petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol yang pasti disetujui

erek58 587Jutaan kata 748904Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol yang pasti disetujui》

ASDP gandeng komunitas lingkungan bersihkan sampah di Sungai Ciliwung******

ASDP gandeng komunitas lingkungan bersihkan sampah di Sungai Ciliwung
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersama Komunitas Ciliwung Depok melakukan aksi nyata menanggulangi sampah di Jakarta dengan menggelar kegiatan Bebenah Ciliwung. ANTARA/HO-ASDP.
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan Komunitas Ciliwung Depok melakukan aksi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan kota dengan menanggulangi sampah di Jakarta dengan menggelar kegiatan Bebenah Ciliwung.

"Pelaksanaan kegiatan Bebenah Ciliwung ini merupakan salah satu giat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebagai wujud kepedulian ASDP terhadap lingkungan melalui penanggulangan sampah," kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dikatakan bagi perseroan, HPSN bukan hanya peringatan tahunan semata namun juga sebagai momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terdapat sekitar 17,7 juta ton sampah per tahun di 123 kabupaten/kota se-Indonesia pada tahun 2023 dengan total sampah yang belum terkelola sebanyak 5,8 juta ton atau setara dengan 33,1% dari timbunan sampah yang ada.

Dengan konsumsi sampah plastik sehari-hari yang terus meningkat, langkah ini sejalan dengan komitmen ASDP untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama pada Nomor 12, 13, dan 14 yang berkaitan dengan Lingkungan dan Penggunaan Plastik.

Kegiatan memperingati HPSN meliputi pembersihan Sungai Ciliwung, kampanye bebas sampah, dan pelepasan ikan khas Ciliwung. "Pada kegiatan kali ini, kami melibatkan komunitas serta relawan yang merupakan karyawan ASDP (Ferizyan) untuk membersihkan bantaran Sungai Ciliwung serta melakukan edukasi langsung dengan menyebarluaskan poster-poster ramah lingkungan. Kami juga melepaskan ikan-ikan khas Ciliwung untuk menjaga kelestarian fauna di Sungai Ciliwung," tambah Shelvy.

Dalam kegiatan bersih-bersih tersebut, ASDP bersama dengan komunitas Ciliwung berhasil mengumpulkan sebanyak 1.214,5 kg atau sama dengan 114 kantong yg dilakukan selama kurang lebih 45 menit. Para volunteer yang merupakan Ferizyan tersebut juga turut berkontribusi dalam tiap program TJSL guna meningkatkan kesadaran serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat.

Sebagai operator kapal dan pelabuhan, ASDP memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selain melakukan aksi langsung seperti yang dilakukan hari ini, ASDP juga telah mengimplementasikan sejumlah program TJSL lainnya seperti penyediaan Reverse Vending Machine (RVM), penanaman pohon di seluruh cabang, dan Ocean Clean Up Day.

Shelvy juga menyatakan ASDP meyakini bahwa dalam menjaga kelestarian lingkungan bukan hanya bentuk tanggung jawab perusahaan, tetapi juga bagian dari wujud nyata ASDP untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan melindungi warisan alam bagi generasi mendatang.

Dengan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk komunitas lokal dan pemerintah, ASDP yakin dapat mencapai tujuan ini serta memberikan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Komunitas Peduli Ciliwung maksimalkan pembibitan tanaman vetiver

Baca juga: Komunitas Peduli Ciliwung aktif ajak warga peduli lingkungan

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024

BI Jateng sebut hortikultura jadi penahan inflasi periode Februari******

BI Jateng sebut hortikultura jadi penahan inflasi periode Februari
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jatng) Nita Rachmenia. ANTARA/HO-Dok BI.
Komoditas yang dimaksud adalah bawang merah, kol putih, kubis, dan tomat.
Semarang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jateng) menyebutkan penurunan harga komoditas hortikultura menjadi penahan peningkatan inflasi di Jateng pada periode Februari 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Perwakilan BI Jateng Nita Rachmenia, dalam pernyataan di Semarang, Minggu, menyebutkan komoditas yang dimaksud adalah bawang merah, kol putih, kubis, dan tomat.

Penurunan harga berlangsung seiring dengan ketercukupan pasokan sejumlah komoditas hortikultura tersebut di Jateng, seperti panen dini bawang merah di Brebes dengan luas lahan 150 hektare.

Dia mengakui, panen dini dilakukan sebagai dampak dari kekhawatiran petani bawang merah terhadap curah hujan yang tinggi dan banjir di areal lahan bawang merah yang berisiko mengganggu hasil panen.

Pada Februari 2024, kata dia, perkembangan inflasi gabungan di sembilan kabupaten/kota di Jateng masih berada dalam rentang sasaran inflasi, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 0,57 persen (month to month).

Dengan demikian, inflasi gabungan sembilan kabupaten/kota di Jateng pada Februari 2024 sebesar 2,98 persen dan berada di rentang sasaran target inflasi, yakni 2,5 plus minus 1 persen.

Secara spasial, kata dia, seluruh kabupaten/kota IHK di Jateng mengalami inflasi, dengan inflasi tertinggi di Kota Tegal, yakni 0,9 persen (mtm), diikuti Purwokerto, Kabupaten Wonogiri, Kudus, dan Kota Surakarta sebesar 0,61 persen (mtm).

Ia menjelaskan bahwa inflasi, terutama dipengaruhi oleh kenaikan harga komoditas pangan, yakni beras karena sebagian besar wilayah sentra produksi beras di Jateng belum memasuki masa panen.

Meski demikian, kata dia lagi, harga beras diperkirakan akan berada pada tren penurunan di periode berikutnya, seiring dengan panen yang mulai berlangsung di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Purworejo.

Selain itu, sinergi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) wilayah Jateng, antara lain melalui Gerakan Pangan Murah (GPM), juga menjadi salah satu upaya pengendalian harga pangan, terutama beras.

Inflasi juga dipengaruhi kenaikan harga telur dan daging ayam ras, seiring dengan kenaikan biaya produksi peternak akibat kenaikan harga pangan dan penurunan pasokan setelah sejumlah peternak melakukan afkir ayam.

Pada 2024, inflasi IHK diperkirakan akan berada pada sasaran inflasi 2,5 plus minus 1 persen sehingga BI bersama para pemangku kepentingan yang tergabung dalam TPID Jateng akan terus berkoordinasi dan bekerja sama melaksanakan berbagai program pengendalian inflasi.

Program pengendalian inflasi tersebut ditujukan untuk menjaga kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi barang/komoditas di Jateng.
Baca juga: BPS: Inflasi Jateng di 2023 mencapai 2,89 persen
Baca juga: TPID-BI Jateng resmikan Kios Pandawa Kita stabilkan harga pangan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Baicells Umumkan Perjanjian dengan Operator Indonesia, P.T. Smartfren Telecom******

Baicells Umumkan Perjanjian dengan Operator Indonesia, P.T. Smartfren Telecom
Logo Baicells
Dallas, (ANTARA/PRNewswire) - Baicells Technologies adalah penyedia infrastruktur jaringan seluler 4G LTE dan 5G NR terkemuka. Baicells Technologies mengumumkan perjanjian dengan P.T. Smartfren Telecom, salah satu operator nirkabel besar di Indonesia, untuk memberikan solusi jaringan siap pakai bagi penawaran Industrialisasi Digital, Otomatisasi, dan Nirkabel Swasta yang akan diperkenalkan pada tahun 2024.
Baicells adalah penyedia solusi jaringan nirkabel siap pakai yang mewujudkan semua program tersebut, dan akan beroperasi sebagai toko serba ada untuk P.T. Smartfren Telecom. Uji coba pertama telah dilakukan dan penggunaan perdana adalah jaringan LTE pribadi yang melayani lingkungan pertambangan besar dan berat di luar Jakarta.
Jenis jaringan yang sangat dapat disesuaikan ini diperlukan untuk menggunakan armada kendaraan otonom, yang biasanya berupa mesin pemindah dan mesin pemindahan tanah berukuran besar, agar dapat melintasi dengan aman di lokasi kerja aktif. Hal ini juga berguna dalam upaya rutin untuk menjaga tingkat keamanan di seluruh lokasi kerja yang sering menampung sejumlah besar pekerja. Dalam jangka panjang, banyak kasus penggunaan lain yang dapat ditambahkan jika perlu – sensor IoT, komunikasi suara, pemantauan video, dan banyak lagi.
Lingkungan penambangan sering berlokasi di daerah lebih terpencil dengan pilihan konektivitas terbatas dan kasus penggunaannya tidak sesuai dengan alternatif seperti Wi-Fi. Karena mampu menyediakan tingkat QoS tertentu dan latensi rendah untuk memungkinkan kinerja prediktif yang diperlukan bagi kendaraan otonom, nirkabel pribadi adalah solusi yang sangat cocok secara teknis maupun ekonomis.
Penggunaan pertama akan dijalankan pada LTE Band 40 (2300 MHz) dan diharapkan mulai mengudara pada Kuartal 1 tahun 2024. Baicells akan menyumbangkan portofolio radio berdaya tinggi all-in-one 4G LTE Nova dan 5G NR Aurora luar ruangan kepada P.T. Smartfren Telekom, yang akan beroperasi sebagai penyedia layanan dan integrator sistem. Penawaran solusi baru ini membuka segala macam peluang baru bagi perusahaan.
"Kami terus mengalami peningkatan permintaan akan jaringan pribadi untuk membantu memberikan semua jenis manfaat bagi perusahaan dalam mentransformasi bisnis mereka dengan otomatisasi dan lain-lain. Produk-produk kami memiliki daya tarik ekonomis dan kesederhanaan operasional, jadi sangat cocok untuk semua inisiatif tersebut karena semakin banyak operator yang belajar." Bai Wei, GM Divisi Internasional di Baicells." 
Baicells mengadakan pameran di Mobile World Congress tahunan di Barcelona pada tanggal 26-29 Februari. Kunjungi stan Baicells di Hall 2, Stand 2C44 untuk informasi lebih lanjut tentang proyek dan solusi jaringan.
Tentang Baicells Baicells adalah perusahaan teknologi global yang menawarkan Solusi Jaringan 4G dan 5G siap pakai, menyediakan model ekonomi baru bagi penyedia layanan, perusahaan, dan masyarakat. Digunakan secara komersial di lebih dari 60 negara, memiliki kantor di lima benua dan portofolio teknik yang terdiri dari 500 hak paten, Baicells telah menjadi pemimpin teknologi. Saat ini Baicells telah menghasilkan lebih dari 700 penggunaan komersial di seluruh dunia. Inovasi Baicells menghubungkan mereka yang tak terhubung. Untuk informasi lebih lanjut, harap kunjungi www.baicells.com.
Logo - https://mma.prnasia.com/media2/1609895/Baicells_Technologies_Logo.jpg?p=medium600

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:situs slot yg paling gacor

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
game slot gampang maxwin
cara cicil iphone di shopee
slot paling gampang maxwin
king303
portal138
slot gacor 388
slot terbaru gacor
angka jitu air
77 neko
Daftar isi semua bab
Bab 1 gacor 77
Bab 2 slot judi terpercaya
Bab 3 situs gacor banget
Bab 4 florida evening togel
Bab 5 slot8800
Bab 6 rog777 gacor
Bab 7 situs judi resmi dan terpercaya
Bab 8 slot yang gacor jam berapa
Bab 9 contoh slot gacor
Bab 10 pencairan limit kredivo
Bab 11 cara dapat uang 3 juta dalam sehari
Bab 12 gacor305
Bab 13 kredit uang online
Bab 14 akun slot yang lagi gacor sekarang
Bab 15 bo gacor anti rungkad
Bab 16 arenaslot99
Bab 17 ratumpo
Bab 18 gacor 118
Bab 19 pinjol ktp
Bab 20 95 togel
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5460bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Mahkota Keheningan

slot hoki maxwin
Ratusan peserta ikuti BTN Dash Aquathlon 2024 di Kompleks GBK
Salah seorang peserta yang mengikuti ajang BTN Dash Aquathlon 2024 yang digelar di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-Dash Sports
Jakarta (ANTARA) - Ratusan peserta yang terdiri dari keluarga dan komunitas berkompetisi pada ajang BTN Dash Aquathlon 2024 yang diadakan di Indonesia Arena dan Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu.

“Kurang lebih 400 peserta memulai lomba tepat pukul 06.15 WIB dan tampil seru basah-basahan untuk menyelesaikan lomba. Jelang bulan suci Ramadhan ini, Dash Sports menggandeng BTN menghelat Dash Aquathlon, sebuah perlombaan olahraga multisports yang mengombinasikan olahraga lari dan renang yang dilakukan secara terus menerus (continuously),” kata CEO Dash Sports Alit Aryaguna dalam keterangan resmi.

Adapun kompetisi yang menggabungkan olahraga renang dan lari ini diinisiasi oleh hub olahraga Dash Sports bersama Bank Tabungan Negara (BTN) untuk mempromosikan gaya hidup sehat di tengah masyarakat.

“Bersama BTN, Dash Sports begitu senang untuk menghadirkan sebuah ajang olahraga dan hiburan yang dikemas sedemikian seru dan fun mempromosikan gaya hidup sehat dan bugar melalui renang. Hari ini terlihat begitu hangat antusiasme dan semangat berkompetisi seluruh peserta,” kata Alit.

Sementara itu, Corporate Secretary Bank BTN Ramon Armando mengatakan olahraga lari dan renang cukup populer di masyarakat dan sesuai dengan gaya hidup kaum urban.

“Tahun ini Bank BTN kembali menggelorakan sekaligus mendukung penyelenggaraan Dash Aquathlon yang menggabungkan lari dan renang bertepatan dengan momen acara puncak HUT BTN 2024,” ujar Ramon.

Baca juga: Enam triathele Indonesia siap berlaga di Asian Triathlon Cup 2024

Lebih lanjut, ia memaparkan semangat aquathlon juga menjadi inspirasi baru BTN dalam melalukan rebranding.

“Karena kami menyadari bahwa kesehatan adalah basis utama masa depan yang lebih baik, karena hidup tidak cuma tentang hari ini,” kata Ramon.

Wakil Ketua I Federasi Triathlon Indonesia Arlan Lukman pun turut mengapresiasi ajang BTN Dash Aquathlon 2024.

“Salut kepada keluarga Dash Sports yang secara konsisten menggelar sports event dan community based sport training, seru dan berkualitas. Kita sepaham bahwa komunitas adalah pondasi industri olahraga, khususnya aquathlon (dan triathlon),” ujar Arlan.

Adapun BTN Dash Aquathlon melombakan tiga kategori, yaitu Junior (peserta dengan usia 13-16 tahun), Umum (17-39 tahun), dan Master (berumur di atas 40 tahun).

Lomba yang berformat run-swim-run ini menuntut peserta untuk berlari sejauh 2,5 km kemudian langsung berenang di kolam renang olimpik di Stadion Akuatik sejauh 500 meter dan menyelesaikan sesi lari akhir sejauh 2,5 km lagi menuju garis finis.

Baca juga: Akuatik Indonesia proyeksikan lima atlet lolos kualifikasi Olimpiade
Baca juga: Akuatik Indonesia jadikan kompetisi domestik kunci pembinaan atlet

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Otome berdiri teguh sebagai penjahat dalam pandangan dunia

slot demo playstar
Getaran banjir lahar dingin Gunung Semeru tercatat 3 jam lebih
Banjir lahar dingin Gunung Semeru melintasi jembatan yang berada di DAS Semeru di Lumajang, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-Warga Lumajang/pri.
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Getaran banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tercatat 3 jam lebih karena hujan deras mengguyur kawasan puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut, Minggu.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Mukdas Sofian dalam laporan tertulisnya di Kabupaten Lumajang menyebutkan bahwa pengamatan kegempaan aktivitas Gunung Semeru pada 3 Maret 2024 pukul 12.00-18.00 WIB menunjukkan adanya gempa getaran banjir.

"Memang terjadi satu kali gempa getaran banjir dengan amplitudo 35 mm, dan lama gempa 10.819 detik atau 3 jam lebih," katanya di Lumajang, Minggu.

Baca juga: PVMBG rekam erupsi selama 102 detik di Gunung Semeru

Selain terjadi getaran banjir, aktivitas Gunung Semeru juga mengalami 10 kali gempa letusan/erupsi dengan amplitudo 11-22 mm, dan lama gempa 50-125 detik, kemudian 2 kali harmonik dengan amplitudo 2-6 mm dan lama gempa 75-120 detik.

"Untuk pengamatan secara visual, Gunung Semeru terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah ke arah utara," tuturnya.

Dalam rekaman CCTV yang dipantau oleh BPBD Lumajang terpantau letusan sekunder di daerah aliran sungai Besuk Kobokan dan Kali Lanang, sehingga masyarakat diimbau waspada terhadap aliran lahar panas.

Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut mengalami erupsi pada Minggu pukul 00.13 WIB dengan visual letusan tidak teramati, namun erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 134 detik.

Baca juga: Gunung Semeru muntahkan abu vulkanik setinggi 900 meter

Kemudian erupsi Gunung Semeru kembali terjadi pada pukul 19.10 WIB dengan visual letusan tidak teramati, erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 114 detik.

Status gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut itu masih berstatus siaga atau level III, sehingga masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Kemudian masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Baca juga: Menparekraf imbau masyarakat tetap waspadai erupsi Gunung Semeru

Masyarakat juga diimbau mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

sebuah surga

igm247
UNICEF kembali serukan perlindungan anak-anak di Gaza
UNICEF. ANTARA/www.unicef.org/pri.
Teheran (ANTARA) - Direktur Eksekutif Badan PBB untuk Anak-anak (UNICEF), Catherine Russell, kembali memperingatkan komunitas internasional tentang dampak perang Israel terhadap anak-anak di Jalur Gaza, dan  mengatakan bahwa mereka menderita malnutrisi akut dan berada di ambang kematian. .

Melalui akun media sosial X miliknya, Russell, mengaku terkejut atas laporan sehari sebelumnya yang menyebutkan sekitar 10 anak meninggal akibat malnutrisi di Gaza.

“Hal baru yang mengerikan di Gaza bahwa hingga kini sedikitnya sepuluh anak meninggal karena kekurangan gizi dan dehidrasi, sementara masih banyak anak lainnya yang berada di ambang kematian”, tulisnya.

Dia menambahkan bahwa 1 dari 6 anak di bawah usia dua tahun di Gaza utara mengalami malnutrisi akut.

Russell menyerukan “gencatan senjata sekarang”, dengan alasan bahwa “setiap menit berarti” bagi anak-anak di Gaza yang menghadapi malnutrisi “mematikan”.

Menurutnya, keterlambatan satu menit dalam mengakses makanan, air, perawatan medis dan perlindungan dari peluru dan bom Israel bagi anak-anak Palestina di Gaza akan menimbulkan imbas yang mengerikan.

“Semua ini tak mungkin terjadi tanpa adanya gencatan senjata kemanusiaan di Gaza,” kata ketua UNICEF tersebut yang juga pernah menyebut Gaza sebagai “tempat paling berbahaya di dunia bagi anak-anak.”

Para pejabat UNICEF telah mengeluarkan banyak peringatan sejak awal perang Israel di Gaza yang telah membunuh sebagian besar anak-anak dan perempuan.

Salah satu pejabat UNICEF baru-baru ini mengatakan bahwa anak-anak di Gaza berkali-kali terpaksa menghindari pemboman Israel selama beberapa bulan terakhir dan mereka hanya makan sehari sehari.

Sumber: IRNA-OANA
Baca juga: PBB: Kehidupan anak di Gaza terancam akibat tingginya malnutrisi
Baca juga: UNICEF: Anak-anak di Gaza terjebak mimpi buruk
Baca juga: UNICEF: Jumlah anak yang tewas di Tepi Barat naik drastis

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024

harapan yang tak ada habisnya

pragmaticplay88
Masyarakat Belitung lestarikan tradisi Beruah sambut Ramadhan
Kegiatan "Beruah Massal" Desa Perawas dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. ANTARA/Kasmono-Apriliansyah/pri.
Kegiatan pagi ini merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan adat budaya Beruah di Belitung kepada generasi yang akan datang agar tidak melupakan dan meninggalkan tradisi ini
Belitung (ANTARA) - Masyarakat Desa Perawas, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melestarikan tradisi Beruah atau Ruwahan dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah/2024.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Desa Perawas, Adriadi, di Tanjung Pandan, Minggu, mengatakan tradisi Beruah menjadi wahana mempertahankan dan menghidupkan kembali nilai-nilai adat dan budaya yang hampir terlupakan.

"Melalui tradisi Beruah ini mari kita bangkitkan kembali nilai-nilai adat dan budaya yang hampir tenggelam secara bersama-sama," katanya.

Menurut dia, Pemerintah Desa Perawas menyelenggarakan kegiatan Beruah Massal dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan 1445 Hijriah/2024.

Baca juga: Warga Bangka Belitung melaksanakan tradisi ruwahan

Kegiatan Beruah Massal Desa Perawas diselenggarakan di rumah adat panggung Melayu Belitung.

"Kegiatan pagi ini merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan adat budaya Beruah di Belitung kepada generasi yang akan datang agar tidak melupakan dan meninggalkan tradisi ini," ujarnya.

Kegiatan Beruah Desa Perawas diisi dengan pembacaan doa bersama, ramah tamah, dan makan bedulang atau bersama-sama.

"Semoga melalui kegiatan Beruah ini ikatan silaturahmi dan persaudaraan ke depannya akan semakin kuat," katanya.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Gubernur hadiri tradisi ruwah kubur warga Babel

Kepala Desa Perawas Yahya di Tanjung Pandan, Minggu, mengatakan kegiatan Beruah Massal menjadi langkah dan bukti nyata Pemerintah Desa Perawas dalam melestarikan nilai-nilai adat dan budaya Melayu Belitung.

"Tidak hanya sebatas silaturahmi, namun kegiatan untuk memperkaya kebudayaan masyarakat Belitung secara keseluruhan," ujarnya.

Ia berharap tradisi Beruah dapat terus dilestarikan ke depannya sehingga tidak dilupakan atau ditinggalkan oleh generasi yang akan datang.

"Partisipasi aktif dari masyarakat dapat menjadi kekuatan dalam menjaga dan mengangkat budaya Melayu Belitung," katanya.

Baca juga: Bupati Bangka Tengah minta "ruwah kubur" masuk agenda wisata

Pewarta: Kasmono
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Mall League of Legends dari Dunia Lain

caspo77
Munster apresiasi Iqbal ciptakan gol cepat ke gawang PSSSleman
Pemain Persebaya Surabaya Muhammad Iqbal (kanan) berebut bola dengan sejumlah pemain PSS Sleman saat pertandingan pekan ke-27 Liga 1 Indonesia di Stadion GBT Surabaya, Minggu (3/3/2024). ANTARA/Rizal Hanafi.
Surabaya (ANTARA) - Pelatih Kepala Persebaya Surabaya Paul Munster mengapresiasi kemampuan tendangan jarak jauh Muhammad Iqbal saat menciptakan gol cepat pada detik ke-13 ke gawang PSS Sleman pada laga pekan ke-27 Liga 1 Indonesia, Minggu.

Pada pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya itu Persebaya selaku tuan rumah memetik kemenangan 2-1 atas PSS Sleman. 

"Gol Iqbal sangat bagus dan saya juga kaget dengan gol cepatnya. Namun itu murni kemampuan dari Iqbal karena saat lawan Persita dia juga melakukan hal yang sama dengan menendang dari jarak jauh dan nyaris membuahkan gol, namun hari ini yang bisa berhasil," ujar Munster saat konferensi pers usai pertandingan.

Munster menjelaskan, pemain asal Padang Pariaman tersebut merupakan pemain yang memiliki kemampuan khusus dan tidak dimiliki oleh pemain lain di lini tengah klub kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut.

"Kalau pun saat babak kedua saya mengganti Iqbal, itu murni hanya karena taktik tim, itu kebutuhan taktikal," kata pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut.

Selama melatih klub yang berjuluk Bajol Ijo tersebut, Munster selalu mengutamakan taktik, fisik dan mental.

"Selama di Persebaya saya selalu mengutamakan untuk melatih taktik, fisik, dan mental, jadi para pemain bisa memahami cara bermain saya," ujarnya.

Baca juga: Persebaya memenangi laga kandang 2-1 atas PSS Sleman

Sementara itu, pemain Persebaya Muhammad Iqbal mengatakan gol yang ia hasilkan saat melawan klub berjuluk Super Elang Jawa (Elja) tersebut merupakan taktik yang sudah dilakukan oleh tim saat latihan.

"Gol dari saya tadi memang merupakan taktik yang diberikan oleh Coach Munster, bahwa kami harus bermain menyerang dari belakang. Saat latihan kami juga sering melakukan tendangan-tendangan dari jarak jauh," ujarnya.

Dirinya juga tidak menyangka bisa membuat gol cepat pada detik ke-13 saat melawan PSS Sleman.

"Saya juga terkejut bisa mencetak gol dengan sangat cepat tadi. Ini gol pertama saya di musim ini. Gol ini saya persembahkan untuk keluarga, Bonek Bonita, dan tentu untuk tim juga," ucapnya.

Pada pertandingan itu, dua gol Persebaya tercipta melalui M Iqbal pada menit ke-1 dan Bruno Moreira pada menit ke-30. Sedangkan gol balasan PSS Sleman dicetak oleh Esteban Vizcarra pada menit ke-47.

Saat ini, Persebaya naik ke posisi sembilan klasemen sementara Liga 1 dengan meraih total 35 poin dari 27 pertandingan. Sementara PSS Sleman tetap di peringkat 14 dengan total 31 poin dari 27 pertandingan.

Pada pertandingan selanjutnya Persebaya akan melawat ke kandang Borneo FC pada 7 Maret. Sementara, PSS Sleman juga akan melakoni laga tandang ke markas PSM Makassar pada 8 Maret. 

Baca juga: Pelatih PSS Sleman sayangkan gol cepat Persebaya
Baca juga: PSSI minta klub Liga 1 dan 2 perkuat pembinaan talenta muda

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Sistem saya lemah. Jangan bawa saya turun gunung.

aquaslot
Malaysia uji kamera jebak dilengkapi AI untuk pantau satwa liar
Tangkapan layar Menteri Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Malaysia Nik Nazmi Nik Ahmad. (ANTARA/Virna P Setyorini)
Kuala Lumpur (ANTARA) - Departemen Perlindungan Satwa Liar dan Taman Nasional (PERHILITAN) Semenanjung Malaysia menguji penggunaan kamera jebak yang dilengkapi kecerdasan buatan (AI) untuk memantau spesies satwa liar.

Menteri Sumber Daya Alam dan Perubahan Iklim Malaysia Nik Nazmi Nik Ahmad dalam sebuah pernyataan menyambut Hari Satwa Liar Sedunia 2024 yang diakses di Kuala Lumpur, Minggu, mengatakan tema Hari Satwa Liar tahun ini yakni “Menghubungkan Manusia dengan Bumi, Mengeksplorasi Inovasi Digital dalam Konservasi Kehidupan Liar” bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya inovasi digital dalam usaha memperkokoh konservasi flora dan fauna liar.

Hal itu termasuk di dalamnya aspek riset, komunikasi, deteksi dan analisis DNA secara lebih mudah, cepat dan efisien.

Kementeriannya melalui Departemen PERHILITAN, menurut dia, mengambil inisiatif dengan mencoba penggunaan teknologi, salah satunya penggunaan kamera jebak yang dilengkapi dengan AI, untuk memantau spesies kehidupan liar.

Menteri mengatakan teknologi lain yang juga digunakan yakni pemanfaatan kendaraan nirawak (UAV) untuk memantau kehadiran dan pergerakan satwa liar. Selain itu juga menggunakan satelit untuk membangun sistem peringatan dini.

Dia menambahkan selain memastikan kelangsungan hidup Harimau Malaya di habitat aslinya atau in-situ, konservasi ex-situ kritikal dilakukan karena populasi spesies tersebut sangat rendah di habitat aslinya.

Menurut dia, Departemen PERHILITAN telah memberdayakan Laboratorium Forensik Satwa Liar Nasional dengan memperoleh peralatan laboratorium berteknologi tinggi untuk meningkatkan kapasitas forensik, konservasi ex-situ, bio-banking, Laboratory Information Management System (LIMS) dan pengawasan penyakit zoonotik.

Pendekatan itu, kata Nik Nazmi, dapat meningkatkan pelaksanaan program peningkatan populasi Harimau Malaya di penangkaran melalui inseminasi buatan.

Terkait upaya perlindungan hutan, ia mengatakan menggunakan teknologi seperti sistem Forest Monitoring using Remote Sensing (FMRS) untuk mendeteksi perubahan di hutan di Semenanjung Malaysia. Sedangkan di Sabah menggunakan sistem iForSabah yang memanfaatkan gambar satelit untuk penginderaan jarak jauh (remote sensing).

Sementara itu, di Sarawak menggunakan sistem Continuous Monitoring of Surveillance (COMOS) yang menggabungkan analisa gambar satelit dan menentukan titik koordinat yang menggunakan sistem observasi penegakan hukum di lapangan.

Baca juga: Malaysia mulai antisipasi dampak kesehatan serangan cuaca panas

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2024