petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot starxo88

live slot168 170Jutaan kata 836885Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot starxo88》

Petugas seberangi sungai distribusikan logistik ke TPS terisolasi******

Petugas seberangi sungai distribusikan logistik ke TPS terisolasi
Petugas menggunakan rakitan bambu menyeberangi sungai untuk membawa logistik Pemilu 2024 di sejumlah TPS yang terisolir di Dusun Ungkalan, Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu, Selasa (13/2/2024). ANTARA/HO-Polsek Ambulu/am.
Dari kantor Kecamatan Ambulu, logistik dinaikkan kendaraan roda empat selanjutnya menggunakan perahu rakitan untuk menyeberangi sungai
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Petugas gabungan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) bersama pengawas pemilu dan muspika dikawal aparat kepolisian terpaksa menyeberangi sungai untuk mendistribusikan logistik ke ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) terisolasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa.

"Ada lima TPS yakni TPS 40, 41,42, 43, dan 44 di Dusun Ungkalan, Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu yang harus menyeberangi sungai untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2024," kata Kapolsek Ambulu AKP Suhartanto saat dihubungi per telepon di Jember.

Menurutnya Dusun Ungkalan merupakan dusun terisolasi yang diapit kawasan hutan jati yang dikelola Perhutani dan hutan alam yang dikelola Balai Taman Nasional Meru Betiri.

"Dari kantor Kecamatan Ambulu, logistik dinaikkan kendaraan roda empat selanjutnya menggunakan perahu rakitan untuk menyeberangi sungai," tuturnya.

Setelah menyeberangi sungai, logistik Pemilu 2024 untuk empat TPS di dusun terisolasi itu langsung diangkut menggunakan pegonyakni moda angkutan tradisional yang ditarik oleh sepasang sapi.

"Pegon atau cikar itu milik warga Dusun Ungkalan yang digunakan secara sukarela untuk mengantar logistik ke empat TPS di Dusun Ungkalan," ucapnya.

Baca juga: Kapolres Jember cek sejumlah TPS terpencil di tiga kecamatan

Baca juga: KPU Sigi dahulukan distribusi logistik ke TPS terpencil dan tersulit

Baca juga: KPU Sulut: dukungan TNI-AL jangkau TPS pulau terpencil 

Ia berharap partisipasi pemilih warga di Dusun Ungkalan cukup tinggi karena semua pihak yakni Muspika Ambulu, Babinkamtibmas, Babinsa, Sapol PP Kecamatan, Linmas, serta PPS berusaha maksimal untuk mengantarkan logistik demi terselenggara-nya pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Sementar Pemilu Anggota Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu Anggota Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Pemkot Bukittinggi gelar operasi pasar jelang Ramadhan******

Pemkot Bukittinggi gelar operasi pasar jelang Ramadhan
Operasi pasar yang dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Bukittinggi untuk mengendalikan harga serta memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Ramadhan, Senin (4/3/2024). ANTARA/Altas Maulana
Jadi bagi warga yang agak berat membeli beras premium, dapat membeli beras SPHP dengan kualitas yang tidak kalah baiknya dengan harga Rp11.500 per kilogram karena ini merupakan program pemerintah yang jika ada oknum yang bermain dengan harga beras in
Bukittinggi,- (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar operasi pasar jelang Ramadhan 1445 Hijriah sebagai upaya pengendalian harga kebutuhan pokok di Pasar Bawah, Senin.  Asisten II Setdako Bukittinggi Rismal Hadi di Bukittinggi, Senin, menjelaskan operasi pasar dilaksanakan dalam rangka pengendalian harga pangan jelang Ramadhan dengan perkembangan terjadinya kenaikan harga beberapa kebutuhan masyarakat.
  “Dari rakor TPID harga beras secara nasional mengalami kenaikan Rp500 hingga Rp1.000 per kilogram. Namun di Bukittinggi harga beras di pasaran masih stabil diharga Rp15 ribu per kilogram untuk beras medium dan Rp17 ribu per kilogram untuk beras premium,” kata dia.
  Untuk intervensi harga, Pemkot Bukittinggi bersama Bulog telah bekerjasama dengan 27 mitra untuk pendistribusian dan perdagangan beras Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dijual dengan harga Rp11.500 per kilogram.
  "Jadi bagi warga yang agak berat membeli beras premium, dapat membeli beras SPHP dengan kualitas yang tidak kalah baiknya dengan harga Rp11.500 per kilogram karena ini merupakan program pemerintah yang jika ada oknum yang bermain dengan harga beras ini, dapat langsung dilaporkan,” katanya.
  Menurut dia, dari hasil rapat koordinasi, stok pangan untuk Bukittinggi juga masih cukup sampai April 2024. Hal yang sama juga terjadi pada pangan lainnya.
  "Memang ada sedikit penurunan stok beras premium disebabkan faktor cuaca dan hama hingga terjadinya gagal panen. Begitu juga dengan harga sayuran yang dipengaruhi dampak erupsi Marapi," katanya.
  Telur ayam dijual dengan harga Rp28.900 per kilogram. Cabai merah keriting dijual dengan harga Rp72.000 per kilogram. Cabe merah besar dijual dengan harga Rp46.000 per kilogram dan bawang merah dijual dengan harga Rp30.000 per kilogram.

Baca juga: Pemkot Bukittinggi menerima penghargaan OJK terbaik keuangan di Sumbar
 Baca juga: Pemkot Bukittinggi wujudkan target satu juta wirausaha tahun 2024 Baca juga: Polisi sarankan "Jam Gadang Fashion Week" tidak di jalan raya
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024

Angkat tema malu, Wapres apresiasi Perayaan Nasional Imlek 2575******

Angkat tema malu, Wapres apresiasi Perayaan Nasional Imlek 2575
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan secara daring dalam acara Perayaan Nasional Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili di Jakarta, Senin (12/2/2024). ANTARA/HO-BPMI Setwapres/am.
Saya kira tema ini sarat makna, baik dalam konteks refleksi hubungan antara individu dengan Tuhannya, maupun antarsesama dalam dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengapresiasi tema Perayaan Nasional Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili yang diselenggarakan di Balai Samudera, Jakarta, Senin.

Wapres dalam sambutannya secara daring dalam acara itu mengatakan, tema “Malu bila Tidak Tahu Malu, Menjadikan Orang Tidak Menanggung Malu” yang ditetapkan dalam perayaan nasional Imlek, memiliki semangat memperbarui diri dan sarat makna.

“Saya kira tema ini sarat makna, baik dalam konteks refleksi hubungan antara individu dengan Tuhannya, maupun antarsesama dalam dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Wapres Ma'rf Amin dalam sambutannya secara daring.

Wapres menyampaikan rasa malu merupakan sifat fundamental untuk terwujudnya kebaikan, sekaligus untuk menciptakan jarak dari keburukan. Seseorang yang memiliki rasa malu, kata dia, akan takut melakukan tindakan yang tidak sesuai norma, nilai, dan etika.

Baca juga: Wapres: Jadikan Imlek momen perbaikan diri dan peningkatan integritas

“Dengan demikian ia tidak akan melakukan perbuatan yang menyakiti sesamanya,” kata Wapres.

Wapres mengatakan dalam ajaran Islam, Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW) juga bersabda “Jika engkau tidak malu, berbuatlah sekehendakmu.”

Menurutnya, hal tersebut bermakna, rasa malu sebagai sebuah faktor yang dapat menjauhkan seseorang dari perbuatan tidak terpuji dan mendorongnya untuk berbuat kebajikan.

“Sementara dalam falsafah ketimuran, budaya malu yang dimiliki masyarakat Nusantara sejatinya merupakan nilai luhur yang telah tertanam turun-temurun. Namun patut disadari bahwa budaya malu dapat luntur, seiring dengan makin kuatnya desakan zaman yang mengaburkan standar-standar etika dan moral masyarakat,” tutur Wapres.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak rayakan keberagaman budaya di Tahun Naga Kayu

Oleh karena itu, kata Wapres, seluruh pemuka agama, termasuk pemuka agama Konghucu, memiliki peran penting dalam membudayakan rasa malu di kalangan umat.

Dia berpandangan ajaran, nasihat, dan edukasi, kepada umat terus diperlukan agar rasa malu dalam diri individu mampu berkembang menjadi sebuah tata nilai komunal yang mengukuhkan identitas bangsa.

“Dengan demikian, keteraturan, kerukunan, dan persatuan bangsa ini senantiasa terpelihara,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres pun mengajak umat Konghucu menjadikan Hari Raya Imlek sebagai momentum perbaikan diri, peningkatan integritas, serta penguatan komitmen berbangsa dan bernegara yang lebih baik guna menghadapi tantangan pada masa mendatang.

Baca juga: Menag doakan kemajuan bangsa dalam peringatan Tahun Baru Imlek 2575

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:juragan69 slot daftar

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
slot server eropa resmi gacor
tafsir mimpi 43
duit slot
tafsir mimpi 42
qqmega368
slot paling gacor saat ini
bosjp88
vipdewa
togel korea
Daftar isi semua bab
Bab 1 halte4d
Bab 2 muliatoto
Bab 3 situs slot game terbaru
Bab 4 situs judi slot online resmi dan terpercaya
Bab 5 menang8
Bab 6 hongkong data togel
Bab 7 beli iphone dengan kredivo
Bab 8 daftar slot bonus new member 100
Bab 9 situs tergacor 2022
Bab 10 inibet
Bab 11 royaltoo
Bab 12 cara meminjam uang di kredivo tanpa npwp
Bab 13 demo slot yum yum
Bab 14 paitosdy
Bab 15 slot88 paling gacor
Bab 16 top1toto togel login
Bab 17 daftar situs slot online terpercaya
Bab 18 simulasi kredit kredivo
Bab 19 bonus maxwin
Bab 20 wede89
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3749bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Dominasi Kaisar

toto88 rtp
Kemendikbudristek sebut ribuan mahasiswa raih beasiswa IISMA
Ilustrasi - Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) menyambut delegasi dari University of Missouri-Kansas City (UMKC) dalam rangka kunjungan kerja sama di bidang Pendidikan di University Club Yogyakarta, Jawa Tengah. ANTARA/HO-Kemendikbudristek/am.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan sekitar 4.546 mahasiswa berhasil meraih beasiswa International Student Mobility Awards (IISMA) sepanjang 2021 sampai 2023.

“Sejak peluncurannya, IISMA telah menjadi salah satu program beasiswa mobilitas terkemuka yang diiringi animo masyarakat yang sangat tinggi di Indonesia,” kata Kepala Program IISMA Rachmat Sriwijaya dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Sebanyak 4.546 mahasiswa yang meraih beasiswa IISMA tersebut meliputi 1.000 awardeespada 2021, 1.562 awardeespada 2022, dan 1.985 awardeespada tahun lalu.

Melihat antusiasme yang luar biasa dari para mahasiswa dari tahun ke tahun akhirnya membuat Kemendikbudristek membuka kembali pendaftaran program IISMA untuk tahun ini yang akan ditutup pada 19 Februari 2024.

Bahkan Kemendikbudristek juga meningkatkan kuota menjadi lebih dari 3.000 penerima beasiswa untuk tahun ini yang diharapkan dapat memberikan peluang lebih luas kepada mahasiswa di berbagai penjuru Indonesia.

Rachmat menjelaskan peningkatan kuota dilakukan utamanya untuk mendukung mahasiswa di luar Pulau Jawa mengingat potensi kecerdasan dan bakat mahasiswa Indonesia tersebar di seluruh negeri.

“Dengan menambah kuota penerima beasiswa maka kami ingin menciptakan peluang yang adil bagi mahasiswa dari segala penjuru Indonesia untuk mengakses pendidikan tinggi dan meraih prestasi maksimal," katanya.

Baca juga: Kemendikbudristek: 725.000 mahasiswa ikuti berbagai program MBKM

Selain jalur reguler, pendaftaran beasiswa IISMA memiliki jalur afirmasi yakni skema beasiswa penuh dari Kemendikbudristek bagi mahasiswa dari wilayah tertinggal atau penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, atau mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

“Jika anda masuk ke dalam golongan afirmasi ini, kami mendorong Anda ikut program ini dengan harapan nantinya semakin banyak mahasiswa afirmasi yang ikut ke dalam program IISMA,” ujar Rachmat.

Sebagai informasi, program IISMA ditujukan bagi mahasiswa S1 pada semester empat hingga tujuh dan berfokus pada peningkatan kemampuan akademik dan kompetensi mahasiswa dengan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) berupa pertukaran pelajar ke luar negeri.

Baca juga: Kemendikbudristek: IISMA dan UMKC perluas kolaborasi pendidikan
Baca juga: Kemendikbudristek: Kuota IISMA 2024 capai 3.300 orang ke 30 negara

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024

Gadis kelas atas

venusbet
Bawaslu: Jangan kampanye di medsos selama masa tenang
Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty saat wawancara eksklusif bersama ANTARA di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Kamis (1/2/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela/am.
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI mengingatkan peserta pemilu agar tidak berkampanye selama masa tenang, termasuk di platform media sosial (medsos).

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty saat jumpa pers di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Minggu (11/2), menyampaikan Bawaslu mengerahkan patroli siber untuk aktif memantau akun yang didaftarkan oleh peserta pemilu dan akun-akun pribadi mereka.

Baca juga: Bawaslu imbau warga tak ciptakan konflik jelang pemungutan suara
Baca juga: Bawaslu sebut tujuh indikator kerawanan paling banyak terjadi di TPS

Dia menjelaskan patroli siber itu bertujuan untuk memastikan tidak ada aktivitas kampanye dalam media sosial yang terdaftar.

“Selain itu, untuk memastikan akun media sosial yang milik akun personal itu tidak memenuhi unsur yang seharusnya tidak dilakukan, misalnya menghasut, memfitnah, mengadu domba, karena ada Undang-Undang ITE yang berlaku dan menjadi kewenangan dari Bawaslu untuk melakukan penanganan pelanggaran hukum lainnya,” kata Lolly.

KPU RI menetapkan masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Dalam periode itu, seluruh aktivitas yang berkaitan dengan kampanye secara langsung ataupun melalui media sosial dilarang.

“Jadi untuk seluruh akun media sosial yang terdaftar di KPU tentu sudah bisa dipastikan harus turun. Kalau masih ada maka dia nanti masuk ke dalam penanganan pelanggaran. Selanjutnya, untuk medsos yang akunnya personal maka menjadi kewajiban Bawaslu untuk mencermati,” kata Lolly.

Dia menyampaikan dalam proses mengawasi aktivitas peserta pemilu di media sosial, Bawaslu bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dalam kesempatan yang sama, Lolly mengingatkan peserta pemilu untuk tidak memberikan sejumlah uang atau barang kepada masyarakat selama masa tenang dan nanti saat pemungutan suara. Kegiatan bagi-bagi uang atau barang untuk kepentingan kampanye — yang dikenal juga dengan money politic— merupakan bagian dari pelanggaran pemilu.

“Kita sama-sama tahu Pasal 523 ayat 2 (UU Pemilu) pada masa tenang, kalau itu dilakukan maka sanksinya pidana pemilu, sanksinya empat tahun pidana penjara ditambah Rp48 juta kalau tidak salah dendanya,” kata dia.

Terkait itu, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menambahkan pemberian uang dalam bentuk apapun, termasuk uang digital juga dilarang.

Dia menegaskan Bawaslu bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengawasi kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Baca juga: Bawaslu: TPS dekat rumah pasangan calon rawan, tetapi tak dilarang
Baca juga: Bawaslu: Pemilu susulan jadi opsi untuk TPS kena banjir di Demak
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024

Memanggil Miliaran Dewa dan Iblis dari Dunia Lain

jam gacor slot hari ini
Muhaimin celupkan jari telunjuk ke tinta pemilu simbolkan angka satu
Calon wakil presiden Muhaimin Iskandar bersama keluarganya menunjukkan jari telunjuk yang telah dicelupkan ke tinta pemilu di TPS 23 Kelurahan Bangka, Jakarta, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mencelupkan ujung jari telunjuknya ke tinta pemilu setelah melakukan pencoblosan di TPS 23 Kelurahan Bangka, Jakarta, Rabu, guna menyimbolkan angka satu sesuai nomor urutannya pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Tak hanya dirinya, istri beserta ketiga putrinya pun melakukan hal yang sama setelah mencoblos surat suara. Mereka pun berpose menghadap ke awak media sambil mengacungkan jari telunjuknya yang telah ditandai tinta pemilu.
"Ya ini kan angka satu," kata Muhaimin setelah selesai melakukan pencoblosan.

Muhaimin beserta keluarganya tiba di TPS tersebut sekitar pukul 08.00 WIB dan selesai mencoblos pukul 08.30 WIB. Dia pun mengikuti arahan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari awal hingga akhir, termasuk membuka dan menunjukkan seluruh jenis surat suara sebelum dicoblos.

Ketua Umum PKB itu mengaku merasa plong setelah melakukan pencoblosan, karena namanya ada dalam surat suara sebagai calon wakil presiden. Sehingga dia pun berharap Pemilu 2024 bakal berlangsung lancar hingga selesai.

"Alhamdulillah saya merasa bersyukur bisa melaksanakan pencoblosan di TPS ini, sebagai penduduk warga Kemang. Terima kasih kepada Pak RT, Pak RW, yang telah menyiapkan semua pelaksanaan pemungutan suara," kata dia.

Adapun pasangannya yakni Capres  Anies Baswedan, mencoblos di TPS yang berada di sekitar kediamannya, di Lebak Bulus, Jakarta. Setelah kegiatan pencoblosan, keduanya pun dijadwalkan menjalani agenda bersama yakni memantau hasil pemilu di Rumah Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro, Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: Muhaimin hadir di TPS bersama keluarga untuk mencoblos
Baca juga: Anggota KPPS di TPS Muhaimin berseragam kenakan pakaian khas Betawi
Baca juga: Anies Baswedan salurkan hak suaranya di TPS 60 Lebak Bulus

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024

Penyihir Ekstradimensi

hotel4d
Menteri LHK harapkan yang terpilih amanah emban amanat rakyat
Menteri LHK Siti Nurbaya (kiri) saat memasukkan surat suara di kotak suara Pemilu 2024 di Jakarta Timur, Rabu (14/2) dalam foto yang diunggah di media sosial @siti.nurbayabakar (Istimewa)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya ikut berpartisipasi memberikan hak suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu 2024) dan menyampaikan harapan agar pemimpin dan anggota legislatif terpilih amanah mengemban amanat rakyat.

Dalam unggahan di sosial media di Jakarta, Rabu, Menteri LHK Siti menjelaskan dirinya sebagai warga negara yang baik telah memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 di Matraman, Jakarta Timur.  

"Semoga yang terpilih amanah mengemban amanat rakyat," kata Siti seperti yang terkonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional serta enam partai politik lokal sebagai peserta di Aceh.

Sedangkan dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan nomor urut 3.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.

Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pasangan kontestan perlu mendapatkan suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara, dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Jika belum ada yang memenuhi kondisi tersebut maka akan diadakan pemilihan putaran kedua yang diadakan pada Juni 2024.

Baca juga: Menteri LHK puji kerja keras TSI jalankan konservasi dan edukasi satwa

Baca juga: KLHK lanjutkan penanaman serentak hingga April 2024

Baca juga: Menteri Siti paparkan pencapaian Indonesia kendalikan perubahan iklim

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024

Sistem masuk tingkat dewa

kuy138
Akademisi ingatkan KPU antisipasi bencana alam saat pemilu besok
Persiapan Pemasangan alat EWS Longsor di Desa Belik Trawas Mojokerto oleh Tim UNIPA. ANTARA/HO-UNIPA/am.
KPU punya tugas tambahan, memastikan lokasi TPS aman dari ancaman potensi bencana, sekaligus punya antisipasi preventif-proaktifnya
Surabaya (ANTARA) - Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya Moch. Shofwan mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengantisipasi jika ada bencana alam saat pencoblosan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024.

Shofwan mengatakan ada potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat diikuti angin kencang hingga banjir saat pemungutan suara, karena morfologi wilayah Indonesia yang terdiri dari wilayah pesisir, daratan, dan pegunungan.

"TPS di wilayah pesisir berpotensi banjir rob, TPS di wilayah daratan berpotensi banjir akibat intensitas hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang bahkan puting beliung. Beda lagi TPS di wilayah pegunungan ada ancaman longsor jika hujan cukup lebat dengan tutupan lahan yang kurang optimal," katanya dalam keterangan diterima di Surabaya, Selasa.

Anggota Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) menyarankan adanya kesiapsiagaan dan mitigasi dari semua pihak dengan cara collaborative governance sebagai upaya penanggulangan ancaman bencana secara terintegrasi dan terarah.

Baca juga: 70 TPS rawan banjir, BPBD Serang siagakan TRC bencana saat pemilu

Upaya itu, lanjutnya, harus dilakukan dengan sudut pandang spasial sehingga rumusannya lebih aplikatif, disertai informasi tingkat risiko wilayah beserta solusi, pilihan, tindakan, serta kebijakan yang harus diambil.

"KPU punya tugas tambahan, memastikan lokasi TPS aman dari ancaman potensi bencana, sekaligus punya antisipasi preventif-proaktifnya," kata Shofwan.

Ia  juga mengingatkan KPU perlu mempunyai strategi antisipasi dalam distribusi logistik pemilu jika terjadi hujan lebat, serta solusi bagi pemilih jika akses menuju TPS terjadi banjir yang cukup masif.

Baca juga: BMKG tetapkan 15 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia

Letak geografis Indonesia yang terletak antara lempeng bumi raksasa yakni Eurasia, Indoaustralia, dan Pasifik, atau yang dikenal dengan ring of firemenjadikan sebagian besar wilayah Indonesia rawan terhadap bencana alam.

Kondisi ini, lanjut Shofwan, merupakan ancaman yang sulit diprediksi dengan perhitungan kapan, dimana, bencana apa yang terjadi, berapa kekuatan, bahkan tidak dapat memperkirakan estimasi korban jiwa maupun harta benda.

"Oleh karenanya KPU sampai tingkatan paling bawah KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) harus benar-benar siap menghadapi potensi ancaman bencana alam yang ditimbulkan sehingga tercipta pemilu yang aman, damai, dan terkontrol,” ucap Shofwan.

Baca juga: BPBD Kabupaten Bekasi mitigasi 712 TPS rawan banjir

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Legenda Senja

harga google play di indomaret
Menkominfo lakukan pencoblosan Pemilu 2024 didampingi keluarga lengkap
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi berfoto dengan istrinya Zara Murzandina usai melakukan pencoblosan di TPS 001 Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi melakukan pencoblosan untuk Pemilihan Umum (Pemilu 2024 didampingi dengan keluarganya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001 Senayan, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan ANTARA, Budi didampingi sang istri Zara Murzandina dan kedua anaknya yaitu Nadila Raisha serta Nanda Diandra.

Mereka berjalan kaki dari kediaman dinasnya di Jalan Widya Chandra menuju ke TPS 001 Senayan tersebut.

Budi berserta istrinya mencoblos pada pukul 09.34 WIB disusul dengan kedua anaknya.


Baca juga: Sekretaris OIKN lakukan pencoblosan di TPS khusus IKN
 
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi beserta istrinya Zara Murzandina serta kedua anaknya Nadila Raisha dan Nanda Diandra berjalan ke TPS 001 Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Selain Menkominfo, di TPS 001 itu beberapa menteri lain terdaftar untuk melakukan pencoblosan yaitu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Baca juga: Kasad: Situasi jelang pencoblosan Pemilu 2024 di Sumut aman

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Baca juga: Jokowi terima undangan pencoblosan dari KPPS TPS 10 Gambir

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024