-rata 150 penerbangan per hari.

Menurutnya, tradisi penerbangan balon udara dapat dilakukan, namun harus sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku sehingga tidak membahayakan keselamatan penerbangan.

"Daripada diterbangkan secara bebas dan liar, lebih baik difestivalkan dengan cara ditambatkan sehingga dapat menjadi daya tarik wisata yang unik dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," kata Hermana.

AirNav secara aktif melakukan sosialisasi bahaya balon udara terhadap penerbangan sejak tahun 2017. Sosialisasi dilakukan di dua daerah yang ada di Jawa Tengah, yakni Pekalongan dan Wonosobo, sebagai wilayah yang dikenal dengan tradisi balon udara.

Sosialisasi dilakukan bersama pemerintah daerah, TNI, Polri dan komunitas balon udara setempat dalam bentuk spanduk, baliho, konten di media sosial, serta pemberdayaan masyarakat lewat program tanggung jawab sosial.

Baca juga: Pemkab: Festival Balon Udara Wonosobo sedot ribuan wisatawan
Baca juga: Ditjen Hubud Kemenhub: Festival balon udara Wonosobo miliki izin
Baca juga: Dirjen Hubud Kemenhub harap festival balon udara Wonosobo taati aturan

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Buntut Erupsi Gunung Ruang******

Bandara Sam Ratulangi Manado, ditutup sementara hingga pukul 10.00 WITA hari ini (18/4) imbas erupsi Gunung Ruang, Sitaro, Sulawesi Utara.
Bandara Sam Ratulangi Manado, ditutup sementara hingga pukul 10.00 WITA hari ini (18/4) imbas erupsi Gunung Ruang, Sitaro, Sulawesi Utara. (Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bandara Sam Ratulangi Manado, ditutup sementara imbas erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Penutupan sementara bandaradiumumkan melalui Notice to Airmen (Notam) penutupan sementara hingga pukul 10.00 WITA hari ini.

PT Angkasa Pura I (AP I) selaku pengelola menyetop sementara operasional bandara lantaran adanya abu vulkanik hasil erupsi.

Menurutnya, tindakan itu diambil sebagai hasil koordinasi dengan otoritas Bandara, BMKG dan beberapa pemangku kepentingan lainnya.

"Hal ini penting kami putuskan karena dampak ini dapat membahayakan keselamatan bandara," imbuhnya.

Maya mengatakan bandara akan dibuka kembali sampai pemberitahuan selanjutnya. Untuk sementara, pihaknya melakukan rapat koordinasi untuk memutuskan hal-hal yang perlu untuk ditindaklanjuti terhadap pesawat yang terdampak.

Ia menjelaskan penutupan sementara ini telah diumumkan kepada penumpang melalui pengeras suara bagian informasi Bandara Sam Ratulangi.

"Kami memohon maaf atas penundaan keberangkatan para penumpang, ini merupakan faktor alam yang tidak bisa dihindari," ujarnya.

Akibat penutupan ini, beberapa jadwal penerbangan terganggu dan dibatalkan. Jadwal penerbangan dari Manado menuju Jakarta, Makassar, dan Sorong, mengalami penundaan. Demikian pula dengan kedatangan dari China dan Ternate.

Status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro naik dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas.

Peningkatan status ini menyusul eskalasi aktivitas vulkanik Gunung Ruang yang kembali erupsi pada Rabu 17 April 2024 pukul 18.00 WITA dengan ketinggian semburan material mencapai 2.500 meter dari puncak.

Kemudian Rabu (17/4) pukul 20.15 WITA kembali terjadi erupsi eksplosif dengan tinggi sekitar 3.000 meter di atas puncak. Erupsi ini disertai suara gemuruh dan gempa terasa di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ruang.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)




bab terbaru:prediksi togel macau jam 7

Perbarui waktu:2024-07-05

Daftar bab terbaru
situs slot pusat
suka slot88
thailand slot 888
download aplikasi slot88
slot mudah menang jackpot
situs wd vip
prediksi togel sdy
rtp timnas4d
bocoran pola maxwin olympus hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 candy99
Bab 2 syarat menggunakan kredivo
Bab 3 warisan138
Bab 4 musang4d
Bab 5 merdeka 777
Bab 6 nama akun gacor slot
Bab 7 game slot online resmi
Bab 8 togel deposit pulsa
Bab 9 nyai slot
Bab 10 trik slot malam ini
Bab 11 ayam slot77
Bab 12 bos717
Bab 13 ngeslot gacor
Bab 14 situs gacor terpercaya 2022
Bab 15 slot88 bola
Bab 16 senang4d demo slot
Bab 17 clubslot
Bab 18 lele247
Bab 19 gbown
Bab 20 game slot mudah menang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4483bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Penyelamat Pesawat

link slot gacor terpercaya
Utang Israel tembus 160 miliar shekel (US miliar) atau Rp697,38 triliun pada sepanjang 2023 kemarin, melesat hampir tiga kali lipat dari 2022.
Utang Israel tembus 160 miliar shekel (US miliar) atau Rp697,38 triliun pada sepanjang 2023 kemarin, melesat hampir tiga kali lipat dari 2022. ( AFP/-).
Jakarta, CNN Indonesia--

Utang Israeltembus 160 miliar shekel (US miliar) atau Rp697,38 triliun pada sepanjang 2023 kemarin.

Utang ini melesat dua kali lipat lebih jika dibandingkan dengan 2022 yang hanya 63 miliar shekel. Kementerian Keuangan Israel menyebut 81 miliar shekel yang dihimpun pada 2023 kemarin tersebut dihimpun sejak pecahnya perang Israel-Hamas pada Oktober lalu. 

Lonjakan itu membuat rasio utang Israel melesat dari 60,5 persen dari PDB pada 2022 menjadi 62,1 persen pada 2023 kemarin.

"Ada kebutuhan penyesuaian taktis dan strategis dalam rencana peningkatan utang pemerintah," katanya pekan lalu seperti dikutip dari Reuters.

Rasio itu diperkirakan masih akan meningkat lagi menjadi 67 persen pada 2024 ini. Peningkatan itu tak lepas dari lonjakan belanja perang Israel.

Apalagi selain dengan Hamas, Israel saat ini juga tengah berkonflik dengan Iran.

[Gambas:Video CNN]



(agt)

Dewa Makanan di Alam Liar Hiburan

situs judi togel terpercaya dan aman
Astra Infra mendiskon 20 persen tarif tol Merak, Cipali dan Jombang-Mojokerja mulai Rabu (17/4) hingga Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB.
Astra Infra mendiskon 20 persen tarif tol Merak, Cipali dan Jombang-Mojokerja mulai Rabu (17/4) hingga Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB. (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Jakarta, CNN Indonesia--

Astra Infra kembali memberlakukan diskon tarif tolsebesar 20 persen mulai Rabu (17/4) hingga Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB.

Diskon tarif tol berlaku di tiga ruas tol Astra Infra, yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto.

Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra Group Rinaldi menuturkan potongan harga ini diberlakukan demi mendorong terjadinya distribusi volume lalu lintas dan apresiasi untuk pengguna jalan tol.

Ia pun menuturkan selepas puncak arus balik yang diperkirakan telah terjadi pada 14-15 April 2024, kondisi lalu lintas di ruas tol Astra Infra mulai berangsur melandai.

Secara total, sekitar 296 ribu kendaraan melintasi ruas Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto pada 16 April 2024, menurun sekitar 11 persen dibandingkan 336 ribu kendaraan pada 15 April 2024.

Secara akumulasi, sejak 31 Maret hingga 16 April 2024, total sekitar 5 juta kendaraan telah melintasi ketiga ruas tol tersebut.

Tercatat, di Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak terpantau lalu lintas pada H+6 lebaran ramai lancar, terutama pada gerbang utama entrance Merak, entrance dan exit Cilegon Timur, serta GT entrance dan exit Cikupa. Sekitar 157 ribu kendaraan melintas pada 16 April 2024.

Lihat Juga :
ANALISISBerhitung Rugi RI Imbas Jeblok Rupiah 'Dihantam' AS dan Timur Tengah

Jumlah itu meningkat sekitar 0,9 persen dari hari sebelumnya yang berjumlah 155 ribu kendaraan. Sejak 31 Maret hingga 16 April 2024, total sekitar 2,4 juta kendaraan telah melintas di ruas tol Tangerang-Merak.

Selain itu, di Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan, tercatat sekitar 94 ribu kendaraan melintas pada H+6 lebaran.

Jumlah ini menurun sekitar 18,4 persen dibandingkan hari sebelumnya yang mencapai sekitar 116 ribu kendaraan.

Sejak 31 Maret hingga 16 April 2024, total sekitar 1,6 juta kendaraan telah melintas di ruas tol Cikopo-Palimanan. Lalu lintas terpantau ramai lancar sehingga sesuai diskresi Kepolisian, one way ke arah Jakarta, dari KM 414 GT Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cikopo-Palimanan, telah dihentikan per Selasa (16/4) pukul 08.00 WIB.

Adapun pada 17 April 2024, diberlakukan contra flow pada KM 157 - 169, pada pukul 7.15 WIB hingga 8.30 WIB untuk memperlancar arus menuju Cirebon yang sempat mengalami peningkatan.

Sementara, di Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, volume lalu lintas pada H+6 lebaran terpantau mengalami penurunan sekitar 30 persen dibandingkan hari sebelumnya, dengan jumlah sekitar 45 ribu kendaraan yang melintas pada 16 April 2024, meningkat 86 persen dibandingkan lalu lintas rata-rata harian normal.

Secara akumulatif, sejak 31 Maret hingga 16 April 2024, total sekitar 917 ribu kendaraan telah melintas di ruas tol Jombang-Mojokerto.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

gelang musim semi ilahi

gacor77 4d
Menko Marves Luhut Pandjaitan menyebut pemerintah telah mempersiapkan berbagai strategi dan fasilitas agar aktivitas pemudik menjadi aman dan nyaman.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim mudik Lebaran 2024 yang paling meriah sepanjang masa. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim mudik Lebaran 2024yang paling meriah sepanjang masa.

Hal itu mengacu pada hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Survei itu memperkirakan jumlah pemudik mencapai 193,6 juta orang, atau naik 34 persen dari tahun sebelumnya.

Lihat Juga :
Tertahan 15 Jam, Sopir Truk Sapi-Sayur Ribut dengan Petugas Bakauheni

"Mari saling jaga dan peduli satu sama lain selama di perjalanan," ujarnya.

Luhut juga mengingatkan kepada para pemudik yang mengantuk untuk beristirahat sejenak alih-alih memaksakan berkendara.

"Sehingga jangan sampai ada kecelakaan kerana kelelahan," katanya.

Lihat Juga :
MUDIK 2024Antrean Pelabuhan Merak Capai 19 KM, Pemudik Terjebak Macet 5 Jam

Puncak arus mudik Lebaran 2024 mulai terjadi pada Jumat (5/4). Berbagai kebijakan telah dibuat untuk mengurai kemacetan di ruas tol, seperti one way, contraflow, hingga ganjil genap.

Semalam rekayasa lalu lintas one way diberlakukan mulai dari KM 72 Tol Cipali sampai KM 414 GT Kalikangkung Tol Semarang, Jawa Tengah.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) peningkatan arus lalu lintas akan terjadi hingga Senin (8/4).

[Gambas:Instagram]



(skt/fra)

[Gambas:Video CNN]

Puncak seni bela diri

madame destiny megaways demo
Klasemen akhir Grup A: Qatar dan Indonesia lolos ke perempat final
Arsip foto - Pesepakbola Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan (kanan) berselebrasi bersama Pratama Arhan (kiri) usai berhasil mencetak gol ke gawang Chinese Taipei pada pertandingan grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/Spt/aa.)
Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia dan Qatar telah dipastikan lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda dinyatakan lolos sebagai runner-up Grup A di bawah Qatar. Indonesia memastikan diri lolos setelah menang meyakinkan 4-1 atas Yordania di laga terakhir Grup A di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Minggu (21/4). Melawan Yordania, tim asuhan Shin Tae-yong mampu mencetak dua gol di babak pertama melalui penalti Marselino Ferdinan dan gol spektakuler Witan Sulaeman. Dua gol tambahan Indonesia dicetak di babak kedua. Marselino mengemas gol keduanya dalam pertandingan ini, dengan satu gol lainnya dicetak Komang Teguh. Sementara satu gol Yordania didapat lewat bunuh diri Justin Hubner. Kemenangan 4-1 bertahan hingga laga bubar. Hasil itu mewarnai kelolosan Garuda Muda ke perempat final. Dengan kemenangan atas Yordania, Indonesia menyelesaikan fase grup sebagai runner-up dengan mengoleksi 6 poin dan berhak menemani Qatar ke perempat final. Qatar keluar sebagai juara grup dengan 7 poin, usai di laga terakhir menahan Australia 0-0. Sementara Australia berada di urutan tiga dengan 2 poin, dan Yordania menjadi juru kunci dengan satu poin. Selanjutnya, Indonesia dipastikan akan melawan juara Grup B yang masih diperebutkan oleh Korea Selatan atau Jepang. Korea Selatan dan Jepang masih bersaing menjadi juara Grup B, usai keduanya mengoleksi 6 poin. Korea Selatan dan Jepang baru akan bertanding pada Senin (22/4) di Stadion Jassim Bin Hamad pada pukul 20.00 WIB.


Baca juga: Daftar tujuh negara yang lolos ke perempat final Piala Asia U-23
Baca juga: Indonesia lolos ke 8 besar Piala Asia U-23, Erick Thohir: ini bukti kita bisa
Baca juga: Australia gagal lolos ke 8 besar usai bermain imbang 0-0 lawan Qatar Hasil pertandingan Grup A pada Minggu (21/4): Yordania 1-4 Indonesia(Hubner (GBD) 79'| Marcelino 23' (P), 70', Witan 40', Komang 86')Qatar 0-0 Australia KlasemenPos Tim Main Menang Imbang Kalah Poin1 Qatar 3 2 1 0 72 Indonesia 3 2 0 1 63 Australia 3 0 2 1 24 Yordania 3 0 1 2 1

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024

Dunia Kartu Mantra

megasloti
Pengusaha khawatir pelemahan nilai tukar rupiah hingga ke level bawah Rp16 ribu usai lebaran bisa memukul industri dan daya beli masyarakat.
Pengusaha khawatir pelemahan nilai tukar rupiah hingga ke level bawah Rp16 ribu usai lebaran bisa memukul industri dan daya beli masyarakat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha resah dengan nilai tukar rupiahyang tembus Rp16 ribu perdolar ASdalam beberapa hari terakhir.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid mengatakan pelemahan rupiah salah satunya disebabkan oleh konflik Timur Tengah. Pelemahan rupiah katanya akan berdampak pada kenaikan biaya produksi maupun biaya beban utang yang nilainya dalam dolar AS.

Pelemahan rupiah katanya akan paling berpengaruh bagi sektor industri yang bergantung pada bahan baku impor, seperti manufaktur.

Arsjad menambahkan pelemahan rupiah juga berdampak pada instrumen finansial di Indonesia seperti emas, minyak mentah, dan imbal hasil treasury 10-tahun (US10Y bond yield) yang telah mengalami peningkatan.

Risiko yang ditimbulkan terhadap pasar finansial katanya terus meningkatkan kekhawatiran pelaku pasar yang  bisa dilihat dari tekanan capital outflow.

Karena itu, Kadin berharap berharap pemerintah dapat tanggap melakukan berbagi kebijakan fiskal sehingga inflasi dan daya beli masyarakat dapat terus terjaga. Kadin juga berharap Bank Indonesia (BI) memperhatikan arah kebijakan suku bunga serta strategi pengendalian nilai tukar untuk menjaga kepercayaan pada pasar.

Kerja sama strategis regional katanya perlu terus dikomunikasikan segera dengan berbagai bank sentral dunia demi mengantisipasi dampak regional dan global eskalasi konflik.

Arsjad menambahkan Kadin juga terus mendukung pemerintah menggencarkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) terutama bagi produk atau industri yang masih bergantung pada impor.

"Sehingga jika ada situasi 'shock' pada nilai tukar, biaya produksi dan industri secara garis besar tidak akan terlalu terdampak," kata Arsjad.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan pelemahan rupiah akan berpengaruh pada industri manufaktur nasional yang masih perlu mengimpor bahan baku dan barang modal. Apalagi katanya 70 persen dari total impor nasional adalah impor bahan baku atau penolong industri.

" Jadi dampak terhadap kenaikan overhead cost usaha industri manufaktur akan sangat memberatkan," katanya.

Shinta mengatakan pelemahan rupiah akan dirasakan oleh semua subsektor manufaktur. Maklum, semua industri manufaktur nasional umumnya punya kebutuhan impor bahan baku atau penolong dan impor barang modal yang tinggi.

[Gambas:Video CNN]

Ia menambahkan akan ada banyak industri manufaktur yang menekan volume produksi karena kenaikan beban biaya yang dikeluarkan perusahaan tapi tidak berhubungan langsung dengan proses produksi.

Menurutnya, tidak semua pelaku industri manufaktur bisa menanggung kenaikan beban produksi yang tinggi akibat pelemahan rupiah.

"Tahun lalu saja kami lihat beberapa industri secara voluntarymenghentikan produksi sementara karena bahan baku impor yang menjadi mahal karena pelemahan nilai tukar," katanya.

Jika rupiah terus melemah selama lebih dari sebulan, Shinta mengatakan maka harga jual barang bisa naik. Imbasnya pertumbuhan penjualan atau konsumsi melambat dan tingkat inflasi akan naik di atas target inflasi nasional.

Lihat Juga :
ESDM Ajukan Revisi Aturan Beli LPG Buntut Kasus Prilly Latuconsina
(fby/agt)

Dewa Perang yang Tak Terkalahkan

rupiah777
Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari dengan diskon gede. Jangan sampai terlewat hari terakhir Transmart Full Day Sale!
Ilustrasi. Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari dengan diskon gede. Jangan sampai terlewat hari terakhir Transmart Full Day Sale! (CNN Indonesia/Ryan Hidayatullah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4) dengan diskon gede-gedean.

Jangan sampai terlewat ya, hari terakhir Transmart Full Day Sale di kotamu. Pesta diskon ini berlangsung mulai jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat.

Lihat Juga :
Nikmati Diskon 50% + 20% di Transmart Hari Ini sampai Pukul 22.00

Nggak cuma itu, berbagai kategori produk di Transmart juga diskonnya nggak main-main bisa sampai 50 persen.

Biar makin hemat, setiap pelanggan juga masih bisa kesempatan mendapat tambahan diskon sebesar 20 persen selama belanja di periode Full Day Sale.

Diskon tambahan 20 persen ini bisa didapatkan khusus untuk pengguna Allo Bank, Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Aplikasi Allo Bank dapat diunduh dari hp kemudian upgradeakunnya ke Allo Prime.

Bagi pelanggan yang ingin membuka Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah bisa mengajukan pembukaan secara instan di boothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Transmart Full Day Sale digelar serentak di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Jadi, langsung aja ke Transmart terdekat di kota kamu sekarang dan borong diskonnya biar makin untung.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]