petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjam 10 juta tanpa jaminan

pinjaman online aman ojk 2022 916Jutaan kata 184009Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjam 10 juta tanpa jaminan》

Imigrasi Longgarkan Syarat Investor Asing di IKN Dapat Golden Visa******

Ditjen Imigrasi melonggarkan syarat investor asing di IKN dapat golden visa dengan menurunkan nilai investasi minimal dari US juta menjadi US juta.
Ditjen Imigrasi melonggarkan syarat investor asing di IKN dapat golden visa dengan menurunkan nilai investasi minimal dari US juta menjadi US juta. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah RI melalui Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberi kemudahan berupa pemberian fasilitas golden visabagi investorluar negeri yang hendak menanamkan modal di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Persyaratan bagi perusahaan asing yang akan melakukan penanaman modal di IKN diturunkan, dari penanaman modal minimal US juta menjadi minimal US juta untuk masa tinggal selama 5 tahun. Sedangkan untuk masa tinggal 10 tahun, diturunkan dari US juta menjadi US juta," ujar Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim melalui siaran pers, Kamis (1/2).

Silmy menyatakan perusahaan asing yang akan membuka cabang atau anak perusahaan di IKN dikecualikan dari syarat turnover (nilai penjualan) pada perusahaan induknya sebagaimana disyaratkan kepada perusahaan asing yang akan membuka cabang atau anak perusahaan di luar IKN.

Dokumen persyaratan yang dilampirkan antara lain paspor dengan masa berlaku minimal enam bulan, pas foto serta pernyataan komitmen untuk membangun perusahaan di IKN dengan nilai investasi paling sedikit US juta (untuk masa tinggal 5 tahun), atau paling sedikit US juta (untuk masa tinggal 10 tahun).

Pada Januari 2024, terang Silmy, tercatat sebanyak 62 golden visa telah diterbitkan. Menurut dia, kemudahan golden visa bagi investor merupakan wujud komitmen Imigrasi dalam menjalankan salah satu fungsinya yaitu sebagai fasilitator pembangunan masyarakat.

"Kita harapkan masuknya investor asing ini menjadi stimulus perekonomian di IKN dan wilayah sekitarnya," kata Silmy.

Golden visa merupakan jenis visa yang diberikan sebagai dasar pemberian izin tinggal dalam jangka waktu lima sampai dengan 10 tahun dengan tujuan mendukung perekonomian nasional.

Landasan pemberlakuan kebijakan ini yaitu pada saat Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 22 Tahun 2023 serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82 Tahun 2023 diundangkan.

Chief Executive Officer (CEO) OpenAI Samuel Altman menjadi orang asing pertama yang mendapatkan golden visa pasca-diundangkan akhir Agustus tahun lalu.

Altman menerima golden visa dengan sub kategori tokoh dunia dengan masa tinggal 10 tahun yang ditandatangani langsung oleh Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim.

[Gambas:Video CNN]



(ryn/agt)

ITB fasilitasi mahasiswa water refill station wujudkan kampus hijau******

ITB fasilitasi mahasiswa water refill station wujudkan kampus hijau
Institut Teknologi Bandung (ITB) memfasilitasi mahasiswa melalui pemasangan water refill station di kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Rubby Jovan
Saat ini di kampus ITB Jatinangor terdapat sekitar 8.000 orang mahasiswa yang salah satunya ya membutuhkan air minum
Kabupaten Sumedang (ANTARA) - Institut Teknologi Bandung (ITB) memfasilitasi mahasiswa melalui pemasangan water refill station dalam mewujudkan kampus yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Direktur Kampus ITB Jatinangor Agus Jatnika Effendi mengungkapkan dihadirkannya water refill station menjadi salah satu sarana untuk mencukupi kebutuhan air minum mahasiswa.

“Saat ini di kampus ITB Jatinangor terdapat sekitar 8.000 orang mahasiswa yang salah satunya ya membutuhkan air minum,” kata Agus di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat.

Water refill stationini berada di tiga titik yaitu di antara gedung kuliah umum (GKU) 1 dan GKU 2 serta di GKU 3 yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air minum para civitas akademika ITB Jatinangor.

"Kami akan kembangkan di beberapa titik karena kebutuhan air minum adalah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi setiap orang sebanyak 2,5 liter per harinya," kata dia.

Agus menyampaikan kehadiran water refill stationini merupakan inisiatif ITB untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pengurangan limbah plastik dan penggunaan sumber daya yang lebih efisien di lingkungan kampus.

Baca juga: Akademisi ITB nilai perlu ada pusat iptek terkait ekonomi sirkular

"Jadi teknologi yang digunakan sangat low energy atau energinya sangat rendah sehingga teknologi green yang sesuai dengan tag line dari kampus ITB yakni green campus, jadi sangat relevan dengan visi misi kampus ITB," katanya.

Sekretaris Bidang Teknologi Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB Rofiq Iqbal menyampaikan water refill station tersebut mampu menampung kapasitas air minum sebanyak 2,5 kubik per jam.

"Artinya kapasitasnya sangat besar sebab jika kebutuhan air minum per orang 10 liter sehari maka jika dikalikan bisa memenuhi kebutuhan banyak orang," kata Rofiq.

Dirinya menjelaskan kelebihan dari water refill station milik ITB yakni menerapkan teknologi yang dikenal dengan sebutan membran ultrafiltrasi. Teknologi ini berbeda dengan teknologi isi ulang air umumnya.

"Nah sementara teknologi ultrafiltrasi ini untuk bakterinya tetap tersisihkan atau tertahan tetapi mineral masih tetap bisa lewat sehingga airnya masih mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh,

Pada kesempatan ini, PT Bank Tabungan Negara (BTN) melalui anggaran tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan memberikan tiga unit water refill station di lingkungan kampus ITB Jatinangor.

Baca juga: ITB tegaskan Indonesia butuh produksi katalis sendiri
Baca juga: ITB pertahankan kerja sama dengan Danacita sebagai pilihan bayar UKT

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

Tarif Penyeberangan Eksekutif Merak******

Tarif angkutan pada layanan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni naik mulai Kamis (1/2) pukul 00.00 WIB.
Tarif angkutan pada layanan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni naik mulai Kamis (1/2) pukul 00.00 WIB. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tarif angkutan pada layanan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni naik mulai Kamis (1/2) pukul 00.00 WIB.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) beralasan kenaikan tarif sejalan dengan upaya meningkatkan pelayanan angkutan penyeberangan, keselamatan, dan keamanan pelayaran.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengungkapkan penyesuaian tarif itu juga dilakukan demi menjaga kelangsungan industri angkutan penyeberangan dan peningkatan daya saing dengan moda lain. Selain itu, penyesuaian tarif juga merupakan upaya untuk memenuhi standar pelayanan minimum.

Kenaikan tarif layanan kapal ekspres ini sesuai Surat Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor: PR.302/4/16 PHB 2023 tanggal 15 November 2023 tentang Persetujuan Penyesuaian Tarif Jasa Kepelabuhanan Pada Layanan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Seiring kenaikan tarif, ASDP berharap operasional dan keberlanjutan bisnis badan usaha angkutan penyeberangan dan pelabuhan dapat berjalan stabil dan menjadi penyemangat untuk terus menghadirkan pelayanan prima bagi pengguna jasa.

Perusahaan sendiri belum pernah menyesuaikan tarif pada layanan dermaga eksekutif Merak-Bakauheni selama lima tahun terakhir. Namun, penyesuaian tarif menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dihindari sejalan pertumbuhan biaya operasional dan investasi dalam peningkatan fasilitas serta peningkatan kualitas layanan.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, besar penyesuaian tarif rata-rata untuk penumpang mencapai 8,72 persen. Penyesuaian tersebut mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk biaya bahan bakar, biaya pemeliharaan kapal dan fasilitas serta kenaikan biaya operasional lainnya. Untuk kendaraan, penyesuaian rata-rata sebesar 4,74 persen.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Bakal 'Korbankan' Program Lain Demi Bansos Baru Jokowi

"Penerapan penyesuaian tarif di lintasan tersibuk cabang utama Merak-Bakauheni ini juga sejalan dengan peningkatan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengguna jasa secara berkala melalui upaya peningkatan fasilitas pelabuhan seperti access bridgedan garbarata, kapasitas dermaga, area parkir serta fasilitas ruang tunggu penumpang," terangnya.

Pengguna jasa dapat menikmati fasilitas pendukung di atas kapal seperti ruang VIP, toilet, ruang ibadah, ruang ber-AC, kantin hingga tempat bermain anak.

Perusahaan telah mensosialisasikan secara langsung dan berkolaborasi dengan pihak terkait untuk memastikan koordinasi yang tepat dalam penerapan tarif dan penyampaian informasi kepada pengguna jasa.

Selain lewat media sosial, informasi tentang penyesuaian tarif juga disampaikan melalui aplikasi Ferizy dan media luar ruang seperti spanduk yang dipasang di area pelabuhan.

Berikut tarif baru layanan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni:

Penumpang

- Dewasa: Rp84.800
- Bayi: Rp4.000

Kendaraan

- Golongan I: Rp85.000
- Golongan II: Rp129.677
- Golongan III: Rp187.853
- Golongan IV : kendaraan penumpang Rp749.128 dan kendaraan barang Rp491.800
- Golongan V: kendaraan penumpang Rp1.225.928 dan kendaraan barang Rp904.923
- Golongan VI: kendaraan penumpang Rp2.015.985 dan kendaraan barang Rp1.366.620
- Golongan VII: Rp1.975.580
- Golongan VIII: Rp2.619.845
- Golongan IX: Rp3.998.920.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:situs online slot terpercaya

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
daftar situs terpercaya
prediksi thailand togel
slot bonus 100 di depan
luxury138 slot
kingdom357
mainslot369
situs slot yang lagi gacor
link slot via pulsa
live paito sgp
Daftar isi semua bab
Bab 1 indo maxwin
Bab 2 arena369
Bab 3 live draw togel sdy
Bab 4 link slot 4d gacor
Bab 5 tafsir mimpi 2d ular
Bab 6 erek erek kijang
Bab 7 crown138
Bab 8 naga26
Bab 9 situs slot gacor bulan ini
Bab 10 cara membuat voucher toko di tokopedia
Bab 11 alamat slot terpercaya
Bab 12 trik pola mahjong ways 1
Bab 13 slot yang sedang gacor hari ini
Bab 14 situs slot asia terbaik
Bab 15 daftar pinjol legal ojk
Bab 16 voucher xl gratis
Bab 17 situs slot asli gacor
Bab 18 paito florida midday angkanet
Bab 19 situs tergacor maxwin
Bab 20 olympus88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7894bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Perjalanan ke Barat: Kelahiran Kembali sebagai Iblis

indo jp slot
Legislator minta DKI tambah sekolah di tiap kelurahan di Koja
Arsip foto - Peserta didik Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 4 Jakarta berlatih membatik di Koja, Jakarta Utara, Jumat (17/9/2022). ANTARA/Abdu Faisal
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Suhud Alynudin meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah sekolah di setiap kelurahan di kawasan Koja, Jakarta Utara, demi pemerataan pendidikan.

"Warga Koja, Jakarta Utara, meminta penambahan sekolah jenjang SD hingga SMA yang idealnya terdapat satu sekolah di satu wilayah kelurahan," kata Suhud kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Hal itu diketahui Suhud ketika warga Koja menyampaikan aspirasi dalam reses yang dilaksanakan pada Januari 2024. Keluhan warga yakni ada anak didik SD harus sekolah dengan jarak yang jauh dari rumah mereka.

Selain itu, akibat kurangnya jumlah sekolah, warga kurang mampu harus merogoh kocek lebih dalam untuk menyekolahkan anaknya di sekolah swasta. “Ada sekolah negeri, tapi lokasi jauh sehingga sebagian sekolah di swasta,” katanya.

Baca juga: SMAN 110 Koja masuk kandidat Lomba Sekolah Sehat Nasional

Karena itu, Suhud meminta Dinas Pendidikan DKI Jakarta membuat perencanaan pembangunan sekolah tingkat SD SMP dan SMA Negeri, khususnya di wilayah Jakarta Utara, pada 2025.

Selain itu, Suhud mendorong Dinas Pendidikan DKI Jakarta melakukan pendataan pada gedung sekolah yang sudah layak untuk segera direvitalisasi.

“Banyak kondisi bangunan sekolah yang perlu diperhatikan, karena sudah banyak sekolah di Jakarta yang usia bangunan sudah tua," katanya.

Berdasarkan data pokok Direktorat Jenderal Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, tercatat sebanyak 217 sekolah terdiri dari 53 negeri dan 164 swasta di Kecamatan Koja, Jakarta Utara, pada 2024.

Baca juga: SMAN 13 Jakarta membuat kebun di atap masjid sekolah

Sebelumnya, "Publikasi Pademangan Dalam Angka 2023" dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jakarta Utara menyebutkan Kelurahan Ancol belum memiliki SMA Negeri sederajat (SMK dan MA).

Statistisi Ahli Pertama BPS Kota Jakarta Utara Ulul Azmi Afrizal Rizqi di Jakarta Utara, Selasa, membenarkan data statistik dalam publikasi tersebut.

"Benar, kalau kita membaca publikasi 'Pademangan Dalam Angka 2023', Ancol belum memiliki SMA Negeri atau sederajat," kata Ulul Azmi dalam sesi wawancara di Kantor BPS Jakarta Utara di Koja.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024

Menimbulkan malapetaka pada perusahaan-perusahaan Jepang

pola gacor bonanza pyramid
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.192 pada Selasa (30/1) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.192 pada Selasa (30/1) sore. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.192 pada Selasa (30/1) sore. Indeks saham menguat 35,04 poin atau 0,49 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,31 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,87 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 253 saham menguat, 276 terkoreksi, dan 239 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham Asia bergerak bervariasi. Tercatat Nikkei 225 di Jepang menguat 0,11 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong melemah 2,36 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan minus 0,07 persen.

Sementara, bursa saham Eropa kompak bergerak di zona hijau. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,5 persen, indeks DAX di Jerman 0,11 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis 0,23 persen.

Seperti Eropa, bursa saham AS juga kompak menguat. Indeks S&P 500 menguat 0,76 persen, indeks NYSE Composite 0,54 persen, dan indeks NASDAQ Composite 1,12 persen.

[Gambas:Video CNN]



(rmh/pta)

Ciptakan kerajaan besar

77gacor
Elnusa siapkan belanja modal Rp526 miliar di 2024
Kantor Pusat PT Elnusa Tbk di Jakarta. ANTARA/HO-Elnusa.
Melalui belanja modal yang disiapkan ini, Elnusa berkomitmen untuk siap berinvestasi melakukan pengembangan bisnis yang berkelanjutan dalam mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan
Jakarta (ANTARA) - PT Elnusa Tbk, anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, menyiapkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) Rp526 miliar pada 2024.

Capex tersebut dialokasikan 53 persen ke jasa hulu, 31 persen jasa distribusi dan logistik energi, 9 persen untuk penunjang hulu dan sisanya untuk pengembangan bisnis, kata Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Arief Prasetyo Handoyo di Jakarta, Jumat.

"Melalui belanja modal yang disiapkan ini, Elnusa berkomitmen untuk siap berinvestasi melakukan pengembangan bisnis yang berkelanjutan dalam mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan,” kata Arief.

Adapun penyerapan belanja modal dari jasa hulu akan dialokasikan untuk penambahan kapasitas berbagai peralatan pendukung kegiatan eksplorasi juga produksi migas.

Dari jasa distribusi dan logistik energi, perseroan akan melakukan perluasan bisnis non BBM, melakukan optimalisasi pasar pada chemical di hulu migas serta memperluas pasar chemical hilir serta mengembangkan inovasi blending B35 untuk meningkatkan profitabilitas.

Pada segmen mid-stream, juga new renewable energydan penunjang, perseroan akan menyerap belanja modal dengan melakukan investasi pembelian mobil tangki BBM serta transportasi laut untuk LNG maupun LPG, melanjutkan penjajakan pada ekosistem transisi energi melalui battery asset management systemserta fabrikasi peralatan penunjang migas.

Melalui belanja modal yang disiapkan ini Elnusa berkomitmen untuk siap berinvestasi melakukan pengembangan dan inovasi dalam mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan.

Sementara untuk 2023, Elnusa mencatat realisasi belanja modal sebesar Rp495 miliar dari total Rp500 miliar. Realisasi tersebut dilakukan perseroan secara selektif dan dimanfaatkan untuk berbagai investasi yang mendukung optimalisasi produksi juga keberlangsungan bisnis.

Diantaranya pada jasa hulu melakukan pembelian kapal tongkang AWB Offshore, pada jasa distribusi dan logistik dialokasikan untuk melakukan pembelian mobil tangki serta pengembangan pada jasa penunjang migas dan non project.

"Kami menatap optimistis di tahun 2024 ini akan kembali mencacatkan kinerja positif dengan mengakselerasi pertumbuhan bisnis yang kompetitif, menguntungkan serta bertanggung jawab ke depan sebagai perusahaan jasa energi yang memberikan Solusi total,” kata Arief.

Baca juga: Elnusa raih laba bersih Rp503 miliar sepanjang 2023

Baca juga: Elnusa kembali masuk dalam konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Baca juga: HUT ke-54, Elnusa ingin capai keunggulan di bisnis jasa energi
 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024

Perbaikan kartu terbaik

pinjam 10 juta di bank bri
Negara G20 perkuat kerja sama atasi tantangan perekonomian global
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI Bulan Februari 2024 di Jakarta, Rabu (21/2/2024). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak/aa.
berbagai tantangan ekonomi, kesehatan, dan geopolitik telah memperparah salah satu permasalahan utama dunia, yaitu kemiskinan dan kelaparan
Jakarta (ANTARA) - Negara-Negara Kelompok 20 (G20) sepakat secara konsisten memperkuat semangat multilateralisme melalui kerja sama untuk mengatasi tantangan perekonomian global. "Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai tantangan ekonomi, kesehatan, dan geopolitik telah memperparah salah satu permasalahan utama dunia, yaitu kemiskinan dan kelaparan," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat. Kondisi tersebut dapat menghambat pencapaian pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif, khususnya di negara berkembang. Hal itu mengemuka dalam pertemuan pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral, Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) di bawah Presidensi G20 Brasil, yang berlangsung pada 28-29 Februari 2024 di Sao Paulo, Brasil. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur BI Perry Warjiyo memimpin delegasi Republik Indonesia pada pertemuan tersebut. Pada forum tersebut, Perry mengatakan bahwa koordinasi kebijakan moneter dan fiskal telah membawa kinerja perekonomian Indonesia menjadi yang terbaik di antara negara berkembang. Ia juga menyoroti koordinasi kebijakan fiskal-makroprudensial yang telah dilakukan. Pada saat kebijakan fiskal memberikan prioritas insentif pada sektor tertentu, kebijakan makroprudensial melengkapi dengan turut memberikan insentif likuiditas yang dialokasikan kepada bank yang memberikan pinjaman ke sektor-sektor tersebut sehingga turut mendorong pertumbuhan dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi. Selain itu, Perry juga menyoroti tiga tren digitalisasi di sektor keuangan, yaitu digitalisasi di sistem pembayaran dan digitalisasi di perbankan juga industri keuangan, serta digitalisasi melalui konektivitas cross-border payments. Dari tren tersebut, ia menuturkan lima peran pembuat kebijakan di G20, yakni, rethink and reviewkonsolidasi industri perbankan dan pembayaran, baik dari sisi transaksi, interkoneksi, kapasitas, manajemen risiko, dan teknologi informasi; serta memperkuat regulasi dan supervisi, termasuk manajemen risiko dan keamanan siber. Selanjutnya, regulasi kepemilikan dan privasi data, baik data publik, data kontraktual, maupun data pribadi; serta cross-border governance, baik dari sisi teknis, regulasi dan supervisi, nilai tukar dan capital flows. Kemudian, literasi keuangan dan edukasi, antara lain perlindungan konsumen dan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT). Pertemuan pertama FMCBG di bawah Presidensi Brasil membahas berbagai agenda penting yang dipayungi oleh tema utama presidensi, “Building a Just World and a Sustainable Planet", yaitu peran kebijakan ekonomi dalam mengatasi ketidaksetaraan (inequalities), perkembangan perekonomian global, sektor keuangan dan kebijakan perpajakan internasional untuk abad ke-21, serta global debt dan pembangunan berkelanjutan. Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral sepakat bahwa perekonomian global berubah secara cepat, namun masih dibayangi oleh ketidakpastian. Selain itu, ketegangan geopolitik yang semakin meluas berisiko meningkatkan ancaman perekonomian kedepan. Oleh karena itu, G20 sepakat untuk mengoptimalkan kerja sama internasional. Dalam pembahasan terkait agenda sektor keuangan, para gubernur bank sentral sepakat bahwa penting untuk memanfaatkan potensi teknologi digital, termasuk aset kripto, Central Bank Digital Currencies, dan cross-border payments, namun tetap mengedepankan regulasi untuk mengantisipasi risiko yang melekat. Pertemuan perdana untuk tingkat menteri keuangan dan gubernur itu dihadiri oleh seluruh anggota G20, termasuk African Union yang telah menjadi anggota tetap G20, negara undangan (Angola, Mesir, Nigeria, Norwegia, Portugal, Spanyol, Singapura, Swiss, dan Uni Emirat Arab), serta sejumlah organisasi internasional.

Baca juga: BI berkomitmen perkuat posisi Indonesia di kancah internasional
Baca juga: G20 sepakat pererat koordinasi atasi tantangan ekonomi global
Baca juga: BI kembangkan sistem pengawasan transaksi berbasis kecerdasan buatan

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Perjalanan hidup yang anti rutinitas

ino777
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Selasa (30/1) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Selasa (30/1) ini. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks HargaSahamGabungan (IHSG) diprediksi melemah pada perdagangan Selasa (30/1) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham bisa menurun ke level 7.021. Selain itu, IHSG juga masih dalam tren melemah atau bearish.

"Berdasarkan indikator MACD (moving average convergence divergence) menandakan momentum bearish," ucap Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG bergerak datar. Menurutnya, indeks saham terlihat masih bergerak sidewaysdengan potensi koreksi dibanding penguatan.

Di sisi lain, para investor asing masih mencatatkan capital inflowsecara year to dateyang diharapkan dapat menopang pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

"Sedangkan peluang terjadinya koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian mengingat dalam jangka panjang IHSG masih menunjukkan pola uptrend," kata William.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support7.123 dan resistance7.272 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni BMRI, BBNI, TLKM, SMGR, ITMG, JSMR, dan ASRI

IHSG ditutup menguat 20,08 poin atau 0,28 persen ke level 7.157 pada perdagangan Senin (29/1) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,45 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,7 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Hidup kembali dengan plug-in diaktifkan

kepo4d
BI: Inflasi terjaga karena konsistensi kebijakan moneter dan sinergi
Arsip tangkapan layar - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono. ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak/pri. (
Inflasi yang terjaga merupakan hasil dari konsistensi kebijakan moneter serta eratnya sinergi pengendalian inflasi
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mengatakan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Februari 2024 tetap terjaga dalam kisaran sasaran 2,5 plus minus satu persen karena konsistensi kebijakan moneter serta eratnya sinergi pengendalian inflasi antarpihak. "Inflasi yang terjaga merupakan hasil dari konsistensi kebijakan moneter serta eratnya sinergi pengendalian inflasi," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Jumat. Sinergi tersebut terjalin antara BI dan pemerintah pusat dan daerah dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah melalui penguatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di berbagai daerah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi IHK Februari 2024 tercatat sebesar 0,37 persen month to month(mtm), sehingga secara tahunan menjadi 2,75 year on year(yoy). Erwin mengatakan ke depan, Bank Indonesia meyakini inflasi akan tetap terkendali dalam kisaran sasaran 2,5 plus minus satu persen pada 2024. Inflasi inti tetap terjaga. Inflasi inti pada Februari 2024 tercatat sebesar 0,14 persen (mtm), lebih rendah dari inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 0,20 persen (mtm). Realisasi inflasi inti tersebut disumbang terutama oleh inflasi komoditas minyak goreng, nasi dengan lauk, dan emas perhiasan. Secara tahunan, inflasi inti Februari 2024 tercatat sebesar 1,68 persen (yoy), stabil dari inflasi bulan sebelumnya. Sementara inflasi kelompok volatile food meningkat. Kelompok volatile foodpada Februari 2024 mencatat inflasi sebesar 1,53 persen (mtm), lebih tinggi dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,01 persen (mtm). Peningkatan inflasi volatile fooditu disumbang terutama oleh inflasi komoditas beras, cabai merah, dan telur ayam ras. Peningkatan inflasi lebih lanjut tertahan oleh deflasi bawang merah, tomat, dan cabai rawit. Secara tahunan, kelompok volatile foodmengalami inflasi sebesar 8,47 persen (yoy), meningkat dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 7,22 persen (yoy). Inflasi kelompok administered pricestercatat meningkat. Kelompok administered pricespada Februari 2024 mengalami inflasi sebesar 0,15 persen (mtm), meningkat dari bulan sebelumnya yang deflasi sebesar 0,48 persen (mtm). Peningkatan tersebut disumbang oleh inflasi sigaret kretek mesin sejalan dengan kenaikan cukai rokok yang ditransmisikan secara bertahap terhadap harga jual oleh produsen. Secara tahunan, inflasi kelompok administered prices menjadi sebesar 1,67 persen (yoy), menurun dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 1,74 persen (yoy). Baca juga: Indef nilai pasokan beras perlu dijaga antisipasi inflasi saat Ramadan
Baca juga: Kemenkeu antisipasi pasokan dan harga pangan jelang Ramadhan
Baca juga: Ekonom prediksi inflasi akan mulai menurun pada kuartal III tahun ini

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024