petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

oglok

rtp area188 550Jutaan kata 191220Orang-orang telah membaca serialisasi

《oglok》

Profil PT LEN yang Akan Ditugaskan Ganjar Produksi Laptop Murah******

Ganjar Pranowo akan menugaskan PT LEN memproduksi laptop dan ponsel murah jika terpilih jadi presiden guna membendung impor Rp30 triliun.
Ganjar Pranowo akan menugaskan PT LEN memproduksi laptop dan ponsel murah jika terpilih jadi presiden guna membendung impor Rp30 triliun. (Arsip PT LEN Industri).
Jakarta, CNN Indonesia--

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebutkan beberapa langkah untuk membangun kedaulatan telekomunikasi di Tanah Air. Tujuannya untuk menekan impor ponsel yang nilainya hingga Rp30 triliun di 2023.

Pertama,membangun pabrik swasta yang bisa memproduksi ponsel murah. Hal ini pernah dilakukan di Semarang dan ponsel yang dijual harganya lebih terjangkau.

Kedua,ia pernah menugaskan PT LEN untuk memproduksi impor laptop murah. Namun, belum selesai karena tidak ada penugasan resmi dari pemerintah pusat.

Lihat Juga :
Erick Thohir Buka Alasan Tak Ikut Ahok Cs Mundur

Lalu siapa sebenarnya PT LEN?

PT LEN Industri Persero adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang usaha Elektronika untuk Industri dan Prasarana. Perusahaan ini didirikan pada 7 Oktober 1991.

Saat ini, perusahaan yang berkantor pusat di Bandung tersebut mempunyai 903 orang pekerja baik karyawan tetap maupun kontrak.

Awalnya, LEN didirikan pada 1965 dengan nama LEN (Lembaga Elektroteknika Nasional). Kemudian bertransformasi menjadi sebuah BUMN pada 1991.

Sejak saat itu LEN bukan lagi merupakan kepanjangan dari Lembaga Elektroteknika Nasional (LEN), tetapi telah menjadi sebuah entitas bisnis profesional dengan nama PT LEN Industri (Persero).

Salah satu peran LEN Industri adalah pada proyek Skytrain, sebuah sistem transportasi yang digunakan dalam pergerakan penumpang di tiga terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, serta di bangunan terintegrasi. Sistem ini adalah transportasi kereta yang pertama menerapkan teknologi moving blockdan driverless di Indonesia.

Berikut beberapa pengalaman yang sudah dilakukan oleh Len di bidang elektronika untuk industri dan prasarana:

- Sistem Persinyalan Kereta Api di berbagai jalur utama kereta api di Pulau Jawa dan Sumatera.
- Pembangunan urban transport di kota-kota besar seperti LRT Sumatera Selatan, LRT Jakarta, LRT Jabodebek dan Skytrain Bandara Soekarno Hatta Jakarta.
- Jaringan infrastruktur telekomunikasi yang telah terentang baik di kota besar maupun daerah terpencil. Salah satunya adalah Palapa Ring Paket Tengah yang menghubung 17 kabupaten Indonesia Bagian Tengah sehingga masyarakat dapat menikmati pita lebar.
- Elektronika untuk pertahanan, baik darat, laut, maupun udara. Radar, Taktikal Radio, Combat Management System (CMS) pada kapal perang, adalah beberapa produk andalan dalam spektrum bisnis pertahanan.
- Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang telah terpasang di berbagai pelosok Indonesia.
- Radar Cuaca, Stasiun Monitoring Gempa Bumi, Broadcasting (Pemancar TV dan Radio) yang telah terpasang di berbagai wilayah di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

Pemprov Bali Resmi Pungut Wisatawan Asing Rp150 Ribu******

Pemprov Bali resmi memungut biaya Rp150 ribu kepada turis asing mulai Senin (12/2).
Pemprov Bali resmi memungut biaya Rp150 ribu kepada turis asing mulai Senin (12/2). (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Denpasar, CNN Indonesia--

Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya resmi meluncurkan program pungutan wisatawan asing sebesar Rp150 ribu, pada Senin (12/2) sore.

Mahendra menyebut pungutan ini untuk pelindungan kebudayaan dan lingkungan alam Pulau Dewata. Pasalnya, ada keterbatasan kemampuan APBD Bali terbatas untuk mengongkosi program perlindungan tersebut. 

"Maka dari itu, adanya pungutan wisatawan asing ini diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan fiskal dalam APBD Provinsi Bali agar dapat berbuat lebih banyak lagi dalam rangka perlindungan kebudayaan dan lingkungan alam Bali, termasuk membenahi daya tarik wisata, infrastruktur, jalan serta meningkatkan promosi pariwisata," ujarnya, Senin (12/2).

"Pungutan dilakukan dalam sistem aplikasi Love Bali secara cashless untuk kemudahan dan menjaga akuntabilitas," ujarnya

Mahendra mencontohkan pungutan ini akan dipakai membiayai perlindungan dan restorasi warisan lontar, berbagai situs budaya, adat-istiadat, dan kesenian. Kemudian, untuk  mengatasi persoalan sampah, penghijauan, pengendalian dan pemanfaatan tata ruang wilayah dan lainnya.

Pemprov Bali mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada 2023 mencapai 5,2 juta orang. Angka ini, kata Mahendra, memang masih lebih rendah dibandingkan 2019 yang tembus 6,2 juta orang.

Sebelumnya,  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pungutan Rp150 ribu bagi turis asing di Bali bakal digunakan untuk mengatasi masalah sampah.

Pungutan sebesar Rp150 ribu bakal diberlakukan pada 14 Februari mendatang. Ia mengatakan pemerintah harus bekerja lebih keras lagi untuk memastikan destinasi pariwisata di Pulau Dewata dapat menangani permasalahan sampah dengan baik.

"Mulai tanggal 14 Februari, kita akan ada pungutan, yaitu pungutan sebesar Rp150 ribu khusus untuk menangani sampah," katanya di Kabupaten Badung, Bali, dikutip Antara, Rabu (31/1).

"Oleh karena itu, dengan adanya pungutan ini tidak ada alasan lain bahwa kita harus menangani sampah kita dengan lebih baik," imbuhnya.

Sandiaga pun menanggapi viralnya video turis Inggris yang mengeluhkan sampah di kawasan wisata Kuta. Menurutnya, keluhan itu adalah suatu masukan dan pengingat kepada seluruh pihak terkait untuk mengelola destinasi wisata lebih bersih dan mengesankan wisatawan.

"Kita jangan terus menjadi emosi karena postingan-postingan tersebut. Jangan kita mendiskreditkan wisatawan-wisatawan tersebut, tetapi itu adalah niat baik mereka. Kita berprasangka baik saja bahwa mereka ingin memberikan masukan kepada Bali," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]

(kdf/pta)

Dugaan Faisal Basri soal Menteri Kecewa ke Jokowi Belum Mundur Juga******

Faisal Basri menduga sejumlah menteri yang kecewa dengan Jokowi belum mundur karena disandera dengan kasus hukum.
Faisal Basri menduga sejumlah menteri yang kecewa dengan Jokowi belum mundur karena disandera dengan kasus hukum. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom Senior INDEF Faisal Basri mengungkap dugaan kenapa sejumlah menteri yang mulai jengah dengan sepak terjang Jokowi dalam mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tak jadi atau belum mundur sampai dengan saat ini.

Ia menduga itu semua terjadi karena ada pihak dari Jokowi yang 'menyandera' mereka dengan kasus hukum.

Menurut Faisal, para menteri itu belum juga mundur karena ada tim Jokowi yang mendekati para menteri itu. Tim kemudian mengancam mereka kalau mau mundur kasus hukum akan diungkap atau dilanjutkan aparat.

"Sejumlah menteri yang ada naga-naga (bau-baunya) mundur, didatangi oleh tim, 'nih, sudah selesai nih kasus hukumnya'. Inilah politik jahat Jokowi, menyandera," ucap Faisal.

Faisal sebelumnya mengatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan menteri lainnya mulai tak nyaman dengan Jokowi.

Hal itu tak terlepas dari kekecewaan terhadap kebijakan pemerintahan Jokowi yang dianggap merugikan masyarakat. Selain itu, dugaan keberpihakan Jokowi pada pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 juga menjadi alasan.

Salah satu yang disorot Faisal adalah masalah utang. Menurut Faisal, di bawah Jokowi, utang Indonesia sudah menembus sekitar Rp8 kuadriliun atau Rp8.000 triliun. Pasalnya, pemerintah membangun banyak hal tanpa mau kerja keras meningkatkan pendapatan.

Ia memperkirakan apabila dilanjutkan Prabowo, utang RI bisa bengkak menjadi dua kali lipat alias Rp16 ribu triliun. Utang-utang tersebut akan ditanggung oleh generasi muda.

Atas masalah itu, Faisal menyebut sejumlah menteri di kabinet Jokowi siap untuk mundur karena sudah tidak sejalan. Beberapa nama yang disebut Faisal siap mundur antara lain Sri Mulyani dan Basuki Basuki Hadimuljono.

Terkait hal ini, Faisal mengklaim mendengar kabar bahwa Sri Mulyani paling siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Karena itulah, ia mengajak masyarakat untuk membujuk Sri Mulyani mundur.

"Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani (menteri keuangan), Pak Basuki (menteri PUPR Basuki Hadimuljono), dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing," klaim Faisal.

Faisal pun mengatakan keadaan sekarang seolah menjadi momentum yang tepat untuk para menteri mundur.

[Gambas:Video CNN]

"Katanya nunggu momentum, mudah-mudahan momentum ini segera insyaallah jadi pemicu yang dahsyat, seperti Pak Ginandjar (Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Ginandjar Kartasasmita) dan 13 menteri lainnya mundur di zaman Pak Harto (Presiden Soeharto)," sambungnya.

Namun, Sri Mulyani sendiri tak pernah mengiyakan atau membantah isu itu. Kata dia selama ini dirinya hanya bekerja saja.

"Saya bekerja, saya bekerja, oke makasih," kata Sri Mulyani singkat ketika ditanya soal pengunduran dirinya di Istana Negara, Jumat (19/1).

Kepala Staf Presiden Moeldoko membantah isu 15 orang menteri siap mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo jelang Pemilu 2024. Dia memastikan kondisi kabinet pemerintahan baik-baik saja. Menurut Moeldoko, hal itu tampak dari suasana rapat-rapat di Istana.

Lihat Juga :
Perusahaan Anak Tommy Soeharto Guyur Rp1,2 T Bangun Lapangan Golf

"Di ruangan sidang kabinet semua berjalan happy-happy saja, tidak ada masalah komunikasi, tidak ada muncul emosi yang aneh-aneh," kata Moeldoko melalui keterangan video, Jumat (19/1).

Moeldoko menyampaikan bahwa tidak tampak pengaruh pilpres dalam kabinet Jokowi. Semua menteri bekerja dengan senang hati dan kompak.

Dia justru mempertanyakan klaim ekonom Faisal Basri soal 15 menteri siap mundur dari kabinet. Moeldoko menduga pernyataan itu sengaja digulirkan untuk mengganggu pemerintah.

"Tujuannya untuk menggoyang ini, menggoyang pemerintah pemerintahan yang sudah baik-baik ini, merongrong dan seterusnya," ujar Moeldoko.

(mrh/agt)




bab terbaru:rtp pucuk4d

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
ide777 slot
engine slot maxwin apk
totobet sdy
slot judi
taruhantoto4d
kredit cicilan hp
rajacuan69
permainan slot termudah
slot ninja
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot yang gampang menang
Bab 2 kredit hp lewat aplikasi
Bab 3 akun slot terpercaya
Bab 4 depo slot88
Bab 5 juragan69 rtp live
Bab 6 klikme88 info
Bab 7 aston777 pro
Bab 8 slot maxwin 2022
Bab 9 cara main telegram dibayar
Bab 10 uang 500rb
Bab 11 e voucher mtix
Bab 12 rupiah cepat terdaftar ojk
Bab 13 hokbet
Bab 14 macan slot online
Bab 15 prediksi togel cambodia archives
Bab 16 cari situs slot gacor
Bab 17 slot paling gacor banget
Bab 18 slot 88 gacor hari ini
Bab 19 slotkakekpetir
Bab 20 slot game gacor
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6912bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Departemen Penelitian Non Ilmiah

hiu4d slot
John Lewis Partnership, pemilik ritel John Lewis dan Waitrose, sedang mempertimbangkan untuk memangkas hingga 11 ribu pegawai dalam lima tahun ke depan.
John Lewis Partnership, pemilik ritel John Lewis dan Waitrose, sedang mempertimbangkan untuk memangkas hingga 11 ribu pegawai dalam lima tahun ke depan. Ilustrasi. (iStockphoto/ilbusca).
Jakarta, CNN Indonesia--

John Lewis Partnership, pemilik ritel John Lewis dan Waitrose, sedang mempertimbangkan untuk memangkas hingga 11 ribu pegawai di Inggrisdalam lima tahun ke depan.

Berdasarkan laporan Guardianyang dilansir Reuters, Sabtu (27/1), seorang sumber mengungkapkan minimal 10 persen dari tenaga kerja dapat terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) di kantor pusat grup, supermarket, dan department store.

Jumlah karyawan diperkirakan akan berkurang secara bertahap selama bertahun-tahun tanpa adanya penggantian, tambah laporan itu.

"Hal ini berhasil dan kinerjanya meningkat, namun seperti yang telah kami umumkan, hal ini berarti mengurangi jumlah mitra yang kami perlukan dalam bisnis kami," tambahnya.

Peritel asal Inggris ini memperingatkan pada Maret lalu bahwa mereka harus mengurangi jumlah staf dan menghapuskan bonus apa pun tahun lalu setelah pelanggannya mengurangi belanja, sehingga menyebabkan kerugian tahunan membengkak.

Grup berusia 159 tahun ini kesulitan dalam beberapa tahun terakhir di tengah persaingan yang ketat dan biaya pengembangan penawaran daringnya.

Ketua John Lewis Sharon White, yang akan mengundurkan diri pada 2025, juga mengatakan pada September tahun lalu bahwa penyelesaiannya akan memakan waktu dua tahun lebih lama dari yang direncanakan dan menghabiskan lebih banyak uang karena tekanan inflasi.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/pta)

Mata Dharma Tertinggi

bocoran harmonibet
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menyebut beras mahal karena harga gabah, sewa lahan dan pupuk naik.
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menyebut beras mahal karena harga gabah, sewa lahan dan pupuk naik. (Foto: Arsip Istimewa)
Daftar Isi
  • 1. Kenaikan harga gabah kering
  • 2. Kenaikan sewa lahan
  • 3. Kenaikan harga pupuk
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkap tiga penyebab hargaberasmelambung tinggi.

Ia menyebut bansos beras pemerintah bukan pemicu harga beras di pasaran mahal.

Lihat Juga :
Jokowi Curhat 22 Ngerem hingga Setop Ekspor Beras ke RI

"Kalau harga gabahnya Rp8.000 maka jangan heran harga berasnya Rp16 ribu. Kalau mau harga berasnya Rp14 ribu maka harga gabahnya kurang lebih Rp7.000," ujar dia di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Rabu (27/2).

"Kalau teman-teman melihat harga beras Rp11 ribu atau Rp10 ribu, ya harga gabahnya Rp4.000 sampai Rp5.000," sambungnya.

Ia mengatakan harga GKP naik karena kurangnya produksi. Saat produksi di bawah 2,5 juta ton setara beras dalam sebulan, makan akan menimbulkan rebutan gabah di tingkat petani.

2. Kenaikan sewa lahan

Arief juga mengungkap kenaikan sewa lahan menjadi salah satu penyebab melonjaknya harga beras.

3. Kenaikan harga pupuk

Penyebab ketiga adalah kenaikan harga pupuk. Arief menyebut faktor ini juga menjadi penyebab harga beras masih mahal.

Lihat Juga :
Jokowi Pastikan Pupuk Subsidi Ditambah Jadi 9,5 Juta Ton Tahun Ini

Bapanas menargetkan harga beras akan turun seiring dengan menurunnya harga gabah di sekitar Rp6.500 - Rp7.00 per kg saat panen raya mulai di Maret.

"Maret ini panennya akan 3,5 juta ton. Itu prediksi dari teman-teman BPS. Kemudian, minggu-minggu ini panen lokal sudah dimulai sehingga harga gabah ini akan berangsur turun dari sebelumnya di angka Rp8.600-Rp8.7000, akan turun jadi Rp8.000, dan akan turun lagi menjadi sekitar Rp6.500," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sarijowan sebelumnya menyindir lonjakan harga beras dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin.

Reynaldi mengungkapkan harga beras saat ini melonjak hingga 20 persen. Ia menyebut harga beras saat ini menjadi Rp18 ribu per kilogram, naik tinggi dibandingkan biasanya sekitar Rp14 ribu per kg.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

pengolahan mayat

bibit168 slot
Selama gelaran Full Day Sale hari ini, Transmart yang kasih potongan harga untuk aneka kebutuhan harian, mulai dari detergen, sabun, tisu, hingga kecap manis!
Selama gelaran Full Day Sale hari ini, Transmart yang kasih potongan harga untuk aneka kebutuhan harian, mulai dari detergen, sabun, tisu, hingga kecap manis! (CNN Indonesia/Farras Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Stok kebutuhan sehari-hari mulai menipis? Itu berarti saatnya belanja supaya stoknya kembali terpenuhi.

Sekarang ini, belanja kebutuhan harian gak perlu pusing lagi. Soalnya kalau belanja di Transmart sudah pasti selalu ada diskon.

Lihat Juga :
Transmart Diskon 20% Tiap Hari, Belanja Produk Fresh Jadi Lebih Murah

Bagi yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan bisa segera unduh Allo Bank melalui ponsel masing-masing, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa klaim diskon saat belanja.

Atau bisa mengajukan pembukaan kartu kredit instan Bank Mega atau Bank Mega Syariah di setiap gerai Transmart.

Jadi tunggu apalagi, yuk segera belanja semua kebutuhan rumah Anda di gerai Transmart terdekat.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

tahun-tahun masa mudaku

linetoge
Negara anggota OPEC+ yang dipimpin Arab Saudi dan Rusia setuju untuk sukarela memotong produksi minyak hingga 2,2 juta barel per hari sampai kuarter kedua.
Ilustrasi kilang minyak. (iStock/zorazhuang)
Jakarta, CNN Indonesia--

Negara anggota OPEC+yang dipimpin Arab Saudi dan Rusia setuju untuk sukarela memotong produksi  hingga 2,2 juta barel per hari sampai kuartal kedua.

Hal itu dilakoni untuk mendorong ekstra ke pasar di tengah kekhawatiran terhadap pertumbuhan global dan peningkatan produksi di luar kelompok tersebut.

Anggota OPEC+ mengumumkan pengurangan produksi secara individual pada Minggu (3/3) ini, dan OPEC kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengkonfirmasi total pengurangan produksi sebesar 2,2 juta barel per hari.

Mengutip dariReuters, Arab Saudi--secara de facto adalah pemimpin organisasi negara penghasil minyak itu--menyatakan negara tersebut akan memperpanjang pemotongan sukarela sebesar 1 juta barel per hari (bpd) hingga akhir Juni, sehingga produksinya berada di sekitar 9 juta barel per hari.

Sementara itu Rusia, akan memotong produksi minyak dan ekspor hingga 471 ribu barel per hari pada kuarter kedua.

Negara lain--Irak menyatakan bersedia memotong hingga 220.000 barel per hari untuk kuartal kedua, Uni Emirat Arab (UEA) memotong hingga 163.000 barel per hari, Aljazair memotong hingga 51.000 barel per hari.

Lalu Oman memotong hingga 42.000 barel per hari, Kazakhstan menyatakan akan memotong hingga 82.000 barel per hari, dan Kuwait memotong 135.000 barel per hari untuk Juni mendatang.

Lihat Juga :
Rusia Larang Ekspor Bensin Mulai 1 Maret, Berlaku 6 Bulan

OPEC+ telah menerapkan serangkaian penurunan produksi sejak akhir 2022 silam untuk mendukung pasar di tengah peningkatan produksi dari Amerika Serikat dan produsen non-anggota lainnya, serta kekhawatiran atas permintaan ketika negara-negara besar bergulat dengan suku bunga yang tinggi.

Total pemotongan yang dijanjikan OPEC+ sejak 2022 lalu telah mencapai sekitar 5,86 juta barel per hari, atau--menurut perhitungan Reuters--setara dengan sekitar 5,7% dari permintaan harian dunia.

Prospek permintaan minyak tidak pasti untuk tahun ini. OPEC memperkirakan satu tahun lagi pertumbuhan permintaan yang relatif kuat sebesar 2,25 juta barel per hari, dipimpin oleh Asia, sementara Badan Energi Internasional memperkirakan pertumbuhan yang jauh lebih lambat sebesar 1,22 juta barel per hari.

Tantangan lebih lanjut bagi OPEC+ adalah IEA juga memperkirakan pasokan minyak akan tumbuh ke rekor tertinggi sekitar 103,8 juta barel per hari pada tahun ini, yang hampir seluruhnya didorong produsen di luar OPEC+, termasuk Amerika Serikat, Brasil, dan Guyana.

Harga minyak mentah Brent LCOc1 ditutup ,64 lebih tinggi atau 2 persen, menjadi ,55 per barel pada hari Jumat (1/3), naik lebih dari 8 persen sepanjang tahun ini.

(Reuters/kid)

[Gambas:Video CNN]

Protagonis laki-laki dalam perjalanan waktu fantasi tidak mudah untuk dipusingkan

slot jp terbaru
Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut Indonesia siap memproduksi massal baterai kendaraan listrik mulai April 2024 nanti.
Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut Indonesia siap memproduksi massal baterai kendaraan listrik mulai April 2024 nanti. (CNN Indonesia/Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut Indonesia siap memproduksi massal baterai kendaraan listrikmulai April 2024 nanti.

Kesiapan disampaikan oleh Staf Khusus Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tina Talisa. Ia mengatakan produksi masal itu akan dilakukan PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berbasis di Karawang, Jawa Barat.

Ia mengatakan produksi massal ini merupakan sejarah baru dan menunjukkan bahwa komitmen hilirisasi yang dilakukan pemerintah dalam beberapa tahun belakangan ini bukan hanya wacana.

Ia berharap produksi massal ini bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu Direktur PT HLI Green Power Hong Woo Pyoung mengatakan untuk mendukung kelancaran ini, pihaknya sudah mempersiapkan rencana produksi sejak September 2023.

Persiapan salah satunya dilakukan dengan melatih para teknisi yang terlibat dalam produksi tersebut.

"Kami telah menyiapkan segala sesuatu sejak September 2023 lalu. Kami siap untuk melakukan produksi secara massal di April 2024 ini. Para engineer dari Indonesia pun telah kami latih selama setahun dan masih akan terus kami berikan pelatihan. Mereka sangat pintar, rajin, dan kompeten. Kami sangat bangga pada para engineer dari Indonesia," ucap Hong Woo Pyoung.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Protagonis laki-laki dalam perjalanan waktu fantasi tidak mudah untuk dipusingkan

pinjam uang lewat shopee
Kemenko Marves menyebut bakal ada investor asing membangun pabrik motor listrik di Indonesia tahun ini.
Kemenko Marves menyebut bakal ada investor asing membangun pabrik motor listrik di Indonesia tahun ini. (CNN Indonesia/Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto mengungkapkan bakal ada investorasing membangun pabrik motor listrikdi Indonesia tahun ini.

Ia mengatakan pabrik rencananya bakal dibangun di Karawang, Jawa Barat pada kuartal kedua atau ketiga tahun ini. Meski begitu, Seto belum bisa membocorkan produsen motor dari negara mana yang akan membangun pabrik di Tanah Air itu.

"Ditunggu saja, tapi motor ini jagoan-jagoannya kalau bukan dari India dari China. Ditunggu saja," kata Seto di The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, Kamis (29/2).

Meski begitu, Seto juga belum mau merinci berapa besaran investasi yang bakal dikucurkan. Ia hanya menyebut nilainya mencapai ratusan juta dolar AS.

"Mungkin berapa ratus juta (dolar AS), gak begitu besar," katanya.

Pemerintah belakangan getol mengajak investor asing untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut perusahaan mobil listrik asal Vietnam VinFast akan membangun pabrik di Indonesia tahun ini.
Agus mengatakan ada sejumlah calon lokasi pabrik, beberapa di antaranya adalah kawasan industri yang sudah pernah dibangun.

"Tahun ini akan mulai konstruksi," kata Agus usai rapat dengan Jokowi terkait investasi VinFast di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/2) lalu.

Agus memastikan belum ada keputusan tentang lokasi pabrik VinFast. Dia menyebut perusahaan itu juga masih mengkaji beberapa pilihan wilayah.

Ia juga belum bisa memastikan kapan VinFast beroperasi di Indonesia, serta apakah perusahaan itu akan menjual produk kendaraan listrik di Indonesia atau hanya mendirikan pabrik saja.

"Kita mesti melihat skema investasinya dulu, baru bisa jual. Intinya market, pengenalan market," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menjemput investasi Rp18,6 triliun dari perusahaan mobil listrik VinFast. Hal itu ia umumkan setelah Chairman VinFast Pham Nat Vuong di Hai Phong beberapa bulan lalu.

VinFast juga sudah memperkenalkan diri di Indonesia. Mereka hadir di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 15-25 Februari 2024.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)