petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cicilan handphone tanpa kartu kredit

www.jp maxwin 919Jutaan kata 637264Orang-orang telah membaca serialisasi

《cicilan handphone tanpa kartu kredit》

Bahlil Blak******

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia akhirnya buka suara soal tudingan meminta upeti sebagai syarat pemulihan izin IUP sejumlah perusahaan.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia akhirnya buka suara soal tudingan meminta upeti sebagai syarat pemulihan izin IUP sejumlah perusahaan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia akhirnya buka suara soal tudingan meminta upeti sebagai syarat pemulihan izin usaha pertambangan (IUP) sejumlah perusahaan.

Hal itu ia sampaikan saat rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Senin (1/4).

Mulanya, Bahlil menuturkan dirinya mendapat wewenang untuk mencabut izin tambang melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Satuan Tugas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi.

Pemerintah pun berupaya untuk mencabut IUP tak produktif yang mencapai 2.078 izin. Namun, Bahlil mengatakan pihaknya tak asal mencabut IUP. Pengusaha terkait diberi waktu untuk untuk mengajukan surat keberatan.

"Setelah melakukan pencabutan, kami berikan ruang pada teman-teman yang merasa keberatan," kata Bahlil.

Ia menjelaskan IUP yang dicabut adalah adalah mereka yang izin usahanya tidak diurus lebih lanjut. Kemudian, IUP yang digadai di bank hingga tak mengurus Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB).

Lebih lanjut, Bahlil mengatakan satgas bisa memulihkan IUP jika pengusaha melampirkan dokumen pendukung dan klarifikasi bahwa yang bersangkutan masih produktif.

Lihat Juga :
Tarif Tol Trans Jawa Didiskon 20 Persen Saat Mudik, Ini Cara Dapatnya

Setelah itu, satgas merekomendasikan IUP dan izin konsesi hutan dapat dipulihkan atau tidak, sesuai dengan kriteria.

Sementara, keputusan pemulihan IUP dan izin konsesi hutan dilakukan melalui mekanisme pleno antara menteri investasi, menteri ESDM, dan menteri LHK. Kemudian, penerbitan SK pemulihan dilakukan sesuai sistem OSS di Kementerian Investasi/BKPM.

Bahlil lantas mengatakan dalam sebuah media, dirinya disebut meminta sesuatu kepada para pengusaha agar IUP nya bisa dipulihkan. Bahlil pun membantah.

"Media tersebut sudah saya bawa ke Dewan Pers dan Dewan Pers menerbitkan keputusan memerintahkan minta maaf pada kami," tutur Bahlil.

Lihat Juga :
REKOMENDASI SAHAMDeret Saham Berpotensi Cuan Pekan Ini

Ia pun mengatakan bakal mencari dan melaporkan pengusaha yang menjadi narasumber media yang dimaksud. Sebab, informasi mengenai Bahlil menarik upeti adalah berdasarkan keterangan pengusaha.

"Jadi konon ada cerita 33 IUP nikel yang diaktifkan ini memberikan upeti, katanya. Tapi saya gak yakin, (upeti diberikan) kepada orang-orang saya, dalam urusan ini satgas. Jadi biar saja diproses, jadi kami panggil 33 orang biar kita uji," ucapnya.

Belakangan, Bahlil tengah menjadi sorotan karena diduga mematok tarif hingga Rp25 miliar untuk memulihkan IUP yang dicabut pemerintah. Ia pun membantah isu tersebut.

Bahlil mempersilahkan semua pihak untuk bertanya kepada salah satu pengusaha yang IUP-nya dipulihkan terkait kasus tersebut.

"Silakan teman-teman tanya ke pengusaha yang IUP-nya dipulihkan, apakah benar," kata Bahlil di Jakarta, seperti dikutip dari detik finance, Senin (18/3).

Isu mengenai bahlil mematok tarif untuk memulihkan IUP ini terungkap dari salah satu laporan media nasional. Bahlil pun telah melaporkan media itu ke Dewan pers.

Tak hanya itu, Bahlil juga akan membawa kasus tersebut ke ranah hukum. Menurutnya, langkah ini diambil sebagai bentuk pemerintahan yang adil dan terbuka.

Bahlil mengatakan saat ini pihaknya tengah berbicara dengan perwakilan hukum. Ia menyebut kasus dugaan itu tidak hanya mencatut namanya, melainkan juga menyeret Satgas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi.

"Maka kami akan melaporkan ini kepada penegak hukum lanjutkan kasusnya ada dugaan pungli atau mencatut nama saya, mengatasnamakan saya, mengatasnamakan satgas yang melanggar hukum. Kita akan proses secara hukum. Biar tidak ada dosa di antara kita, biar kita fair," kata Bahlil.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Eddy Hiariej sebut permohonan AMIN dan Ganjar******

Eddy Hiariej sebut permohonan AMIN dan Ganjar-Mahfud bukan wewenang MK
Tangkapan layar ahli dari kubu Prabowo-Gibran, Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej, dalam sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pada Pilpres 2024 di Gedung I MK RI, Jakarta, Kamis (4/4/2024). ANTARA/Fath Putra Mulya
Artinya ada pengakuan secara diam-diam.
Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Hukum Pidana Universitas Gadjah Mada Edward Omar Sharif Hiariej menyebut dalil-dalil permohonan yang diajukan Anies-Muhaimin (AMIN) dan Ganjar-Mahfud bukan menjadi kewenangan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengadilinya.

Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM yang kerap disapa Eddy itu mengatakan bahwa wewenang MK dalam sengketa pemilu hanya sebatas persoalan penghitungan suara. Hal itu telah termaktub dalam Pasal 24C UUD NRI Tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK.

"Yang menjadi kewenangan Mahkamah Konstitusi hanyalah sebatas hasil penghitungan suara, tidak lain dan tidak bukan karena kita melakukan interpretasi gramatikal sistematis, baik terhadap Pasal 24C maupun Pasal 74 dan Pasal 75 Undang-Undang MK," ucap Eddy saat dihadirkan sebagai ahli dari kubu Prabowo-Gibran di Gedung I MK RI, Jakarta, Kamis.

Eddy mengutarakan bahwa postulat yang berarti perkataan adalah hal pertama yang diperiksa untuk mencegah adanya kesalahan pengertian atau kekeliruan dalam menemukan hukum. Oleh sebab itu, dalil permohonan AMIN dan Ganjar-Mahfud hanya mempersoalkan hal-hal di luar kewenangan MK.

"Artinya, kalau MK ini diminta untuk mengadili sesuatu yang di luar kewenangannya, sesungguhnya kuasa hukum Paslon 01 dan kuasa hukum Paslon 03 memaksa Mahkamah untuk melanggar apa yang kita sebut sebagai yuridikitas rechtmatingheidatau asas yuridikitas yang berarti bahwa Mahkamah atau pengadilan tidak boleh memutus sesuatu yang berada di luar kewenangannya," ucap Eddy.

Di samping itu, terkait dengan permasalahan keabsahan pencalonan Prabowo-Gibran, Eddy menilai hal itu merupakan sengketa proses dan bukan merupakan kewenangan MK.

Seharusnya, kata dia, pasangan calon lain yang keberatan menggugat ke pengadilan tata usaha negara (PTUN) ketika KPU mengeluarkan keputusan pencalonan Prabowo-Gibran. Namun, AMIN maupun Ganjar-Mahfud tidak mengajukan gugatan tersebut.

Baca juga: Karpet merah bagi kepala daerah menuju Istana belum terbentang luas
Baca juga: MK pastikan empat menteri akan hadir dalam sidang PHPU

"Secara de facto, pada masa kampanye, saat debat presiden dan wakil presiden, hal ini tidak pernah dipersoalkan. Artinya ada pengakuan secara diam-diam," kata Eddy.

Ia menilai persoalan batas usia seharusnya tidak persoalkan karena KPU hanya melaksanakan Putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023.

"Semestinya, terkait dengan batas usia ini tidak dipersoalkan kepada KPU, tetapi kepada MK," tuturnya.

Dalam PHPU Pilpres 2024, Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Anies-Muhaimin pada intinya meminta MK membatalkan Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024.

Anies-Muhaimin juga memohon MK mendiskualifikasi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai peserta Pilpres 2024. Keduanya turut meminta MK memerintahkan kepada KPU melakukan pemungutan suara ulang Pilpres 2024 tanpa mengikutsertakan Prabowo-Gibran.

Sementara itu, Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Ganjar-Mahfud memohon MK membatalkan Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024.

Mereka turut meminta MK mendiskualifikasi Prabowo-Subianto selaku pasangan calon peserta Pilpres 2024. Kemudian, juga memohon MK memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang untuk Pilpres 2024 hanya antara Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024

McDonald's Beli 225 Gerai Waralaba Lokal Israel Buntut Gerakan Boikot******

McDonald's bakal membeli seluruh gerai waralaba sebanyak 225 gerai dari pemilik lokal di Israel buntut ramai aksi boikot yang memukul bisnis.
McDonald's bakal membeli seluruh gerai waralaba sebanyak 225 gerai dari pemilik lokal di Israel buntut ramai aksi boikot yang memukul bisnis. (Foto: istockphoto/thad)
Jakarta, CNN Indonesia--

McDonald's (MCD.N) bakal membeli seluruh gerai waralaba dari pemilik lokal di Israel buntut ramai aksiboikot produk pro Israel yang memukul bisnisnya.

Restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS) tersebut telah sepakat memborong 225 gerai dari Alonyal Ltd, pemilik waralaba McDonald's di Israel.

Setelah selesainya transaksi dalam beberapa bulan mendatang, McDonald's akan memiliki restoran dan operasional Alonyal, sambil tetap mempertahankan karyawannya.

CEO dan pemilik Alonyal, Omri Padan, mengatakakan ada 5.000 karyawan yang bekerja di 225 gerai McDonald's di Israel.

"Selama lebih dari 30 tahun, Alonyal dengan bangga menghadirkan Golden Arches ke Israel dan melayani komunitas kami," kata Padan, dikutip CNN, Kamis (4/4).

Langkah pembelian ini dilakukan usai raksasa cepat saji asal menyebut perang Israel-Hamas merugikan bisnisnya. Sebab, McDonald's menjadi sasaran boikot di berbagai negara karena dituding mendukung Israel.

Usai serangan Hamas pada 7 Oktober tahun lalu, Alonyal sempat mengumumkan mereka akan menyumbang makanan gratis kepada militer Israel.

McDonald's adalah jaringan global, tetapi waralabanya sering kali dimiliki secara lokal dan beroperasi secara mandiri.

Manajemen menyebut sebagian besar toko McDonald's di seluruh dunia dijalankan oleh operator waralaba lokal. Operator-operator ini dalam banyak hal, bertindak sebagai bisnis independen. Misalnya, dalam menetapkan upah dan harga, serta jika dirasa perlu, memberikan pernyataan atau sumbangan sesuai kebijakan usahanya.

Artinya, perusahaan pusatnya di AS tidak dapat mendikte bagaimana setiap mitra harus merespons dalam suatu krisis.

Januari lalu, CEO McDonald's Chris Kempczinski mengatakan perusahaannya melihat dampak serius di beberapa pasar di Timur Tengah dan beberapa di luar kawasan akibat perang Israel melawan Hamas.

Lalu pada Februari, McDonald's kembali menegaskan konflik tersebut kemungkinan akan terus membebani bisnisnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)




bab terbaru:fendi188 daftar situs slot online terpercaya dan anti kalah 2023

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
paito 5d jakarta
voucher shopee gratis ongkir min belanja 0 2022
limit belanja kredivo
dgslot77
rtp grandbet88
berapa maxwin bet 1000
bunga akulaku
youtube slot gacor hari ini live
situs slot paling gacor 2023
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs66
Bab 2 79 di erek erek
Bab 3 slot 77 online
Bab 4 cara pinjam uang ke dana
Bab 5 cara daftar pinjol
Bab 6 afabola slot
Bab 7 trik maxwin zeus
Bab 8 trik slot fafafa modal sedekah
Bab 9 bapautoto
Bab 10 mampir4d
Bab 11 erek buaya
Bab 12 mpo99id
Bab 13 slot gacor banget hari ini
Bab 14 rtp live agustus
Bab 15 daftar pinjol legal ojk
Bab 16 pinjaman online terpercaya 2022
Bab 17 mimpi tawon togel
Bab 18 situs slot gacor rtp
Bab 19 slot mahoni
Bab 20 pola slot gacor gatot kaca
Klik untuk melihattersembunyi di tengah167bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Dunia para dewa di akhir zaman

trik olympus modal receh
Pemerintah tidak berencana mengikuti kebijakan Pemerintah Malaysia yang menggratiskan tarif tol saat musim mudik lebaran.
Pemerintah tidak berencana mengikuti kebijakan Pemerintah Malaysia yang menggratiskan tarif tol saat musim mudik lebaran. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah tidak berencana mengikuti kebijakan Pemerintah Malaysia yang menggratiskan tarif tolsaat musim mudik lebaran.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Miftachul Munir mengatakan penggratisan tarif jalan tol akan membebani industri konstruksi. Padahal, industri itu memakai uang dari tarif tol untuk menutup biaya pembangunan.

"Industri konstruksi ini juga mereka memanfaatkan uang dari pinjaman, dari debt, yang tentunya di sana juga adacost of fund.Tentunya ini (tol gratis saat mudik) akan mengganggu iklim investasi," kata Munir dalam jumpa pers daring bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Selasa (2/4).

Dengan cara itu, pengguna jalan tol saat musim mudik tidak membayar tarif. Lalu pengguna jalan tol setelah musim mudik akan membayar tarif tol lebuh mahal dari biasanya.

"Penyesuaian tarif khusus ini tentunya yang akan membayar adalah pengguna yang berikutnya," ujar Munir.

Munir tak menutup kemungkinan suatu saat kebijakan tol gratis saat mudik diterapkan. Namun, ia menunggu kebijakan Menteri PUPR sebagai induk dari BPJT.

"Secara kajian kelayakannya akan kita tinjau apakah pengaruhnya nanti ke investasi, ke konsesinya, ataukah ke tarifnya," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Malaysia menggratiskan jalan tol saat mudik Lebaran Idulfitri, 8-9 April 2024. Diskon berlaku untuk semua mobil pribadi, kecuali taksi.

Pemerintah Malaysia mengucurkan 37,6 juta ringgit Malaysia atau setara Rp126,4 miliar (asumsi kurs Rp3.365 per ringgit Malaysia) untuk kebijakan itu.

Saat ini, Indonesia menerapkan diskon tarif jalan tol 20 persen saat mudik Lebaran Idulfitri. Diskon berlaku 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Diskon tol berlaku untuk kendaraan asal Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang melakukan transaksi keluar di Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Diskon juga berlaku saat arus balik pada 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. Kebijakan itu diterapkan bagi kendaraan asal Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang yang melakukan transaksi keluar di Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

[Gambas:Video CNN]



(dhf/sfr)

Pembayaran super

jarum77
Aneka kebutuhan harian termasuk produk segar seperti daging diskon setiap hari di Transmart. Belanja daging jadi makin hemat deh!
Aneka kebutuhan harian termasuk produk segar seperti daging, diskon setiap hari di Transmart. Belanja daging jadi makin hemat deh! (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Aneka kebutuhan harian termasuk produk segar seperti daging diskon setiap hari di Transmart. Belanja daging jadi makin hemat, deh!

Khusus buat pelanggan setia Transmart yang menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Bank Mega Syariah bisa langsung dapat diskon tambahan sebesar 20 persen.

Lihat Juga :
Transmart Diskon Setiap Hari, Harga Ikan Shisamo Cuma Segini

Dijamin belanja aneka produk segar di Transmart memuaskan karena produknya berkualitas dan harganya jadi makin hemat.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Yuk, belanja ke Transmart sekarang juga. Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

rencana masa makmur

kumpulan link slot gacor
BPS mencatat neraca perdagangan RI surplus sebesar US,41 miliar pada November 2023.
BPS mencatat neraca perdagangan RI surplus sebesar US,41 miliar pada November 2023. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatneraca perdagangan RI surplus sebesar US,41 miliar pada November 2023.

Meski masih surplus, angkanya turun sebesar US,06 miliar dibanding bulan lalu.

"Dengan demikian neraca perdagangan Indonesia telah mencatat surplus selama 43 bulan berturut-turut sejak Mei 2020," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Jumat (15/12).

Berikut perkembangan ekspor dan impor Indonesia sepanjang November 2023:

Ekspor

Nilai ekspor Indonesia pada November ini tercatat US miliar atau turun 0,67 persen dibandingkan Oktober 2023. Sementara, secara tahunan nilai ekspor turun 8,56 persen.

Menurut Pudji, penurunan ekspor pada November didorong oleh penurunan ekspor non-migas terutama pada golongan barang bahan bakar mineral atau HS27, lemak dan minyak hewani atau nabati dengan HS15 dan, pulp dari kayu dengan HS47.

Secara total, ekspor non-migas naik 7,42 persen dengan nilai US,78 miliar.

"November 2023 nilai ekspor non-migas mengalami penurunan secara tahunan pada semua sektornya. Penurunan terdalam terjadi pada sektor pertambangan dan lainnya yang turun 27,47 persen," kata Pudji.

Lihat Juga :
Misteri Pemerintah Pakai Acuan Lama Hapus Miskin Ekstrem di 2024

Secara kumulatif pada periode Januari sampai dengan November 2023 total ekspor mencapai US6,41 miliar atau turun 11,83 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Rinciannya, ekspor non-migas mencapai US1,96 miliar atau turun 12,47 persen. Sedangkan, ekspor migas mencapai US,44 miliar atau turun 0,67 persen.

Impor

Nilai impor Indonesia pada November 2023 tercatat sebesar US,59 miliar atau naik 4,89 persen dibandingkan Oktober 2023. Sementara, dibandingkan November 2022 nilai impor naik 3,29 persen.

Tercatat pada November 2022 nilai impor mencapai US,96 miliar.

Lebih rinci, Pudji menuturkan impor migas November 2023 mencapai US,49 miliar. Angka ini naik 8,79 persen dibanding bulan sebelumnya.

"Impor migas terjadi peningkatan nilai impor minyak mentah hasil minyak dan gas yang masing-masing sebesar 9,39 persen kemudian 10,77 persen dan 11,55 persen," kata Pudji.

Adapun untuk impor non-migas mencapai US,10 miliar atau naik sebesar 4,08 persen.

Peningkatan impor non-migas secara bulanan ini disebabkan oleh peran komoditas. Pertama, besi dan baja atau HS72 yang naik 16,34 persen. Kedua, ampas dan sisa industri makanan atau HS23 naik 31,98 persen. Ketiga, pupuk atau HS31 naik 76,58 persen.

Perkembangan impor secara kumulatif pada periode Januari sampai dengan November 2023 mencapai US2,78 miliar atau turun 6,8 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Rinciannya, untuk impor non migas mencapai US0,32 miliar atau turun sebesar 5,57 persen. Sedangkan impor migas mencapai US,46 miliar atau turun sebesar 12,78 persen.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Apartemen Zhutian Shinhwa

sepatu di erek erek
Jangan lupa belanja ke Transmart Full Day Sale besok, Minggu (17/12), soalnya ada diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen menanti!
Jangan lupa belanja ke Transmart Full Day Sale besok ya Minggu (17/12), ada diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen menanti! (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemburu diskon jangan sampai melewatkan Transmart Full Day Sale besok, Minggu (17/12). Soalnya ada diskon gede-gedean.

Transmart kasih diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen. Jadi jangan lupa siapkan daftar belanjaan dan ke Transmart besok, ya!

Lihat Juga :
Jangan Lupa Belanja ke Transmart Hari Ini, Ada Diskon 50%+20%

Kalau belum punya Allo Paylater, cukup unduh aplikasi Allo Bank di App Store atau Google Play Store. Kemudian daftar akun dan upgradeke Allo Prime. Setelah itu ajukan Allo Paylater.

Ada banyak produk yang diskon loh. Mulai dari produk segar dan daging ayam, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, sampai sepeda listrik dijamin bakal diskon.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik! Selamat berbelanja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Huangmen

pinjol legal mudah cair
Persoalan pupuk langka menjadi perdebatan belakangan ini, terlebih ada beda klaim antara menteri pertanian, para petani, hingga calon presiden di Pilpres 2024.
Persoalan pupuk langka menjadi perdebatan belakangan ini, terlebih ada beda klaim antara menteri pertanian, para petani, hingga calon presiden di Pilpres 2024. (Foto: AP/Tatan Syuflana)
Jakarta, CNN Indonesia--

Persoalan pupuk langkamenjadi perdebatan belakangan ini, terlebih ada beda klaim antara menteri pertanian, para petani, hingga calon presiden di Pilpres 2024.

Mulanya, isu pupuk langka menjadi perdebatan sengit antara capres nomor urut 3 Prabowo Subianto dan nomor urut 2 Ganjar Pranowo dalam debat pertama di KPU, Selasa (12/12). Prabowo mengklaim banyak petani di Jawa Tengah yang mengeluh kepadanya soal kelangkaan pupuk.

"Menurut pandangan saya, kelompok rentan itu juga termasuk para petani dan nelayan. Dan yang saya dapat setelah saya keliling, khususnya di Jawa Tengah, Pak Ganjar, petani-petani di situ sangat sulit dapat pupuk dan mereka mengeluh dengan Kartu Tani yang bapak luncurkan ini mempersulit mereka dapat pupuk," ucap Prabowo kepada Ganjar.

"Pak, data petani kita tidak pernah beres, maka kalau kemudian satu data petani bisa kita kelola, distribusi pupuknya harus bisa sampai dan tepat sasaran," balas Ganjar.

Lihat Juga :
Negara Habiskan Rp1.060 T untuk Bansos, Pupuk Petani, dan Subsidi BBM

Respons petani dan mentan 

Kepala Pusat Pengkajian dan Penerapan Agroekologi Serikat Petani Indonesia (SPI) Muhammad Qomarun Najmi menyebut permasalahan pupuk ini terletak pada validitas data. Ia mengungkapkan ada petani yang punya lahan, tetapi tak mendapat Kartu Tani untuk menebus pupuk subsidi.

"Ada yang tidak punya lahan atau bukan petani, dapat Kartu Tani," katanya kepada CNNIndonesia.com (13/12).

Carut marut data penerima Kartu Tani membuat sejumlah petani memilih menggunakan KTP untuk membeli pupuk subsidi. Sehingga Qomarun beranggapan langkah Presiden Joko Widodo mempermudah petani mendapatkan pupuk dengan bermodalkan KTP bukanlah hal baru.

Di lain sisi, Ketua Asosiasi Petani Pangan Indonesia (APPI) Jawa Timur Jumantoro menilai pupuk sejatinya tidak langka. Ia menyebut stok pupuk di kios hingga distributor tetap tersedia.

Akan tetapi, APPI mengeluhkan alokasi pupuk subsidi yang dibatasi. Jumantoro mempermasalahkan alokasi tersebut jauh lebih sedikit ketimbang kebutuhan para petani di lapangan.

"Alokasinya memang sudah habis. Karena petani menggunakan pupuk, misal jagung kebutuhan 6 ton-7 ton per hektare, padi 5 ton-7 ton per hektare, lah alokasi pemerintah untuk padi dan jagung kurang lebih hanya 3 kuintal," kata Jumantoro kepada CNNIndonesia.com, Jumat (15/12).

Sementara itu, Mentan Amran Sulaiman membantah adanya kelangkaan pupuk. Namun, ia mengaku memang mendengar banyak keluhan petani yang kesulitan mendapatkan pupuk jelang masa tanam.

Lihat Juga :
Daftar Daerah yang Alami Kelangkaan Pupuk, Benarkah Cuma Jateng?

Ia mengklaim langsung merevisi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 untuk mengatasi masalah ini. Amran menyebut akses petani terhadap pupuk bersubsidi kini jadi lebih mudah, yaitu cukup dengan menunjukkan KTP, tak perlu Kartu Tani untuk menebus pupuk subsidi.

"KTP ada tertulis petani di KTP-nya bisa ambil pupuk. Tidak ada (syarat lain). Jangan dipersulit kalau dia minta pupuk berarti dia mau tanam. Kalau dia mau berproduksi, Indonesia bisa swasembada, berdaulat bahkan ekspor," ucap Amran, dikutip dari Antara.

(skt/asa)

[Gambas:Video CNN]

Paman terkuat dalam sejarah

slot slot gacor
Transmart Full Day Sale ada lagi, berlangsung mulai hari ini Sabtu (23/12) sampai Minggu (24/12). Jangan lewatkan diskon elektroniknya!
Transmart Full Day Sale ada lagi, berlangsung mulai hari ini Sabtu (23/12) sampai Minggu (24/12). Jangan lewatkan diskon elektroniknya! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Saatnya berburu barang elektronik diskonan di Transmart. Soalnya Transmart Full Day Sale ada lagi mulai hari ini Sabtu (23/12) sampai dengan Minggu (24/12).

Mulai dari televisi, kulkas, sampai AC diskon di Transmart Full Day Sale dan ada bonus tambahan untuk setiap pembelian AC, yaitu pipa hingga instalasi standar gratis.

Lihat Juga :
Merapat ke Transmart Sekarang Juga, Kapan Lagi Belanja Semurah Ini

Diskon produk elektronik di Transmart ini bisa diklaim secara langsung menggunakan pembayaran melalui Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Selain AC, ada juga diskon elektronik untuk pembelian kulkas side by side 472L harga normal Rp12.049.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp8.799.200 dan pembeli hemat sekitar Rp3 jutaan. Harga berlaku untuk pembelian di Transmart Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.

Bagi pelanggan Transmart di Luar Pulau Jawa, Bali, dan Lampung, kulkas side by side 472L harga normal Rp12.649.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp 9.239.200 dan pembeli hemat sekitar Rp3,4 jutaan.

Mumpung akhir tahun mau beli tv baru untuk nonton bareng? Nih ada diskon LED TV 50" UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp6.969.000. Harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp4.799.200. Harga ini berlaku nasional.

Ada juga LED TV 65" UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp11.209.000. Harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp7.199.200. Harga ini berlaku nasional.

Gimana, diskonnya menguntungkan ya. Jadi tunggu apalagi, pastikan belanjanya memakai salah satu bank yang direkomendasikan supaya bisa borong semua elektronik impian di periode Transmart Full Day Sale yang diskonnya berlangsung mulai dari toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]