petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

spbo

cara dapetin uang dengan cepat 852Jutaan kata 616261Orang-orang telah membaca serialisasi

《spbo》

Kripto Merana Dipimpin BNB******

Harga kripto papan atas merana dalam 24 jam terakhir, dipimpin oleh BNB.
Harga kripto merana dalam 24 jam terakhir. Ilustrasi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga kripto papan atas merana dalam 24 jam terakhir, dipimpin oleh BNB.

Mengutip coinmarketcap.com, harga BNB melemah 2,91 persen dalam 24 jam terakhir ke level US5,77 per keping. Sementara itu sepekan terakhir, BNB sudah melemah 1,68 persen.

Pelemahan diikuti oleh polygon yang terpuruk 2 persen ke level USAlasan Rekrutmen Bersama BUMN Ditunda Jadi 11 Mei******

Pendaftaran online Rekrutmen Bersama BUMN ditunda menjadi Kamis (11/5). Berikut alasannya.
Pendaftaran online Rekrutmen Bersama BUMN ditunda menjadi Kamis (11/5). (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pendaftaran online Rekrutmen Bersama BUMNditunda menjadi Kamis (11/5). Sedianya, pendaftaran dibuka hari ini.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN beralasan penundaan dilakukan agar persiapan calon pendaftar semakin maksimal.

"Pembukaan dan registrasi online Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 menjadi 11 Mei 2023. Dengan harapan dapat memberikan ruang bagi para talenta muda untuk melakukan persiapan lebih optimal," tulis unggahan tersebut.

FHCI BUMN juga tidak menjelaskan apakah penundaan registrasi ini akan berdampak kepada timeline tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023 secara keseluruhan.

"Yuk! Optimalkan persiapan kalian untuk pendaftaran #RekrutmenBersamaBUMN 2023. Agar persiapan kalian makin oke, waktu pendaftaran jadinya kita buka tanggal 11 Mei 2023," tulis keterangan unggahan Instagram FHCI.

[Gambas:Instagram]

Berikut syarat dan daftar Rekrutmen Bersama BUMN yang perlu Anda persiapkan.

Syarat daftar Rekrutmen Bersama BUMN

Ada beberapa syarat yang harus disiapkan sebelum melakukan registrasi. Mengutip beberapa persyaratan yang diumumkan FHCI Kementerian BUMN di rekrutmen sebelumnya, berikut syarat yang harus dilengkapi:

1. Pendaftar merupakan warga negara Indonesia (WNI).
2. Usia maksimal 27 tahun untuk lulusan Diploma III per 1 Desember 2022. Sementara untuk lulusan Diploma IV dan S1 maksimal 30 tahun dan lulusan S2 maksimal 35 tahun pada tanggal yang sama.
3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi.
4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
5. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba.
6. Memiliki dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian.
7. Memiliki sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.
8. Memiliki rekomendasi komunitas untuk pelamar yang berprestasi di bidang olahraga, seni, digital creator, dan start-up apabila ada

Cara daftar Rekrutmen Bersama BUMN

Pendaftaran rekrutmen bersama BUMN dilakukan dengan mengakses langsung situs resmi FHCI Kementerian BUMN, yakni rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Namun, hingga pengumuman penundaan registrasi, situs tersebut masih tidak bisa diakses.

FHCI BUMN mewanti-wanti calon pendaftar agar tak tertipu selama proses rekrutmen. Semua informasi terkait rekrutmen bisa dicek melalui Instagram resmi FHCI dan Kementerian BUMN.

"Waspada penipuan! Informasi RBB 2023 hanya melalui akun official Instagram @kementerianbumn dan @fhci.bumn," tulis FHCI BUMN di akun Instagramnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan Rekrutmen Bersama BUMN terbagi ke dalam 5 fase. Nantinya, tahap final berupa kelulusan peserta bakal diumumkan pada 16 Agustus 2023, tepat sehari sebelum HUT Kemerdekaan RI yang ke-78.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr),9606 per keping. Dengan pelemahan itu, polygon melemah 0,93 persen dalam sepekan.

Kini, bitcoin diperdagangkan di harga US.007 per keping. Sementara itu selama sepekan terakhir, bitcoin masih menguat 2,27 persen. 

Sementara itu untuk solana, ethereum, tether, XRP, dan cardano pelemahan masing-masing adalah sebesar 1,38 persen, 0,81 persen,0,03 persen, 0,58 persen, dan 0,93 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Peritel soal Utang Minyak Goreng: Gugat Pemerintah Langkah Terakhir******

Peritel bakal menggugat pemerintah ke jalur hukum bila utang Rp344 miliar terkait pengadaan minyak goreng tak kunjung dibayar dalam 3 bulan ke depan.
Peritel bakal menggugat pemerintah ke jalur hukum bila utang Rp344 miliar terkait pengadaan minyak goreng tak kunjung dibayar dalam 3 bulan ke depan. (CNN Indonesia/Feby Febrina).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) bakal menggugat pemerintah ke jalur hukum bila utangRp344 miliar terkait pengadaan minyak gorengtak kunjung dibayar dalam 3 bulan ke depan.

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey menegaskan ultimatum tersebut merupakan langkah terakhir yang disiapkan peritel. Meski begitu, Roy menghindari upaya hukum ini.

"Opsi ketiga, kita bisa juga coba memikirkan jalur hukum. Tapi itu langkah yang terakhir sekali," katanya di Kemendag, Kamis (4/5).

Sebelum menempuh jalur hukum, Aprindo bakal melakukan dua opsi sembari melihat perkembangan penyelesaian utang. Pertama,mengurangi hingga menghentikan pembelian minyak goreng dari produsen.

Kedua,memotong tagihan ke produsen. Dengan begitu, Aprindo bakal mengurangi pembayaran minyak goreng yang telah dipasok produsen ke peritel.

"Bagi kami sebenarnya disuruh PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara), disuruh gugat, dan sebagainya bukan itu langkah yang bagusnya. Kita kan waktu penugasan (program minyak goreng satu harga) kan tidak pakai hukum, masak mengakhirinya dengan hukum," tutur Roy.

Di lain sisi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berdalih pihaknya tidak punya alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk membayar utang Rp344 miliar tersebut kepada Aprindo. Ia mengatakan utang itu seharusnya dibayar Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Menurutnya, BPDPKS mau membayar utang tersebut, tetapi masih menunggu payung hukum yang pasti. Pasalnya, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 3 Tahun 2022 yang mengatur rafaksi minyak goreng tersebut telah dihapus.

"Coba cek di APBN, (anggaran) bayar utang itu enggak ada. Yang membayar BPDPKS. Kalau Kemendag enggak ada anggaran untuk bayar utang" ujar Zulhas di kantornya.

Oleh karena itu, Kemendag sedang meminta pendapat Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait sengketa ini. Namun, hingga saat ini Kejagung disebut belum memberikan pendapat hukum.

[Gambas:Video CNN]



(fby/skt)

El Nino dan Alarm Krisis Pangan yang Menyalak******

Pemerintah tengah was-was menghadapi El Nino pada medio tahun ini yang berpotensi membuat Indonesia kekeringan hingga didera inflasi pangan.
Pemerintah tengah was-was menghadapi El Nino pada medio tahun ini yang berpotensi membuat Indonesia kekeringan hingga didera inflasi pangan. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aji Styawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah tengah was-was menghadapi El Nino pada medio tahun ini. Fenomena alam itu diklaim berpotensi membuat Indonesia kekeringan hingga didera inflasi pangan.

Baru-baru ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan ancaman El Nino berkorelasi terhadap penurunan produksi pertanian RI. Padahal, inflasi pangan berkontribusi besar terhadap inflasi keseluruhan.

"Belum lagi dampak luas terhadap inflasi Indonesia dikarenakan besarnya kontribusi inflasi pangan terhadap inflasi keseluruhan. Hal ini terjadi karena diperkirakan 41 persen lahan padi mengalami kekeringan ekstrem di tahun tersebut," kata Luhut di akun Instagram resminya, Rabu (26/4) lalu.

Maklum, ia tak mau kecolongan seperti 2015 lalu, di mana Indonesia diterjang El Nino dan dilanda kekeringan luas hingga kebakaran hutan di beberapa daerah RI. Terlebih, ia sudah mengantongi prediksi waktu terjadinya El Nino, yakni pada Agustus 2023 mendatang.

"Setidaknya sejak saat ini kami menyiapkan teknologi modifikasi cuaca sebagai senjata menghadapi El Nino," imbuh Luhut.

Luhut lantas mengutip data World Food Programme yang menyebut tiga dari lima rumah tangga kehilangan pendapatan akibat kekeringan. Selain itu, satu dari lima rumah tangga harus mengurangi pengeluaran untuk makanan imbas bencana kekeringan.

Lihat Juga :
KM Sinabung Jadi Akomodasi Terapung Pendukung KTT Asean di Labuan Bajo

Pengamat Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Hermanto Siregar mengatakan El Nino memang akan terjadi pada tahun ini dan harus diwaspadai. Namun, pemerintah dan masyarakat pun tidak perlu takut berlebihan.

Menurutnya, walaupun El Nino menyebabkan peningkatan suhu udara dan terjadi penurunan curah hujan, namun tak berarti tidak ada hujan.

Hermanto menilai curah hujan masih tetap ada terutama di berbagai daerah, bahkan bisa jadi Indonesia mengalami 'kemarau basah'. Oleh karena itu, ia mengatakan petani masih bisa bercocok tanam.

"Sehingga padi dan tanaman pangan lainnya tetap bisa ditanam. Kuncinya adalah mengetahui daerah-daerah yang tetap bisa ditanami tersebut dan memastikan produksi pangan masih mencukupi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (2/5).

Lihat Juga :
Was-was Kekeringan Picu Inflasi, Luhut Siapkan 'Senjata' Lawan El Nino

Pun Hermanto memastikan El Nino tahun ini tidak akan separah pada 2015 silam. Saat itu, tak sedikit lahan pertanian yang mengalami gagal panen alis puso.

Kementerian Pertanian mencatat luas lahan pertanian yang terkena dampak kekeringan dari 2009-2019. Berdasarkan data itu, ada 33.188 hektare lahan pertanian yang mengalami gagal panen pada 2009.

Angka tersebut mengalami fluktuasi hingga tercatat mengalami penurunan drastis menjadi 4.442 hektare pada 2013.

Namun, pada 2015, jumlah lahan pertanian yang mengalami puso meroket hingga 244.861 hektare akibat fenomena El Nino yang menyebabkan kebakaran hutan dan kekeringan di banyak tempat.

Lihat Juga :
Pelindo Prediksi Puncak Arus Balik di Pelabuhan Makassar 3 Mei 2023

"Tidak akan separah 2015. Ada beberapa perkiraan bahwa tahun ini walau El Nino, namun tetap ada hujan," tegas Hermanto.

Kendati demikian, tidak ada salahnya pemerintah untuk waspada. Ia pun memaparkan beberapa upaya yang bisa diambil agar El Nino tidak terlalu menyebabkan kekeringan lahan pertanian yang berimbas pada produksi.

Pertama, pemantauan dan peramalan cuaca dilaksanakan sebaik-baiknya agar dapat mengantisipasi dampaknya terhadap penanaman/budidaya tanaman pangan.

Kedua, memastikan dilakukannya penanaman padi di daerah-daerah yang ketersediaan airnya memadai. Ketiga,memastikan terkendalinya tanaman tersebut dari serangan hama.

Keempat,memastikan gabah hasil panen diolah dan disimpan secara optimal. Di samping itu, beras dapat didistribusikan secara baik ke seluruh Indonesia.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Optimalkan Infrastruktur dan KUR

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:888 slot online

Perbarui waktu:2024-06-25

Daftar bab terbaru
dominoqq
voucher gosend juni 2022
win88
pinjol legal limit besar tenor panjang
kredivo aman tidak
prediksi togel yang akurat
trik slot olympus
voucher tokopedia gratis ongkir
jamintoto
Daftar isi semua bab
Bab 1 kredit hp shopee tanpa kartu kredit
Bab 2 daftar slot tergacor
Bab 3 link slot gacor akun baru
Bab 4 situs judi slot online 4d
Bab 5 daftar pinjol resmi ojk 2023
Bab 6 janda303
Bab 7 zona paito hk angkanet
Bab 8 3 macan slot login
Bab 9 direkturtoto
Bab 10 harapan77
Bab 11 indofun17
Bab 12 bosplay77
Bab 13 tokoselot
Bab 14 trik pola gacor olympus hari ini
Bab 15 slot online yang mudah menang
Bab 16 link slot jitu jp
Bab 17 qq88 gacor
Bab 18 slot bonus 200 di depan to kecil
Bab 19 caspo
Bab 20 cara pasang shio
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8825bab
gadisBacaan TerkaitMore+

berbaris menuju kekaisaran

judiresmi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui masih ada arogansi dari direksi perusahaan pelat merah.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui masih ada arogansi dari direksi perusahaan pelat merah. (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohirmengakui masih ada arogansi dari direksi perusahaan pelat merah.

Hal itu ia sampaikan saat ditanya soal alasan rekrutmen BUMN tahun ini dilaksanakan bersamaan, tidak secara individu oleh masing-masing perusahaan.

Menurut Erick, rekrutmen BUMN bersama ini bisa memupuk rasa kebersamaan setiap perusahaan.

Ia mengungkapkan saat melakukan merger beberapa perusahaan BUMN, ada direksi yang ribut sendiri karena takut posisi terancam. Padahal, kata Erick, tujuan dari merger itu bagus.

Oleh karena itu, ia mengklaim di BUMN tertentu direksi seolah membuat 'kerajaan-kerajaan' sendiri. Erick menyebut hal itu malah menghambat program percepatan kinerja BUMN secara keseluruhan.

"Tujuan (merger) awalnya bagus, tapi ribut sendiri. Karena atasnya sudah jadi kerajaan-kerajaannya," kata Erick.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi terus-menerus, Erick kembali menegaskan rekrutmen bersama BUMN harus dilaksanakan. Dengan begitu, calon pegawai BUMN sudah memiliki rasa kebersamaan sejak awal.

"Kalau dari muda-muda sudah bersama, siapa tau nanti ada yang jadi direksi 'oh dulu kita belajar sama-sama'. Sama (seperti) digembleng di Kopassus, sama-sama capek. Maka masalah (persaingan) bisa dihindari karena sejak muda mereka sudah saling kenal," jelas Erick.

Ia pun menambahkan dalam rekrutmen kali ini akan ada tambahan pelatihan, yakni tentang pengenalan NKRI dan Pancasila.

Rekrutmen Bersama BUMN sendiri dibuka mulai Jumat (5/5) besok. Rekrutmen Bersama BUMN akan terbagi dalam 5 tahapan. Nantinya, kelulusan bakal diumumkan pada 16 Agustus 2023, tepat sehari sebelum HUT Kemerdekaan RI yang ke-78.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

[Gambas:Video CNN]

hubungan pasien

indobetslot88
Nigeria tengah menyelidiki Indomie buntut penarikan produk tersebut di Malaysia dan Taiwan karena mengandung zat pemicu kanker.
Nigeria tengah menyelidiki Indomie buntut penarikan produk tersebut di Malaysia dan Taiwan karena mengandung zat pemicu kanker. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengawas Obat dan Makanan Nigeria(NAFDAC) tengah menyelidiki mi instan merekIndomie buntut penarikan di Malaysia dan Taiwankarena mengandung zat pemicu kanker, etilen oksida.

Imbas kabar tersebut, NAFDAC bertindak cepat untuk menganalisis sampel produk, termasuk bumbunya. Selain pada Indomie, mereka juga turut memeriksa mi instan lain yang dijual di Nigeria.

Taiwan menemukan kandungan etilen oksida pada Indomie Rasa Ayam Spesial. Temuan sama juga didapat Malaysia. NAFDAC mengklaim produk Indomie rasa tersebut sejatinya tak dijual di Nigeria.

Indomie merupakan merek mi instan yang mendominasi pasar Nigeria. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) selaku produsen produk tersebut, mengklaim Indomie dijual ke lebih dari 100 negara.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Taiwan dan Malaysia menarik Indomie Rasa Ayam Spesial dari peredaran setelah diduga mengandung etilen oksida. Zat tersebut ditemukan di bumbu mi instan.

Lihat Juga :
Kemendag Tuding Diaspora RI Kerap Impor Indomie yang Ditarik di Taiwan

Etilen oksida merupakan senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia. Kemenkes Taiwan pun meminta para pengecer menarik dua produk ini dari toko-tokonya.

Sementara itu, para importir kedua produk bakal dikenakan denda antara 60 ribu dolar Taiwan atau setara Rp29 juta hingga maksimal 200 juta dolar Taiwan atau setara Rp97 triliun.

Tak lama setelah Taiwan menarik Indomie Rasa Ayam Spesial dari peredaran, Malaysia juga mengambil langkah serupa. Menteri Kesehatan Malaysia Muhammad Radzi Abu Hassan mengonfirmasi kementeriannya menarik Indomie Rasa Ayam Spesial yang diimpor dari Indonesia.

Sementara itu, Direktur ICBP Taufik Wiraatmadja mengatakan semua mi instan yang diproduksi oleh ICBP di Indonesia diproses sesuai dengan standar keamanan pangan yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) maupun ketentuan internasional.

"Mi instan kami telah mendapatkan Sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), dan diproduksi di fasilitas produksi bersertifikat berdasarkan standar internasional," katanya melalui keterangan resmi, Jumat (28/4) lalu.

Ia menjelaskan Indomie telah diekspor ke berbagai negara selama lebih dari 30 tahun. Perusahaan, kata Taufik, selalu memastikan seluruh produknya telah sesuai dengan peraturan dan pedoman keamanan pangan yang berlaku di Indonesia maupun di negara tujuan ekspor.

"Kami tegaskan sesuai dengan keterangan yang dikeluarkan oleh BPOM RI, mi instan Indomie kami aman untuk dikonsumsi," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

[Gambas:Video CNN]

Sangat sulit untuk memupuk keabadian

pasarpoker
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.863 pada Selasa (2/5) sore usai 368 saham terkoreksi.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.863 pada Selasa (2/5) sore usai 368 saham terkoreksi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.863 pada Selasa (2/5) sore. Indeks saham melemah 52,41 poin atau minus 0,76 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,17 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,35 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 187 saham menguat, 368 terkoreksi, dan 177 lainnya stagnan. Terpantau 9 dari 11 indeks sektoral melemah, dipimpin sektor energi yang anjlok 3,01 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia kompak menguat. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 0,12 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong plus 0,20 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan melesat 0,91 persen.

Sedangkan bursa saham Eropa serempak loyo. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,09 persen, indeks CAC 40 di Prancis ambrol 0,40 persen, dan indeks DAX di Jerman melemah 0,29 persen.

Mirip dengan Eropa, bursa Amerika juga lesu. Indeks S&P 500 minus 0,04 persen, indeks NYSE merosot 0,06 persen, dan indeks NASDAQ Composite anjlok 0,11 persen.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

[Gambas:Video CNN]

Cerita Sihir

aduhoki188
Sebanyak tiga negara menyelidiki Indomie Ayam Spesial karena temuan zat pemicu kanker dalam produk yang dijual. Berikut daftarnya.
Sebanyak tiga negara menyelidiki Indomie Ayam Spesial karena temuan zat pemicu kanker dalam produk yang dijual. Ilustrasi. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indomie Ayam Spesial bikin geger kancah internasional karena temuan zat pemicu kanker dalam produk yang dijual di Taiwan. Imbasnya, Malaysia dan Nigeria ikut menyelidiki varian mi instan pabrikan Indonesia itu.

Kabar penarikan Indomie Ayam Spesial mencuat pertama kali pada 25 April 2023. Kala itu, Taiwan News memberitakan produk mi instan asal Tanah Air tersebut mengandung etilen oksida, yakni senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia.

Limfoma merupakan sebutan untuk penyakit kanker kelenjar getah bening. Sementara itu, leukemia adalah kanker darah akibat tubuh memproduksi sel darah putih abnormal.

Berikut rincian negara yang menarik atau menyelidiki Indomie Ayam Spesial buntut temuan zat pemicu kanker tersebut.

1. Taiwan

Kepala Divisi Makanan dan Obat-obatan Kemenkes Taiwan Chen Yi-ting menegaskan inspeksi mi instan dilakukan dengan memilih secara acak 30 produk dari supermarket, toko serba guna, hypermarket, pasar tradisional, toko makanan Asia Tenggara, dan importir grosir di negara tersebut.

Berdasarkan hasil pengujian, etilen oksida ditemukan di paket bumbu Indomie Ayam Spesial. Menurut informasi di situs web Biro Zat Beracun dan Kimia yang berada di bawah Administrasi Perlindungan Lingkungan tingkat Kabinet Taiwan, etilen oksida bakal beracun ketika dikonsumsi atau dihirup.

Selain menyebabkan limfoma dan leukemia, etilen oksida mengiritasi kulit dan mata ketika bersentuhan dengan zat tersebut. Bahkan, senyawa itu bisa memicu cacat lahir dan keturunan.

Kemenkes Taiwan tegas meminta para pengecer menarik dua produk tersebut dari toko-tokonya. Lalu, para importir kedua produk mi tersebut bakal dikenakan denda antara 60.000 hingga 200 juta dolar Taiwan atau setara Rp29 juta-Rp97 triliun.

Lihat Juga :
Jadwal dan Tahapan Lengkap Rekrutmen BUMN yang Mulai Dibuka Hari Ini

2. Malaysia

Sehari berselang dari temuan di Taiwan, Kemenkes Malaysia menarik produk Indomie Ayam Spesial yang beredar di negaranya. Mereka juga menarik produk Mie Kari Putih Ah Lai.

"Kementerian sudah mengeluarkan perintah tahan, tes, dan lepaskan produk itu di semua titik masuk. Kami juga sudah memerintahkan perusahaan untuk secara sukarela menarik produk itu dari pasar," kata Menkes Malaysia Muhammad Radzi Abu, dikutip dari The Star.

Khusus untuk produk Mie Kari Putih Ah Lai, Radzi mengatakan sejatinya produk tersebut sudah memenuhi standar kesehatan lokal. Namun, ia tetap meminta penarikan produk tersebut demi keamanan.

"Kementerian Kesehatan memerintahkan pabrik untuk menarik secara sukarela mi instan yang kedaluwarsa pada 25 Agustus 2023 dari pasar lokal," tegas Radzi.

3. Nigeria

Teranyar, Nigeria ikut menyelidiki produk Indomie secara keseluruhan yang diimpor dari Indonesia. Penyelidikan itu dipimpin Badan Pengawas Obat dan Makanan Nigeria (NAFDAC).

NAFDAC gerak cepat menganalisis sampel produk, termasuk bumbu mi instan tersebut. Selain Indomie, mereka juga memeriksa mi instan lain yang dijual di Nigeria.

"Masyarakat diinformasikan bahwa mi instan Indomie yang bermasalah (rasa Ayam Spesial) tidak terdaftar untuk dijual di Nigeria. Penting diketahui mi itu ada dalam Daftar Larangan Impor pemerintah Federal Nigeria, dan oleh karena itu tidak diizinkan untuk diimpor ke Nigeria," tulis Direktur Jenderal NAFDAC Mojisola Christianah Adeyeye, dikutip dari CNN, Jumat (5/5).

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Infinity: Dari Mata Sharingan hingga Mata Samsara

mandalika4d
Pintar Ventura Group (PVG) meluncurkan Posy Resto dengan sistem point of sales (POS) khusus untuk para pemilik usaha restoran agar usaha mereka semakin untung.
Pintar Ventura Group (PVG) meluncurkan Posy Resto dengan sistem point of sales (POS). (Foto: PT. Pintar Ventura Pertama)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan pengembang fintech start-up Indonesia, Pintar Ventura Group (PVG) meluncurkan Posy Resto dengan sistem point of sales (POS) khusus untuk para pemilik usaha restoran.

Sistem digital ini dirancang untuk memudahkan dan mengefisienkan operasional, serta memberikan pengalaman pelanggan restoran lebih nyaman. Posy Resto diluncurkan karena adanya beberapa temuan.

Antara lain, PVG melihat industri restoran di Indonesia menghadapi tantangan yang cukup signifikan yang mempengaruhi ke profit bisnis mereka. Seperti pesanan yang tertunda, ketidakakuratan layanan, dan retensi pelanggan yang buruk.

Sistem ini menawarkan beberapa keuntungan, seperti mengurangi waktu tunggu, meningkatkan akurasi pesanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Untuk itu, Posy Resto merupakan solusi digital dalam kemudahan mengelola bisnis restoran. Dengan sistem tersebut, memungkinkan pengunjung memesan dan membayar langsung dari perangkat seluler mereka, yang kemudian diteruskan ke restaurant untuk disiapkan.

Posy Resto jadi begitu unik di antara para pesaingnya karena fokus pada penyederhanaan proses pemesanan dan pembayaran. Sistem ini mudah digunakan dan klien tidak harus mengunduh perangkat lunak atau aplikasi tambahan apa pun.

Selain itu, menu visual merupakan komponen penting dari Posy Resto, yang memberikan gambar makanan yang menarik, sehingga meningkatkan penjualan dan membantu pemesanan lebih cepat dan lancar.

"Posy Resto adalah game-changer untuk pasar restoran Indonesia karena menawarkan perspektif baru tentang cara restoran berkomunikasi dengan klien mereka. Menurut pendapat saya, Posy memberikan kontrol lebih kepada tim resto daripada pesaing kami," kata CEO PVG, Vlad Ayukaev dikutip Selasa (2/5).

"Tujuan akhir kami adalah membuat solusi satu atap untuk bisnis F&B untuk mengelola bisnis mereka dan ujung yang menghadap pelanggan dalam satu aplikasi, sambil menyajikan makanan dengan pengalaman pemesanan, pembayaran, dan pelacakan terbaik," ujar Vlad Ayukaev.

Misi PVG adalah berkontribusi pada digitalisasi UMKM dan seluruh perekonomian Indonesia melalui produk keuangan digital yang inovatif. Selain Posy, perusahaan sedang mengembangkan aplikasi lain mereka yaitu aplikasi pembayaran Klikoo B2B yang menyatukan lebih dari 80.000 merchant dan mitra.

Posy Resto hanyalah awal dari pengembangan produk, dengan rencana untuk menyertakan fungsi fitur lainnya, pelacakan inventaris, dan Terintegrasi dengan sistem kasir online dan pengiriman tambahan.

Membantu restoran menyederhanakan operasi mereka dan meningkatkan pengalaman kepuasan pelanggan lebih besar. Posy Resto memiliki potensi untuk berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan industri restoran Indonesia.

(inh/inh)