petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

macaugg

superslot88 177Jutaan kata 686581Orang-orang telah membaca serialisasi

《macaugg》

Salip UEA, Kini Indonesia Ranking 3 Dunia SGIE yang Disinggung Gibran******

Naik satu peringkat dan salip Uni Emirat Arab (UEA), Indonesia kini ranking tiga dalam State of The Global Islamic Economy (SGIE).
Naik satu peringkat dan salip Uni Emirat Arab (UEA), Indonesia kini ranking tiga dalam State of The Global Islamic Economy (SGIE). (Foto: CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indonesiaresmi menyalip Uni Emirat Arab (UEA) dan menduduki posisi tiga dalam State of The Global Islamic Economy (SGIE).

Prestasi ini diumumkan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir. Ia mengacu pada laporan SGIE terbaru, yakni Global Islamic Indicator Ranking 2022.

"Alhamdulillah, kemarin ramai dibahas kita di posisi empat (peringkat SGIE), sekarang sudah naik satu peringkat di posisi tiga menggeser Uni Emirat Arab (UEA). Ke depan, bismillah tentu kita ingin jadi nomor satu dunia," ucap Erick, dikutip dariAntara, Rabu (27/12).

Sayang, masih ada satu sektor yang belum berada dalam cengkeraman Indonesia. Perjalanan ramah muslim menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi calon pemimpin Indonesia ke depan.

Erick menegaskan sektor perjalanan ramah muslim menjadi PR bersama. Menurutnya, Indonesia sudah sepantasnya menjadi raja di industri halal.

"Tentu, ini hasil yang membanggakan dan menjadi pelecut untuk kita semua meningkatkan penetrasi produk halal Indonesia," tegasnya.

"MES sejak awal terus berkomitmen bahu-membahu bersama pemerintah, BUMN, swasta, dan seluruh pihak untuk terus meningkatkan pengembangan industri halal Indonesia," tandas Erick.

Sebelumnya, SGIE menjadi 'senjata' calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Cawapres dari Prabowo Subianto itu menggunakan istilah tersebut dalam pertanyaan kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar.

"Karena Gus Muhaimin ini adalah ketua umum dari PKB, saya yakin sekali Gus Muhaimin paham sekali untuk masalah ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE?" tanya Gibran dalam debat kedua Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12).

Akan tetapi, Cak Imin menjawab bahwa dirinya tak memahami apa itu SGIE. Pasangan Anies Baswedan itu mengaku tak pernah mendengar soal SGIE sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

InJourney: Pembalap dibawa "tour area" untuk melihat Danau Toba******

InJourney: Pembalap dibawa "tour area" untuk melihat Danau Toba
Pjs. Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Yudhistira Setiawan (kiri), dalam konferensi pers persiapan jelang balapan F1 Powerboat Danau Toba 2024, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Donny Aditra
Toba (ANTARA) - Penanggung jawab sementara (Pjs) Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Yudhistira Setiawan mengatakan para pembalap F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan dibawa keliling kawasan wisata (tour area) untuk melihat keindahan danau vulkanik terbesar di dunia tersebut. Yudhistira mengatakan para pembalap sebelumnya dibawa ke Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, guna melihat keindahan destinasi wisata andalan tersebut. "Kami sudah bawa ke Pantai Bulbul kemarin. Nanti kami akan melihat lagi untuk tujuan destinasinya karena terkait kondisi para pembalap setelah balapan selesai pada 3 Maret," kata Yudhistira dalam konferensi pers untuk persiapan akhir penyelenggaraan di Kantor Bupati Toba, Jumat. Ia mengatakan, tour areaitu sebagai upaya mempromosikan Danau Toba ke dunia internasional sehingga tidak hanya penyelenggaraan balapan otomotif saja, tetapi juga berdampak dengan perekonomian masyarakat sekitar. Lebih lanjut, dia mengatakan, penyelenggaraan powerboat tahun lalu dinilai terbaik di dunia karena melibatkan semua pihak seperti masyarakat khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah, pemerintah, dan swasta, sehingga koordinasi berjalan baik. "Sejak penyelenggaraan tahun lalu dan sekarang, kami selalu mengusung tema pesta rakyat. Side eventUMKM ada, kultur budaya lokal, artis nasional untuk hiburan juga dilakukan di luar balapan," ujar Yudhistira. Baca juga: Pembalap F1 Powerboat Danau Toba jajal sirkuit jelang free practice

Sementara itu, persiapan lomba perahu motor super cepat atau F1 Powerboat Danau Toba sudah siap 100 persen. Ia menambahkan, waktu balapan powerboat sedikit berbeda dibandingkan tahun lalu, yaitu akan dilakukan pada pagi hari. Sedangkan untuk side eventyaitu Kejuaraan Nasional Aquabike Danau Toba atau jet ski akan digelar pada siang hari. Pada 2-3 Maret, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba.

Penyelenggaraan powerboat nanti juga spesial karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984. Selain itu, F1 Powerboat Danau Toba tahun ini akan diikuti 18 pembalap dari sembilan tim dan berasal dari 10 negara. Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu.

Baca juga: Menpora: Cara memasyarakatkan F1 Powerboat adalah memiliki pembalap
Baca juga: Desa Lumban Bulbul dukung penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Mentan tinjau pelaksanaan optimalisasi lahan di Banyuasin Sumsel******

Mentan tinjau pelaksanaan optimalisasi lahan di Banyuasin Sumsel
Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman meninjau optimalisasi lahan di Desa Sumber Hidup, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (1/3/2024). (ANTARA/HO/Kementan)
Pada tahun 2024 untuk wilayah Sumsel ada lahan kurang lebih 100 ribu hektare yang akan kita jadikan pertanian modern.....
Palembang (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman meninjau pelaksanaan optimalisasi lahan di Desa Sumber Hidup, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Amran dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Jumat, mengatakan percepatan optimalisasi lahan rawa dilakukan untuk mengejar peningkatan produksi pangan dalam negeri utamanya beras.

Upaya itu dilakukan melalui peningkatan indeks pertanaman (IP) dengan menggunakan varietas unggul baru (VUB) padi yang adaptif, dipadukan dengan mekanisasi pertanian untuk rawa.

“Pada tahun 2024 untuk wilayah Sumsel ada lahan kurang lebih 100 ribu hektare yang akan kita jadikan pertanian modern. Jika dulu produktivitas lahannya lima ton per hektare maka nanti setelah optimalisasi, produktifitas akan menjadi 10 ton per hektare, kemudian biayanya turun 60 persen, minimal 50 persen karena seluruhnya menggunakan mekanisasi,” katanya.

Baca juga: Mentan optimistis produksi padi naik melalui pompanisasi air

Ia menjelaskan salah satu sasaran utama optimalisasi lahan rawa yang dilakukan di Sumsel yakni meningkatkan indeks pertanaman yang masih rendah yakni dari 1 menjadi 3 kali dalam setahun sehingga ke depan ada tambahan produksi beras sebesar 1 hingga 2 juta ton khusus dari Provinsi Sumsel.

“Hal ini bisa menyelesaikan 30 persen persoalan negara masalah impor, hanya dari Sumsel saja, jadi lokasi yang sedang kami kembangkan di Sumsel ini akan menjadi salah satu daerah penyangga pangan nasional,” jelasnya.

Selain itu, dalam peningkatan produktivitas pangan, Mentan mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas diputuskan bahwa kuantum pupuk subsidi tahun 2024 naik dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

“Jadi petani tidak perlu khawatir untuk segera melakukan pertanaman karena pupuk sudah ditambah menjadi dua kali lipat. Dalam 3 bulan ke depan saya mengajak petani Sumsel segera tanam, benihnya akan kami berikan gratis namun jika setelah 3 bulan tapi tidak tanam maka kesempatan ini hangus,” kata Mentan.

Baca juga: Mentan gandeng mitra strategis percepat masa tanam padi

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan Provinsi Sumatera Selatan memiliki lahan rawa seluas 3,36 juta hektare. Lahan rawa pada umumnya mempunyai keunggulan spesifik antara lain dapat menghasilkan padi saat musim kemarau, dimana agroekosistem lainnya seperti sawah irigasi dan tadah hujan mengalami kekeringan.

“Kegiatan yang dapat dilakukan di lahan rawa adalah pengembangan infrastruktur air dan lahan, mekanisasi pertanian pra tanam dan pasca panen, serta penyediaan sarana produksi,” katanya.

Fatoni mengatakan peningkatan produksi pangan pada lahan rawa memang belom dilakukan secara optimal. Maka dari itu program optimalisasi lahan rawa dari Kementan sangat membantu petani dalam meningkatkan produktifitas panen dan meningkatkan kesejahteraan petani Sumsel.

“Pak Menteri tiga bulan awal ini kami akan optimalkan seratus ini. Lahan Sumsel cukup luas dan kita siap garap lebih luas lagi lahan rawa yang ada . Terima kasih Pak Menteri sudah bekerja keras menjadikan Sumsel sebagai penyangga pangan nasional,” kata dia.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Ali Jamil menyampaikan bahwa lahan sawah rawa di Sumsel seluas 340.486 hektare dan pada  2024 ini kegiatan Optimasi Lahan Rawa seluas 98.400 hektare yang berada di Kabupaten Banyuasin 22.000 hektare, Kabupaten Ogan Komering Ilir 65.000 hektare, Kabupaten OKU Timur 5.000 ha, Kabupaten Ogan Ilir 4.000 ha, dan Kabupaten Muara Enim 2.400 hektare.

“Dukungan kegiatan optimasi lahan rawa kami lakukan melalui penyusunan dokumen Survei Investigasi Desain (SID), pembangunan atau rehabilitasi infrastruktur air dan lahan, dan pengolahan tanah hingga tanam,” kata dia.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:slot gacor zeus x500

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
situs judi slot gacor gampang menang
slot gacor china
78 togel
hoki805
pinjaman modal usaha secara online
cicilan kredivo tidak dibayar
erek erek 2d 23
slot infini88 terbaru 2022
over slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 download aplikasi slot88
Bab 2 sistem pinjol
Bab 3 link ug slot terbaru 2022
Bab 4 qq998
Bab 5 situs bo gacor
Bab 6 atom138
Bab 7 rtp samanaga
Bab 8 gampang pinjam
Bab 9 erek erek 3d
Bab 10 pargoy4d
Bab 11 lg slot
Bab 12 mpo138 slot
Bab 13 jam gacor dan pola olympus
Bab 14 mesin hoki slot
Bab 15 trik menang mahjong ways 2
Bab 16 situs judi baru
Bab 17 kominfo pinjol ilegal
Bab 18 slot yang gacor saat ini
Bab 19 alamat kredivo
Bab 20 akub
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9472bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Pakar hebat dari dunia lain

rtp sarangsbobet
Listrik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sempat padam hari ini. Kejadian itu pun diabadikan calon penumpang sehingga viral di media sosial.
Listrik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sempat padam hari ini. Kejadian itu pun diabadikan calon penumpang sehingga viral di media sosial. Ilustrasi. (istockphoto/Herwin Bahar).
Makassar, CNN Indonesia--

Listrik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sempat padam hari ini. Kejadian itu pun diabadikan calon penumpang sehingga viral di media sosial.

General Manager PT Angkasa Pura I (AP I) Taochid Purnomo Hadi merespons viralnya video pemadaman listrik di Bandara Hasanuddin itu. Ia mengatakan bahwa pemadaman tersebut diakibatkan lonjakan arus listrik.

"Kami mohon maaf atas kejadian mati lampu tersebut. Memang terjadi sesuai video yang beredar. Hal ini terjadi karena ada gangguan trip, karena adanya lonjakan arus listrik yang berlebih," kata Taochid, Rabu (27/12).

"Listrik padam pukul 18.21 WITA dan tim langsung segera menuju ke area panel untuk melakukan pengecekan dan diketahui adanya trip tersebut. Selanjutnya tim menyalakan kembali aliran listriknya pukul 18.32 WITA," ungkapnya.

Area yang mengalami pemadaman tadi, kata Taochid berada di area check indan di ruang tunggu calon penumpang. Namun, saat ini, kondisi listrik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sudah kembali normal.

"Area listrik yang padam yaitu hall keberangkatan, check in, dan ruang tunggu 11 dan 12. Saat ini, kondisi sudah menyala dan operasional sudah kembali normal. Kami mengucapkan permohonan maaf atas kendala yang terjadi," pungkasnya.

Selama Desember, insiden pemadaman listrik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar telah terjadi sebanyak dua kali.

[Gambas:Video CNN]



(mir/sfr)

Aku benar-benar iblis

gampang menang
IDI: Musim pancaroba berpotensi tingkatkan kasus DBD
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Mohammad Adib Khumaidi (tengah) saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu. (ANTARA/Putri Hanifa)
Jakarta (ANTARA) - Musim pancaroba yang kini tengah berlangsung menghadirkan tantangan serius bagi kesehatan masyarakat terkait dengan peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD).

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Mohammad Adib Khumaidi menjelaskan bahwa tingkat kelembaban udara yang tinggi mempercepat perkembangan nyamuk Aedes aegypti, vektor penyakit DBD.

“Maka musim pancaroba ini menjadi musim yang sangat diinginkan oleh nyamuk dengue, sehingga potensi untuk peningkatan kasus DBD akan sangat tinggi. Dasar penyakit ini juga tidak terlepas dari iklim dan cuaca yang ada, sehingga sampai sekitar bulan Juni akan ada potensi kenaikan kasus DBD, sehingga masyarakat perlu berhati-hati,” kata Adib kepada media saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Adib juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap DBD yang tidak cukup hanya mengandalkan fasilitas kesehatan yang disiapkan oleh rumah sakit, melainkan juga perlu aktif terlibat dalam upaya pencegahan.

Baca juga: Dokter sebut serangan DBD untuk kedua kali berisiko lebih berat

Baca juga: Ketum IDI: Menjaga kesehatan lingkungan perlu untuk cegah DBD

Pencegahan DBD dapat dimulai dari diri sendiri, seperti menjaga kesehatan pribadi dengan meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup, konsumsi makanan bergizi, dan olahraga teratur.

“Basis personalnya dulu, masyarakat secara pribadi harus menjaga kesehatannya, meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat, makan makanan yang bergizi, lebih banyak makan buah, dan olahraga yang cukup sebagai upaya untuk penguatan daya tahan tubuh diri kita sendiri,” jelas Adib.

Selanjutnya, Adib menuturkan bahwa faktor lingkungan juga berperan dalam peningkatan kasus DBD. Kebiasaan mencuci tangan yang telah ditanamkan selama pandemi COVID-19 harus tetap dijaga.

Selain itu, kebersihan lingkungan menjadi kunci dalam pencegahan DBD. Upaya seperti 3M (menguras, menutup, mengubur) harus dilakukan secara konsisten, termasuk penggunaan larvasida abate (obat pembasmi jentik nyamuk).

“Yang lebih penting lagi kalo sudah membahas faktor lingkungan, maka tentunya upaya yang berkaitan masalah kebersihan lingkungan sangat penting, 3M harus dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah perkembangbiakan dengue, termasuk larvasida abate dan sebagainya,” ujarnya.

Selain itu, fasilitas kesehatan tingkat pertama harus meningkatkan kemampuan surveilans. Temuan satu kasus DBD saja di suatu wilayah harus segera ditindaklanjuti untuk mencegah kemunculan kasus lainnya.

Dengan menjalankan mekanisme pencegahan yang terstruktur, masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penularan DBD.

Baca juga: Ketum PB IDI sarankan surveilans aktif hadapi merebaknya DBD

Baca juga: Waspadai fase kritis pada pasien demam berdarah dengue
 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Petugas deportasi dari semua bidang

starmaker dapat uang
Kemnaker meminta PT IMIP penuhi hak pekerja yang menjadi korban ledakan smelter, baik yang meninggal maupun luka.
Kemnaker meminta PT IMIP penuhi hak pekerja yang menjadi korban ledakan smelter, baik yang meninggal maupun luka. (Foto: AFP)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) agar memenuhi hak-hak pekerja yang menjadi korban ledakan smelter di Morowali, Sulawesi Tengah. Pemenuhan hak diberikan pada korban meninggal maupun yang luka.

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker Haiyani Rumondang mengatakan hak para pekerja harus dipenuhi sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

"Dari pemeriksaan yang dilakukan Tim Pengawas Ketenagakerjaan, apabila terbukti perusahaan tidak menjalankan ketentuan ketenagakerjaan baik norma kerja maupun norma K3, tentu akan dilakukan langkah-langkah hukum untuk penegakannya," ucapnya dalam keterangan resmi, Rabu (27/12).

Tim pengawas, sambungnya, melakukan koordinasi dengan Pengawas Ketenagakerjaan Sulawesi Tengah, BPJS Ketenagakerjaan, dan Polres Morowali.

Tim Pengawas Ketenagakerjaan kemudian meminta keterangan kepada manajemen PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), perusahaan yang menjadi tempat terbakarnya tungku smelter. ITSS merupakan salah satu tenant yang beroperasi di kawasan IMIP.

"Tim Pengawas Ketenagakerjaan juga meninjau secara langsung ke lokasi terjadinya kebakaran tungku smelter, mengunjungi korban luka-luka yang tengah dirawat di Klinik 2 PT IMIP, dan mengunjungi korban yang dirawat di RSUD Morowali," katanya.

Manajemen PT Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) mengungkapkan hingga Selasa (27/12) korban meninggal dunia imbas ledakan tungku smelter nikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Sulawesi Tengah (Sulteng) berjumlah 18 orang.

Dari 18 korban tewas, 10 orang di antaranya adalah tenaga kerja asal Indonesia dan 8 tenaga kerja asing (TKA) asal China.

"Para korban meninggal ini, telah diberangkatkan ke rumah keluarga mereka masing-masing," jelas Media Relations Head PT IMIP Dedy Kurniawan lewat keterangan tertulis.

Dedy mengungkapkan kecelakaan kerja di PT ITSS terjadi pada Minggu (24/12) sekitar pukul 05.30 WITA.

Berdasarkan hasil investigasi awal, kata dia, penyebab ledakan diperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan.

"Saat proses perbaikan tersebut, terjadi ledakan. Adapun di lokasi juga terdapat banyak tabung oksigen yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku. Akibatnya, ledakan pertama memicu beberapa tabung oksigen di sekitar area ikut meledak," jelasnya.

Dedy menyebut kebakaran tungku smelter nikel berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.20 WITA.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Kehidupan sehari-hariku bersama istriku

sgp777
Menhub Budi Karya Sumadi memperkirakan jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen selama libur Nataru tahun ini mencapai 700 ribu orang.
Penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada libur Natal dan Tahun Baru 2024 diperkirakan capai 700 ribu orang. (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan jumlah penumpang yang berangkat dari StasiunPasar Senen selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) mencapai 700 ribu orang.

Jumlah ini naik signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu, yaitu sebesar 600 ribu.

Menurut Budi Karya, Stasiun Pasar Senen juga menjadi stasiun tersibuk pada masa libur Nataru tahun ini.

"Jadi kenaikannya signifikan dan makin produktif, karena jumlah penumpang yang dari Jakarta keluar dengan yang dari daerah ke Jakarta sama banyaknya," kata Budi Karya saat meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (24/12) malam, mengutip Antara.

Secara keseluruhan, PT KAI Daop I menyediakan sekitar 773.000 kursi di masa Natal dan Tahun Baru (21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024) atau 42.958 kursi per harinya.

Berdasarkan data, Stasiun Pasar Senen memberangkatkan 166.592 penumpang sejak 21-24 Desember 2023 dengan tujuan perjalanan antara lain ke Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, hingga Malang.

Dalam tinjauannya, Budi Karya menyapa para penumpang di Stasiun Pasar Senen dan meninjau perjalanan kereta api Jayabaya relasi Pasar Senen - Malang.

Ia memastikan petugas memberikan pelayanan dengan baik sehingga perjalanan penumpang di stasiun Pasar Senen berjalan lancar.

"Masa liburan ini saya minta kepada PT KAI dan Dirjen KA untuk melakukan suatu kegiatan kolaborasi karena apa yang akan kita lakukan ini adalah melayani masyarakat. Bapak Presiden memberikan catatan kepada kami para menteri agar melaksanakan kegiatan Natal dan Tahun Baru dengan aman dan nyaman," kata dia.

Kepala PT KAI Daop I Jakarta Iwan Eka Saputra mengatakan, penumpang kereta api di wilayah Daop I tahun ini diperkirakan naik sekitar 20 persen dibanding dengan tahun lalu. Penumpang kereta api ekonomi mendominasi okupansi per harinya.

"Sebagaimana arahan Pak Menhub, kami akan memperhatikan aspek-aspek pelayanan, keselamatan, dan keamanan dari para penumpang," kata dia.

Untuk masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT KAI Daop I Jakarta menyediakan 1.319 perjalanan kereta api (KA) atau sekitar 73 perjalanan KA per harinya.

Perjalanan KA tambahan disediakan sebanyak 184 KA atau sekitar 10 perjalanan KA tambahan per harinya.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]

Aroma dingin kamar kerja musim semi

modal 123 slot
Dirut PTDI mengatakan manajemen telah mengomunikasikan keadaan ini dan disepakati bersama serikat pekerja untuk pembayaran gaji secara bertahap.
Ilustrasi. Pekerja menyelesaikan produksi pesawat NC 212i di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022) (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan usaha milik negara (BUMN) bidang industri pesawat terbang, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengakui mencicil gaji karyawannya pada November 2023.

Sebelumnya dikabarkan terjadi penundaan pembayaran gaji di BUMN tersebut. Direktur Utama PT DI Gita Amperiawan menegaskan tak ada pemotongan gaji karyawan, hanya pencicilan pembayaran.

"Gaji karyawan PT DI tidak dipotong, melainkan dilakukan pembayaran secara bertahap," kata Gita dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/12) seperti dikutip dari Antara.

Lihat Juga :
Pertamina Buat 48 SPBU Temporer di Tol Trans Jawa-Sumatera Saat Nataru

Meski demikian, Gita menyampaikan bahwa kondisi yang dialami saat ini dipastikan hanya sementara, dan terkait pembayaran upah secara mencicil tersebut telah disepakati bersama para pekerja.

"Manajemen PTDI telah mengomunikasikan keadaan ini, dan disepakati bersama serikat pekerja untuk pembayaran gaji secara bertahap," ujarnya.

Manajemen PTDI, ujar dia lagi, saat ini tengah melakukan upaya percepatan yang dapat mendorong perbaikan arus kas perusahaan.

"Sehingga diharapkan dalam waktu relatif singkat arus kas dapat membaik dan pembayaran gaji karyawan dapat kembali normal sebagaimana mekanisme semula," katanya tanpa menerangkan lebih detail upaya yang dilakukan.

Diinformasikan, upah seluruh karyawan PTDI untuk November 2023, baru dibayar rata sebesar Rp1 juta.

Soal tertundanya pembayaran gaji tersebut, sebelumnya disampaikan Direksi PT DI melalui surat edaran tanggal 23 November 2023 tentang Pembayaran Gaji Bulan November 2023.

Semula gaji seluruh karyawan akan dibayarkan pada 15 Desember 2023, tapi hingga tanggal tersebut, dana untuk membayar gaji karyawan masih berproses.

Lihat Juga :
ANALISISJanji Ekonomi Cak Imin, Gibran, Mahfud, Siapa Paling Menjanjikan?

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM PTDI Wildan Arief menjelaskan tadinya pembayaran gaji penuh kepada para karyawan akan dilakukan dengan dana dari hasil penjualan persediaan material tidak terpakai (dead stock), serta penerimaan uang muka dari customer.

Tapi tidak dijelaskan, pihak customer mana yang memiliki kewajiban pembayaran ke PT Dirgantara Indonesia. 

Dalam beberapa waktu terakhir, PT DI menyerahkan sejumlah pesawat dan helikopter pesanan Kementerian Pertahanan.

(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Keturunan langsung dari masa sulit

erek erek orang berantem
Microsoft Copilot bakal menghadirkan kemampuan dan plugin baru
Keyboard Windows baru yang telah disemati tombol Copilot Microsoft. ANTARA/Youtube/Windows/am.
Jakarta (ANTARA) - Microsoft memperbarui aplikasi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Microsoft Copilot untuk Windows 11 dengan segera menghadirkan sejumlah kemampuan dan plugin baru yang bisa digunakan pengguna.

Menurut laporan Tech Crunch, Jumat, sejumlah plugin baru yang akan dihadirkan di antaranya OpenTable, Shopofy, dan Kayak. Selain itu, fitur pengeditan foto dan video berbasis AI tersedia di aplikasi Photos dan Clipchamp.

Pembaruan widget dan fungsionalitas fitur Windows Snap juga dihadirkan untuk membantu pengguna dalam mengatur berbagai aplikasi yang sedang dibuka bersamaan.

Baca juga: Microsoft kini mendukung rapat virtual 3D dan VR

Kemampuan baru dari Microsoft Copilot ini akan tersedia pada akhir Maret. Pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan fitur penghemat baterai; menampilkan informasi tentang perangkat, sistem, dan baterai; meluncurkan fitur text-to-speechNarrator, menampilkan alamat IP, serta mengosongkan Recycle Bin.

Dengan beragam kemampuan tersebut, seiring berjalannya waktu aplikasi Microsoft Copilot diperkirakan dapat secara otomatis menangani tugas-tugas kompleks pada perangkat PC yang membantu produktivitas penggunanya.

Kegiatan-kegiatan yang dapat dibantu oleh Microsoft Copilot melalui plugin barunya seperti melakukan reservasi restoran melalui OpenTable, memesan tiket perjalanan dengan Kayak, dan berbelanja secara daring dengan hadirnya integrasi Shopify.

Baca juga: Microsoft tawarkan langganan AI Copilot senilai Rp311 ribu

Pada saat yang sama, saat ini Microsoft juga mengintegrasikan lebih banyak fitur AI ke dalam aplikasi Windows yang ada. Pertama adalah fitur penghapusan generatif di aplikasi Photos, serupa dengan fitur yang telah lama dihadirkan Google di Google Photos untuk ponsel meskipun tidak secanggih Photoshop.

Kedua, adalah fitur "silence remover" yang akan secara otomatis mengidentifikasi dan menghilangkan keheningan panjang dalam trek audio, sehingga menghemat waktu dan tenaga pembuat konten dalam mengedit.

Baca juga: Microsoft hilangkan WordPad di versi Windows 11 Insider Build terbaru

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024