petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rtp catur777

adakami ojk atau bukan 578Jutaan kata 78990Orang-orang telah membaca serialisasi

《rtp catur777》

Gugatan Ditolak MK, PT GKP Nilai Tambang di Pulau Kecil Diperbolehkan******

MK menolak gugatan soal UU PWP3K terkait pertambangan di pulau-pulau kecil. PT GKP menilai putusan ini tidak melarang soal aktivitas tambang.
Aktivitas di lokasi tambang nikel PT GKP di Pulau Wawonii, Sulawesi Tenggara. (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan tambang nikel di Pulau Wawonii, Sulawesi Tenggara, PT Gema Kreasi Perdana (GKP) menilai tambangdi pulau-pulau kecil masih diperbolehkan selama memenuhi persyaratan.

Hal ini merespons gugatan mereka yang ditolak Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (21/3) lalu.

Manager Strategic Communication PT GKP Alexander Lieman mengatakan gugatan uji materi perusahaan terkait Undang-undang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (PWP3K) memang ditolak.

PT GKP menurutnya terus berkomitmen mematuhi aturan dan bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Lihat Juga :
MK Tolak Gugatan yang Minta Pesisir & Pulau Kecil Jadi Wilayah Tambang

"Kami untuk terus berkomitmen menjunjung tinggi syarat-syarat ini, agar pembangunan berkelanjutan di Pulau Wawonii bisa kita jalankan bersama-sama," kata Alex.

Dalam pertimbangannya di putusan tersebut, MK menurut Alex menyatakan bahwa aktivitas pertambangan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Indonesia sesungguhnya diperbolehkan sepanjang tidak melanggar rambu-rambu sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (UU PWP3K).

Alex mengatakan PT GKP mengajukan permohonan Uji Materiil (judicial review) ke MK sebagai tindak lanjut putusan Mahkamah Agung (MA) pada Bulan Desember 2022 lalu yang dinilainya menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

MA saat itu menilai larangan aktivitas pertambangan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil bersifat absolut.

Kondisi ini mendasari permohonan Uji Materiil PT GKP ke MK yang menuntut kepastian hukum terkait pemaknaan UU PWP3K, karena hasil putusan MA lalu dianggap bertentangan dengan Pasal 28D ayat 1 dan 28I ayat 2 UUD Tahun 1945.

Lihat Juga :
Pabrik Baterai Siap Ngegas, Hyundai Tambah Produksi Mobil Listrik

Putusan MK Bisa untuk Setop Tambang

Sementara itu Tim Advokasi Penyelamatan Pulau-pulau Kecil (TAPaK) menilai putusan Mahkamah Konstitusi justru harus dijadikan dasar pemerintah untuk menghentikan pertambangan di seluruh pulau-pulau kecil di Indonesia.

Tim advokasi terdiri dari lima lembaga swadaya masyarakat yakni Jatam, Kiara, Walhi, Trend Asia, dan YLBHI, termasuk perwakilan warga Pulau Wawonii.

Tim mencatat saat ini ada 218 izin usaha pertambangan dengan luas konsesi lebih dari 274.00 hektare di 34 pulau-pulau kecil di Indonesia. Salah satu pulau kecil yang diancam oleh aktivitas pertambangan ialah Pulau Wawonii di Sulawesi Tenggara yang menjadi tempat perusahaan tambang nikel PT GKP beroperasi.

"Putusan MK hari ini menunjukkan semangat perjuangan lingkungan khususnya di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil agar kelestarian ekologisnya tetap terjaga," kata kuasa hukum dari TAPaK, Fikerman Saragih dalam keterangan tertulis, Kamis (21/3).

Menurutnya putusan ini sejalan dengan semangat MK yang tercatat dalam Putusan MK Nomor 3 Tahun 2010 yang memberikan 4 hak konstitusional kepada masyarakat pesisir dan pulau kecil.

Lihat Juga :
Menjaga Pesisir dan Pulau-pulau Kecil dari Gerus Tambang

Beberapa di antaranya ialah hak mendapatkan perairan bersih dan sehat, hak untuk mengelola wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, dan hak untuk mendapatkan manfaat dari pengelolaan tersebut.

"Kita harus tetap mengawal implementasi dari keputusan MK hari ini, sehingga wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil bisa bebas dari tambang mineral yang ada di Indonesia," katanya.

Tim advokasi juga menilai PT GKP tak lagi punya legitimasi aktivitas pertambangan di Wawonii yang punya luas 715 km persegi atau masuk pulau kecil seperti diatur dalam UU PWP3K.

Lihat Juga :
Warga Wawonii Ngaku Lahan Diserobot Perusahaan Nikel, 40 Pohon Tumbang

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta membatalkan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) milik PT GKP pada September 2023. Putusan ini menghentikan kegiatan pertambangan PT GKP di Pulau Wawonii.

Akan tetapi PT GKP mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Jakarta dan menang sehingga aktivitas pertambangan kembali dilakukan.

Aktivitas pertambangan disebut kembali mencemari sumber air yang digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sumber air yang perlahan-lahan mulai jernih setelah PT GKP berhenti beroperasi, kini kembali berwarna coklat bercampur dengan lumpur akibat limbah pertambangan nikel.

(sur/sur)

IHSG Ditutup Melemah ke 7.247 Sore Ini******

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.247 pada Selasa (5/3) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.247 pada Selasa (5/3) sore. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.247 pada Selasa (5/3) sore. Indeks saham melemah 29,28 poin atau minus 0,40 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,61 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,72 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 198 saham menguat, 340 terkoreksi, dan 236 lainnya stagnan. Terpantau, 10 dari 11 indeks sektoral melemah, dipimpin oleh sektor properti, yakni minus 1,43 persen.

Senada dengan Asia, bursa saham Eropa bergerak bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,84 persen, indeks DAX di Jerman turun 0,21 persen.

Sementara, indeks CAC 40 di Prancis naik 1,46 persen.

Sedangkan, bursa saham AS kompak berada di zona hijau. Indeks S&P 500 menguat 0,53 persen, indeks NYSE Composite naik 0,72 persen, dan indeks NASDAQ Composite menguat 0,18 persen.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Jadwal dan Harga Promo Diskon Tiket KAI Lebaran 2024******

Tarif tiket promo reguler Ramadan Festive 2024 adalah Rp300 ribu untuk kelas eksekutif Rp250 ribu untuk kelas bisnis, dan Rp200 ribu untuk ekonomi.
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan total 38.000 tiket dengan potongan harga khusus pada masa angkutan Lebaran 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan total 38.000 tiket dengan potongan harga khusus pada masa angkutan Lebaran 2024. Diskon diberikan dalam program Ramadan Festive 2024.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengungkap promo Ramadan Festive 2024 dilaksanakan dengan dua mekanisme, yakni promo reguler dengan kuota 32.720 tempat duduk dan promo flash saledengan kuota 6.000 tempat duduk.

Ixfan mengatakan Ramadan Festive 2024 ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui penjualan tiket untuk mudik dan balik Lebaran 2024 relasi contraflow dengan tarif yang sangat terjangkau.

Lihat Juga :
KCI-Jepang Teken Kerja Sama Pengadaan Suku Cadang KRL Senilai Rp734 M

Tarif tiket promo reguler Ramadan Festive 2024 adalah Rp300 ribu untuk kelas eksekutif Rp250 ribu untuk kelas bisnis, dan Rp200 ribu untuk ekonomi.

Terdapat harga yang lebih rendah untuk sejumlah KA, yakni Rp200 ribu (kelas eksekutif) dan Rp150 ribu (ekonomi) untuk KA Argo Merbabu, KA Argo Muria, KA Argo Sindoro, dan KA Bogowonto.

Lalu, Rp200 ribu (kelas eksekutif), Rp150 ribu (kelas bisnis), dan Rp100 ribu (ekonomi) untuk KA Argo Cheribon, KA Menoreh, KA Pangandaran, KA Tawang Jaya Premium, dan KA Tegal Bahari.

Adapula harga tiket Rp50 ribu untuk kelas ekonomi pada KA Tawang Jaya.

Berikut daftar KA dan relasi yang mendapatkan promo reguler Ramadan Festive 2024.

A. Periode Keberangkatan 27 Maret sampai dengan 11 April 2024 atau kedatangan pada Stasiun Gambir dan Pasarsenen

1. KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasarturi - Gambir)
2. KA Argo Cheribon (Tegal/Cirebon - Gambir)
3. KA Argo Dwipangga (Solo Balapan - Gambir)
4. KA Argo Lawu (Solo Balapan - Gambir)
5. KA Argo Merbabu (Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir)
6. KA Argo Muria (Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir)
7. KA Argo Semeru (Surabaya Gubeng - Gambir)
8. KA Argo Sindoro (Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir)
9. KA Bangunkarta (Jombang - Pasarsenen)
10. KA Bima (Surabaya Gubeng - Gambir)
11. KA Bogowonto (Lempuyangan - Pasarsenen)
12. KA Brantas (Blitar - Pasarsenen)
13. KA Brawijaya (Malang - Gambir)
14. KA Gajayana (Malang - Gambir)
15. KA Gumarang (Surabaya Pasarturi - Pasarsenen)
16. KA Kertajaya (Surabaya Pasarturi - Pasarsenen)
17. KA Mataram (Solo Balapan - Pasarsenen)
18. KA Menoreh (Semarang Tawang Bank Jateng - Pasarsenen)
19. KA Pangandaran (Banjar - Gambir)
20. KA Sembrani (Surabaya Pasarturi - Gambir)
21. KA Senja Utama Yk (Yogyakarta - Pasarsenen)
22. KA Taksaka (Yogyakarta - Gambir)
23. KA Tawang Jaya (Semarang Poncol - Pasarsenen)
24. KA Tawang Jaya Premium (Semarang Tawang Bank Jateng - Pasarsenen)
25. KA Tegal Bahari (Tegal - Pasarsenen)



B. Periode Keberangkatan 13-26 April 2024 atau Keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen

1. KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasarturi)
2. KA Argo Cheribon (Gambir - Tegal/Cirebon)
3. KA Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan)
4. KA Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan)
5. KA Argo Merbabu (Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng)
6. KA Argo Muria (Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng)
7. KA Argo Semeru (Gambir - Surabaya Gubeng)
8. KA Argo Sindoro (Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng)
9. KA Bangunkarta (Pasarsenen - Jombang)
10. KA Bima (Gambir - Surabaya Gubeng)
11. KA Bogowonto (Pasarsenen - Lempuyangan)
12. KA Brantas (Pasarsenen - Blitar)
13. KA Brawijaya (Gambir - Malang)
14. KA Gajayana (Gambir - Malang)
15. KA Gumarang (Pasarsenen - Surabaya Pasarturi)
16. KA Kertajaya (Pasarsenen - Surabaya Pasarturi)
17. KA Mataram (Pasarsenen - Solo Balapan)
18. KA Menoreh (Pasarsenen - Semarang Tawang Bank Jateng)
19. KA Pangandaran (Gambir - Banjar)
20. KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasarturi)
21. KA Senja Utama Yk (Pasarsenen - Yogyakarta)
22. KA Taksaka (Gambir - Yogyakarta)
23. KA Tawang Jaya (Pasarsenen - Semarang Poncol)
24. KA Tawang Jaya Premium (Pasarsenen - Semarang Tawang Bank Jateng)
25. KA Tegal Bahari (Pasarsenen - Tegal)

KAI memberikan tarif tiket kereta Rp150 ribu untuk kelas eksekutif pada promo flash sale. Promo flash sale hanya dapat dilakukan di aplikasi Access by KAI pada 21 Maret 2024 pukul 13.00-14.00 WIB.

Selama promo flash sale, KAI juga akan melakukan live Instagram di akun @kai121_. Netizen berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa voucher dan suvenir menarik dari KAI karena ada game atau kuis.

Tak hanya itu, KAI juga bakal mengumumkan pengundian Umroh with Access by KAI Tahap 2 Tahun 2023 pada saat live berlangsung.

Berikut daftar KA dan relasi yang mendapatkan promo flash sale Ramadan Festive 2024.

A. Periode Keberangkatan 27 Maret sampai dengan 11 April 2024 atau kedatangan di Stasiun Gambir dan Pasarsenen

1. KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasarturi - Gambir)
2. KA Argo Dwipangga (Solo Balapan - Gambir)
3. KA Argo Lawu (Solo Balapan - Gambir)
4. KA Argo Merbabu (Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir)
5. KA Argo Muria (Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir)
6. KA Argo Semeru (Surabaya Gubeng - Gambir)
7. KA Argo Sindoro (Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir)
8. KA Bangunkarta (Jombang - Pasarsenen)
9. KA Bima (Surabaya Gubeng - Gambir)
10. KA Brawijaya (Malang - Gambir)
11. KA Gajayana (Malang - Gambir)
12. KA Sembrani (Surabaya Pasarturi - Gambir)
13. KA Taksaka (Yogyakarta - Gambir)

B. Periode Keberangkatan 13-26 April 2024 atau Keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen

1. KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasarturi)
2. KA Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan)
3. KA Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan)
4. KA Argo Merbabu (Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng)
5. KA Argo Muria (Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng)
6. KA Argo Semeru (Gambir - Surabaya Gubeng)
7. KA Argo Sindoro (Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng)
8. KA Bangunkarta (Pasarsenen - Jombang)
9. KA Bima (Gambir - Surabaya Gubeng)
10. KA Brawijaya (Gambir - Malang)
11. KA Gajayana (Gambir - Malang)
12. KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasarturi)
13. KA Taksaka (Gambir - Yogyakarta)

Lihat Juga :
INFOGRAFIS: Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 dalam Angka

Ixfan menyampaikan bahwa promo ini ditujukan agar masyarakat dapat bepergian pada tanggal dan rute alternatif untuk mudik dan balik Lebaran kali ini.

Ia menegaskan secara umum, tiket Angkutan Lebaran 2024 masih tersedia.

"Kami berharap dengan hadirnya promo Ramadan Festive 2024 pelanggan kereta api semakin banyak terutama untuk periode Angkutan Lebaran. KAI berkomitmen untuk menyelenggarakan Angkutan Lebaran 2024 dengan aman, nyaman, dan berkesan bagi pelanggan," imbuh Ixfan.

(pop/isn)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:cara pinjam uang di jago syariah

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
kimdongtoto
tafsir mimpi 52
pusat server taiwan situs slot online
mpo138
situs slot legal
rajatoto88
pola slot gacor terbaru
pinjol yang bunganya rendah
akun paling gacor slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 erek erek meninggal
Bab 2 deluxe111
Bab 3 link slot hari ini
Bab 4 trik bermain mahjong
Bab 5 pola gacor gatotkaca malam ini
Bab 6 cpgtoto
Bab 7 slot gacor online
Bab 8 kontes123
Bab 9 hoki777
Bab 10 angka jitu
Bab 11 sumo togel
Bab 12 cara dapat limit kredivo
Bab 13 aplikasi pinjaman seperti akulaku
Bab 14 cara bayar kta kilat
Bab 15 bigcoin88
Bab 16 jenis pinjol ilegal
Bab 17 prada4d slot
Bab 18 fosilqq
Bab 19 situs slot yang ada rtp
Bab 20 jayabola
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3372bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Sistem lotere paling kuat

rtp hoki99
Regional 4 berhasil mendongkrak pertumbuhan arus jumlah penumpang, kapal, dan barang rerata di atas 100 persen sepanjang tahun 2023.
Regional 4 berhasil mendongkrak pertumbuhan arus jumlah penumpang, kapal, dan barang rerata di atas 100 persen sepanjang tahun 2023. (Arsip Pelindo)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 berhasil mendongkrak pertumbuhan arus jumlah penumpang, kapal, dan barang rerata di atas 100 persen sepanjang tahun 2023 melalui standardisasi proses bisnis dan transformasi digitalisasi.

Dalam lamanPelindo, Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan Pelindo Regional 4 berhasil merealisasikan kinerja arus kapal yang bertumbuh dibandingkan tahun sebelumnya.

"Dari data yang ada, sepanjang 2023 lalu kami berhasil merealisasikan kinerja arus kapal yang bertumbuh sebesar 110,65% yaitu sebesar 437.332.884 GT dibandingkan tahun sebelumnya yakni 395.234.436 GT (Gross Tonnage, ukuran yang menunjukkan besarnya volume kapal) pada 2022," jelas Enriany Muis.

PHINNISI, adalah aplikasi kegiatan pelayanan kapal. Mulai permohonan, perencanaan, pengoperasian, billing, reporting, integrasi ke Inaportnet.

Aplikasi besutan Pelindo ini sudah terpasang di Regional 4 Makassar, Regional 4 Samarinda, Regional 4 Kendari, Regional 4 Pantoloan, Regional 4 Bitung, Regional 4 Ambon, Regional 4 Merauke, dan Regional 4 Sorong.

Lalu TONUS merupakan aplikasi kegiatan terminal peti kemas, mulai permohonan, perencanaan, pengoperasian, dan pelaporan. Aplikasi ini telah terpasang di Terminal Petikemas Makassar (TPM), yang kini disebut dengan TPK New Makassar Terminal 1 dan Terminal Petikemas Ambon.

Kemudian PTOS-M, yaitu aplikasi kegiatan pelayanan barang dan peti kemas konvensional, mulai permohonan, perencanaan, pengoperasian, pelaporan, dan telah terpasang di Regional 4 Makassar, Regional 4 Bitung, Regional 4 Balikpapan, Regional 4 Tarakan, Regional 4 Pantoloan, Regional 4 Sorong, Regional 4 Jayapura, serta di Regional 4 Gorontalo.

Adapun PTOS-R adalah implementasi sistem pada layanan kapal Roro dan penumpang yang saat ini telah terpasang di Pelabuhan Makassar, Balikpapan dan Pelabuhan Sorong, dan selanjutnya akan menyusul Pelabuhan Ambon, Nunukan dan Pelabuhan Samarinda.

Kini lanjut Regional Head 4 Pelindo, semua kegiatan di pelabuhan kelolaan di Regional 4 dapat terpantau setiap saat selama 24/7 atau 24 jam 7 hari dari dalam sebuah ruang kontrol yang terletak di lantai 3 kantor Makassar New Port (MNP) yang kini sebutannya menjadi TPK New Makassar Terminal 2.

"Dari ruang kontrol tersebut, semua aktivitas pelabuhan di Regional 4 dapat dipantau melalui empat aplikasi itu. Jadi semuanya sekarang sudah serba digital. Para pemilik kapal maupun barang juga bisa memantau gerak barang dan kapalnya melalui empat aplikasi itu di mana pun dan kapan pun, tanpa harus mendatangi kantor Pelindo," kata Enriany.

Division Head Operasional Pelindo Regional 4, Yusida M. Palesang menambahkan, bahwa melalui aplikasi yang digunakan Pelindo khususnya di Regional 4, juga dapat memangkas port stay dan cargo stay. "Dengan pelayanan yang semakin cepat, imbasnya kian banyak juga kapal yang sandar di pelabuhan-pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4," imbuh Yusida.

Dampaknya tentu juga dirasakan oleh seluruh masyarakat di Sulawesi Selatan, Kawasan Timur Indonesia, dan di seluruh Indonesia pada umumnya, melalui distribusi barang yang cepat dan lancar sehingga seluruh kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik.

Profil PT Pelabuhan Indonesia (Persero)

Transformasi digitalisasi yang dilakukan Pelindo membuat Pelindo Regional 4 menjadi salah satu kandidat pemenang di ajang CNN Indonesia Awards. Ajang penghargaan yang digelar CNN Indonesia ini berlangsung pada 21 Maret 2024 di kota Makassar.

Untuk CNN Indonesia Awards pertama, penghargaan akan diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten, BUMD, serta pihak swasta yang ada di Sulawesi Selatan.

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) adalah perusahaan BUMN Non-Listed milik Kementerian BUMN selaku Pemegang Saham mewakili Negara Republik Indonesia.

BUMN dalam layanan pelabuhan dapat menjadi lebih efisien dalam operasional dan investasi, tercipta jaringan transportasi laut yang optimal, serta dapat memberikan pelayanan yang prima dengan didukung oleh infrastruktur kepelabuhanan yang standar dan memadai.

Hal ini diwujudkan melalui penyusunan Kajian Sinergi dan Integrasi BUMN Pelabuhan yang menghasilkan outputberupa desain penggabungan keempat Pelindo pada tahun 2020.

(juh/juh)

Kelahiran kembali dan bersinar di Hong Kong

super slot 789
Menko Airlangga menyebutkan anggaran program makan siang gratis Prabowo bakal resmi masuk APBN usai KPU umumkan hasil Pilpres 2024.
Menko Airlangga menyebutkan anggaran program makan siang gratis Prabowo bakal resmi masuk APBN usai KPU umumkan hasil Pilpres 2024. (Foto: CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang PerekonomianAirlangga Hartarto menyebutkan anggaran program makan siang gratis Prabowo-Gibran akan dimasukkan secara resmi ke APBN setelah hasil perhitungan Pilpres 2024 resmi keluar.

Menurutnya, saat ini hanya sampai tahap pembahasan rencana untuk dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024. Namun, keputusan final setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan pemenang Pilpres.

"Sekali lagi kita baru bahas di dalam APBN sesudah ada keputusan daripada KPU siapa pemerintah yang akan datang," ujarnya dalam media briefing Kemenko Perekonomian, Jumat (8/3).

Ia menyebutkan bahkan simulasi yang sudah dilakukan tidak menggunakan APBN. Namun, pemerintah tetap ikut andil melaksanakan sembari menghitung perkiraan kebutuhan anggaran.

Menurutnya, simulasi program adalah inisiatif pemerintah daerah, di mana Kemenko Perekonomian hanya hadir sebagai tamu undangan.

"Jadi simulasi itu ya masing-masing daerah yang melakukan. Tadi saya menerima Bupati daripada Merauke dan juga mengirimkan undangan, kalau di sana namanya tadi gerakan makan ikan," kata dia.

Airlangga menekankan pemerintah hadir dalam simulasi untuk mempelajari dan melihat apa saja yang perlu diperbaiki dari makan siang gratis yang sudah dilaksanakan oleh pemda.

"Jadi beda lagi itu semua inisiatifnya adalah dari daerah dan kami di sini hanya belanja masalah aja. Jadi bagaimana nanti membuat kebijakan yang bisa dilakukan secara tepat sasaran, tepat jumlah, dan bisa dimanfaatkan oleh para pelajar," pungkasnya.

Sebelumnya, Airlangga hadir dalam simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten pada Kamis (29/2) lalu. Ia mengatakan dirinya hadir memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Ia menegaskan Pemkab Tangerang yang menginisiasi program tersebut menggunakan dana Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun, hadir pula Bupati Tangerang 2013-2023 sekaligus Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar yang memaparkan program makan siang tersebut dengan sebutan Gerakan Aksara alias Anak Sehat dan Sejahtera. Pria yang juga ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran DKI Jakarta itu yang mengusulkan kepada Menko Airlangga terkait penggunaan dana BOS.

"Pola pendanaannya, nah ini Pak (Airlangga), kita mengusulkan melalui BOS Spesifik atau BOS Afirmatif untuk khusus penyediaan makan siang bagi siswa. Ini bisa dengan rekening yang terpisah untuk setiap sekolah, dari BOS Reguler dipisah dengan BOS Afirmatif atau Spesifik ini," usul Zaki kepada Airlangga di SMPN 2 Curug, Tangerang.

"Penyalurannya melalui rekening sekolah langsung. Untuk kegiatan pendampingan dan organisasi perangkat daerah (OPD) ini didanai oleh APBD, ketersediaan dana sekolah dan pemantauan oleh pemerintah daerah ini semua dari APBD kabupaten/kota," imbuhnya.

Menko Airlangga tidak mengamini langsung usul tersebut. Namun, ia mengindikasikan bahwa dana BOS memang dimungkinkan untuk mendanai program yang identik dengan Prabowo-Gibran tersebut.

"Karena kalau model untuk SD-SMP kita relatif punya sistem, punya pipeline anggaran, salah satunya melalui BOS, dan secara spesifik itu bisa dibuat," balas Airlangga usai paparan Zaki.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Strategi Nanchen

pikslot88
Sepeda anak didiskon hingga 30% dengan harga mulai Rp300 ribu aja khusus gelaran Transmart Full Day Sale Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2).
Sepeda anak didiskon hingga 30% dengan harga mulai Rp300 ribu aja khusus gelaran Transmart Full Day Sale Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2). (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sepeda anak di Transmart Full Day Sale lagi didiskon nih, Bun, khusus periode Full Day Sale yang berlangsung hari ini, Sabtu (24/2).

Beragam jenis sepeda anak didiskon up to 30% dengan harga mulai Rp300 ribuan aja! Murah banget, kan?

Lihat Juga :
Cuma di Transmart, Aneka Produk Fresh Diskon 20% Tiap Hari

Selain sepeda anak, sepeda listrik juga didiskon gede-gedan. Sepeda listrik Exotic E-Bike Fastron dari harga normal Rp4.900.000, diskon jadi Rp3.696.000 per unit, berlaku untuk pembelian di seluruh gerai Transmart di Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp1.204.000.

Sementara sepeda listrik Exotic E-Bike Fastron khusus luar Pulau Jawa dari harga normal Rp5.200.000, diskon jadi Rp3.976.000 per unit. Pembeli hemat Rp1.224.000.

Seluruh harga diskon tersebut berlaku buat transaksi pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Diskon seharian ini berlangsung dari mulai toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini! Segera beli sepeda impian si kecil di Transmart hari ini juga ya.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

pembuluh darah jahat

beli motor pakai kredivo
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut akan menunda pelaksanaan sebagian aturan soal pembatasan barang impor bawaan penumpang pesawat.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut bakal menunda sebagian aturan pembatasan impor penumpang pesawat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pihaknya bakal menunda sementara aturan pembatasan barang impor bawaan penumpang pesawat dari luar negeri.

Adapun aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor. Aturan ini sedianya berlaku pada 10 Maret 2024 kemarin.

Zulhas mengatakan penundaan pemberlakuan pembatasan barang impor itu seiring dengan banyaknya protes dari asosiasi dan masyarakat.

Lihat Juga :
Daftar 5 Barang Impor Penumpang yang Dibatasi Bea Cukai per 10 Maret

"Permendag 36 karena banyak keluhan, ada soal bawa sepatu lah, soal bedak, atau macam-macam, nanti kita evaluasi sesudah bikin surat ke Menko Perekonomian untuk kita bahas kembali," katanya di Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat, (14/3).

Kendati, Zuhas tidak merinci poin apa yang akan ia masukan dalam revisi permendag tersebut. Ia mengatakan sejatinya pembatasan barang impor bawaan penumpang pesawat sudah diterapkan lama.

Pembatasan langsung dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPUBC TMP) C Soekarno-Hatta, Tangerang membatasi lalu lintas barang impor penumpang pesawat dari luar negeri per 10 Maret lalu.

Setidaknya ada lima barang bawaan penumpang yang mereka batasi, yakni; alat elektronik, alas kaki, barang tekstil, tas, dan sepatu.

Lihat Juga :
Jemaah Haji Makassar Ngaku Diperas Rp550 Juta, Bea Cukai Soetta Bantah

Dengan pembatasan itu, maka jumlah komoditas barang bawaan penumpang memiliki batas maksimal saat kembali pulang ke Tanah Air.

"Komoditas yang dibatasi jumlah bawaannya terdiri dari alas kaki maksimal dua pasang per penumpang, kemudian tas dua buah per penumpang, dan barang tekstil jadi lainnya maksimal lima buah per penumpang," kata Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo pekan lalu seperti dikutip dari Antara.

"Selanjutnya ada alat elektronik yang setiap penumpang hanya diizinkan membawa maksimal lima unit dengan total seharga 1.500 US$, lalu telepon seluler, headset, komputer tablet, maksimal dua unit per penumpang," imbuhnya

Ia mengatakan pembatasan itu dilakukan demi melaksanakan Permendag Nomor 36.

"Jadi begini, itu sebetulnya sudah lama. Cuma dulu mungkin belum dapat (titik tengahnya). Sekarang ditugaskan di Permendag, kalau kita belanja di luar negeri bawa kemari kan harus bayar pajak, masa tidak bayar, sekarang diatur yang beli kalau 2 pasang tidak apa-apa," ungkapnya.

(ryh/wis)

[Gambas:Video CNN]

Kelahiran kembali modern setiap hari

buku erek
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (4/3) ini akibat ditunjang faktor teknikal.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (4/3) ini akibat ditunjang faktor teknikal. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (4/3) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham masih dalam tren penguatan.

"IHSG membentuk candle hammerdalam dua hari berturut-turut dan masih bergerak di atas 7.265 untuk mempertahankan peluang melanjutkan penguatan menuju 7.403," ucap Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG bergerak terkonsolidasi. Menurutnya, indeks saham masih minim sentimen.

Namun, fluktuasi harga komoditas dan pergerakan nilai tukar rupiah menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pola gerak IHSG dalam jangka pendek.

"Selain itu masih tercatatnya capital inflowsecara ytd hingga saat ini turut memberikan sentimen bagi pergerakan IHSG," ucap William.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support7.256 dan resistance7.737 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni INDF, BMRI, AALI, JSMR, ITMG, SMGR, BSDE, dan AKRA.

IHSG ditutup melemah 4,2 poin atau minus 0,06 persen ke level 7.311 pada perdagangan Jumat (1/3) lalu.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp10,70 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,49 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

gadis perunggu di sebelah

slot maxwin gacor
The Body Shop menutup seluruh operasional di AS lantaran bangkrut. Selain itu, lusinan gerai perusahaan di Kanada juga akan berhenti beroperasi.
The Body Shop menutup seluruh operasional di AS lantaran bangkrut. Selain itu, lusinan gerai perusahaan di Kanada juga akan berhenti beroperasi. Ilustrasi. (REUTERS/Hollie Adams).
Jakarta, CNN Indonesia--

The Body Shop menutup seluruh toko di Amerika Serikat(AS) lantaran bangkrut. Selain itu, lusinan gerai perusahaan di Kanada juga akan berhenti beroperasi.

Dalam rilis berita awal bulan ini, perusahaan kosmetik yang berbasis di Inggris mengumumkan bahwa anak perusahaannya di Negeri Paman Sam tidak lagi beroperasi, efektif per 1 Maret.

Perusahaan tersebut menambahkan 33 dari 105 tokonya di Kanada akan segera memulai penjualan likuidasi dan penjualan online melalui e-commerce Kanada akan berhenti. Namun, semua lokasi gerai di Kanada akan tetap buka untuk saat ini.

The Body Shop, yang terkenal dengan produk-produk yang dipasarkannya sebagai produk alami, berkelanjutan, beretika, dan bebas dari kekejaman, didirikan pada 1976 di Inggris oleh aktivis hak asasi manusia dan aktivis lingkungan hidup Anita Roddick.

Perusahaan merupakan salah satu pionir bisnis yang melarang pengujian pada hewan untuk banyak produknya. Pada 2019, perusahaan ini mendapatkan sertifikasi sebagai "B Corp," sebuah sebutan yang diberikan kepada perusahaan yang memenuhi standar transparansi dan kesadaran lingkungan tertentu.

Pada 2023, produk perusahaan telah diperluas ke lebih dari 2.500 lokasi ritel di lebih dari 80 negara dan tersedia untuk dibeli secara online di lebih dari 60 pasar.

Sejak awal berdirinya, kepemilikan perusahaan beberapa kali berpindah tangan. Produk tersebut dibeli oleh raksasa kosmetik L'Oréal pada 2006 dengan harga lebih dari satu miliar dolar, sebelum dijual ke perusahaan Brasil Natura pada 2017 dengan harga satu miliar dolar lagi.

Kendati demikian, merek ini masih sakit dalam beberapa tahun terakhir. Dalam laporan awal 2023, Natura mencatat bahwa The Body Shop "(menghadapi) tantangan" dengan penurunan penjualan dari tahun ke tahun sebesar 13,5 persen pada 2022, tahun yang menurut perusahaan "jauh dari mudah" bagi merek tersebut.

Natura mengungkapkan saluran langsung ke konsumen, yang "mendapat manfaat selama pandemi," kembali ke "tingkat yang lebih normal sebelum pandemi". Imbasnya, penjualan juga terdampak.

Akhir tahun lalu, The Body Shop dijual ke grup manajemen aset Aurelius dengan harga sekitar US6 juta.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)