petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

ovodewa

dolar138 slot 557Jutaan kata 436537Orang-orang telah membaca serialisasi

《ovodewa》

Beli Anggur Muscat di Transmart buat Tahun Baruan Diskon 20% Tiap Hari******

Transmart kasih diskon 20 persen setiap hari buat beragam produk segar terpilih seperti anggur hijau muscat. Cus beli buat tahun baruan!
Transmart kasih diskon 20 persen setiap hari buat beragam produk segar terpilih, salah satunya anggur hijau muscat (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart kasih diskon 20 persen setiap hari buat beragam produk segar terpilih, salah satunya anggur hijau muscat. Cus, beli banyakan buat stok tahun baruan!

Buah yang lagi viral di media sosial ini banting harga di Transmart jadi Rp5.592 per 100 gram dari harga promo Rp6.990 per 100 gram. Murah banget, kan?

Lihat Juga :
Serbu Daging Shabu di Transmart buat Stok Tahun Baruan, Ada Diskon 20%

Biar bisa dapat diskon belanja 20 persen ini, pelanggan cukup lakukan transaksi menggunakan Allo Prime atau Kartu Kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Kapan lagi bisa beli anggur segar berkualitas semurah ini kalau bukan di Transmart! Mumpung lagi diskon, langsung aja ke Transmart sekarang juga ya dan borong anggur muscat buat tahun baruan!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Apa Kata Pakar soal Hilirisasi Digital yang Jadi Program Gibran?******

Sejumlah pengamat tak mengerti maksud hilirisasi digital yang disampaikan oleh Gibran saat debat cawapres. Istilah yang baru didengar.
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti debat pertama Cawapres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023). (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pengamat merespons pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Rakasoal hilirisasi digital.

Gibran berulang kali menyampaikan istilah hilirisasi digital dalam debat cawapres Pilpres 2024, Jumat (22/12).

"Kami akan lanjutkan hilirisasi. Bukan hanya hilirisasi tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain," ucap Gibran.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Izzudin Al Farras Adha mengatakan tidak ada istilah hilirisasi digital dalam dunia akademik.

"Saya tidak tahu karena tidak ada istilah hilirisasi digital di dalam berbagai literatur akademik maupun dokumen laporan terkait," katanya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (23/12).

Izzudin lantas mengatakan yang sebaiknya menjelaskan terkait hilirisasi digital adalah tim sukses Prabowo-Gibran.

Senada, Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Nailul Huda mengaku heran dengan istilah hilirisasi digital ala Gibran tersebut. Ia menyebut apa yang disampaikan Gibran tidak jelas dan hanya diucapkan untuk kepentingan kampanye semata.

"Hilirisasi digital itu program yang tidak jelas, tidak terarah, hanya untuk strategi kampanye menyasar pemilih yang terkesima dengan jargon-jargon hilirisasi dan digital. Tapi jadi bahan tertawaan masyarakat lainnya," katanya.

Lihat Juga :
Budiman Sebut Prabowo-Gibran Komitmen Genjot Infrastruktur Digital

Nailul menjelaskan hilirisasi biasanya proses pengolahan bahan baku atau raw material menjadi barang yang memiliki nilai tambah tinggi.

"Apa yang mau dihilirisasi dari digital? Teknologinya, manusianya, atau apa? Ini dari digital apa yang raw material? Nilai tambahnya di mana?" katanya.

Sementara Founder Drone Emprit Ismail Fahmi juga baru mendengar istilah hilirisasi digital seperti yang disampaikan Gibran.

"Baru dengar istilah itu. Musti tanya ke tim 02 apa yang mereka maksud," kata Ismail.

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira juga mengatakan hilirisasi yang disampaikan Gibran agak rancu karena digital merupakan jasa, bukan barang industri atau komoditas.

Padahal terminologi hilirisasi, kata Bhima, biasanya melekat pada penciptaan nilai tambah pada sektor berbasis komoditas atau industri.

"Kalau yang dimaksud Gibran seperti AI kemudian blockchain dan web3 itu lebih tepatnya inovasi digital. Maksudnya mungkin pengembangan digitalisasi karena saat ini sudah sampai pada tahap web4 di mana teknologi internet tidak hanya terdesentralisasi tapi juga tersebar luas," kata Bhima.

Sedangkan Praktisi Teknologi Informasi, Ainun Nadjib berpendapat bahwa yang Gibran ucapkan tidak realistis karena belum ada ekosistem yang mendukung Indonesia menguasai hulu sampai ke hilir di sektor digitalisasi.

"Hilirisasi itu kan ketika kita menguasai hulu, tapi tidak menguasai hilir, misalnya tambang bahan mentah kita punya, tapi belum bisa mengolah," ucap Ainun.

"Lah digital itu kita tidak menguasai hulunya, China saja tidak menguasai hulunya. Justru karya-karya anak bangsa adanya hilir semua, aplikasi2 yang langsung dipakai masyarakat sebagai produk akhir," ucap Ainun kemudian.

[Gambas:Twitter]

Lihat Juga :
Budiman Jelaskan Hilirisasi Digital ala Gibran di Debat Cawapres

Penjelasan kubu Gibran

Sementara itu, Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Budiman Sudjatmiko mengatakan hilirisasi digital yang disampaikan Gibran dimaknai dalam dua hal.

Pertama, hilirisasi digital sebagai bentuk pembangunan ekosistem digital atau digitalisasi rantai pasok.

"Dari hulu sampai hilir berupa produk alat teknologi atau technological devices seperti laptop, smartphone, komputer personal untuk berbagai sektor industri," katanya.

Artinya, sambung Budiman, membangun ekonomi digital tidak cukup hanya pengembangan aplikasi saja tetapi juga mempersiapkan infrastruktur jaringan atau konektivitas internet serta membangun industri perangkat digitalnya pula.

Pengembangan hilirisasi digital dengan pendekatan ekosistem itu, katanya sering diistilahkan dengan Device, Network and Application (DNA).

"Sumber daya apa yang dibangun dalam ekosistem ini dan bernilai tambah tinggi? Data. Karena itu tepat sekali ketika Mas Gibran juga mengingatkan pentingnya membangun sistem Cyber Security dan Cyber Defense saat bicara ekonomi digital, karena pada akhirnya, data dan pengolahan data secara digital (dengan menggunakan teknologi AI atau Blockchain) yang memiliki nilai tambah ekonomi terbesar," katanya.

Lihat Juga :
DEBAT CAWAPRESGibran Janji Lanjutkan Hilirisasi Banyak Sektor Jika Menang Pilpres

Pemaknaan kedua terkait hilirisasi digital, kata Budiman, adalah melakukan digitalisasi secara intensif dalam suatu rantai pasok industri. Hal itu terkait potensi teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses industri di semua lini.

"Sebagai contoh untuk rantai pasok pangan, maka hilirisasi digital dimaknai dengan penerapan teknologi digital sejak pengembangan pupuk dan bibit unggul, proses produksi melalui IOT Smartfarming, digitalisasi logistik dan distribusi, digitalisasi pengolahan hasil pertanian hingga pengembangan e-commerce sektor pangan," katanya.

Budiman mengatakan hilirisasi digital telah diterapkan di China dan Amerika Serikat (AS). China, katanya, membangun ekonomi digitalnya dengan lengkap mulai dari teknologi chips, industri perangkat digital, teknologi internet, hingga pengembangan aplikasi-aplikasi berbasis AI yang sangat canggih.

Sementara AS, memiliki kapasitas teknologi yang kuat di pengembangan teknologi chips, perangkat digital dan teknologi satelit.

"Kedua negara tersebut kemudian dengan mudah melakukan digitalisasi di berbagai sektor industrinya," kata Budiman.

(fby/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk Borong Elektronik Mumpung Diskon di Transmart Full Day Sale Besok******

Transmart Full Day Sale kembali hadir dengan diskon fantastis untuk berbagai produk elektronik unggulan, seperti TV LED, kulkas, hingga AC.
Transmart Full Day Sale kembali hadir dengan diskon fantastis untuk berbagai produk elektronik unggulan, seperti TV LED, kulkas, hingga AC. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kesempatan emas bagi Anda yang ingin melengkapi rumah dengan barang elektronik canggih dengan harga terjangkau.

Transmart kembali hadir dengan promo Full Day Sale yang memberikan diskon fantastis untuk berbagai produk elektronik unggulan seperti TV LED, kulkas, hingga AC.

Lihat Juga :
Transmart Tempatnya Belanja Murah, Kini Diskon 20% Tiap Hari

Berikut diskon produk elektronik di Transmart Full Day Sale dari berbagai merek ternama dan berlaku untuk pembelian di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

  • AC Split 1/2 PK merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp4.199.000, harga diskon jadi Rp2.699.200. Harga khusus Pulau Jawa, Bali, Lampung dan bonus pipa plus instalasi standard gratis.
  • AC Split 1/2 PK merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp3.899.000, harga diskon jadi Rp2.799.200. Harga khusus Luar Pulau Jawa, Bali, Lampung dan bonus pipa plus instalasi standard gratis.
  • Kulkas side by side 472L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp12.649.000, harga diskon jadi Rp9.239.200. Harga khusus Luar Pulau Jawa, Bali, Lampung.
  • Kulkas side by side 472L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp12.049.000, harga diskon jadi Rp8.799.200. Harga khusus Pulau Jawa, Bali, Lampung.
  • LED TV 50" UHD SMart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp6.969.000, harga diskon jadi Rp4.799.200.
  • LED TV 65" UHD SMart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp11.969.000, harga diskon jadi Rp7.199.200.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan bisa mengikut cara berikut.

Download Allo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon puluhan persen tiap transaksi di Transmart Full Day Sale.

Alternatif lain bisa mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart. Jangan sampai terlewat diskonnya ya!

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:ura338

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
setiabet
www.togel singapore.com
baka88
yukepo88
kepogoal
harmonibet bocoran
situs slot pulsa indosat
pesonaqq
pinjam uang lewat wa
Daftar isi semua bab
Bab 1 aladin4d
Bab 2 situs 388 slot login
Bab 3 magnum188
Bab 4 buku mimpi gunung
Bab 5 link slot aman dan terpercaya
Bab 6 download situs slot
Bab 7 doa 77 slot online
Bab 8 jam gacor pg
Bab 9 macan 138 slot
Bab 10 vava4d
Bab 11 kredivo manado
Bab 12 cara mengisi kode pos di kredivo
Bab 13 depo 25 bonus 25 to kecil
Bab 14 link slot gacor pagi ini
Bab 15 situs judi slot gampang menang
Bab 16 situs judi online24jam terpercaya 2022
Bab 17 situs mahjong paling gacor
Bab 18 situs paling gacor mudah menang
Bab 19 cara mencicil tagihan kredivo
Bab 20 situs slot mudah jackpot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5332bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Otome berdiri teguh sebagai penjahat dalam pandangan dunia

hondatoto rtp
Harga ikan tongkol di Aceh turun dari Rp20 ribu menjadi Rp3.000 buntut melimpahnya hasil tangkapan nelayan.
Harga ikan tongkol di Aceh turun dari Rp20 ribu menjadi Rp3.000 buntut melimpahnya hasil tangkapan nelayan. (Istockphoto/Lina Moiseienko).
Banda Aceh, CNN Indonesia--

Hasil tangkapan ikan tongkol nelayandi Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja Lampulo, Banda Acehmeningkat tajam beberapa waktu belakangan ini hingga membuat harganya turun drastis.

Jika hari biasanya ikan tersebut per kilogramnya mencapai Rp15 ribu - Rp20 ribu, namun kini dihargai Rp3.000 sampai Rp4.000.

Seorang pedagang ikan di Lampulo, Abdul mengatakan kondisi itu terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman membenarkan hasil tangkapan nelayan jenis ikan tongkol di Lampulo meningkat tajam. Bahkan katanya, tangkapan per hari bisa sampai 100 ton.

Akibatnya harga ikan tongkol mengalami penurunan yang sangat signifikan. Dari pantauan pihaknya, harga ikan tongkol hari ini rata-rata Rp3.000-4.000/kg. bahkan bisa lebih rendah lagi jika kualitas ikannya kurang baik.

"Harga ikan tongkol anjlok akibat jumlah tangkapan yang sangat banyak dari biasanya, sehingga tidak semuanya mampu diserap pasar, khususnya yang jenis Deho," kata Aliman kepada wartawan.

Sementara untuk pasar lokal baik untuk konsumsi rumah tangga maupun kebutuhan unit pengolahan ikan yang menggunakan bahan baku ikan tongkol juga tidak mampu menyerap seluruhnya.

Apalagi cold storageyang ada di kawasan PPS Kutaraja Lampulo semua sudah full.

"Sementara untuk harga ikan jenis lainnya terpantau masih normal. Seperti ikan tuna, cakalang, kembung, dencis, dan dungon tidak mengalami perubahan harga yang berarti, harganya relatif stabil," ucapnya.

Ia mengaku melimpahnya produksi ikan tongkol ini tidak hanya terjadi di Aceh, tapi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

[Gambas:Video CNN]



(dra/agt)

[Gambas:Video CNN]

Katalog dewa perang terkuat

link slot server taiwan
Spesial akhir tahun, Transmart Full Day Sale akan berlangsung selama dua hari, pada Sabtu (30/12) dan Minggu (31/12), serbu diskonnya!
Spesial akhir tahun, Transmart Full Day Sale akan berlangsung selama dua hari, pada Sabtu (30/12) dan Minggu (31/12), serbu diskonnya! (CNN Indonesia/ Muhammad Feraldi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Spesial akhir tahun Transmart Full Day Sale akan berlangsung selama dua hari, pada Sabtu (30/12) dan Minggu (31/12).

Selama dua hari tersebut, pelanggan bisa menikmati berbagai promo dan harga aneka produk yang bertabur diskon.

Lihat Juga :
Belanja Auto Diskon di Transmart kalau Pakai Allo Bank atau Bank Mega

Diskon tambahan 20 persen bisa didapatkan khusus untuk pengguna Allo Bank, Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Ada banyak produk yang diskon loh. Mulai dari produk segar, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, sampai sepeda listrik dijamin bakal diskon.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

pembuluh darah jahat

daftar situs online
IHSG diproyeksi melemah pada perdagangan Senin (18/12) ini imbas faktor teknikal.
IHSG diproyeksi melemah pada perdagangan Senin (18/12) ini imbas faktor teknikal. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Senin (18/12) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham berpeluang memulaipullback.

Pullbackadalah suatu jeda atau penurunan moderat dalam grafik harga saham maupun komoditas yang bergerak naik.

Ia pun memproyeksi IHSG bergerak di rentangsupport6.965 dan resistance7.300 hari ini

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG menguat. Menurutnya, indeks saham terus bertahan pada rentang konsolidasi dengan potensi kenaikan yang masih terlihat cukup besar hingga akhir 2023.

Adapun salah satu motor penggerak IHSG hari ini adalah sikap Bank Indonesia (BI) yang disinyalir bakal menahan suku bunga acuannya pekan ini.

"Rilis suku bunga yang diperkirakan masih akan mencerminkan kondisi kestabilan perekonomian dalam negeri, hari ini IHSG berpotensi menguat," ucap William.

[Gambas:Video CNN]

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 7.002 dan resistance 7.231 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni UNVR, PWON, BBCA, JSMR, TLKM, HMSP, KLBF, ASRI, dan EXCL.

IHSG ditutup menguat 14,97 poin atau 0,21 persen ke level 7.190 pada perdagangan Jumat (15/12) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp20,53 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24,95 miliar saham.



(mrh/agt)

Bawa iPad Anda ke dunia lain

buku mimpi 10001
Dana kampanye ratusan miliar peserta pemilu tak dinikmati umkm. Model kampanye memobilisasi massa di tempat besar mulai ketinggalan zaman.
Dana kampanye ratusan miliar peserta pemilu tak dinikmati umkm. Model kampanye memobilisasi massa di tempat besar mulai ketinggalan zaman. (Foto: CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tahun politik kali ini sungguh berbeda dengan Pemilulima maupun 10 tahun sebelumnya bagi UMKM. Pengusaha konveksi yang biasanya dapat pesanan membludak, kini harus gigit jari.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mengakui pesta demokrasi yang berjalan sebentar lagi tersebut tak 'menetes' ke pelaku usaha kecil. Bahkan dari data yang dimiliki, omzet UMKM konveksi anjlok hingga 90 persen dibandingkan Pemilu 2019.

"Terdapat penurunan penjualan produk untuk kampanye cukup drastis sekitar 40-90 persen," ujar Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Yulius dalam konferensi pers, Senin (8/1) pekan lalu.

PDIP, misalnya, tercatat sebagai parpol yang penerimaan dan pengeluaran dananya paling besar. Dalam laporan awal dana kampanye (LADK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), total penerimaan PDIP yang dilaporkan Rp183 miliar, dan total pengeluarannya Rp115 miliar.

Sementara itu, Partai Bulan Bintang (PBB) tercatat sebagai parpol dengan penerimaan terkecil, yakni Rp301 juta dan total pengeluaran Rp228 juta.

KPU juga merilis laporan dana kampanye pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024.

Lihat Juga :
Kemenkeu Ungkap Alasan Pajak Hiburan Naik Jadi 40-75 Persen

Untuk periode 16-26 November 2023, dana awal kampanye pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tercatat paling besar, Rp31,4 miliar. Lalu, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD Rp23,3 mliar dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Rp1 miliar.

Lalu, ke mana larinya duit kampanye ratusan miliar itu, yang bahkan tidak menetes ke UMKM?

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution (ISEAI) Ronny P Sasmita mengatakan euforia kampanye 2019 lalu dengan saat ini memang sangat terlihat berbeda.

Bila sebelum pandemi lalu banyak terlihat keriuhan di lapangan saat masa kampanye, saat ini lebih 'sunyi' sehingga memberikan dampak tak menyenangkan bagi pelaku usaha konveksi.

Menurutnya, penyebabnya tak lain adalah kampanye yang dilakukan peserta pemilu fokus ke media online. Di mana, para elit politik lebih memilih mengalokasikan dananya untuk para buzzer atau influencer.

Sebetulnya, ia melihat bahwa perubahan era kampanye ini tidak hanya berdampak pada UMKM konveksi. Tapi juga iklan kepada media cetak maupun televisi yang sebelumnya ramai dilakukan.

"Dana kampanye banyak terserap ke alat peraga digital di platform-platform media sosial, terutama TikTok dan Instagram. Penyalurannya nampaknya melalui influencer-influencer dan iklan langsung partai dan caleg," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Lanjut ke halaman berikutnya...

Arena Kampanye Mulai Beralih ke Dunia Digital

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Peralatan dari dunia lain

togel demo
BEI menghentikan sementara perdagangan saham Wijaya Karya atau WIKA pada Senin (18/12) ini buntut masalah yang terjadi pada pembayaran Sukuk Mudharabah.
BEI menghentikan sementara perdagangan saham Wijaya Karya atau WIKA pada Senin (18/12) ini buntut masalah yang terjadi pada pembayaran Sukuk Mudharabah. (Dok. Sekretariat Kabinet).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan sahamPT Wijaya Karya(Persero) Tbk atau WIKA pada Senin (18/12) ini.

Penghentian itu dilakukan karena WIKA telah menunda pembayaran pokok Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Wijaya Karya Tahap I Tahun 2020 Seri A (SMWIKA01ACN1). Padahal, kewajiban pembayaran itu jatuh tempo pada hari ini.

Menurut BEI, hal tersebut mengindikasikan adanya permasalahan pada kelangsungan usaha perusahaan pelat merah itu.

BEI juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh WIKA.

Adapun landasan BEI menghentikan sementara perdagangan saham WIKA adalah sebagai berikut:

1. Surat PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. ("Perseroan") No. SE.01.01/A.CORSEC.02005/2023 tanggal 14 Desember 2023 perihal Informasi terkait Pembayaran Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Wijaya Karya Tahap I Tahun 2020 Seri A;

2. Surat PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) No. KSEI-4860/DIR/1223 tanggal 15 Desember 2023 terkait Penundaan Pembayaran Pelunasan Pokok Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Wijaya Karya Tahap I Tahun 2020 Seri A (SMWIKA01ACN1).

[Gambas:Video CNN]

Merespons penghentian itu, manajemen WIKA mengaku dapat memahami langkah BEI. 

"Itu hak dari Bursa Efek Indonesia atas konsekuensi penangguhan pembayaran pokok Sukuk Mudharabah PUB I Tahap I tahun 2020 Seri A yang jatuh tempo pada 18 Desember 2023, di mana WIKA tetap membayarkan bagi hasilnya (kupon) sesuai jadwal dan nilai yang sesuai pada perjanjian dengan pemegang sukuk," kata manajemen dalam pernyataan resmi yang diterima CNNIndonesia.

WIKA berdalih menunda pembayaran pokok sukuk dengan dua pertimbangan.

Pertama,pemberlakuan equal treatmentkepada para kreditur, khususnya pemegang obligasi PUB I Tahap 1 Tahun 2020 yang telah menyetujui perpanjangan jatuh tempo pokok obligasi Seri A selama 2 (dua) tahun dengan opsi beli (call option) sejak tanggal jatuh tempo dengan perseroan tetap membayarkan bunga tanpa melakukan perubahan terhadap tingkat bunga dan jadwal pembayarannya;

Kedua, proyeksi arus kas perseroan di akhir 2023 yang terbatas keterbatasan. Karena terbatas, perseroan memprioritaskan penggunaan kas untuk modal kerja dan pembayaran mitra kerja sebagai bagian dari langkah penyehatan.




(mrh/agt)

Ning Zhanyan Qiao Cang

pola gacor olympus modal receh
Maskapai India Akasa Air memesan 150 unit Boeing Max tak lama usai insiden jendela pesawat Boeing 737 Max 9 milik Alaska Airlines lepas beberapa waktu lalu.
Maskapai India Akasa Air memesan 150 unit Boeing Max tak lama usai insiden jendela pesawat Boeing 737 Max 9 milik Alaska Airlines lepas beberapa waktu lalu. Ilustrasi. (AP/Ted S. Warren).
Jakarta, CNN Indonesia--

Maskapai India Akasa Air memesan 150 unit Boeing737 tak lama usai insiden jendela pesawat Boeing 737 Max 9 milik Alaska Airlines lepas beberapa waktu lalu

Langkah maskapai baru India itu dinilai cukup berani. Perusahaan mengumumkan pembelian pesat itu pada pameran udara Wings India pada Kamis (18/1) kemarin.

Namun, Akasa Air hanya membeli pesawat 737 Max 10 dan Max 8-200 yang akan dikirim hingga 2032. Dengan kata lain, pesanan tak mencakup versi 737 Max 9 yang menjadi sorotan pasca insiden Alaska Airlines.

Mehra mengatakan maskapai tersebut tidak ingin melakukan diversifikasi armadanya. Saat ini maskapai ini mengoperasikan 22 pesawat dan akan menerima pengiriman total 204 pesawat hingga 2032 mendatang.

Kendati, ia tak membocorkan lebih lanjut kesepakatan antara Boeing dengan Akasa Air.

Saat ini India menjadi pasar penerbangan dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Permintaan penerbangan di negara itu jauh lebih tinggi dari ketersediaan pesawat.

Menteri Penerbangan Sipil Jyotiraditya Scindia memperkirakan jumlah armada di negaranya akan meningkat dari 700 menjadi 2.000 unit pada dekade berikutnya.

Lihat Juga :
Pemerintah Kaji Insentif Pajak Sektor Pariwisata Diskon Jadi 12 Persen

IndiGo, Air India, dan Akasa Air memiliki pesanan lebih dari 1.500 pesawat yang tertunda. Kesepakatan yang diumumkan tahun lalu itu diketahui bernilai miliaran dolar AS.

Sejak mulai terbang pada 2022, Akasa Air telah mengumpulkan pangsa pasar sebesar 4 persen. Sementara saingannya, yakni IndiGo (INGL.NS) memiliki pangsa terbesar, yaitu 60 persen. Sedangkan, maskapai Tata Group memiliki gabungan 26 persen.

Akasa Air sendiri berencana terbang ke Arab Saudi, Kuwait dan Qatar pada fase pertama ekspansi internasionalnya.

Pesawat Alaska Airlines yang membawa 174 penumpang dan enam awak penerbangan melakukan pendaratan darurat di usai panel jendela pesawat pecah di udara, tak lama setelah lepas landas dari Portland, Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat (AS).

Lihat Juga :
Survei Bloomberg ke 17 Ekonom: Anies Unggul dari Prabowo dan Ganjar

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS pun melakukan investigasi atas insiden yang terjadi di pesawat Boeing 737-9 Max maskapai Alaska Airlines tersebut.

Selain itu, Kantor Penerbangan Federal AS (FAA) pada Sabtu (6/1) memutuskan untuk melarang terbang (grounding) pesawat terkait dulu sementara waktu.

Mengutip Reuters, Administrator FAA Mike Whitaker mengatakan badan tersebut memerlukan pemeriksaan segera terhadap pesawat-pesawat terkait sebelum mereka dapat kembali terbang.

Imbasnya, perintah tersebut mempengaruhi setidaknya terhadap 171 pesawat sejenis di seluruh dunia. Petunjuk kelaikan udara darurat akan mewajibkan operator untuk memeriksa pesawat sebelum penerbangan selanjutnya yang tidak memenuhi siklus inspeksi.

Whitaker mengatakan inspeksi yang diperlukan akan memakan waktu sekitar empat hingga delapan jam per pesawat.

Sementara itu, perusahaan penerbangan Boeing menyatakan pihaknya mendukung tindakan inspeksi terhadap pesawat-pesawat jenis tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)