petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot1288

situs aman dan terpercaya 55Jutaan kata 426121Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot1288》

LE SSERAFIM sampai Stray Kids tampil memukau di GDA Jakarta******

LE SSERAFIM sampai Stray Kids tampil memukau di GDA Jakarta
Grup idola LE SSERAFIM saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023). ANTARA/Vinny Shoffa Salma/am.
Jakarta (ANTARA) - Ajang penghargaan Golden Disc Awards (GDA) ke-38 di Jakarta International Stadium telah selesai diselenggarakan pada Sabtu (6/1) malam dan menghadirkan deretan penampilan tidak terlupakan dari ragam artis K-pop, mulai dari SEVENTEEN, New Jeans, LE SSERAFIM, Stray Kids, TXT, dan kolaborasi spesial dari sejumlah musisi lintas grup.

Berikut rangkuman penampilan deretan artis K-pop yang berhasil memukau penonton GDA Jakarta.

1. ZEROBASEONE sebagai grup pembuka GDA Jakarta
 

Grup idola ZEROBASEONE saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Grup rookieZEROBASEONE menjadi grup pembuka di gelaran GDA Jakarta malam tadi dan membawakan sejumlah lagu, salah satunya “In Bloom” yang dirilis pada 2023. Dengan mengenakan pakaian seragam berwarna putih dan tarian penuh semangat, ZEROBASEONE berhasil “membakar” suasana saat tampil di gelaran itu.
 

2. BOYNEXTDOOR, ENHYPEN, NewJeans, hingga STAYC tampil perdana di Indonesia dalam ajang GDA Jakarta

Sejumlah grup idola K-pop tampil perdana di Indonesia dalam ajang penghargaan bergengsi ini, mulai dari BOYNEXTDOOR, ENHYPEN, NewJeans, hingga STAYC. Rata-rata grup K-pop tersebut membawakan dua buah lagu dengan tambahan koreografi atau hal unik lainnya.
 

Grup idola BOYNEXTDOOR saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

BOYNEXTDOOR tampil dengan membawakan dua lagu miliknya, yaitu “Serenade” dan “But Sometimes”. ENHYPEN pun menampilkan dua lagu miliknya, yakni “Bite Me”, “Sweet Venom”, dan lagu intro sebagai tambahan.
 

Grup idola ENHYPEN saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

Serupa dengan dua grup lainnya, NewJeans menyanyikan dua lagu hit-nya berjudul “Cool With You” dan “Ditto”, sedangkan STAYC sempat menampilkan lagu medley dari TWICE bertajuk “CHEER UP”, lagu dari Girl’s Generation “Way to Go”, dan lagu dari Red Velvet “Power Up”.

Usai menyanyikan lagu medley, STAYC juga menyanyikan dua lagu milik mereka sendiri berjudul “Teddy Bear” dan “Bubble”.
 

3. Penampilan spesial BSS dan Dino “Pi Cheolin” SEVENTEEN

Salah satu penampilan yang menarik perhatian di acara malam tadi adalah kolaborasi spesial dari sub-unit SEVENTEEN, yakni BSS bersama Dino yang mengubah personanya menjadi Pi Cheolin dengan menyanyikan lagu “Fighting”. Pi Cheolin merupakan persona buatan Dino SEVENTEEN yang direpresentasikan sebagai pria paruh baya yang gemar memakai kaca mata hitam.

Pada penampilan kolaborasi tersebut, BSS lagi-lagi membuat kejutan dengan membuat aransemen ulang lagu “Fighting” ala marching band dengan kostum menyerupai grup marching band. Lagu “Fighting” pun berhasil menampilkan kesan berbeda yang tentunya tidak melupakan jati diri BSS sebagai grup vokal dan tari, lengkap dengan iringan rap dari Dino “Pi Cheolin” SEVENTEEN.
 

4. Kolaborasi spesial Sung Si-kyung dan Cha Eun-woo
 

Pembawa acara Sung Si-kyung dan Cha Eun-woo saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Dua pembawa acara utama di GDA Jakarta, yakni Sung Si-kyung dan Cha Eun-woo juga membawakan kolaborasi spesial mereka dengan menyanyikan lagu milik Si-kyung bertajuk “Even for a moment”. Dalam waktu singkat, kedua pembawa acara itu berhasil memukau penonton karena suara emas mereka yang telah cukup lama berada di industri musik.
 

5. YB dan LE SSERAFIM bawakan lagu “Unforgiven” versi rock

Grup band rock asal Korea Selatan, yakni YB berkolaborasi dengan LE SSERAFIM dalam membawakan lagu “Unforgiven” versi rock. Tidak hanya itu, keduanya juga membawakan lagu LE SSERAFIM lainnya bertajuk “Fire in the belly” yang juga dinyanyikan dalam versi rock.
 

6. SEVENTEEN bawakan lagu “Ima -Even if the world ends tomorrow-“ versi bahasa Korea perdana di Indonesia

Grup SEVENTEEN tampil membawakan sejumlah lagu di ajang penghargaan itu, salah satunya “Ima -Even if the world ends tomorrow-“ versi bahasa Korea yang ditampilkan secara perdana di Indonesia. Lagu yang aslinya berbahasa Jepang dan dinyanyikan hanya untuk tur konser Jepang itu akhirnya dibawakan untuk pertama kalinya di luar Jepang dalam versi terbaru di gelaran GDA Jakarta.
 

Grup idola SEVENTEEN saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Selain menyanyikan lagu “Ima -Even if the world ends tomorrow-“, SEVENTEEN juga membawakan sejumlah lagu lainnya, yaitu “Super” dan “God of Music”.
 

7. Stray Kids, TXT, IVE, LA POEM, dan Parc Jae-jung pukau penonton dengan penampilan masing-masing

Penampil lain yang tidak kalah bersinar di gelaran acara malam tadi adalah Stray Kids, TXT, IVE, LA POEM, dan Parc Jae-jung. Stray menampilkan lagu “MEGAVERSE”, “S-Class”, dan “Hall of Fame”.
 

Grup idola Stray Kids saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Selain itu, ada TXT yang menyanyikan lagu “Farewell, Neverland” dan “Chasing That Feeling”. Grup vokal crossover pria asal Korea Selatan, yakni LA POEM juga menyanyikan lagu medley dari sejumlah artis K-pop, yakni “I Am” dari IVE, “Lalalala” dari Stray Kids, “Standing Next to You” dari Jungkook BTS, “Super” dari SEVENTEEN, dan “Eve, Psyche, & the Bluebeard’s wife” dari LE SSERAFIM.

Terakhir, ada Parc Jae-jung yang berhasil membuat penonton “menggalau” bersama lewat lagu yang dinyanyikannya berjudul “Let’s Say Goodbye”. Lagu tersebut juga menyabet penghargaan Best Digital Song pada ajang GDA malam itu.

Baca juga: NewJeans tampil perdana di Indonesia saat GDA Jakarta

Baca juga: Daftar pemenang GDA Jakarta, mulai dari SEVENTEEN hingga NewJeans

Baca juga: ZEROBASEONE tampil sebagai grup pembuka di GDA Jakarta

Baca juga: Penggemar buat proyek khusus untuk idola di GDA Jakarta

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024

Marquez akui gugup jelang debut bersama Gresini di MotoGP 2024******

Marquez akui gugup jelang debut bersama Gresini di MotoGP 2024
Arsip Foto - Marc Marquez saat melakoni sesi uji coba bersama Gresini Racing untuk MotoGP 2024 di Sirkuit RIcardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (28/11/2023). ANTARA/MotoGP/am.
Saya merasa gugup, rasanya seperti ada kupu-kupu di dalam perut saya
Jakarta (ANTARA) - Pembalap Gresini Racing Marc Marquez mengakui ia merasa gugup jelang melakukan debut bersama tim satelit Ducati tersebut pada MotoGP musim 2024.

“Saya merasa gugup, rasanya seperti ada kupu-kupu di dalam perut saya,” ungkap Marquez, dikutip dari laman resmi MotoGP, Rabu.

“Meskipun saya sudah berada di kejuaraan selama bertahun-tahun, ini merupakan sebuah perubahan besar,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, pembalap asal Spanyol itu mengatakan berusaha untuk menerima dan menikmati rasa gugup tersebut, dan hal itu membuatnya menjadi lebih tenang untuk memahami sejumlah hal baru bersama tim teknis kini bekerja sama dengannya.

“Saya mencoba memahami segalanya dengan tim teknis baru saya dan dengan motor baru saya. Pada akhirnya, saya melompat ke motor pemenang. Jadi, setelahnya, ada di tangan saya,” ujar Marquez.

Juara dunia delapan kali itu pun telah melakukan sesi uji coba bersama Gresini tak lama setelah balapan final MotoGP 2023 di Valencia. Ia mengaku cukup puas dengan performa motor, meski ia masih harus beradaptasi lagi demi bisa tampil maksimal saat balapan pembuka pada Maret.

Baca juga: Marquez nantikan uji coba mesin bersama Gresini pada Januari 2024

“(Uji coba) Adalah hari adaptasi, terutama terkait posisi motor. Kami mengubah beberapa hal karena di beberapa area saya tidak merasa nyaman sepenuhnya, tapi kecepatannya tetap ada,” kata Marquez.

“Saya memahami motor dan cara mengaturnya. Saya masih harus banyak belajar, mungkin bukan untuk melaju lebih cepat, tapi untuk menjadi lebih konsisten dan lebih aman,” ujarnya menambahkan.

Saat ditanya mengenai perbandingan antara motor barunya dengan Honda RC213V yang telah menjadi tunggangannya selama bertahun-tahun, Marquez menolak untuk membagikan pemikirannya terkait topik tersebut.

Baca juga: Marquez ingin akhiri musim terakhir bersama Honda dengan manis

“Saya tidak suka membandingkan sepeda motor, terutama di depan umum. Ini adalah motor yang berbeda, dengan gaya berkendara yang berbeda,” kata pembalap dengan nomor 93 itu.

“Ada hal-hal yang perlu dipahami pada tingkat posisi dan komunikasi dengan tim. Ini logis karena saya telah bekerja dengan grup yang sama selama sebelas tahun, tetapi mereka menerima saya dengan sangat baik. Semuanya sangat menyenangkan dan ini membantu saya menjadi lebih baik dan lebih santai,” imbuhnya.

Sementara itu, setelah uji coba pertama, sesi uji coba MotoGP 2024 kedua akan digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari.

Musim mendatang pun akan dibuka dengan putaran pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret.

Baca juga: Marini targetkan podium perdana dengan Honda di MotoGP 2024
Baca juga: Quartararo pertimbangkan masa depannya di Yamaha setelah musim sulit

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

KPK periksa PPK Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Budy Silvana******

KPK periksa PPK Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Budy Silvana
Arsip foto - Juru Bicara KPK Ali Fikri menyampaikan keterangan kepada wartawan di Gedung Merah Putih, Jakarta, Jumat (29/9/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa/pri.
Jakarta (ANTARA) - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini memeriksa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Pusat Krisis Kesehatan di Kementerian Kesehatan tahun 2020 Budy Silvana sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat pelindung diri di Kemenkes.

"Hari ini bertempat di Gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi PPK Pusat Krisis Kesehatan di Kementerian Kesehatan tahun 2020 Budy Silvana," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Selain itu, penyidik KPK hari ini juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala Biro Keuangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Tavip Joko dan advokat Admiral Herdi Pratama sebagai saksi terkait perkara yang sama.

Baca juga: KPK cegah lima orang ke luar negeri terkait penyidikan di Kemenkes

Meski demikian, Ali belum memberikan penjelasan lebih lanjut soal keterangan yang akan didalami penyidik lembaga antirasuah dalam pemeriksaan terhadap para saksi tersebut.

Sebelumnya, pada Kamis, 9 November 2023, KPK mengumumkan telah memulai penyidikan dugaan korupsi pengadaan alat pelindung diri (APD) di Kementerian Kesehatan.

Informasi soal penyidikan ini dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (9/11/2023) malam.

"Pengadaan APD, apakah sudah ada tersangka? Ya, sudah ada. Sprindik juga sudah kita tanda tangani," kata Alex.

Baca juga: KPK sebut korupsi APD di Kemenkes rugikan negara ratusan miliar rupiah

Perkara korupsi tersebut diduga terjadi pada pengadaan APD di Pusat Krisis Kemenkes Tahun 2020.

Akan tetapi, Alex belum bisa mengumumkan siapa saja pihak yang telah ditetapkan penyidik lembaga antirasuah sebagai tersangka dalam kasus ini. Nilai proyek pengadaan APD di Kemenkes tersebut mencapai Rp3,03 triliun untuk lima juta set APD.

Dugaan sementara kerugian negara dalam kasus ini mencapai ratusan miliar rupiah dan sangat mungkin berkembang.

KPK menyayangkan gelontoran dana besar dari pemerintah untuk perlindungan keselamatan dan kesehatan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 justru disalahgunakan melalui praktik-praktik korupsi.

Baca juga: Menkes: Terburu-buru belanja APD di awal pandemi picu dugaan korupsi
Baca juga: KPK geledah sejumlah lokasi terkait korupsi pengadaan APD
Baca juga: Kemenkes: Dugaan korupsi APD jadi evaluasi pencegahan KKN

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:aplikasi bayar cicilan

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
situs66
tentang kredivo
istanacasino
info link slot gacor hari ini
slot langsung dapat bonus
erek erek tafsir mimpi 2d bergambar
angka jitu filipina hari ini
sport 88 slot
rajaslot303 demo
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs yang paling gacor hari ini
Bab 2 link terbaik jp maxwin
Bab 3 sentral4d
Bab 4 situs togel terpercaya
Bab 5 kumpulan situs slot bonus new member
Bab 6 ultraslot777
Bab 7 bocoran slot gacor admin jarwo
Bab 8 aplikasi kredit barang terpercaya
Bab 9 cara pinjam di ammana
Bab 10 maxwin slot 303
Bab 11 77 togel
Bab 12 idncash
Bab 13 situs slot terpercaya dan mudah menang
Bab 14 sudahqq
Bab 15 pokerkiu
Bab 16 ibospor
Bab 17 trik jp 5 tirai
Bab 18 playstar777
Bab 19 situs gacor hari
Bab 20 superwd
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3360bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Berubah menjadi seorang putri

erek erek 4 angka
Pengamat Unej nilai Anies dan Ganjar kuasai materi debat ketiga
Pengamat politik sekaligus pakar komunikasi FISIP Universitas Jember Dr. Muhammad Iqbal. ANTARA/Dok. pribadi
Sangat disayangkan, bila baru di forum debat capres saja Prabowo sudah sangat emosional, apalagi jika nanti di forum nyata domestik maupun komunitas dunia
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pengamat politik Universitas Jember Dr. Muhammad Iqbal menilai bahwa Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo lebih menguasai materi dibandingkan Prabowo Subianto dalam debat ketiga dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi dan geopolitik.

"Penguasaan materi baik saat pemaparan dan merespon kandidat saya kira paling tinggi ada pada capres Anies. Berikutnya Ganjar sedikit di bawah Anies. Sedangkan Prabowo justru paling buruk, tidak fokus dan berkali-kali terlihat sangat emosional," katanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu malam.

Padahal banyak kalangan bilang tema debat ketiga adalah milik "Prabowo banget" karena kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan, sedangkan Anies dan Ganjar dinilai secara umum tidak punya pengalaman tata kelola pertahanan dan keamanan.

Menurutnya ilmu ketahanan dan pengalaman global Anies yang seorang sipil murni telah berhasil menjebol pertahanan kemampuan dan daya tahan emosi Menteri Pertahanan Prabowo yang seorang militer.

Termasuk juga Ganjar, sosok anak polisi yang berpengalaman merakyat sebagai kepala daerah justru juga mampu 'sat-set' membobol daya pertahanan argumen Prabowo.

Baca juga: Pakar: Ganjar mengejutkan di debat ketiga

Baca juga: Prabowo setuju dengan Ganjar, Komunikolog nilai Ganjar pimpin debat

"Sangat disayangkan, bila baru di forum debat capres saja Prabowo sudah sangat emosional, apalagi jika nanti di forum nyata domestik maupun komunitas dunia," ucap akademisi FISIP Universitas Jember itu.

Ia mengatakan semua pertanyaan dari panelis terbukti memang sangat berkualitas, relevan dan penting terkait tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi dan geopolitik tersebut.

Terkait materi soal kebijakan dan strategi kemudahan akses pengembangan tentang pertahanan yang tangguh, teknologi siber, kecerdasan buatan.

Anies bisa tepat menjawab karena dikaitkan dengan adanya pergeseran tantangan dan ancaman keamanan non-tradisional. Situasi seperti keamanan privasi konten ponsel, peretasan bahkan ancaman pada sistem pertahanan dan keamanan menurut Anies negara harus siap memiliki sistem yang komprehensif dan serius.

"Artinya, negara perlu melibatkan seluruh lembaga dan masyarakat dengan sistem responsif dan teknologi adaptif yang terbaru," tuturnya.

Ia menilai Ganjar juga lebih konkrit menjawab karena menyebutkan lembaga seperti BSSN, LPDP, BRIN, Kepolisian Siber, harus dioptimalkan dengan sistem keamanan yang baik dengan kecepatan internet yang tinggi, sehingga capres nomor urut 3 itu mengusulkan ada Duta Besar Siber.

Sementara Prabowo mungkin hanya normatif menjawab putra-putri bangsa perlu menguasai sistem AI dan siber. Kemudian secara seni dan strategi debat terlihat Prabowo yang seharusnya dijagokan menang justru malah larut lebih emosional, sehingga kehilangan fokus jawaban yang strategis dan konkrit.

Sebaliknya, Ganjar dengan gaya khas pengkisah narasi tampak lebih luwes dan taktis ketika memaparkan sistem pertahanan 5.0, harmonisasi dan sinkronisasi sistem keamanan, atau viralisme karya anak bangsa jadi mendunia.

"Terlebih ketika bertanya tajam ke Prabowo soal belanja alutsista bekas dan tidak tercapainya target 'MEF' pertahanan," ucap pakar komunikasi Unej itu.

Sedangkan Anies yang sejak sesi pembuka langsung menekan Prabowo-dengan taktik "gegenpressing" (istilah dalam sepak bola) ketika mempersoalkan besarnya anggaran Kemenhan, namun belum mampu membuat sejahtera TNI, Polri dan ASN pertahanan.

Serta dinilai tidak mampu melindungi sistem keamanan nasional dan sosial dari berbagai ancaman peretasan, narkoba, pencurian ikan dan pasir serta serangan siber.

"Terlebih ketika argumen Anies menyerang kebijakanfood estateyang dinilai merusak kedaulatan lingkungan serta ironi kepemilikan lahan 340 hektare oleh Prabowo di saat banyak prajurit belum punya lahan rumah," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 November 2023.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres dengan tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Akulah Kaisar Dewa Sembilan Surga

situs slot gacor malam ini
Legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer wafat
Franz Beckenbauer. (fcbayern.com)
Der Kaiser adalah salah satu pemain yang pernah dilihat olahraga ini
Jakarta (ANTARA) - Legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer wafat di usia 78 tahun.

Beckenbauer yang berjuluk "Der Kaiser" tersebut meninggal dunia pada Senin (7/1) waktu setempat.

"Der Kaiser adalah salah satu pemain yang pernah dilihat olahraga ini. Dengan kemampuannya, ia menciptakan standar di lapangan. Ketepatan dan karismanya sebagai pemimpin tim serta tenaga dan kekuatannya sebagai pelatih kepala di Piala Dunia tak terlupakan," kata Presiden DFB Bernd Neuendorf dilansir dari laman resmi DFB, Selasa.

Keluarga Beckenbauer mengkonfirmasi atas kabar kematian dari Beckenbauer yang juga identik sebagai legenda klub Bayern Muenchen tersebut melalui kantor berita negara Jerman, DPA.

"Saya menganggap ini salah satu hak istimewa dalam hidup saya untuk mengetahui dan melihat kehebatan Franz Beckenbauer. Der Kaiser telah menjadi inspirasi selama lebih dari satu generasi, ia akan selamanya tetap menjadi bagian kecemerlangan sepak bola Jerman," kata mantan rekan setim Beckenbauer, Rudi Voller.

Baca juga: Beckenbauer mengenang Pele, dunia kehilangan ikon terhebatnya

Sejak putranya, Stephan meninggal pada tahun 2015, Beckenbauer kerap didera penyakit diantaranya parkinson, demensia dan sempat melakukan operasi jantung pada tahun 2016 dan 2017. Beckenbauer juga sempat melakukan operasi untuk memasang pinggul buatan pada tahun 2018.

Beckenbauer merupakan salah satu pemain paling gemilang dalam sejarah sepak bola dunia. Selain mempersembahkan gelar Piala Eropa (1972) dan Piala Dunia (1974) untuk timnas Jerman sebagai pemain, Beckenbauer juga memberikan gelar Piala Dunia (1990) saat menjadi pelatih timnas Panser tersebut.

Sebagai pemain, Der Kaiser memenangkan tiga trofi Uefa Champions League, lims Bundesliga, empat piala DFB, satu piala Winners UEFA dan satu Piala Interkontinental.
​​​
Beckenbauer juga tercatat sebagai peraih dua gelar pemain terbaik atau Ballon D'or pada tahun 1972 dan 1976. Nama dari sang kaisar Jerman tersebut juga masuk dalam tim terbaik sepanjang masa Piala Dunia.

Baca juga: Beckenbauer dituduh lakukan penipuan oleh kejaksaan federal Swiss
Baca juga: Rummenigge: Bayern mendukung Beckenbauer

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Buatlah revolusi sebagai penyihir

situs gampang jp 2022
Saipul Jamil tidak lihat asistennya buang barang bukti dari jendela mobil
Saipul Jamil dalam jumpa pers di Polsek Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (6/1/2024). ANTARA/Risky Syukur/aa.
Jakarta (ANTARA) - Artis Saipul Jamil mengaku dirinya tidak melihat asistennya membuang barang bukti narkotika ke luar jendela mobil saat mereka dikejar petugas pada Jumat (5/1).

"Enggak tahu, saya enggak tahu, karena saya di sebelah kiri. Pokoknya saya enggak tahu kalau asisten saya ini terlibat narkoba, enggak tahu," kata Saipul Jamil dalam jumpa pers pada Sabtu.

Saat asistennya membuang barang bukti narkotika ke luar jendela mobil, Saipul mengaku sedang fokus dengan situasi dikejar petugas yang saat itu disangkanya sebagai begal.

"Enggak, saya justru fokus yang ngejar-ngejar gitu," ujar Saipul.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, pengejaran mobil yang dikemudikan tersangka kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu, Steven (S), dimulai di ketika S melakukan transaksi narkotika dengan pemasoknya, R, di Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat pada Jumat (5/1).

"Pengemudi beberapa kali diberhentikan petugas yang awalnya menunjukkan tanda kewenangan dan memperkenalkan diri sebagai polisi, namun beberapa kali juga pengemudi (S) berusaha kabur," kata Syahduddi.

TKP pertama, kata dia, di sekitaran Jalan Daan Mogot, tepatnya di perumahan Casa Jardin, mobil yang dikendarai S diberhentikan petugas, namun S tetap berusaha kabur meskipun sempat menabrak beberapa pengendara sepeda motor.

"Kemudian, pada saat memasuki putaran atau U-turn di Jalan Tubagus Angke, penyidik sempat melihat pengemudi membuka kaca jendelanya dan membuang sesuatu ke arah taman yang ada di samping U-turn," kata Syahduddi menegaskan.

Penangkapan, kata Syahduddi, berpangsung cukup alot hingga akhirnya tersangka S dan Saipul Jamil ditangkap di jalur busway dekat Halte TransJakarta Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat sekitar pukul 15.00 WIB.

"Kemudian, dari hasil interogasi ataupun pendalaman oleh penyidik, karena penyidik melihat pengemudi atas nama S ini di U-turn Tubagus Angke membuang sesuatu di taman," kata Syahduddi.

Ia mengatakan, S mengakui bahwa yang dibuang adalah narkotika. Kemudian penyidik meluncur ke TKP melakukan pemeriksaan.

"Di sekitar TKP, ditemukan barang bukti narkotika jenis sabu yang dikemas di dalam bungkus rokok seberat 0,21 gram," kata Syahduddi.

Adapun S telah terbukti positif mengonsumsi narkotika jenis sabu melalui tes urine pada Jumat (5/1).

Diketahui, polisi juga menangkap pemasok narkotika jenis sabu ke asisten Saipul Jamil (Steven) yang berinisial R di Jalan Peternakan 1 RT002/007 Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (5/1) sekira pukul 17.00 WIB.

Polisi menangkap tersangka R setelah melalukan interogasi kepada Steven yang ditangkap bersama Saipul Jamil di  dekat Halte TransJakarta Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat pada Jumat sekira pukul 15.00 WIB.

"Tersangka R ditangkap di rumahnya dan diamankan barang bukti berupa satu paket sabu seberat 0,25 gram," ucap Syahduddi.

Atas perbuatannya, R dan S disangkakan dengan Pasal 114 ayat (1) sub Pasal 112 ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika atau Percobaan atau permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika, sebagaimana dimaksud dalam rumusan Pasal 114 ayat (1) sub Pasal 112 ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Dengan ancaman hukuman pidana penjara empat sampai 12 tahun," pungkas Syahduddi.

Baca juga: Polisi tangkap R, pemasok narkoba ke asisten Saipul Jamil

Baca juga: Saipul Jamil dibebaskan setelah sempat diperiksa

Baca juga: Polisi: Pemukul asisten Saipul Jamil bukan petugas Kepolisian

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Senjata Ilahi dari Hukuman Ilahi

slot paling gacor di dunia
Ketum PSSI: Prabowo komitmen dan konkret majukan sepak bola usia dini
Pendiri Garudayaksa Football Academy Prabowo Subianto (dua dari kanan) bersama dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir (dua dari kiri) dan Direktur Aspire Academy Ivan Bravo (kanan) dalam konferensi pers di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (08/01/2024). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir mengapresiasi kerja sama yang dilakukan Akademi Sepak Bola Garudayaksa dengan Aspire Academy Qatar untuk pengembangan sepak bola Indonesia.

Menurut Erick bentuk kerja sama tersebut merupakan komitmen dari Prabowo selaku pendiri Garudayaksa untuk membangun sepak bola yang baik perlu dilakukan kerja sama berbagai pihak yang peduli terhadap perkembangan sepak bola Tanah Air.

"Tidak banyak saya rasa figur seperti beliau (Prabowo) yang punya komitmen murni, benar-benar ingin sepak bola Indonesia maju," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

Erick mengungkapkan membangun timnas itu bukanlah hal mudah dan perlu waktu panjang dan kerjasama dari seluruh stakeholder.

"Membangun Timnas itu tidak mudah, perlu waktu panjang, dan perlu pengorbanan yang luar biasa, banyak pihak, dari suporter, federasi, stakeholder, pemerintah, pemain. Hari ini saya gembira pak Prabowo punya kemauan untuk bantu sepak bola Indonesia, karena tak mungkin PSSI bekerja sendirian," kata Erick Thohir.

Dia juga memuji Aspire Academy yang memiliki program pengembangan sepak bola yang baik dengan sejumlah fasilitas.

"Saya pernah kolaborasi ya, Inter Milan dan Aspire, ada laga uji coba juga lawan PSG, kerja sama ini akan jadi sesuatu yang bagus bagi Aspire dan Indonesia," lanjutnya.

Baca juga: Garudayaksa jalin kerjasama jangka panjang dengan Aspire Academy Qatar

Sementara itu, Pendiri Akademi Sepak bola Garudayaksa Prabowo Subianto mengatakan ujung dari semua pembinaan baik yang saat ini dilakukan Garudayaksa dengan menjalin kerjasama dengan Aspire adalah Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia suatu saat nanti.

"Baru saja saya tanda tangan kolaborasi agreement dengan Ivan Bravo mewakili Aspire Academy Qatar yang sudah hampir 20 tahun berdiri. Kita ingin pembinaan dan pengembangan sepakbola secara modern. Dengan kolaborasi ini ingin kembangkan akademi sepakbola yang ditujukan untuk pembinaan pemain muda, terutama di bawah 17 tahun," kata Prabowo Subianto.

Prabowo berterima kasih kepada PSSI atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan sehingga bentuk kerjasama ini dapat tercapai dalam proyeksi jangka panjang pengembangan pemain muda di Indonesia

"Terimakasih kepada PSSI tanpa dukungan PSSI tidak mungkin terjadi. Saya percaya dan yakin PSSI di bawah Erick Thohir pembinaan berjalan baik. Dia punya semangat dan pengalaman punya klub luar negeri, jaringan (sepakbola) internasional, optimis sepakbola kita akan bangkit di bawah pimpinan Erick Thohir," ungkap Prabowo.

Baca juga: Menpora berkomitmen gelar program pelatihan sepak bola di Garudayaksa

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Matahari menerobos langit

bocoran jarwo slot
9 fakta unik sang ilmuwan jenius Nikola Tesla
Ilmuwan Nikola Tesla. (ANTARA/@teslasociety.com)
Jakarta (ANTARA) - Hari ini dalam catatan sejarah diperingati sebagai tanggal meninggalnya salah seorang insinyur listrik, insinyur mesin, dan futuris keturunan Serbia-Amerika yaitu Nikola Tesla. Dia adalah salah satu penemu dan ilmuwan terbesar dunia yang terkenal dalam kontribusi pada desain sistem pasokan listrik arus bolak-balik modern. 

Lahir pada 10 Juli 1856, Tesla memperoleh sekitar 300 paten atas penemuan dengan minimal 278 paten diketahui yang dikeluarkan atas namanya di 26 negara. Banyak paten Tesla yang disetujui di Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada, selain banyak pula penemuan yang dikembangkan Tesla dengan tidak memiliki perlindungan paten.

Berikut adalah 9 fakta unik dari sosok Nikola Tesla yang dirangkum dari History.com, Minggu, dari pengalaman berbicara dengan merpati, bekerja menggali parit, hingga klaim mendapatkan sinyal dari angkasa luar.

Baca juga: Ethan Hawke bertransformasi jadi Nikola Tesla di film "Tesla"

Terpukul atas tragedi kakak laki-laki

Peristiwa penting pada masa kecil Nikola adalah hari ketika dia menyaksikan kematian kakak laki-lakinya yaitu Dane dalam sebuah kecelakaan berkuda. Pada masa setelah tragedi tersebut, Tesla yang merupakan putra dan cucu pendeta Ortodoks Serbia, mulai melihat penampakan udara di sekelilingnya "dipenuhi lidah api yang hidup". Peristiwa yang terjadi ketika dirinya berusia tujuh tahun itu mengubah Tesla menjadi seorang mistikus.

Pada saat remaja, Tesla belajar menggunakan kemauan dan kemampuan untuk mengendalikan penglihatan. Tesla menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan dan -- menurutnya, berkomunikasi secara mistis dengan merpati di Kota New York.
Nikola Tesla membaca buku Roger Boskovich "Theoria Philosophiae Naturalis" di depan kumparan spiral transformator frekuensi tinggi miliknya di East Houston St., New York. (ANTARA/@teslasociety.com)


Bekerja menggali parit untuk mencari nafkah

Setelah lulus dari universitas, Tesla bekerja untuk perusahaan listrik Edison di Paris. Dia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada tahun 1884 dengan harapan dapat bekerja langsung untuk sosok Edison yang tak lain adalah tokoh terdepan dalam perlombaan memberikan penerangan dan tenaga listrik kepada konsumen.

Tesla dengan cepat mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur di kantor pusat Edison dan membuat “Penyihir Menlo Park” terkesan dengan kecerdikan dan kerja kerasnya. Setelah Edison dengan santai menyebutkan bahwa dia akan membayar USD50.000 untuk desain generator arus searah (DC) yang lebih baik, Tesla bekerja hingga larut malam sampai akhirnya berhasil menemukan solusi.

Edison lalu menolak memberikan bayaran dan mengklaim dia hanya bercanda. Segera setelah itu, Tesla berhenti dan memutuskan untuk menggagas perusahaan listrik sendiri.

Saat mencari biaya untuk mendukung penelitian mengenai arus bolak-balik, Tesla mengambil pekerjaan menggali parit dengan upah USD2 per hari untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Ilmuwan Nikola Tesla (kiri) bersama sahabatnya penulis Mark Twain (kanan). (ANTARA/@teslasociety.com)


Nyaris menemukan sinar-X karena Mark Twain

Tesla dan penulis Mark Twain menjadi sahabat pada era 1890-an, sebagian besar karena ketertarikan Twain terhadap teknologi dan penemuan baru. Saat mengunjungi laboratorium Tesla pada suatu malam, Twain berpose untuk salah satu foto pertama yang diterangi lampu pijar.

Pada tahun 1895, Tesla dan fotografer Edward Ringwood Hewett mengundang Twain kembali ke laboratorium untuk berpose pada sesi foto lain diterangi menggunakan perangkat listrik yang disebut tabung Crookes.

Ketika Tesla meninjau hasil fotografi negatifnya, dia menemukan ada noda kotor dan memutuskan bahwa hasil foto itu rusak. Hanya beberapa minggu kemudian tak lama setelah ilmuwan Jerman Wilhelm Röntigen mengumumkan penemuan tentang apa yang disebutnya “radiasi X” yang dihasilkan tabung Crookes, Tesla menyadari bahwa foto Twain telah dirusak oleh bayangan sinar X dari sekrup logam kamera.

Menemukan kapal kendali jarak jauh untuk akhiri perang

Pada puncak Perang Spanyol-Amerika tahun 1898, salah satu proyek sampingan Tesla adalah miniatur kapal yang dapat dihidupkan, dihentikan, dan dikemudikan dengan sinyal radio yang belum sempurna. Ketika dia mengajukan paten untuk perangkat tersebut, Kantor Paten AS menolak untuk percaya bahwa perangkat tersebut dapat berfungsi. Mereka lantas mengirimkan agen ke laboratorium Tesla di Manhattan untuk melakukan demonstrasi.

Tesla juga menunjukkan kapalnya kepada sejumlah pengunjung penting lain, termasuk pemodal J.P. Morgan dan pengusaha bisnis William K. Vanderbilt. Dia juga mengatakan kepada New York Post bahwa penemuan itu memungkinkan terjadinya pertempuran tanpa membahayakan manusia dan akan membuat peperangan itu sendiri menjadi usang.

"Kapal-kapal perang tidak akan lagi dibangun dan artileri paling hebat yang ada tidak akan ada gunanya dibandingkan dengan begitu banyak besi tua,” prediksi Tesla.

Baca juga: China berangkatkan tim ilmuan untuk ekspedisi ilmiah Samudra Arktik

Klaim terima sinyal dari luar angkasa terbukti benar, satu abad kemudian

Selama musim panas tahun 1899, Tesla mendirikan laboratorium lapangan di Colorado Springs, Colorado dengan memanfaatkan perangkat yang berada pada ketinggian untuk mengirimkan informasi dan tenaga listrik dalam jarak jauh.

Pada suatu hari bulan Juli, saat melacak badai petir, peralatan Tesla mendeteksi serangkaian bunyi bip. Setelah mengesampingkan penyebab dari matahari dan bumi, dia menyimpulkan bahwa sinyal tersebut pasti berasal dari planet lain.

Pada Natal berikutnya, sebagai tanggapan atas permintaan Palang Merah Amerika mengenai prediksi pencapaian ilmiah terbesar pada abad mendatang, Tesla menulis, “Saudara-saudara! Kami mendapat pesan dari dunia lain, tidak diketahui dan jauh. Bunyinya: satu… dua… tiga…"

Jauh berpuluh tahun kemudian pada tahun 1996, para ilmuwan menerbitkan penelitian dengan melakukan replikasi eksperimen Tesla dan menunjukkan bahwa sinyal tersebut sebenarnya disebabkan oleh bulan Io yang melewati medan magnet Jupiter.
Oscillator listrik bertegangan12 juta volt di laboratorium Colorado Springs sebagai salah satu pengembangan temuan Nikola Tesla. (ANTARA/@teslasociety.com)


Arsitek terkenal Stanford White rancang laboratorium Tesla

Pada tahun 1901, Tesla meyakinkan pemodal J.P. Morgan untuk menginvestasikan USD150.000 untuk sebuah laboratorium canggih di Wardenclyffe di pantai utara Long Island yang akan menjadi pusat penelitian radio jarak jauh dan transmisi tenaga listrik.

Arsitek terkemuka negara itu dan teman lama Tesla yaitu Stanford White, merancang laboratorium satu lantai dengan proporsi klasik dilengkapi menara raksasa setinggi 185 kaki. Menara tersebut, yang dapat dilihat hingga wilayah New Haven, Connecticut, berdiri di atas sistem groundingrumit yang dirancang Tesla untuk membantu pemancar "mencengkeram bumi sehingga seluruh bumi dapat bergetar”.

Sebuah poros yang hampir sedalam menara menghubungkan pemancar ke serangkaian 16 pipa baja horizontal bawah tanah dengan masing-masing panjang 300 kaki.

Penolakan dana J.P. Morgan

Mengetahui bahwa pendanaan telah habis sebelum menara Wardenclyffe dapat diselesaikan, Tesla memohon kepada pengusaha J.P. Morgan untuk memberikan suntikan modal tambahan. Tetapi permohonan Tesla itu ditolak.

Meskipun beberapa penulis biografi berspekulasi bahwa Morgan memotong dana setelah ia menyadari bahwa rencana Tesla untuk menyediakan listrik nirkabel sepertinya tidak akan menguntungkan, namun kemungkinan terbesar mundurnya Morgan adalah kekhawatiran dirinya akan terjebak dalam spekulasi pasar seputar proyek radio.

Pada bulan Juli 1903, setelah penolakan yang sangat blak-blakan datang dari Morgan, Tesla menghidupkan peralatannya dan mengeluarkan kilat yang menyambar dari menara Wardenclyffe hingga tengah malam.

Setahun kemudian, setelah permintaan pendanaan lainnya yang memicu jawaban kata "tidak" dari Morgan, Tesla membalas dengan menuduh Morgan yang tak lain adalah anggota Episcopal Church sebagai seorang Muslim fanatik.
Temuan Nikola Tesla berupa pengendali jarak jauh yang dipamerkan di Museum Nikola Tesla, Belgrade, Serbia.(ANTARA/@teslasociety.com)


Menghabiskan tahun-tahun terakhir sebagai seorang pertapa

Meskipun selama beberapa dekade dia telah menjadi bagian dari masyarakat kelas atas di New York, Nikola Tesla semakin terisolasi akibat faktor usia dan kemiskinan. Dia tinggal sendirian di sejumlah hotel yang lebih murah dan sering kali lebih suka ditemani merpati daripada manusia.

Meski demikian, Tesla tetap mempertahankan salah satu elemen dari hari-harinya yang dramatis sebagai penemu hebat dalam bentuk konferensi pers populer yang diadakan setiap tanggal 10 Juli untuk merayakan ulang tahunnya.

Ketika berusia 79 tahun, Tesla mengumumkan penemuan oscillator berukuran saku yang diklaim dapat menghancurkan Empire State Building. Setahun kemudian, dia mengungkapkan rahasia umur panjangnya: menggeliat.

Membayar tagihan jatuh tempo hotel dengan 'death beam'

Nikola Tesla pernah menyerahkan laboratorium yang tidak berfungsi di Wardenclyffe kepada pemilik hotel Waldorf-Astoria sebagai pembayaran sebagian besar utang. Beberapa dekade kemudian, para manajer hotel Governor Clinton mendapatkan jaminan serupa dari Tesla: sebuah kotak kayu yang menurut sang penemu berisi model senjata partikel yang berpotensi mengakhiri perang.

Tesla yang bersikukuh bahwa “Death Beam” bukanlah sebuah “sinar kematian” seperti yang lazim diberitakan oleh pers, beranggapan bahwa teknologi itu akan mampu menghentikan serbuan tentara, sehingga menjadikan peperangan tidak ada gunanya.

Ketika dia menyerahkan kotak berisi model tersebut, Tesla memperingatkan karyawan hotel bahwa mereka tidak boleh membukanya sedikit pun. Karena takut dan menuruti kemauan Tesla, para karyawan hotel menyembunyikan kotak itu di gudang sekian lama. Setelah mangkatnya Tesla pada 7 Januari 1943, kotak itu dibuka paksa dan ternyata hanya berisi komponen listrik tua yang tidak berbahaya.

Baca juga: Stasiun luar angkasa China diharapkan akan hasilkan penemuan ilmiah

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Saya ingin menjadi: yang terkuat

cara kredit hp di akulaku tanpa dp 2021
Warga diimbau tidak melepas masker antisipasi gas belerang erupsi Lewotobi
Visual Gunung Lewotobi Laki-laki dari Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, NTT, Minggu (7/1/2024). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)
Wulanggitang (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Nusa Tenggara mengimbau masyarakat untuk tidak melepas masker guna mengantisipasi dampak gas belerang (sulfur) dari erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). "Pakai masker dan pelindung mata," kata Kepala Balai Pemantau Gunung Api dan Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Nusa Tenggara, Zakarias Ghele Raja, di Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Minggu. Usai naiknya status Gunung Lewotobi Laki-laki dari level II (Waspada) menjadi level III (Siaga) pada 1 Januari 2024, warga beberapa desa di dua kecamatan yakni, Wulanggitang dan Ile Bura mulai mengungsi baik ke posko-posko yang telah terbangun maupun rumah warga. Zakarias mengatakan erupsi menyebabkan hujan abu vulkanik dan aroma belerang yang mulai tercium dengan intensitas sedang-kuat selang satu pekan sejak naiknya status gunung. Ia meminta masyarakat untuk tidak melepas masker saat melakukan aktivitas untuk menghindari gangguan pernapasan akibat debu dan aroma belerang. Zakarias juga menegaskan larangan untuk beraktivitas dalam radius tiga kilo meter dari pusat erupsi serta sektoral empat kilo meter pada arah barat laut utara dan barat daya dari pusat erupsi. Pengamatan kegempaan menunjukkan adanya peningkatan Gempa Vulkanik Dalam dan Gempa Vulkanik Dangkal yang cukup signifikan dalam satu minggu terakhir.Kemunculan gempa-gempa ini mengindikasikan peningkatan tekanan atau stres pada tubuh gunung api yang berkaitan dengan suplai magma pada kedalaman dalam dan dangkal. "Jika terjadi erupsi dan hujan abu, masyarakat diimbau tetap di dalam rumah," ucapnya.

Baca juga: Gunung Lewotobi di Flores Timur kembali erupsi setinggi 1.500 meter

Baca juga: Pemprov NTT siagakan kapal pengirim bantuan korban erupsi Lewotobi

Baca juga: Jarak pandang terbatas dampak letusan Lewotobi, otoritas larang aktivitas pelayaran

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024