petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rajaslot666

crazyrich88 753Jutaan kata 792766Orang-orang telah membaca serialisasi

《rajaslot666》

UMKM soal Jokowi Mau Kredit Macet Usaha Kecil Dihapus: Tak Mendidik******

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menilai kebijakan pemerintah yang akan memutihkan kredit macet UMKM di perbankan nasional kurang mendidik.
Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menilai kebijakan pemerintah yang akan memutihkan kredit macet UMKM di perbankan nasional kurang mendidik. Ilustrasi. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menilai kebijakan pemerintah yang akan memutihkan kredit macetusaha wong cilik di perbankan nasional kurang mendidik.

Penghapusan kredit macet ini bisa dilakukan untuk kredit macet hingga Rp5 miliar. Namun, untuk tahap pertama, yang akan dihapus yang maksimal kredit Rp500 juta, khususnya bagi debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Akumindo Edy Misero tak menampik penghapusan kredit untuk pelaku usaha cilik itu memang patut disyukuri. Hanya saja, kebijakan tersebut tidak akan membangun mental para pelaku UMKM.

Menurut Edy, penghapusan kredit macet bisa membuat pelaku UMKM cengeng. Tak hanya itu, bisa saja ada pelaku UMKM yang malah memanfaatkan kemurahan hati pemerintah untuk berbuat curang.

Ia mewanti-wanti ada saja pelaku UMKM yang malah sengaja tak membayar kredit karena tahu bakal diputihkan.

"Kalau sampai dihapus bukukan, 'wah kalau gitu kita macetkan saja yuk'" jelas Edy.

Lihat Juga :
Erick Thohir Apresiasi BUMN Masuk Daftar Fortune Indonesia 100

Ia menilai seharusnya pemerintah memberikan pendampingan agar pelaku UMKM yang mengalami kredit macet bisa bisa bangkit. Sebaiknya, kata Edy, pelaku UMKM itu diajak berdiskusi terkait masalah yang membuat dia kesulitan membayar kredit.

Edy menuturkan pemerintah lebih baik memberikan perpanjangan waktu pembayaran atau tambahan modal saja. Dengan tambahan waktu dan modal itu, pelaku UMKM harus berjuang untuk membayar tagihan sebelumnya.

"Kalau dia (pelaku UMKM) bisa bangkit dan memiliki kewajiban menyelesaikan tunggakannya yang lalu dan sekarang, itu mendidik pelaku UMKM untuk bertanggung jawab," kata Edy.

Di sisi lain, ia juga mempertanyakan apakah setelah kredit macet dihapus itu pelaku usaha UMKM tidak di-blacklistoleh perbankan? Pasalnya, pihak perbankan juga tak mau ambil risiko.

Lihat Juga :
Harta Bos Properti China Raib Rp434 T, Paling Rugi dari Semua Taipan

Menurutnya, pihak perbankan akan melihat riwayat pelaku UMKM. Bisa saja, perbankan tak mau memberi pinjaman kepada pelaku UMKM yang pernah gagal bayar dan akhirnya kreditnya diputihkan oleh pemerintah.

Edy khawatir jika hal demikian terjadi, pelaku UMKM malah makin kesulitan.

"Kan susah dong kalau di-blacklist. Padahal, mungkin saja ke depan (pelaku UMKM) dapat peluang yang lebih baik," ujarnya.

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) setuju kredit macet UMKM di perbankan nasional dihapus. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki.

Lihat Juga :
BI Kerek Besaran Insentif Bank yang Rajin Beri Pinjaman Mulai Oktober

Teten juga menyebut sebelum dihapus, akan ada penilaian mendalam dari tim yang ditugaskan untuk melihat penyebab kredit macet UMKM. Penilaian dilakukan demi mencegah moral hazard.

Ia mengatakan langkah strategis tersebut kini terus bergulir dengan menggodok peraturan yang akan memayunginya.

Ia menegaskan perlunya segera melaksanakan amanat UU Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) yaitu penghapus tagih kredit macet bagi UMKM agar UMKM dapat segera bangkit dari dampak pandemi dan mencapai porsi kredit perbankan sebesar 30 persen bagi UMKM di 2024.

"Prediksi Bappenas 2024 kredit usaha perbankan hanya mencapai 24 persen, salah satunya disebabkan tidak lolos SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Presiden ingin porsi kredit perbankan mencapai 30 persen di 2024," kata Teten melalui keterangan resmi, Rabu (9/8).

Ia juga menyebut terdapat beberapa syarat untuk UMKM dalam mendapatkan hapus tagih itu.

Pertama,kredit macet UMKM pada bank dan atau lembaga keuangan non-bank BUMN.

Kedua,bank dan atau lembaga keuangan non-bank BUMN telah melakukan upaya restrukturisasi dan atau penagihan secara optimal. Ketiga,kriteria hapus kredit macet UMKM adalah KUR dan tahap 2 non KUR dengan ketentuan debitur:

1. Debitur dengan kriteria UMKM (PP 7/2021).
2. Debitur KUR dengan akad kredit terhitung sejak tahun 2015.
3. Nilai maksimum kredit sebesar Rp500 juta (KUR).
4. Nilai Maksimum kredit sebesar Rp5 miliar (Non KUR).
5. Piutang telah macet (Kol 5) dan sudah dilakukan hapus buku.
6. Debitur masih bermaksud menjalankan usaha dan mengembangkan usahanya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

KCIC Siapkan Sejumlah Akses Menuju Stasiun Halim Jakarta******

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menyiapkan sejumlah akses menuju stasiun KA Cepat Halim Jakarta, seperti jalan raya, tol, hingga LRT.
PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menyiapkan sejumlah akses menuju stasiun KA Cepat Halim Jakarta. (CNN Indonesia/Ridwan Apandi)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menyiapkan sejumlah akses menuju Stasiun KA Cepat HalimJakarta.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan Stasiun KA Cepat Halim akan terhubung dengan sejumlah akses seperti jalan raya, tol, hingga LRT.

Lihat Juga :
Jokowi Pastikan Operasional Kereta Cepat Digelar September 2023

"Kedua akses jalan ini akan siap dioperasikan pada Agustus 2023," kata Dwiyana.

Lihat Juga :
KCIC Jelaskan soal Isu Subkontraktor Tak Dibayar

Selain itu, Dwiyana mengatakan ketiga stasiun lainnya juga tengah dipersiapkan. Ia mengatakan Stasiun Padalarang bakal terhubung dengan Kawasan Kota Baru Parahyangan yang memiliki area drop offdan skybridgedan terhubung langsung dengan bangunan stasiun. Namun, saat ini KCIC tengah berfokus untuk memperbaiki dan melebar jalan eksisting menuju stasiun.

Sementara untuk Stasiun Karawang bakal dibangun akses jalan dari kawasan THK dan Deltamas serta Exit Tol Km 42 Tol Jakarta-Cikampek. Dwiyana mengatakan pembangunan tersebut masih dalam tahap persiapan.

Kemudian, untuk Stasiun Tegalluar saat ini telah memiliki akses dari Jembatan Cibiru Hilir yang baru saja dioperasikan pada 10 Agustus lalu.

Lihat Juga :
KCIC Tegaskan Uji Coba Praoperasi Kereta Cepat Gratis

Dwiyana juga mengatakan penyediaan akses tersebut merupakan hasil kerja sama antara KCIC dengan berbagai unsur, mulai dari pemerintah hingga swasta.

"Dukungan besar dari pemerintah pusat, daerah, BUMN, swasta, dan para operator transportasi untuk mewujudkan aksesibilitas," kata Dwiyana.

(pan/pmg)

[Gambas:Video CNN]

KCIC Usulkan Tarif Diskon Kereta Cepat Jakarta******

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengusulkan tarif diskon KCJB rencananya ditetapkan seharga Rp250 ribu selama tiga tahun ke depan.
Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengusulkan tarif diskon KCJB rencananya ditetapkan seharga Rp250 ribu selama tiga tahun ke depan. (CNN Indonesia/Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengusulkan tarif diskon Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) rencananya ditetapkan seharga Rp250 ribu selama tiga tahun ke depan. 

Dwiyana mengatakan tarif tersebut sudah diusulkan ke Kementerian Perhubungan. Adapun tarif diskon tersebut akan ditujukan untuk penumpang kelas II, namun tak berlaku bagi kelas VVIP.

"Kita sudah usulkan ke Kementerian Perhubungan, tiga tahun ini, kita usulkan untuk ada diskon tarif Rp250 ribu. Itu untuk kelas II. Kalau kelas VVIP kan memang segmented. Nggak perlu kita kasih diskon," ujarnya di Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung, Jakarta Timur, Sabtu (12/8).

"Pokoknya yg penting Rp250 ribu dulu, bagaimana itu bisa menarik minat masyarakat untuk beralih dari jalan tol ke kereta cepat, mengurangi macet," ujarnya.

Saat ini proyek KCJB masih terus dilakukan konstruksi. Adapun untuk pembangunan Stasiun Halim sudah mencapai 97,32 persen dan Karawang mencapai 98,14 persen. Sementara Stasiun Padalarang mencapai 67,51 persen dan Tegalluar mencapai 99,82 persen.

Lihat Juga :
Staf Luhut Klaim IMF Minta Maaf soal Hilirisasi Nikel

Selain itu, keempat stasiun tersebut akan terhubung dengan sejumlah akses seperti Jalan Raya, Tol, hingga LRT.

"Stasiun Halim akan memiliki konektivitas dengan Jalan Raya melalui akses dari Jl DI Panjaitan, Exit Tol km 1+850 Tol Jakarta - Cikampek, LRT Jabodebek hingga nantinya BRT Transjakarta, BRT JR Connexion, Shuttle dari bandara halim, Microtrans, dan taksi konvensional maupun online," ujar Dwiyana dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/8).

Dwiyana mengatakan untuk akses terusan jalan DI Pandjaitan dan Exit Tol km 1+850 Jakarta - Cikampek akan mulai beroperasi pada Agustus 2023. Sementara untuk yang lainnya, Dwiyana mengaku masih dalam proses penyelesaian. "Kedua akses jalan ini akan siap dioperasikan pada Agustus 2023," kata Dwiyana. 

Selain itu, Dwiyana mengatakan ketiga stasiun lainnya juga tengah dipersiapkan. Ia mengatakan Stasiun Padalarang bakal terhubung dengan Kawasan Kota Baru Parahyangan yang memiliki area drop off dan skybridge dan terhubung langsung dengan bangunan stasiun. Namun, saat ini KCIC tengah berfokus untuk memperbaiki dan melebar jalan eksisting menuju stasiun.

Sementara untuk Stasiun Karawang bakal dibangun akses jalan dari kawasan THK dan Deltamas serta Exit Tol Km 42 Tol Jakarta-Cikampek. Dwiyana mengatakan pembangunan tersebut masih dalam tahap persiapan.

Kemudian, untuk Stasiun Tegalluar saat ini telah memiliki akses dari Jembatan Cibiru Hilir yang baru saja dioperasikan pada 10 Agustus lalu.

[Gambas:Video CNN]



(pan/dzu)




bab terbaru:easycash ilegal

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
oxslot88
situs slot amerika serikat
demo pragmatic rupiah
slot tergacor bulan ini
adamtoto
situs gacor pasti wd
situs slot tergacor saat ini
cara pinjam ke bank
pinjol id
Daftar isi semua bab
Bab 1 raja777 slot
Bab 2 asiasloto
Bab 3 slot733
Bab 4 pinjam 10 juta
Bab 5 paito hongkong hari ini
Bab 6 cari usaha yang cepat dapat uang
Bab 7 pinjam uang aman
Bab 8 gmn cara mendapatkan uang
Bab 9 situs slot sensational
Bab 10 situs maxwin
Bab 11 joki188
Bab 12 v77bet
Bab 13 link slot judi terpercaya
Bab 14 cara pinjam uang di lazada
Bab 15 rtp klik4d
Bab 16 sport slot 88
Bab 17 panel77
Bab 18 pinjaman dana shopee
Bab 19 bidadaribet
Bab 20 cara agar dapat duit banyak
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7249bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Dewa gila pertama

master sydney minggu jp paus
Belanja furnitur rumah emang paling pas di Transmart aja. Selain lengkap, diskonnya enggak main-main sampai 50%+20% lho!
Belanja furnitur rumah emang paling pas di Transmart aja. Selain lengkap, diskonnya enggak main-main sampai 50%+20% lho! (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja furnitur untuk kebutuhan isi rumah emang paling pas di Transmart aja. Selain pilihannya lengkap, diskonnya enggak main-main lho50% plus 20%.

Mumpung ada periode Full Day Sale pada Selasa (8/8) dari pukul 10 pagi sampai 10 malam, kamu bisa banget belanja aneka furnitur sepuasnya di seluruh gerai Transmart Indonesia.

Lihat Juga :
Transmart Bakal Kasih Diskon Seharian, Wajib Borong Belanjaan

Mau tebus harga barang paling miring juga bisa! Caranya tinggal belanja furnitur yang kamu mau, terus bayarnya pakai Allo Pay Later, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah, otomatis bisa klaim diskon tambahan 20 persen.

Kapan lagi kan bisa belanja sekarang bayar nanti kalau bukan di Transmart pakai Allo Bank, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah.

Bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega, enggak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart.

Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade ke Allo Prime supaya bisa mengaktifkan Allo Pay Later.

Yuk, jangan sampai ketinggalan ikutan Transmart Full Day Sale spesial Merdeka Belanja yang berlangsung cuma satu hari aja!

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Perpustakaan Tiandao

erek erek pangkas
Kementerian BUMN buka suara soal keluhan PT Freeport Indonesia soal PMK Nomor 71 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas PMK Nomor 39/PMK.010/2022.
Kementerian BUMN buka suara soal keluhan PT Freeport Indonesia soal PMK Nomor 71 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas PMK Nomor 39/PMK.010/2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) buka suara soal keluhan PTFreeport Indonesia (PTFI) soal Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 71 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas PMK Nomor 39/PMK.010/2022 tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan dulu memang ada skema nail-down dalam ketentuan perpajakan dan bea keluar ekspor yang harus PTFI.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut sebelumnya menginginkan kebijakan perpajakan yang sama dengan yang tercantum di dalam kontrak (nail-down).

"Jadi itu kan memang ada konsep nail down dulu kan, itu kita ada beberapa hal aja yang nanti kita didiskusikan ke Kemenkeu," ungkap pria yang akrab disapa Tiko itu di Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2023).

Kendati demikian, Tiko mengatakan PTFI tidak akan protes kepada pemerintah Indonesia.

"Freeport bakal diskusi sama Kemenkeu," ujarnya.

Lihat Juga :
Erick Thohir Laporkan Dugaan Korupsi Dana Pensiun BUMN September

PTFI akan mengajukan keberatan dan banding terhadap penghitungan penetapan bea keluar.

VP Corporate Communications PTFI Katri Krisnati mengatakan keberatan itu terkait penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 71 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas PMK Nomor 39/PMK.010/2022 tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar.

Pasalnya, dalam PMK itu, Menkeu Sri Mulyani menetapkan bea keluar untuk konsentrat tembaga sebesar 7,5 persen pada paruh kedua 2023 dan 10 persen pada 2024 untuk perusahaan dengan progres smelter 70-90 persen.

Sementara untuk perusahaan dengan pembangunan smelter di atas 90 persen, bea keluar yang dikenakan akan menjadi 5 persen pada paruh kedua 2023 dan 7,5 persen pada 2024.

Lihat Juga :
Blak-blakan Ahok soal Isu Dapat Gaji Rp8,3 M dari Pertamina

Freeport keberatan dengan ketentuan tersebut.

Keberatan diajukan karena pada akhir 2018, pemerintah Indonesia dan Freeport-McMoRan Inc., selaku pemegang saham PT Freeport Indonesia (PTFI), mencapai kesepakatan bersama yang dituangkan dalam Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Mengutip dokumen di Securities and Exchange Commission (SEC) AS, Freeport McMoRan, yang diterbitkan pada 3 Agustus lalu, Freeport menyebut berdasarkan IUPK, bea keluar harusnya ditetapkan nol atau gratis.

Pasalnya, berdasarkan kesepakatan yang diatur dalam IUPK 2018, bea keluar tidak akan dikenakan bila progres pembangunan smelter mereka mencapai 50 persen.

Freeport menyatakan progres pembangunan Freeport menyatakan progres pembangunan smelter mereka sampai dengan Maret sudah mencapai yang dipersyaratkan oleh aturan. Dan kata mereka, pada Maret 2023, pemerintah memverifikasi progres konstruksi smelter Manyar milik PTFI.

Berdasarkan hasil verifikasi, pemerintah memastikan sendiri perkembangan pembangunan smelter Freeport sudah melebihi 50 persen. Karenanya, penghapusan bea keluar PTFI harusnya berlaku efektif per 29 Maret 2023.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

momok ilmu hitam

gacor 33
Menteri Investasi/Kepala Badan BKPM Bahlil Lahadalia mengungkap praktik 'titip duit' saat mengurus izin usaha di kementerian/lembaga (K/L).
Menteri Investasi/Kepala Badan BKPM Bahlil Lahadalia mengungkap praktik 'titip duit' saat mengurus izin usaha di kementerian/lembaga (K/L). (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkap praktik 'titip duit' saat mengurus izin usahadi kementerian/lembaga (K/L).

Ia menyebut dirinya paham betul getir pelaku UMKM karena pernah menjadi pengusaha. Bahkan, ia mengklaim satu-satunya menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Indonesia Maju yang pernah menjadi pelaku UMKM.

Oleh karena itu, ia memangkas seluruh urusan administrasi dalam proses perizinan usaha, termasuk UMKM, melalui Online Single Submission (OSS). Bahlil tak ingin pengalaman pahit yang menimpanya terulang.

"Jadi, untuk izin-izin lewat OSS, termasuk sertifikat halal tidak ada bayar-bayar, dibiayai negara. Makanya pakai OSS," imbuhnya.

Ia lantas menyinggung kehadiran Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja alias Perppu Ciptaker. Menurutnya, kehadiran beleid ini memangkas ribetnya alur birokrasi.

Bahlil mencontohkan dirinya yang kini menandatangani langsung semua urusan Kementerian Investasi/BKPM yang terkait kementerian/lembaga (K/L) lain, termasuk izin usaha pertambangan (IUP) hingga izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH).

"Ini UU Ciptaker (Perppu Ciptaker) judulnya memangkas semua birokrasi. Dalam bahasa saya, UU dari mata air menjadi air mata. Karena tidak perlu ketemu menteri, gubernur, dan bupati," jelasnya.

"Pak Sekda (Sekda Pekanbaru Indra Pomi Nasution) sekarang tidak ada banyak tamu lagi kan urus izin? Coba bayangkan, sekarang yang berkuasa adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Kepala DPMPTSP Riau Helmi). Jadi, Pak Gubernur (Gubernur Riau Syamsuar), Pak Sekda saya titip, urus mereka baik-baik. Kalau tidak, nanti pengusaha yang mengurus mereka, ini bahaya," kelakar Bahlil.

Ia merinci masih ada 50 persen UMKM di Indonesia yang belum punya legalitas usaha. Oleh karena itu, Bahlil mengajak para pelaku UMKM segera mengurus NIB.

Menurutnya, NIB menjadi kunci mendapatkan pendanaan dari perbankan. Ia pun mewanti-wanti UMKM agar tak terjerat utang pinjaman online (pinjol) hingga rentenir karena negara sudah menyiapkan skema kredit yang tak memberatkan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Dewa Tinju Xingyi

markas prediksi togel
Perum Bulog mempercepat realisasi impor 700 ribu ton beras untuk mengantisipasi fenomena El Nino.
Perum Bulog mempercepat realisasi impor 700 ribu ton beras untuk mengantisipasi fenomena El Nino. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perum Bulogmempercepat realisasi impor700 ribu ton berasuntuk mengantisipasi fenomena El Nino.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto mengatakan jumlah itu merupakan sisa dari penugasan impor beras 2,3 juta ton yang ditugaskan pemerintah terhadap perusahaannya pada 2022 dan 2023 ini.

Ia mengatakan dari total penugasan itu, pihaknya sudah merealisasikan impor beras 1,6 juta ton. Ia menerangkan percepatan impor perlu segera dilakukan lantaran produksi gabah atau beras dalam negeri pada semester II tahun ini turun dibanding semester I.

Penurunan produksi itu katanya, pasti akan berimbas ke potensi penyerapan beras Bulog.

"Untuk itu upaya pemenuhan kebutuhan stok cadangan beras pemerintah memang harus segera dipenuhi dari sumber lain yaitu importasi beras sesuai yang sudah diputuskan oleh pemerintah," kata Suyamto dalam keterangan resmi, Jumat (11/8).

Ia menambahkan hingga 10 Agustus 2023, Bulog sudah menyerap 780 ribu ton beras produksi dalam negeri. Sementara total stok beras yang dikuasai Bulog mencapai 1,3 juta ton.

Bulog, lanjut Sumyamto, terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah guna menjaga pemerataan ketersediaan stok.

"Bulog juga terus menjamin kebutuhan pangan khususnya beras akan terus tersedia, terutama dalam kondisi rawan seperti saat ini," ujarnya.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi fenomena El Nino bakal melanda Indonesia tahun ini dan mencapai puncaknya pada September 2023.

Namun, prediksi BRIN ini berbeda dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Pasalnya, BMKG menyebut fenomena iklim pemicu turunnya curah hujan itu akan mencapai puncaknya  Agustus ini.

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer (PRIMA) BRIN Eddy Hermawan mengatakan dia menemukan terjadinya pergeseran puncak El Nino yang diprediksi pada akhir September-Oktober, berdasarkan kajiannya dari berbagai literatur ilmiah.

"El Nino 2023 tergolong unik karena puncaknya diduga bakal terjadi akhir September/awal Oktober 2023, tidak pada bulan November/Desember seperti pada umumnya. Selain itu, durasinya pun tergolong relatif pendek (berakhir hingga awal 2024)," kata Eddy, mengutip laman resmi BRIN, Jumat (4/8).

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Paviliun Tianxuan

info bonus new member 100
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan aturan larangan penjualan barang impor di bawah Rp1,5 juta di e-commerce akan dikeluarkan pada Agustus atau September.
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan aturan larangan penjualan barang impor di bawah Rp1,5 juta di e-commerce akan dikeluarkan pada Agustus atau September. (CNN Indonesia/Tunggul).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan aturan larangan penjualan barangimpordi bawah US0 atau Rp1,5 juta di e-commerce akan dikeluarkan pada Agustus atau September mendatang.

Larangan itu akan tertuang dalam revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Elektronik (PPMSE).

"Kita usahakan secepatnya karena ini sudah dibahas sejak awal Maret lalu. Harusnya sudah selesai antara dua bulan ini atau bulan ini," kata Teten di di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

"(Pedagang lokal jual barang impor) enggak masalah karena barangnya sudah masuk dalam mekanisme impor biasa," kata Teten.

Ia mengatakan pedagang lokal yang menjual barang impor harus terlebih dahulu mengurus izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan harus memenuhi standar nasional Indonesia (SNI).

"Kalau memerlukan sertifikasi halal mereka harus urus dulu, seperti UMKM lokal. Sehingga ini kita perlakukan seperti itu," katanya.

Kementerian Perdagangan memang tengah menggodok revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 demi melindungi UMKM dalam negeri dari gempuran barang impor.

Selain soal penerapan harga barang impor minimum yang boleh dijual online di RI, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan revisi Permendag Nomor 50 tahun 2020 itu juga akan mengatur agar ritel online tidak boleh menjual produk pribadi. Artinya, marketplace tidak boleh sekaligus menjadi produsen.

"Misalnya TikTok bikin merek sepatu TikTok, itu enggak boleh. Kalau mau bikin sepatu ya silahkan, tapi di perusahaannya yang lain. Jadi jangan diborong semua," terang Zulkifli.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Guru Surgawi yang Tersembunyi

cara cepat naik limit kredivo
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Elon Musk bakal menyambangi Jakarta pada akhir September atau awal Oktober 2023 mendatang.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Elon Musk bakal menyambangi Jakarta pada akhir September atau awal Oktober 2023 mendatang. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan InvestasiLuhut Binsar Panjaitan mengatakan Elon Muskbakal menyambangi Jakarta pada akhir September 2023 mendatang.

Luhut menyebut Elon Musk datang untuk memastikan proses kerja sama Starlink dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Starlink merupakan layanan satelit internet milik Elon Musk.

"Nanti Elon akan datang ke Jakarta pada akhir September atau Oktober, dia berharap atau kita harap proses Starlink yang digunakan Kemenkes di daerah terpencil bisa dicover rakyat kita di pedesaan dengan internet bagus," ucap Luhut di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (14/8).

Meski demikian, Luhut belum bisa menjelaskan secara rinci soal estimasi investasi yang dimaksud.

"Nanti kita lihat, kalau Elon datang kan akan dilihat," ucapnya.

Indonesia memang sudah lama merayu Tesla untuk berinvestasi mobil listrik di tanah air sejak 2020. Niatnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin memaksimalkan kekayaan cadangan bijih nikel Indonesia untuk baterai kendaraan listrik.

Lihat Juga :
Aguan Bicara Peluang Jokowi 17 Agustus-an 2024 di IKN

Bahkan, Jokowi dua kali berbicara secara langsung dengan Elon Musk di fasilitas SpaceX, Texas pada 2022 lalu. Tak tanggung-tanggung, ia menawarkan konsesi nikel kepada Tesla jika ingin berinvestasi di Indonesia.

"Saya bilang ke dia kalau bapak (Musk) investasi di Indonesia, saya kasih konsesi nikel. Kalau mereka mau mulai dari baterai electric vehicle (EV), tidak apa-apa," ujar Jokowi beberapa waktu lalu soal investasi Tesla di Indonesia.

Luhut juga selalu menekankan bahwa Indonesia sudah terikat Non-Disclosure Agreement (NDA) dengan Tesla. Meski sudah ada perjanjian, nyatanya Musk tak kunjung merealisasikan investasi tersebut di tanah air.

Teranyar, Indonesia ditikung oleh Malaysia. Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengumumkan pada Jumat (14/7) bahwa Tesla akan membangun kantor cabang di Selangor pada tahun ini.

Anwar mengumumkan kabar tersebut usai dirinya rapat online bersama CEO Tesla Elon Musk. Rapat ini turut dihadiri Menteri Perdagangan dan Industri Tengku Zafrul Tengku Abdul Aziz, Menteri Komunikasi dan Digital Fahmi Fadzil, serta Senior Director SpaceX Lauren Dreyer.

Bahkan, Tesla menawarkan mobil listrik Model Y di Malaysia seharga 199 ribu ringgit atau sekitar Rp657,8 juta. Model Y merupakan mobil listrik terlaris di dunia pada kuartal pertama 2023.

[Gambas:Video CNN]



(dhf/mrh)