petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

orientalplay

angka jitu ekor sdy 740Jutaan kata 633385Orang-orang telah membaca serialisasi

《orientalplay》

Prabowo tak peduli tuduhan kecurangan yang ditujukan ke paslon 02******

Prabowo tak peduli tuduhan kecurangan yang ditujukan ke paslon 02
Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menunjukkan jarinya usai menggunakan hak pilihnya di TPS 033, Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). Pemilu 2024 untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota tersebut dilaksanakan secara serentak di 38 provinsi dengan jumlah DPT sebanyak 204.807.222 pemilih. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom/pri.
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden Prabowo Subianto mengaku tak peduli terhadap berbagai tuduhan yang dialamatkan kepada pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada pemilu 2024.

Prabowo menyerahkan penilaian itu kepada masyarakat Indonesia yang pada hari ini memilih presiden dan wakil presiden untuk periode 2024–2029.

“Bagi saya gakada masalah (tuduhan curang). Saya yang penting rakyat. Saya gakpeduli. Saya ingin menegakkan kebenaran kok mereka takut? Saya ingin rakyat saya tidak lapar. Saya membela kebenaran. Saya hanya mau membela rakyat,” kata Prabowo menjawab pertanyaan wartawan di kediamannya di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Baca juga: Prabowo harap hujan bawa berkah untuk kemenangan 02

Dia juga menilai berbagai tuduhan kecurangan itu merupakan bagian dari risiko perjalanan sejarah.

“Demikianlah risikonya dalam sejarah, pergantian pimpinan di setiap tempat mengandung ada yang berhasil dan tidak berhasil. Kedua, negara sebesar dan sekaya, sepenting kita pasti banyak yang melirik. Janganlah kita masuk perangkap suatu permainan besar ini. Selalu, dalam sejarah kalau tidak bisa bunuh orangnya, bunuh karakternya,” kata Prabowo.

Bagi Capres nomor urut 02 itu, pemilu 2024 bukan sebatas persaingan, melainkan ada tujuan yang lebih besar.

“Saya berharap semua pihak mengerti ini untuk tujuan yang besar. Janganlah mungkin ada dalam setiap persaingan pasti ada yang kecewa, tidak mencapai hasil yang diinginkan dan selalu saya kira kita harus kedepankan kepentingan besar, kepentingan anak-anak dan cucu-cucu kita,” kata dia.

Baca juga: Prabowo ucapkan terima kasih ke KPPS selepas berikan suaranya di TPS

Pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sejauh ini masih unggul dalam hasil hitung cepat (quick count) sementara dari beberapa lembaga survei.

Beberapa lembaga survei seperti Charta Politika, KedaiKOPI, dan Populi Center dalam hasil hitung cepat (quick count) mereka memprediksi pasangan Prabowo-Gibran unggul dalam perolehan suara Pilpres 2024. Lembaga-lembaga itu, berdasarkan hasil hitung cepat, juga memperkirakan pemilihan presiden-wakil presiden berlangsung satu putaran dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Dalam hasil hitung cepat Populi Center, misalnya, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 60,67 persen suara dari data yang masuk sebesar 40,40 persen per 15.30 WIB.

Dari data yang sama, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,57 persen, dan pasangan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md 16,76 persen.

Kemudian, hasil hitung cepat Charta Politika menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 57,11 persen dari 60,2 persen data yang masuk per 16.01 WIB.

Dari hasil hitung cepat yang sama, pasangan Anies-Muhaimin memperoleh 26,22 persen suara, sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud memperoleh 16,67 persen.

Baca juga: Prabowo langsung berenang selepas nyoblos di TPS dekat rumahnya

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten/kota, dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 03.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024

Rektor UIN Jakarta imbau rakyat sikapi informasi Pemilu dengan bijak******

Rektor UIN Jakarta imbau rakyat sikapi informasi Pemilu dengan bijak
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar. ANTARA/HO-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Masyarakat juga diimbau menghormati hasil Pemilu 2024 sebagai pilihan rakyat yang sah dan konstitusional
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, mengimbau masyarakat menyikapi setiap informasi yang beredar tentang Pemilihan umum (Pemilu) 2024 dengan bijak dan nalar yang kritis.

"Kami mengimbau masyarakat agar menyikapi setiap informasi tentang Pemilu 2024 dengan sikap bijak, nalar kritis, dan bertanggung jawab, tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang bersifat fitnah, informasi palsu, atau ujaran kebencian, serta selalu memverifikasi kebenaran dan sumber informasi sebelum menyebarkannya," kata Asep di Jakarta, Senin.

Ia menyampaikan hal tersebut mengingat pentingnya peran Pemilu 2024 dalam menentukan arah dan masa depan bangsa Indonesia, yang dalam dua hari ke depan pemungutan suara akan dilangsungkan secara serentak sehingga perlu dikawal agar tetap kondusif.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat bisa menjadi bagian dari proses demokrasi yang beradab, bermartabat, dan berintegritas, dengan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani, serta keyakinan kuat pada Rabu, 14 Februari 2024, tanpa tekanan maupun bujukan dari pihak manapun," tuturnya.

Baca juga: Rektor Unud Bali ajak masyarakat gunakan hak pilih Pemilu 2024
Baca juga: Rektor Untirta serukan pemilu damai dan berintegritas

Asep juga mendorong seluruh pihak agar tetap mengedepankan kerukunan dan toleransi sesuai semangat dalam semboyan bangsa, yakni berbeda-beda tetapi tetap satu.

"Masyarakat juga agar senantiasa mengedepankan kerukunan, toleransi, dan persaudaraan antara sesama warga negara, terlepas dari perbedaan pilihan politik, keagamaan, suku, atau pun golongan, sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya.

Kemudian, ia juga mengimbau masyarakat agar menghindari segala ucapan dan tindakan yang berpotensi mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024, serta tetap menghormati apapun hasil yang didapatkan, dan siapapun pemimpin yang terpilih.

"Masyarakat juga diimbau menghormati hasil Pemilu 2024 sebagai pilihan rakyat yang sah dan konstitusional, serta menghargai setiap upaya hukum yang dilakukan oleh pihak-pihak yang merasa dirugikan, dengan mengedepankan prinsip keadilan dan kebenaran," paparnya.

Terakhir, ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga stabilitas dan keamanan bangsa pascapemilu dan menghindari setiap tindakan yang dapat memecah belah persatuan.

"Masyarakat juga hendaknya turut serta menjaga stabilitas, keamanan, dan persatuan bangsa pascapemilu 2024, dengan tidak terlibat dalam aksi-aksi yang dapat memecah belah atau mengancam kedaulatan negara, serta bersama-sama mendukung pemerintahan yang terpilih untuk memajukan Indonesia," demikian Asep Saepudin Jahar.

Baca juga: Rektor Unsri sebut dinamika politik harus menjaga keharmonisan
Baca juga: Forum Rektor: Kebebasan berpendapat harus beretika dan objektif
Baca juga: Rektor Unika dorong generasi muda jadi pemilih yang rasional

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Sederet gerai makanan tawarkan promo bagi pencoblos Pemilu 2024******

Sederet gerai makanan tawarkan promo bagi pencoblos Pemilu 2024
Ilustrasi tampak muka restoran Mie Gacoan. (ANTARA/ HO)
Jakarta (ANTARA) - Sederet outlet makanan menawarkan promo diskon bagi masyarakat yang melakukan pencoblosan pada gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, mulai dari potongan harga hingga menu gratis.

Jenama roti dan kue Holland Bakery memberikan diskon 20 persen untuk semua produk kepada konsumen yang berpartisipasi pada Pemilu 2024. Konsumen hanya cukup menunjukkan tinta pada jari tangan tanda telah mengikuti pencoblosan. Promo tersebut hanya berlaku pada 14 Februari.

Jenama donat Dunkin Donuts menawarkan promo membeli enam donat dengan harga Rp14.200. Untuk bisa menikmati promo tersebut, konsumen yang telah mencoblos harus membeli terlebih dulu enam donat classic. Promo tersebut berlaku hanya hari ini.

Baca juga: OVO siapkan promo khusus bertepatan dengan pemilu

Gerai makanan cepat saji Jepang Hoka Hoka Bento juga menawarkan promo bagi konsumen yang telah mencoblos. Hoka Hoka Bento memberikan promo gratis Takoyaki pada setiap pembelian Ramen HokBen besar varian apa saja. Namun promo tersebut hanya berlaku bagi konsumen yang makan di tempat dan hanya hari ini.

Gerai makanan Mie Gacoan juga membagikan promo bagi konsumen yang telah mencoblos. Cukup menunjukkan tinta ungu pada jari tangan, konsumen bisa mendapatkan satu porsi mie gratis. Mie Gacoan menyediakan 250 porsi mie gratis untuk promo yang hanya berlaku satu hari tersebut.

Selanjutnya, Domino Pizza memberikan promo Pemilu berupa gratis tiga Pizza Mania bagi konsumen yang telah mencoblos. Promo tersebut berlaku bagi konsumen yang terlebih dahulu membeli Medium Cheeseburst Pizza seharga Rp98 ribu.

Baca juga: Ini perhatian TMII pada warga yang telah mencoblos di Pemilu 2024

Restoran cepat saji A&W menyediakan promo gratis satu cone es krim pada hari pencoblosan ini. Konsumen cukup menunjukkan tinta ungu pada jari tangan dan membeli paket gratis atau paket kentang untuk bisa memperoleh satu cone es krim.

Terakhir, ada restoran Sate Khas Senayan yang memberikan gratis satu gelas es merah putih bagi konsumen yang telah mencoblos. Promo ini berlaku bagi konsumen yang melakukan transaksi makan di tempat pada 14 Februari.

Baca juga: Pesta rabat bagi kelingking biru pada Pemilu 2024

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:slot798 login

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
togel 45
rtp yes77
bosslot168
10 situs slot terpercaya
slot situs baru
gacorbet 66
game slot gacor saat ini
lgoking
permainan slot yang mudah menang
Daftar isi semua bab
Bab 1 voucher hp
Bab 2 pinjam uang butuh uang
Bab 3 slot bonus new member 100 di awal to kecil
Bab 4 78 2d togel
Bab 5 pinjam uang ilegal cepat cair
Bab 6 mahadewa88 slot
Bab 7 jam gacor mahjong 2
Bab 8 situs slot asia terbaik
Bab 9 cara dapetin uang di dana
Bab 10 link slot yang sering menang
Bab 11 hari hari slot
Bab 12 04 erek erek togel
Bab 13 arena369
Bab 14 qqslot228
Bab 15 erek erek 41 2d
Bab 16 maha168 slot
Bab 17 situs slot paling gacor terbaru
Bab 18 77 slot
Bab 19 slot gacor 138 login
Bab 20 jam gacor olympus hari senin
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9149bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Tian Xing Zhan Ji

judi slot online paling gacor
Pendukung di Markas Timnas AMIN deklarasi menang dan lawan kecurangan
Sejumlah pendukung Anies-Muhaimin melakukan deklarasi di Markas Pemenangan Timnas AMIN, Jakarta, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi.
Kalau mereka deklarasi menang, kami juga deklarasi menang.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di Markas Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN, Jakarta, Rabu malam, secara spontan mendeklarasikan kemenangan pasangan AMIN dan melawan kecurangan pada Pemilu 2024. Mereka secara spontan menaiki panggung di lokasi setelah ada sejumlah orang yang melakukan ajakan deklarasi tersebut. Aksi itu merespons pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menggelar kegiatan di Istora Senayan pada waktu yang bersamaan. "Kalau mereka deklarasi menang, kami juga deklarasi menang," kata sukarelawan AMIN Frits Alor Boy yang merupakan Ketua Relawan Anies Presiden Indonesia (API). Mereka secara bersama-sama menaiki panggung sambil meneriakkan, "Lawan yang curang!"

Dalam deklarasi itu, Frits mengaku memiliki banyak laporan terkait dengan kecurangan dalam pencoblosan yang berlangsung tadi pagi hingga siang. Selain itu, dia lebih mempercayai penghitungan suara resmi oleh KPU ketimbang hasil hitung cepat yang sejauh ini menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul. "Kami percaya kalau kami menang," katanya. Sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu menghormati proses yang sedang dilakukan KPU.

Anies akan melihat terlebih dahulu perkembangan karena saat ini masih terlalu awal. "Kami hormati proses, positive thinkingsaja," kata Anies.

Baca juga: Massa bergemuruh sambut Prabowo-Gibran di Istora Senayan
Baca juga: KedaiKOPI catat Prabowo-Gibran unggul hampir di seluruh provinsi Pemberitaan sebelumnya menyebutkan bahwa hasil dari sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara lebih dari 50 persen dalam hitung cepat. Charta Politika Indonesia mencatat pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 itu unggul 57,11 persen dalam hitung cepat (quick count) dari 60,2 persen data yang masuk per pukul 16.01 WIB. Hasil quick count sementara lembaga survei Indikator Politik Indonesia hingga pukul 15.48 WIB juga menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran memimpin perolehan suara sebanyak 57,97 persen. Selain itu, Populi Center per pukul 15.30 WIB juga merilis hasil quick countdengan menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran memperoleh suara 60,67 persen.

Pemilu 2024 meliputi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Anggota DPD RI, pemilu anggota DPRD provinsi, dan pemilu anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024

Kelahiran kembali dan tamparan setiap hari di wajah

mpoplay
Kepala HAM PBB kecam tindakan keji Israel di Jalur Gaza
Sejumlah warga Palestina memeriksa bangunan yang hancur setelah serangan udara Israel di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, Jumat (5/1/2024). ANTARA/Xinhua/Khaled Omar/am.
Jenewa (ANTARA) - Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hak Asasi Manusia (HAM) Volker Turk mengecam tindakan Israel di Jalur Gaza sudah sampai pada taraf yang keterlaluan.

Dalam wawancara singkat dengan televisi Austria ORF pada Senin pagi waktu setempat, Turk juga mengatakan situasi di Jalur Gaza "amat mengerikan".

"Saya tidak bisa berkata-kata lagi," ucap Turk terkait kondisi masyarakat sipil Palestina di Gaza saat ini.

Apalagi, ucapnya, PBB kini justru menjadi pion dalam konflik yang terjadi.

Komisioner PBB tersebut turut mengkritisi negara-negara barat yang menangguhkan pendanaan bagi badan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA, yang ia sebut amat tidak tergantikan bagi rakyat Palestina di Gaza.

Ia juga merasa "khawatir dan kecewa" terhadap keputusan Israel melanjutkan serangannya melawan Hamas ke Kota Rafah di Jalur Gaza selatan.

Sekitar 1,4 juta rakyat Palestina kini mengungsi dari serbuan Israel di kota yang berbatasan dengan Mesir tersebut tanpa makanan maupun bantuan kemanusiaan yang cukup, kata Turk.

Ia menyebut, saat ini sudah lebih dari 27 ribu rakyat Palestina, yang dua per tiga di antaranya adalah wanita dan anak-anak, terbunuh.

Sementara itu, lebih dari 60 ribu lainnya terluka akibat perang dengan Israel, kata Komisioner PBB itu.

Kehancuran besar rumah-rumah, ladang pertanian, dan blokade bantuan kemanusiaan yang terjadi di Gaza menunjukkan adanya hukuman kolektif kepada rakyat Palestina, ucapnya.

Padahal, kata Turk, hal tersebut merupakan pelanggaran hukum kemanusiaan internasional, terlebih dengan adanya bukti yang jelas bahwa Israel telah melakukan kejahatan perang.


Sumber: Anadolu

Baca juga: Malaysia kutuk keras serangan besar-besaran Israel di Rafah
Baca juga: Inggris prihatin dengan rencana serangan darat Israel ke Rafah
Baca juga: UNRWA sebut serangan militer di Rafah adalah "sebuah resep bencana"

 

Penerjemah: Nabil Ihsan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024

tawanan Naruto

kredit murah apk
Badan Geologi: Sesar Meratus pemicu gempa Banjar tergolong sesar aktif
Peta tapak lokal pusat gempa bumi merusak yang mengguncangkan Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (13/2/2024). (ANTARA/HO-Badan Geologi)
Sesar itu berarah relatif utara timur laut hingga selatan barat daya
Jakarta (ANTARA) - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan Sesar Meratus yang mengguncang Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, terbentuk pada zaman pra-tersier dan mengalami reaktivasi sehingga tergolong sesar aktif.
"Sesar itu berarah relatif utara timur laut hingga selatan barat daya," kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam laporan di Jakarta, Selasa. Pada 13 Februari 2024, pukul 08:22 WIB, gempa berkekuatan 4,7 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer mengguncang Kabupaten Banjar.

Baca juga: BMKG: Aktivitas sesar lokal timbulkan gempa dangkal di Alor Kejadian gempa bumi itu telah mengakibatkan kerusakan bangunan di Desa Sungkai Baru, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar. Guncangan gempa bumi diperkirakan terasa di sekitar lokasi pusat gempa bumi pada skala intensitas III-IV modified mercally intensity (MMI). Berdasarkan data Badan Geologi, morfologi daerah terlanda guncangan gempa bumi tersebut umumnya berupa dataran, dataran bergelombang, dan perbukitan bergelombang hingga terjal pada bagian timur-timur laut. Daerah itu tersusun oleh dominan tanah lunak (kelas E) dan tanah sedang (kelas D), sedangkan pada morfologi perbukitan tersusun oleh tanah keras (kelas C). Daerah tersebut pada umumnya tersusun oleh batuan berumur pra-tersier (berupa batuan metamorf, batuan meta sedimen), batuan berumur tersier (berupa batuan sedimen, batu gamping), dan endapan kuarter berupa endapan aluvial sungai, aluvial pantai serta rombakan.

Baca juga: BRIN gandeng BGS manfaatkan teknologi penginderaan jauh mitigasi gempa Endapan kuarter dan batuan berumur pra tersier dan tersier yang telah mengalami pelapukan pada umumnya bersifat urai, lunak, lepas, belum kompak, dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi. Menurut data Badan Geologi, sebaran permukiman penduduk yang terlanda guncangan gempa bumi terletak pada kawasan rawan bencana gempa bumi rendah. "Kejadian gempa bumi itu tidak menyebabkan terjadinya tsunami karena lokasi pusat gempa bumi terletak di darat," kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid. Lebih lanjut dia mengimbau masyarakat untuk menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi guna menghindari dari risiko kerusakan dan juga harus dilengkapi dengan jalur serta tempat evakuasi. Mitigasi gempa bumi melalui mitigasi struktural dan non struktural harus ditingkatkan mengingat wilayah Kabupaten Banjar tergolong rawan gempa bumi.
Baca juga: BMKG: Gempa M5,6 di Laut Flores, NTT dipicu sesar naik Flores

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024

Terima kasih! Orang-orang berada di zaman prasejarah dan baru saja menjadi Daluo!

kakak88
PVMBG kurangi jarak rekomendasi aktivitas di sekitar Gunung Lewotobi
Visual Gunung Lewotobi Laki-laki, Flores Timur, NTT, Selasa (13/2/2024). ANTARA/HO-PVMBG/am.
Tingkat aktivitas gunung masih pada Level III, atau Siaga namun dengan pengurangan jarak rekomendasi
Kupang (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengurangi jarak rekomendasi aktivitas masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Tingkat aktivitas gunung masih pada Level III, atau Siaga namun dengan pengurangan jarak rekomendasi," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam keterangan resmi yang diterima di Kupang, Selasa malam.

Baca juga: Peran penting pengamat gunung api memitigasi bencana di Flores

PVMBG merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius tiga kilometer (km) dari pusat erupsi, serta sektoral 4 km pada arah utara-timur laut dan 5 km pada sektor timur laut.

Rekomendasi ini berubah dari rekomendasi sebelumnya, yakni dalam radius 4 km dari pusat erupsi, serta sektoral 5 km pada arah utara-timur laut dan 6 km pada sektor timur laut.

Pengurangan jarak rekomendasi itu didasarkan pada hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh dari pemantauan visual dan instrumental yang dilakukan oleh petugas Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki.

Berdasarkan pengamatan visual periode 8-13 Februari 2023, aktivitas vulkanik gunung api itu masih fluktuatif.

Baca juga: PVMBG imbau warga waspada banjir lahar Gunung Lewotobi saat hujan

Guguran lava masih terjadi dengan jarak luncur maksimal satu km dari pusat erupsi, namun tidak ada perubahan jarak luncur maupun arah guguran sejak 25 Januari 2024.

Selain itu, aliran lava di arah timur laut pun tidak terlihat mengalami pergerakan yang signifikan dan masih berkisar pada jarak 4,1 km dari pusat erupsi.

Lebih lanjut Hendra mengatakan gempa-gempa pada periode itu didominasi gempa permukaan yang menandakan magma sudah mencapai permukaan.

Kemudian masih terekam gempa vulkanik dalam yang menandakan masih ada suplai yang sedikit berkurang dibandingkan periode sebelumnya.

Namun, ia menyebut tidak terekam lagi tremor dan gempa hembusan, serta data-data RSAM menunjukkan penurunan.

"Kubah lava yang berada di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki pertumbuhannya melambat sehingga mengindikasikan suplainya cenderung menurun," kata Hendra.

Baca juga: BNPB bantu perbaikan sosial-ekonomi korban erupsi Gunung Lewotobi

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024

Ningbei Su Qinghe

menang bos slot
Anies Baswedan salurkan hak suaranya di TPS 60 Lebak Bulus
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mencoblos di TPS 60, Jalan Lebak Bulus 2, Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Fauzi Lamboka)
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyalurkan hak suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 60, Jalan Lebak Bulus 2, Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu.

Anies bersama keluarganya tiba di TPS 60 sekitar pukul 08.20 WIB. Dia turut mendorong kursi roda sang ibu, Aliyah Rasyid Baswedan, yang juga menyalurkan hak suaranya di TPS serupa.

"Alhamdulillah, kami sekeluarga sudah menyelesaikan hak konstitusional, dalam mencoblos untuk pemilihan presiden dan pemilu," kata Anies.

Bersama keluarga, Anies menyelesaikan seluruh proses pencoblosan di TPS tersebut sekitar pukul 09.00 WIB. Mantan gubernur DKI Jakarta itu lalu memberikan keterangan pers kepada wartawan yang berada di TPS 60.

Baca juga: Surya Paloh ungkap kemungkinan koalisi antara AMIN dan Ganjar-Mahfud

Selanjutnya, Anies balik ke kediamannya sebelum menuju ke Rumah Perubahan Anies-Muhaimin di Jalan Pangeran Diponegoro No. 10, Jakarta Pusat, Jakarta.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Baca juga: Anies Baswedan bawa bekal doa sang ibu sebelum ke TPS

Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Baca juga: Anies ajak masyarakat Indonesia salurkan hak suara di Pemilu

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024

Pengkhianat menyayangi istrinya

bet slot login
Mentan koordinasi ke KemenPUPR atasi lahan pertanian terdampak banjir
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meninjau lokasi banjir yang menimpa lahan pertanian di daerah Jawa Tengah, Senin (12/2/2024). ANTARA/HO-Humas Kementan/aa.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyusutkan genangan air yang menimpa lahan pertanian di tiga daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

“Kita gandengan tangan, kita koordinasi dengan Kementerian PUPR, insya Allah bisa diselesaikan (banjir di wilayah Demak),” kata Amran dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Amran menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk menangani tanggul yang jebol di daerah tersebut, yang mengakibatkan sejumlah lahan pertanian di wilayah itu kebanjiran.

“Kami berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk segera memperbaiki tanggulnya. Mudah-mudahan tanggul ini bisa ditutup dalam lima hari,” ujar Amran.

Mentan Amran didampingi Bupati Demak Eisti'anah dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno meninjau langsung sejumlah lahan pertanian yang yang kebanjiran di daerah Demak.

Dalam peninjauanya, Amran juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pertanian kepada korban banjir di tiga daerah di wilayah Jawa Tengah (Jateng) senilai Rp30 miliar, di antaranya pupuk, benih, alsintan, dan alat panen lainnya yang dapat mempercepat produksi.

"Total bantuan senilai Rp30 miliar dengan rincian benih padi untuk 10.000 hektare, JIT, Asuransi Pertanian (AUTP), pompa, combine harvester dan traktor untuk tiga kabupaten," kata Amran.

Bantuan tesebut akan disalurkan kepada petani yang lahan pertaniannya tergenang banjir yakni di Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan dan Kudus.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Basuki Hadimuljono menargetkan perbaikan tanggul Sungai Wulan yang jebol di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, bisa selesai dalam jangka waktu tiga hari ke depan.

"Saat ini, progres pengerjaannya sudah 20 persen dari panjang tanggul jebol sekitar 20 meter. Di lokasi pengerjaan juga sudah ada lima alat berat," ujarnya di sela-sela kunjungan ke lokasi titik tanggul jebol di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Demak, Senin.

Sementara itu upaya mengurangi genangan banjir, disediakan 12 unit pompa dengan kapasitas 5 meter kubik per detik untuk setiap unit pompa.

"Pompa penyedot air tersebut dioperasikan selama 12 jam supaya cepat surut," ujarnya.

Alat berat yang disiapkan untuk memperbaiki tanggul kiri Sungai Wulan yang jebol, di antaranya ada excavator standar, amphibious excavator, dan excavator long arm.

Tanggul yang jebol, di antaranya ada yang memiliki panjang 10 meter dan 20 meter. Sedangkan yang baru dikerjakan tanggul berukuran 20 meteran, sedangkan yang 10 meter belum dikerjakan.

Baca juga: Pemkab Kudus mencatat korban banjir Demak yang mengungsi 2.804 jiwa
Baca juga: PTPN I berikan bantuan untuk korban banjir di Demak
Baca juga: Belasan kendaraan masih terjebak banjir di Jalan Pantura Demak-Kudus

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024