petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

mastermpo

audy88 790Jutaan kata 722077Orang-orang telah membaca serialisasi

《mastermpo》

Beda Klaim Capres dan Mentan Soal Pupuk Langka untuk Petani******

Persoalan pupuk langka menjadi perdebatan belakangan ini, terlebih ada beda klaim antara menteri pertanian, para petani, hingga calon presiden di Pilpres 2024.
Persoalan pupuk langka menjadi perdebatan belakangan ini, terlebih ada beda klaim antara menteri pertanian, para petani, hingga calon presiden di Pilpres 2024. (Foto: AP/Tatan Syuflana)
Jakarta, CNN Indonesia--

Persoalan pupuk langkamenjadi perdebatan belakangan ini, terlebih ada beda klaim antara menteri pertanian, para petani, hingga calon presiden di Pilpres 2024.

Mulanya, isu pupuk langka menjadi perdebatan sengit antara capres nomor urut 3 Prabowo Subianto dan nomor urut 2 Ganjar Pranowo dalam debat pertama di KPU, Selasa (12/12). Prabowo mengklaim banyak petani di Jawa Tengah yang mengeluh kepadanya soal kelangkaan pupuk.

"Menurut pandangan saya, kelompok rentan itu juga termasuk para petani dan nelayan. Dan yang saya dapat setelah saya keliling, khususnya di Jawa Tengah, Pak Ganjar, petani-petani di situ sangat sulit dapat pupuk dan mereka mengeluh dengan Kartu Tani yang bapak luncurkan ini mempersulit mereka dapat pupuk," ucap Prabowo kepada Ganjar.

"Pak, data petani kita tidak pernah beres, maka kalau kemudian satu data petani bisa kita kelola, distribusi pupuknya harus bisa sampai dan tepat sasaran," balas Ganjar.

Lihat Juga :
Negara Habiskan Rp1.060 T untuk Bansos, Pupuk Petani, dan Subsidi BBM

Respons petani dan mentan 

Kepala Pusat Pengkajian dan Penerapan Agroekologi Serikat Petani Indonesia (SPI) Muhammad Qomarun Najmi menyebut permasalahan pupuk ini terletak pada validitas data. Ia mengungkapkan ada petani yang punya lahan, tetapi tak mendapat Kartu Tani untuk menebus pupuk subsidi.

"Ada yang tidak punya lahan atau bukan petani, dapat Kartu Tani," katanya kepada CNNIndonesia.com (13/12).

Carut marut data penerima Kartu Tani membuat sejumlah petani memilih menggunakan KTP untuk membeli pupuk subsidi. Sehingga Qomarun beranggapan langkah Presiden Joko Widodo mempermudah petani mendapatkan pupuk dengan bermodalkan KTP bukanlah hal baru.

Di lain sisi, Ketua Asosiasi Petani Pangan Indonesia (APPI) Jawa Timur Jumantoro menilai pupuk sejatinya tidak langka. Ia menyebut stok pupuk di kios hingga distributor tetap tersedia.

Akan tetapi, APPI mengeluhkan alokasi pupuk subsidi yang dibatasi. Jumantoro mempermasalahkan alokasi tersebut jauh lebih sedikit ketimbang kebutuhan para petani di lapangan.

"Alokasinya memang sudah habis. Karena petani menggunakan pupuk, misal jagung kebutuhan 6 ton-7 ton per hektare, padi 5 ton-7 ton per hektare, lah alokasi pemerintah untuk padi dan jagung kurang lebih hanya 3 kuintal," kata Jumantoro kepada CNNIndonesia.com, Jumat (15/12).

Sementara itu, Mentan Amran Sulaiman membantah adanya kelangkaan pupuk. Namun, ia mengaku memang mendengar banyak keluhan petani yang kesulitan mendapatkan pupuk jelang masa tanam.

Lihat Juga :
Daftar Daerah yang Alami Kelangkaan Pupuk, Benarkah Cuma Jateng?

Ia mengklaim langsung merevisi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 untuk mengatasi masalah ini. Amran menyebut akses petani terhadap pupuk bersubsidi kini jadi lebih mudah, yaitu cukup dengan menunjukkan KTP, tak perlu Kartu Tani untuk menebus pupuk subsidi.

"KTP ada tertulis petani di KTP-nya bisa ambil pupuk. Tidak ada (syarat lain). Jangan dipersulit kalau dia minta pupuk berarti dia mau tanam. Kalau dia mau berproduksi, Indonesia bisa swasembada, berdaulat bahkan ekspor," ucap Amran, dikutip dari Antara.

(skt/asa)

[Gambas:Video CNN]

Jokowi Tegaskan Pentingnya Perbaikan Iklim Investasi******

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal menggelar agenda tahunan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi bertema Investasi Berkeadilan.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka Rakornas Investasi 2023. (Foto: Arsip BKPM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan, investasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi di semua negara, termasuk di Indonesia. Untuk itu Jokowi meminta kepada para kepala daerah terus memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan realisasi investasi.

Jokowi juga meminta kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terus membantu pencapaian target realisasi investasi yang optimal dengan memberikan kemudahan perizinan di daerah. Sebab, tahun depan BKPM memiliki target realisasi investasi sebesar Rp1.650 triliun.

Hal ini disampikan Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2023 yang diselenggarakan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bertema Investasi Berkeadilan dan Berkelanjutan di Balai Kartini, Kamis (7/12).

Sementara Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan, tema Rakornas Investasi 2023 ini berfokus pada transformasi ekonomi melalui hilirisasi sumber daya alam.

Menurut Bahlil, hal tersebut untuk memastikan aspek keberlanjutan, serta kemitraan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk investasi yang berkeadilan.

Dengan demikian, Bahlil berharap Rakornas ini mampu menghasilkan rumusan kebijakan investasi yang mampu mendorong tercapainya realisasi investasi yang berkualitas.

"KPI (Key Performance Indicator) tentang kolaborasi dengan pengusaha daerah dan UMKM, sejak 2021 sudah diterapkan dan sekarang sudah berjalan, tapi belum maksimal. Ini butuh kesadaran yang tinggi untuk kami lakukan," kata Bahlil.

Sesuai arahan Presiden, Bahlil kembali menekankan di tahun depan arah kebijakan pemerintah tidak akan kendor, tetap mendorong hilirisasi.

Untuk itu, Bahlil berharap para gubernur, bupati, wali kota serta kepala-kepala DPMPTSP sebagai benteng pertahanan terdepan untuk menjaga investasi, khususnya hilirisasi.

"Jadi kalau ada yang mengatakan hilirisasi adalah jalan yang keliru, saya ingin mengatakan bahwa yang bicara itu otaknya yang keliru. Kepentingan negara harus jalan terus untuk menjaga kedaulatan bangsa kita," tegas Bahlil.

Lebih lanjut dalam laporannya, Bahlil juga menyampaikan bahwa kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 5 Desember 2023 dan diikuti kurang lebih sebanyak 1.000 peserta yang terdiri atas gubernur, bupati, wali kota, kepala DPMPTSP provinsi.

Selanjutnya kabupaten/kota seluruh Indonesia, administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB), serta perwakilan dari kementerian/lembaga.

Adapun Rakornas Investasi 2023 digelar untuk melakukan evaluasi program investasi pada tahun sebelumnya, sekaligus menyusun program investasi untuk tahun yang akan datang.

Acara puncak Rakornas Investasi 2023 juga diisi dengan sesi diskusi panel yang menghadirkan empat narasumber yakni Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono.

(inh/inh)

Alasan Buruh Tutup Tol Cipularang Hingga Macet Total Kamis Kemarin******

Para buruh yang menutup akses ruas Tol Cipularang pada Kamis (14/12) mengaku sakit hati dengan Pemda Jabar karena tak menghiraukan tuntutan mereka soal upah.
Para buruh yang menutup akses ruas Tol Cipularang pada Kamis (14/12) mengaku sakit hati dengan Pemda Jabar karena tak menghiraukan tuntutan mereka soal upah. (CNN Indonesia/ Syakirun Niam).
Jakarta, CNN Indonesia--

Paraburuhyang menutup akses ruas Tol Cipularangpada Kamis (14/12) mengaku sakit hati dengan pemerintah.

Presiden Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Daeng Wahidin menjelaskan awalnya ia dan rombongan menghadiri pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membahas upah. Sayang, dialog makan siang itu tidak menghasilkan keputusan.

"Buruh yang kecewa dan sakit hati karena tuntutannya tidak dipenuhi melakukan penutupan jalan tol Cipularang KM 106 sampai pukul 21.15 WIB," tegas Daeng, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (15/12).

Ia mengkritik penetapan upah minimum 2024 yang menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan. Menurutnya, aturan ini membuat upah yang ditetapkan tidak sesuai tuntutan dan kebutuhan para pekerja.

"Kami menuntut bahwa Pj Gubernur (Bey Machmudin) untuk tidak bersikukuh menggunakan PP Nomor 51 Tahun 2023 yang merupakan turunan dari UU Omnibus Law Cilaka (Cipta Kerja) itu. Sehingga kenaikan upah kawan-kawan itu jika menggunakan PP Nomor 51 itu kecil sekali," tuturnya.

Buruh menutup akses ruas Tol Cipularang pada Kamis (14/12). Anie Rahmi selaku salah seorang pengguna Tol Cipularang mengaku sampai terjebak hampir tiga jam imbas penutupan tersebut.

Anie mengaku keluar dari rest areadi KM 88 pada pukul 16.30 WIB. Namun hingga pukul 19.55 WIB, ia baru sampai KM 110.

Pengguna Tol Cipularang lainnya bernama Erma Yulihastin juga terjebak sekitar 3 jam. Mobil yang ditumpanginya tak bergerak, lalu lintas di dalam tol pun nyaris berhenti.

PT Jasa Marga mengatakan terjadi kemacetan parah di Tol Cipularang KM 117 arah Bandung karena ada penutupan oleh rombongan buruh. Di lain sisi, polisi mengarahkan pengguna jalan untuk keluar di KM 99 pintu Tol Darandang.

"Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Update situasi lalu lintas, saat ini kembali terjadi penutupan oleh rombongan buruh di KM 117 Ruas Tol Cipularang arah Bandung," ucap Kepala Departemen Marketing dan Komunikasi Jasa Marga Metropolitan Panji Satriya dalam keterangannya kemarin.

[Gambas:Video CNN]



(CNBCIndonesia/skt)




bab terbaru:deposit pulsa tanpa potongan

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
kudaemas88
situs slot server thailand
mudah menang slot
agen asia 88
cara pembayaran angsuran kredivo
pg88 slot
princess 77 slot
mujur123
jasabola2
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs online slot terbaik
Bab 2 gaswin slot
Bab 3 game slot resmi
Bab 4 kuy4d rtp
Bab 5 online slot indonesia
Bab 6 slot demo89
Bab 7 daftar pinjol legal 2022 cepat cair
Bab 8 link slot gacor terbaru 2022
Bab 9 koiemas
Bab 10 togel 45
Bab 11 cara mendapatkan voucher indomaret
Bab 12 seribu mimpi 3d abjad
Bab 13 cempakaslot
Bab 14 link slot asli
Bab 15 game slot pasti menang
Bab 16 aladdin666 link
Bab 17 slot resmi di indonesia
Bab 18 paten77
Bab 19 cara setting akun slot gacor
Bab 20 cara memakai aplikasi akulaku
Klik untuk melihattersembunyi di tengah63bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Sistem Dewa Dharma

big777 alternatif
Para buruh yang menutup akses ruas Tol Cipularang pada Kamis (14/12) mengaku sakit hati dengan Pemda Jabar karena tak menghiraukan tuntutan mereka soal upah.
Para buruh yang menutup akses ruas Tol Cipularang pada Kamis (14/12) mengaku sakit hati dengan Pemda Jabar karena tak menghiraukan tuntutan mereka soal upah. (CNN Indonesia/ Syakirun Niam).
Jakarta, CNN Indonesia--

Paraburuhyang menutup akses ruas Tol Cipularangpada Kamis (14/12) mengaku sakit hati dengan pemerintah.

Presiden Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Daeng Wahidin menjelaskan awalnya ia dan rombongan menghadiri pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membahas upah. Sayang, dialog makan siang itu tidak menghasilkan keputusan.

"Buruh yang kecewa dan sakit hati karena tuntutannya tidak dipenuhi melakukan penutupan jalan tol Cipularang KM 106 sampai pukul 21.15 WIB," tegas Daeng, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (15/12).

Ia mengkritik penetapan upah minimum 2024 yang menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan. Menurutnya, aturan ini membuat upah yang ditetapkan tidak sesuai tuntutan dan kebutuhan para pekerja.

"Kami menuntut bahwa Pj Gubernur (Bey Machmudin) untuk tidak bersikukuh menggunakan PP Nomor 51 Tahun 2023 yang merupakan turunan dari UU Omnibus Law Cilaka (Cipta Kerja) itu. Sehingga kenaikan upah kawan-kawan itu jika menggunakan PP Nomor 51 itu kecil sekali," tuturnya.

Buruh menutup akses ruas Tol Cipularang pada Kamis (14/12). Anie Rahmi selaku salah seorang pengguna Tol Cipularang mengaku sampai terjebak hampir tiga jam imbas penutupan tersebut.

Anie mengaku keluar dari rest areadi KM 88 pada pukul 16.30 WIB. Namun hingga pukul 19.55 WIB, ia baru sampai KM 110.

Pengguna Tol Cipularang lainnya bernama Erma Yulihastin juga terjebak sekitar 3 jam. Mobil yang ditumpanginya tak bergerak, lalu lintas di dalam tol pun nyaris berhenti.

PT Jasa Marga mengatakan terjadi kemacetan parah di Tol Cipularang KM 117 arah Bandung karena ada penutupan oleh rombongan buruh. Di lain sisi, polisi mengarahkan pengguna jalan untuk keluar di KM 99 pintu Tol Darandang.

"Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Update situasi lalu lintas, saat ini kembali terjadi penutupan oleh rombongan buruh di KM 117 Ruas Tol Cipularang arah Bandung," ucap Kepala Departemen Marketing dan Komunikasi Jasa Marga Metropolitan Panji Satriya dalam keterangannya kemarin.

[Gambas:Video CNN]



(CNBCIndonesia/skt)

Kronik Ultraman

mahoni88
Serbu anggur muscat yang lagi viral di Transmart sekarang juga ya, ada diskon 20 persen setiap hari buat pelanggan setia!
Serbu anggur muscat yang lagi viral di Transmart sekarang juga ya, ada diskon 20 persen setiap hari buat pelanggan setia! (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kabar gembira buat penggemar anggur muscat! Buah anggur berkualitas yang lagi viral ini diskon 20 persen setiap hari di Transmart, loh!

Pelanggan setia Transmart bisa membeli anggur muscat dengan harga Rp5.592 per 100 gram dari harga promo Rp6.990 per 100 gram. Kapan lagi harganya semurah ini?

Lihat Juga :
Gak Perlu Tunggu Gajian, Belanja di Transmart Diskon 20% Setiap Hari

Biar bisa dapat diskon belanja 20 persen ini, pelanggan cukup lakukan transaksi menggunakan Allo Prime atau Kartu Kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgradeke Allo Prime.

Bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan diboothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Kapan lagi bisa beli anggur segar berkualitas semurah ini kalau bukan di Transmart! Mumpung lagi diskon, langsung aja ke Transmart sekarang juga ya dan borong anggur muscat.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Musuh di kamar kerja musim semi

sea bank bisa pinjam uang
Jangan lupa belanja ke Transmart Full Day Sale besok, Minggu (17/12), soalnya ada diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen menanti!
Jangan lupa belanja ke Transmart Full Day Sale besok ya Minggu (17/12), ada diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen menanti! (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemburu diskon jangan sampai melewatkan Transmart Full Day Sale besok, Minggu (17/12). Soalnya ada diskon gede-gedean.

Transmart kasih diskon 50 persen dan ekstra diskon 20 persen. Jadi jangan lupa siapkan daftar belanjaan dan ke Transmart besok, ya!

Lihat Juga :
Jangan Lupa Belanja ke Transmart Hari Ini, Ada Diskon 50%+20%

Kalau belum punya Allo Paylater, cukup unduh aplikasi Allo Bank di App Store atau Google Play Store. Kemudian daftar akun dan upgradeke Allo Prime. Setelah itu ajukan Allo Paylater.

Ada banyak produk yang diskon loh. Mulai dari produk segar dan daging ayam, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, sampai sepeda listrik dijamin bakal diskon.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik! Selamat berbelanja!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Dewa Badai

lgdbet baru
Mendag Zulkifli Hasan menyatakan bahwa kehadiran pasar-pasar rakyat di Kalimantan Barat merupakan wujud percepatan pembangunan di kawasan perbatasan Indonesia.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) saat meresmikan Pasar Rakyat Galing di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Senin (18/12). (Foto: arsip PAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) meresmikan Pasar Rakyat Galing di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada Senin (18/12).

Zulhas mengatakan, pasar rakyat tersebut menjadi perwujudan percepatan pembangunan di daerah perbatasan Indonesia.

"Ya, Inpres 1 tahun 2021, percepatan pembangunan perbatasan. Maka segala daya yang ada di pusat fokus untuk membantu Sambas," kata Zulhas usai peresmian Pasar Rakyat Galing.

"Saya menyampaikan salam hangat, salam cinta dari Bapak Presiden Jokowi kepada bapak-ibu semuanya. Pak Jokowi begitu cinta kepada Borneo," katanya.

Tak hanya Pasar Rakyat Galing, Zulhas juga meresmikan Pasar Rakyat Sejangkung, Pasar Rakyat Temajuk dan Pasar Rakyat Matang Suri, serta Gudang Non Sistem Resi Gudang Kawasan Industri, yang seluruhnya terletak di Kabupaten Sambas.

Selain itu, dilakukan juga peresmian Pasar Rakyat Lawang Kuari di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Tentara Pembebasan Alien

info slot maxwin
Warga ramai-ramai berburu barang diskon dengan harga terjangkau saat berbelanja di Transmart Full Day Sale yang diadakan pada Minggu (17/12).
Warga antusias borong perabotan di Transmart Full Day Sale, Minggu (17/12). (CNN Indonesia/ Muhammad Feraldi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Warga ramai-ramai berburu barang diskon dengan harga terjangkau saat berbelanja di Transmart Full Day Sale yang diadakan pada Minggu (17/12).

Para pengunjung menghabiskan akhir pekan dengan ikut meramaikan ajang diskon besar-besaran tersebut.

Lihat Juga :
Serbu TV LED di Transmart Full Day Sale, Diskonnya Tembus Rp3 Juta

Keinginan itu berbuah manis karena Idhas berhasil mendapat total potongan harga keseluruhan hingga Rp300 ribu. Diskon besar itu diperoleh karena dirinya menggunakan Bank Mega untuk transaksi.

Lihat Juga :
Pengunjung Serbu Diskon Besar-besaran Transmart Full Day Sale

"Ada sabun, detergen, tisu, sabun cuci piring, kecap. Ini buat kebutuhan sehari-hari dan karena ada diskon juga," ungkap Idhas kepada CNNIndonesia.com.

"Ini pakai Bank Mega jadi diskon makin besar, dapat sekitar Rp300 ribu. Lumayan untung," sambungnya.

Sementara itu, pengunjung lain terlihat mengincar produk yang berbeda. Sebut saja Indah yang datang dengan keluarganya untuk membeli alat rumah tangga hingga pembersih.

Ia mengaku membeli cukup banyak produk karena momen belanja kali ini bertepatan dengan Full Day Sale yang digelar Transmart.

"Ini beli alat-alat rumah tangga sampai pembersih. Ini juga beli buah-buahan," ujar Indah.

Lihat Juga :
Untung Banget, Tangga Multifungsi di Transmart Diskon Rp750 Ribu

"Belanja hari ini salah satunya karena ada Full Day Sale, dan memang lagi ada kebutuhan juga," lanjut Indah.

Sementara itu, Transmart Full Day Sale diadakan di seluruh gerai se-Indonesia hanya pada Minggu (17/12). Promo besar-besaran di Transmart berlangsung sejak gerai dibuka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Beragam produk menarik dijual dengan harga spesial sepanjang pesta diskon seharian. Sebut saja kebutuhan pokok harian, produk elektronik, furnitur, hingga sepeda dan sepeda listrik.

Belanja di Transmart juga semakin hemat dengan transaksi lewat Bank Mega atau Allo Bank. Sebab, pembeli bisa langsung mendapatkan diskon hingga 20 persen.

Diskon itu berlaku bagi pelanggan yang membayar menggunakan Allo Bank, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, hingga Bank Mega Syariah.

(frl/bac)

[Gambas:Video CNN]

Invasi ekstradimensi tanpa akhir

permainan slot paling mudah menang
Kementerian Investasi/BPKM menggandeng Kemhan dan BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi pelaku UMK disabilitas naik kelas dengan pemberiaan 1.150 NIB.
Kementerian Investasi/BPKM menggandeng Kemhan dan BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi pelaku UMK disabilitas naik kelas dengan pemberiaan NIB kepada 1.150 pelaku UMK disabilitas. (Foto: Arsip BKPM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah melalui Kementerian Investasi/BKPM bersama Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bersinergi untuk memfasilitasi pelaku UMK disabilitas naik kelas.

Hal ini ditandai dengan pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 1.150 UMK disabilitas, termasuk 500 UMK disabilitas binaan Pusrehab Kementerian Pertahanan.

Penyerahan NIB tersebut dilakukan dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 dengan tema 'Kesempatan Berusaha Melalui Kemitraan dan Keadilan Bagi Pelaku Usaha Disabilitas'. Kegiatan ini digelar di Pusat Rehabilitasi (Pusrehab) Rumah Sakit Dokter Suyoto, Jakarta Selatan, Selasa (12/12) lalu.

"Pemerintah telah memberikan ruang bagi para pelaku usaha untuk tumbuh berkarya dan berkontribusi bagi perekonomian. Saya juga berharap dengan adanya kolaborasi antara usaha besar dan UMK akan menciptakan pemerataan kesejahteraan," ujar Ikmal.

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra mengungkapkan apresiasinya kepada penyandang disabilitas yang telah menghadapi tantangan berat dalam mendapatkan kesetaraan akses di berbagai sektor. Herindra juga menekankan untuk melibatkan penyandang disabilitas secara aktif dan memberikan hak mereka dengan sepenuhnya.

"Kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk lebih menghormati hak individu dan meningkatkan kolaborasi dalam melibatkan penyandang disabilitas pada pembangunan agar menjadi lebih mandiri dan profesional untuk merintis masa depan," ujar Herindra.

Salah satu yang mendapat NIB, yakni Verad Sugianto, pelaku UMK disabilitas asal Komando Pasukan Khusus. Verad yang merupakan penyandang disabilitas penglihatan ini menjalankan usaha jasa pengiriman alat berat. Ia mengaku bahwa pemberian NIB sangat membantunya dalam mengembangkan usaha.

"Sekarang pembuatannya sudah mudah, kalau dulu harus mempersiapkan banyak sekali persyaratan tapi saat ini hanya melalui online. Dengan NIB, kita terbantu dalam hal permodalan dan kemitraannya. Saya berterima kasih sekali dengan adanya program ini," tutur Verad.

Pada kesempatan yang sama, Rohani Br Sembiring, pemilik usaha Risoles Mbak Ani juga sependapat dengan Verad terkait kemudahan perizinan berusaha. Andini menyampaikan bahwa tidak ada kendala dalam pembuatan NIB saat ini.

"Pembuatan NIB yang saya lakukan gampang sekali. Tidak ada kesulitan dan semua dapat dipahami. Harapannya setelah punya NIB, saya ingin membuka cabang baru di tempat lain sehingga usaha saya lebih berkembang," ucap Rohani.

Selain pemberian NIB, juga dilaksanakan kegiatan Penandatanganan Komitmen Kerja Sama Usaha Besar dengan UMK dan Pelaku Usaha Disabilitas serta Penandatanganan Kerja Sama Rehabilitasi Kecelakaan Kerja antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pusrehab Kemhan.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, sampai 12 Desember 2023, tercatat sebanyak 6.734.309 NIB telah berhasil diterbitkan melalui sistem OSS di seluruh wilayah Indonesia. Dari angka tersebut, 98 persen merupakan NIB pelaku UMK dan 2 persen pelaku usaha menengah dan besar.

Sedangkan, khusus untuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta telah terbit sebanyak 579.875 NIB yang menduduki peringkat keempat provinsi dengan NIB terbanyak di Indonesia.

(ory/ory)