petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

mahjong ways 2 offline

nama slot 138 615Jutaan kata 652019Orang-orang telah membaca serialisasi

《mahjong ways 2 offline》

Anak Muda China Ogah Kerja di Pabrik: Gaji Kecil, Risiko Besar******

Anak muda China ogah bekerja di pabrik karena gaji rendah, jam kerja ekstra, hingga risiko cedera yang besar.
Anak muda China ogah bekerja di pabrik karena gaji rendah, jam kerja ekstra, hingga risiko cedera yang besar. Ilustrasi. (AFP/JADE GAO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Anak muda Chinakini mulai ogah bekerja dipabrik meski membantu perekonomian negara. Menurut mereka, upahrendah, jam kerja ekstra, hingga risiko cedera yang besar sebagai pekerja pabrik tidak layak diperjuangkan.

Julian Zhu yang tumbuh di sebuah desa di China harus menerima kenyataan bertemu sang ayah beberapa kali dalam setahun saja, saat ayahnya libur kerja dari pabrik tekstil di Guangdong Selatan.

"Setelah beberapa saat, pekerjaan itu (pabrik) membuat pikiran Anda mati rasa. Aku tidak tahan dengan pengulangan," kata Zhu kepada Reuters, Senin (21/11).

Orang seperti Zhu dan pemuda lainnya di usia 20 dan 30-an yang menolak kerja di pabrik membuat produsen China frustasi karena kekurangan tenaga kerja. Akibatnya, mereka hanya mampu memproduksi sepertiga dari barang yang dikonsumsi secara global.

Menurut survei CIIC Consulting, lebih dari 80 persen pabrik di China menghadapi kekurangan tenaga kerja mulai dari ratusan hingga ribuan pekerja pada tahun ini.

Bahkan, Kementerian Pendidikan China memproyeksi akan ada kekurangan 30 juta pekerja manufaktur pada 2025.



Pengusaha mengatakan mereka akan menghasilkan produk lebih banyak dan cepat dengan tenaga pemuda. Namun, mereka enggan menawarkan upah yang lebih tinggi dan jaminan kerja lebih baik karena berisiko mengikis level kompetitif perusahaan.

Klaus Zenkel selaku Pimpinan Kamar Dagang Eropa di China Selatan mengatakan pekerja mereka kebanyakan berusia 50 sampai 60 tahun dan harus bergulat dengan mesin serta perkakas. Ia mengaku butuh darah muda, tetapi pesimis pemuda China berminat menekuni pekerjaan di pabrik.

"Cepat atau lambat kita perlu mendapatkan lebih banyak pekerja muda, tetapi itu sangat sulit. Pelamar akan melihat sekilas dan berkata, tidak, terima kasih. Itu bukan untuk saya," katanya.

Lihat Juga :
Daftar 15 Perusahaan di Indonesia yang PHK Massal Tahun Ini

Julian Zhu juga punya alasan kuat enggan kerja di pabrik. Ia mendapat cerita seram rekan-rekannya di mana mereka cedera di tempat kerja karena terkena lembaran logam tajam. Ia pun memutuskan untuk mencari pekerjaan yang lebih bebas.

Selain Zhu, ada juga Xiaojing yang sanggup menghasilkan 5.000 hingga 6.000 yuan per bulan sebagai tukang pijat di daerah kelas atas Shenzhen. Sebelumnya, ia tiga tahun bekerja di pabrik printer dan hanya menghasilkan 4.000 yuan per bulan.

"Semua teman seusia saya meninggalkan pabrik. Kalau mereka membayar saya 8.000 yuan belum termasuk lembur, tentu saja (kembali ke pabrik)," ujarnya yang mengatakan mustahil untuk kembali bekerja di pabrik.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Gibran Usai Ricuh Munas Hipmi: Kami Tak Ingin Kejadian Jelek di Solo******

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka berharap ricuh di Munas Hipmi tidak terjadi lagi. Ia tak ingin kejadian jelek yang merusak citra terjadi di Solo lagi.
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka berharap ricuh di Munas Hipmi tidak terjadi lagi. Ia tak ingin kejadian jelek yang merusak citra terjadi di Solo lagi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Solo, CNN Indonesia--

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka berkomentar soal  ricuh yang terjadi di Musyawarah Nasional (Munas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Alila, Solo, Selasa (22/11).

Ia berharap kejadian serupa tak terjadi lagi di kota yang dipimpinnya. Ia juga berharap ricuh Munas Hipmi tak berdampak ke Kota Solo.

Gibran berharap insiden tersebut tidak berdampak kepada citra Kota Solo.

Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII pada Senin (21/11) di Solo, Jawa Tengah, diwarnai kericuhan. Hal tersebut diketahui dari sebuah video yang tersebar di media sosial. Sejumlah peserta terlibat adu jotos.

Ketua Organizing Committe (OC) Munas HIPMI XVII Muhammad Ali Affandi membenarkan kejadian kericuhan tersebut. Ia menyebut, kericuhan terjadi di luar sidang pleno Munas karena adanya kesalahpahaman.

Sementara itu Gibran berharap kericuhan yang terjadi di Munas XVII HIPMI tersebut tidak dibesar-besarkan. Menurutnya, kericuhan tersebut hanya kejadian kecil.

"Halah, kejadian kecil aja," kata Gibran yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina HIPMI Jawa Tengah itu.

Meski diwarnai baku hantam, Gibran menganggap Munas HIPMI di Solo tetap berjalan lancar. Ia memastikan pemilihan Ketua Umum BPP HIPMI itu tetap berjalan sesuai rencana.

"Insyaallah lancarlah ya. Pleno diselesaikan siang ini, atau kalau molor ya sore nanti," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Ia mengaku telah mendapatkan keterangan dari Panitia Munas terkait kejadian semalam. Ia meminta semua pihak tidak perlu melaporkan kejadian tersebut kepada Polisi.

"Kalau soal itu tanya Pak Kapolres saja. Tapi kekeluargaan aja, wong cah enom kok (anak muda kok)," katanya.

Sementara itu, Kapolresta Surakarta, Kombes Pol. Iwan Saktiadi mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait insiden perkelahian di Munas HIPMI tersebut. Polres, katanya hanya mendorong agar HIPMI bisa menyelesaikan pertikaian tersebut secara kekeluargaan.

"Kami hanya memediasi saja agar ini diselesaikan diselesaikan secara internal saja," katanya.

Lihat Juga :
Munas HIPMI di Solo Diwarnai Kericuhan dan Baku Hantam
(tim/agt)

[Gambas:Video CNN]

Pedagang Keluhkan Harga Beras Naik Usai Serapan di Petani Rendah******

Sejumlah pedagang mengeluh kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir.
Sejumlah pedagang mengeluh kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pedagang mengeluh kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir.

Milah (56), pemilik warung makan di kawasan Jakarta Timur, mengeluhkan hal tersebut. Padahal, sebagai pedagang, ia membutuhkan beras dalam jumlah yang lebih banyak dari rata-rata konsumsi rumah tangga.

"Beras kayak gini sekarang harganya Rp11 ribu per kg, biasanya cuma Rp9.500 per kg, sudah seminggu lebih," kata Milah padaCNNIndonesia.com, Jumat (18/11).

Pengelola toko Idola di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Hariyanto mengungkapkan kenaikan harga ini sudah berlangsung setidaknya tiga minggu. Alasannya adalah pasokan dari para petani sudah diserap oleh Bulog dan tidak banyak masuk ke pasaran.

"Kalau yang premium kenaikannya dipicu penyerapan beras oleh Bulog. Bulog kan ini lagi pengadaan atau penyerapan komersil itu, cuma harganya fleksibel, tiap-tiap toko beda," kata Anto, sapaan akrabnya, saat ditemui di PIBC.

Akibat penyerapan beras yang dilakukan oleh Bulog, para pemasok beras kini harus bersaing harga dan mengikuti standar pemerintah.



Padahal menurut Anto, panen kali ini adalah panen gaduk. Artinya, pada musim seperti ini, para petani tak hanya menanam padi namun juga palawija. Sehingga hasil panen beras tidak akan sebanyak saat panen raya atau panen pertama.

"Makanya kalau panen padi pertama itu bisa 90 persen padi semua. Kalau Bulog niat pengadaan harusnya Februari, Maret, April. Itu panen raya, panen pertama, padi berlimpah. Jadi dalam bulan-bulan yang produktivitas rendah, dia maksain pengadaan. Otomatis kaya gini, harga melambung," keluh Anto.

Harga beras di tokonya sendiri rata-rata meningkat hingga Rp1.000, baik untuk beras premium ataupun medium. Meskipun untuk beras premium belum melewati harga eceran tertinggi (HET), namun untuk beras medium kenaikannya sudah melampaui HET Rp9.450.

Ia pun membandingkan kenaikan harga beras justru tak terjadi saat subsidi bahan bakar minyak (BBM) dipangkas oleh pemerintah.

Lihat Juga :
Isi Paket Pesangon GoTo untuk 1.300 Karyawan yang Kena PHK

"Waktu kenaikan BBM justru nggak ngaruh, Walaupun logistiknya naik, tapi nggak ngaruh, yang ngaruh justru ini. Makanya kalau harga beras melambung tinggi ini yang disalahkan Bulog. Waktu pengadaannya gak tepat," sambungnya lagi.

Anto kembali memaparkan kenaikan harga ini ikut berdampak pada pembelian yang semakin berkurang. Saat ini, rata-rata harian stok keluar masuk di tokonya mencapai 100 ton. Meskipun kenaikan ini tak separah 2013 lalu, Anto menyentil mestinya pemerintah melakukan penyerapan saat beras sedang berlimpah.

"Pas panen (raya, padi) banyak kan harga turun, itu harusnya diserap pemerintah, entar musim paceklik bulan-bulan gini, keluarin lagi tuh. Kan lapangan kosong, Bulog ada, harusnya gitu. Jadi kayak salah strategi, ini kebalik, pas di lapangan kosong malah menyerap, otomatis melambung," ucapnya.

Lihat Juga :
GoTo PHK 1.300 Karyawan

Namun, meski serapan di tingkat petani sedang rendah, Anto menyebut stok miliknya masih dalam ukuran aman. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Sekretaris Perusahaan PIBC Kadek Reza yang mengungkapkan stok beras saat ini masih dalam taraf aman.

"Terkait dengan stok beras saat ini di PIBC kurang lebih berada di 38 ribu ton, jadi masih dalam batas aman," tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut saat ini stok cadangan beras pemerintah (CBP) menipis karena ketersediaan terbatas dan harga jual yang tinggi.

Buwas, panggilan akrabnya, mengaku kesulitan mendapatkan beras atau gabah di tingkat produsen karena keterbatasan pasokan di tingkat penggilingan maupun petani. Imbasnya, pasokan CBP saat ini di gudang Bulog hanya sebanyak 651 ribu ton jauh dari target 1,2 juta ton.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)




bab terbaru:slot603

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
collectius
slot yang gacor
hitamslot
mpo008
joker 888 slot
erek erek 2d kucing
pisauqq
slot88 paling gacor
gmwin link alternatif
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot gacor winrate tinggi
Bab 2 rajaremi
Bab 3 maxwin369
Bab 4 cara pasang cm togel
Bab 5 bro 55 slot
Bab 6 gacor188
Bab 7 permainan slot yang lagi gacor
Bab 8 depo 20 bonus 30 to kecil
Bab 9 link paling gacor slot
Bab 10 link slot indonesia
Bab 11 nuansa slot vip
Bab 12 ide777
Bab 13 tarkam88
Bab 14 situs mudah menang
Bab 15 vegas108 slot
Bab 16 adilqq
Bab 17 cicilan paylater
Bab 18 mataharibet
Bab 19 pinjam uang rentenir
Bab 20 asiatoto
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6187bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

spektrum kebobrokan

email kredivo
Komisi VI DPR RI mencecar Direktur Utama PT Timah Ahmad Dani Virsal soal kasus dugaan korupsi Izin Usaha Pertambangan yang menyebabkan kerugian Rp271 triliun.
Komisi VI DPR RI mencecar Direktur Utama PT Timah Ahmad Dani Virsal soal kasus dugaan korupsi Izin Usaha Pertambangan yang menyebabkan kerugian Rp271 triliun. Ilustrasi, salah satu tersangka korupsi timah, Helena Lim. (Dok. Kejagung).
Jakarta, CNN Indonesia--

Komisi VI DPRRI mencecar Direktur Utama PT TimahAhmad Dani Virsal soal kasus dugaan korupsiIzin Usaha Pertambangan (IUP) yang menyebabkan kerugian ekologis hingga Rp271 triliun.

Anggota Komisi VI Fraksi Demokrat Herman Khaeron mengatakan angka Rp271 merupakan angka yang fantastis. Ia pun menceritakan pernah berkunjung ke PT Timah dan bertanya ke masyarakat sekitar.

Masyarakat sekitar, katanya, mengatakan memang PT Timah tidak mengurus kawasan pertambangan dengan benar.

Senada, anggota komisi VI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Amin AK mengatakan kerugian sebesar Rp271 triliun tersebut menjadi ironi di tengah penurunan pendapatan perusahaan setiap tahun. Apalagi Rp271 tersebut baru kerugian ekologis.

Meski baru menjabat kurang dari setahun sebagai direktur utama , Amin mengatakan Ahmad Dani harusnya tau soal kasus dugaan korupsi tersebut.

"Yang korupsi itu gerombolan pak, sebagian dari manajemen PT Timah sendiri. Jadi enggak mungkin enggak tahu, dan bapak memang harus tahu," katanya.

Hingga kini rapat masih berlangsung dan Dani belum memberikan tanggapannya terkait dugaan korupsi timah tersebut.

Kasus korupsi timah terungkap. Kejaksaan Agung telah menetapkan 16 tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga timah di IUP PT Timah.

Mereka mulai dari Direktur Utama PT Timah 2016-2021, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani hingga Harvey Moeis sebagai perpanjangan tangan dari PT Refined Bangka Tin.

Kejagung menaksir nilai kerugian negara yang diakibatkan oleh kasus korupsi itu tembus Rp271 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Kembali ke dunia roh

100 slot gacor
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Selasa (26/3) ini. Namun, peluang koreksi wajar perlu diwaspadai di tengah fluktuasi rupiah.
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Selasa (26/3) ini. Namun, peluang koreksi wajar perlu diwaspadai di tengah fluktuasi rupiah. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Selasa (26/3) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan pergerakan IHSG hari ini akan menguji kembali area 7.380-7.400 dan menguat menuju resisten fraktal 7.454.

"Level supportIHSG berada di 7.295, 7.238 dan 7.180, sementara level resistennya di 7.454 dan 7.503," ujar Ivan dalam riset hariannya.

Hal ini lantaran masih kuatnya fundamental perekonomian Indonesia yang terlihat dari beberapa data perekonomian yang turut memberikan sentimen dalam pergerakan IHSG.

"Namun masih adanya peluang koreksi wajar perlu diwaspadai mengingat fluktuasi nilai tukar rupiah yang masih terjadi," katanya.

Ia pun memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support7.289 dan resistance7.401 hari ini.

William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni BMRI, SMGR, BBRI, BSDE, dan AKRA.

IHSG bertengger di level 7.377 pada Senin (25/3) sore. Indeks saham menguat 27,6 poin atau plus 0,38 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,92 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,17 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 247 saham menguat, 334 terkoreksi, dan 193 lainnya stagnan. Terpantau tujuh dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor transportasi yang naik 0,37 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Sistem masuk tingkat dewa

rjs138
Banyak perantau yang tidak pulang ke kampung halaman saat lebaran tahun ini karena lebih memilih mencari cuan di Jakarta.
Banyak perantau yang tidak pulang ke kampung halaman saat lebaran tahun ini karena lebih memilih mencari cuan di Jakarta. (CNN Indonesia/ Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Momen mudikselalu dirindukan oleh para perantaudi ibu kota.

Pada momen ini, mereka berbondong-bondong pulang kampung demi merayakan Lebaran dan melepas rindu bersama dengan para sanak saudara.

Macet dan harga tiket mahal, sering tidak menjadi halangan bagi mereka untuk mudik ke kampung halaman. Meski demikian, ada juga yang masih senang bertahan di Jakarta di tengah hiruk pikuk mudik itu.

Langkah itu dilakukan pria berusia 57 tahun yang menjual beragam keperluan sehari-hari seperti beras, roti, aneka minuman, sabun mandi, pewangi pakaian sejak 10 tahun lalu itu dengan satu tujuan; menambah aliran cuan ke kantongnya.

Lelaki yang membuka gerainya di Kampung Melayu sejak 2010 itu berterus terang tak memiliki niatan mudik pada Lebaran ini karena ingin tetap jualan. 

"Sekarang nggak pulang (mudik). Masih ingin jualan di sini (Jakarta) dulu aja," bincang Suharno kepada CNNIndonesia.com tengah hari.

Keputusan ini kata Harno bukan tanpa alasan. Selama Ramadan ia mengaku dagangannya laris. Jumlah omzet yang diterimanya naik dan sudah menyentuh Rp50 juta.

"Kalau itu (omzet) ya Alhamdulillahbisa dapat Rp40 juta-Rp50 juta lah," tuturnya sambil senyum tertawa.

Omzet itu katanya masih bisa melesat saat Lebaran.

"Itu membuat semangat," katanya.

Selain masalah omzet, ia juga memilih tak mudik karena memang keluarganya banyak yang tinggal di Jakarta.

"Saya tidak mudik mas, sebagian keluarga juga di sini," katanya.

Senada dengan Harno, pedagang minuman keliling bernama Iwan (29) yang berasal dari Garut memilih tak mudik dan memanfaatkan hiruk pikuk ramai mudik untuk mendulang rezeki.

Rindu kampung halaman dan handai taulan sudah pasti. Tapi itu semua, ia kesampingkan.

Ia memilih mengundur masa pulang kampungnya dan mencari cuan lebih dulu kala lebaran. Apalagi katanya, sebagian besar keluarga juga berada di Jakarta.

"Karena jualannya lumayan naik ya mas, bisa Rp1 juta (per hari) lebih kalau mangkalnya di dekat stasiun gitu," ujar Iwan.

[Gambas:Video CNN]



(wlm/agt)

Kelahiran kembali dan bersinar di Hong Kong

hoki303
Startup Sirclo Group mem-PHK 8 persen karyawan demi efisiensi dan kelangsungan usaha.
Startup Sirclo Group mem-PHK 8 persen karyawan demi efisiensi dan kelangsungan usaha. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan startup terus berlanjut. Kali ini, badai PHK menimpa pekerja Sirclo Grup.

Startup tersebut mengumumkan akan mengurangi sebanyak 8 persen dari total karyawannya per 22 November 2022.

Sirclo mengatakan langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk efisiensi untuk keberlanjutan dan pertumbuhan perusahaan jangka panjang.

"Dalam situasi kondisi makro ekonomi yang menantang, Sirclo Group telah melalui serangkaian evaluasi internal dan akan melakukan perubahan yang signifikan, terutama dalam aspek fokus bisnis, untuk memastikan sustainabilityperusahaan," imbuhnya.

Brian memastikan keputusan yang diambil tidak mempengaruhi komitmen perusahaan dalam mengembangkan solusi terbaik bagi seluruh segmen penerima layanannya.

Untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang, kini seluruh aspek bisnis Sirclo Group berada dalam tahap optimalisasi. Salah satunya dengan menitikberatkan pengembangan lini bisnis e-commerce enableryang melayani klien berskala besar atau enterprise.

Sejumlah unit bisnis Sirclo Group yang menargetkan segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan berfokus pada aspek operasional yang bersifat esensial, dengan tujuan menunjang pertumbuhan seluruh segmen penerima layanan di dalam ekosistemnya. Adapun serangkaian tujuan ini berdampak pada penyesuaian skala organisasi perusahaan.

"Sejak awal berdiri, Sirclo Group memiliki misi mendukung pelaku bisnis maupun individu untuk berjualan dengan nilai layanan yang tinggi," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, karyawan yang terkena dampak PHK akan tetap diberikan hak sejalan dengan peraturan yang ada. Ini sebagai tanda terimakasih karena selama ini para pekerja yang terkena PHK sudah bergabung membangun Sirclo.

"Perkembangan ekosistem kami dari tahun ke tahun tidak lepas dari kontribusi setiap karyawan di dalamnya, sehingga menjadi prioritas bagi Sirclo untuk memastikan setiap karyawan yang terdampak akan menerima paket kompensasi sesuai dengan hak dan peraturan yang berlaku, serta pendampingan yang komprehensif untuk mendukung masa transisi mereka," tutup Brian.

(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

Saya berada di kerajaan hiburan Xianxia

pinjam uang di adakami
Warga Natuna, Kepulauan Riau, berharap tiket pesawat rute Batam-Natuna turun usai Indonesia mengambil alih pengelolaan FIR dari Singapura.
Warga Natuna, Kepulauan Riau, berharap tiket pesawat rute Batam-Natuna turun usai Indonesia mengambil alih pengelolaan FIR dari Singapura. (Foto: Aloysius Jarot Nugroho)
tanjungpinang, CNN Indonesia--

WargaNatuna, Kepulauan Riau, meminta harga tiket pesawatke daerahnya diturunkan usai Indonesia resmi mengambil alih pengelolaan ruang udara dengan segala informasi penerbangannya atau Flight Information Region (FIR) dari kendali Singapura.

Warga berharap setelah pengaturan ruang udara resmi diambil alih Indonesia pada Minggu (22/3) kemarin, harga tiket pesawat dari Natuna tujuan Batam bisa turun.

Pasalnya, harga tiket saat ini tergolong mahal, bisa lebih dari Rp2,6 juta untuk satu kali perjalanan.

Ia yang sering bepergian menggunakan pesawat merasa boncos setiap kali ada urusan kerja di luar daerah.

Menurutnya, biaya pesawat di Natuna sangat tinggi sehingga harus merogoh kocek dalam. Cuma ada dua pilihan maskapai yang melayani rute Natuna-Batam, yakni Wings Air dan NAM Air.

"Untuk Wings Air jadwal penerbangnya setiap hari, tapi tiketnya mahal. Maskapai NAM Air sedikit murah tapi tiketnya selalu habis dan jadwalnya hanya Kamis dan Sabtu," curhatnya.

Keberatan yang sama juga dirasakan Anrizal. Ia berharap harga tiket pesawat rute Natuna-Batam harus turun karena sangat terbebani setiap bepergian menggunakan transportasi udara.

Untuk biaya tiket pesawat saja, ia harus menyisihkan minimal Rp5 juta. Ini belum ditambah biaya penginapan dan konsumsi apabila ada urusan ke luar kota.

"Benar sekali harus turun, pasti sangat membebani. Harganya tiketnya Rp1 juta sampai Rp1,5 juta lah paling maksimal," kata Anrizal.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, harga tiket pesawat Wings Air dari Natuna tujuan Batam untuk keberangkatan 26 Maret 2024 tembus Rp2,6 juta.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Indonesia resmi mengambil alih pengaturan ruang udara dengan segala informasi penerbangannya atau Flight Information Region (FIR) di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) dan Natuna resmi dari kendali Singapura.

Lihat Juga :
Cek Rekening, Sri Mulyani Cairkan THR PNS - Pensiunan Rp13,4 T

"Ketentuan ini telah berlaku efektif mulai 21 Maret 2024 pukul 20.00 UTC atau 22 Maret 2024 pukul 03.00 WIB. Ini kabar gembira bagi dunia penerbangan Indonesia," kata Budi dalam keterangan di Jakarta, Minggu (24/3) seperti dikutip dariAntara.

Budi menyampaikan hal tersebut berlaku setelah menyelesaikan perjanjian pengaturan ulang ruang udara atau re-alignment FIR dengan pemerintah Singapura. Dengan penyelesaian perjanjian itu, Indonesia akan mengatur sendiri ruang udara di atas dua kepulauan tersebut.

Dia menyebut perjanjian ini telah menambah luasan FIR Jakarta sebesar 249.575 kilometer persegi sehingga luas FIR Jakarta menjadi 2.842.725 kilometer persegi atau bertambah 9,5 persen dari luas semula.

"Kini pesawat yang terbang di wilayah pengaturan ulang FIR ini akan mendapatkan layanan navigasi penerbangan dari Indonesia," ujar Budi.

Budi menambahkan kesepakatan ini merupakan perkembangan besar. Pasalnya, sebelum perjanjian dibuat, Indonesia sangat bergantung pada Singapura.

Bahkan, untuk penerbangan domestik seperti dari Jakarta ke Natuna, Indonesia harus kontak navigasi penerbangan Singapura ketika memasuki Kepulauan Riau.

Sedangkan pada penerbangan internasional semisal dari Hongkong ke Jakarta, saat melintas di atas Kepulauan Natuna harus kontak navigasi penerbangan Singapura terlebih dahulu kemudian baru dilayani AirNav Indonesia.

"Setelah dilakukan pengaturan ulang FIR, kedua pesawat tadi akan langsung dilayani oleh AirNav Indonesia, tidak perlu ke Singapura," tutur Budi.

[Gambas:Video CNN]

(arp/pta)

urat suci emas

bayar lazada pakai kredivo
Pemerintah Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah membagikan tunjangan hari raya (THR) sebesar Rp400 ribu kepada warganya.
Pemerintah Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah membagikan tunjangan hari raya (THR) sebesar Rp400 ribu kepada warganya. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah membagikan tunjangan hari raya (THR) kepada warganya. Setiap kepala keluarga (KK) menerima uang sebesar Rp400 ribu.

Rupanya, ini bukan kali pertama desa tersebut bagi-bagi THR kepada para warga. Pasalnya, program pembagian THR sudah berlangsung selama dua tahun terakhir.

Tahun ini, jumlah total uang yang disalurkan mencapai Rp297,6 juta untuk 744 KK. Kepala Desa Wunut Iwan Sulistya Setiawan menjelaskan sumber dana tersebut murni dari pendapatan asli desa (PAD), yakni dari pengelolaan objek wisata Umbul Pelem Water Park.

Iwan menjelaskan THR yang diberikan ke warga pada 2023 sebesar Rp300 ribu, sementara tahun ini naik menjadi Rp400 ribu per KK. Hal ini lantaran penerimaan asli daerah (PAD) juga naik pada tahun ini.

"PAD tahun ini Rp3,1 miliar dan tahun lalu Rp2,5 miliar. Semoga terus naik, kita punya harapan jadi tahun depan bisa kita berikan THR Rp1 juta," imbuh Iwan.

Iwan menyampaikan ide awal pemberian THR untuk setiap keluarga ini dimulai pada 2022. Terdapat 13 RT dan enam RW di desanya, yang selama ini menerima bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat.

"Kalau BLT sudah ada brandeddari negara, bansos juga dari negara. Kita buat terobosan dengan THR, spontanitas bantuan langsung untuk semua yang warga sini," ungkapnya.

Lihat Juga :
Perusahaan di Jabar Banyak Diadukan ke Disnaker Karena Cicil THR

Ke depan, Iwan mengungkap pemerintah desa (Pemdes) berencana untuk menaikkan THR di angka Rp1 juta. Namun, THR yang diberikan tak semuanya berbentuk uang tunai. Setengah dari angka tersebut diberikan berupa tabungan investasi.

"(Pada) 2025 kita harapkan Rp1 juta. Separuhnya uang tunai, separuhnya investasi, jadi warga investasi tanpa keluar uang sehingga unit usaha yang ada milik bersama," jelasnya.

Pengelolaan objek wisata Umbul Pelem Water Park sendiri telah menjadi sumber PAD terbesar desa itu sejak 2016. Sebelumnya, desa tersebut berpendapatan kecil yang hanya memiliki dana desa.

Bermodal nekat, pemdes mencoba mengubah objek wisata tersebut menjadi tempat wisata air dengan konsep air alami namun modern. Meski awalnya banyak yang ragu karena kala itu sudah banyak objek wisata air yang besar.

"Awalnya pada ragu, perangkat desa bahkan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) sempat ragu. Apalagi dana yang saya alokasikan ke Umbul Pelem itu awalnya sampai 75 persen dari total dana desa saat itu Rp 900 juta," tutur Iwan.

Keraguan tersebut akhirnya terjawab setelah PAD meningkat secara perlahan. Iwan merinci PAD pada 2018 sebesar Rp30 juta, kemudian 2019 Rp210 juta, pada 2020 Rp575 juta, namun sempat turun pada 2021 menjadi Rp253 juta.

"(Pada) 2022 menjadi Rp915 juta, tahun 2023 Rp2,5 miliar dan sampai Rp2024 ini sudah Rp3,1 miliar," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)