petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara pinjam dana di akulaku

kebuntoto 867Jutaan kata 988910Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara pinjam dana di akulaku》

Kripto Unjuk Gigi Pagi Ini, Bitcoin Kembali Tembus US Ribu******

Mayoritas aset kripto teratas menguat pagi ini, Selasa (21/2). Penguatan terbesar dialami bitcoin dengan menembus level US ribu.
Mayoritas aset kripto teratas menguat pagi ini, Selasa (21/2). Penguatan terbesar dialami bitcoin dengan menembus level US ribu. Ilustrasi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas aset kripto teratas menguat pagi ini, Selasa (21/2). Penguatan terbesar dialami bitcoin.

Mengutip coinmarketcap.com, harga bitcoin terangkat 2,95 persen ke US.014 per keping dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, aset kripto dengan kapitalisasi terbesar ini mampu menguat 15,05 persen.

Harga Ethereum juga meningkat 0,36 persen ke US.712,48 per koin. Dalam sepekan, ethereum menanjak 14,08 persen.

Penguatan juga dialami dogecoin sebesar 0,33 persen ke USDicari Investasi Berkualitas dan Bisa Sejahterakan Rakyat RI******

Banyaknya investasi yang masuk ke Indonesia sepanjang 2022 rupanya tak mampu meningkatkan jumlah tenaga kerja. Ini terlihat dari 8,4 juta pengangguran yang ada.
Banyaknya investasi yang masuk ke Indonesia sepanjang 2022 rupanya tak mampu meningkatkan jumlah tenaga kerja. Ini terlihat dari 8,4 juta pengangguran yang ada. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap alasan 8,4 juta pengangguran di Indonesia per Agustus 2022, meski realisasi investasipada 2022 mencapai Rp1.207 triliun atau melampaui target Rp1.200 triliun.

Rendahnya penyerapan tenaga kerja disebabkan investasi saat ini lebih banyak padat modal (capital intensive).

Artinya, perusahaan membutuhkan biaya modal lebih tinggi ketimbang kebutuhan biaya untuk tenaga kerja. Modal yang dimaksud pun merujuk pada mesin penyokong produksi seperti mesin, perlengkapan, dan lainnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pengangguran Indonesia tembus 5,86 persen atau 8,42 juta orang pada Agustus 2022.

Untuk daerah dengan pengangguran terbanyak di Indonesia, BPS melaporkan urutan satu ada Jawa Barat (8,31 persen), Kepulauan Riau (8,23 persen), Banten (8,09 persen), DKI Jakarta (7,18 persen), dan Maluku (6,88 persen).

Kemudian, Sulawesi Utara (6,61 persen), Sumatra Barat (6,28 persen), Aceh (6,17 persen), Sumatra Utara (6,16 persen), dan Kalimantan Timur (5,71 persen).

Lihat Juga :
Transaksi Aset Kripto Anjlok Jadi Rp12 T di Januari 2023

Jika dilihat berdasarkan kelompok umur, penduduk berusia 15-24 tahun tercatat dalam kategori Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 20,63 persen pada 2022.

Jumlah itu lebih banyak dibandingkan penduduk usia 25-29 tahun (3,36 persen) dan 60 tahun ke atas (2,85 persen). Jumlah ini naik dari Februari 2022 sebesar 5,83 persen atau 8,40 juta orang.

Kendati, angka pengangguran tersebut sebetulnya lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tercatat pada 2021, angka pengangguran tembus 6,26 persen atau 8,7 juta orang pada Februari dan 7,07 persen atau 9,7 juta orang pada Agustus.

Kemudian pada 2020, 4,94 persen atau 6,9 juta orang pada Februari dan 7,07 persen atau 9,7 juta orang pada Agustus.

Lihat Juga :
BPJS Ketenagakerjaan Salurkan Manfaat Kurir Meninggal Saat Antar Paket

Peneliti senior INDEF Nailul Huda menyangkal pernyataan Airlangga. Menurutnya, selama investasi itu memiliki multiplier effect atau dampak berlapis ke sektor lain tidak ada yang salah dengan investasi ke capital intensive.

"Masalahnya ini kan investasi yang masuk nggak mampu ngungkit (menaikkan) tenaga kerja. Bahkan ada beberapa investasi yang malah menambah TKA. Ini yang harus dibenahi," katanya saat dihubungi CNNIndonesia.com,Selasa (22/2).

Untuk itu, menurutnya penting mengarahkan investasi masuk ke sektor dengan multiplier effect yang cukup signifikan.

Senada, peneliti Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira menjelaskan para investor lebih tertarik meletakkan investasinya ke industri padat modal sebab perputaran yang cepat. Termasuk berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi dan jasa keuangan.

"Kalau dilihat ke belakang booming digital dalam 5 tahun terakhir itu menarik investasi padat modal. Mungkin ketika sektor digital mulai winter akan terjadi penurunan porsi investasi di sektor jasa," paparnya.



Perlu kebijakan untuk menarik lebih banyak investasi padat karya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2,088 per koin. Aset kripto berlogo anjing shiba inu ini menguat 8,44 persen dalam sepekan.

Berikutnya, penguatan juga terjadi pada XRP dan cardano masing-masing sebesar 2,73 persen dan 1,69 persen menjadi USMengintip Klaim Bisnis Milik Jhon LBF******

Henry Kurnia Adhi (Jhon LBF) kembali menjadi perbincangan di media sosial usai digugat Rp1,8 miliar oleh pengusaha. Berikut daftar bisnis yang dikelolanya.
Henry Kurnia Adhi (Jhon LBF) kembali menjadi perbincangan di media sosial usai digugat Rp1,8 miliar oleh pengusaha. (Tangkapan layar instagram @jhonlbf).
Jakarta, CNN Indonesia--

Henry Kurnia Adhi atau yang dikenal dengan nama Jhon LBFkembali menjadi perbincangan di media sosial. Kali ini terkait dengan tudingan melakukan penipuan hingga Rp1,8 miliar.

Meski demikian, Jhon membantah tudingan tersebut dan menyebutkan itu sebagai fitnah yang tak berdasar.

"Ini tuh kasus iri terbalut emosi, jadinya begini, yang kami duga ini fitnah ya," ujar Jhon LBF yang dikutip dari Insertlive, di Senayan City, Minggu (19/2).

"Saya ini sakit hati dengan tuduhan yang diberikan kepada perusahaan saya. Ada 150 karyawan lebih di perusahaan saya, dan nggak mungkin ada money laundry atau penipuan semacam itu," jelasnya.

Lalu apa saja sih bisnis Jhon LBF?

Dikutip dari instagram resminya, pria paruh baya ini menyebutkan dirinya adalah pengangguran di 2019 tapi selang beberapa tahun saja berhasil menjadi pebisnis dengan membangun enam perusahaan.

Lihat Juga :
Kementerian PUPR Cium 'Ketamakan' Pengembang di Kasus Meikarta

Bisnis yang dijalankan terdiri dari berbagai bidang, mulai dari kontraktor, entertainment, penyedia paket bisnis, hingga konsultan perpajakan.

Berikut daftar bisnis Jhon LBF:

1. Jhontraktor

Perusahaan ini dibangun Jhon LBF dengan misi memberikan solusi pembangunan dan penyelesaian proyek tepat waktu bagi seluruh konsumennya. Pembangunan yang dilayani bisa berupa gudang, pabrik, kantor, tempat tinggal, pembuatan tangki besi untuk industri, hingga pekerjaan konstruksi lainnya.

2. Jhontax

Perusahaan ini digadang-gadang sebagai solusi untuk masalah perpajakan dan akuntansi masyarakat yang membutuhkan. Pelayanan yang diberikan meliputi pengurusan pajak pribadi, pajak badan, laporan SPT, hingga restitusi pajak.

3. Jhonskin

Perusahaan ini dibangun untuk bergerak di bidang penyedia paket usaha bisnis dengan harga terjangkau. Tujuannya agar memudahkan masyarakat yang ingin berusaha namun modal terbatas.

Layanan yang diberikan berupa legalitas izin usaha lengkap, BPOM, kantor virtual, hingga produk skincareyang siap dipasarkan.

4. Hive Five

Ini adalah perusahaan asal karyawan yang viral karena curhat didepak secara asal-asalan oleh Jhon. Perusahaan ini bergerak di bidang konsultan bisnis, pendirian usaha, laporan keuangan dan perpajakan, serta branding usaha.

5. Mevol

Ini adalah salah satu usaha Jhon yang berfokus pada penjualan onlinedi marketplace. Mevol sendiri merupakan merek rokok elektrik (vape) dengan berbagai rasa yang dijual secara online.

6. Jhontainment

Sesuai namanya, ini adalah perusahaan yang dibangun untuk layanan hiburan. Dalam hal ini, hiburan yang dimaksud adalah kelas seni mulai dari kelas musik, pembuatan lagu, perekaman, hingga kafe dan coffee shop.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

[Gambas:Video CNN]
,39 dan USDaftar 10 Daerah dengan Angka Penggangguran Tertinggi Pada 2022******
Angka pengangguran pada 2022 mencapai 8,42 juta orang. Ada Jawa Barat dan DKI dalam daftar 10 daerah dengan pengangguran tertinggi.
Angka pengangguran pada 2022 mencapai 8,42 juta orang. Ada Jawa Barat dan DKI dalam daftar 10 daerah dengan pengangguran tertinggi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Angka pengangguran diIndonesia mencapai 8,42 juta orang per Agustus 2022. Padahal, realisasi investasi mencapai Rp1.207 triliun alias melampaui target Rp1.200 triliun pada 2022.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per Agustus 2022 mencapai 5,86 persen alias 8,42 juta orang. Dengan begitu, ada sekitar 6 orang penganggur dari 100 orang angkatan kerja.

Berdasarkan persebaran wilayahnya, Jawa Barat menempati urutan pertama wilayah dengan jumlah pengangguran terbanyak. BPS mencatat pengangguran di Jawa Barat (Jabar) mencapai 8,31 persen pada Agustus 2022.

Berikut 10 daerah atau provinsi dengan pengangguran tertinggi di Indonesia versi BPS per Agustus 2022:

1. Jawa Barat (8,31 persen)
2. Kepulauan Riau (8,23 persen)
3. Banten (8,09 persen)
4. DKI Jakarta (7,18 persen)
5. Maluku (6,88 persen)
6. Sulawesi Utara (6,61 persen)
7. Sumatra Barat (6,28 persen)
8. Aceh (6,17 persen)
9. Sumatra Utara (6,16 persen)
10. Kalimantan Timur (5,71 persen)

Jika dirinci berdasarkan jenis kelamin, ada 5,93 persen pengangguran laki-laki dan 5,75 persen lainnya wanita. Meski begitu, BPS mencatat TPT pada 2022 turun ketimbang Agustus 2021, yakni 0,81 persen untuk laki-laki dan 0,36 persen wanita.

Lihat Juga :
Artha Graha Gugat Supermal Karawaci Rp288 M

Sedangkan berdasarkan kelompok umur, penduduk berusia 15-24 tahun tercatat dalam kategori TPT sebesar 20,63 persen pada 2022. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan penduduk usia 25-29 tahun (3,36 persen) dan 60 tahun ke atas (2,85 persen).

Sedangkan jumlah pengangguran dari 2020 hingga 2022 masih banyak tersebar di perkotaan. Ada 7,74 persen TPT di perkotaan pada Agustus 2022, berbanding dengan 3,43 persen TPT di pedesaan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengakui faktor melimpahnya pengangguran RI karena jumlah tenaga kerja yang terserap lebih rendah. Pasalnya, investasi saat ini lebih banyak menuju capital intensivealias padat modal.

Airlangga mengatakan perusahaan butuh biaya modal lebih tinggi ketimbang kebutuhan biaya untuk tenaga kerja. Modal yang dimaksud merujuk pada mesin penyokong produksi, seperti mesin, perlengkapan, dan lainnya.

"Oleh karena itu yang didorong pemerintah adalah UMKM dan entrepreneurship. Nah, UMKM dan entrepreneurshipini didorong lewat Perppu Ciptaker," kata Airlangga di Jakarta Pusat, Selasa (21/2).

Ia menyebut aturan itu mempermudah UMKM dan pengusaha untuk membentuk PT perseorangan. Dalam aturan terdahulu, pembentukan PT dibutuhkan modal minimal Rp50 juta. Namun, kini dengan modal lebih kecil pun bisa dilakukan.

Di lain sisi, ia menyebut banjir investasi RI masih relevan untuk mengatasi masalah pengangguran. Terlebih, pemerintah akan mendorong investasi yang masuk sebesar Rp1.400 triliun pada 2023 ini.

"Pengangguran itu diatasi dengan investasi. Investasi ini tahun ini kita dorong Rp1.400 triliun. Kemarin dalam KEM PPKF (Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal) kita harap bisa meningkat sampai Rp1.600 triliun," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

[Gambas:Video CNN]
,40 per koin. Senada, harga BNB juga naik 0,39 persen ke US6,33 per keping.

Sementara itu, tiga koin stabil dengan kapitalisasi pasar terbesar tetap di US per keping. Ketiganya yakni tether, usd coin, dan binance usd.

Pagi ini, kapitalisasi pasar aset kripto mencapai US,14 triliun secara global. Angka itu menanjak 2,33 persen dibandingkan kemarin.

Kripto sendiri masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

[Gambas:Video CNN]

Luhut Banggakan SDM RI di Industri, Singgung Biaya Tinggi TKA China******

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim SDM lokal mulai menunjukkan perkembangan di bidang industri sambil menyinggung TKA China.
Salah satu kedatangan TKA China di Aceh, 2020. Menko Marves menyinggung high cost soal TKA ini. (ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut perkembangan positif sumber daya manusia (SDM) lokal dalam bidang industri.

Ia menyebut hal itu memberi nilai tambah kepada SDM RI yang sudah dikenal dengan sumber daya alam (SDA)-nya.

Luhut selanjutnya berharap kondisi itu akan membuat Indonesia ke depannya tak perlu mendatangkan tenaga asing yang menurutnya menghabiskan lebih banyak biaya.

"Because the industry needs qualified people to run the machines. Because if they bring employees from China, the cost is higher. They understand for a while, that Indonesian fingers are very good," kata Luhut dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @luhut.panjaitan, Sabtu (18/2).

Ia pun mengundang para peneliti Australia itu untuk ikut berkunjung bersama Menteri Perindustrian Australia ke Indonesia untuk melihat bagaimana saat ini Indonesia mampu membangun industri hilirisasi dari hulu ke hilir.

Lihat Juga :
Yusril: Pembangunan Terlemah Pemerintahan Jokowi di Sektor Hukum

Luhut juga menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari proses hilirisasi industri di Indonesia itu tak lain adalah untuk memberikan 'kenikmatan' bagi penduduk asli setempat di mana industri tersebut dibangun.

"Kami sudah membuktikan satu hal bahwa membangun infrastruktur dan membangun manusia yang terdidik dan terampil bisa kita lakukan bersama-sama," tandas dia.

Sebelumnya, dominasi TKA China di berbagai industri RI jadi perdebatan banyak pihak.

Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) sempat menyayangkan industri nikel di RI, mulai hulu hingga hilir, didominasi TKA China.

Lihat Juga :
Kronologi TKA China Dibunuh di Minahasa Pakai Kerukan Ekskavator

"Ini daerah kaya nikel, tapi yang kerja semua China dari daratan sampai tukang las," ujar Jusuf dalam peringatan HUT 70 Tahun Kalla Group, di Grand Ballroom Kempinski Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Luhut membantahnya. Ia mengatakan pekerja China sempat mendominasi smelter nikel pada 2014.

"Itu nggak betul. Kalau waktu konstruksi dulu awal-awal 2014 ya, sekarang sudah banyak orang Indonesia pergi saja lihat ke sana," jelas Luhut seperti dikutip dari detik.com, Senin (31/10/2022).

[Gambas:Instagram]

(khr/arh)

Kronologi Pembubaran Merpati, dari Merugi, Digugat Hingga Pailit******

Sebelum dinyatakan pailit dan dibubarkan Jokowi, kinerja Merpati Airlines merugi sejak 2018. BUMN ini juga digugat karyawan hingga mitranya.
Sebelum dinyatakan pailit dan dibubarkan Jokowi, kinerja Merpati Airlines merugi sejak 2018. BUMN ini juga digugat karyawan hingga mitranya. (Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi bubarkan BUMNPT Merpati Nusantara Airlines (Persero). Pembubaran tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 tahun 2023 tentang Pembubaran Perusahaan Perseroan PT Merpati Nusantara Airlines.

Pembubaran maskapai ini tak lepas dari putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 5/Pdt.Sus Pembatalan Perdamaian I 2022/ PN. Niaga Sby Jo Nomor 4/Pdt.Sus-PKPU/20l8/PN.Niaga Sby tanggal 2 Juni 2022 yang menyatakan Merpati Airlines pailit.

"Perusahaan Perseroan (Persero) PT Merpati Nusantara Airlines yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 1971 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Negara (P.N.) Perhubungan Udara Daerah dan Penerbangan Serbaguna 'Merpati Nusantara' menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) bubar karena dinyatakan pailit," demikian bunyi Pasal 1 PP, yang diteken Jokowi pada 20 Februari 2023 tersebut.

Jauh sebelum putusan pailit pengadilan muncul, 'kesehatan' Merpati Airline sudah mulai terguncang pada 2008 lalu. Saat itu, perusahaan merugi dan utangnya mencapai Rp2,8 triliun.

Sementara aset yang dimiliki hanya Rp999 miliar. Ekuitasnya pun minus Rp1,84 triliun dan kerugiannya tembus Rp641 miliar.

Pemerintah pun memutuskan untuk memasukan perusahaan dalam program restrukturisasi PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). PPA masuk dengan suntikan dana awal Rp300 miliar.

Lihat Juga :
Rubicon Anak Pejabat DJP Aniaya Putra Petinggi Ansor Tak Masuk LHKPN

Pada 2012, Merpati Airlines digugat oleh 1.000 karyawan karena perselisihan pemutusan hubungan kerja (PHK). Dua tahun setelahnya kondisi keuangan perusahaan kian buruk hingga resmi berhenti terbang. Kala itu beban utangnya mencapai Rp7,29 triliun.

Pada 2016, Merpati Airlines digugat dalam kasus permohonan pailit. Di tahun yang sama, maskapai tersebut kembali digugat dalam kasus penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) oleh PT Prathita Titian Nusantara.

Setahun kemudian, beban utang kreditur naik menjadi Rp10,72 triliun dan ekuitasnya pun minus Rp9,51 triliun.

Pada Juni 2017 Merpati Airlines digugat oleh PT Parewa Katering, penyedia makanan yang memasok kebutuhan penumpang maskapai.

Memasuki 2018, Merpati Airline seperti mendapat angin segar, Direktur Utama Merpati Airline Asep Ekanugraha menyatakan pesawat perusahaan siap terbang lagi pada 2019.

PT Intra Asia Corpora disebut menjadi salah satu investor yang akan menyuntikkan dana segara Rp5,4 triliun. Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pun mengabulkan permintaan damai dari Merpati Airlines.

Seiring berjalannya waktu, kondisi perusahaan ternyata tak kunjung membaik, hingga akhirnya PN Surabaya pun menyatakan perusahaan pailit pada 2022 lalu.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:ijobet

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
opaltogel
360kredi ilegal atau legal
cara menghindari pinjol
slotbola88 demo
rtp wayang88
qqicon188
2d cicak
mega88 terbaru
ak7n demo slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 51 erek erek togel
Bab 2 situs judi resmi dan terpercaya
Bab 3 belanja dengan akulaku
Bab 4 pinjol ojk terbaru 2022
Bab 5 hero138
Bab 6 ug slot terbaru
Bab 7 mandiri188
Bab 8 sarjanaslot
Bab 9 rtp pola gacor 168
Bab 10 kredivo akulaku
Bab 11 gbo338 slot
Bab 12 kris4d
Bab 13 situs judi online24jam terpercaya 2022
Bab 14 gacor win slot
Bab 15 layanan pinjaman online
Bab 16 info link slot gacor
Bab 17 airbet88 login vip
Bab 18 paktuaslot
Bab 19 live chat slot
Bab 20 galeri555
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4897bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Sistem memasak Shaolin

voucher shopee food 40 ribu
langkah nyata Telkom sebagai perusahaan digital telco pilihan masyarakat untuk memberikan solusi efektif bagi proses bisnis melalui teknologi digital.
PT Telkom Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) Kota Padang. (Foto: Telkom)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Telkom Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) Kota Padang. Kerja sama ini untuk meningkatkan kualitas layanannya dalam pengukuran dan pemantauan konsumsi air yang lebih akurat.

Hal ini merupakan langkah nyata Telkom sebagai perusahaan digital telco terdepan pilihan masyarakat untuk memberikan solusi efektif bagi proses bisnis melalui teknologi digital. Untuk itu Telkom memberikan dukungan penuh terhadap digitalisasi Perumda AM.

Kerja sama dalam rangka melakukan Piloting Smart Water Meter dengan Valve yang memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) dari Antares ini merupakan produk digital dari Leap-Telkom Digital.

Direktur Digital Bisnis Telkom Fajrin Rasyid, menyampaikan, Smart Water Meter dengan Valve dari Antares menghadirkan berbagai manfaat dalam proses operasional maupun kepada pelanggan.

Di mana Perumda AM Kota Padang kini bisa melakukan pembacaan meter pelanggan secara konsisten pada tanggal yang sama sehingga mengurangi potensi bill shock tagihan kepada pelanggan secara signifikan.

Pemanfaatan Smart Water Meter dengan Valve juga meminimalisir risiko kenaikan tagihan yang disebabkan oleh meter tidak terbaca, kesalahan pencatatan, fraud, maupun perbedaan ekspektasi dengan pelanggan juga berkurang cukup besar.

Oleh karena itu, pelayanan yang diberikan Perumda AM Kota Padang dapat jauh lebih meningkat, terutama dari sisi transparansi pemakaian air pelanggan sehingga mengurangi potensi munculnya keluhan.

"Smart Water Meter dengan Valve yang menggunakan IoT Antares ini juga membuat pelanggan mendapatkan tagihan pada periode yang konsisten dengan informasi yang akurat dan terpercaya," kata Fajrin Rasyid dalam keterangannya, Jumat (17/2).

"Pelanggan juga dapat melihat konsumsi air secara periodik melalui aplikasi secara online sehingga meningkatkan transparansi pemakaian air," ujar Fajrin.

Sementara Manager IT Perumda AM Kota Padang Dheny Skylab, mengungkapkan sebelum menggunakan teknologi IoT dari Antares, perusahaannya kerap menghadapi sejumlah kendala.

Seperti, penagihan pelanggan yang tidak tercatat, dan sulitnya mendapat izin masuk ke lokasi tertentu. Selain itu, memutus aliran air di lapangan juga membutuhkan biaya, bahkan terkadang harus berhadapan dengan warga.

"Dengan adanya Smart Water Meter ini kita tidak perlu manual turun ke lapangan untuk memutus aliran air, pelaksanaan pemutusannya pun tidak memerlukan waktu yang lama, dan juga menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan warga," ungkap Dheny.

"Sejauh ini kami sudah bisa memantau penggunaan air dari pelanggan setiap hari, di mana sebelumnya kami hanya bisa memantau satu kali dalam sebulan. Dan kedepannya kita harapkan jika ada pelanggan yang menunggak, bisa langsung kita putus secara mobile," lanjut Dheny.

Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi IoT Antares, pelanggan turut diberikan estimasi tagihan bulanan berjalan melalui aplikasi mobile sehingga pelanggan dapat memprediksi total tagihan di akhir bulan. Perumda AM Kota Padang juga dapat menerapkan sistem isolir (buka tutup valve) jika pelanggan menunda tagihan.

"Kami berharap teknologi IoT Smart Water Meter yang dibawa oleh Antares dari Leap-Telkom Digital membuat Perumda AM Kota Padang menjadi lebih baik lagi, serta dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat," tutup Fajrin.

Pada prosesnya, alur integrasi data tersebut akan menjadi basis dari tagihan kepada pelanggan. Antares IoT merupakan bagian dari Leap-Telkom Digital sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Dengan adanya Antares IoT dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Informasi lebih lengkap bisa diakses di sini.

(inh/inh)

Catatan Baize

asiabet338
Analis merekomendasikan sejumlah saham yang bisa menjadi pilihan pekan ini beberapa di antaranya ada di sektor kesehatan dan transportasi.
Analis merekomendasikan sejumlah saham yang bisa menjadi pilihan pekan ini beberapa di antaranya ada di sektor kesehatan dan transportasi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.896 pada Jumat (17/2). Indeks menguat tipis sebesar 0,05 poin atau 0,00 persen dari perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data dari RTI tercatat, dalam sepekan lalu Asing melakukan aksi jual bersih (net sell) mencapai Rp1,1 triliun. Ini terjadi merata di seluruh sektor perdagangan.

Adapun rata-rata transaksi pada pekan ketiga Februari kemarin sebesar Rp9,118 triliun. Nilai ini lebih rendah dibandingkan pekan sebelumnya yang mencapai Rp9,78 triliun.

Menurutnya, pergerakan IHSG ini dipengaruhi oleh sejumlah sentimen baik dari dalam maupun luar negeri. Pertama, rilis data neraca pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal empat 2022 yang diperkirakan surplus US,5 miliar.

"Ini merupakan sentimen positif karena akan meningkatkan cadangan devisa dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah," ujar Audi kepada CNNIndonesia.com.

Kedua, kebijakan The Fed dikhawatirkan kembalihawkishpada Federal Open Market Committee (FOMC) meetingpekan depan. Kondisi ini cenderung akan direspons negatif oleh pelaku pasar karena peluang kenaikan suku bunga yang masih akan terbuka.

Lihat Juga :
OJK Tak Temukan Pelanggaran Bank Nobu dalam Kasus Meikarta

Apalagi, pada pekan lalu pejabat The Fed melihat bahwa tindakan bank sentral belum memiliki dampak signifikan dan meyakini masih memiliki ruang kenaikan suku bunga hingga level 5-5,5 persen.

Hal tersebut memberikan ketidakpastian untuk investor yang tercermin dari spread US treasuryberada di level -0,78 persen. Nilai tersebut lebih rendah dibandingkan pada 1998 dan 2008.

Kondisi inilah yang diperkirakan bakal berlanjut di pekan keempat Februari ini. Sebab, bila AS kembali menaikkan suku bunga akan memberikan tekanan kepada nilai tukar rupiah.

Ketiga, sentimen lain yang bakal mempengaruhi pergerakan IHSG adalah harga komoditas energi yang diperkirakan tertekan oleh kekhawatiran akan potensi penurunan permintaan akibat ancaman resesi di AS makin nyata.

Lihat Juga :
PUPR 'Seret' OJK, Minta Awasi Perbankan di Kasus Hunian Mangkrak

"Selain itu kami melihat ketidakpastian ekonomi AS yang meningkat, serta FOMC pada pekan ini akan mempengaruhi pergerakan pasar dengan cenderung meningkatkan tekanan," jelasnya.

Meski demikian, Audi menilai masih ada sektor yang bisa dipertimbangkan untuk dikoleksi oleh investor. Setidaknya ada dua, yakni konsumer dan kesehatan karena bisa menjadi saham defensif di saat ketidakpastian ekonomi meningkat.

Pekan ini, Audi merekomendasikan empat saham pilihan yang bisa dipilih oleh investor. Rinciannya adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) (speculative buy) di rentang Rp6.400-Rp7.000, PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) (speculative buy) di rentang Rp5.600-Rp6.350.

Lalu, PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) (trading buy) di rentang Rp2.030-Rp2.350, dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) (trading buy) di rentang Rp4.600-Rp5.050.

Lihat Juga :
Menilik UU Rusun yang Disebut Ombudsman Dilanggar Meikarta

Senada, pelatih investasi saham dan derivatif sekaligus CEO Akela Trading System Hary Suwanda juga melihat pergerakan IHSG sepanjang pekan ini bakal masih tertekan. Apalagi, pada pekan lalu belum berhasil menembus level resistance.

"Secara teknikal IHSG nampak belum berhasil menembus resistance 6961.74, sehingga selama itu belum berhasil ditembus maka IHSG cenderung terkoreksi kembali. Level support di 6.803," kata Hary.

Hary melihat sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG pekan ini bakal berasal dari global. Utamanya, kebijakan The Fed yang diperkirakan bakal kembali hawkish.

Hal ini tercermin dari angka producers price index (PPI) AS yang tercatat naik 0,7 persen. Realisasi ini lebih tinggi dari konsensus yang sebesar 0,4 persen.

Lihat Juga :
Kementerian PUPR Buka Suara soal Kasus Mangkrak Meikarta

"Ini mengkonfirmasi pendapat sejumlah pejabat The Fed yang melihat bahwa inflasi di Amerika masih membandel. Kendatipun memang nampak adanya penurunan bilamana dibandingkan titik tertingginya di 2022," imbuhnya.

Sedangkan, sentimen dari dalam negeri dinilai cukup stabil. Hal ini ditandai dengan keputusan Bank Indonesia (BI) yang menahan suku bunga acuan di level 5,75 persen pada Februari ini.

Keputusan BI ini sejalan dengan inflasi Indonesia yang lebih terkendali dibandingkan negara lain. Inflasi sepanjang 2022 tercatat di angka 5,5 persen atau lebih rendah dari perkiraan sekitar 6 persen.

Dengan kondisi ini, Hary melihat dua saham bisa dipilih oleh investor yakni Indosat (ISAT) dengan target harga di Rp6.975 dan stop lost Rp6.275 dan Merdeka Copper Gold (MDKA) dengan target harga Rp4.950 dan stop lost Rp4.630.

Bersambung ke laman berikutnya...

Peluang Konsolidasi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Yang paling arogan dalam sejarah

judi slot gacor terpercaya
Transmart kembali menggelar Big Promo untuk beragam produk, mulai dari makanan sampai perangkat elektronik semuanya diskon.
Transmart kembali menggelar Big Promo untuk beragam produk, mulai dari makanan sampai perangkat elektronik semuanya diskon. (Robby Bernardi/detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia--

Raksasa ritel nasional Transmart kembali menggelar Big Promo mulai dari 17 Februari sampai 31 Mei 2023. Promonya berlaku di banyak cabang di Indonesia, lho.

Di Big Promo Transmart ini, semua kebutuhan rumah tangga ada diskon spesialnya. Mulai dari bahan pangan pokok, produk-produk segar, alat-alat kebersihan rumah, sampai elektronik, semuanya diskon.

Lihat Juga :
Ada Promo di Transmart, Beli Banyak Lebih Hemat

Hadir pula di Karawang Tuparev, Bandung Buah Batu, Semarang Setiabudi, Surabaya Rungkut, Jawa Timur Sidoarjo, dan Bali Imam Bonjol.

Tak ketinggalan, ada juga di Makassar Trans Studio, Palu, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Manado, Kawanua, Medan MF, Palembang, Pekanbaru, Padang, Lampung, Pangkal Pinang, dan Jambi.

Tunggu apalagi? Langsung aja belanja ke Transmart!

Gif banner Allo Bank
(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Peri dan Iblis Dahonglou

situs slot gacor thailand

Perjuangan dalam Perjalanan ke Barat

buku mimpi 2 abjad