petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

harga voucher telkomsel 3 5 gb

voucher vidio premier 123Jutaan kata 135603Orang-orang telah membaca serialisasi

《harga voucher telkomsel 3 5 gb》

Kemenperin Respons Kritik Keras Faisal Basri soal Deindustrialisasi******

Kementerian Perindustrian membantah pernyataan Ekonom Senior Faisal Basri yang menyebut Indonesia mengalami deindustrialisasi.
Kementerian Perindustrian membantah pernyataan Ekonom Senior Faisal Basri yang menyebut Indonesia mengalami deindustrialisasi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membantah pernyataan Ekonom Senior Faisal Basriyang menyebut Indonesia mengalami penurunan produktivitas industri manufaktur ke perekonomian aliasdeindustrialisasi.

Plt Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Warsito Ignasius mengatakan hal tersebut tidak benar. Justru saat ini Indonesia tengah menuju industrialisasi.

"Butuh suatu riset publik yang komprehensif untuk menyatakan deindustrialisasi. Jadi pandangan-pandangan pakar termasuk kemarin ada kritikan terhadap pemerintah dari Faisal Basri ini ya kita harus sikapi secara positif, bahwa melihat dari hilirisasi belum selesai, harusnya yang ada industrialisasi," ujarnya dalam media briefing, Senin (28/8).

"Jadi deindustrialisasi itu hanya suatu pandangan yang mana kita sendiri melihatnya sebagai introspeksi bahwa penurunan kinerja industri maupun bagaimana kita mencapai target-target kontribusi industri terhadap PDB, ekspor, investasi, tenaga kerja ini merupakan suatu upaya-upaya dari masa ke masa," jelasnya.

Kendati, Warsito menilai penurunan kinerja industri manufaktur yang saat ini begitu menantang akan kembali membaik. Sebab, pemerintah terus bekerja sama untuk menghilangkan hambatan-hambatan yang selama covid-19 kemarin menjadi penghalang.

"Nah itu komunikasi yang intens baik kepada pelaku industri sehingga apa yang menjadi posisi kemampuan industri saat ini bisa kita refleksikan sebagai suatu peningkatan kinerja industri sekarang ke depan," imbuhnya.

Lihat Juga :
LRT Jabodebek Tanpa Masinis Tapi Ada Petugas di Dalam Kereta

Sementara, Direktur Industri Semen, Keramik, dan Pengolahan Bahan Galian Non Logam Wiwik Pudjiastuti mengatakan jika dilihat dari sektor industri nonlogam, deindustrialisasi sangat tidak relevan. Pasalnya, pada 2022 lalu sektor tersebut investasinya tumbuh hingga 25 persen dibandingkan 2021 (yoy).

"Di angka 24,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dibandingkan 2021. Itu untuk 2022. Selanjutnya di semester I/2023, ini investasi baru kita itu tercatat Rp7,3 triliun atau kalau kita persentasenya tumbuh itu sebesar 26,2 persen. Tentunya ini kalau kita bicara dari data pun kita juga tidak bisa melihat bahwa di sini tidak ada deindustrialisasi khususnya di sektor mineral logam," jelasnya.

Faisal Basri sebelumnya menyebutkan Indonesia mengalami deindustrialisasi dikarenakan pemerintah tidak punya strategi yang jelas.

Menurutnya, negara malah fokus melakukan hilirisasi yang justru menguntungkan China hingga 90 persen dari komoditas nikel.

"Tidak ada strategi industrialisasi, yang ada adalah kebijakan hilirisasi. Sekadar bijih nikel diolah jadi NPI (nickel pig iron) atau jadi feronikel, lalu 99 persen diekspor ke China. Jadi hilirisasi di Indonesia nyatanya mendukung industrialisasi China," kata Faisal dikutip dari saluran YouTube Indef, Selasa (8/8).

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Pesan, Kesan dan Nyaman Jokowi Jajal LRT Jabodebek******

Presiden Jokowi sudah lima kali lebih meninjau dan mencoba LRT Jabodebek. Saat mencoba, ia mengatakan LRT nyaman dan cepat.
Presiden Jokowi sudah lima kali lebih meninjau dan mencoba LRT Jabodebek. Saat mencoba, ia mengatakan LRT nyaman dan cepat. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

LRT Jabodebek sebentar lagi akan beroperasi. Sarana transportasimassal yang mempunyai jarang bentang operasi sepanjang 44,3 kilometer ini sudah beberapa kali ditinjau dan diuji coba oleh Presiden Jokowi.

Tercatat sejak 2019 lalu, sudah sekitar lima kali, Jokowi meninjau dan menguji coba LRT.

Pertamapada 12 Desember 2019. Saat itu, Jokowi mengatakan sejatinya membangun LRT bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Maklum, saat itu pembangunan bersinggungan dengan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Peninjauan selanjutnya dilakukan pada 9 Juni 2021. Saat itu, meski belum jadi, Kepala Negara beserta rombongan terbatas sempat menjajal jalur lintas pelayanan 1 LRT yang membentang dari Stasiun TMII (Jakarta Timur) hingga Stasiun Harjamukti (Cibubur).

"Tadi kita mencoba keretanya. Halus, nyaman, kecepatannya baik, dapat dikatakan tanpa suara. Nyaman sekali," tuturnya.

Peninjauan selanjutnya dilakukan Jokowi pada 22 Desember 2022. Saat itu, Jokowi melihat perkembangan pembangunan LRT Jabodebek yang luar biasa. 

Ia juga mencoba rangkaian kereta LRT  dengan rombongan terbatas berangkat pukul 08.16 WIB dari Stasiun LRT Harjamukti, dan tiba di Stasiun TMII pukul 08.28 WIB. Perjalanan sepanjang 9 kilometer tersebut ditempuh selama 12 menit dengan kecepatan kereta 80 km/jam.

Lihat Juga :
Kemenhub Sebut Jokowi Bakal Resmikan LRT Jabodebek 30 Agustus

"Sangat cepat sekali dan tanpa masinis," ujarnya.

Jokowi juga mengapresiasi proyek kereta LRT Jabodebek yang merupakan hasil karya anak bangsa.

"Yang kita senang, kita bangga adalah kereta ini buatan INKA, semuanya buatan INKA, termasuk sistem tanpa masinisnya semuanya dari INKA," katanya.

Sedangkan uji coba keempat dan kelima dilaksanakan Jokowi pada Agustus ini. Tak tanggung-tanggung, dalam uji coba ini, Jokowi mengajak sejumlah artis antara lain; Chelsea Islan, Cak Lontong, Ari Lasso, Deddy Mahendra Desta alias Desta untuk mencoba proyek transportasi massal bernilai investasi Rp32 triliun tersebut.

Kali ini, ia mencoba rute LRT dari Stasiun Jati Mulya, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, hingga ke Stasiun Dukuh Atas, Jakarta.

Ia berangkat dari Stasiun Jati Mulya, Bekasi sekitar pukul 08.50 WIB. LRT tersebut berhenti di sejumlah stasiun yang dilalui, mulai dari Stasiun Bekasi Barat, Cikunir 2 dan 1, Jati Bening Baru, Halim, Cawang, Ciliwung, Cikoko, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudi, dan berakhir di Stasiun Dukuh Atas. 

Jokowi menyebut uji coba kali ini kembali dilakukan dalam rangka penyesuaian sistem sebelumnya.

"Jadi ingin melihat lagi, mencoba lagi LRT kita. Kemarin kan ada perlu penyesuaian di sistem, saya lihat sekarang ini tadi saya cek di beberapa stasiun sudah pas. Nanti cek sekali lagi, bagus, akhir bulan insyaallah sudah dioperasikan," katanya.

Meski sudah nyaman, Jokowi menekankan agar operasional angkutan publik baru itu tidak usah tergesa-gesa. Sebab, ia ingin operator memastikan betul sistem keamanan dan keselamatan LRT Jabodebek.

"Kita berharap apabila nanti sudah dioperasikan ini betul-betul bisa mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta," ujarnya.

Lihat Juga :
Kemenhub Sebut Jokowi Bakal Resmikan LRT Jabodebek 30 Agustus

Ia juga mengingatkan MRT, LRT, dan kereta cepat merupakan moda transportasi baru di Indonesia. Apabila ada kekurangan atau evaluasi merupakan hal wajar.

"Jangan mengharapkan ini nanti operasi langsung semuanya sempurna. Pasti ada perbaikan-perbaikan sistem, perbaikan-perbaikan teknis yang lain-lainnya," terangnya.

Selanjutnya, ia juga memastikan pembangunan LRT akan dilanjutkan ke daerah penyangga ibu kota lain. Namun, untuk saat ini akan dimulai dengan dua rute, yakni lintas Cibubur dan Bekasi.

"Ini kan baru tahap pertama, mestinya tidak hanya sampai di Cibubur, tetapi sampai di Bogor kemudian yang ke arah Bekasi, mungkin ke arah Depok, Tangerang, semuanya," pungkasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan agar operasi LRT bisa sempurna, pihaknya secara intensif terus melakukan serangkaian pengujian LRT Jabodebek. Pengujian dilakukan baik dari sisi kesiapan sarana, prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Lihat Juga :
Membangun Ekonomi dan Selamatkan Rugi Rp100 T dengan LRT

Untuk prasarana, pengujian dilakukan terhadap stasiun, rel, persinyalan, dan lain-lain. Pengujian sarana juga dilakukan terhadap rangkaian kereta api.

Sementara terkait sumber daya manusia (SDM), pengujian dilakukan terhadap train attendant, penyelia, pengawas stasiun, pengendali operasi terpusat kereta otomatis, petugas pemeriksaan, dan petugas perawatan sarana dan prasarana.

Pengujian dilakukan untuk memastikan kesiapan operasi dan aspek keselamatan dan kenyamanan telah terpenuhi ketika nantinya LRT Jabodebek dioperasikan.

Selain itu, pihaknya juga mengiundang konsultan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan proyek.

Budi mengatakan pembangunan LRT Jabodebek sejatinya sudah dilakukan dengan hati-hati, mengutamakan aspek keselamatan, dan menggunakan desain perencanaan yang dihasilkan oleh konsultan internasional.

"Kami mengundang konsultan yang sudah berpengalaman untuk melakukan review terhadap pekerjaan dan juga telah mengikuti standar yang berlaku," ujar Budi.

Budi berharap upaya-upaya itu bisa membuat LRT menjadi moda transportasi aman dan nyaman yang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat ibu kota dan daerah penyangganya untuk berpergian.

Ia berharap kehadiran LRT bisa memancing masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan massal.

(ldy/agt)




bab terbaru:situs slot trending

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
mpo555
cambodia
slot hadiah dana
cara mendapatkan uang dari membaca
cara deposit slot lewat dana
sugesbola
slot deposit 3k dana
top 55 slot
tafsir mimpi 2d
Daftar isi semua bab
Bab 1 pinjol tanpa jaminan
Bab 2 bonus new member to kecil
Bab 3 link slot pakai pulsa
Bab 4 cara pinjam uang di m banking bca
Bab 5 voucher gosend november 2022
Bab 6 situs slot
Bab 7 setan4d
Bab 8 zeus88 slot gacor
Bab 9 pion777
Bab 10 pinjaman resmi
Bab 11 dewataqq
Bab 12 janda303
Bab 13 depoqq
Bab 14 link slotgacor
Bab 15 asianslot88
Bab 16 slot kasih menang
Bab 17 senior togel
Bab 18 garuda999 slot
Bab 19 sodaratoto
Bab 20 jarum77
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1344bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Grandmaster Dewa Super

game gacor hari ini
LRT Jabodebek bakal melayani penumpang mulai pukul 05.00 hingga 16.00 WIB selama operasional tahap awal pada dua pekan ke depan.
LRT Jabodebek bakal melayani penumpang mulai pukul 05.00 hingga 16.00 WIB selama operasional tahap awal pada dua pekan ke depan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Mohamad Risal Wasal mengatakanLRT Jabodebek bakal melayani penumpang mulai pukul 05.00 hingga 20.00 WIB selama operasi tahap awal pada dua pekan ke depan.

"Tahap pertama, sampai dua minggu ke depan, kami masih akan operasional 12 trainset dari jam 05.00 pagi sampe jam 08.00 malam," ucap Risal di Stasiun Dukuh Atas, Senin (28/8).

Ia mengatakan jumlah trainset alias rangkaian itu akan terus bertambah secara bertahap. Adapun LRT Jabodebek secara total memiliki 31 trainset yang disiapkan, di mana 27 trainset untuk operasional dan 4 rangkaian lainnya sebagai cadangan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan tarif promo ini diberikan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 sekaligus memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat.

"Melalui pemberian tarif promo ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi," kata Adita dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8) kemarin.

Adita menerangkan pemberian tarif promo ini menggunakan subsidi dari pemerintah menggunakan skema Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO).

"Besaran PSO yang diberikan untuk subsidi tarif dari mulai beroperasi sampai dengan akhir tahun 2023, yaitu sebesar Rp66 miliar. Jumlah ini di luar pemberian subsidi untuk prasarana," ujarnya.

Setelah itu, skema selanjutnya yang disiapkan yaitu pengenaan tarif maksimal Rp20 ribu untuk jarak terjauh dan di bawah Rp20 ribu untuk selain jarak terjauh. Skema ini mulai berlaku pada awal Oktober sampai akhir Februari 2024.

Tarif LRT Jabodebek sendiri sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan bertambah sebesar Rp700 per km selanjutnya. Besaran tarif itu telah dikaji tim independen Polar UI dan PWC bersama Operator dan Kementerian Perhubungan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Buku Misteri Tokyo

slot judi slot
Nilai tukar rupiah menguat 0,1 persen ke Rp15.276 per dolar AS di perdagangan pasar spot pada Selasa (29/8) pagi.
Nilai tukar rupiah menguat 0,1 persen ke Rp15.276 per dolar AS di perdagangan pasar spot pada Selasa (29/8) pagi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai tukar rupiah dibuka di posisi Rp15.276 perdolar ASdi perdagangan pasar spot pada Selasa (29/8) pagi. Mata uang Garuda menguat 15,5 poin atau 0,1 persen dari posisi sebelumnya.

Mayoritas mata uang di kawasan Asia bergerak di zona hijau. Tercatat dolar Singapura menguat 0,1 persen, yen Jepang 0,13 persen, won Korea Selatan 0,04 persen, peso Filipina 0,35 persen, dan rupee India 0,03 persen.

Di sisi lain, baht Thailand melemah 0,05 persen, yuan China minus 0,02 persen, dan dolar Hong Kong stagnan.

Analis DCFX Futures Lukman Leong memproyeksi rupiah menguat terhadap dolar AS hari ini. Menurutnya, pergerakan rupiah akan ditopang oleh koreksi pada imbal hasil obligasi AS.

"Menguat oleh berlanjutnya sentimenrisk ondi pasar dan koreksi pada imbal hasil obligasi AS, setelah data manufaktur Fed Dallas yang lebih baik dari perkiraan," imbuh Lukman kepada CNNIndonesia.com.

Lukman pun memproyeksikan rupiah bergerak di kisaran Rp15.200 sampai Rp15.300 per dolar AS pada hari ini.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Saya mendengar angin bertiup

link gacor terpercaya
Bappenas berharap kenaikan harga beras dalam beberapa waktu terakhir tidak akan menambah jumlah penduduk miskin di Indonesia.
Bappenas berharap kenaikan harga beras dalam beberapa waktu terakhir tidak akan menambah jumlah penduduk miskin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berharap kenaikan harga beras dalam beberapa waktu terakhir tidak akan menambah jumlah penduduk miskin.

Direktur Direktorat Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Bappenas Maliki mengatakan kenaikan komoditas utama memang menjadi tantangan dalam menurunkan kemiskinan. Ia mengatakan harga beras naik 9,83 persen selama September 2022 hingga Maret 2023.

Lihat Juga :
Harga Beras Kompak Melonjak di Pasar Tradisional Jakarta

Dengan pertumbuhan ekonomi RI yang saat ini di atas lima persen, maka akan memberikan kesempatan kerja lebih baik.

"Jadi dari sini ada faktor positif yang mengurangi kemiskinan," katanya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (25/8).

Pilihan Redaksi
  • WFH Demi Atasi Polusi Jakarta dan Ancaman Hangus Rp215 T Sekejap Mata
  • Mengintip Kondisi Ekonomi Kenya yang Presiden Girang Dikunjungi Jokowi
  • Bos BI Prediksi Ekonomi China Melempem, AS Menguat

Namun, efek positif itu akan dipengaruhi juga oleh inflasi. Jika orang miskin miskin dapat pekerjaan tetapi harga barang juga naik, maka yang tadinya akan tidak miskin bisa menjadi miskin kembali.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bansos untuk membantu mengurangi beban pengeluaran masyarakat.

"Nah, sekarang tarik menarik, mana yang paling kuat. Dengan semua tantangan itu, akhirnya kita bisa mengurangi dari 9,54 menjadi 9,36 persen," kata Maliki.

Ia menambahkan bahwa delapan tahun lalu, kenaikan harga beras 10 persen memang bisa menaikkan angka kemiskinan 300 ribu orang. Namun untuk kondisi sekarang, ia belum mengetahui pasti seberapa besar dampak kenaikan harga beras pada kemiskinan.

"Kita memang harus melihat semua faktor tadi," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/rds)

Cerita Aneh dari Azeroth

situs cari kerja terpercaya
Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional. Dengan status itu, kereta cepat berhak dapat pengamanan lebih dari aparat.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional (Obvitnas). (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kereta Cepat Jakarta-Bandung(KCJB) ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional(Obvitnas). 

Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Nomor KP-DJKA 133 Tahun 2023 tentang Penetapan Objek Vital Transportasi Bidang Perkeretaapian PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Mengacu pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pengamanan Obyek Vital Nasional, Obvitnas merupakan kawasan/lokasi, bangunan/instalasi dan/atau usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara dan/atau sumber pendapatan negara yang bersifat strategis.

Tak hanya itu, kepolisian pun dapat meminta bantuan kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kepolisian Negara Republik Indonesia mengerahkan kekuatan pengamanan Obyek Vital Nasional berdasarkan kebutuhan dan perkiraan ancaman dan/atau gangguan yang mungkin timbul," demikian bunyi Pasal 6 Keppres Nomor 63 Tahun 2004 tersebut.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengungkapkan perusahaan menyambut positif penetapan kereta cepat sebagai Obvitnas. Terlebih, moda transportasi itu akan digunakan oleh masyarakat luas dalam waktu dekat.

"Peningkatan keamanan di layanan KA Cepat merupakan hal yang utama karena kunci utama transportasi umum adalah keselamatan," ujar Eva dalam keterangan resmi, Senin (28/8).

Ia mengatakan proses penetapan kereta cepat sebagai Objek Vital Nasional dimulai sejak Maret 2023. Penetapan ini melalui berbagai tahapan yang ketat mulai dari pengecekan dokumen, pembahasan, hingga verifikasi lapangan oleh Direktorat Keselamatan Perkeretaapian DJKA Kemenhub.

Eva menilai kereta cepat memiliki berbagai dampak bagi negara dan masyarakat dalam hal ekonomi, sosial, dan budaya.

Selain itu, kereta cepat ia nilai sebagai aset penting bagi negara, sehingga diperlukan kepastian keamanan dalam melaksanakan fungsinya sebagai sistem transportasi kereta cepat modern di Indonesia.

Oleh karena itu, ia menegaskan KCJB memerlukan pengamanan terhadap jalur, stasiun, depo, dan fasilitas operasi lainnya. Hal ini dibutuhkan agar kereta api cepat bisa beroperasi dengan baik.

"Penetapan sebagai objek vital nasional ini menjadi penting dan sebagai tanggung jawab kami terhadap negara untuk melindungi aset bangsa," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Pemrogram tingkat dewa terlahir kembali sebagai raja yang cerdas

buku mimpi gunung
Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) baru saja diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (28/8) kemarin. Berikut jam operasionalnya.
Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) baru saja diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (28/8) kemarin. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (28/8) kemarin. Masyarakat pun sudah bisa menjajal moda transportasi ini.

Adapun jalur yang diresmikan terdiri dari dua rute, yakni Cibubur melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Harjamukti PP dan line Bekasi melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Jatimulya PP. Total 18 stasiun menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Untuk tahap awal, jam operasional LRT Jabodebek masih terbatas. Mengutip akun Instagram resmi @lrt_jabodebel, moda transportasi tanpa masinis ini beroperasi mulai pukul 05.09 WIB sampai dengan 18.39 WIB.

Jadwal keberangkatan awal LRT Jabodebek

- Dukuh Atas-Harjamukti: 05.09 WIB-05.59 WIB
- Harjamukti-Dukuh Atas: 05.09 WIB-05.59 WIB
- Jati Mulya-Dukuh Atas: 05.00 WIB-05.55 WIB
- Dukuh Atas-Jati Mulya: 05.58 WIB-06.54 WIB

Jadwal keberangkatan terakhir LRT Jabodebek

- Dukuh Atas-Jati Mulya: 18.58 WIB-19.54 WIB
- Jati Mulya-Dukuh Atas: 18.00 WIB-18.55 WIB
- Harjamukti-Dukuh Atas: 17.49 WIB-18.39 WIB
- Dukuh Atas-Harjamukti: 17.49 WIB-18.39 WIB

Lihat Juga :
LMAN Gelontorkan Rp1,3 T untuk Bebaskan Lahan Proyek LRT

Sebagai catatan, untuk sementara Stasiun Halim belum dapat digunakan untuk naik dan turun penumpang.

Jadwal keberangkatan di atas masih bisa berubah. Sebab, pada saat beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB.

Pada tahap awal, masyarakat bisa menjajal dengan tarif promo Rp5.000 hingga September.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan tarif promo ini diberikan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 sekaligus memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat.

Lihat Juga :
Cara dan Tahapan Naik LRT Jabodebek

"Melalui pemberian tarif promo ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi," kata Adita dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8) lalu.

Adita menerangkan pemberian tarif promo ini menggunakan subsidi dari pemerintah menggunakan skema Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO).

"Besaran PSO yang diberikan untuk subsidi tarif dari mulai beroperasi sampai dengan akhir tahun 2023, yaitu sebesar Rp66 miliar. Jumlah ini di luar pemberian subsidi untuk prasarana," ujarnya.

Setelah itu, skema selanjutnya yang disiapkan yaitu pengenaan tarif maksimal Rp20 ribu untuk jarak terjauh dan di bawah Rp20 ribu untuk selain jarak terjauh. Skema ini mulai berlaku pada awal Oktober sampai akhir Februari 2024.

Tarif LRT Jabodebek sendiri sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan bertambah sebesar Rp700 per km selanjutnya. Besaran tarif itu telah dikaji tim independen Polar UI dan PWC bersama Operator dan Kementerian Perhubungan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

cinta sup teh

bunga kredivo berapa persen
Perusahaan real estat asal China, Evergrande Group melaporkan penurunan kerugian pada awal tahun ini, namun sahamnya anjlok lebih dari 70 persen.
Perusahaan real estat asal China, Evergrande Group melaporkan penurunan kerugian pada awal tahun ini, namun sahamnya anjlok lebih dari 70 persen. (AFP/HECTOR RETAMAL)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan real estat asal China, Evergrande Group melaporkan penurunan kerugian pada awal tahun ini, namun sahamnya anjlok lebih dari 70 persen.

Mengutip CNN, Selasa (29/8), penurunan ini terjadi setelah suspensi selama 17 bulan, meskipun saham sebagian besar perusahaan properti China diperdagangkan lebih tinggi setelah serangkaian pengumuman akhir pekan oleh pejabat yang bertujuan untuk meningkatkan permintaan properti.

Selama bertahun-tahun, perusahaan yang berbasis di Shenzhen ini menjadi pengembang properti terbesar di China berdasarkan penjualan.

Pada awal bulan ini, Evergrande Group mengajukan kebangkrutan di Amerika Serikat.

Investor dengan cermat mengawasi perkembangannya karena peran kunci yang dimainkannya dalam kesulitan ekonomi China saat ini.

Kerugian Evergrande yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham mencapai 33 miliar yuan (US,5 miliar) untuk periode Januari hingga Juni, penurunan 50 persen dari kerugian 66,4 miliar yuan (US,1 miliar) yang tercatat dalam periode yang sama setahun yang lalu, seperti yang diungkapkan dalam laporan pada hari Minggu ke bursa saham Hong Kong.

Pendapatan melonjak 44 persen dari tahun sebelumnya, mencapai 128,2 miliar yuan (US,6 miliar).

Lihat Juga :
'Kiamat' Hantui Nikel Indonesia 13 Tahun Lagi

Perusahaan mengatakan mereka berencana secara aktif untuk melanjutkan penjualan dan berhasil menangkap lonjakan singkat pasar properti yang muncul pada awal tahun.

Ekonomi Tiongkok menikmati awal tahun yang kuat, berkat pemulihan pasca pembukaan setelah negara ini menghapus pembatasan Covid-19 yang ketat. Tetapi pemulihan tersebut meredup sejak April.

Evergrande merugi sebesar US miliar selama 2021 dan 2022, sesuai dengan laporan keuangan yang sangat tertunda yang diposting bulan lalu.

Sayang, tantangan tersebut belum usai. Evergrande masih dibebani dengan kewajiban senilai 2,39 triliun yuan (US8 miliar) pada akhir Juni. Jumlah ini sedikit lebih rendah dari total kewajiban 2,44 triliun yuan (US4 miliar) yang dilaporkan pada akhir tahun lalu.

Total asetnya juga menurun menjadi 1,74 triliun yuan (US9 miliar) dari 1,84 triliun yuan (US3 miliar).



Evergrande sedang menjalani restrukturisasi utang yang dipandu pemerintah, yang dimulai pada akhir 2021 segera setelah gagal membayar utangnya.

Pada Maret tahun ini, perusahaan tersebut mengungkapkan rencana bernilai miliaran dolar untuk berdamai dengan kreditur internasionalnya, tetapi mereka memerlukan pendanaan tambahan sebesar US miliar hingga US miliar untuk menyelesaikan proyek properti yang belum selesai.

Dalam laporan Minggu lalu, Evergrande mengatakan mereka mendapat pendanaan baru untuk beberapa proyek dan akan terus mencari modal tambahan.

Namun, kemampuan perusahaan untuk terus beroperasi masih tergantung pada apakah mereka dapat berhasil menyelesaikan rencana restrukturisasi utang luar negeri.

Perusahaan juga perlu bernegosiasi dengan pemberi pinjaman dalam negeri mengenai perpanjangan pinjaman perusahaan.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)