petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

menang judi

slot baru gacor 821Jutaan kata 430958Orang-orang telah membaca serialisasi

《menang judi》

Menteri Teten Dorong Penguatan Kerja Sama UMKM Indonesia******

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pertemuan antara Indonesia dan Jepang sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang koperasi dan UMKM.
Menkop UKM Teten Masduki menemui Wakil Menteri Parlemen METI (Ministry of Economy, Trade and Industry) Jepang Nagamine Makoto untuk memperkuat kerja sama kedua negara di bidang UMKM dan koperasi. (Foto: KEMENKOP UKM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, Jepang adalah salah satu mitra utama dan strategis bagi Indonesia di bidang koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Bahkan kerja sama kedua negara di bidang koperasi dan UMKM sudah berlangsung sejak 1978 lalu. Demikian disampaikan Teten disela-sela pertemuan dengan Wakil Menteri Parlemen METI (Ministry of Economy, Trade and Industry) Jepang Nagamine Makoto.

Dalam pertemuan ini, kedua negara yakni Indonesia dan Jepang sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang koperasi dan UMKM. Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan yang berlangsung di Tokyo, Jepang, Rabu (2/8).

Kemudian, kemudahan pembiayaan UMKM dengan meningkatkan rasio kredit perbankan untuk UMKM dari sekitar 21 persen saat ini menjadi 30 persen pada 2024.

"Kami juga melanjutkan hilirisasi komoditas unggulan oleh UMKM. Seperti rumput laut, perikanan (termasuk udang, kepiting, dan sidat), natural ingredient, biofarmaka, buah-buahan, bambu, kelapa, kelapa sawit, dan peningkatan nilai tambah bagi komoditas unggulan tersebut," katanya.

Selain itu, mengembangkan start-up dan melakukan digitalisasi UMKM. Terakhir, peningkatan kemitraan dan akses pasar UMKM masuk ke dalam rantai pasok global.

Untuk itu, Teten berharap dukungan METI agar inisiatif kerja sama yang telah dijajaki selama di Jepang, termasuk bersama IFC, Small and Medium Enterprise-Organization for Small & Medium Enterprises and Regional Innovation, Japan (SMRJ), Pemerintah Kota Gamagori dan sejumlah industri di Jepang dapat ditindaklanjuti bersama.

"Sehingga terwujud kerja sama konkrit yang menguntungkan para pelaku UMKM di Indonesia dan Jepang," kata Teten.

Diketahui, sejak di Jepang Menkop UKM bersama jajarannya, sudah melakukan sejumlah pertemuan yang sangat relevan dengan perkembangan dan prioritas Pemerintah di Indonesia.

Diantaranya, pertemuan dengan Japan Financial Corporation (JFC). Di mana JFC dan Kemenkop UKM akan membentuk tim teknis membahas skema pembiayaan gabungan Indonesia dan Jepang untuk pengembangan kemitraan UMKM di sektor perikanan dan pertanian.

"Termasuk pertukaran informasi guna mendukung kemudahan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM," ujar Teten.

Kemudian bersama SMRJ, saat ini tengah berlangsung CEO Business Matching antara 44 UKM Indonesia dengan 118 Pelaku Usaha Jepang.

"Kita sepakati agar tahun depan terus ditingkatkan jumlah UMKM-nya. Dapat dilakukan di Indonesia, dan sektor -sektornya terus diperluas," kata Teten.

Selanjutnya dengan Marusen Suisan, yang merupakan importir udang dari Tarakan, Indonesia. Pada Agustus ini, rencananya akan dilakukan pertemuan di Indonesia, dan menjajaki perluasan kemitraan dengan pembudidaya udang di Indonesia.

Lalu bersama Nagasaka Unagi Farm, Kemenkop UKM sepakat untuk melakukan penguatan SDM melalui pengiriman tenaga terampil untuk magang dan pengembangan budidaya sidat.

Selain itu, pertemuan dengan Wali Kota Gamagori, juga dilakukan pengembangan sister city sekaligus penguatan sektor UMKM di kedua kota. Setelah pertemuan tersebut, pihak MenKop UKM bersama jajaran juga akan bertemu Tokyo SME Center dan perusahaan pengolahan rumput laut.

Kolaborasi Smesco

Pada pertemuan dengan Tokyo SME Center, Menkop UKM mengatakan, memiliki Smesco sebagai lembaga pemasaran koperasi dan UKM Indonesia. Bahkan Indonesia juga sudah menandatangani perjanjian kerja sama dengan SMRJ.

Indonesia saat ini sedang melakukan hilirisasi produk tambang, Indonesia tidak akan mengirim raw material. Kemudian kebijakan substitusi impor untuk pengadaan barang Pemerintah, 40 persen APBN untuk membeli produk lokal. Dengan lokal konten 100 persen untuk perusahaan besar.

"Kami mengajak SME Jepang untuk join venture dengan UKM indonesia. Kerja sama dengan Tokyo SME dengan Smesco. Indonesia rangking enam start-up di dunia. Penting untuk dikerjasamakan dengan start-up di jepang," kata Menteri Teten.

Turut mendampingi, Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP-KUKM atau Smesco Wientor Rah Mada mengatakan, Smesco sebagai lembaga di bawah Kemenkop UKM, mendukung segala proses yang dilakukan kedepannya. Karena saat ini SME Support Jepang pun sudah memiliki desk di Indonesia.

"Kita bisa bekerja sama transfer teknologi dan pengetahuan untuk SME. Seperti adanya SME Support Center, mampu membantu UKM lokal Jepang. Misalnya apakah ada tren tertentu untuk bersama-sama mengejar pasar internasional," kata Wientor.

(inh/inh)

Benarkah Gaji Ahok Sebagai Komisaris Pertamina Capai Miliaran?******

Gaji petinggi Pertamina belakangan ini menjadi sorotan. Bahkan santer disebut-sebut gaji Ahok selaku komisaris perusahaan tersebut mencapai miliaran.
Gaji petinggi Pertamina belakangan ini menjadi sorotan. Bahkan santer disebut-sebut gaji Ahok selaku komisaris perusahaan tersebut mencapai miliaran. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gaji petinggi PT Pertamina(Persero) belakangan ini menjadi sorotan. Bahkan santer disebut-sebut gaji Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) selaku komisaris perusahaan tersebut mencapai miliaran.

Besaran gaji direksi dan komisaris Pertamina sejatinya tertuang dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-13/MBU/09/2021 tentang Perubahan Keenam Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara.

Untuk gaji direktur utama, perhitungannya ditetapkan lewat pedoman internal yang ditetapkan oleh menteri BUMN. Besaran gaji ini ditetapkan melalui RUPS/Menteri BUMN setiap tahun selama satu tahun terhitung sejak Januari tahun berjalan.

"Dalam pemberitaan disebutkan bahwa honorarium komisaris disebutkan mencapai miliaran rupiah per bulan, hal itu tidak benar," ucap Fadjar, dikutip dari CNBC, Jumat (4/8).

Jika mengacu pada pedomanya, penetapan penghasilan yang berupa gaji atau honorarium, tunjangan dan fasilitas ditetapkan dengan mempertimbangkan faktor skala usaha, faktor kompleksitas usaha, tingkat inflasi, kondisi dan kemampuan keuangan Perusahaan.

Lihat Juga :
ESDM Sebut China Bisa Swasembada Pangan Gara-gara Batu Bara RI

Kemudian faktor-faktor lain yang relevan serta tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

"Besaran gaji atau honorarium itu berdasarkan banyak faktor, salah satunya kemampuan keuangan perusahaan," kata Fadjar.

Pada 2020 lalu, Ahok pernah memberitahu bahwa gajinya sebagai komisaris utama di Pertamina tembus Rp170 juta per bulan.

Selain gaji, Ahok juga menyebut dirinya mendapatkan bonus tantiem atau insentif kerja. Namun, Ahok tidak tahu nominal pastinya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Deretan Saham Berpotensi 'Cuan' Usai Libur Panjang Iduladha******

Saham BBCA, ASII, hingga ANTM menjadi tiga di antara emiten yang diprediksi mendulang cuan pada sepekan ke depan ini.
Saham BBCA, ASII, hingga ANTM menjadi tiga di antara emiten yang diprediksi mendulang cuan pada sepekan ke depan ini. (cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 2,78 poin atau minus 0,04 persen ke level 6.661 pada perdagangan Selasa (27/6) lalu. Investor bertransaksi sebesar Rp8,05 triliun dengan jumlah sahamyang diperdagangkan sebanyak 16,51 miliar.

Pekan lalu, bursa hanya buka selama dua hari yaitu Senin dan Selasa karena cuti bersama Iduladha. Pada perdagangan singkat itu, indeks saham melemah satu kali dan menguat satu kali. Sementara, performa indeks menguat sebesar 0,02 persen.

Sementara itu, Pengamat Pasar Modal Riska Afriani memprediksi selama sepekan ke depan, IHSG akan bergerak di rentang support 6.610 dan resistance 6.712. Pergerakan indeks saham akan diwarnai oleh beragam sentimen negatif.

"Sehingga pelaku pasar cenderung wait and seeterlebih asing dalam satu bulan ini tercatat melakukan net sell sebesar Rp3,06 triliun," imbuh Riska kepada CNNIndonesia.com.

Ia juga mengatakan pelaku pasar tengah menanti beberapa rilis data perekonomian dari dalam maupun luar negeri. Seperti inflasi Indonesia Juni, The Institute of Supply Management (ISM) Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) AS Juni, dan neraca perdagangan Jerman Mei. Kemudian, neraca perdagangan AS Mei, Non Farm Payroll AS Juni, serta Unemployment rate AS Juni.

Terkait libur panjang Iduladha, Riska menilai hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap pergerakan IHSG. Pasalnya, pergerakan indeks saham cenderung dipengaruhi beberapa faktor di atas. Namun, pasca Iduladha dan libur panjang ada potensi meningkatnya volume perdagangan.

Mengacu pada sentimen tersebut, Riska menyarankan investor untuk mengakumulasi bertahap saham-saham yang undervalue, perhatikan fundamental perusahaan, dan proyeksinya.

Lihat Juga :
Bea Cukai Tahu Eksportir Penyelundup 5 Juta Ton Ore Nikel ke China

Adapun sejumlah saham yang direkomendasikan untuk dikoleksi, seperti PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk atau INKP yang pada pekan lalu ditutup stagnan di level 8.500.

Kemudian, Riska juga merekomendasikan saham PT Astra International Tbk (ASII) yang melemah 0,37 persen ke posisi 6.775 pada pekan lalu.

Selanjutnya, PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA yang menguat 0,83 persen ke posisi 9.150 pada pekan lalu.

Riska juga merekomendasikan emiten sektor pertambangan, yakni PT Aneka Tambang Tbk atau ANTM yang stagnan di posisi 1.950 pada pekan lalu.

Saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau BMRI yang ditutup menguat 1,46 persen ke posisi 5.200 pada pekan lalu. Terakhir, saham PT Telkom Indonesia Tbk atau TLKM yang menguat 0,25 persen pada pekan lalu ke posisi 4.000.

Lihat Juga :
Bahlil Sebut IMF Pernah Jerumuskan RI dari Ruang Rawat Inap ke ICU

Sementara itu, Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memprediksi IHSG bergerak di rentang support 6.578 dan resistance 6.717 selama pekan depan. Menurutnya, pergerakan indeks saham bakal diwarnai sentimen global dan dalam negeri.

Lebih lanjut, sikap hawkish atau kecenderungan bank sentral AS (The Fed) mengerek suku bunga kembali menjadi perhatian investor. Selain itu, pelaku pasar juga akan mencermati rilis data ekonomi China.

"Nada hawkish dari The Fed untuk menurunkan inflasi AS lebih cepat masih akan menjadi cermatan bagi para pelaku pasar, ditambah dengan masih adanya rilis data PMI manufaktur China dan rilis data inflasi Indonesia," ucap Herditya.

Dalam kondisi tersebut, ia pun menyarankan pelaku pasar untuk melakukan buy on weakness (BoW) atau membeli saham saat harga rendah pada emiten-emiten pilihannya.

Lihat Juga :
Bahlil: Terima Kasih Pak SBY Selesaikan Utang Kita ke IMF

Beberapa emiten yang ia rekomendasikan yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau MTEL yang bertengger di posisi 665 pada pekan lalu. Herditya memprediksi MTEL bisa menyentuh posisi 720 pekan ini.

Selanjutnya, PT Bank Jago Tbk atau ARTO yang ditutup melemah 1,24 persen ke posisi 3.180 pada pekan lalu. Untuk pekan ini, Herditya memprediksi emiten perbankan itu dapat menyentuh level 3.600.

Kemudian, Herditya juga merekomendasikan saham emiten sektor ritel, yakni PT Mitra Adiperkasa Tbk atau MAPI yang ditutup stagnan di posisi 1.690 pekan lalu. Ia memprediksi MAPI dapat menyentuh posisi 1.800 pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)




bab terbaru:cara dapat duit dari shopee

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
rtp honda4d
buku mimpi erek erek terbaru
zona303 slot
apk judi slot online terpercaya
aplikasi judi bola parlay
kaisar777
line slot88 link alternatif
situs slot gacor terpercaya
makmurqq
Daftar isi semua bab
Bab 1 vip voucher
Bab 2 big slot 77
Bab 3 situs yang lagi gacor malam ini
Bab 4 cara dapat duit secara online
Bab 5 ini slot 88
Bab 6 klikvegas
Bab 7 slot withdraw
Bab 8 situs slot lengkap dengan rtp
Bab 9 slot gampang jackpot
Bab 10 trik maxwin hari ini
Bab 11 cara kredit hp di akulaku tanpa limit
Bab 12 situs slot sensational
Bab 13 slotter88
Bab 14 senja138
Bab 15 miliarslot77
Bab 16 slottube99
Bab 17 cicilan kredivo shopee
Bab 18 bo gacor slot
Bab 19 judi slot modal 5000
Bab 20 link 268slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5193bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Berbaris menuju Evernight

sihoki
Proyek kereta semi cepat Jakarta Surabaya berpotensi dikeluarkan dari PSN 2020-2024. Artinya, kemungkinan besar tak jadi dibangun di era pemerintahan Jokowi.
Ilustrasi. Proyek kereta semi cepat Jakarta Surabaya berpotensi dikeluarkan dari PSN 2020-2024. Artinya, kemungkinan besar tak jadi dibangun di era pemerintahan Jokowi. (CNN Indonesia/Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabayaberpotensi besar dikeluarkan dari Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Artinya, kemungkinan besar tak jadi dibangun di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan hal ini berdasarkan dari surat permintaan dari Kementerian Perhubungan.

"Kalau usulan Kemenhub begitu ya, ada suratnya. Kemenhub ajukan ke kita untuk didrop saja Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ini. Tapi kita masih evaluasi dulu dan kita juga masih menunggu presentasi dari teman-teman Kemenhub terlebih dahulu," ujarnya ditemui di Hotel Grand Sheraton, Rabu (26/7).

Meski demikian, Wahyu mengakui meski jadi dibangun di tahun ini, Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya tak akan bisa selesai sesuai target di 2024. Pasalnya, sampai saat ini pembiayaan pembangunan juga belum ada.

"Itu kan enggak bisa selesai. Pembiayaannya saja belum. Itu karena belum ada financial closing. Pembiayaannya saja kita belum tahu," imbuhnya.

Lihat Juga :
DPR Dengar Rumor Ahok Bakal Jadi Bos Pertamina

Selain Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya, proyek yang dipastikan akan dikeluarkan dari PSN adalah Pelabuhan Ambon. Lagi-lagi dikarenakan karena tak ada investor yang mau masuk ke proyek tersebut.

"Pelabuhan Ambon juga itu sudah pasti didrop. Karena kembali lagi, waktu itu kan Pak Luhut sampaikan, ini harus dibangun tapi kalau ada swasta mau masuk. Nah, ini swastanya belum bersedia masuk di sana. Jadi enggak mungkin juga kayaknya itu selesai di 2024. Itu yang mungkin akan didrop," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Meng Hailan Ye Chengjun

cendana88
Area pusat perbelanjaan Blok M pernah hits pada masanya. Kini, pedagang kawasan legendaris itu berupaya bertahan di tengah perubahan zaman.
Area pusat perbelanjaan Blok M pernah hits pada masanya. Kini, pedagang kawasan legendaris itu berupaya bertahan di tengah perubahan zaman. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Area pusat perbelanjaan Blok M pernah hits pada masanya. Kini, pedagang kawasan legendaris itu berupaya bertahan di tengah perubahan zaman.

Di sana, ada Mal Blok M yang dulunya populer sebagai satu-satunya 'Mal Bawah Tanah'. Tak heran, Blok M menjadi kawasan yang digandrungi muda-mudi di era 90-an.

Sejatinya, lokasi pusat perbelanjaan ini cukup strategis karena satu kawasan dengan Terminal Blok M, Jakarta Selatan. Bahkan, akses menuju pusat perbelanjaan ini semakin mudah dengan keberadaan Stasiun MRT Blok M.

CNNIndonesia.com mencoba membuktikan kabar lemahnya denyut perputaran ekonomi di kawasan dagang itu.

Memang, kawasan sekitar Blok M terlihat masih cukup ramai, terutama di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, yang menjadi spot favorit anak muda Jakarta menikmati senja. Ada juga kuliner kaki lima yang ramai digandrungi pengunjung.

Namun, hawa sepi sudah terasa ketika melangkah masuk ke salah satu mal di sana, Blok M Square, pada Senin (4/7) petang. Mal yang terdiri dari lantai basement hingga lantai 7 ini menyajikan kesan hening yang berbeda.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Pastikan Indonesia Sudah Bebas dari Jerat Utang IMF

Di lantai basement ada banyak toko buku, penjahit, penjual obat dan alat kesehatan, hingga jasa percetakan. Namun, tak lebih dari dua puluh pengunjung singgah di lantai basement ini. Beberapa penjual tampak sibuk mengemas buku-buku pesanan.

Beranjak ke lantai dasar atau ground, tersedia berbagai macam barang teknik, tekstil, hingga sayur dan buah-buahan. Aktivitas di lantai ini juga tak bisa dibilang ramai karena para penjual terlihat asik bermain ponsel imbas tak ada pengunjung menghampiri.

Hiruk pikuk di lantai upper groundpun tak jauh beda. Penjual emas, perhiasan, dan optik tampak sepi dan minim transaksi. Wajar jika suara mereka tiba-tiba menggelegar ketika terdengar derap langkah pengunjung.

"Silakan Kak, boleh dilihat-lihat dulu. Tanya-tanya dulu bisa," sahut-sahutan pedagang di lantai ini, merayu pembeli mampir.

Lihat Juga :
ANALISISBau Amis AS, Jerman Cs di Balik IMF Minta Jokowi Ekspor Nikel Cs Lagi

Secercah harapan yang sama juga disuarakan pedagang di lantai 1 hingga 7. Lela misalnya, penjual perlengkapan gadget dan elektronik yang bermarkas di lantai 3A.

Kaki Lela menopang tubuh tegapnya saat beramah tamah menyambut calon pembeli. Ia bagaikan ahli yang tahu segala hal tentang gadget ketika menjajakan barang dagangannya.

Namun, di balik semangat 45 Lela, ia menyimpan kegundahan soal Blok M Square yang makin sepi. Terlebih, wanita berjilbab ini mengaku sudah hitungan tahun berjualan di mal ini.

Sayang, gemerlap Blok M Square diklaim redup saat dihantam pandemi covid-19. Lela mengaku banyak rekan sejawatnya terpaksa rehat dengan menutup toko, bahkan keterusan hingga gulung tikar.

Lihat Juga :
3 Saran Sesat IMF yang Jungkalkan RI ke 'ICU' dan Hancurkan Soeharto

"Kalau sebelum covid-19, biasanya penjualan kami banyak. Misal per hari itu bisa kejualribuan barang, mulai daricasingHP, powerbank, earphone, banyak deh. Sekarang nembus ratusan saja susah," keluhnya.

Meski penjualan menurun, Lela bersyukur masih ada beberapa langganan yang rajin kembali ke tokonya. Di sisi lain, ia sedih karena banyak rekan sejawatnya yang tak kunjung kembali melapak selepas covid-19 reda.

Ia berpendapat penjualan barang di tokonya masih terbantu sikap pengunjung yang tak 100 persen percaya barang di toko online. Menurutnya, ada beberapa langganan yang masih memegang teguh ajaran old schooldengan berkunjung langsung ke toko fisik.

Lanjut ke halaman sebelah...

Banyak toko gulung tikar, disewakan hingga dijual

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

dunia cermin tertinggi

bocoran harmonibet hari ini
Survei Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen (IKK) terhadap ekonomi RI merosot dari 128,3 menjadi 127,1,3 pada Juni 2023.
Survei Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen (IKK) terhadap ekonomi RI merosot dari 128,3 menjadi 127,1,3 pada Juni 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen(IKK) terhadap ekonomi RI merosot dari 128,3 menjadi 127,1,3 pada Juni 2023. Hal ini berdasarkan survei konsumen BI yang dilakukan bulan lalu.

"Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juni 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat," ujar Direktur Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Senin (10/7).

Bank sentral menilai keyakinan konsumen terbilang kuat karena IKK masih di zona optimis atau lebih dari 100.

Selanjutnya, Erwin mengungkapkan menurunnya keyakinan konsumen pada Juni 2023 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang meningkat.

Tercatat, IKE Juni 2023 sebesar 116,8, lebih rendah dibandingkan 118,9 pada Mei 2023. Tetap terjaganya IKE Juni 2023 terutama didukung oleh Indeks Penghasilan Saat Ini yang tercatat sebesar 125,1 tetap stabil sebesar 0,3 poin dari Mei 2023.

Penurunan juga terjadi pada IEK Juni 2023 sebesar 137,5, lebih rendah dari 137,8 pada bulan sebelumnya.

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tetap kuat terutama didorong oleh ekspektasi penghasilan sebesar 138,1 pada Juni 2023, meningkat dibandingkan 136,9 pada Mei 2023.

"IEK tetap kuat terutama didorong oleh komponen Indeks Ekspektasi Penghasilan yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya," ujarnya.

Survei konsumen merupakan survei bulanan BI untuk mengetahui keyakinan konsumen mengenai kondisi ekonomi yang tercermin dari persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi perekonomian ke depan.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/dzu)

Catatan Perjalanan Dimensi Raja Iblis

mpoplay
Bappebti resmi meluncurkan bursa kripto demi menjamin kepastian hukum dan mengutamakan perlindungan bagi masyarakat.
Bappebti resmi meluncurkan bursa kripto demi menjamin kepastian hukum dan mengutamakan perlindungan bagi masyarakat. Ilustrasi. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) resmi meluncurkanbursa kripto.

Pendirian bursa kripto itu dimuat Keputusan Kepala Bappebti Nomor 01/BAPPEBTI/SP-BBAK/07/2023 tertanggal 17 Juli 2023 tentang Persetujuan Sebagai Bursa Berjangka Aset Kripto kepada PT Bursa Komoditi Nusantara.

Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko mengatakan pembentukan bursa, kliring, dan pengelola tempat penyimpanan aset kripto tersebut sebagai bukti pemerintah hadir dalam upaya menciptakan ekosistem perdagangan aset kripto.

Hal lain yang juga diatur oleh Bappebti adalah pengelola tempat penyimpanan Aset Kripto melalui Keputusan Kepala Bappebti Nomor 01/BAPPEBTI/SP-PTPAK/07/2023 tertanggal 20 Juli 2023 tentang Persetujuan Sebagai Pengelola Tempat Penyimpanan Aset Kripto kepada PT Tennet Depository Indonesia.

Lihat Juga :
Sri Mulyani soal Julukan Menkeu Tukang Utang: Ketinggalan Kereta Jauh

Didid menjelaskan pembentukan bursa kripto yang dilakukan pada masa transisi Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) difokuskan agar industri mata uang digital itu tetap berjalan dan terjaga dengan baik. Bursa kripto juga diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian melalui penerimaan negara.

Adapun persetujuan sebagai bursa, kliring, dan pengelola tempat penyimpanan aset kripto tersebut mengacu pada Peraturan Bappebti Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka sebagaimana diubah dengan Peraturan Bappebti Nomor 10 Tahun 2019 dan Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka sebagaimana diubah dengan Peraturan Bappebti Nomor 13 Tahun 2022.

Menurut Didid, dalam pengembangan dan penguatan bursa, kliring, dan pengelola tempat penyimpanan aset kripto, Bappebti tidak bekerja sendiri. Bappebti membutuhkan kolaborasi dari kementerian/lembaga terkait, khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan, serta masyarakat luas.

Ke depan, kata Didid, industri dan perdagangan kripto ini dapat terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan industri.

Didid menuturkan perdagangan fisik aset kripto mengandung risiko yang cukup tinggi. Sesuai sifatnya, nilai aset kripto bisa mengalami peningkatan maupun penurunan nilai yang sangat drastis dalam waktu yang cepat.

"Untuk itu, diperlukan pemahaman yang baik di masyarakat termasuk manfaat, potensi, dan risiko dari perdagangan aset kripto," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Berjalan sendirian selama ribuan tahun

youtube slot gacor hari ini live
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan akan menemui bos Tesla Elon Musk untuk meminta kejelasan soal investasi perusahaan tersebut.
Ilustrasi. Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan akan menemui bos Tesla Elon Musk untuk meminta kejelasan soal investasi perusahaan tersebut. (Arsip Istimewa via CNBC Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menanggapi kabar terkaitTesla yang akan berinvestasi di Malaysia.

Menurutnya, perusahaan besutan Elon Musk itu masih belum menyuntik modal di Negeri Jiran tersebut.

"Belum ada Tesla juga. Saya mau ketemu Elon nanti (tanggal) 2 bulan depan (Agustus)," kata Luhut. "Ya itu, kita mau finalkan. Makanya tadi pertanyaan dia itu berkaitan dengan itu," imbuhnya.

Pengumuman ini datang usai Anwar rapat online dengan CEO Tesla Elon Musk.

Dalam rapat itu juga dihadiri Menteri Perdagangan dan Industri Tengku Zafrul Tengku Abdul Aziz, Menteri Komunikasi dan Digital Fahmi Fadzil serta Senior Director SpaceX Lauren Dreyer.

Dalam pernyataan resminya seperti dikutip dari Channel News Asia, Anwar mengatakan dia menyambut baik keputusan Tesla berinvestasi di Malaysia dan menyatakan pemerintahannya mendukung pembukaan kantor perusahaan di Selangor.

Lihat Juga :
Tarif Penyeberangan ASDP Naik 5 Persen, Berlaku 3 Agustus 2023

"Malaysia akan melanjutkan mengukuhkan komitmennya dalam subjek nol emisi karbon secepatnya pada 2050," kata Anwar.

Anwar juga menjelaskan dalam rapat dibicarakan tentang partisipasi SpaceX menyediakan layanan satelit Starlink untuk Malaysia buat memperluas akses internet.

Tesla juga sudah menawarkan mobil listrik Model Y di Malaysia seharga 199 ribu ringgit atau sekitar Rp657,8 juta. Model Y adalah mobil listrik terlaris di dunia pada kuartal pertama 2023.

Investasi Tesla di Malaysia ini melangkahi Indonesia yang sudah melakukan pendekatan sejak 2020. Bahkan Presiden Joko Widodo sudah sempat mengunjungi Musk tahun lalu untuk membicarakan investasi.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Kelahiran Kembali dan Mimpi

erek erek orang bisu
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Selasa (1/8) ini, melanjutkan penguatan pada awal pekan kemarin.
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Selasa (1/8) ini, melanjutkan penguatan pada awal pekan kemarin. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Selasa (1/8) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal laju indeks saham akan menguji level resistanceke 6.970.

"IHSG cenderung akan menguji kembali zona resistance6.950-6.970 karena ditutup di atas 6.925 yang sebelumnya merupakan resistance mirror," imbuh Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya juga memproyeksi IHSG menguat hari ini. Menurutnya, pergerakan indeks saham bakal ditopang oleh rilis data inflasi RI Juli 2023 yang diperkirakan masih dalam kondisi stabil.

Selain itu, kinerja laporan keuangan beberapa emiten yang mayoritas positif juga turut menjadi motor penggerak IHSG.

"Hal ini tentunya dapat membantu mendongkrak performa IHSG hingga beberapa waktu mendatang," ucap William.

Ia pun memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.821 dan resistance6.954 hari ini. William merekomendasikan sejumlah saham, yakni TBIG, BBCA, ASII, JSMR, SMGR, BBNI, GGRM, dan SMRA.

IHSG ditutup menguat 31,12 poin atau 0,45 persen ke level 6.931 pada perdagangan Senin (31/7) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp13,4 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,11 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)