petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bonus new member 100 persen

erek erek pesulap 841Jutaan kata 241849Orang-orang telah membaca serialisasi

《bonus new member 100 persen》

Pagelaran Sabang Merauke gelar audisi untuk penari seluruh Indonesia******

Pagelaran Sabang Merauke gelar audisi untuk penari seluruh Indonesia
Poster pencarian bakat The Audition untuk para penari seluruh Indonesia oleh Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway. ANTARA/HO-Pagelaran Sabang Merauke
Jakarta (ANTARA) - Tahun ini, Pagelaran Sabang Merauke (PSM), The Indonesian Broadway siap digelar bulan Agustus mendatang dan akan melibatkan lebih banyak penari dari seluruh pelosok Tanah Air dengan mengadakan audisi khusus bernama The Audition mulai tanggal 19 Februari - 31 Maret 2024.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan pertunjukan yang berkualitas dan inspiratif. Oleh karena itu, kami ingin melibatkan talenta-talenta terbaik dari seluruh Indonesia, termasuk para penari muda yang berbakat untuk turut menunjukkan kemampuan mereka dan menjadi bagian dari pertunjukan kolosal ini,” kata Presiden Direktur & CEO iForte dan Protelindo Group F. Aming Santoso, dikutip dari keterangan persnya, Sabtu (24/2).

Setelah sukses memukau para penonton di tahun 2023, iForte dan BCA siap menggelar kembali Pagelaran Sabang Merauke, The Indonesian Broadway sebuah pertunjukan seni dan budaya kolosal bertemakan "Pahlawan Nusantara". Nantinya, pertunjukan ini akan melibatkan lebih dari 300 penari pada bulan Agustus 2024 di JIEXPO Convention Centre & Theatre Kemayoran, Jakarta.

Oleh karena itu, Pagelaran Sabang Merauke, The Indonesian Broadway siap untuk menyaring talenta penari-penari terbaik dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Ratusan seniman tampil di pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara

Dalam proses penyeleksian yang ketat, akan ada 50 finalis terpilih melalui penilaian dari para juri ahli di bidangnya, seperti sutradara Pagelaran Sabang Merauke Rusmedie Agus, koreografer Sandhidea Cahyo Narpati & Pulung Jati Ronggo, penari Didik Nini Thowok, musisi Isyana Sarasvati, dan penasehat The Resonanz Music Giok Hartono.

Untuk mengikuti audisi di pagelaran ini, para peserta wajib mengirimkan video yang menampilkan tarian mereka secara daring. Apabila terpilih menjadi finalis, para peserta akan menjalani tahap penjurian luring di Yogyakarta.

Dari tahap penjurian luring tersebut, sebanyak 22 penari terpilih akan mendapatkan bimbingan intensif untuk ikut tampil di Pagelaran Sabang Merauke yang akan datang.

“Sebagai bagian dalam penjurian audisi Pagelaran Sabang Merauke, saya bersama tim juri percaya bahwa keindahan tarian tak hanya terletak pada ekspresi, melainkan juga pada kemampuan teknis yang mencakup penguasaan tari tradisional, keterampilan dalam teknik tari kontemporer berbasis tradisi Nusantara, hingga penguasaan teknik tari kontemporer Barat, seperti balet, hip-hop, dan modern,” kata salah satu juri The Audition Isyana Sarasvati.

Dia menambahkan, “Keselarasan tubuh dengan tempo dan ritme musik menjadi kunci untuk menciptakan sebuah karya tari yang memukau dan menginspirasi,” katanya.

Baca juga: Pagelaran Sabang Merauke "Pahlawan Nusantara" segera digelar

Pendaftaran audisi daring untuk penari di pagelaran ini telah dibuka mulai tanggal 19 Februari hingga 31 Maret 2024. Para peserta dapat mendaftarkan diri melalui laman situs resmi Pagelaran Sabang Merauke di www.pagelaransabangmerauke.com dengan menyertakan video singkat yang menunjukkan kemampuan menari masing-masing.

Sementara itu, Pagelaran Sabang Merauke "Pahlawan Nusantara” akan memadukan aksi pertunjukan teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, serta rangkaian musik daerah dan nasional.

Pagelaran ini melibatkan banyak tokoh-tokoh seni yang turut menyukseskan pertunjukan broadway ini, seperti Rusmedie Agus sebagai sutradara, Dian HP sebagai music arranger bersama Ammir Gita dan Meidy Ratnasari, Sandhidea Cahyo sebagai lead koreografer, Avip Priatna sebagai konduktor dari Jakarta Music Orchestra yang turut tampil beserta Batavia Madrigal Singers.

Tidak hanya itu, sejumlah penyanyi Indonesia akan ikut terlibat dalam pagelaran ini, seperti Isyana Sarasvati, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Alsant Nababan, Gabriel Harvianto, Nino Prabowo, Yuyun Arafah, Swain Mahesa, dan lainnya.

Baca juga: Pagelaran Sabang Merauke digelar lagi tahun ini, libatkan 300 seniman

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Puasa intermiten aman dilakukan, tetapi tidak untuk semua orang******

Puasa intermiten aman dilakukan, tetapi tidak untuk semua orang
Tangkapan layar - Siaran dr. Martha Rosana, SpPD dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM-FKUI dalam webinar "Intermittent Fasting dan Pengaturan Menu Puasa Ramadhan" pada Sabtu (24/2/2024). ANTARA/Adimas Raditya/aa.
Jakarta (ANTARA) - Pembatasan periode waktu makan atau puasa intermiten aman dilakukan, tetapi tidak untuk semua orang menurut dr. Martha Rosana, SpPD dari Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

"Intermittent fastingsebenarnya aman untuk banyak orang, tetapi tidak semua orang. Jadi ada beberapa kelompok yang kurang aman melakukan puasa atau intermittent fasting," kata Martha dalam seminar daring yang diikuti dari Jakarta, Sabtu.

Martha mengatakan, puasa intermiten atau yang biasa disebut sebagai diet puasa di antaranya dapat membantu mengurangi berat badan melalui pengurangan asupan kalori total dan membantu mengontrol rasa lapar maupun kenyang.

Menurut dia, puasa intermiten juga dapat membantu memperbaiki kondisi metabolik berupa tekanan darah, kadar gula darah, kadar lemak, dan kolesterol darah serta mendukung upaya perubahan gaya hidup yang berkelanjutan dan upaya untuk berhenti merokok.

Baca juga: Pasien diabetes dianjurkan konsultasi ke dokter jika hendak berpuasa

Namun demikian, Martha mengatakan, terdapat beberapa kelompok yang berisiko mengalami gangguan kesehatan apabila melakukan puasa intermiten.

Kelompok individu yang memerlukan perhatian khusus bila hendak mulai puasa intermiten yakni ibu hamil, ibu menyusui, pasien diabetes, pasien penyakit refluks gastroesofageal (GERD) atau gastritis yang belum terkendali, pasien penyakit ginjal atau livertahap lanjut, dan pasien dengan kondisi penyakit lainnya.

"Karena tentu saja kelompok ini harus memenuhi kebutuhan nutrisi. Kelompok ini tidak disarankan melakukan puasa sampai kondisinya benar-benar fit," kata Martha.

Martha menyampaikan, kelompok individu yang berisiko mengalami gangguan kesehatan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila hendak melakukan puasa intermiten.

Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk memperoleh informasi terkait pemenuhan kebutuhan nutrisi, penggunaan obat-obatan, serta kondisi kesehatan guna menghindari risiko yang mungkin muncul akibat berpuasa.

Baca juga: Cara menahan hasrat ingin ngemil saat puasa berselang
Baca juga: Beda puasa intermiten dan asupan rendah karbohidrat untuk diet

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

TNI gagalkan aksi teror separatis terhadap pekerja proyek di Maybrat******

TNI gagalkan aksi teror separatis terhadap pekerja proyek di Maybrat
Ilustrasi - Prajurit TNI melakukan patroli keamanan di Wamena, Papua. ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra/pras/aa.
Maybrat (ANTARA) - Pasukan TNI Satgas Yonif 133/YS menggagalkan aksi teror dan penyerangan kelompok separatis terhadap pekerja proyek pembangunan puskesmas di Kampung Ayata, Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Dansatgas Yonif 133/YS Letkol Inf. Andhika Ganessakti di Maybrat, Sabtu, menjelaskan bahwa aksi teror kelompok separatis telah terjadi selama 3 hari berturut-turut hingga puncaknya beradu kontak tembak antara Tim Patroli Pos Ayata Satgas Yonif 133/YS dan kelompok separatis.

"Niat jahat tersebut berhasil digagalkan oleh Satgas Yonif 133/YS yang melaksanakan patroli perimeter sehingga membuat tiga orang dari kelompok separatis lari kocar-kacir ke dalam hutan," jelasnya.

Letkol Inf. Andhika menceritakan kronologi kejadian itu bermula saat pekerja proyek pembangunan puskesmas, Ansar (43) dan Faan Umpain (35), melihat beberapa orang yang tidak dikenal dengan gerak-gerik mencurigakan berada persis sekitar area proyek pembangunan.

Pekerja proyek itu merasa takut untuk melanjutkan kegiatan pembangunan puskesmas. Akhirnya, pekerja proyek pembangunan mendatangi Pos Ayata dan melaporkan kondisi itu.

"Menindaklanjuti laporan para pekerja itu, Tim Patroli Perimeter Pos Ayata Satgas Yonif 133/YS langsung melaksanakan patroli di sekitar belakang proyek pembangunan puskesmas," katanya.

Pada patroli itu, anggota tim melihat pergerakan tiga orang dari kelompok separatis dengan membawa dua pucuk senjata laras panjang jenis rakitan dan dua bilah parang sedang bergerak dan memantau aktivitas pekerja di sekitar proyek pembangunan puskesmas.

"Namun, gerakkan mereka digagalkan tim patroli saat itu," ujarnya.

Dari kejadian itu, menurut dia, menunjukkan bahwa kelompok separatis di Maybrat masih aktif untuk mengganggu keamanan masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

"Saya mengimbau agar masyarakat dan pekerja proyek pembangunan puskesmas lebih berhati-hati dan jangan ragu untuk melaporkan setiap hal mencurigakan kepada kami," kata Dansatgas Yonif 133/YS Letkol Inf. Andhika.

Dalam aksi itu, lanjut dia, tidak ada korban jiwa, baik dari pihak satgas ataupun dari pihak masyarakat dan pekerjaan proyek pembangunan puskesmas di Kampung Ayata.

Baca juga: PDIP rekomendasikan pemerintah mengecap KKB sebagai separatis
Baca juga: Pj Gubernur Papua Pegunungan yakin KKB tidak dapat senjata dari asing

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:togel resmi indonesia

Perbarui waktu:2024-07-07

Daftar bab terbaru
situs investasi terpercaya
bos888
slot demo mandala89
rtp catur777
syarat pengajuan kredivo
spin707 slot
situs slot hoki 4d
infini88 lengkap
slot terbaik di dunia
Daftar isi semua bab
Bab 1 angka jitu 4d hk malam ini
Bab 2 slot malam 88
Bab 3 slot demo mantan4d
Bab 4 situs paling gacor di indonesia
Bab 5 slot paling mudah
Bab 6 sukasuka slot 99
Bab 7 game slot online paling mudah menang
Bab 8 situs slot paling gacor saat ini
Bab 9 rtp sakti55
Bab 10 sini slot link alternatif
Bab 11 slot midas demo
Bab 12 cara maxwin
Bab 13 cara pasang joni togel
Bab 14 max win wild west gold
Bab 15 receh88
Bab 16 barongbet
Bab 17 kode alam orang hamil
Bab 18 slot788
Bab 19 deltabet88
Bab 20 cara daftar aplikasi kredivo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7741bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

akun profesional kaisar

kredivo pembayaran
Calon pengganti nama BIJB Kertajati dari pahlawan hingga kerajaan
Suasana tampak depan BIJB Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. ANTARA/Fathnur Rohman/aa.
Jadi nama pengganti bisa pahlawan atau tempat bersejarah. Ini masih menunggu usulan dari Pj Bupati (Majalengka, Dedi Supandi) mana yang memenuhi persyaratan. Rencananya nanti ada usulan. Mudah-mudahan antara Mei ini tuntas. Dan diharapkan sebelum Agu
Bandung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi bocoran bahwa calon pengganti nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, bukan hanya KH Abdul Chalim, tapi juga nama lainnya yang terdiri dari pahlawan sampai kerajaan.
Pelaksana Harian (Plh) Asda I Setda Pemerintah Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar menyampaikan bahwa selain KH Abdul Chalim, ada juga yang mengusulkan nama pahlawan dari Majalengka dalam perang Cirebon melawan Belanda, Bagus Rangin, serta nama kerajaan yang pernah berdiri di Majalengka.

"Jadi ada yang mengusulkan KH Abdul Chalim, lalu Bagus Rangin, dan juga nama kerajaan yang dulu ada di Majalengka," kata Dodo di Kabupaten Bandung, Selasa.

Nama tersebut, kata Dodo, tengah dibahas oleh pemerintah setempat bersama berbagai pihak dengan melibatkan akademisi untuk menentukan nama yang paling sesuai termasuk terkait regulasinya, untuk menggantikan nama BIJB Kertajati.

Karenanya, kata dia, Pemprov Jawa Barat tengah menunggu usulan dari pemerintah Majalengka, dan ditargetkan pada Mei 2024 bisa rampung di tingkat provinsi dan diserahkan ke pemerintah pusat.

"Jadi nama pengganti bisa pahlawan atau tempat bersejarah. Ini masih menunggu usulan dari Pj Bupati (Majalengka, Dedi Supandi) mana yang memenuhi persyaratan. Rencananya nanti ada usulan. Mudah-mudahan antara Mei ini tuntas. Dan diharapkan sebelum Agustus bisa (peresmian)," ujar Dodo.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengaku, pihaknya siap memfasilitasi wacana usulan penggantian nama BIJB Kertajati.

Awalnya yang menyeruak adalah KH Abdul Chalim yang merupakan ulama dari Majalengka yang menjadi salah satu motor pendirian organisasi IsIam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdatul Ulama (NU) dan telah ditetapkan menjadi pahlawan nasional pada 2023.

Selanjutnya, ada Bagus Rangin yang merupakan salah satu tokoh masyarakat Majalengka dalam perjuangan melawan Belanda (VOC) saat Perang Cirebon tahun 1805-1812. Nama Bagus Rangin kini tengah diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Sementara untuk nama kerajaan sebagai nama BIJB Kertajati kemungkinan akan dipilih dari tiga nama kerajaan di Majalengka yakni Kerajaan Talaga Manggung, Kerajaan Rajagaluh, atau Kerajaan Sindangkasih.

Baca juga: Kemenparekraf bentuk tim khusus dongkrak pariwisata di BIJB Kertajati

Baca juga: BIJB Kertajati tambah rute penerbangan baru pada 2024

Baca juga: Pj Gubernur Jabar evaluasi promosi wisata di BIJB Kertajati
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024

sistem kehidupan tertinggi

16 togel
Apartemen terbakar di Spanyol, 10 orang tewas
Ilustrasi - Sejumlah petugas kepolisian Spanyol terlihat di sebuah tempat kejadian perkara. ANTARA/Anadolu/am.
Oviedo, Spanyol (ANTARA) - Petugas damkar dan polisi Spanyol telah menemukan 10 korban tewas dalam kebakaran yang melanda bangunan apartemen di Valencia, kata seorang pejabat pemerintah pada Jumat malam (23/2).

Pilar Bernabe, sang pejabat, mengatakan bahwa para korban diidentifikasi setelah pihak berwenang memeriksa bangunan itu, yang hangus terbakar setelah dilalap api hampir 24 jam.

"Kami tidak bisa mengesampingkan kemungkinan adanya lebih banyak korban, akan ada lebih banyak pemeriksaan," katanya, seraya menambahkan bahwa identitas para korban sesuai dengan orang-orang yang dilaporkan hilang.

Empat korban berasal dari satu keluarga, yaitu ibu, ayah, anak perempuan berusia 3 tahun dan seorang bayi baru lahir, El Pais melaporkan.

Presiden Valencia Carlos Mazon mengatakan bahwa 15 orang terluka, lima di antaranya petugas damkar, tetapi tidak ada yang mengalami luka serius.

Pada Kamis (22/2), petugas damkar berhasil menyelamatkan dua orang yang menyelamatkan diri di balkon apartemen mereka. Seorang petugas juga harus melompat dari lantai dua untuk menghindari kobaran api.

Diduga poliuretan

Para ahli semula mengatakan kepada media Spanyol bahwa bangunan tersebut dilapisi dengan poliuretan, bahan yang juga digunakan oleh Menara Grenfell di London yang terbakar pada 2017 dan menewaskan 72 orang.

Penampakan kedua kebakaran tersebut mirip, gedung-gedung di London dan Valencia dilalap api dalam waktu sekitar 30 menit setelah kebakaran terjadi. Asap hitam tebal mengepul ke udara.

Namun, badan resmi arsitek Valencia kemudian membantah bangunan itu memakai bahan yang sangat mudah terbakar, dan mengatakan bahwa yang digunakan adalah insulasi wol mineral.

Kepala badan itu memperkirakan api menyebar begitu cepat karena adanya ruang udara di dalam gedung, selain itu adanya angin kencang.

Bangunan tersebut didirikan antara 2005 dan 2009, menurut media lokal.

Esther Puchades, wakil presiden College of Industrial Technical Engineers of Valencia, awalnya mengatakan kepada media penyiaran Cadena Ser bahwa kemungkinan besar poliuretan adalah penyebabnya, yang menurutnya dapat menjadi “pemantik” ketika terkena api.

Menurut Valencia Plaza, kata dia, mereka harus menunggu penyelidikan untuk mengetahui bahan yang dipakai.

“Semua tanda menunjukkan bahwa poliuretan menyebabkan kobaran api dan warna asap,” katanya.

“Tetapi menurut pengalaman saya, fasadnya memiliki beberapa bahan dengan komponen plastik," tambahnya.

Laporan media mengatakan bahwa kebakaran itu terjadi di lantai delapan dan menyebar ke dua gedung apartemen yang dihuni sekitar 450 orang.

Valencia telah mengumumkan tiga hari berkabung, termasuk menunda acara pertama festival Las Fallas yang terkenal.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Australia berjibaku dengan kebakaran akibat suhu meningkat
Baca juga: Sedikitnya 11 tewas dalam kebakaran pabrik cat di India
 

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Qiangu Juechen

jd id cicilan
Konser Jonas Brothers jadi ajang nostalgia dan reuni
Foto kolase para penggemar Jonas Brothers bersiap untuk menghadiri konser di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (24/2/2024). ANTARA/Pamela Sakina/aa.
Tangerang (ANTARA) - Konser grup musik asal Amerika Serikat, Jonas Brothers, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Banten, Sabtu, menjadi ajang reuni dan nostalgia bagi para penggemar.

Jonatics --sebutan penggemar Jonas Brothers-- yang menghadiri konser di antaranya orang-orang kelahiran tahun 90-an yang tumbuh bersama grup tersebut.

"Suka dengan mereka dan lagu-lagunya sejak 2009, masih SMP, zaman-zamannya Facebook, masa di mana Joe rambutnya masih dicatok," kata Rizma Bunga, seorang Jonatics asal Jakarta.

Rizma datang bersama dua orang Jonatics lain, yang sudah 15 tahun berteman dalam komunitas Jonatics di Facebook.

Mereka bertemu untuk pertama kalinya di konser perdana grup yang beranggotakan Joe Jonas, Kevin Jonas, dan Nick Jonas itu.

"Kami ingat masa-masa itu, di mana kami menambahkan nama Jonas di belakang nama kami di Facebook," kata Jonatics asal Semarang, Ariesta Wijaya.

Rizma dan Ariesta sudah menyukai Jonas Brothers sejak album pertama mereka It’s About Time dirilis tahun 2006. Keduanya sangat menyukai Joe, yang tampil dalam film musikal "Camp Rock".

Mereka tidak sabar untuk mendengarkan langsung lagu favorit mereka, "A little Bit Longer" dan "When You Look Me In The Eyes", dilantunkan oleh Jonas Brothers.

"Untungnya mereka datang konser ke Indonesia ketika kami sudah kerja, jadi bisa beli tiket konsernya," kata Rizma berseloroh.

Baca juga: Jonas Brothers hampir lewatkan konser di Indonesia

Sebagaimana Rizma dan Ariesta, Sarah datang dengan teman sebayanya untuk melantunkan lagu-lagu masa remaja bersama.

"Aku datang berlima dengan sahabat SMP ku, kami memang sejak dulu suka dengan Jonas Brothers, enggak sabar untuk nostalgia nyanyi bareng-bareng," kata Jonatics kelahiran 1995 itu.

Konser perdana Jonas Brothers di Indonesia merupakan rangkaian dari tur dunia mereka yang bertajuk "The Tour". 

Tur konser itu juga merupakan bagian dari perayaan rilis lima album pertama mereka, "Jonas Brothers World Tour Celebrating Five Albums".​​​​​​​

Jonas Brothers debut pada 8 Agustus 2006 dengan album pertama It's About Time. Setelah itu mereka merilis ​​​​​​​album Jonas Brothers (2007), Lines, Vines and Trying Times (2009), Happiness Begins (2019), dan The Album (2023).

Penyanyi Indonesia jebolan ajang bakat America’s Got Talent Putri Ariani menjadi penampil pembuka dalam  konser Jonas Brothers di Indonesia.

Baca juga: Putri Ariani buka konser Jonas Brothers di ICE BSD
​​​​​​​Baca juga: Gegap gempita konser musisi mancanegara selama 2024

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

Perjalanan melalui kemalangan

ppslot
Kementerian PUPR bangun bendungan pertama di Sulawesi Barat
Arsip foto - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan sambutan saat silaturahim presiden dengan penggiat infrastruktur di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/12/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengerjakan pembangunan Bendungan Budong-Budong di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, yang akan menjadi bendungan pertama di provinsi tersebut.

Berdasarkan siaran pers Kementerian PUPR, Minggu, bendungan pertama di Sulawesi Barat ini masuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) sesuai Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 untuk menambah jumlah tampungan air dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan air.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan bendungan tersebut akan dibarengi dengan pembangunan jaringan irigasi.

“Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” ujar Basuki.

Bendungan Budong-Budong dibangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR dalam rangka pengembangan dan peningkatan daerah irigasi (DI) seluas 3.577 hektare . Bendungan ini akan memiliki kapasitas tampungan 65,18 juta meter kubik.

Kepala BWS Sulawesi III Kementerian PUPR, Dedi Yudha Lesmana, mengatakan kontrak konstruksi pembangunan Bendungan Budong-Budong telah dimulai sejak 8 Desember 2020.

Sedangkan pekerjaan konstruksi bendungan dimulai pada September 2023.

"Pembangunan bendungan pertama di Sulawesi Barat ini masih dalam tahap penyelesaian konstruksi dengan progres fisik 27 persen," kata Dedi.

Pembangunan bendungan tersebut dilakukan oleh kontraktor PT Abipraya-Bumi Karsa, KSO dan Konsultan Supervisi PT Indra Karya - PT Tuah Agung Anugrah - PT Ciriajasa E.C, KSO dengan biaya sebesar Rp1,02 triliun.

Menurut keterangan tersebut, Bendungan Budong-Budong memiliki potensi manfaat air baku sebesar 410 liter/detik.

Ini diyakini bakal bermanfaat karena Kabupaten Mamuju Tengah diperkirakan akan melakukan banyak kegiatan pembangunan, baik pada bidang pertanian lahan basah maupun kegiatan industri, yang membutuhkan air baku dari sumber air bendungan.

Selain irigasi dan penyediaan air baku, pembangunan bendungan ini juga sangat diperlukan sebagai pengendali banjir untuk kawasan rawan bencana, seperti Kecamatan Budong-Budong, Topoyo, dan Karossa, dengan mereduksi 60 persen dari 341,59 meter kubik per detik menjadi 106,76 meter kubik per detik, kata keterangan tersebut.

Wilayah Kabupaten Mamuju Tengah dilalui tujuh sungai, yakni Sungai Budong-Budong, Lumu, Karama, Karossa, Benggaulu, Kamansi, dan Panggajoang, yang mengalir dari daerah perbukitan di bagian timur menuju ke daerah pesisir arah barat dan bermuara di perairan laut Selat Makassar.

Bendungan Budong-Budong akan dibangun dengan membendung Sungai Salulebbo yang merupakan anak sungai Budong-Budong.

Kabupaten Mamuju Tengah memiliki luas wilayah 306.527 km2 yang didominasi dengan lahan kering sekitar 38 persen dan sekitar 24 persen lahan kering sekunder.

Kabupaten ini terdiri atas lima kecamatan, yakni Kecamatan Tobadak, Pangale, Budong-Budong, Topoyo, dan Karossa, dengan komoditas unggulan seperti tanaman pangan padi dan palawija serta perkebunan sawit, kakao, kelapa, jeruk, kopi, tanaman obat, dan nilam.

Baca juga: Kementerian PUPR: Akses Tol Makassar New Port perlancar jalur ekspor

Baca juga: Kementerian PUPR: Tol Japek II Selatan Paket 3 selesai konstruksi 2024

Baca juga: Kementerian PUPR tuntaskan pembangunan Pasar Tempe Sengkang di Wajo

Baca juga: PUPR: Tol IKN bisa diterapkan teknologi pengisian daya mobil listrik

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024

Tuan dan kegilaan jahat

spbobet 99
Penyidik KPK periksa beberapa orang kontraktor di Situbondo
Penyidik KPK di halaman Polres Situbondo, Jawa Timur. Selasa (27/2/2024) malam. ANTARA/Novi Husdinariyanto.
Diperiksa KPK
Situbondo (ANTARA) - Sejumlah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa beberapa orang rekanan atau kontraktor di salah satu ruangan Kepolisian Resor Situbondo, Jawa Timur, Selasa (27/2) malam.

Dari pantauan, kurang lebih tujuh orang diduga penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi datang ke Polres Situbondo menggunakan mobil warna hitam dengan nomor polisi L 1259 NU.

Namun demikian, belum diketahui pasti kedatangan sejumlah orang yang diduga penyidik KPK dan memeriksa beberapa orang kontraktor di Situbondo.

Juru bicara KPK , Ali Fikri saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp terkait kedatangan penyidik KPK ke Situbondo belum membalas.

Baca juga: KPK panggil pejabat KemenESDM terkait korupsi Abdul Ghani Kasuba
Baca juga: KPK sebut tersangka korupsi rumah jabatan DPR lebih dari dua orang

Informasi yang dihimpun, kedatangan tujuh orang yang penyidik KPK itu telah memanggil dan memeriksa beberapa kontraktor ke Polres Situbondo.

​​​​​​Salah seorang kontraktor yang mengaku dirinya bagian administrasi menyampaikan bahwa ia dijemput langsung di rumahnya untuk diperiksa KPK.

"Diperiksa KPK," katanya menjawab singkat kepada wartawan.

Beberapa rekanan atau kontraktor itu diperiksa penyidik KPK mulai sekitar pukul 10:30 WIB sampai sekitar pukul 20:40 WIB.

Baca juga: KPK taksir korupsi rumah jabatan DPR rugikan negara miliaran rupiah
Baca juga: KPK sita tiga bidang tanah dan 14 ruko milik Andhi Pramono di Kepri

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Paparazzi tingkat dewa dari dunia lain

masih gacor88
Besok, KPU gelar pleno terbuka hasil penghitungan suara luar negeri
Aesip foto - Ketua KPU Hasyim Asy’ari membetulkan posisi kacamata saat konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (23/2/2024). ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/aww.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia dijadwalkan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di luar negeri pada Rabu (28/2).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari kepada wartawan di Jakarta, Selasa, mengatakan rapat tersebut akan dimulai pukul 09.00 WIB di Kantor KPU RI, Jakarta.

Proses rekapitulasi dimulai dari hasil penghitungan suara yang sudah diselesaikan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

"Kami akan mulai hari Rabu besok, tanggal 28 Februari 2024, pukul 9 pagi," ujar Hasyim.

Baca juga: Selesaikan penghitungan suara, PPLN Beijing salin data ke Sirekap KPU

Ia menjelaskan dari 128 PPLN di seluruh dunia, sampai hari ini sebanyak 36 PPLN sudah siap hadir di Kantor KPU RI.

"Dan sudah siap mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara," katanya.

Hasyim menjelaskan rekapitulasi penghitungan suara itu bersifat rapat pleno dan terbuka yang dihadiri masing-masing saksi peserta pemilu, baik saksi dari calon presiden dan wakil presiden maupun partai politik.

Baca juga: Hasil perhitungan suara di Kuala Lumpur masih tunggu rapat pleno PPLN

Selain itu, akan disaksikan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan para pemangku kepentingan lainnya.

"Rapat pleno terbuka sehingga siapa pun bisa mengaksesnya," tambah Hasyim.

Rapat pleno terbuka hasil penghitungan suara Pemilu 2024 oleh PPLN sudah berlangsung hingga 22 Februari lalu. Sementara rapat pleno di tingkat kecamatan akan berlangsung hingga 2 Maret.

Kemudian rapat pleno tingkat kabupaten/kota berlangsung hingga 5 Maret 2024. Terakhir, rapat pleno terbuka hasil perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat nasional berlangsung hingga 20 Maret.

Baca juga: KPU nonaktifkan anggota PPLN Kuala Lumpur akibat pendataan pemilih
Baca juga: Ini klarifikasi PPLN Kota Kinabalu terkait dugaan penambahan suara

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024