petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara kredit hp di shopee tanpa kartu kredit

astra77 950Jutaan kata 358536Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara kredit hp di shopee tanpa kartu kredit》

3 Pesawat Lion Air Dilarang Terbang Imbas Kasus Boeing 737 Max di AS******

Kemenhub resmi melarang tiga pesawat Boeing 737-9 Max Lion Air mengudara imbas kasus terbaru jenis pesawat tersebut di AS.
Kemenhub resmi melarang tiga pesawat Boeing 737-9 Max Lion Air mengudara imbas skandal terbaru jenis pesawat tersebut di AS. (Foto: ROSLAN RAHMAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi melarang tiga pesawat Boeing737-9 Max Lion Airmengudara imbas kasus terbaru jenis pesawat tersebut di Amerika Serikat.

Jumat lalu (5/1), Boeing 737-9 Max yang digunakan Alaska Airlines melakukan pendaratan darurat karena penutup pintu pesawat jebol tak lama setelah lepas landas dari Portland, Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat (AS).

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub telah berkoordinasi dengan Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat Regional Asia Pacific, Boeing serta Lion Air sebagai pengguna Boeing 737-9 Max.

Lion Air menyatakan Boeing telah memberikan konfirmasi melalui surat elektronik yang diterima pada 7 Januari 2024. Isinya, tiga unit pesawat Boeing 737-9 Max milik Lion Air tidak termasuk dalam kategori tersebut karena memiliki perbedaan tipe pintu Mid Exit dengan pesawat milik Alaska Airlines.

Menurut Lion, Boeing 737-9 Max miliknya tidak menggunakan tipe mid exit door plug, tetapi menggunakan mid cabin emergency exit door type II, yang berarti sistem pada pintu darurat bagian tengah tersebut berfungsi aktif dan dapat digunakan untuk proses evakuasi.

"Berdasarkan hal di atas, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Perhubungan Udara) telah melakukan review dan evaluasi terhadap pesawat Boeing 737-9 MAX milik Lion Air dengan registrasi PK-LRF, PK-LRG, PK-LRI dengan hasil tiga pesawat tersebut tidak memiliki mid exit door plug sebagaimana yang terpasang di pesawat Alaska Airlines karena Lion Air menggunakan mid cabin emergency exit door type II," kata Kristi.

Lihat Juga :
Tim Anies Sebut WIKA dan Waskita Buat Negara Rugi: Rp150 T Melayang

Ditjen Perhubungan Udara telah menerbitkan Airworthiness Directives (AD) atau Petunjuk Pelaksanaan Kelaikan Udara 24-01-001-U tentang pemberlakuan FAA AD 2024-02-51 yang dikhususkan untuk pesawat B737-9 yang memiliki mid cabin door plug yang diterbitkan tanggal 7 Januari 2024.

"Ditjen Perhubungan Udara selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak FAA, Boeing dan Lion Air untuk terus memonitor situasi tersebut dan akan memberikan informasi lebih lanjut seiring dengan perkembangan situasi. Keamanan dan keselamatan operasi penerbangan tetap menjadi prioritas kami," imbuhnya.

Pesawat Alaska Airlines yang membawa 174 penumpang dan enam awak penerbangan melakukan pendaratan darurat di usai panel jendela pesawat pecah di udara, tak lama setelah lepas landas dari Portland, Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat (AS).

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS pun melakukan investigasi atas insiden yang terjadi di pesawat Boeing 737-9 Max maskapai Alaska Airlines tersebut.

Selain itu, Kantor Penerbangan Federal AS (FAA) pada Sabtu (6/1) memutuskan untuk melarang terbang (grounding) pesawat terkait dulu sementara waktu.

Mengutip Reuters, Administrator FAA Mike Whitaker mengatakan badan tersebut memerlukan pemeriksaan segera terhadap pesawat-pesawat terkait sebelum mereka dapat kembali terbang.

Imbasnya, perintah tersebut mempengaruhi setidaknya terhadap 171 pesawat sejenis di seluruh dunia. Petunjuk kelaikan udara darurat akan mewajibkan operator untuk memeriksa pesawat sebelum penerbangan selanjutnya yang tidak memenuhi siklus inspeksi.

Whitaker mengatakan inspeksi yang diperlukan akan memakan waktu sekitar empat hingga delapan jam per pesawat.

"FAA mewajibkan inspeksi segera terhadap pesawat Boeing 737-9 Max tertentu sebelum mereka dapat kembali terbang," kata Whitaker, "Keselamatan akan terus mendorong pengambilan keputusan kami saat kami membantu penyelidikan NTSB terhadap Alaska Airlines Nomor Penerbangan 1282," tambahnya mengacu pada Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS.

Sementara itu, perusahaan penerbangan Boeing menyatakan pihaknya mendukung tindakan inspeksi terhadap pesawat-pesawat jenis tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Pertamina jamin pasokan BBM di Sumbar cukup selama libur Lebaran******

Pertamina jamin pasokan BBM di Sumbar cukup selama libur Lebaran
Petugas di salah satu SPBU melayani konsumen yang mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Padang Pariaman. ANTARA/Muhammad Zulfikar.
Pertamina juga memastikan setiap produk akan diisi kembali sebelum memasuki masa kritis atau habis
Padang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Provinsi Sumatera Barat tercukupi selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kita memastikan stok di Sumbar aman baik itu pertalite, bio solar, elpiji maupun avtur," kata Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah Sumbar Narotama Aulia Fazri di Padang, Jumat.

Narotama merinci untuk pasokan pertalite Pertamima mengestimasikan ketersediaan (ketahanannya) 22.514 kilo liter atau sekitar delapan hari, bio solar sebanyak 32.240 kilo liter atau 17 hari. Kemudian Avtur 3.658 (60 hari), elpiji lebih dari empat hari, pertamax 5.841 kilo liter atau sekitar sembilan hari dan pertamax turbo sebanyak 1.062 (lebih dari 100 hari).

"Pertamina juga memastikan setiap produk akan diisi kembali sebelum memasuki masa kritis atau habis," ujar Narotama.

Pada Idul Fitri 1445 Hijriah Pertamina memproyeksikan kenaikan jumlah konsumsi masyarakat dibandingkan hari biasanya. Pertama, untuk elpiji diperkirakan mengalami kenaikan sebesar tiga persen.

Berikutnya kebutuhan gasoline yang terdiri dari pertamax dan pertamax turbo sebesar 17 persen dan avtur 18 persen. Sementara, gasoil yang meliputi solar pertamina dex dan dexlite konsumsinya diperkirakan turun hingga minus 14 persen.

Selain itu, Pertamina memperkirakan awal arus mudik terjadi pada 5 April 2024 dan diproyeksikan kenaikan konsumsi BBM sekitar 28 persen, dan puncaknya pada 7 April dimana gasoline naik menjadi 52 persen.

Sedangkan untuk arus balik yang diperkirakan pada 14 April Pertamina memperkirakan kenaikan konsumsi BBM mencapai 53 persen. Kemudian untuk elpiji konsumsi diperkirakan naik mencapai 43 persen dari penyaluran normal harian.

Untuk menjamin pelayanan kepada masyarakat selama arus mudik maupun arus balik, Pertamina menyiapkan beberapa layanan khusus yakni 128 SPBU Siaga, tiga unit posko kesehatan, lima unit motor yang siap melayani penjualan BBM dan 16 kantong SPBU yang tersebar di sejumlah titik.

Baca juga: Pertamina memberi sanksi dua SPBU "nakal" di Sumbar
Baca juga: Pertamina memberi sanksi dua SPBU "nakal" di Sumbar

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024

Polda Metro Jaya beberkan alasan menghentikan kasus Aiman Witjaksono******

Polda Metro Jaya beberkan alasan menghentikan kasus Aiman Witjaksono
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat ditemui di Jakarta, Selasa (26/3/2024). ANTARA/Ilham Kausar
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya ​​​​​membeberkan alasan  menghentikan penyidikan kasus dugaan ujaran kebencian terkait netralitas Kepolisian dalam Pemilu 2024 oleh Aiman Witjaksono.

Penghentian penyidikan kasus tersebut menurut Kabid Polda Metro Jaya Kombes Polisi Ade Ary Syam Indradi, karena adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menghapus Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana perihal penyebaran berita bohong atau hoaks. "Otomatis sangkaan dan dakwaan akan gugur karena Pasal 14 dan 15 Nomor 1 Tahun 1946 bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta pada Kamis. Ade Ary juga menegaskan penghentian kasus ini tidak bernuansa politis menyusul Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah rampung sehingga kasus dihentikan. "Penyelidikan, penyidikan itu dasarnya aturan. Hak dan kewajiban siapapun yang berproses hukum akan dipatuhi penyidik," katanya. Polda Metro Jaya secara resmi telah menghentikan penyidikan kasus dugaan ujaran kebencian oleh Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD, Aiman Witjaksono.

Baca juga: IPW apresiasi Polda Metro Jaya karena hentikan kasus Aiman Witjaksono "Tadi malam (Rabu, 27 Maret 2024), kami sudah dikirimkan surat dari penyidik dari Ditreskrimsus Polda Metro Jaya bahwa laporan yg berkaitan dengan saudara Aiman ini sudah dihentikan atau sudah dikeluarkan SP3 (surat perintah penghentian penyidikan) dengan alasan demi hukum," kata salah satu penasehat hukum Aiman Witjaksono, Finsensius Mendrofa saat ditemui di Jakarta, Kamis. Finsensius menambahkan pihaknya sangat bersyukur atas keputusan Polda Metro Jaya dan mengapresiasi atas penghentian kasus tersebut. "Kami bersyukur bahwa kasus Aiman dihentikan demi hukum, memang sejak awal kami meyakini betul bahwa kasus Aiman ini bukan merupakan tindak pidana," katanya. Ia juga berkeyakinan bahwa apa yang dilakukan oleh penyidik Polda Metro Jaya itu layak diapresiasi karena sama-sama memiliki satu pemikiran terhadap kasus Aiman bahwa demi hukum harus dihentikan prosesnya. MK RI mengabulkan sebagian gugatan uji materi yang diajukan Haris Azhar dan Fatiah Maulidiyanty serta menghapus Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana perihal penyebaran berita bohong atau hoaks.

Baca juga: Polda Metro hentikan penyidikan kasus ujaran Aiman "Dalam pokok permohonan, mengabulkan permohonan para pemohon untuk sebagian. Menyatakan Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana (Berita Negara RI II Nomor 9) bertentangan dengan UUD Tahun 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat,” ucap Ketua MK Suhartoyo membacakan amar putusan saat sidang pleno yang dipantau secara daring dari Jakarta, Kamis (21/3). MK berpendapat, unsur “berita atau pemberitahuan bohong” dan “kabar yang tidak pasti, atau kabar yang berkelebihan” pada Pasal 14 dan Pasal 15 UU 1/1946 mengandung sifat ambiguitas. Menurut MK, sulit menentukan ukuran atau parameter kebenaran suatu hal yang disampaikan oleh masyarakat. Ukuran atau parameter yang tidak jelas dalam mengeluarkan pendapat atau pemikiran, justru dapat membatasi hak setiap orang untuk berpikir. Selain itu, hal ini juga dinilai mahkamah dapat mengancam kebebasan masyarakat untuk berpendapat. "Karena itu, negara tidak boleh mengurangi kebebasan berpendapat dengan ketentuan atau syarat yang bersifat absolut bahwa yang disampaikan tersebut adalah sesuatu yang benar atau tidak bohong,” kata hakim konstitusi Arsul Sani membacakan pertimbangan.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:akun baru langsung jp

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
cara kredit di lazada tanpa kartu kredit
aplikasi angka jitu
daftar kakek zeus
cara cicil hp di tokopedia
gacor 131 slot
slot90
situs slot gacor gampang jp
panen288
slot member baru
Daftar isi semua bab
Bab 1 net 138 slot
Bab 2 rtp wd hoki
Bab 3 situs online slot
Bab 4 warkop 138 slot
Bab 5 nagahoki
Bab 6 slot web
Bab 7 rtp juragan69
Bab 8 gaspol77
Bab 9 pola main slot mahjong ways 2
Bab 10 kode alam ular hijau
Bab 11 situs slot login
Bab 12 lux138 slot
Bab 13 rekomendasi slot gacor malam ini
Bab 14 bonus new member all game
Bab 15 cara pasang togel secara online
Bab 16 game slot terpercaya di indonesia
Bab 17 tafsir mimpi erek erek terbaru
Bab 18 playstar77
Bab 19 betwin4d
Bab 20 mpo1221 demo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6138bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Makan seluruh dunia

omi777
Astra Infra Group berjanji untuk memberikan diskon tarif tol sebesar 10 persen pada ruas tol dikelola oleh perusahaan.
Astra Infra Group berjanji untuk memberikan diskon tarif tol sebesar 10 persen pada ruas tol dikelola oleh perusahaan. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).
Jakarta, CNN Indonesia--

AstraInfra Group berjanji untuk memberikan diskon tarif tolsebesar 10 persen pada ruas tol dikelola oleh perusahaan saat mudikLebaran 2024 nanti.

Ketua Task Force Lebaran Astra Infra Group Rinaldi mengatakan kebijakan diskon tarif tol tersebut saat ini masih dalam tingkat pembahasan internal.

Kendati, ia berjanji akan mengumumkan secara resmi dalam waktu dekat.

Ia lantas mengatakan diskon itu juga akan mencakup ruas tol milik Astra Infra Group dengan trafik terpadat. Ruas tol itu seperti, Tol Tangerang-Merak sepanjang 72,5 km, Cikopo-Palimanan 116,8 km, dan Jombang-Mojokerto 40,5 km.

"(Akan kami umumkan) secepatnya, nanti akan ada rilisnya," kaya Rinaldi.

Terpisah, Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar mengatakan pemberian diskon ini untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik pada momen mudik Lebaran, yang berpotensi mengalami kepadatan.

"Harapannya, inisiatif yang kami lakukan dapat efektif memberikan dampak bagi kelancaran mudik lebaran tahun ini" ujar Billy.

Astra Infra melalui PT ASTRA Tol Nusantara memiliki saham di delapan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, MTN (Kunciran-Serpong), MLJ (Ulujami-Kebon Jeruk), ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan, TMJ (Semarang-Solo), ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, JSM (Surabaya-Mojokerto), serta JPM (Pandaan-Malang).


Selain memberikan diskon tarif tol, Astra Infra juga mengantisipasi kepadatan menuju Pelabuhan Merak dengan manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system.

"Selain itu, dilakukan juga dukungan pembatasan angkutan barang serta peningkatan kapasitas parkir di rest area KM 43 A," imbuh Billy.

Untuk mengantisipasi kepadatan di Tol Cikopo-Palimanan, Astra Infra bekerja sama dengan Korlantas Polri dan Polda setempat dalam melakukan rekayasa lalu lintas.

"Untuk mengurai kepadatan di gerbang tol, telah disiapkan juga mobile reader di ruas Jombang-Mojokerto," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Generasi kedua yang abadi, jangan pernah berpikir untuk melarikan diri.

slot yang mudah dapat jackpot
Transmart Full Day Sale kembali kasih diskon dan harga spesial untuk baju koko dan pakaian pria dari berbagai merek ternama. Cek daftarnya.
Ilustrasi. Transmart Full Day Sale kembali kasih diskon dan harga spesial untuk baju koko dan pakaian pria dari berbagai merek ternama. Cek daftarnya (CNN Indonesia/Feby Febrina)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tidak terasa, Ramadan sudah memasuki minggu ketiga. Saatnya menambah pakaian dengan koleksi baju koko terbaru untuk menemani ibadah sholat tarawih atau untuk hari raya nanti.

Tidak perlu khawatir mencari tempat untuk membeli, karena Transmart kini kembali dengan Full Day Sale yang menawarkan diskon dan harga spesial untuk baju koko dan berbagai pakaian pria dari merek ternama.

Lihat Juga :
Ramadan Makin Hemat, Belanja di Transmart Diskonnya sampai 50% + 20%
  • Baju koko Manzone promo beli 1 untuk 2 dengan tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Baju koko Alisan diskon 35 persen plus tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Baju koko S135 diskon promo beli 1 untuk 3 plus tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Baju koko Emba Classic dengan harga spesial Rp 159.000 plus tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  • Hoodie dan Sweatshirt Arizona dengan harga spesial Rp 200.000 plus tambahan diskon 20 persen menggunakan Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.

Penawaran dengan harga spesial ini bisa didapatkan dengan syarat pembayaran menggunakan Allo Prime dari Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah.

Untuk menikmati diskon dan harga spesial ini, pastikan kamu menggunakan Allo Prime dari Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah saat pembayaran.

Belum memiliki salah satunya? Jangan khawatir! Kunjungi saja kantor cabang Bank Mega terdekat atau daftar langsung di unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart di seluruh Indonesia.

Untuk Allo Prime, cukup downloadaplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akun ke Allo Prime, dan siap untuk berbelanja. Gimana gampang banget kan?

Langsung aja di borong baju koko ini, yang bakal bikin kamu terlihat keren. Promo Full Day Sale Transmart hanya berlangsung hari Minggu (24/3), dari buka toko hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Jangan sampai menyesal karena melewatkan promo ini, segera kunjungi Transmart terdekat ya. Selamat berbelanja!

Gif banner Allo Bank
(naj/juh)

[Gambas:Video CNN]

Sistem ortodoksi terkuat

cmd789 slot
Tarif Kargo ke Israel dan negara di kawasan Mediterania bakal naik 100 persen imbas serangan Houthi Yaman di Laut Merah.
Tarif Kargo ke Israel dan negara di kawasan Mediterania bakal naik 100 persen imbas serangan Houthi Yaman di Laut Merah. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tarif kargo ke Israel dan negara-negara di kawasan Mediterania bakal naik 100 persen usai perusahaan pengapalan mengalihkan rute dari Laut Merah, menghindari serangan Houthi Yaman.

Perusahaan jasa angkut peti kemas raksasa asal Prancis CMA CGM bakal menaikkan tarif kargo dari Asia ke kawasan Mediterania, termasuk Israel, hingga 100 persen pada Senin (15/1) mendatang.

Negara-negara di kawasan Mediterania di antaranya Israel, Palestina (Jalur Gaza), Yunani, Turki, Prancis, Mesir, Italia, Monako, Spanyol, Lebanon, Libya, Maroko, Siprus, Slovenia, Kroasia, Albania, Britania Raya, Montenegro, Bosnia, dan Tunisia.

Serangan di jalur tersebut berisiko mendongkrak biaya pengiriman barang, sehingga menimbulkan kekhawatiran bakal memicu inflasi global.

Sebagai informasi, Terusan Suez menghubungkan laut Mediterania dan Laut Merah, serta digunakan oleh sekitar sepertiga kargo kapal peti kemas global. Pengalihan rute ke Tanjung Harapan Afrika diperkirakan membutuhkan biaya tambahan bahan bakar hingga US juta untuk setiap perjalanan pulang pergi antara Asia dan Eropa utara.

DilaporkanReuters, perusahaan pelayaran raksasa seperti Maersk dari Denmark dan Hapag-Lloyd dari Jerman, menyetop penggunaan rute Laut Merah dan memilih perjalanan yang lebih jauh di sekitar Tanjung Harapan, Afrika Selatan, demi keselamatan.

Serangan ini dikhawatirkan mengganggu pasokan minyak dari Timur Tengah yang berimbas pada melambungnya harga minyak.

Maersk menghentikan semua pelayaran di Laut Merah selama 48 jam menyusul upaya Houthi Yaman untuk menaiki kapal Maersk Hangzhou. Helikopter militer Amerika Serikat menghalau serangan tersebut dan menewaskan 10 penyerang.

"Investigasi atas insiden ini sedang berlangsung dan kami akan menghentikan sementara semua pergerakan kargo melalui area tersebut sambil menilai lebih lanjut situasi yang terus berkembang," kata Maersk dalam sebuah pernyataan.

Berdasarkan pernyataan resminya, Maersk memiliki lebih dari 30 kapal kontainer yang akan berlayar melalui Suez melalui Laut Merah, sementara 17 pelayaran lainnya ditunda.

Sementara Hapag-Lloyd mengatakan bahwa kapal-kapalnya akan terus beralih dari Laut Merah dan berlayar melalui ujung selatan Afrika hingga setidaknya 9 Januari, lalu mereka akan memutuskan apakah akan melanjutkan pengalihan rute kapalnya.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Selir kekaisaran yang terlahir kembali sebagai istri peri bersenang-senang bertani

receh138
Menhub Budi Karya Sumadi menyebut angka kecelakaan selama periode natal dan menjelang tahun baru 2024 turun hingga 39 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Ilustrasi. Menhub Budi Karya Sumadi menyebut angka kecelakaan pada libur Natal dan tahun baru tahun ini turun 39 persen dibanding tahun lalu. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut angka kecelakaandi Indonesia selama periode natal dan menjelang tahun baru atau 19-25 Desember turun hingga 39 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Ia pun mengaku senang dan menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat karena telah patuh pada imbauan pemerintah tentang berkendara dan keselamatan saat berada di jalan.

"Yang membahagiakan, angka kecelakaan turun 39 persen, apple to apple dari tahun lalu," kata Budi di Kantor Kemenhub, Senin (25/12).

Ia mengatakan kewaspadaan itu khususnya dilakukan pada bus wisata yang tidak sesuai dengan standar.

Bus yang tidak sesuai standar dan tidak terkontrol menurutnya berbahaya apabila membawa para wisatawan ke dataran yang tinggi seperti Dieng di Jawa Tengah.

"Makanya kami selalu mengatakan, bus-bus wisata itu relatif tidak dikontrol dengan baik jadi satu kali bus itu dipakai dengan kualifikasi yang yang tidak semestinya, dan supir tembak, wah bahaya sekali," kata dia.

Di sisi lain, Budi juga mengatakan tempat-tempat wisata terpantau padat. Dengan demikian, ia mengimbau agar masyarakat tak memaksakan diri mendatangi tempat wisata di waktu yang ramai orang.

"Terpantau tempat wisata meningkat pesat. Puncak, Dieng, penuh sekali. Oleh karena itu saya imbau wisatawan tahan diri tidak lakukan di jam-jam puncak," ujar Budi.

(khr/pua)

[Gambas:Video CNN]

sistem perdagangan paksa

situs paling gacor slot
Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menyebut kasus tanah artis Nirina Zubir akan mendapat titik terang pada pekan ini.
Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Yogyakarta, CNN Indonesia--

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni menyebut kasus tanahyang menerpa artis Nirina Zubir akan segera menemui titik terang.

Raja Juli yang juga Sekjen PSI mengatakan pihaknya akan mengundang Nirina ke dalam sebuah forum pertemuan daring untuk membahas perkembangan masalah yang menerpa selebritas tersebut.

"Saya kira minggu ini saya juga ada zoom meeting dengan beliau, sebagai Wamen ATR/BPN saya kumpulkan dirjen terkait, saya kumpulkan kanwil kakantah (kepala kantor pertanahan), insya Allah akan dapat titik terang," kata Raja Juli ditemui di salah satu mall, Sleman, DIY, Minggu (14/1).

Lihat Juga :
Nirina Zubir Mundur Dukung Paslon Pilpres 2024, Singgung Mafia Tanah

Di satu sisi, kata Raja Juli, dari pihak Nirina ternyata juga baru mengajukan pembatalan sertifikat tanah pada Oktober 2023, setelah putusan hukum Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Agustus tahun lalu.

"Jadi bukan lambat (penanganan) dalam pengertian kita tidak mau eksekusi ya. Tapi ada proses, termasuk mbak Nirinanya sendiri proses pembatalannya juga baru kalau enggak salah 17 Oktober," jelas Raja Juli.

Setelah pembatalan sertifikat itu, lanjut Raja Juli, masih ada pula tahap pendalaman oleh kanwil kakantah setempat.

"Setelah ada keputusan pengadilan sesegera mungkin mestinya mbak Nirina dan saudara-saudaranya mengajukan pembatalan sertifikat, nah pembatalan itu juga tertunda. Saya cek baru 17 Oktober. Oktober November Desember ya sekitar dua bulan ini sedang berproses, insya allah ada titik terang," pungkasnya.

Nirina Zubir ramai diperbincangkan usai menyatakan mundur mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024. Ia menyatakan batal mendukung karena belum ada yang berkomitmen selesaikan mafia tanah.

Pernyataan tersebut diungkap Nirina melalui unggahan di Instagram pada Kamis (11/1) malam. Ia turut menyoroti masalah mafia tanah yang ia hadapi belum memiliki jalan keluar.

"Dengan berat hati, Na menyatakan mundur dari menyuarakan dukungan kepada paslon capres dan cawapres di tahun 2024," tulis Nirina.

"Kenapa? Sampai sekarang masalah tanah yang Na alami BELUM ADA JALAN KELUAR, masalah mafia tanah masih ada. Sejauh ini belum ada komitmen dari Calon Capres & Cawapres untuk masalah ini," lanjutnya.

Nirina pun menantang komitmen ketiga paslon Pilpres 2024 terkait masalah mafia tanah seperti yang dihadapi oleh aktris tersebut.

Lihat Juga :
Nirina Zubir Tantang Ketiga Paslon Pilpres 2024 Soal Mafia Tanah

"Hayo...sekarang adalah waktunya untuk membuktikan kalau ada yang bisa menyelesaikan masalah ini...Anda mau masyarakat percaya kan? Silahkan bapak-bapak... @aniesbaswedan , @cakiminow, @prabowo , @gibran_rakabuming, @ganjar_pranowo , @mohmahfudmd" katanya.

Nirina berurusan dengan kasus mafia tanah karena ia dan keluarganya menjadi korban dengan nilai kerugian hingga Rp17 miliar.

Polisi kemudian menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka adalah Riri Khasmita mantan asisten rumah tangga (ART), Endrianto yang merupakan suami Riri.

Kemudian, tiga tersangka lainnya adalah Faridah, Ina Rosainaz dan Erwin Riduan yang berprofesi sebagai Notaris PPAT.

Polisi kemudian menetapkan tiga tersangka lainnya, yakni Moch Syaf Alatas (MAS), Ahmad Efrilliatio Ordiba (AEO) serta Cito (C). Selain itu, ada satu orang sebagai DPO yakni Ray Alexander Putra (RAP).

(kum/wis)

[Gambas:Video CNN]

Pengetahuan unik Jin Yong merajalela di berbagai dunia

belanja dengan kredivo
Bandara Minangkabau Kamis ditutup sementara akibat erupsi Marapi
Petugas menutup mesin pesawat agar tidak terpapar abu vulkanik di Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar. ANTARA/Muhammad Arif Pribadi.
otoritas bandara menutup operasional BIM terhitung pukul 10.30 WIB hingga 14.00 WIB
Padang (ANTARA) - Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI menutup sementara operasional Bandara Internasional Minangkabau (BIM) akibat terdampak sebaran abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat.

"Ya betul. otoritas bandara menutup operasional BIM terhitung pukul 10.30 WIB hingga 14.00 WIB," kata Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI Megi H. Helmiadi di Padang, Kamis.

Megi mengatakan penutupan sementara tersebut untuk mengantisipasi berbagai hal terutama yang menyangkut aspek keselamatan penerbangan dari dan ke bandara itu.

Kebijakan penutupan bandara yang berada di Kabupaten Padang Pariaman tersebut merujuk kepada hasil pengamatan sebaran abu vulkanik Gunung Marapi, serta Notice To Airmen (Notam) atau semacam pemberitahuan bernomor B0536/24 NOTAMR B0535/24.

Langkah penutupan BIM tersebut dilakukan dengan pertimbangan aspek keselamatan para penumpang pesawat terbang. Sebab, jika penerbangan tetap dilakukan maka abu vulkanik berpotensi masuk ke dalam kabin pesawat.

Kemudian dampak buruk lainnya yaitu abu vulkanik dapat menyumbat sistem pemantau kecepatan udara yang merupakan bagian penting ketika terbang dan mendarat. Selanjutnya, dapat mengganggu navigasi dan sistem elektronik lainnya.

Tidak hanya itu, sebaran abu vulkanik juga menyebabkan landasan menjadi licin sehingga membahayakan aktivitas lepas landas maupun saat pesawat akan mendarat. Terakhir, abu vulkanik bisa merusak fungsi mesin (turbine compressor) pada pesawat sehingga mengurangi efisiensi.

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan aktivitas Marapi dari pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB teramati asap kawah bertekanan sedang hingga kuat berwarna putih dan kelabu, dengan intensitas sedang hingga tebal serta tinggi 400-1000 meter di atas puncak kawah. Selain itu PVMBG juga mencatat letusan dengan tinggi 1000 meter dengan warna asap kelabu.

Baca juga: Kemenhub memastikan penerbangan di Bandara Minangkabau tak terganggu
Baca juga: Bandara Internasional Minangkabau kembali dibuka hari ini
Baca juga: AP II pastikan fasilitas bandara dalam kondisi baik sambut jamaah haji

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024