petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

mansion77

cara pinjam uang lewat brimo 41Jutaan kata 357364Orang-orang telah membaca serialisasi

《mansion77》

Ada 12 kelurahan di Jaksel yang masih tergenang air hingga Minggu malam******

Ada 12 kelurahan di Jaksel yang masih tergenang air hingga Minggu malam
Sebuah sepeda motor terendam banjir di Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2024). ANTARA/Bayu Pratama Syahputra.
Jakarta (ANTARA) - Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta Selatan pada Minggu malam mencatat masih ada 12 kelurahan di wilayah itu masih tergenang air dengan ketinggian antara 10 cm hingga 200 cm.

“12 kelurahan tersebut tersebar di tujuh kecamatan,” kata Komandan Peleton Tim Reaksi Cepat BPBD Jakarta Selatan Muhammad Nur melalui keterangan resmi diterima di Jakarta, Minggu malam.

Dia merinci daerah yang terdampak banjir di Jakarta Selatan yaitu Kelurahan Gandaria Selatan, Cilandak Barat, dan Pondok Labu di Kecamatan Cilandak.

Berikutnya Kelurahan Cipulir di Kecamatan Kebayoran Lama; Selanjutnya Kelurahan Cilandak Timur di Kecamatan Pasar Minggu; Kelurahan Cipete Utara di Kecamatan Kebayoran Baru.

Kemudian, Kelurahan Kali Bata dan Duren Tiga di Kecamatan Pancoran; Kelurahan Kuningan Barat, Pela Mampang, dan Bangka di Kecamatan Pampang Prapatan.

“Lalu ada satu kelurahan di Kecamatan Jagakarsa yaitu Kelurahan Jagakarsa,” ucap Nur.

Nur menyampaikan dari 12 wilayah yang terdampak banjir, tinggi muka air (TMA) bervariasi mulai 10 cm hingga ada mencapai 200 cm.
 
Petugas BPBD membawa perahu saat banjir di Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2024). ANTARA/Ho-BPBD Jakarta Selatan.


“Namun saat ini ada tiga kelurahan yang telat surut airnya yaitu di Kelurahan Cipulir, Gandaria Selatan, Kelurahan Kalibata, dan Cilandak Timur,” jelas Nur.

Dia menuturkan bahwa daerah yang mengalami banjir dengan tinggi muka air hingga mencapai 200 cm berada di Jalan Nis RT 03 dan 09, RW 03 di Kelurahan Cilandak Timur. Kondisi itu terjadi hingga pukul 17.00 WIB.

Nur menambahkan akibat banjir tersebut, terdapat sebuah tembok dengan tinggi 4,5 meter roboh di Kelurahan Jagakarsa. Robohnya tembok tersebut akibat hujan lebat dan erosi tanah.

Sementara itu, terkait jumlah kepala keluarga (KK) dan kerugian dari adanya banjir tersebut, BPBD belum menyebutkan karena masih dalam tahap pendataan.

“Meski begitu, tidak ada kondisi yang membahayakan manusia dari banjir ini,” kata Nur.

Baca juga: Legislator desak BPBD DKI siagakan petugas di wilayah rawan banjir

Baca juga: Genangan air melanda 20 RT akibat hujan dan luapan kali

Baca juga: Ruas jalan dan RT yang tergenang di DKI bertambah

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Kemendikbudristek: Kuota IISMA 2024 capai 3.300 orang ke 30 negara******

Kemendikbudristek: Kuota IISMA 2024 capai 3.300 orang ke 30 negara
Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam di Jakarta, Rabu (20/12/2023). ANTARA/Livia Kristianti/am.
Di tahun ini ada peningkatan jumlah kuota yang dibuka bagi 3.000 sampai 3.300 peserta dengan mitra sebanyak 140 sampai 150 universitas di 30 negara
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan jumlah kuota untuk program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2024 mencapai 3.000 sampai 3.300 peserta, dengan mitra sebanyak 140 sampai 150 universitas di 30 negara.

“Di tahun ini ada peningkatan jumlah kuota yang dibuka bagi 3.000 sampai 3.300 peserta dengan mitra sebanyak 140 sampai 150 universitas di 30 negara,” kata Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Nizam meminta para mahasiswa untuk menyiapkan diri dengan bahasa asing yang baik dan memilih program studi yang semakin beragam di berbagai negara.

Kepala Program IISMA Rachmat Sriwijaya menjelaskan jalur seleksi baik untuk afirmasi dan reguler dibuka secara bersamaan yaitu meliputi pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan keberangkatan.

Untuk jalur afirmasi ditujukan bagi para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi atau KIP-K dan mahasiswa yang berada di daerah tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres).

Baca juga: Kemendikbudristek ajak mahasiswa RI kuliah di luar negeri lewat IISMA

Setelah pengumuman kedua jalur itu, jalur co-fundingakan dibuka bagi peserta yang belum lulus seleksi di jalur reguler dengan ketentuan pilihan perguruan tinggi yang terbatas dan pendanaan parsial dari Kemendikbudristek dan mahasiswa.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Suning Kusumawardani menuturkan Program IISMA memberikan kesempatan kepada mahasiswa unggul untuk belajar selama satu semester di perguruan terbaik dunia dengan dukungan pembiayaan dari Pemerintah Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati menambahkan IISMA merupakan program strategis untuk membangun jejaring yang lebih luas dan telah terbukti menambah daya saing lulusan di dunia kerja.

Data menunjukkan lulusan program flagshipkebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), termasuk IISMA, terbukti lebih cepat mendapatkan pekerjaan dan dengan gaji pertama yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengikuti MBKM.

Baca juga: Kemendikbudristek: Manfaatkan Program IISMA untuk kuliah di luar negeri
Baca juga: Kemendikbudristek: Peserta IISMA duta bangsa di luar negeri
Baca juga: Kemendikbud: 920 ribu mahasiswa lakukan pembelajaran di luar kampus

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Rafael Alun pikir******

Rafael Alun pikir-pikir atas vonis 14 tahun penjara
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo (RAT) mendengarkan vonis majelis hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (8/1/2024). (ANTARA/Fath Putra Mulya)
Jakarta (ANTARA) - Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo menyatakan pikir-pikir terlebih dahulu atas vonis 14 tahun penjara yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin.

Selain itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menyatakan pikir-pikir atas vonis tersebut. Oleh karenanya, Rafael Alun dan JPU KPK akan pikir-pikir selama satu minggu untuk kemudian menyatakan sikap menerima atau banding terhadap putusan itu.

"Berarti sama-sama menyatakan pikir-pikir, berarti putusan ini belum mempunyai kekuatan hukum yang tetap. Jadi, supaya digunakan haknya selama satu minggu, tujuh hari, terhitung mulai besok," kata Hakim Ketua Suparman Nyompa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin.

Rafael Alun Trisambodo divonis 14 tahun penjara dan denda sebesar Rp500 juta subsider tiga bulan penjara dalam kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Rafael Alun Trisambodo dengan pidana penjara selama 14 tahun serta denda sebesar Rp500 juta, jika tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama tiga bulan," ucap Suparman.

Baca juga: Rafael Alun Trisambodo divonis 14 tahun penjara

Selain itu, Rafael Alun juga dijatuhi pidana tambahan membayar uang pengganti sebesar Rp10,79 miliar dalam kurun waktu satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap subsider tiga tahun penjara.

"Menetapkan masa penahanan yang tekah dijalani terdakwa dikurangi seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan," sambung hakim Suparman.

Di sisi lain, majelis hakim menyatakan pengabdian sebagai PNS selama lebih dari 30 tahun menjadi pertimbangan meringankan bagi Rafael.

"Keadaan yang meringankan, terdakwa telah bekerja pada negara sebagai pegawai negeri selama lebih 30 tahun," ucap Suprman.

Dua pertimbangan meringankan lainnya adalah Rafael Alun memiliki tanggungan keluarga serta belum pernah dihukum sebelumnya.

"Keadaan yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang sedang giat memberantas tindak pidana korupsi," tambah Suparman.

Baca juga: Mengabdi PNS selama lebih 30 tahun jadi pertimbangan meringankan RAT

Menurut majelis hakim, Rafael Alun terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan TPPU, sebagaimana dakwaan kesatu, kedua, dan ketiga JPU KPK. Dengan demikian, Rafael dinyatakan melanggar seluruh pasal yang didakwakan.

Pertama, Rafael melanggar Pasal 12 B jo Pasal 18 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Kedua, Pasal 3 Ayat (1) huruf a dan c Undang-Undang RI Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP, sebagaimana dakwaan kedua.

Ketiga, melanggar Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP, sebagaimana dakwaan ketiga.

Sebelumnya, Senin (11/12/2023), Rafael Alun Trisambodo dituntut hukuman 14 tahun kurungan penjara serta pidana denda sebesar Rp1 miliar subsider pidana kurungan pengganti selama 6 bulan. Ia juga dituntut membayar uang pengganti sebesar Rp18.994.806.137,00, subsider 3 tahun.

Baca juga: KPK yakin Rafael Alun diputus bersalah oleh Pengadilan Tipikor
Baca juga: Rafael Alun minta dilepaskan dari segala tuntutan
Baca juga: Rafael Alun dituntut 14 tahun kurungan penjara

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:link slot game

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
sumberqq
winwin4d
situs slot ter
situs slot recommended
mudah slot
rupiah cepat terdaftar di ojk
mudah gacor
play slot 123 login
slot89
Daftar isi semua bab
Bab 1 mantap 188 slot
Bab 2 paylater pinjaman online
Bab 3 tips slot gacor
Bab 4 metro777
Bab 5 situs gacor slot terbaru
Bab 6 kode alam tawon
Bab 7 situs pragmatic tergacor
Bab 8 testimoni pinjaman kredivo
Bab 9 game terpercaya
Bab 10 bandar online togel bonus new member
Bab 11 voucher diskon zalora
Bab 12 slot demo juragan69
Bab 13 slot online terbaru 2022
Bab 14 slot demo jackpot
Bab 15 nana4d
Bab 16 mimpi 4d
Bab 17 daftar slot 188
Bab 18 slot online terbaru
Bab 19 info slot gacor hari ini
Bab 20 pinjol termudah
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2805bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Alice di Alam Impian

hero88 slot
Perwakilan bantah Kylian Mbappe telah sepakat gabung Real Madrid
Arsip - (Kiri ke kanan) Lionel Messi, Kylian Mbappe dan Ashraf Hakimi saat menerima penghargaan tim terbaik FIFA FIFPRO di Paris, Prancis (27/2/2023). ANTARA/AFP/Franck Fife/aa. (AFP/FRANCK FIFE)
Jakarta (ANTARA) - Kylian Mbappe membantah kabar bahwa dirinya akan bergabung dengan Real Madrid saat kontraknya akan habis akhir musim ini.  Melalui perwakilannya, Mbappe hingga saat ini masih belum mau memutuskan masa depannya dan belum bersepakat dengan pihak manapun.   "Tidak ada kesepakatan terkait dengan masa depan Kylian. Tidak ada pembahasan tentang itu," kata pihak perwakilan kepada RMC Sport pada Senin.   Menurut mereka, Mbappe tidak terpengaruh untuk melakukan diskusi dan refleksi terkait keputusannya.   Kabar yang paling banyak tersiar adalah Mbappe akan pindah ke Real Madrid. Raksasa Spanyol itu dikabarkan akan jadi pelabuhan terbaru karier sang pemain. 

Baca juga: Real Madrid membantah kabar negosiasi dengan Mbappe Menurut laporan yang beredar di Prancis, Mbappe memang sengaja tidak buru-buru bersepakat dengan Real Madrid.   Sang penyerang tahu ada beberapa klub elite Eropa yang berminat dan sanggup memenuhi permintaan gajinya. Ia dikabarkan siap menunggu semua tawaran masuk untuk menentukan ke mana masa depannya berlabuh.   Penyerang timnas Prancis tersebut sejauh ini telah mencatatkan 33 gol di seluruh kompetisi musim 2023/2024.

Baca juga: Masa depan Mbappe bakal ramaikan bursa transfer Eropa awal tahun ini

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Perjalanan luar biasa komik Amerika

situs judi slot 2022 resmi
Netflix berencana bawa iklan dan layanan berbayar untuk layanan gimnya
Arsip Foto - Figur mainan kecil terlihat di depan logo Netflix yang ditampilkan dalam ilustrasi diambil Kamis (19/3/2020). ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/am.
Jakarta (ANTARA) - Netflix selain menghadirkan tontonan baik film maupun serial di aplikasinya, diketahui juga sejak tiga tahun yang lalu menghadirkan gim-gim sebagai bagian dari layanannya.

Tercatat baru sekitar 1 persen pelanggan yang tertarik memainkan gim tersebut di samping mengakses film dan tayangan dari aplikasi besutannya.

Sejauh ini gim yang dihadirkan lewat layanan tersebut tidak dipungut biaya yang artinya pengguna bisa memainkannya secara gratis baik untuk pengguna Android maupun iOS.

Baca juga: Netflix akan gelar pertandingan ekshibisi Nadal vs Alcaraz di Vegas

Bahkan di dalam gimnya tersebut tidak ada layanan berbayar maupun iklan yang memungkinkan gim bisa dimainkan sepuasnya tanpa terhambat oleh pelanggan dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Namun baru-baru ini terdengar kabar bahwa Netflix tengah berupaya mengembangkan gimnya untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Pertama dilaporkan oleh Wall Street Journal, salah satu upaya agar gim dari Netflix mampu mendatangkan pundi-pundi uang ialah dengan menghadirkan iklan maupun layanan berbayar.

Baca juga: Netflix berencana luncurkan toko fisik Netflix House

Meski saat ini masih dalam tahap diskusi oleh para petinggi Netflix, namun diskusi tersebut telah membahas apakah dimungkinkan terjadi pembelian dalam aplikasi gim hingga pembahasan apakah untuk pelanggan yang saat ini memilih paket film dengan iklan juga akan mendapatkan gim dengan iklan.

Akan tetapi masih belum diketahui apakah rencana tersebut akan direalisasikan atau tidak.

Meski demikian besar kemungkinan apabila direalisasikan untuk berbayar dan disertai iklan, gim-gim yang saat ini berkembang di Netflix mungkin saja hanya memiliki umur yang pendek mengingat masih belum banyak yang tertarik pada gim-gim itu. Demikian dilaporkan oleh Phone Arena, Jumat (5/1).

Baca juga: YouTube uji coba fitur "Playables" untuk pelanggan Premium

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Jalan spiritual yang kekal

buku mimpi 2d 35
PVMBG sebut ada potensi bahaya gas beracun di kawah Gunung Marapi
Ilustrasi - Gunung Marapi mengeluarkan abu vulkanik terlihat dari Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumbar. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/Koz/mes/am.
Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan ada potensi bahaya gas vulkanik beracun pada area kawah Gunung Marapi yang berlokasi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.
 Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan gas-gas beracun tersebut berupa karbon dioksida, karbon monoksida, dan hidrogen sulfida yang berbahaya bagi kehidupan bila terhirup. "Data dari Satelit Sentinel juga menunjukkan bahwa laju emisi gas sulfur dioksida yang dihasilkan dari aktivitas Gunung Marapi saat ini tergolong tinggi," kata Hendra. Pada 9 Januari 2024, pukul 18.00 WIB, PVMBG menaikkan status Gunung Marapi dari sebelumnya level II atau Waspada menjadi level III atau Siaga.

Baca juga: PVMBG: Status Gunung Marapi naik ke level siaga

Baca juga: Gunung Marapi meletus lagi keluarkan dentuman keras

Baca juga: Ombudsman segera rampungkan investigasi dugaan malaadministrasi Marapi Keputusan menaikkan tingkatan aktivitas tersebut diambil karena gunung api setinggi 2.891 meter di atas permukaan laut itu terus mengalami erupsi. PVMBG mengimbau masyarakat agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan dalam radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi Kawah Verbeek di Gunung Marapi. "Tingkat aktivitas Gunung Marapi akan dievaluasi kembali secara berkala atau jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan," pungkas Hendra.

Baca juga: Pemkot Pariaman imbau warga gunakan masker hindari erupsi Marapi

Baca juga: Dampak erupsi Marapi, air sungai di Kabupaten Agam berubah coklat

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024

Guru Tao Tongxuan

lucky777
Pertemuan Jokowi-Airlangga di tengah rasa nyaman dengan Golkar
Presiden Joko Widodo bersama dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berjalan menyusuri Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024). ANTARA/HO-Partai Golkar/aa.
Jakarta (ANTARA) - Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto beserta jajaran, di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu, dilakukan di tengah perasaan nyaman Jokowi dengan Partai Golkar.

Beberapa waktu sebelum pertemuan Jokowi-Airlangga di Kebun Raya Bogor, yang dibalut dengan kegiatan olahraga dan sarapan bersama itu, Jokowi sempat diterpa isu akan bergabung dengan Partai Golkar.

Isu tersebut diawali ketika Presiden terlihat mengenakan dasi berwarna kuning saat akan melakukan kunjungan kerja ke Jepang, pada 16 Desember 2023.

Karena tidak biasa terlihat mengenakan dasi berwarna kuning, saat itu wartawan bertanya kepada Presiden apa makna warna dasi berwarna kuning yang dikenakannya.

Saat itu Presiden menyatakan “masa nggak tahu (maknanya)?”.

Selanjutnya usai Presiden kembali dari Jepang pada 19 Desember 2023, dalam acara peresmian Jembatan Otista di Bogor, wartawan kembali menanyakan kepada Jokowi apakah Presiden nyaman dengan Partai Golkar.

Jokowi pun menyatakan nyaman.

“Nyaman,” jawab Jokowi tanpa menjelaskan lebih jauh tentang rasa nyaman yang dimaksud.

Presiden Joko Widodo melakukan olahraga dan sarapan pagi bersama dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto serta jajaran pengurus partai beringin itu di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu pagi.

Berdasarkan foto dan video yang diterima di Jakarta, Sabtu, tampak Presiden mengajak Airlangga berolahraga jalan santai berdua menyusuri Kebun Raya Bogor.

Keduanya juga sarapan bersama dengan sejumlah pengurus Partai Golkar.

Dalam salah satu video tampak pula Presiden dan Airlangga duduk berdiskusi berdua dalam sebuah jamuan teh pagi.

Baca juga: Presiden Jokowi makan malam didampingi Menhan Prabowo Subianto

Baca juga: Grace Natalie sebut Jokowi-Prabowo makan malam sebagai "bestie"

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024

Bayangan Konoha

totalwla
Pentingnya protein untuk kesehatan tulang masa tua
Ilustrasi - Makanan tinggi protein. ANTARA/Pexels/Roman Odintsov/am.
Jakarta (ANTARA) - Memperkaya pola makan dengan beberapa sumber protein nabati terbaik menjadi investasi yang baik untuk kesehatan tulang pada masa tua.

Ketika berbicara kesehatan tulang, orang-orang cenderung memusatkan perhatian kepada kalsium dan vitamin D. Padahal, protein juga terlibat hampir setiap proses yang terjadi di tubuh dan sangat penting untuk kesehatan tulang.
 "Protein berkontribusi besar terhadap struktur tulang, dan protein serta olahraga berjalan seiring untuk membantu menjaga tulang seiring bertambahnya usia," kata ahli diet terdaftar klinis di Memorial Hermann di Houston, Texas, Sarah Wagner, MPH, RD, LD, seperti disiarkan laman Well and Good, Senin (9/1).

Baca juga: Peran keluarga penting dalam menangani osteoporosis pada lansia Kombinasi kekuatan antara diet dan olahraga angkat beban, kata Wagner, meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang sehingga kecil kemungkinan terjadinya patah tulang. Protein, kalsium, dan vitamin D juga saling membantu dalam beberapa hal.

Wagner melanjutkan kalsium adalah mineral utama yang membentuk tulang dalam struktur protein. Sementara itu, vitamin D membantu penyerapan dan penggunaan kalsium. Selain itu, mengawasi asupan protein harian sangatlah penting, terutama bagi orang lanjut usia, yang menurut Wagner cenderung tidak mengonsumsi cukup protein secara konsisten. Sumber protein nabati yang baik untuk tulang antara lain tahu, kacang polong, kacang-kacangan, kacang dari biji pohon seperti hazelnut, biji gandum dan biji dari bunga seperti kuaci. Jika mengikuti pola makan nabati, kemungkinan besar makanan kaya protein itu sudah ada dalam pola makan seseorang, jadi, tidak terlalu banyak yang perlu dimodifikasi. Namun jika mengalami kekurangan kalsium, Wagner menyarankan untuk lebih memperhatikan sumber mineral nabati. “Anda dapat dengan mudah menemukan susu nabati atau jus jeruk yang diperkaya dengan kalsium,” kata Wagner. Sayuran hijau juga mengandung mineral yang sangat penting ini untuk kesehatan tulang, seperti tahu dan kacang-kacangan yang kaya protein, menawarkan solusi terbaik untuk tulang yang kokoh.

Baca juga: Menjaga kesehatan tulang agar lebih optimal saat berpuasa

Baca juga: Manfaat konsumsi protein untuk tingkatkan performa saat olahraga

Baca juga: 11 tanda umum saat tubuh kekurangan protein

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024

Sistem lotere paling kuat

buku mimpi naga
Kemendikbudristek: Kuota IISMA 2024 capai 3.300 orang ke 30 negara
Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam di Jakarta, Rabu (20/12/2023). ANTARA/Livia Kristianti/am.
Di tahun ini ada peningkatan jumlah kuota yang dibuka bagi 3.000 sampai 3.300 peserta dengan mitra sebanyak 140 sampai 150 universitas di 30 negara
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan jumlah kuota untuk program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2024 mencapai 3.000 sampai 3.300 peserta, dengan mitra sebanyak 140 sampai 150 universitas di 30 negara.

“Di tahun ini ada peningkatan jumlah kuota yang dibuka bagi 3.000 sampai 3.300 peserta dengan mitra sebanyak 140 sampai 150 universitas di 30 negara,” kata Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Nizam meminta para mahasiswa untuk menyiapkan diri dengan bahasa asing yang baik dan memilih program studi yang semakin beragam di berbagai negara.

Kepala Program IISMA Rachmat Sriwijaya menjelaskan jalur seleksi baik untuk afirmasi dan reguler dibuka secara bersamaan yaitu meliputi pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan keberangkatan.

Untuk jalur afirmasi ditujukan bagi para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi atau KIP-K dan mahasiswa yang berada di daerah tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres).

Baca juga: Kemendikbudristek ajak mahasiswa RI kuliah di luar negeri lewat IISMA

Setelah pengumuman kedua jalur itu, jalur co-fundingakan dibuka bagi peserta yang belum lulus seleksi di jalur reguler dengan ketentuan pilihan perguruan tinggi yang terbatas dan pendanaan parsial dari Kemendikbudristek dan mahasiswa.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Suning Kusumawardani menuturkan Program IISMA memberikan kesempatan kepada mahasiswa unggul untuk belajar selama satu semester di perguruan terbaik dunia dengan dukungan pembiayaan dari Pemerintah Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati menambahkan IISMA merupakan program strategis untuk membangun jejaring yang lebih luas dan telah terbukti menambah daya saing lulusan di dunia kerja.

Data menunjukkan lulusan program flagshipkebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), termasuk IISMA, terbukti lebih cepat mendapatkan pekerjaan dan dengan gaji pertama yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengikuti MBKM.

Baca juga: Kemendikbudristek: Manfaatkan Program IISMA untuk kuliah di luar negeri
Baca juga: Kemendikbudristek: Peserta IISMA duta bangsa di luar negeri
Baca juga: Kemendikbud: 920 ribu mahasiswa lakukan pembelajaran di luar kampus

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024