petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

buku mimpi 2d 50

mahjong ways demo slot 918Jutaan kata 954616Orang-orang telah membaca serialisasi

《buku mimpi 2d 50》

TNI AL fasilitasi mudik naik kapal perang ke Semarang hingga Surabaya******

TNI AL fasilitasi mudik naik kapal perang ke Semarang hingga Surabaya
Pemudik turun dari KRI Banda Aceh-593 di Dermaga Koarmada II Surabaya pada 7 April 2024. ANTARA/HO-Dispen Lantamal V
Tujuannya memang untuk memudahkan perjalanan mudik. Di samping sebagai komitmen TNI AL untuk turut berpartisipasi membantu pelaksanaan mudik gratis dan arus balik nanti
Surabaya (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 untuk memfasilitasi pemudik dari Jakarta tujuan Semarang hingga Surabaya.
 Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Marinir Joni Sulistiawan melalui keterangan tertulis di Surabaya, Senin, menjelaskan kegiatan ini untuk membantu pemudik yang tidak kebagian tiket di berbagai moda transportasi umum. "Selain itu untuk membantu mengurangi kemacetan arus mudik di jalan raya serta memberi rasa aman dan nyaman bagi para pemudik," katanya. Kapal perang jenis Landing Platform Dock itu mengangkut sebanyak 1.026 pemudik serta 276 sepeda motor.

Baca juga: TNI AL siap buat rutin mudik gratis, termasuk buka rute pulau terluar Berangkat dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta pada Jumat (5/4), rutenya singgah di Semarang (Jawa Tengah), sebelum akhirnya tiba di Dermaga Komando Armada (Koarmada) II Surabaya pada Minggu (7/4).  Danlantamal Joni meyakini dengan program mudik gratis naik kapal perang ini, rute mudik Jakarta - Semarang - Surabaya, akan lebih lancar. "Tujuannya memang untuk memudahkan perjalanan mudik. Di samping sebagai komitmen TNI AL untuk turut berpartisipasi membantu pelaksanaan mudik gratis dan arus balik nanti," ujarnya.

Baca juga: KRI Banda Aceh angkut 1.026 pemudik demi tekan risiko kecelakaan Danlantamal Brigjen Joni lebih lanjut menyatakan siap memfasilitasi arus balik menggunakan kapal perang dengan rute Surabaya - Semarang - Jakarta yang dijadwalkan berangkat pada 15 April mendatang. "Bagi warga yang berminat bisa mendaftarkan diri ke Markas Lantamal V Surabaya dan Pangkalan TNI AL atau Lanal Semarang," tuturnya. Sementara itu Vivin, salah seorang peserta mudik gratis naik KRI Banda Aceh, saat turun di Dermaga Koarmada II Surabaya, mengaku perjalanannya yang menempuh waktu selama dua hari melalui jalur laut cukup nyaman. "Saya bawa anak bayi juga terasa nyaman. Terima kasih TNI AL," ucap pemudik tujuan Kediri, Jawa Timur, itu.

Baca juga: TNI berangkatkan mudik gratis serentak 5 April 2024

Pewarta: Willi Irawan/Hanif Nasrullah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Konflik Rempang di Tengah Urgensi Kelanjutan Investasi Asing******

Pengamat menilai pemerintah perlu meninjau perencanaan proyek Rempang Eco City agar tidak dianggap merugikan masyarakat setempat.
Pengamat menilai pemerintah perlu meninjau perencanaan proyek Rempang Eco City agar tidak dianggap merugikan masyarakat setempat. Ilustrasi. (Cun Cun via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0)).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengembangan kawasan ekonomi baru Rempang Eco-city di Pulau Rempang, Kepulauan Riau mendapat penolakan sejumlah warga setempat.

Warga menolak direlokasi demi memuluskan pembangunan proyek strategis nasional (PSN) tersebut. Penolakan pun berujung bentrok warga dengan aparat gabungan TNI-Polri pada Kamis (7/9) lalu.

Bentrokan menjadi perhatian publik nasional setelah video penembakan gas air mata beredar di media sosial. Sejumlah anak sekolah harus dilarikan ke fasilitas kesehatan karena terkena gas yang membuat dada terasa panas itu.

Berdasarkan konfirmasi dari salah satu pegawai di PT Makmur Elok Graha, perusahaan tersebut adalah anak usaha dari Artha Graha Group milik taipan Tomy Winata.

Dalam perkembangannya, proyek ini masuk daftar PSN 2023. Hal itu tertuang dalam Permenko Bidang Perekonomian RI Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Mengutip situs BP Batam, kawasan ekonomi ini rencananya dikembangkan di lahan seluas 7.572 hektare atau sekitar 45,89 persen dari total luas Pulau Rempang 16.500 hektare.

Lihat Juga :
Bahlil Sebut RI-Warga Rugi Besar Jika Xinyi Batal Investasi di Rempang

Pengembangan Pulau Rempang mencakup kawasan industri, perdagangan, hingga wisata yang terintegrasi di sana agar bisa bersaing dengan negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

BP Batam memperkirakan investasi pengembangan Pulau Rempang mencapai Rp381 triliun dan akan menyerap 306 ribu tenaga kerja hingga 2080. Hal ini diharapkan bisa berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi setempat.

Selain itu, kawasan Rempang juga akan menjadi lokasi pabrik kaca terbesar kedua di dunia milik perusahaan China, Xinyi Group. Investasi proyek itu diperkirakan mencapai US,6 miliar atau sekitar Rp174 triliun.

Xinyi Group bakal membangun pabrik yang digadang-gadang menjadi pabrik kaca dan solar panel terbesar setelah China. Demi pembangunan ini, warga yang mendiami di Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru tersebut harus direlokasi ke lahan yang sudah disiapkan.

Lihat Juga :
Pontjo Sutowo Blak-blakan soal Rebutan Hotel Sultan dengan Negara

Jumlah warga tersebut diperkirakan antara 7.000 sampai 10 ribu jiwa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bentrokan di Pulau Rempang terjadi akibat komunikasi yang kurang baik. Ia mengatakan warga yang terdampak telah diberikan ganti rugi berupa lahan dan rumah. Namun terkait lokasi masih kurang dikomunikasikan dengan baik.

"Ini hanya salah komunikasi saja, di bawah salah mengkomunikasikan saja. Diberi ganti rugi, diberi lahan, diberi rumah tapi mungkin lokasinya belum tepat itu yang harusnya diselesaikan," kata Jokowi dalam acara Sewindu Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Rabu (13/9).

Jokowi mengatakan telah meminta Kapolri untuk turun tangan terkait persoalan itu. Ia pun mempertanyakan mengapa masalah itu harus sampai ke presiden.

Lihat Juga :
Menteri Hadi Janji Beri Sertifikat Lahan Warga 16 Kampung Tua Rempang

"Masa urusan begitu harus sampai presiden?" imbuh Jokowi.

Jokowi menekankan dalam pembangunan PSN tidak boleh dilakukan pendekatan represif ke masyarakat. Pasalnya tujuan PSN adalah untuk memberi manfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, masyarakat akan senang jika diberi ganti rugi dengan harga terbaik dalam pembebasan lahan.

Masyarakat yang terdampak pembangunan akan dialihkan pemerintah ke lokasi yang sudah disiapkan. Mereka akan mendapat biaya hidup Rp1,03 juta per orang dalam satu KK.

Lihat Juga :
Daftar Kompensasi BP Batam ke Warga Terdampak Rempang Eco City

Bagi masyarakat yang memiliki tempat tinggal di tempat lain akan mendapat bantuan biaya sewa Rp1 juta per bulan. Selain itu, BP Batam akan akan memberikan rumah seharga Rp120 juta ukuran 45 meter persegi bagi mereka yang tak memiliki tempat tinggal lain.

Karena konflik terus bergulir, Jokowi pun mengutus Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia untuk menyelesaikan kasus di sana. Ia pun mengingatkan agar penanganan di lapangan harus dilakukan dengan cara-cara yang tidak menggunakan kekerasan.

Bahlil juga menuturkan proses penanganan Rempang harus dilakukan dengan cara-cara yang baik. Sebab, ia juga memberikan penghargaan kepada masyarakat yang memang sudah secara turun-temurun berada di sana.

Meski demikian, Bahlil mengatakan proyek Rempang Eco-city harus tetap berjalan. Ia menilai akan banyak kerugian yang dialami Indonesia jika Xinyi Group batal berinvestasi.

Lihat Juga :
Daftar Masalah dan Korupsi di BUMN yang Terbongkar Belakangan Ini

Kerugian mulai dari segi pendapatan pemerintah maupun perekonomian masyarakat. Potensi kerugian muncul dari nilai investasi di Rempang yang tembus Rp300 triliun lebih.

"Ini investasinya total Rp300 triliun lebih, tahap pertama itu Rp175 triliun. Kalau ini lepas, itu berarti potensi pendapatan asli daerah (PAD) dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk saudara-saudara kita di sini itu akan hilang," ujar Bahlil.

Menurutnya, investasi tersebut diperlukan untuk menggerakkan roda ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Bahlil mengatakan penanaman modal asing (FDI) global terbesar saat ini ada di negara tetangga. Indonesia tengah bersaing menarik investor asing masuk ke dalam negeri.

Lihat Juga :
Bahlil Ungkap Alasan Proyek Rempang Dipercepat, Singgung Singapura

Atas dasar itulah ia tak ingin masalah Rempang terus berlanjut.

"Ini kami ingin merebut investasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau kita menunggunya terlalu lama, emang dia mau tunggu kita. Kita butuh mereka tapi juga kita harus hargai yang di dalam," tegas Bahlil.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Tinjau Ulang Proyek Rempang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

AC sampai TV Diskon Gede di Transmart Besok, Cek Daftarnya******

Produk elektronik seperti AC, kulkas, sampai LED TV berbagai merek ternama hadir dengan diskon gede-gedean di Transmart Full Day Sale!
Ilustrasi. Produk elektronik seperti AC, kulkas, sampai LED TV berbagai merek ternama hadir dengan diskon gede-gedean di Transmart Full Day Sale! (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4) dengan diskon gede-gedean buat berbagai produk terpilih, termasuk elektronik.

Produk elektronik seperti AC, kulkas, sampai LED TV berbagai merek ternama mulai dari LG, Polytron, Panasonic, Sharp, dan Samsung, semua hadir dengan diskon fantastis di Transmart.

Lihat Juga :
Ramai Pelanggan Serbu Transmart Full Day Sale Jelang Lebaran

Bagi pelanggan yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan, bisa downloadAllo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store. Lalu upgradeakunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon di Transmart Full Day Sale.

Bisa juga mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya, Transmart Full Day Sale berlangsung dari jam toko buka hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Saatnya bawa pulang produk elektronik impianmu untuk hari raya Idul Fitri nanti!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:slot gampang wd

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
akulaku pinjaman online
judi slot gacor triofus
sgp slot login
daftar ojk legal
magnum777
37 togel
situs slot terpercaya dan gacor
slot member baru gacor
zeus 138 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 angka jitu bangkok 0930 hari ini
Bab 2 kacang slot
Bab 3 kumpulan situs slot idn terbaru
Bab 4 slot gacor 97
Bab 5 akun paling gacor slot
Bab 6 pilar mas 77 slot
Bab 7 idola88
Bab 8 bandargacor
Bab 9 cara pinjam uang di bank jago
Bab 10 indo268
Bab 11 kilau4d
Bab 12 slot yang gacor jam sekarang
Bab 13 kupon tokopedia
Bab 14 juragan69 login
Bab 15 aplikasi slot gacor terpercaya
Bab 16 beruang4d
Bab 17 anekaslot
Bab 18 pedro4d
Bab 19 sbcliv4d
Bab 20 cara transfer dana kredivo ke rekening
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9480bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Semua langit dan dunia

ibu4d
Indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah 0,42 persen ke 6.933 pada Selasa (12/9) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah 0,42 persen ke 6.933 pada Selasa (12/9) sore. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.933 pada Selasa (12/9) sore. Indeks saham melemah 29,42 poin atau 0,42 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,69 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23,32 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 245 saham menguat, 286 terkoreksi, dan 222 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham Asia bervariasi. Tercatat Nikkei 225 di Jepang menguat 0,95 persen dan indeks Hang Seng Composite di Hong Kong melemah 0,35 persen. Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan minus 0,79 persen.

Senada, bursa saham Eropa juga bergerak bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,42 persen, indeks DAX di Jerman melemah 0,47 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis minus 0,32 persen.

Sementara itu, bursa saham Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 menguat 0,67 persen, indeks NYSE Composite 0,44 persen, dan indeks NASDAQ Composite 1,14 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

orang yang tidak bermoral

demopragmaticplay
IHSG ditutup di level 6.998 pada Senin (25/9) sore. Indeks saham melemah 18,46 poin atau minus 0,26 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 6.998 pada Senin (25/9) sore. Indeks saham melemah 18,46 poin atau minus 0,26 persen dari perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.998 pada Senin (25/9) sore. Indeks saham melemah 18,46 poin atau minus 0,26 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,82 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 39,24 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 241 saham menguat, 284 terkoreksi, dan 235 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham Asia bergerak bervariasi. Tercatat Nikkei 225 di Jepang menguat 0,85 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong melemah 1,69 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan minus 0,49 persen.

Sementara, bursa saham Eropa kompak ambruk. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,76 persen, indeks DAX di Jerman minus 0,92 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis minus 0,85 persen.

Seperti Eropa, bursa saham Amerika juga ramai-ramai rontok. Indeks S&P 500 melemah 0,23 persen, indeks NYSE Composite minus 0,21 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 0,09 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Pertempuran Galaksi

cara cepat menaikkan limit kredivo
Pengamat menilai pemerintah perlu mengatur jelas soal social commerce, tidak hanya sekadar melarang TikTok Shop.
Pengamat menilai pemerintah perlu mengatur jelas soal social commerce, tidak hanya sekadar melarang TikTok Shop Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

FenomenaTikTok Shop tengah meresahkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pasalnya barang jualan pedagang asli Indonesia di toko offlinemaupun marketplacelainnya kalah saing dengan produk Tiktok Shop yang sangat murah.

Bahkan, barang yang dijual pedagang di TikTok Shop dituding hasil perdagangan lintas batas alias cross border.Jika benar, banjir barang impor tersebut berarti langsung ditawarkan kepada pembeli tanpa melalui proses importasi yang semestinya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan ada 21 juta UMKM lokal yang sudah terjun ke marketplace.Namun, pedagang lokal tetap kalah saing dengan banjir barang impor.

Pemerintah pun bergerak untuk mengatasi kondisi tersebut. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah tengah mengkaji rencana pelarangan TikTok Shop di Indonesia.

Zulkifli mengatakan langkah ini sebagai tindak lanjut revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Kendati demikian, rencana itu tak sepenuhnya didukung oleh seluruh elemen pemerintah. Misalnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang khawatir pelarangan TikTok secara total alias total ban justru akan mengganggu pelaku UMKM yang bermain di sana.

Lihat Juga :
Uji Coba Gratis Kereta Cepat Berakhir September, Setelah Itu Bayar

"Kalau total ban, pengguna TikTok ini sudah di atas 100 juta. Pasti akan menghasilkan disrupsi yang terlalu besar pada saat ini," kata Sandi.

Lantas bisakah pelarangan Tiktok Shop melindungi UMKM?

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan pemerintah sebaiknya menghitung secara cermat rencana pelarangan Tiktok Shop.

Ia mengingatkan jangan sampai karena pemerintah gagal meng-upgradekapasitas UMKM dalam memanfaatkan pasar digital, fasilitasonlineyang semestinya bisa membantu UMKM malah dilarang.

Lihat Juga :
Teten Kejar Revisi Aturan Dagang Online Terbit Pekan Ini

Menurutnya, Tiktok Shop bisa menjadi platformyang bermanfaat bagi UMKM jika pemerintah bisa mengaturnya dengan jelas.

"Di satu sisi bisa meng-upgradekapasitas UMKM agar bisa beradaptasi dengan platformseperti Tiktok Shop," katanya kepadaCNNIndonesia.com.

Ronny menilai Tiktok sebagai media sosial dengan e-commmercesebenarnya tidak terlalu beda jauh. Karenanya, ia menyarankan tiga langkah yang bisa dilakukan pemerintah.

Pertama,menyiapkan aturan yang jelas soal Tiktok Shop, terutama agar tidak menjadi platformuntuk produk-produk impor belaka, tetapi juga produk UMKM dalam negeri.

Lihat Juga :
DJP Respons soal Pajak Pengusaha Diperiksa Usai Bantu Anies

Ronny mengatakan pemerintah bisa memanggil manajemen Tiktok Indonesia untuk segera bermitra dengan produk-produk UMKM dan membatasi penjualan produk-produk impor

Kedua,program-program upgradingkapasitas UMKM harus dimasifkan agar UMKM bisa memanfaatkan platformseperti Tiktok Shop untuk memperluas pasar.

"Jadi agar Tiktok Shop tidak membunuh UMKM, pemerintah harus mengintegrasikan UMKM kita dengan platform Tiktok Shop," kata Ronny.

Bersambung ke halaman berikut...

Atur Social Commerce di Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Orang-orang biasa melakukan perjalanan melalui dimensi kedua

pinjaman mandiri online
Harga emas dunia kembali melesat ke rekor tertinggi sepanjang sejarah melampaui level psikologis baru US.350 per troy ons pada Senin (8/4).
Harga emas dunia kembali melesat ke rekor tertinggi sepanjang sejarah melampaui level psikologis baru US.350 per troy ons pada Senin (8/4). Ilustrasi. (iStock/Ravitaliy).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga emas dunia kembali melesat ke rekor tertinggi sepanjang sejarah melampaui level psikologis baru US.350 per troy ons pada Senin (8/4).

"Harga emas dunia sudah menyentuh level tertingginya di US,350 per troy ons," ujar Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi kepada media.

Lihat Juga :
MUDIK 2024Menhub Ungkap Titik Mudik Paling 'Struggling' Tahun Ini, Cipali-Merak

Pantauan CNNIndonesia.com, per hari ini harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange Comex tercatat US.350 per troy ons atau menguat 0,37 persen dari perdagangan sebelumnya.

Sementara, harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1.289.000 per gram pada hari ini.

Harga emas turun Rp10 ribu dari perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga turun Rp10 ribu dari Rp1.190.000 menjadi Rp1.180.000 per gram.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Ji Youjiang Yuchu

pola gacor pragmatic play
Pemerintah segera melarang penjualan barang impor di bawah US0 dolar atau Rp1,5 juta (asumsi kurs Rp15.008 per dolar AS).
Pemerintah segera melarang penjualan barang impor di bawah US0 dolar atau Rp1,5 juta (asumsi kurs Rp15.008 per dolar AS). Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah segera melarang penjualan barang impordi bawah US0 dolar atau Rp1,5 juta (asumsi kurs Rp15.008 per dolar AS).

Aturan itu tertuang dalam revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, Dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim mengatakan pemerintah akan membentuk tim khusus lintas kementerian/lembaga (K/L) untuk mengawasi aturan tersebut.

Jika ada penjual yang masih menjajakan barang impor di bawah Rp1,5 juta, Isya mengatakan akan dikenakan sanksi administrasi.

Isy menambahkan selain larangan tersebut, Permendag Nomor 50 Tahun 2020 akan mengatur hal lainnya.Pertama,definisi yang jelas antara e-commercedan social commerce. Kedua, positive listyang berisi barang diperbolehkan untuk diimpor. Ketiga,laranganmarketplacebertindak sebagai produsen.

"Kemudian barang-barang yang dijual di marketplaceharus memenuhi standar contohnya SNI," katanya.

Fenomena TikTok Shop tengah meresahkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pasalnya barang jualan pedagang asli Indonesia di toko offlinemaupun marketplacelainnya kalah saing dengan produk Tiktok Shop yang sangat murah.

Bahkan, barang yang dijual pedagang di TikTok Shop dituding hasil perdagangan lintas batas alias cross border. Jika benar, banjir barang impor tersebut berarti langsung ditawarkan kepada pembeli tanpa melalui proses importasi yang semestinya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan ada 21 juta UMKM lokal yang sudah terjun ke marketplace. Namun, pedagang lokal tetap kalah saing dengan banjir barang impor.

"Sehingga dia (TikTok) bisa memberikan informasi kepada produsen UMKM di China yang mau masuk ke Indonesia, sehingga ini suatu ancaman. Karena itu ancaman bagi UMKM. Kita sudah perdagangan bebas, tapi saya kira setiap negara juga perlu melindungi UMKM, jangan sampai kalah bersaing," jelas Teten di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Selasa (11/7) lalu.

[Gambas:Video CNN]



 

(fby/sfr)

Bawa iPad Anda ke dunia lain

mejawd
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan biaya logistik domestik RI masih jauh lebih mahal dibanding ekspor.
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan biaya logistik domestik RI masih jauh lebih mahal dibanding ekspor. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Muhammad Naufal).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfamengungkapkan biaya logistik domestik RI masih jauh lebih mahal dibanding ekspor.

Ia menuturkan saat ini biaya logistik domestik mencapai 14,1 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Sementara biaya logistik untuk ekspor 8,98 persen terhadap PDB.

"Hari ini hasil kajian logistik di Bappenas untuk domestik 14,1 persen dan ekspor logistic cost8,98 persen," kata Suharso dalam acara 'Era Baru Biaya Logistik untuk Indonesia Emas 2045' di Jakarta, Kamis (14/9).

Suharso lantas mengungkapkan pengiriman barang antar wilayah Indonesia juga menghadapi berbagai kendala.

Pertama, skala ekonomi yang rendah. Menurutnya, ketersediaan kapal kecil dan muatan rendah, sehingga mengakibatkan mahalnya ongkos angkut.

Kedua, infrastruktur dan layanan pelabuhan simpul peti kemas domestik belum mampu menampung kapal besar. Ketiga,terbatasnya kawasan ekonomi.

Keempat,belum terbentuk konsolidasi rute secara optimal. Kelima,ketimpangan muatan karena sarana fasilitas di pelabuhan yang tidak merata dan standardisasi fasilitas pendukungnya.

Keenam,skor logistic performance index(LPI) yang semakin menurun dan lebih kecil dibandingkan negara-negara ASEAN.

Meski demikian, Suharso tetap optimistis. Ia mengatakan pemerintah menargetkan biaya logistik domestik bisa turun ke level 8 persen terhadap PDB pada 2045 mendatang.

Menurutnya, hal itu bisa dicapai dengan cara mengintegrasikan ekonomi domestik dan konektivitas global.

Ia menyebut langkah tersebut akan meningkatkan produktivitas perekonomian yang terintegrasi dan mendukung partisipasi dalam rantai pasok global.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)