petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

demo panen138

kamislot 64Jutaan kata 923461Orang-orang telah membaca serialisasi

《demo panen138》

Meneropong Harga Komoditas Penopang Ekspor dan Ekonomi RI******

BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia tembus 5,72 persen secara tahunan pada kuartal III 2022, ditopang oleh kinerja ekspor.
BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia tembus 5,72 persen secara tahunan pada kuartal III 2022, ditopang oleh kinerja ekspor. (REUTERS/DANIEL BECERRIL).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia tembus 5,72 persen secara tahunan pada kuartal III 2022, salah satunya ditopang oleh kinerja ekspor

Dalam hal ini, beberapa komoditas unggulan menjadi andalan dalam menjaga kinerja ekspor seperti batu bara, minyak kelapa sawit (CPO), dan besi/baja.

"Kita lihat bahwa neraca dagang RI surplus US,92 miliar, tumbuh 12,58 persen (yoy). Kalau diperhatikan surplus tersebut dari beberapa komoditas unggulan, seperti batu bara US,31 miliar, kelapa sawit ekspornya capai US,95 miliar, besi baja ekspor US,38 miliar," ungkap kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Mengutip tradingeconomic.com, harga batu bara terus naik sejak perang atau awal 2022. Tercatat, pada Februari 2022, harga batu bara masih di level US9,5 per ton.

Harga ini terus mendaki hingga menyentuh level tertinggi pada 6 September 2022, yakni US7,8 per ton. Artinya harga komoditas fosil itu naik lebih dari dua kali lipat.

Namun, memasuki Desember 2022, harga batu bara berada turun menjadi di level US8 hingga US3 per ton. Meski begitu harga ini masih jauh lebih tinggi dibanding sebelum perang.

Lihat Juga :
Bos ESDM Tak Takut Larangan Ekspor Bauksit Digugat: Inilah Kehidupan

Selain batu bara, harga CPO juga sempat melesat dan menopang ekonomi Indonesia. Tercatat harga CPO terus naik dari 4.778 ringgit Malaysia pada Januari 2022, hingga mencapai puncak tertinggi 7.116 ringgit Malaysia pada 29 April 2022. Sayangnya, harga CPO kembali tergelincir ke level 3.918 ringgit Malaysia per ton pada awal Desember 2022.

Melihat kondisi tersebut, apakah komoditas-komoditas itu masih bisa menjadi andalan di 2023 atau Tahun Kelinci Air?

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan lonjakan harga dan ekspor Indonesia masih akan ditopang oleh komoditas-komoditas tersebut.

Menurutnya, batu bara dan CPO akan tetap memainkan peran sebagai penghasil devisa nasional, baik di tahun depan maupun tahun-tahun mendatang.

Lihat Juga :
Aturan Jokowi: Fasilitas Golf-Pacuan Kuda Bos Kantor Bakal Kena Pajak

"Negara seperti China akan menjadi importir utama batu bara nasional, sama seperti tahun-tahun kemarin. Transisi menuju energi bersih membutuhkan waktu puluhan tahun. Jadi peran batu bara masih tetap penting bagi China sebagai sumber energi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (18/12).

Hal yang sama juga berlaku untuk CPO. Ronny mengatakan meski Eropa masih mempersoalkan CPO dari Indonesia, peran CPO masih akan tetap penting sebagai penghasil devisa nasional. Menurutnya, tugas pemerintah saat ini adalah mengupayakan agar pasar Eropa untuk CPO bisa segera diganti dengan pasar yang baru.

Di sisi lain, ia mengatakan lonjakan harga tak terkait langsung dengan ekspor komoditas nasional. Dengan demikian, meskipun harga tidak terlalu melonjak tinggi, aktivitas ekspor komoditas tersebut akan tetap berlangsung.

"Karena selama ini memang demikian. Hanya margin keuntungannya yang berkurang, yang berimbas pada nominal devisa nasional," jelas Ronny.



Perlu eksplorasi komoditas baru

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Space X Ingin Investasi di IKN******

Space X berminat untuk berinvestasi di IKN untuk mendukung visi kota pintar. Meski demikian, mereka menghadapi beberapa kendala teknis.
Space X berminat untuk berinvestasi di IKN untuk mendukung visi kota pintar. Meski demikian, mereka menghadapi beberapa kendala teknis. (SpaceX-Imagery/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perwakilan US-ASEANBusiness Council Taufikurrahman menyampaikan bahwa Space Xberminat untuk berinvestasi ke IKNuntuk mendukung visi kota pintar. 

Hal itu ia sampaikan dalam Mandiri Investment Forum, Kamis (2/2).

"Space X, salah satu perusahaan Elon Musk, yang akan masuk ke Indonesia untuk bisnis internet yang jauh lebih cepat dari internet tradisional karena pakai satelit. Ini mungkin akan banyak membantu teknologi untuk IKN dan juga untuk Indonesia secara keseluruhan. Kami mohon dibantu proses licence-nya (perizinannya)," katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/2).

Menanggapi rencana itu Kepala BKPM/ Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan akan segera melakukan asistensi dan mempercepat proses perizinannya.

"Silakan saja. Inventarisir, apa masalah-masalahnya, tapi langsung mengerucut. Perusahaan A mau investasi, sekian investasinya, sektornya apa, masalahnya apa. Pak Sesmen, Pak Indra (Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal) bantu asistensi. Selama itu benar melakukan investasi, dan itu domainnya di Kementerian Investasi dan kementerian lainnya, kita akan percepat. Saya akan percepat. Itu janji saya," katanya.

Bahlil menegaskan komitmennya untuk siap membantu para investor dalam menanamkan modalnya di Indonesia.

Menurut dia, pihaknya tidak akan menahan investasi yang masuk ke Indonesia.

"Karena menurut saya, menahan investor, menahan investasi, itu sama dengan menahan potensi penciptaan lapangan pekerjaan, menahan pendapatan negara dan competitiveness kita terganggu. Yang penting clear (jelas)," tegas Bahlil.

[Gambas:Video CNN]

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan pihaknya siap memfasilitasi minat investasi perusahaan Elon Musk itu. Ia mengakui ada banyak proposal investasi untuk mendukung konektivitas di IKN.

"Untuk konektivitas (di IKN) banyak sekali yang menawarkan teknologi segala macam, silahkan bicarakan dengan tim kami, kami siap. Kami memang ingin melakukan beberapa lompatan ke depan, untuk Elon Musk tadi saya belum melihat proposalnya seperti apa," kata Bambang.

(agt/pta)

Sektor Energi dan Transportasi Diramal Jadi Andalan Pada Pekan Ini******

Sektor rekomendasi pada pekan ini adalah energi, khususnya minyak mentah. Selain itu sektor transportasi juga diramal tangguh pada pekan ini.
Sektor rekomendasi pada pekan ini adalah energi, khususnya minyak mentah. Selain itu sektor transportasi juga diramal tangguh pada pekan ini. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.880 pada Jumat (10/2). IHSG melemah 17,03 poin atau minus 0,25 persen dari perdagangan sebelumnya.

Dalam sepekan terakhir, IHSG tercatat melemah tiga kali dan menguat dua kali. Secara akumulatif, perdagangan melemah 0,45 persen. Investor asing juga tercatat beli bersih (net buy) Rp2,52 triliun.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan BEI Aulia Noviana Utami Putri mengungkapkan perubahan sebesar 9,43 persen dialami oleh rata-rata nilai transaksi harian bursa pada pekan ini, menjadi Rp9,72 triliun dari Rp10,73 triliun pada sepekan yang lalu.

"Peningkatan sebesar 10,31 persen terjadi pada rata-rata volume transaksi harian bursa menjadi 20.537 miliar saham dari 18.618 miliar saham pada sepekan yang lalu," ucap Aulia dikutip dari situs IDX, Jumat (10/2).

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi menilai pekan ini IHSG akan bergerak menguat cenderung terbatas dengan rentang pergerakan masih di dalam zona supply yakni di rentang 6.828-6.953.

Sejumlah sentimen yang memengaruhi adalah rencana Rusia yang akan memangkas 5 persen dari total produksi minyak mentahnya pada Maret mendatang.

Lihat Juga :
TAIPANMukesh Ambani, Anak Penjual Benang yang Kini Berharta Rp1.350 T

Akibatnya, harga minyak mentah Brent berjangka melonjak hampir tiga persen menjadi sekitar US atau Rp1,34 juta (asumsi kurs Rp15.500) per barel pada Jumat lalu.

Selain itu, suku bunga The Fed direncanakan tinggi dalam kurun waktu yang lebih lama dari perkiraan pasar sebelumnya, seiring dengan menguatnya data pekerjaan di AS.

Saat ini, data tingkat pengangguran AS berada di posisi 3,4 persen atau terendah sejak 1969. Hal ini menjadi kekhawatiran oleh The Fed sebab dapat memicu inflasi berada di level yang tinggi atau jauh dari target yakni di level 2 persen.

Menurutnya, prospek the Fed yang semakin hawkish menyebabkan pasar bergerak volatile pekan ini.

Lihat Juga :
Taman Safari: Biaya Perbaikan Mobil Ditabrak Singa Ditanggung Asuransi

"Rilis data inflasi AS pada Januari yang diperkirakan berada di level 6,3 persen atau lebih rendah dari sebelumnya di level 6,5 persen. Meski terus mulai menurun, tidak serta merta membuat the Fed lebih dovish. Karena berkebalikan dengan kondisi pasar tenaga kerja AS yang masih kuat," papar Audi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (12/2).

Sementara dari dalam negeri, sentimen negatif akibat keputusan suku bunga acuan Bank Indonesia yang diperkirakan naik 25 bps ke level 6 persen.

Audi melihat inflasi Januari yang masih berada di level 5,28 persen atau di atas target 2-4 persen akan membuka ruang untuk suku bunga kembali dinaikkan. Konsekuensinya, akan berdampak pada perlambatan ekonomi.

Lihat Juga :
Eks Komisioner KPU Jadi Komisaris Anak Usaha PLN

"Rilis data neraca dagang Januari 2023 yang diperkirakan surplus sebesar US,1 miliar atau lebih rendah dari bulan sebelumnya yang mencapai US,8 miliar. Akan menjadi bulan ke-33 Indonesia mengalami surplus, hal ini menggambarkan demand global yang masih solid," paparnya.

Sektor rekomendasi Audi adalah energi, khususnya minyak mentah. Hal ini merupakan dampak dari pemangkasan produksi minyak Rusia. Selain itu ia menyarankan sektor industri dasar sebab secara teknikal masih menarik.

Salam pilihannya adalah AKSA (speculative buy) di renang 1.230-1.420; AGII (trading buy) di rentang 2.040-2.350; dan ENRG (speculative buy) untuk pembelian di rentang 256-308.

Saham GOTO Jadi Salah Satu Pilihan Pekan Ini

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:game slot online resmi

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
asiaslot
situs slot paling gacor dan terpercaya
game slot ayam
togel singapore
angka jitu cambodia hari ini 2023
game slot no 1 di dunia
kangtoto
nekoslot88
mulia123
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot 200m
Bab 2 pinjaman tunai kredivo tidak bisa
Bab 3 jam gacor aztec gems
Bab 4 jagomerah88
Bab 5 pinjam uang dana
Bab 6 warungqq
Bab 7 rtp live wbocash
Bab 8 sinislot demo
Bab 9 dapat uang dari neo+ bank
Bab 10 wen4d
Bab 11 daftar situs slot online terpercaya
Bab 12 nama situs slot online terbaik
Bab 13 berlian slot gacor
Bab 14 pinjol legal terbaru
Bab 15 kredit hp akulaku dp 0
Bab 16 ugslot link alternatif
Bab 17 mami188
Bab 18 cara dapat uang setiap hari
Bab 19 bocoran admin
Bab 20 888 slot login
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5014bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Tiba di pegadaian besar atas nama menjadi yang terkuat

pinjaman online tanpa ojk
Kementerian PUPR bakal melelang ulang proyek Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) dalam waktu dekat.
Kementerian PUPR bakal melelang ulang proyek Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) dalam waktu dekat. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian PUPR bakal melelang ulang proyek Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) dalam waktu dekat. Pengerjaan pembangunan proyek bakal mundur dari jadwal awal.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan lelang ulang dilakukan karena gagal melakukan pemenuhan pembiayaan (financial close) dengan kontraktor sebelumnya.

"Kita akan lelang ulang karena kemarin tidak financial close. Konstruksinya bakal mundur lagi," ujarnya ditemui di Gedung DPR RI, Selasa (17/1).

Hedy menekankan bahwa pembangunan baru akan dilakukan setelah ada investor baru. Karenanya, dalam waktu dekat akan kembali dilakukan lelang dan diharapkan bisa mencapai kesepakatan pembiayaan.

"(Konstruksinya) nanti setelah ada investor baru," jelasnya.

Sebelumnya, menurut BPJT Kementerian PUPR, Tol Getaci terbagi atas empat seksi. Seksi pertama, Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 km, seksi kedua Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 km, seksi ketiga Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 km, dan seksi keempat Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 km.

Tol Getaci akan dibangun dalam dua tahap yakni pada tahap pertama ditargetkan rampung pada 2024, dengan menyelesaikan seksi pertama dan kedua. Kemudian, tahap kedua bakal menyelesaikan seksi ketiga dan keempat dengan target penyelesaian pada 2029.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Roh Kudus kelas satu

cara pinjam uang lewat m banking bca
Kontraktor Aswin Yanuar viral lantaran proyek rumah yang dikerjakan perusahaannya, PT Maswindo Bumi Mas, mangkrak.
Kontraktor Aswin Yanuar viral lantaran proyek rumah yang dikerjakan perusahaannya, PT Maswindo Bumi Mas, mangkrak. (Tangkapan Layar Instagram/@@aswinyaanuar)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kontraktor kondangAswin Yanuar dibanjiri protes oleh kliennya di media sosial. Protes disampaikan karena perusahaannya, PTMaswindo Bumi Mas, dinilai lalai melaksanakan tugas.

PT Maswindo menjadi pembicaraan ketika sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sejumlah karangan bunga berjejer rapi di depan sebuah lahan kosong. Karangan bunga tersebut berisi ungkapan protes.

Berdasarkan pantauan Detikcom, Selasa (7/2), ternyata protes tak hanya berseliweran di Instagram. Ungkapan protes juga nampak beredar Twitter. Terpantau, beberapa akun yang mengaku klien Maswindo mengadukan kesusahannya.

Selain itu, ada dua orang juga yang mengaku sebagai klien Maswindo menyampaikan keluhan ke redaksi Detik. Konsumen pertama mengatakan dana refund-nya tak kunjung cair dan berharap agar uangnya bisa segera kembali. Sedangkan yang lainnya, mengeluhkan rumah yang tiba-tiba berhenti dibangun dan tak kunjung berlanjut pembangunannya.

Pengacara sekaligus kuasa hukum korban Maswindo Sapto Dewi Trianawati mengatakan gejolak ini sebetulnya telah terasa sejak awal 2021. Namun para kepala cabang berupaya menutupi kondisi sebenarnya sehingga baru terasa di akhir tahun lalu.

"Awalnya lancar, biasanya kan gitu, pertama dibagusin dulu. Termin tidak ada masalah, ada yang BASP, tapi kemudian profit tidak diberikan, retensi tidak diberikan. Nah ini asal mula dari sini. Padahal Aswin mensyaratkan mutlak konsumen ketika mau membangun rumah harus bayar cash," katanya saat dihubungi.

Wanita yang akrab disapa Yana ini menjelaskan para konsumen Maswindo membayar tunai proyek langsung ke rekening kantor pusat. Untuk memulai pembangunan, para kantor cabang ini harus menunggu dana cair dari pusat.

Terkait dengan aksi protes yang viral ini, pihak Maswindo belum memberikan komentar apapun. Bahkan pesan singkat redaksi melalui Instagram @maswindocontractor dan Whatsapp belum juga direspons.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Superstar Hiburan yang Tak Terkalahkan

situs mudah menang
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi Jalan Tol Akses Patimban selesai pada September 2024.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi Jalan Tol Akses Patimban selesai pada September 2024. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi Jalan Tol Akses Patimban selesai pada September 2024.

Melihat hal itu, ia meminta agar proses pembebasan lahan khususnya untuk pekerjaan porsi pemerintah segera dimulai akhir Januari ini.

Selain itu, ia juga mendorong pemanfaatan produk dalam negeri selama pembangunan proyek tersebut.

Nantinya, Tol Akses Patimban dapat meningkatkan konektivitas di Jawa Barat dan memperlancar arus logistik kawasan industri Karawang dan Subang menuju Pelabuhan Patimban.

Dimulainya proyek tol sepanjang 37,05 km ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Penjaminan, serta Perjanjian Regres Jalan Tol Akses Patimban.

Penandatanganan PPJT Jalan Tol Akses Patimban dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dan Direktur Utama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Akses Patimban (JAP) Victor Nazarenko Mahandre.

Lihat Juga :
Garuda Tebar Diskon, Tiket Jakarta-Seoul PP Cuma Rp8 Juta

PT JAP sendiri merupakan konsorsium BUMN, swasta, dan BUMD yang menjadi pemenang lelang pembangunan Tol Akses Patimban, terdiri dari PT Jasa Marga, PT Nusa Raya Cipta (NRC), PT Adhi Karya (ADHI), PT PP, PT Wijaya Karya (WIKA), dan PT Subang Sejahtera.

Kemudian, Perjanjian Penjaminan dilakukan oleh Direktur Utama PT Penjaminan dan Infrastruktur Indonesia M Wahid Sutopo dan Direktur Utama PT JAP Victor Nazarenko Mahandre. Lalu, Perjanjian Regres dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Direktur Utama PT PII M Wahid Sutopo.

Rencananya, pemerintah akan membangun 22,94 km dan BUJT membangun 14,55 km sisanya.

Jalan tol ini akan memiliki 5 seksi yaitu Seksi 1 Junction Cipeundeuy - SS Cipeundeuy (2,65 km), Seksi 2 SS Cipeundeuy - SS Pasir Bungur (10,06 km), Seksi 3 SS Pasir Bungur - SS Tambak Dahan (16,10 km), Seksi 4 SS Tambak Dahan - SS Pusakanegara (7,11 km), dan Seksi 5 SS Pusakanegara - Patimban (1,13 km).

Nantinya, jalan tol ini terkoneksi dengan Tol Cikampek - Palimanan di sisi selatan dan terhubung dengan Pelabuhan Patimban di sisi utara.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Rahasia Ilahi

198 slot login
Sektor rekomendasi pada pekan ini adalah energi, khususnya minyak mentah. Selain itu sektor transportasi juga diramal tangguh pada pekan ini.
Sektor rekomendasi pada pekan ini adalah energi, khususnya minyak mentah. Selain itu sektor transportasi juga diramal tangguh pada pekan ini. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.880 pada Jumat (10/2). IHSG melemah 17,03 poin atau minus 0,25 persen dari perdagangan sebelumnya.

Dalam sepekan terakhir, IHSG tercatat melemah tiga kali dan menguat dua kali. Secara akumulatif, perdagangan melemah 0,45 persen. Investor asing juga tercatat beli bersih (net buy) Rp2,52 triliun.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan BEI Aulia Noviana Utami Putri mengungkapkan perubahan sebesar 9,43 persen dialami oleh rata-rata nilai transaksi harian bursa pada pekan ini, menjadi Rp9,72 triliun dari Rp10,73 triliun pada sepekan yang lalu.

"Peningkatan sebesar 10,31 persen terjadi pada rata-rata volume transaksi harian bursa menjadi 20.537 miliar saham dari 18.618 miliar saham pada sepekan yang lalu," ucap Aulia dikutip dari situs IDX, Jumat (10/2).

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi menilai pekan ini IHSG akan bergerak menguat cenderung terbatas dengan rentang pergerakan masih di dalam zona supply yakni di rentang 6.828-6.953.

Sejumlah sentimen yang memengaruhi adalah rencana Rusia yang akan memangkas 5 persen dari total produksi minyak mentahnya pada Maret mendatang.

Lihat Juga :
TAIPANMukesh Ambani, Anak Penjual Benang yang Kini Berharta Rp1.350 T

Akibatnya, harga minyak mentah Brent berjangka melonjak hampir tiga persen menjadi sekitar US atau Rp1,34 juta (asumsi kurs Rp15.500) per barel pada Jumat lalu.

Selain itu, suku bunga The Fed direncanakan tinggi dalam kurun waktu yang lebih lama dari perkiraan pasar sebelumnya, seiring dengan menguatnya data pekerjaan di AS.

Saat ini, data tingkat pengangguran AS berada di posisi 3,4 persen atau terendah sejak 1969. Hal ini menjadi kekhawatiran oleh The Fed sebab dapat memicu inflasi berada di level yang tinggi atau jauh dari target yakni di level 2 persen.

Menurutnya, prospek the Fed yang semakin hawkish menyebabkan pasar bergerak volatile pekan ini.

Lihat Juga :
Taman Safari: Biaya Perbaikan Mobil Ditabrak Singa Ditanggung Asuransi

"Rilis data inflasi AS pada Januari yang diperkirakan berada di level 6,3 persen atau lebih rendah dari sebelumnya di level 6,5 persen. Meski terus mulai menurun, tidak serta merta membuat the Fed lebih dovish. Karena berkebalikan dengan kondisi pasar tenaga kerja AS yang masih kuat," papar Audi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (12/2).

Sementara dari dalam negeri, sentimen negatif akibat keputusan suku bunga acuan Bank Indonesia yang diperkirakan naik 25 bps ke level 6 persen.

Audi melihat inflasi Januari yang masih berada di level 5,28 persen atau di atas target 2-4 persen akan membuka ruang untuk suku bunga kembali dinaikkan. Konsekuensinya, akan berdampak pada perlambatan ekonomi.

Lihat Juga :
Eks Komisioner KPU Jadi Komisaris Anak Usaha PLN

"Rilis data neraca dagang Januari 2023 yang diperkirakan surplus sebesar US,1 miliar atau lebih rendah dari bulan sebelumnya yang mencapai US,8 miliar. Akan menjadi bulan ke-33 Indonesia mengalami surplus, hal ini menggambarkan demand global yang masih solid," paparnya.

Sektor rekomendasi Audi adalah energi, khususnya minyak mentah. Hal ini merupakan dampak dari pemangkasan produksi minyak Rusia. Selain itu ia menyarankan sektor industri dasar sebab secara teknikal masih menarik.

Salam pilihannya adalah AKSA (speculative buy) di renang 1.230-1.420; AGII (trading buy) di rentang 2.040-2.350; dan ENRG (speculative buy) untuk pembelian di rentang 256-308.

Saham GOTO Jadi Salah Satu Pilihan Pekan Ini

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Ambisi Rhodes

bandar36
Kontraktor Aswin Yanuar viral lantaran proyek rumah yang dikerjakan perusahaannya, PT Maswindo Bumi Mas, mangkrak.
Kontraktor Aswin Yanuar viral lantaran proyek rumah yang dikerjakan perusahaannya, PT Maswindo Bumi Mas, mangkrak. (Tangkapan Layar Instagram/@@aswinyaanuar)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kontraktor kondangAswin Yanuar dibanjiri protes oleh kliennya di media sosial. Protes disampaikan karena perusahaannya, PTMaswindo Bumi Mas, dinilai lalai melaksanakan tugas.

PT Maswindo menjadi pembicaraan ketika sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sejumlah karangan bunga berjejer rapi di depan sebuah lahan kosong. Karangan bunga tersebut berisi ungkapan protes.

Berdasarkan pantauan Detikcom, Selasa (7/2), ternyata protes tak hanya berseliweran di Instagram. Ungkapan protes juga nampak beredar Twitter. Terpantau, beberapa akun yang mengaku klien Maswindo mengadukan kesusahannya.

Selain itu, ada dua orang juga yang mengaku sebagai klien Maswindo menyampaikan keluhan ke redaksi Detik. Konsumen pertama mengatakan dana refund-nya tak kunjung cair dan berharap agar uangnya bisa segera kembali. Sedangkan yang lainnya, mengeluhkan rumah yang tiba-tiba berhenti dibangun dan tak kunjung berlanjut pembangunannya.

Pengacara sekaligus kuasa hukum korban Maswindo Sapto Dewi Trianawati mengatakan gejolak ini sebetulnya telah terasa sejak awal 2021. Namun para kepala cabang berupaya menutupi kondisi sebenarnya sehingga baru terasa di akhir tahun lalu.

"Awalnya lancar, biasanya kan gitu, pertama dibagusin dulu. Termin tidak ada masalah, ada yang BASP, tapi kemudian profit tidak diberikan, retensi tidak diberikan. Nah ini asal mula dari sini. Padahal Aswin mensyaratkan mutlak konsumen ketika mau membangun rumah harus bayar cash," katanya saat dihubungi.

Wanita yang akrab disapa Yana ini menjelaskan para konsumen Maswindo membayar tunai proyek langsung ke rekening kantor pusat. Untuk memulai pembangunan, para kantor cabang ini harus menunggu dana cair dari pusat.

Terkait dengan aksi protes yang viral ini, pihak Maswindo belum memberikan komentar apapun. Bahkan pesan singkat redaksi melalui Instagram @maswindocontractor dan Whatsapp belum juga direspons.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Daftar keahlian saya

hbo slot gacor hari ini
RI-Malaysia mengancam akan menghentikan ekspor sawit ke Uni Eropa akibat uu baru yang disepakati parlemen dan pemerintah negara tersebut.
RI-Malaysia mengancam akan menghentikan ekspor sawit ke Uni Eropa akibat uu baru yang disepakati parlemen dan pemerintah negara tersebut. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Hubungan dagang Indonesia-Malaysiadengan Uni Eropamemanas dipicu oleh kelahiran undang-undang baru yang disepakati parlemen dan pemerintahan negara di kawasan itu untuk melindungi hutan dengan membatasi penjualan minyak sawit.

Maklum, RI dan Malaysia merupakan dua negara produsen sawit terbesar dunia. Setelah undang-undang itu disepakati, RI dan Malaysia mengancam akan menghentikan ekspor sawit ke Benua Biru tersebut.

Menteri Komoditas Malaysia Fadillah Yusof mengatakan Malaysia dan Indonesia akan membahas rencana dan masalah tersebut. 

"Statemen akan hentikan ekspor sawit kan dari Deputi PM/Menteri Perladangan Malaysia. Beliau rencana akan bertemu Pak Menko Perekonomian untuk bahas posisi bersama menghadapi praktik diskriminasi oleh UE terhadap sawit," ujar Rizal kepada CNNIndonesia.com, Jumat (13/1).

Lalu seperti apa isi uu Uni Eropa tersebut sehingga RI-Malaysia harus 'mencak-mencak' hingga mengancam akan menghentikan ekspor sawit ke Uni Eropa?

Mengutip keterangan pers yang disampaikan Parlemen Uni Eropa, undang-undang baru ini akan menjamin konsumen Eropa bahwa produk yang mereka beli tidak berkontribusi pada kerusakan dan degradasi hutan, termasuk hutan primer yang tak tergantikan.

Memang, uu tersebut tak melarang negara pengekspor sawit seperti Indonesia dan Malaysia untuk mengekspor barang dagangan mereka ke Uni Eropa. Hanya saja, perusahaan pengekspor harus bisa memperlihatkan bukti bahwa barang yang mereka jual tidak merusak hutan, hingga menghilangkan hak asasi manusia.

Menurut teks yang disepakati, dilansir dari European Parliament, meskipun tidak ada negara atau komoditas yang dilarang, perusahaan tidak akan diizinkan untuk menjual produk mereka di UE tanpa pernyataan bebas dari deforestasi. Hal tersebut sesuai dengan yang diminta oleh anggota parlemen.

[Gambas:Video CNN]

Perusahaan juga harus memverifikasi kepatuhan terhadap undang-undang yang relevan dari negara produksi, termasuk hak asasi manusia dan bahwa hak-hak masyarakat adat yang bersangkutan telah dihormati.

Beberapa produk yang tetap bisa diekspor tapi harus memenuhi syarat mencakup, sapi, kakao, kopi, minyak kelapa sawit, kedelai dan kayu. Produk lain yang juga berhubungan dengan produk-produk tersebut, seperti kulit, coklat dan furniture juga harus sesuai aturan saat diekspor.

Bukan hanya itu, selama pembicaraan, anggota parlemen juga menambahkan karet, arang, produk kertas cetak dan sejumlah turunan minyak sawit lainnya. Bahkan Parlemen juga menetapkan definisi degradasi hutan yang lebih luas.

Lihat Juga :
Truk JNE Tertangkap Bawa Solar Subsidi 1.020 Liter di Bangka Barat

Hal ini mencakup konversi hutan primer atau hutan yang beregenerasi secara alami menjadi hutan tanaman atau lahan berhutan lainnya dan konversi hutan primer menjadi hutan tanaman.

Komisi akan mengevaluasi selambat-lambatnya satu tahun setelah berlakunya aturan ini. Evaluasi dilakukan untuk, memastikan apakah aturan bisa diperluas ruang lingkupnya ke lahan berhutan lain.

Selambat-lambatnya dua tahun setelah berlakunya aturan ini, Komisi juga akan mengevaluasi perluasan ruang lingkup ke ekosistem lain. Termasuk lahan dengan stok karbon tinggi dan dengan nilai keanekaragaman hayati yang tinggi, serta komoditas lainnya.

Aturan ini dibuat bukan tanpa alasan. Negara-negara di UE sepakat melawan perubahan iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Oleh karena itu, dibuatlah undang-undang baru yang mewajibkan perusahaan memastikan bahwa serangkaian produk yang dijual di UE tidak berasal dari lahan gundul di mana pun di dunia.

Lihat Juga :
TAIPANAlice Walton, Pewaris Takhta Walmart yang Ogah Urusi Bisnis Keluarga

Analisis DNA

Agar aturan yang telah ditetapkan bisa berjalan dengan baik, otoritas UE akan memiliki akses ke informasi relevan yang disediakan oleh perusahaan, seperti koordinat geolokasi, dan melakukan pemeriksaan. Mereka dapat, menggunakan alat pemantau satelit dan analisis DNA untuk memeriksa asal produk.

Komisi juga akan mengklasifikasikan negara, atau bagiannya, ke dalam risiko rendah, standar, atau tinggi dalam waktu 18 bulan sejak peraturan ini berlaku. Hukuman untuk ketidakpatuhan harus proporsional dan jumlah maksimum denda ditetapkan sekurang-kurangnya 4 persen dari total omzet tahunan di UE dari operator atau pedagang yang tidak patuh.

(tst/agt)

[Gambas:Video CNN]