petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

angka jitu nanti malam

bingo4d rtp 83Jutaan kata 550969Orang-orang telah membaca serialisasi

《angka jitu nanti malam》

Harga Kripto Teratas Beragam Pagi Ini, Bitcoin Hijau US.813******

Mayoritas aset kripto merah teratas beragam pada pagi ini, Senin (12/6), dengan Bitcoin menguat tipis.
Mayoritas aset kripto merah teratas beragam pada pagi ini, Senin (12/6), dengan Bitcoin menguat tipis. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas aset kripto teratas beragam pada pagi ini, Senin (12/6), dengan Bitcoin menguat tipis.

Mengutip coinmarketcap.com, harga Bitcoin tercatat US.813,7 atau naik 0,23 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini masih merah 3,18 persen.

Penguatan juga terjadi pada XRP sebesar 1,22 persen ke USZulhas Sebut Boy Thohir******

Mendag Zulhas menyebut ada pertemuan pengusaha RI-arab Saudi yang dipimpin oleh Boy Thohir dan Anthony untuk mencari peluang kerja sama dua negara.
Mendag Zulhas menyebut ada pertemuan pengusaha RI-arab Saudi yang dipimpin oleh Boy Thohir dan Anthony untuk mencari peluang kerja sama dua negara. (CNN Indonesia/Panji Septo)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) akan mempertemukan para pengusaha RI dengan pengusaha Arab Saudi pada Selasa (30/5) malam ini. Ia menyebut pertemuan pengusaha kelas kakap ini akan dipimpin olehBoy Thohir danAnthony Salim.

"Tuan rumahnya nanti Pak Boy Thohir, Pak Anthony Salim dan lain-lain. Nanti malam akan perkenalan pertemuan, sambil pertemuan mungkin bidangnya masing-masing bisa bertemu," kata Zulhas dalam acara Indonesia-Saudi Arabia Business Forum & Networking, Selasa (30/5).

Ia menerangkan pertemuan pengusaha-pengusaha besar dari kedua negara tersebut bertujuan untuk menjalin komunikasi dan mencari peluang kerja sama. Pertemuan itu akan berlanjut pada saling berkunjung antara pebisnis RI dan Saudi.

Ia menilai selama ini pengusaha Indonesia melihat potensi kerja sama dengan Arab Saudi hanya seputar umrah dan haji saja, padahal potensinya lebih dari itu. Apalagi, saat ini Arab Saudi tengah gencar melakukan pembangunan kota-kota pariwisata.

Zulhas mengungkap Indonesia masih kalah oleh Vietnam dan Thailand soal kerja sama dagang dengan Arab Saudi. Padahal, hubungan Indonesia-Arab Saudi sudah terjalin lama, tetapi urusan perdagangan seolah jalan di tempat.

"Kalau dua negara ini bisa kerja sama ini potensinya besar sekali. Ini adalah sebuah awal, suatu langkah yang kita lanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta),5139 per keping dalam sehari. Harga XRP turun 3,27 persen dalam tujuh hari terakhir.

Sementara itu, harga Ethereum turun 0,85 persen ke US.735,25 per keping dalam sehari dan 7,33 persen dalam sepekan terakhir.

Pelemahan juga terjadi pada BNB sebesar 4,94 persen ke US5,17 per koin, Dogecoin minus 1,63 persen ke USBuka Peluang Investasi, Sandiaga Uno Temui 20 Pengusaha India******

Menparekraf Sandiaga Uno mengaku optimistis bahwa kerja sama yang terjalin dapat meningkatkan ekonomi kedua negara.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam pertemuan dengan 20 pengusaha asli India di National Stock Exchange, India, Selasa (20/6). (Foto: Arsip Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menemui 20 pengusaha asli India di National Stock Exchange, India guna memaparkan potensi bisnis dan inisiatif pemerintah Indonesia dalam menarik modal asing pada Selasa (20/6).

Para pengusaha itu termasuk CEO of Millennium India, Prakash Subramanian dan President & Head Nuvama Capital Markets, Shiv Sehgal, juga Hitesh Jain dan Malika Noorani dari Parinam Law Associates, serta Managing Director & Head - ICG at Nuvama Group, Gautam Shroff.

"Di sini terlihat begitu banyak peluang investasi dan kerja sama antara India dan Indonesia yang tadi kita kerucutkan ke tiga sektor utama, yaitu satu, teknologi, kedua adalah keuangan, dan ketiga adalah ekonomi kreatif yang kita kemas dalam sebuah pendekatan ekonomi digital," kata Sandiaga.

"Kita berharap kerja sama ini akan memberikan dampak signifikan untuk penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024 serta dengan Presidensi G20 India dan Indonesia sebagai anggota, maka beberapa inisiatif mengenai percepatan pembangunan khususnya kepemimpinan ekonomi bisa kita hadirkan," katanya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengaku optimistis bahwa kerja sama yang terjalin dapat meningkatkan ekonomi kedua negara. Dengan demikian, peluang usaha bakal semakin terbuka, lapangan kerja pun tercipta bagi kedua negara.

Adapun salah satu hal yang menarik perhatian Sandiaga adalah pengelolaan data yang terintegrasi, terutama data dari segi bahan pangan. Dia yakin, hal itu dapat membuka peluang Indonesia untuk pengendalian inflasi ke depannya, sehingga harga-harga kebutuhan pokok lebih terjangkau.

"Kita juga melihat bagaimana konsep transparansi dalam pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi ini juga menjadi salah satu fokus bagaimana India bisa bertransformasi dan mereka bisa belajar dari Indonesia dan Indonesia juga bisa meluaskan pasarnya ekonominya dengan kerja sama yang kita berikan," ujar Sandiaga.

(rea/rea),0605 per koin, dan Solana anjlok 4,4 persen ke US,05 per keping.

Siang ini, kapitalisasi pasar aset kripto mencapai US,05 triliun secara global. Angka itu turun 0,46 persen dibandingkan kemarin.

Kripto sendiri masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/pta)

Menteri KKP: Pengerukan Sedimentasi untuk Reklamasi IKN******

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono akhirnya buka-bukaan soal kebijakan Jokowi mengizinkan ekspor pasir laut lagi.
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono akhirnya buka-bukaan soal kebijakan Jokowi mengizinkan ekspor pasir laut lagi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggonoakhirnya buka-bukaan soal kebijakan Jokowi mengizinkanekspor pasir lautlagi.

Menurutnya penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut dikarenakan banyaknya permintaan reklamasi di dalam negeri termasuk untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"IKN misalnya, di sampingnya banyak sekali. Di Batam banyak yang kami tutup (reklamasi). Ada yang bikin resort di Pulau Bawah ditutup, kalau nggak ada izin karena menurut pandangan kami itu merusak lingkungan," katanya, Rabu (31/5).

Sebelumnya, Jokowi menerbitkan PP 26 tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut. Dalam beleid itu, Jokowi mengizinkan sejumlah pihak untuk mengeruk pasir laut dengan dalih mengendalikan hasil sedimentasi di laut.

Pelaku usaha juga diizinkan untuk memanfaatkan pasir laut untuk beberapa keperluan, termasuk ekspor, sepanjang kebutuhan dalam negeri terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hal itu dimuat dalam Pasal 9 PP tersebut.

Lihat Juga :
Menteri ESDM Bongkar Alasan Jokowi Izinkan Ekspor Pasir Laut

Bertalian dengan ekspor dan penjualan pasir laut, dalam Pasal 10, Jokowi mengatur bahwa perusahaan harus mendapatkan izin usaha pertambangan menteri ESDM atau gubernur. Pemanfaatan hasil sedimentasi di laut untuk ekspor juga wajib mendapatkan perizinan berusaha di bidang ekspor dari menteri perdagangan.

Pemerintahan Indonesia, tepatnya saat era Presiden Megawati Soekarno Putri pernah melarang ekspor pasir laut. Larangan ekspor tersebut diatur oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Megawati, Rini Soemarno melalui Kepmenperin Nomor 117 Tahun 2003 tentang Penghentian Sementara Ekspor Laut.

Dalam beleid itu, Rini mengatur ekspor pasir laut dihentikan sementara demi mencegah kerusakan lingkungan yang lebih luas berupa tenggelamnya pulau kecil.

Penghentian akan ditinjau kembali setelah tersusunnya program pencegahan kerusakan terhadap pesisir dan pulau kecil.

[Gambas:Video CNN]



Namun, beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi mengizinkan ekspor pasir laut lagi.

Izin tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Dalam Pasal 6 beleid tersebut, Jokowi memberikan ruang kepada sejumlah pihak untuk mengeruk pasir laut dengan dalih mengendalikan hasil sedimentasi di laut.

Dengan alasan mengendalikan sedimentasi itu, Jokowi memberikan ruang kepada sejumlah pihak untuk membersihkannya.

[Gambas:Video CNN]

Dalam Pasal 8 beleid itu, Jokowi mengatur sarana yang bisa digunakan untuk membersihkan sedimentasi itu adalah kapal isap. Kapal isap itu diutamakan berbendera Indonesia.

Kalau tidak tersedia, Jokowi mengizinkan kapal isap asing untuk mengeruk pasir di Indonesia. Dalam Pasal 9, Jokowi mengatur pasir laut yang sudah dikeruk boleh dimanfaatkan untuk beberapa keperluan;

a. Reklamasi di dalam negeri;

b. Pembangunan infrastruktur pemerintah;

c. Pembangunan prasarana oleh Pelaku Usaha;
dan/atau

d. Ekspor sepanjang kebutuhan dalam negeri terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(mrh/agt)

Harga Emas Antam Turun Lagi ke Rp1,053 Juta per Gram Hari Ini******

Harga jual emas turun ke Rp1,053 juta per gram pada Kamis (15/6) pagi, sementara harga buyback juga turun menjadi Rp933 ribu per gram.
Harga jual emas turun ke Rp1,053 juta per gram pada Kamis (15/6) pagi, sementara harga buyback juga turun menjadi Rp933 ribu per gram. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jualemas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1,053 juta per gram pada Kamis (15/6) pagi. Harga emas terpantau turun Rp1.000 per gram dari perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga turun Rp1.000 per gram dari Rp934 ribu per gram menjadi Rp933 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp576 ribu, 2 gram Rp2,04 juta, 3 gram Rp3,04 juta, 5 gram Rp5,03 juta, 10 gram Rp10,01 juta, 25 gram Rp24,91 juta, dan 50 gram Rp49,74 juta.

Harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX turun 1,08 persen menjadi US.947 per troy ons. Senada, harga emas di perdagangan spot juga turun 0,40 persen ke US.934 per troy ons pada pagi ini.

Analis Pasar Lukman Leong memproyeksi harga emas internasional bakal turun akibat kenaikan imbal hasil pemerintah AS akibat pernyataan mengejutkan Ketua The Fed Jerome Powell bahwa akan ada kenaikan lanjutan suku bunga AS, meski saat ini ditahan.

"Harga emas diperkirakan akan turun tertekan oleh naiknya imbal hasil obligasi AS," ujar Lukman kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, ia memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.920 per troy ons dan resistance US.950 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/pta)




bab terbaru:slot 707

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
hoki slot no 1
slot maxwin modal receh
rajasloto
ratu3388 slot
slot online terbaru
mulaiqq
kuyslot
erek erek panglima
game slot yang mudah jp
Daftar isi semua bab
Bab 1 angka gaib jitu hk malam ini
Bab 2 erek2 08
Bab 3 live chat slot
Bab 4 surgaslot
Bab 5 animototo slot
Bab 6 seribu mimpi 81
Bab 7 bonus new member to x3
Bab 8 cara kredit hp di kredivo shopee
Bab 9 game slot online terbaik
Bab 10 pola gacor royal domino
Bab 11 jagoan777
Bab 12 2d bergambar buku mimpi
Bab 13 lambo388
Bab 14 holybet777
Bab 15 seribu mimpi 76
Bab 16 royalslot88
Bab 17 psg138
Bab 18 info link slot gacor
Bab 19 pinjam uang masuk ke dana
Bab 20 cara kredit hp di tokopedia tanpa dp
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6145bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Ribuan hati

trik pola gacor olympus
Uji coba terbatas ini masih terus berlangsung di internal Jasa Marga dan juga kalangan eksternal, di antaranya melibatkan Instansi Pemerintah, Perusahaan BUMN.
Sistem pembayaran tol elektronik tanpa setop (nirhenti) berbasis Single Lane Free Flow (SLFF) masih berjalan dalam tahap uji coba terbatas. (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sistem pembayaran tol elektronik tanpa setop (nirhenti) berbasis Single Lane Free Flow (SLFF) yang pernah berjalan pada 2020 lalu hingga saat ini masih berjalan dalam tahap uji coba terbatas.

Teknologi yang diimplementasikan yaitu dengan menggunakan stikerRFID (Radio Frequency Identification) yang terintegrasi dengan aplikasi yang diberi nama Let ItFlo.

Sistem ini dikembangkan oleh anak perusahaan Jasa Marga yaitu PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO). Sistem ini untuk memenuhi arahan pemerintah dalam meningkatkan penetrasi pemakaian dan untuk mengurangi biaya alat yang dipasang di kendaraan pemakai.

Peningkatan itu, terutama terkait dengan kesulitan monitoring transaksi pembayaran tol, potensi kehilangan saldo maupun fisik uang elektronik hingga keterbatasan dalam melakukan top up uang elektronik.

"Pada dasarnya, Jasa Marga telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi yang memudahkan masyarakat khususnya yang termasuk dalam transaksi nirhenti di jalan tol, bahkan jauh sejak sebelum diberlakukannya 100 persen penggunaan uang elektronik di jalan tol pada 2017," ujar Yoga dikutip Rabu (31/5).

Yoga menjelaskan, untuk implementasi uji coba terbatas Let It Flo saat ini dilakukan di total 100 titik ruas jalan tol di wilayah Jabodetabek dan Bali. Hingga saat ini, jumlah pengguna Let it Flo sudah mencapai lebih dari 13.000 pengguna aktif dengan rata-rata transaksi harian sebanyak 3.770 kendaraan.

"Uji coba terbatas masih terus berlangsung di internal Jasa Marga dan juga kalangan eksternal, di antaranya melibatkan Instansi Pemerintah, Perusahaan BUMN, Perusahaan Swasta hingga Komunitas, yang diajak untuk menguji keandalan sistem Let It Flo," ujarnya.

"Selain itu, kami juga mendengarkan berbagai masukan dari para pengguna sebagai catatan perbaikan dan pengembangan di JMTO," ujarnya.

Yoga menjelaskan mekanisme penggunaan sistem pembayaran tol nirsentuh ini. Mobil pengguna Let It Flo akan dipasangkan stiker RFID di lampu utama sisi kanan. Stiker yang digunakan ini nantinya akan terbaca saat melintas di tol tanpa harus berhenti dan tanpa harus menempelkan uang elektronik saat melintas gerbang tol.

"Walaupun dalam keadaan hujan maupun panas, pengguna Let It Flo tidak perlu khawatir, stiker tersebut tetap akan terbaca oleh sistem. Hanya dengan memperlambat laju kendaraan maksimal 20 KM/jam saat memasuki gerbang tol, mobil bisa langsung melintas," katanya.

"Pengguna juga mendapatkan kemudahan untuk melakukan monitoring dan top up saldo Let it Flo hanya dengan menggunakan aplikasi Let It Flo yang bisa didapatkan melalui Google Play dan AppStore," tambah Yoga.

Selain itu Yoga menambahkan, PT JMTO juga mengoperasikan Pusat Monitoring Let it Flo yang berfungsi sebagai pusat pemantau keberfungsian peralatan Let it Flo.

Pusat Monitoring ini terintegrasi dengan Customer Care Let it Flo untuk memastikan kendala dan aduan pengguna Let it Flo mampu ditangani dengan cepat dan tepat.

Saat ini PT JMTO juga bekerja sama dengan Bluebird sebanyak kurang lebih untuk 1.000 kendaraan. Hal ini memberikan kenyamanan, pengalaman yang unik dalam transaksi pembayaran tol bagi para pengguna Bluebird serta memberikan nilai tambah bagi Bluebird dalam monitoring transaksi tol untuk kendaraan operasionalnya.

Sehingga, kata Yoga, dapat disimpulkan bahwa teknologi sistem bayar tol tanpa setop oleh PT JMTO sudah berjalan baik di Indonesia sejak tahun 2017.

(inh/inh)

Perhatikan iblis seperti ini

erek 76
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebut tanah seluas 87,9 juta meter persegi di 33 ruas jalan tol hingga kini belum bersertifikat.
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebut tanah seluas 87,9 juta meter persegi di 33 ruas jalan tol hingga kini belum bersertifikat. ( Detikcom/Bahtiar Rifai).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebut tanahseluas 87,9 juta meter persegi di 33 ruas jalan tolhingga kini belum bersertifikat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua BPK Isma Yatun saat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2022 ke DPR pada Selasa (20/6) ini. 

"Atas permasalahan ini, BPK merekomendasikan pemerintah agar melakukan pendataan, inventarisasi ulang, dan menyelesaikan proses sertifikasi tanah pada ruas jalan tol tersebut," katanya.

Ia mengatakan BPK menemukan anggaran yang mengalami masalah itu tembus Rp11,20 triliun. 

"Serta ada temuan juga terkait ketidakpatuhan yang nilainya Rp14,65 triliun," katanya. 

[Gambas:Video CNN]



(agt/dzu)

Dewa agung palsu

slot20
Elon Musk kembali mendapatkan status orang terkaya di dunia menurut angka Bloomberg Billionaires Index pada Kamis.
Elon Musk kembali mendapatkan status orang terkaya di dunia menurut angka Bloomberg Billionaires Index pada Kamis. (REUTERS/Hannibal Hanschke)
Jakarta, CNN Indonesia--

CEO Tesla, Elon Musk, kembali mendapatkan status orang terkaya di dunia menurut angka Bloomberg Billionaires Index pada Kamis.

Kekayaan Musk melonjak 40,3 persen tahun ini menjadi US2 miliar dolar (sekitar Rp2,84 kuadriliun), berkat nilai saham Tesla yang naik 24 persen pada Mei. Musk mengeser posisi bos merek fesyen mewah Prancis Louis Vuitton LVMH, Bernard Arnault, yang kini berada di posisi kedua dengan US7 miliar (Rp2,13 kuadriliun).

Pada Desember 2022, Arnault sempat menggeser Musk dan menjadi orang terkaya di dunia.

Pilihan Redaksi
  • Cara AS Lindungi Rakyat Dari 'Bahaya' AI, Bagaimana dengan RI?
  • Harta 31 Crazy Rich Lampaui Kas Pemerintah AS, Termasuk Elon Musk
  • Eksekutif Terpenting Elon Musk di Twitter Hengkang Lagi

Lonjakan kekayaan Musk itu dirilis setelah ia mengunjungi China pekan ini.

Dalam kunjungan dua hari ke China, miliarder AS itu bertemu dengan Menteri Luar Negeri, Perdagangan, dan Industri China untuk membahas perkembangan Tesla.

Musk, yang terbang ke Beijing untuk kunjungan pertamanya sejak 2020, juga bertemu dengan pemasok baterai utama Contemporary Amperex Technology, dan mengunjungi pabrik Tesla di Shanghai.

Kunjungan tersebut dilakukan menyusul meningkatnya persaingan yang saat ini dihadapi Tesla dengan kendaraan listrik buatan China. Sejumlah laporan menyebut bahwa kondisi itu menyebabkan ketidakpastian terkait rencana ekspansi Tesla di Shanghai.

Dia juga membahas pengembangan Tesla di China dan kendaraan "jaringan cerdas" dengan Menteri Perdagangan Wang Wentao.

Musk, yang mengunjungi China setelah tiga tahun, lebih banyak menghindari sorotan media dan belum membuat pernyataan publik tentang pertemuannya dengan sejumlah pejabat China.

Foto-foto kunjungannya ke pabrik perusahaannya di Shanghai pada Rabu malam tampak memperlihatkan Musk yang sedang memegang tanda "Giga Shanghai", diapit oleh ratusan staf termasuk kepala manufaktur global Tom Zhu.

(Antara/vws)

[Gambas:Video CNN]

Perjalanan ke Timur Dinasti Tang

kantor kredivo di medan
Proyek pengembangan Kawasan Mandalika berutang sebesar Rp4,6 triliun. InJourney mengaku kesulitan membayar utang jangka pendek Rp1,2 triliun sehingga minta PMN.
Proyek pengembangan Kawasan Mandalika berutang sebesar Rp4,6 triliun. InJourney mengaku kesulitan membayar utang jangka pendek Rp1,2 triliun sehingga minta PMN. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia--

Proyek pengembangan Kawasan Ekonomi Pariwisata Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) ternyata meninggalkan utang sebesar Rp4,6 triliun. Utangtersebut terbagi atas kewajiban pembayaran jangka pendek sebesar Rp1,2 triliun dan jangka panjang sebanyak Rp3,4 triliun.

Akibat kondisi ini, holding BUMN pariwisata InJourney melalui PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) meminta Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,19 triliun kepada pemerintah lantaran kesulitan membayar utang tersebut.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan dari total Rp1,19 triliun PMN yang diajukan, sebesar Rp1,05 triliun akan digunakan untuk membayar utang pengembangan kawasan pariwisata terpadu itu.

Menurut Dony, PMN adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan kewajiban pembayaran utang jangka pendek proyek yang juga mencakup sirkuit balap motor itu. Sedangkan untuk utang jangka panjang, pihaknya akan mencari cara lain untuk melunasinya.

Selain membayar sebagian utang, suntikan PMN rencananya digunakan untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur sebesar Rp143 miliar. Salah satunya untuk pembangunan convention center.

"Total PMN yang kami ajukan sebesar Rp143 miliar dari total pengembangan yang dilakukan sendiri oleh korporasi sebesar Rp1,7 triliun. Ditambah dengan investasi yang kami raih dari KEK Sanur ini Rp1 miliar," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Perburuan protagonis tanpa batas

gila slot 1

Saya ingin merasuki iblis

maxwin kakek zeus