petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

nekoslot88

belanja di shopee bayar pakai kredivo 944Jutaan kata 208033Orang-orang telah membaca serialisasi

《nekoslot88》

3 Taktik Jitu airasia Super App Terbang Tinggi di Pasar Indonesia******

Keberadaan Boni Andika sebagai Head of Marketing berperan signifikan dalam memperkenalkan airasia Super App dan menggaet konsumen di Indonesia.
Head of Marketing airasia Super App, Boni Andika (Foto: Arsip airasia Super App).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun lalu, airasia Super App mengalami perkembangan pesat. Pertama kali meluncur di Malaysia pada 2020, Indonesia merupakan negara ketiga setelah Thailand dan Filipina yang menjadi ekspansi regional airasia Super App.

Perkembangan pesat airasia Super App ini tak lepas dari kemudahan yang diberikan aplikasi ini kepada konsumen di Indonesia.

Selain itu, keberadaan Boni Andika sebagai Head of Marketing airasia Super App juga berperan signifikan terhadap perkembangan aplikasi perjalanan ini. Boni berhasil membawa airasia Super App 'terbang tinggi' di tengah sengitnya persaingan industri digital Tanah Air.

Perlahan tapi pasti, kurang dari setahun airasia food beroperasi di Indonesia, Boni sukses membuat layanan pesan-antar makanan online ini menarik minat jutaan konsumen serta pemilik bisnis kuliner untuk bergabung sebagai mitra merchant.

Berbekal portofolio kesuksesannya, Boni kemudian dipercaya menjadi Head of Marketing airasia Super App.

Peran baru itu kemudian membuat ia mengelola strategi marketing untuk seluruh layanan dan produk yang terdapat di dalam ekosistem airasia Super App Indonesia. Termasuk airasia ride, food, flights, hotels, shop, SNAP, transport, gifts, dan berbagai lainnya yang akan datang.

Berkat strategi tepat sasaran yang dirancangnya, travel super app besutan Capital A ini pun berhasil 'lepas landas' dan 'mengudara' dengan performa yang menjanjikan di pasar Indonesia.

Dalam kesempatan wawancara bersama CNN Indonesia beberapa waktu lalu, Boni membagikan tiga strategi marketing yang ia terapkan di airasia Super App Indonesia.

Lokalisasi Konten Menyesuaikan Behavior Pasar

Memperkenalkan airasia Super App yang notabene berbasis di Malaysia bukan hal yang mudah. Pria yang sempat menjajal karir di perusahaan fintech RinggitPlus.com ini berusaha untuk menarik insight keinginan masyarakat Indonesia dari sebuah platform digital.

Berangkat dari upaya riset dan pengembangan, Boni kemudian merumuskan pesan kampanye terintegrasi yang mampu memvisualisasikan brand dari airasia Super App sendiri, serta membangun unsur kedekatan dengan perilaku pasar yang dituju.

"Tantangannya adalah bagaimana kami dapat mengaitkan benang merah antara key message airasia Super App dengan setiap vertikal bisnis yang terdapat di dalam ekosistem. Saat itu, kami melihat bahwa ekspektasi konsumen Indonesia dari sebuah aplikasi digital, yaitu pengalaman yang luar biasa dan menguntungkan.," ujar Boni.

"Berdasarkan insight tersebut, kami pun menerjemahkannya menjadi sejumlah kampanye turunan, seperti #SUPERisinglyPuas untuk airasia food dan ride, serta #SUPERisinglyHemat untuk vertikal travel bisnis lainnya," tambahnya.

Kemudian pada 2023 ini, pihaknya juga menggaungkan kampanye #AyokemBALI untuk mengundang wisatawan domestik serta mancanegara kembali berwisata ke Pulau Dewata. Apalagi Bali selalu menjadi ikon pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Secara garis besar, kampanye ini juga menjadi salah satu strategi praktis kami untuk memperkuat brand positioning airasia Super App sebagai travel super app pilihan bagi para pelancong," sambungnya.

Menurut Boni, lokalisasi konten ini berhasil meningkatkan jumlah pengguna airasia Super App selama 2022 hingga 300 persen. Kenaikan signifikan ini jelas sangat berarti bagi airasia Super App di tahun pertamanya menyelami kompetisi industri digital Indonesia yang begitu dinamis.

Optimalisasi Kekayaan Database Pengguna

Sesuai dengan namanya, airasia Super App, Boni dan tim menilik potensi yang menyeluruh dalam menghadirkan arti 'super' sesungguhnya. Adanya keberagaman lini bisnis, memungkinkan airasia Super App untuk mengoptimalisasi basis data yang mencapai 51 juta penumpang dalam memberikan pengalaman yang terpersonalisasi.

Lebih dari itu, hal ini juga memungkinkan strategi marketing yang dilancarkan untuk melakukan cross-selling, dengan memberikan penawaran yang semakin menarik bagi pengguna.

"Contoh praktisnya, ketika pengguna membeli tiket pesawat ke Denpasar dengan airasia Super App, kami bisa mengirimkan push notification ataupun email penawaran promo hotel favorit, hingga airasia ride untuk pemesanan transportasi mereka selama di Bali," jelas Boni.

"Kami juga memiliki sebuah program loyalitas terintegrasi, airasia rewards, dimana airasia points yang dikumpulkan dari setiap transaksi, dapat digunakan untuk bertransaksi selanjutnya di seluruh layanan dan produk airasia Super App," tutur pria penyuka kuliner dan traveling ini.

Melalui sejumlah program cross-selling yang diterapkan, lanjut Boni, frekuensi transaksi pengguna airasia Super App di Indonesia meroket hingga 150 persen sepanjang tahun 2022.

Omni-channel untuk Perluas Brand Presence

Lebih lanjut Boni menerangkan, dalam dunia marketing, promo menjadi salah satu daya tarik yang dapat menarik konversi transaksi konsumen. Meski begitu, pendekatan marketing harusl mempertimbangkan setiap touchpoints dari customer journey agar dapat terjaga keberlangsungannya.

"Ketika airasia ride mengaspal di Provinsi Bali pada November 2022 lalu, kami ingin memastikan bahwa seluruh turis yang akan berkunjung ke Bali, bahkan dari sebelum kedatangan mereka di Bandara I Gusti Ngurah Rai, dapat mengetahui adanya layanan e-hailing dari airasia Super App ini," ujar Boni.

Selain menargetkan online ads hingga ke negara-negara yang merupakan target mayoritas wisatawan mancanegara, Boni juga melengkapi taktik marketing dari hulu ke hilir.

"Seperti in-flight activation di penerbangan AirAsia menuju Denpasar, car branding, konvoi, offline activation, hingga aktivasi promo khusus dengan sejumlah mitra hotel kami," tutupnya.

Boni mengakui, taktik pemasaran yang ia canangkan terbukti ampuh untuk menjaga konsistensi perkembangan bisnis airasia ride. Hal ini tercermin dari peningkatan pengguna layanan airasia ride oleh wisatawan mancanegara sebanyak 20 persen sejak pertama kali diluncurkan.

"Sedangkan, penumpang domestik airasia ride yang didominasi oleh pelancong asal Jakarta, Surabaya, dan Semarang juga mengalami pertumbuhan sebesar 48 persen," kata dia.

Ke depannya, Boni menjelaskan bahwa airasia Super App akan terus menghadirkan lebih banyak inovasi layanan serta produk-produknya.

"Semuanya itu akan diiringi rangkaian kampanye dan program menarik untuk memberikan pengalaman yang semakin lengkap juga memuaskan bagi para pengguna," pungkas Boni.

(osc/osc)

Biaya Kereta Cepat Jakarta******

Indonesia dan China sepakat pembengkakan biaya Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai US,2 miliar atau Rp18,24 triliun.
Indonesia dan China sepakat nominal pembengkakan biaya Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai US,2 miliar atau Rp18,24 triliun. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil Menteri BUMNII Kartika Wirjoatmodjo mengatakan Indonesia dan Chinabersepakat nominal pembengkakan biaya (cost overrunKereta CepatJakarta-Bandung (KCJB) mencapai US,2 miliar atau sekitar Rp18,24 triliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS).

"Kita sepakat dengan angka cost overrunUS,2 billion (miliar). Ini yang sedang kita rapikan," ujar Tiko, sapaan akrabnya, dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Selasa (13/2).

Menurutnya, beberapa item yang sedang dikaji adalah pajak, clearing frequency dan lain sebagainya. Meskipun, terkait angka sudah mencapai kata sepakat.

Pembengkakan biaya ini disepakati usai Indonesia berkunjung ke Beijing, China, beberapa waktu lalu.

"Kemarin kami baru dari Beijing, kita telah sepakat dengancost overrunyang disepakati pihak Indonesia dengan China sehingga bisa segera cair ke PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia-China)," kata Tiko.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi sebelumnya merinci berdasarkan hasil kajian terbaru BPKP dan Komite KCJB per 15 September 2022, pembengkakan biaya diperkirakan US,44 miliar atau Rp21,74 triliun.

Lihat Juga :
Tol Cisumdawu Mulai Beroperasi Akhir Bulan Ini

Di lain sisi, China melalui Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional (NDRC) melihat pembengkakan biaya hanya sekitar US0 juta. Hal ini dikarenakan ada perbedaan asumsi perhitungan.

"Mereka sudah sampaikan hasil perhitungan mereka sekitar US0 jutaan. Ada perbedaan karena beda cara melakukan review, beda metode dan beda asumsi," ujar Dwiyana Slamet Riyadi di Gedung DPR RI, Rabu (9/11).

Menurutnya, pihak China tidak memperhitungkan biaya-biaya pihak ketiga, seperti penyediaan persinyalan kereta api cepat. Pasalnya, di Negeri Tirai Bambu, pelayanan tersebut gratis, sedangkan di Indonesia tidak.

Terlepas dari perhitungan cost overrunproyek KCJB yang masih alot, KCIC menegaskan bakal berfokus kepada aksesibilitas yang menjadi faktor penting dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan calon penumpang kereta cepat.

"Tak hanya dari KCJB, beberapa pihak swasta juga akan turut membangun akses menuju KCJB. Tentu ini jadi hal positif untuk meningkatkan mobilitas masyarakat," ujarnya.

Dalam proposal penawaran yang disampaikan pemerintah China pada 2015 lalu, Negeri Tirai Bambu menawarkan biaya pembangunan proyek yang hanya US,13 miliar. Namun, dalam perjalanannya biaya awal proyek disepakati US,07 miliar.

[Gambas:Video CNN]

(cfd/pta)




bab terbaru:kode alam ikan gabus

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
bintang168
pinjaman tanpa ribet
rtp pojok slot
web slot terbaru
sgp slot777
voucher google play 20k
buku mimpi togel 1 sampai 100
situs new member to kecil
gacor abis slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 paito macau 5d
Bab 2 cara aktivasi shopee pinjam
Bab 3 garuda999 pro
Bab 4 inajp slot
Bab 5 redmitoto
Bab 6 event semua pasaran
Bab 7 mawar4d
Bab 8 1 angka jitu hk malam ini
Bab 9 website gacor
Bab 10 slot 4d gacor hari ini
Bab 11 slot good
Bab 12 slot online terpercaya no 1
Bab 13 menang bos slot
Bab 14 situs bonus 100 persen
Bab 15 agen88
Bab 16 mpo288
Bab 17 rtp catur777
Bab 18 menulis dapat uang di internet
Bab 19 musik4d777
Bab 20 kredit hp tanpa dp akulaku
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9549bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Saya punya klien yang berdiri sendiri

situs receh gacor
Lion Group melarang penumpang memainkan lato-lato di dalam pesawat karena mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang.
Lion Group melarang penumpang memainkan lato-lato di dalam pesawat karena mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

PTLion Group melarang penumpang memainkan lato-latodi dalampesawat karena dianggap mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Lato-lato tidak boleh dimainkan selama penerbangan karena akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan penumpang lain dari bunyi dan dampak gerakan yang ditimbulkan," ungkap Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan resmi, Rabu (15/2).

Meski demikian, lato-lato tidak termasuk dalam barang-barang dilarang (prohibited items) untuk dibawa ke penerbangan. Dengan begitu, lato-lato dapat diangkut ke dalam pesawat udara.

Lebih lanjut, ia menyebut Lion Air Group mewajibkan setiap orang untuk mengikuti ketentuan yang berlaku dalam upaya secara bersama-sama terlibat mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan

Hal ini dilakukan demi agar perjalanan udara menyenangkan.

Lato-lato adalah mainan jadul yang sempat populer di Indonesia sejak era 1990-an. Kini, mainan yang mengeluarkan suara nok nok itu tengah viral.

Tak main-main, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menjajal mainan tersebut saat berkunjung ke Subang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Mainan itu terdiri dari dua bandul yang digantung ke seutas tali. Di tengahnya ada semacam cincin yang bisa mengatur pergerakan bandul hingga saling beradu dan menimbulkan suara nyaring.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

[Gambas:Video CNN]

Pelancong Tanpa Batas

rtp admin jarwo surgadewa
Ford Motor Co. berencana melakukan PHK terhadap 3.800 karyawan perusahaan di seluruh Eropa demi menyiasati kondisi ekonomi saat ini yang tengah sulit.
Ford Motor Co. berencana melakukan PHK terhadap 3.800 karyawan perusahaan di seluruh Eropa demi menyiasati kondisi ekonomi saat ini yang tengah sulit. ( Getty Images via AFP/SCOTT OLSON).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ford Motor Co. berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 3.800 karyawan perusahaan di seluruh Eropademi menyiasati kondisi ekonomi saat ini yang tengah sulit.

Pemangkasan juga dilakukan seiring rencana industri otomotif itu yang akan mendukung pengembangan kendaraan listrik.

Mengutip CNN.com, pemangkasan itu dilakukan terhadap 2.300 pekerjaan di Jerman, 1.300 di Inggris, dan 200 di seluruh Eropa dalam tiga tahun ke depan. PHK akan dilakukan di divisi pengembangan produk dan administrasi perusahaan.

Dikutip dari keterangan tertulis, rencana PHK itu adalah upaya perusahaan untuk menciptakan struktur biaya yang lebih ramping dan kompetitif untuk Ford di Eropa. Selain itu, pengurangan karyawan juga akan dilakukan melalui redudansi sukarela.

Menurut perusahaan itu, PHK besar-besaran dipicu oleh peralihan ke kendaraan listrik. Untuk itu, Ford berencana mulai memproduksi mobil penumpang listrik buatan Eropa pertama pada akhir tahun ini.

Targetnya pada 2035 mendatang seluruh penjualan Ford di Eropa berasal dari mobil listrik.

"Ini adalah keputusan yang sulit dan tidak dianggap enteng. Kami menyadari ketidakpastian yang kami ciptakan. Namun, saya meyakinkan mereka bahwa kami akan menawarkan dukungan penuh dalam beberapa bulan mendatang," kata Manajer Umum Ford Model e di Eropa Martin Sander dalam pernyataannya.

[Gambas:Video CNN]

Lebih jauh, juru bicara Ford mengungkapkan PHK terjadi karena haluan ekonomi dan geopolitik yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Terlebih, sepanjang 2022 merupakan tahun sulit bagi manufaktur Eropa. Biaya energi yang meroket setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu, mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar €338 (US3 atau Rp5,44 juta) per megawatt jam pada Agustus.

Selain itu, harga bahan baku juga melonjak. Peningkatan biaya ini terus membebani produsen. Akibatnya, terjadi pengurangan produksi, pemindahan sebagian operasi mereka ke luar Eropa, dan memangkas sejumlah staf.

Namun kini, inflasi energi telah melambat dalam beberapa bulan terakhir. Harga gas pun kini kembali ke tingkat yang sama seperti sebelum perang.



(cfd/agt)

[Gambas:Video CNN]

Setelah kiamat, semua manusia menjadi titik pengalaman

game slot tergacor hari ini
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu akan beroperasi akhir bulan ini.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu akan beroperasi akhir bulan ini. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu akan beroperasi akhir bulan ini.

"Cisumdawu menurut laporan Pak Menteri PUPR, akhir Februari 2023 sudah bisa dioperasikan. Jadi berita optimisnya akhir Februari, Cisumdawu akan selesai," kata Ridwan Kamil dilansir dari Antara, Senin (13/2).

Menurutnya, Cisumdawu terdiri dari seksi satu hingga enam. Nantinya, jika tol seksi empat dan lima bisa berfungsi pada akhir Februari 2023, maka besar kemungkinan Cisumdawu bisa digunakan untuk menunjang aktivitas arus mudik tahun ini.

Lihat Juga :
Utang Perusahaan Pelat Merah Tembus Rp1.640 T Sepanjang 2022



Jalan tol yang sudah fungsional artinya jalan bebas hambatan darurat yang dibuka secara sementara untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan pada waktu tertentu. Hal ini disesuaikan dengan kondisi dan pelaksanaan konstruksinya di lapangan.

Basuki juga terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, terutama di seksi empat Cimalaka-Legok (8,2 km) dan seksi lima a dan lima b Legok-Ujung Jaya (14,9 km).

Pada seksi lima a dan lima b, Basuki berpesan untuk memperhatikan kerapihan dan manajemen waktu.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Terlepas dari kehidupan ini, Xiang Nanxun

rtp hoki368
Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Bali mengungkap banyak hotel dan vila yang dijual di Pulau Dewata sepanjang tahun lalu.
Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Bali mengungkap banyak hotel dan vila yang dijual di Pulau Dewata sepanjang tahun lalu. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Ardita Mustafa).
Denpasar, CNN Indonesia--

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Balimengungkap banyak hoteldan vila yang laku terjual di Pulau Dewata sepanjang tahun lalu.

Ketua Arebi Bali Michael Hikma Gunawan mengatakan saat PPKM dilonggarkan, banyak hotel yang dijual oleh pemiliknya.

Ia memperkirakan belasan hotel dan puluhan vila sudah terjual alias berpindah tangan.

"Kalau tahun kemarin (2022) ada belasan hotel udah ganti tangan dan kebanyakan bintang tiga yang di-budgetRp50 milar," kata Michael, saat dihubungi Kamis (16/2).

Sementara itu, puluhan unit vila yang terjual harganya berkisar Rp3,5 miliar hingga Rp7 miliar. Sama seperti hotel, vila yang terjual paling banyak di Kabupaten Badung, Bali.

Menurut Michael, pembeli hotel dan vila di Bali banyak berasal dari pasar domestik atau WNI yang ingin memiliki properti di Bali.

Lihat Juga :
BRI dan BNI Akan Keluar dari BSI

"Pada awal pandemi benar-benar total tidak ada yang membeli. Mulai 2022 sudah bagus, sejak PPKM dibuka mulai ada pembeli," ungkapnya.

Ia juga menduga pengusaha banyak menjual vila dan hotel tahun lalu lantaran kesulitan finansial mengingat tidak ada tamu selama pandemi.

Selain itu, pemilik memilih melepas hotelnya agar tidak terbebani dengan operasional hotel yang tinggi. Terlebih, karyawannya banyak yang sudah di-PHK.

"Kadang-kadang juga mereka ada pinjaman dengan bank. Jadi mereka belum mampu bayar jadi sekarang walaupun mereka operasi tidak cukup bayar utang ke bank," jelasnya.

Di sisi lain, dengan mulai ramainya wisatawan masuk ke Bali, sejumlah hotel juga batal dijual.

"Dulu dia tidak ada pemasukan sekarang dia punya pemasukan. Apalagi kemarin G20 lumayan hotel-hotel terisi penuh itu. Harganya mereka naikin juga tetap terisi. Kalau villa dan hotel-hotel puluhan yang masih ada (dijual)," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(kdf/sfr)

Legenda Kebijaksanaan

olxtoto slot gacor
Harga emas Antam bertengger di Rp1,019 juta pada Jumat (17/2) ini. Harga itu tak berubah dibandingkan Kamis (16/2).
Harga emas Antam bertengger di Rp1,019 juta pada Jumat (17/2) ini. Harga itu tak berubah dibandingkan Kamis (16/2). (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga emas PT Aneka Tambang(Persero) alias Antambertengger di Rp1,019 juta pada Jumat (17/2) ini. Harga itu tak berubah dibandingkan Kamis (16/2).

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga tak bergerak di Rp904 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp559,5 ribu, 2 gram Rp1,97 juta, 3 gram Rp2,94 juta, 5 gram Rp4,87 juta, 10 gram Rp9,68 juta, 25 gram Rp24,08 juta, dan 50 gram Rp48,09 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX melemah 0,55 persen menjadi US.841,6 per troy ons. Senada, harga emas di perdagangan spot turun 0,20 persen ke US.831 per troy ons pada pagi ini.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas akan kembali tertekan oleh penguatan dolar AS dan naiknya imbal hasil obligasi AS. Terlebih, menyusul pernyataan St. Louis Fed Bullard yang tidak mengesampingkan kemungkinan kenaikan suku bunga 50bps pada pertemuan FOMC berikutnya.

"Sikap bulllish ini muncul setelah serangkaian data ekonomi yang kuat dari US. Data tebaru PPI juga naik lebih tinggi dari perkiraan serta klaim pengangguran yang lebih rendah memperkuat harapan apabila the Fed masih akan tetap agresif dalam memerangi inflasi," kata Lukman saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang supportUS.815 per troy ons dan resistanceUS.845 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(cdf/agt)

[Gambas:Video CNN]

Yaoming

situs bonus
Sejumlah distributor mengungkap alasan kelangkaan Minyakita di Balikpapan, Kalimantan Timur.
Sejumlah distributor mengungkap alasan kelangkaan Minyakita di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah distributor mengungkap alasan kelangkaan minyak goreng Minyakita di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Perum Bulog sebagai salah satu distributor mengaku telah mengajukan pembelian pada pemasok namun belum mendapat pengiriman hingga saat ini.

Bahkan, Bulog mengaku sudah membayar tunai pembelian kepada produsen tetapi hingga sekarang pasokan masih tersendat.

"Kami akan tindak lanjut apakah ada pengaturan atau penahanan pasokan Minyakita ke masyarakat yang dilakukan secara sengaja," tutur kata Kepala KPUU Kanwil V Balikpapan Manaek SM Pasaribu lewat keterangan tertulis, Selasa (14/2).

Menurutnya, jika stok Minyakita merupakan alokasi DMO, maka seharusnya dapat didistribusikan pihak produsen ke daerah secepatnya.

"Pada hari ini untuk sementara Kanwil V memperoleh keterangan dari dua distributor minyak goreng yakni PT Artam Kumala Jaya dan Perum Bulog, sedangkan satu distributor yaitu PT Indomarco Adi Prima tidak hadir," ucap Manaek.

Lihat Juga :
Bahas Meikarta, Andre Rosiade Gebrak Meja di Depan Bos Lippo

Beberapa minggu terakhir warga Balikpapan mengeluhkan ketersediaan Minyakita cukup terbatas dan harga Minyakita dijual Rp17.500 per kemasan.

Selain soal kelangkaan stok, Manaek mengungkapkan alasan praktiktying merupakan permintaan dari produsen.

Fakta ini ia dapatkan berdasar keterangan dari PT Artam Kumala Jaya yang mengaku ketika membeli Minyakita juga diwajibkan untuk dapat memasarkan atau menjual produk lain juga.

"Karena membeli Minyakita sekaligus juga membeli produk lain, maka pihaknya berusaha juga untuk dapat menjual produk lain yang sudah terbeli tersebut kepada retailer," kata Manaek.

Lebih lanjut, Manaek kini tengah menjadwalkan pemanggilan para produsen pelaku praktiktyingini. Selain itu, ia juga akan menyelesaikan pemanggilan distributor lain yang melakukan praktik serupa.

Sebelumnya, KPPU Balikpapan mengungkapkan pihaknya telah melakukan observasi pasar selama tiga bulan, dari November 2022 hingga Januari 2023.

"Dalam observasi lapangan tersebut, KPPU menemukan keberadaan berbagai pedagang yang telah membeli Minyakita dari distributor dengan syarat harus membeli produk lain dari distributor tersebut," ucap Manaek melalui keterangan tertulis, Jumat (10/2).

Menurutnya, pelanggaran itu ditemukan di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. Ia tidak menutup kemungkinan pelanggaran serupa juga terjadi di daerah lain di Kalimantan.

Setidaknya terdapat dua bentuk penjualan dengan syarat yang ditemukan KPPU. Pertama, membeli Minyakita dalam jumlah tertentu harus disertai dengan membeli produk minyak goreng merk selain Minyakita.

Kedua, membeli Minyakita dalam jumlah tertentu harus disertai dengan membeli produk nonminyak goreng seperti sabun cuci piring.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/sfr)