petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

asia4d

189slot 649Jutaan kata 133111Orang-orang telah membaca serialisasi

《asia4d》

Dirut KAI: Ketepatan waktu perjalanan kereta api mendekati 100 persen******

Dirut KAI: Ketepatan waktu perjalanan kereta api mendekati 100 persen
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo (kiri) menunjukkan Monumen Lokomotif Kebo Kuning C300 yang baru diresmikan di halaman Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Senin (8/4/2024) sore. ANTARA/Sumarwoto
Di Jakarta kemarin keberangkatan itu 100 persen, memang kedatangan ada beberapa kendala tetapi masih di atas 96 persen
Purwokerto (ANTARA) - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan ketepatan waktu perjalanan kereta api mendekati 100 persen sehingga mendapatkan pujian dari Presiden Joko Widodo saat memantau arus mudik Lebaran 2024 di Stasiun Pasar Senen.

"Tadi pagi kita bersama-sama Pak Jokowi sudah melihat kesibukan arus mudik di Stasiun Pasar Senen. Jadi ini menjadi perhatian pemerintah setelah kemarin kunjungan Pak Menhub bersama dengan Kapolri dan Panglima TNI melihat kesibukan di Stasiun Pasar Senen," kata Didiek Hartantyo usai meresmikan Monumen Lokomotif Kebo Kuning di halaman Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin sore.

Bahkan, kata Didiek, apa yang diucapkan Presiden Jokowi saat mengunjungi Stasiun Pasar Senen pada Senin (8/4) pagi membanggakan KAI.

Dalam hal ini, lanjut dia, Presiden Jokowi menilai pelayanan Kereta Api Indonesia kepada masyarakat sangat bagus.

"Artinya, ketepatan waktu kita sudah mendekati 100 persen. Di Jakarta kemarin keberangkatan itu 100 persen, memang kedatangan ada beberapa kendala tetapi masih di atas 96 persen," katanya.

Menurut dia, hal itu menjadi salah satu nilai tambah bagi masyarakat bahwa dalam angkutan mudik tersebut, KAI menjaga keamanan, kenyamanan, keselamatan, dan ketepatan waktu.

Lebih lanjut, dia mengatakan berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, kereta api merupakan moda transportasi terfavorit yang menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan mudik pada tahun 2024.

Oleh karena itu, kata dia, PT KAI (Persero) melaksanakan Posko Angkutan Lebaran 2024 pada tanggal 5-16 April untuk meyakinkan bahwa operasi angkutan lebaran yang dimulai pada 30 Maret hingga 18 April berjalan dengan sebaik-baiknya.

Pada masa Angkutan Lebaran 2024, lanjut dia, KAI menyediakan tiket sebanyak 4.222.000 tempat duduk dan hingga saat ini sudah terjual sekitar 80 persen.

"Untuk arus balik kira kira 64-65 persen yang terjual, sehingga masih tersisa cukup banyak untuk arus baliknya," katanya.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan sebaik-baiknya, sehingga pembelian tiket bisa dilakukan dengan baik dan mendapatkan tiket yang dikehendaki.

Kendati demikian, dia mengakui ketersediaan tiket tersebut meningkat sekitar 6 persen dari Lebaran 2023 karena KAI terus berinvestasi terutama yang berkaitan dengan sarana.

Dalam hal ini, kata dia, KAI pada tahun 2023 kontrak dengan PT INKA (Persero) sebanyak 612 kereta dan hingga saat ini telah masuk sebanyak 10 train set(rangkaian kereta) yang telah dioperasikan.

Menurut dia, kedatangan kereta dari PT INKA (Persero) tersebut akan terus berlangsung hingga tahun 2026, sehingga akan menambah kapasitas volume angkut.

"Harapannya tahun depan, angkutan lebaran akan lebih banyak lagi," katanya.

Didiek mengatakan khusus untuk PT KAI (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto saat ini sudah banyak fasilitas yang dibangun dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dan hari ini (8/4), kita meresmikan Monumen Lokomotif Kebo Kuning C300 untuk membangkitkan kesukaan atas kereta api. Di samping itu, kita juga meresmikan Mes Kereta Api Sawunggalih tujuannya bahwa pelayanan bukan hanya kepada masyarakat tetapi pelayanan kepada pegawai kita," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, Mes Sawunggalih merupakan tempat peristirahatan yang nyaman bagi pegawai KAI termasuk awak kereta api agar dapat beristirahat dan bekerja dengan fokus.

Berdasarkan informasi yang terpasang pada monumen, Lokomotif Kebo Kuning C300 didatangkan dari Schoema, Jerman, pada tahun 1963. Kebo Kuning dalam bahasa Jawa berarti kerbau berwarna kuning.

Lokomotif tersebut berseri C300 yang berarti memiliki 3 roda penggerak hidrolik. Lokomotif memiliki panjang 4.560 milimeter, lebar 1.760 milimeter, tinggi 2.860 milimeter, dan daya motor diesel sebesar 100 horse power (HP.

Pada 13 Februari 2024, lokomotif tersebut dibawa dari Balai Yasa Tegal ke Stasiun Purwokerto untuk dijadikan monumen.

Baca juga: Wamen BUMN Kartika: Estimasi penumpang mudik KA capai 7,3 juta orang
Baca juga: Kemenhub: Kereta api jadi pilihan utama transportasi mudik 2024
Baca juga: KAI gelar posko Lebaran untuk optimalkan layanan penumpang saat mudik
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Pilihan Saham Ciamik Pekan Ini, Sektor EBT Berpeluang Cuan******

Sejumlah analis merekomendasikan saham yang berpeluang cuan pekan ini. Berikut daftarnya.
Sejumlah analis merekomendasikan saham yang berpeluang cuan pekan ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 23,45 poin atau plus 0,34 persen ke level 6.982 pada perdagangan pekan lalu. Investor asing mencatat jual bersih (net sell) Rp464,75 miliar selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat empat kali menguat dan hanya melemah sekali. Secara total, performa indeks saham menguat 0,84 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Aulia Noviana Utami Putri mengatakan penguatan paling besar mencapai 56,84 persen dirasakan pada rata-rata volume transaksi harian bursa, yakni dari 18,61 miliar saham menjadi 29,18 miliar saham.

Sepekan kemarin rata-rata frekuensi transaksi harian juga menguat sebesar 5,46 persen menjadi 1.182.973 kali transaksi dari 1.121.707 kali transaksi pada pekan lalu.

"Kapitalisasi pasar bursa pekan ini meningkat 1,03 persen menjadi Rp10.339 triliun dari Rp10.233 triliun pada pekan sebelumnya," katanya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (15/9).

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi melihat pergerakan IHSG masih tertahan di level 7.000 pekan lalu, terlebih perpindahan investasi yang keluar dari sektor perbankan membebani indeks. Oleh karena itu, ia menilai IHSG masih akan bergerak terbatas pekan ini di rentang 6.860-7.020.

Lihat Juga :
Pendaftaran Uji Coba Gratis Kereta Cepat Tahap 2 Dibuka 24 September

Ada dua sentimen utama yang diwaspadai Audi pada pekan ini. Pertama,potensi tergerusnya daya beli di pasar saham imbas sikap Bank Indonesia (BI) yang diramal bakal tetap menahan suku bunga di level 5,75 persen.

Kedua,rilis suku bunga The Fed pada September ini yang diproyeksi tetap di level 5,5 persen. Ia menilai ini akan berdampak negatif pada pergerakan IHSG.

"Potensi arus keluar investasi berpotensi terus berlanjut. Terlihat dari IHSG yang terjadinet sellRp6,07 triliun dalam satu bulan terakhir," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (17/9).

Audi menyarankan investor melakukan trading jangka pendek atau menahannya. Sektor yang kudu dipelototi adalah consumer non-cyclical dengan pergerakan teknikal yang potensial.

Lihat Juga :
Jokowi Ungkap Eropa Ngamuk Imbas Nilai Tambah Nikel RI Rp510 T

Secara teknikal, ia merekomendasikan tiga saham. Pertama,saham PT Mitrabara Adiperdana Tbk alias MBAP yang melesat ke 5.475 pekan lalu. Audi meyakini saham emiten ini bisa tembus 5.900.

Kedua,ia menyarankan investor melirik saham PT Astra Agro Lestari Tbk yang pekan sebelumnya menguat 1,34 persen ke 7.575. AALI diramal bergerak di rentang 7.400-7.850 pekan ini.

Ketiga, saham PT Semen Indonesia Tbk alias SMGR yang diprediksi bisa tembus 7.400. Emiten initercatat stagnan di 7.000 pada penutupan pekan kemarin.

Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto melihat indeks saham akan bergerak datar pekan ini imbas gagal menembus level 7.000. Ia memperkirakan gerak IHSG ada di rentang 6.900-7.000.

William menyebut tidak ada sentimen khusus pada pekan ini, melainkan hanya masalah teknikal. Ia menyarankan investor untuk buy on weakness mengingat siklus tahunan yang menunjukkan pelemahan terbatas pada September.

"Perhatikan sektor energi baru terbarukan (EBT) karena memang trending di pasar belakangan ini. Memanfaatkan tren tersebut, trading pada saham-saham sektor ini jadi lebih mudah," sarannya.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan tiga emiten. Pertama, saham PT Barito Pacific Tbk alias BRPT. Emiten yang menguat ke 1.420 ini diprediksi tembus 1.500 pekan ini.

Kedua,ia menyarankan saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk yang melesat 15,04 persen ke posisi 1.415 pekan lalu. PGEO ditargetkan bisa mencapai level 1.500 pekan ini.

Ketiga,William meramal saham emiten berkode MEDC alias PT Medco Energi Internasional Tbk akan bergerak di rentang 1.700-1.800 pekan ini. Sebelumnya, MEDC naik 4,82 persen ke posisi 1.630.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Berkat Ekonomi Stabil, IHSG Diproyeksi Menguat Awal Pekan Ini******

Indeks harga saham gabungan diperkirakan menguat pada Senin (2/10) pagi.
Indeks harga saham gabungan diperkirakan menguat pada Senin (2/10) pagi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (2/10) ini.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memaparkan data perekonomian tentang cadangan devisa yang diperkirakan akan lansir dalam kondisi stabil dapat memberikan sentimen positif dan dapat mendongkrak pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

Di sisi lain, menurutnya, masih ada sentimen negatif dari melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap USD serta masih tercatatnya capital outflow secara year to date yang tetap perlu diwaspadai oleh para investor.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support6.889 dan resistance7.054. Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBNI, ITMG, ICBP, TLKM, BMRI, PWON, ASII, dan AKRA.

Sementara itu, Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana melihat indeks saham masih rawan bergerak terkoreksi di awal pekan ini. Ia memprediksi IHSG bergerak di level support6.900 danresistance6.968.

Saham pilihannya adalah AKRA, BMRI, dan INDY.


IHSG ditutup di level 6.939 pada Jumat (29/9). Indeks saham menguat 2,06 poin atau 0,03 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp11,07 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,54 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 269 saham menguat, 265 terkoreksi, dan 215 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)




bab terbaru:situs slot gacor terus

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
situs slot resmi 2022
slot2500
lukitoqq
cara mendapat uang banyak dengan cepat
erek erek 41 2d
lapak89
daftar judi online
spin707 slot
pengalaman pinjaman tunai kredivo
Daftar isi semua bab
Bab 1 arenamega
Bab 2 limit shopee pinjam turun
Bab 3 situs web lowongan pekerjaan terpercaya
Bab 4 buku tafsir mimpi 2d bergambar
Bab 5 pinjaman resmi ojk
Bab 6 kupon lalamove
Bab 7 website resmi akulaku
Bab 8 wasiat4d demo
Bab 9 analisa88 slot
Bab 10 pinjaman online yang cepat cair dan tidak ribet
Bab 11 cara dapat uang dalam semalam
Bab 12 link baru slot
Bab 13 slot win 138 vip
Bab 14 erek2 76
Bab 15 dominobca
Bab 16 belanja online bayar nanti
Bab 17 slot gacor 680
Bab 18 angka jitu oregon 12
Bab 19 nusa8et
Bab 20 slotgacor 2023
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3961bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Sistem agen perkotaan

juraganselot
Produk elektronik seperti AC, kulkas, sampai LED TV berbagai merek ternama hadir dengan diskon gede-gedean di Transmart Full Day Sale!
Ilustrasi. Produk elektronik seperti AC, kulkas, sampai LED TV berbagai merek ternama hadir dengan diskon gede-gedean di Transmart Full Day Sale! (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4) dengan diskon gede-gedean buat berbagai produk terpilih, termasuk elektronik.

Produk elektronik seperti AC, kulkas, sampai LED TV berbagai merek ternama mulai dari LG, Polytron, Panasonic, Sharp, dan Samsung, semua hadir dengan diskon fantastis di Transmart.

Lihat Juga :
Ramai Pelanggan Serbu Transmart Full Day Sale Jelang Lebaran

Bagi pelanggan yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan, bisa downloadAllo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store. Lalu upgradeakunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon di Transmart Full Day Sale.

Bisa juga mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya, Transmart Full Day Sale berlangsung dari jam toko buka hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Saatnya bawa pulang produk elektronik impianmu untuk hari raya Idul Fitri nanti!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Kaisar Abadi

ketentuan pinjaman tunai kredivo
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan merespons soal desakan untuk mencabut status PSN Rempang Eco City di Pulau Rempang.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan merespons soal desakan untuk mencabut status PSN Rempang Eco City di Pulau Rempang. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan merespons soal desakan untuk mencabut status Proyek Strategis Nasional (PSN)Rempang Eco City di Pulau Rempang, Kepulauan Riau.

"Kenapa mesti dicabut-cabut sih? Untung barangnya bagus, bahwa ada yang salah satu ya diperbaiki satu lah, jangan terus main cabut," ujar Luhut usai menghadiri 2nd Edition Marine Spatial Planning & Services Expo 2023 di Jakarta, Selasa (19/9).

Menurut Luhut, pengembangan Rempang Eco City akan sangat menguntungkan Indonesia. Sebab, akan masuk investasi bernilai jumbo untuk membangun industri sel photovoltaic (PV) untuk membuat solar panel hingga semikonduktor. Salah satu investor yang siap masuk adalah perusahaan asal China Xinyi Group.

"Bukan saja dapat investasi, tapi kita itu jadi pusat, karena sekarang ada pertikaian daripada negara-negara besar, kita menjadi alternatif. Bahwa ada yang kurang lebih di sekitar jangan mau terus main ada tikus dalam lumbung padi, lumbung padinya dibakar," ujarnya.

Kendati demikian, Luhut mengakui pendekatan yang dilakukan untuk merelokasi warga terdampak beberapa waktu lalu kurang pas. Kondisi itu menimbulkan konflik yang diperpanas oleh provokator

"Mungkin ya kita sekarang lagi mau slow down, saya pikir mungkinapproach,pendekatannya, kemarin kurang pas. Tapi, selama saya yang menangani banyak pembebasan tanah, tidak ada masalah," terangnya.

Lihat Juga :
Profil Xinyi Group, Investor China yang Siapkan Rp381 T di Rempang

Menurut Luhut, warga terdampak bersedia direlokasi selama kompensasi yang diberikan sesuai.

"Ada yang mau dikasih rumah dengan pekerjaan, sekolah dan sebagainya, ada juga yang mau uang saja, cash. Nah, kemudian yang provokator pasti ada, itu mesti dipisah-pisahkan," terangnya.

Desakan untuk mencabut status PSN Rempang Eco City muncul dari sejumlah pihak, salah satunya Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Pasalnya, proyek dianggap bermasalah.

[Gambas:Video CNN]

Dalam keterangan tertulis yang ditandatangani Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum, HAM dan Hikmah, Busyro Muqoddas, disebutkan payung hukum Rempang Eco-City baru disahkan pada 28 Agustus 2023, melalui Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Daftar PSN.

Namun proyek tersebut tidak pernah dikonsultasikan secara bermakna kepada masyarakat Rempang yang akan terdampak.

"Meminta Presiden dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia untuk mengevaluasi dan mencabut proyek Rempang Eco-City sebagai PSN," demikian pernyataan dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9) lalu.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

Raja Naga datang ke dunia

erek 87
Uskup Agung: Kunjungan Paus tegaskan kedekatan hubungan RI-Vatikan
Paus Fransiskus mengacungkan jempol pada audiensi umum mingguan di Lapangan Santo Petrus, Vatikan (15/11/2023). ANTARA/IMAGO/ULMER Pressebildagentur via Reuters Connect/pri. (IMAGO/ULMER Pressebildagentur vi/IMAGO/ULMER)
Jakarta (ANTARA) - Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo menyatakan bahwa rencana kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus ke Indonesia September mendatang menegaskan kembali kedekatan hubungan antara Indonesia, khususnya umat Katolik Indonesia, dengan Vatikan.

Dalam pernyataan resmi yang dipantau di Jakarta, Senin, Kardinal Suharyo menyebut kunjungan tersebut memiliki makna historis yang sangat mendalam yang telah terjalin sejak kemerdekaan Indonesia.

“Dalam sejarah bangsa kita, Vatikan adalah salah satu dari beberapa negara yang pertama-tama mengakui kemerdekaan Indonesia, dan pada tahun 1947, sudah ada perwakilan Vatikan di Indonesia,” ucap Uskup Agung.

Ia mengatakan bahwa sejarah yang menggugah tersebut menunjukkan pimpinan Gereja Katolik seluruh dunia telah sungguh-sungguh memberi perhatian kepada perjuangan kemerdekaan serta upaya-upaya mengisi kemerdekaan Indonesia hingga saat ini.

Kardinal mengatakan bahwa Paus Fransiskus sebenarnya berencana datang ke Indonesia pada 2020, namun rencana tersebut kandas akibat pandemi COVID-19. Rencana kunjungan tersebut baru dapat terwujud tahun ini menyusul komunikasi positif antara Indonesia dan Takhta Suci terkait hal itu, ucapnya.

Ia juga menyebut bahwa selain Indonesia, Sri Paus juga akan berkunjung ke Papua Nugini, Timor Leste, Singapura, serta Vietnam.

Oleh karena itu, dan dengan mengingat pula usia Paus Fransiskus yang telah lanjut, Suharyo meminta umat Katolik Indonesia untuk berlapang dada apabila belum berkesempatan bertemu Paus dalam kunjungannya ke Indonesia.

“Apalagi, rasa-rasanya belum pernah ada kunjungan yang meliputi lima negara yang jauhnya seperti kita ini. Kita doakan agar Paus Fransiskus dikaruniai kesehatan yang memadai untuk menjalani misi ini,” ucap Kardinal Suharyo.

Uskup Agung juga berharap momentum kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia dapat dimanfaatkan umat Katolik Indonesia untuk senantiasa menghayati pesan dan pemikiran Sri Paus, khususnya pesan Paus terkait kewajiban menjaga lingkungan hidup serta hidup dalam persaudaraan untuk semua.

“Hal tersebut adalah gagasan yang amat cemerlang, bukan dalam arti hebat saja, tetapi menjadi sangat penting untuk sejarah umat manusia pada zaman kita ini,” kata Kardinal.

Baca juga: KWI pastikan rencana kedatangan Paus ke Indonesia pada September 2024
Baca juga: Paus Fransiskus minta pemimpin rundingkan jalan damai Ukraina-Gaza

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024

Sistem lotere penuh waktu

situs web slot paling gacor
Jusuf Kalla mengklaim tidak pernah menggusur warga saat perusahaannya, Kalla Grup, membangun pabrik smelter di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.
Jusuf Kalla mengklaim tidak pernah menggusur warga saat perusahaannya, Kalla Grup, membangun pabrik smelter di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Makassar, CNN Indonesia--

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengklaim tidak pernah menggusur warga saat perusahaannya, Kalla Grup, membangun pabrik smelter di Desa Karang-karangan dan Desa Bukit Harapan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

JK menyindir pembebasan lahan yang kerap terjadi penggusuran rumah-rumah warga seperti yang terjadi kepada warga Rempang di Batam terkait proyek strategis negara (PSN) Eco City beberapa waktu lalu.

Ia mengakui pihaknya sudah membeli tanah masyarakat yang akan akan dibangun pabrik semenjak 2016. Meski begitu, ia tak menampik jika masih ada demo dari beberapa pihak, seperti kelompok AMAN (Aliansi Masyarakat Adat).

Mantan wapres ini menyebut pembangunan pabrik smelter tersebut paling ramah lingkungan di Indonesia. Sebab, pembangunan smelter itu menggunakan sumber energy terbarukan hydro power.

"Di sinilah yang paling lengkap di seluruh Indonesia, pembangkitnya green energi prosesnya juga green energi. Jadi, ini cocok untuk kemajuan Indonesia. Disini orang tidak akan melihat cerobong asap. Jadi ini satu-satunya di Indonesia yang paling green energy coba cari di Indonesia di mana ada yang paling ramah lingkungan," ungkapnya.

Selain itu, pada proses pembangunan smelter tersebut menggunakan 100 persen tenaga kerja dalam negeri yang terdiri dari 70 persen warga Luwu Raya dan 30 persen berasal dari beberapa daerah di Indonesia.

Menurutnya, hal itu menjadi bukti bahwa Indonesia mampu membangun smelter yang ramah lingkungan tanpa bantuan tenaga kerja asing sebagaimana yang terjadi di Morowali, Sulawesi Tengah.



"Insinyur insinyur ini semua anak-anak daerah, beda dengan Morowali nanti selesai (pabriknya) baru kerja (warga lokal). Ini untuk memberikan bukti bahwa Indonesia mampu untuk sebuah industri bahwa kita masih kerja sama teknologi dari luar," tegasnya.

Rencananya smelter yang dibangun oleh perusahaan JK di area 200 hektar tersebut akan menyerap ribuan tenaga kerja.

JK menjelaskan pada proses pengembangannya di area tersebut akan dibangun industri-industri lain berbasis nikel. Kemudian JK mempersilakan semua pihak untuk masuk dan turun membangun pabrik tersebut.

"Prinsip pokoknya adalah bagaimana memajukan daerah, ini industrinya 200 hektar akan penuh dengan pabrik dan akan menyerap ribuan tenaga kerja. Diharapkan nanti di sini akan timbul industri berbasis nikel, kita sistemnya terbuka kepada semua orang. Berbeda halnya dengan Vale hanya lingkungan di situ saja, kita ingin lebih terbuka kepada semua masyarakat," jelasnya.

Adapun rencananya, smelter nikel tersebut akan rampung dan mulai beroperasi memproduksi feronikel pada November 2023 dengan kapasitas produksi 33 ribu ton nikel per tahun. Diperkirakan pembangunan pabrik ini akan selesai pada Juli 2024 dengan kapasitas produksi sebesar 31.400 ton nikel per tahun dengan menelan investasi sebesar Rp3,2 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(mir/dzu)

Rasul Carmen

cara kredit hp di tokopedia tanpa dp
RD yakin pemain Barito Putera tetap profesional selama masa libur
Pelatih PS Barito Putera Rahmad Darmawan (ANTARA/ I.C. Senjaya)
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan (RD) yakin anak-anak asuhnya akan tetap profesional selama masa libur lebaran 2024 kompetisi Liga 1 Indonesia. Dikutip dari laman resmi Liga Indonesia, Senin, RD menjelaskan ini merupakan pilihan yang sulit meliburkan skuadnya, namun hal ini perlu diambil. Selama masa tunda ini, RD telah mengatur ulang periodisasi latihan untuk memaksimalkan persiapan laga selanjutnya pada pekan ke-31 Liga 1 Indonesia. "Kita tentu mencari lagi performance pemain dengan mengatur ulang periodisasi latihan," terang RD.

Baca juga: Barito Putera harus tampil disiplin ketika jamu PSM Makassar Rencananya skuad Laskar Antasari akan kembali berkumpul untuk lanjutan Liga 1 musim ini pada tiga hari lebaran atau Jumat (13/4) mendatang. Meski cukup singkat, keputusan ini harus dilakukan karena Barito Putera akan menghadapi jadwal padat karena akan melakoni empat pertandjngan dalam kurun waktu 15 hari. "Saya rasa sama saja dengan tim lain yang relatif tidak jauh-jauh sekarang. Kita fokus pada satu laga pertama saja dulu," tegas RD. Selanjutnya Barito Putera dijadwalkan akan melakoni partai pekan ke-31 Liga 1 Indonesia kontra Rans Nusantara FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (17/4) mendatang. Saat ini Barito Putera berada di posisi ke-9 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan perolehan 41 poin dari 30 pertandingan yang sudah dilalui. Gustavo Tocantins serta kolega masih memiliki kesempatan bersaing untuk menempati posisi empat besar klasemen akhir agar dapat melanjutkan ke babak Championship Series.

Baca juga: Barito Putera tak masalah meski bermain kandang di luar Kalimantan
Baca juga: Barito Putera berkekuatan penuh jelang hadapi Persib Bandung

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Nenek moyang Jindan di zaman modern

judi slot online paling gacor
TNI AL fasilitasi mudik naik kapal perang ke Semarang hingga Surabaya
Pemudik turun dari KRI Banda Aceh-593 di Dermaga Koarmada II Surabaya pada 7 April 2024. ANTARA/HO-Dispen Lantamal V
Tujuannya memang untuk memudahkan perjalanan mudik. Di samping sebagai komitmen TNI AL untuk turut berpartisipasi membantu pelaksanaan mudik gratis dan arus balik nanti
Surabaya (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 untuk memfasilitasi pemudik dari Jakarta tujuan Semarang hingga Surabaya.
 Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Marinir Joni Sulistiawan melalui keterangan tertulis di Surabaya, Senin, menjelaskan kegiatan ini untuk membantu pemudik yang tidak kebagian tiket di berbagai moda transportasi umum. "Selain itu untuk membantu mengurangi kemacetan arus mudik di jalan raya serta memberi rasa aman dan nyaman bagi para pemudik," katanya. Kapal perang jenis Landing Platform Dock itu mengangkut sebanyak 1.026 pemudik serta 276 sepeda motor.

Baca juga: TNI AL siap buat rutin mudik gratis, termasuk buka rute pulau terluar Berangkat dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta pada Jumat (5/4), rutenya singgah di Semarang (Jawa Tengah), sebelum akhirnya tiba di Dermaga Komando Armada (Koarmada) II Surabaya pada Minggu (7/4).  Danlantamal Joni meyakini dengan program mudik gratis naik kapal perang ini, rute mudik Jakarta - Semarang - Surabaya, akan lebih lancar. "Tujuannya memang untuk memudahkan perjalanan mudik. Di samping sebagai komitmen TNI AL untuk turut berpartisipasi membantu pelaksanaan mudik gratis dan arus balik nanti," ujarnya.

Baca juga: KRI Banda Aceh angkut 1.026 pemudik demi tekan risiko kecelakaan Danlantamal Brigjen Joni lebih lanjut menyatakan siap memfasilitasi arus balik menggunakan kapal perang dengan rute Surabaya - Semarang - Jakarta yang dijadwalkan berangkat pada 15 April mendatang. "Bagi warga yang berminat bisa mendaftarkan diri ke Markas Lantamal V Surabaya dan Pangkalan TNI AL atau Lanal Semarang," tuturnya. Sementara itu Vivin, salah seorang peserta mudik gratis naik KRI Banda Aceh, saat turun di Dermaga Koarmada II Surabaya, mengaku perjalanannya yang menempuh waktu selama dua hari melalui jalur laut cukup nyaman. "Saya bawa anak bayi juga terasa nyaman. Terima kasih TNI AL," ucap pemudik tujuan Kediri, Jawa Timur, itu.

Baca juga: TNI berangkatkan mudik gratis serentak 5 April 2024

Pewarta: Willi Irawan/Hanif Nasrullah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024