petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

game slot terbaru 2023

asikdewa 201Jutaan kata 511499Orang-orang telah membaca serialisasi

《game slot terbaru 2023》

Dampak Shopee Garansi Bebas Pengembalian bagi penjual******

Dampak Shopee Garansi Bebas Pengembalian bagi penjual
Ilustrasi belanja daring. (Pexels/Nataliya Vaitkevich)
Jakarta (ANTARA) - Baru-baru ini, Shopee merilis program terbarunya yaitu Garansi Bebas Pengembalian yang memungkinkan pembeli untuk mengembalikan barang dengan alasan berubah pikiran.

Lewat program ini pembeli bisa melakukan pengembalian barang dengan mudah, bukan hanya saat barang yang diterima tidak sesuai atau rusak, tapi juga kalau pembeli berubah pikiran saat barang diterima. Hal ini pastinya harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Shopee.

Program Shopee ini disambut hangat dan penuh antusiasme oleh para pembeli! Bagaimana tidak? Hal ini menjawab keraguan banyak dari mereka yang masih saja bimbang dan ragu saat hendak berbelanja barang secara online. Lalu bagaimana dengan Penjual? Apa benar program ini hanya menguntungkan Pembeli saja?

Di sisi lain, Garansi Bebas Pengembalian mendapatkan berbagai macam respons berbeda-beda dari para penjual. Ada yang mendukung program ini, karena membuka peluang lebih banyak menarik pembeli baru dan memicu potensi pembelian berulang.

Baca juga: Garansi Bebas Pengembalian Shopee bisa beri manfaat buat UMKM

Namun beberapa ada juga yang mempertanyakan kebijakannya. Alasannya, mereka meragukan program ini dan merasa program ini hanya akan memberikan keuntungan bagi para pembeli saja dan ditambah lagi, kekhawatiran akan biaya tambahan yang mungkin dikenakan kepada penjual.

Jika dilihat secara gambaran besar, penukaran barang dalam kegiatan berbelanja merupakan hal yang wajar aja, kan? Lalu, dimanakah titik masalahnya?

Merasa was-was dengan hal baru yang belum kita pahami sepenuhnya, itu wajar banget. Nah, daripada salah paham, mari kita kupas tuntas tentang program Garansi Bebas Pengembalian untuk penjual.

Berikut 4 kesalahpahaman yang masih sering ditemukan dalam program ini;

• “Rugi dong penjual! kalau hanya 1 dari banyak barang yang konsumen ingin ajukan pengembalian, apakah semua barang harus ikut dikembalikan?”

Siapa bilang? Sejak tanggal 15 Februari kemarin, pembeli tidak perlu lagi untuk mengembalikan seluruh barang yang dibeli saat ingin menggunakan Garansi Bebas Pengembalian. Untuk kenyamanan bersama, saat ini pembeli sudah dapat mengajukan pengembalian barang/dana untuk beberapa kuantitas saja.

Nah, tentunya pembaruan ini bikin untung! Karena proses dan penggunaan Garansi Bebas Pengembalian jadi lebih efektif dan efisien. Beberapa barang yang tidak termasuk dalam pengajuan pengembalian barang/dana tetap terjual.

• “Rugi dong penjual! Kena ongkos kirim berkali-kali!”

Tahukah kamu? Bahwa pada program Garansi Bebas Pengembalian “Berubah Pikiran” ini, penjual tidak perlu menanggung biaya ongkos kirim produk atas pengembalian dari pembeli, lho!

Sampai akhir Maret ini, jika ada penjual yang menemukan ongkos kirim dibebankan kepada penjual untuk pengembalian barang “Berubah Pikiran” pada program Garansi Bebas Pengembalian, Shopee akan mengembalikan dana ongkos kirim dalam 1- 3 hari ke saldo penjual tanpa perlu melakukan permintaan apapun,

Ke depannya, mulai April 2024, pengembalian barang dan dana dengan alasan “Berubah Pikiran” akan ditanggung sepenuhnya oleh Shopee. Sistem Shopee secara otomatis tidak akan menagihkan ongkos kirim kepada penjual.

Baca juga: Cara mudah klaim ‘Garansi Bebas Pengembalian’ di Shopee

“Rugi dong penjual! Ini bisa jadi celah buat pembeli melakukan kecurangan saat mengembalikan barang!”

Tenang, agar program ini memberikan keuntungan bagi semua pihak dan tidak merugikan pihak manapun, Shopee memiliki sistem untuk memantau performa setiap akun agar meminimalisasi adanya kecurangan dalam proses Garansi Bebas Pengembalian.

Jika pembeli sengaja melakukan kecurangan dan mengembalikan barang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan, penjual memiliki wewenang untuk menolak permintaan pengembalian barang dari pembeli. Penjual dapat melakukan banding jika pembeli terbukti melanggar ketentuan program Bebas Pengembalian.

Penjual juga dianjurkan untuk melakukan video unboxing saat menerima barang dari pembeli untuk dijadikan bukti yang valid saat banding.

Perlu dicatat! Bahwa hanya pembeli yang memenuhi syarat saja yang bisa mendapat keuntungan dari program Garansi Bebas Pengembalian. Shopee akan melakukan pemblokiran pada pembeli yang tidak memenuhi syarat atau diketahui pernah menyalahgunakan program ini.

• “Rugi dong penjual! Masa kita harus pasrah aja sih? Misal balikin banyak, belum lagi ada paket yang hilang atau rusak pas dibalikin ke kita padahal di awal barangnya baik-baik saja. Apakah penilaian Shopee adil?”

Intinya, Shopee akan terus memberikan edukasi kepada pembeli terkait syarat dan ketentuan program Garansi Bebas Pengembalian, baik untuk menjaga kondisi produk sama seperti yang dikirimkan, pengemasan produk termasuk label produk/merek harus tersegel dengan baik, dan lainnya.

Bahkan, Shopee juga memberikan kesempatan kepada penjual untuk melakukan banding atas keputusan agen Shopee setelah menerima pengembalian produk dari pembeli. Shopee juga terus berupaya melakukan perbaikan atas SOP yang ada sebagai panduan agen untuk memastikan pengambilan keputusan yang tepat atas permohonan pengembalian barang/dana.

Jika penjual mengalami kendala dalam melakukan banding, mohon dapat menginformasikan kepada tim customer service Shopee dan apabila penjual yang terbukti benar dan memenangkan banding akan mendapatkan hasil penjualan dan pengembalian ongkos kirim kembali.

Program Garansi Bebas Pengembalian ini memberikan manfaat baik untuk pembeli maupun penjual. Program ini dapat membantu penjual untuk menyasar calon-calon pembeli yang sebelumnya ragu-ragu untuk membeli barang secara online dan juga bisa meningkatkan pembelian berulang karena tingkat kepuasan pembeli yang lebih tinggi.

Baca juga: Shopee hadirkan fitur Garansi Bebas Pengembalian

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Klasemen Liga Inggris: Manchester City tempel ketat Liverpool******

Klasemen Liga Inggris: Manchester City tempel ketat Liverpool
Dua pemain Liverpool Alexis Mac Allister (kiri) dan Darwin Nunez (kanan) berselebrasi dalam kemenangan 1-0 melawan Nottingham Forest pada pekan ke-27 Liga Inggris di City Ground, Sabtu (2/3/2024). (ANTARA/Liverpool)
Jakarta (ANTARA) - Manchester City menempel ketat Liverpool pada klasemen sementara Liga Inggris setelah mengalahkan Manchester United 3-1 pada pekan ke-27, Senin dini hari WIB. The Citizen kini telah mengumpulkan total 62 poin dari 27 pertandingan, hanya berjarak satu poin dari Liverpool di posisi pertama. Sementara itu, kekalahan membuat Manchester United gagal memangkas jarak mereka dengan zona empat besar dan masih tertahan di posisi enam dengan 44 poin, terpaut 11 poin dari peringkat empat yang ditempati Aston Villa. Pekan ke-27 Liga Inggris masih menyisakan satu pertandingan antara peringkat ketiga Arsenal menghadapi juru kunci Sheffield United, Selasa dini hari WIB. Pada persaingan di zona degradasi, masih sama dengan pekan sebelumnya, terdapat tiga tim yang musim ini baru saja promosi dari divisi championship yaitu Luton Town, Burnley dan Sheffield United. 
Baca juga: Dua gol Foden bantu Manchester City menang 3-1 atas Manchester United
Baca juga: Preview Liga Inggris Man City vs Man United: tetangga yang lagi kontras
Baca juga: Klasemen: Aston Villa jaga posisi empat, Liverpool aman di puncak
Baca juga: Fans Chelsea sebut nama Mourinho saat serukan pecat Pochettino 
  Berikut hasil Inggris pekan ke-27: Brentford 2 - 2 Chelsea​​​​​​​
Everton 1 - 3 West Ham​​​​​​​
Fulham 3 - 0 Brighton​​​​​​​
Newcastle 3 - 0 Wolves​​​​​​​
Nottingham Forest 0 - 1 Liverpool​​​​​​​
Tottenham Hotspur 3 - 1 Crystal Palace​​​​​​​
Luton Town 2 - 3 Aston Villa​​​​​​​
Burnley 0 - 2 Bournemouth​​​​​​​
Manchester City 3 - 1 Manchester United​​​​​​​
Jadwal lanjutan Liga Inggris pekan ke-27: 05/03/24 Sheffield United vs Arsenal 03.00 WIB
Berikut klasemen sementara Liga Inggris, Senin:  
NoTimMainSGPoin
1Liverpool273963
2Manchester City273562
3Arsenal263958
4Aston Villa272255
5Tottenham Hotspur261650
6Manchester United27-244
7West Ham27-442
8Newcastle271240
9Brighton27539
10Wolves27-338
11Chelsea26136
12Fulham27-335
13Bournemouth26-1231
14Crystal Palace27-1528
15Brentford27-1126
16Everton27-825
17Nottingham Forest27-1524
18Luton Town26-1720
19Burnley27-3513
20Sheffield United26-4413

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024

Polrestro Jakbar mulai Operasi Keselamatan 2024 dengan sosialisasi******

Polrestro Jakbar mulai Operasi Keselamatan 2024 dengan sosialisasi
Polres Metro Jakarta Barat (Polres Jakbar) memulai operasi keselamatan 2024, Senin (4/3/2024). ANTARA/HO-Polres Jakbar/am.
polisi juga menegur sejumlah pengendara  yang melakukan pelanggaran
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat (Polres Jakbar) memulai penyelenggaraan Operasi Keselamatan Jaya  2024 dengan sosialisasi dalam rangka meningkatkan disiplin lalu lintas bagi pengguna kendaraan bermotor.

Kasat lantas Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Ridha Aditya menyebut sosialisasi diselenggarakan di sejumlah titik lampu lalu lintas di wilayah Jakbar mulai hari ini hingga 17 Maret 2024.

"Kami melaksanakan sosialisasi diantaranya melalui spanduk serta pembagian brosur kepada pengendara yang melintas," kata Ridha di Jakarta, Senin.

Selain sosialisasi, kata Ridha, polisi juga menegur sejumlah pengendara  yang melakukan pelanggaran.

"Pelanggaran ini termasuk melawan arus, tidak menggunakan helm SNI, serta beberapa pelanggaran lain yang menjadi prioritas dalam Operasi Keselamatan 2024," kata dia.

Ridha menuturkan Operasi Keselamatan Jaya merupakan upaya polisi mengedukasi masyarakat guna meningkatkan disiplin berlalu lintas.

"Menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas," kata Ridha.

Adapun Operasi Keselamatan Jaya 2024 ini menargetkan sejumlah pelanggaran yang sering terjadi dalam berlalu lintas, di antaranya menggunakan handphone saat berkendara, mengemudi di bawah umur, dan berboncengan sepeda motor lebih dari satu orang.

"Pengendara sepeda motor tanpa helm SNI, pengemudi mobil tanpa menggunakan sabuk pengaman, berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus, melebihi batas kecepatan, serta pelanggaran terkait kelebihan penumpang dan spesifikasi teknis kendaraan," kata Ridha.

Ia mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang lebih baik.

"Semoga dengan pelaksanaan operasi ini, kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas semakin meningkat, sehingga dapat menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan tertib," ungkap Ridha.
Baca juga: Ribuan personel juga disiapkan untuk Operasi Keselamatan Jaya 2024
Baca juga: Polda Metro catat terdapat 136 kecelakaan selama operasi keselamatan
Baca juga: Pengguna sepeda motor banyak lakukan pelanggaran lalu lintas di Jakbar

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:slot maxwin gacor 5000

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
mpo007
microgaming gacor hari ini
pinjol tidak ojk
ada pundi ojk
maxwin olympus bet 1000
nagaqq
pasar jackpot slot link alternatif
bonus new member ewallet
voucher gosend agustus 2022
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot 88 gacor hari ini
Bab 2 nagahoki303
Bab 3 layangan 2d togel
Bab 4 animasi kakek zeus
Bab 5 slot maxwin hari ini
Bab 6 big777 login
Bab 7 slot new member 100 bebas ip
Bab 8 pinjam bank syariah
Bab 9 akslot
Bab 10 izigaming303
Bab 11 situs slot gacor 2022 resmi
Bab 12 detik 777 slot
Bab 13 pinjaman online terdaftar di ojk
Bab 14 bukalapak paylater kredivo
Bab 15 demo kakek zeus
Bab 16 situs kakek slot
Bab 17 voucher klik indomaret
Bab 18 pola maxwin hari ini
Bab 19 toto188
Bab 20 buku mimpi 2 angka bergambar
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7430bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Tian Feng Qi Tan

rtp prada188
BMKG: Waspadai potensi gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY
Dua anak kecil bermain air di Pantai Cemoro Sewu, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Minggu (3/3/2024), ANTARA/Sumarwoto
Pola angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi berpotensi meningkatkan tinggi gelombang
Cilacap (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan maupun wisatawan untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta akibat peningkatan kecepatan angin.

"Berdasarkan pengamatan, pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari barat daya hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 4-25 knot," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Senin.

Menurut dia, pola angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi berpotensi meningkatkan tinggi gelombang.

Selain itu, kata dia, wilayah perairan selatan Jabar hingga DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY saat sekarang masih dipengaruhi oleh musim angin barat.

"Oleh karena itu, hari ini (4/3) kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY yang berlaku sampai dengan Rabu (5/3) dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," katanya.

Baca juga: BMKG memprakirakan cuaca ekstrem masih berpotensi di wilayah Jateng
Baca juga: Tim PKM UNS ciptakan permainan edukatif mitigasi bencana

Ia mengatakan peringatan dini tersebut dikeluarkan karena tinggi gelombang di laut selatan Jabar-DIY berpotensi mencapai kisaran 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi.

Menurut dia, wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi meliputi perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Selanjutnya, Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, Samudra Hindia selatan Pangandaran, Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta.

Terkait dengan hal itu, Teguh mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk memerhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran.

"Hal itu karena berdasarkan analisis, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter berisiko terhadap perahu nelayan. Kemudian kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter berisiko terhadap tongkang," katanya.

Menurut dia, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter berisiko terhadap kapal feri serta kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter berisiko terhadap kapal berukuran besar seperti kapal kargo serta kapal pesiar.

Selain itu, lanjut dia, wisatawan maupun masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi tersebut.

"Saat sekarang memang bukan musim liburan, namun biasanya masyarakat di sejumlah daerah memanfaatkan momentum menjelang puasa Ramadhan dengan berwisata bersama keluarga, salah satunya dengan mengunjungi objek wisata pantai," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat yang berwisata ke pantai diimbau untuk tidak bermain air atau berenang terutama di wilayah pantai yang langsung terhubung dengan laut lepas agar terhindar dari risiko gelombang tinggi yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Baca juga: Operasi modifikasi cuaca di Jateng berlaku efektif tiga hari ke depan
Baca juga: BMKG: Waspadai bencana hidrometeorologi di Jateng akibat cuaca ekstrem


 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

Perjuangan menjadi lajang

trik bermain slot joker
Dua korban longsor di Sragen masih dalam pencarian
Pencarian korban longsor di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (3/3/2024) petang. (ANTARA/HO-Dokumentasi relawan)
Kami mengevakuasi korban, sudah ditemukan satu, masih ada dua lagi. Minta doanya semoga hari ini bisa ketemu
Sragen, Jateng (ANTARA) - Dua orang korban longsor di Dukuh Secang, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang terjadi pada Minggu (3/3) petang hingga saat ini masih dalam pencarian.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Kabupaten Sragen, Senin, mengatakan ada satu orang korban yang sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Kami mengevakuasi korban, sudah ditemukan satu, masih ada dua lagi. Minta doanya semoga hari ini bisa ketemu," katanya.

Terkait hal itu, dikatakannya, sebagai tindak lanjut masyarakat yang tinggal di daerah rawan diminta untuk mengungsi terlebih dahulu.

"Untuk tingkat kerawanan yang sangat tinggi agar mengungsi terlebih dahulu ke saudara atau ke tempat lain yang aman," katanya.

Ia mengatakan hingga saat ini masih terus menyisir mana saja keluarga yang terdampak akibat kejadian tersebut.

"Dari daerah yang kami sisir sudah dilakukan assessment. Baru setelah itu, kita bisa ambil tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk membantu mereka yang terdampak," katanya.

Sementara itu, berdasarkan laporan kepolisian, longsor terjadi pada pukul 18.30 WIB. Sebelum longsor, di daerah tersebut terjadi hujan ringan sejak pukul 14.00 WIB. Selanjutnya hujan lebat mulai terjadi pada pukul 17.30 WIB hingga berakibat pada longsor.

Baca juga: Tiga Penambang Batu di Sragen Tewas Tertimpa Longsor
Baca juga: BPBD: tidak ada korban tewas bencana Sragen
Baca juga: Marzuki temui korban banjir Sragen
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

Tidak beruntung di laut

cuan680
Lisa "Blackpink" dan Choi Minho "SHINee" nikmati konser Taylor Swift
Lisa Blackpink hingga Choi Minho SHINee datangi konser Taylor Swift di Singapura (ANTARA/Instagram/lalalalisa_m/choiminho_1209)
Jakarta (ANTARA) - T​​​​aylor Swift sukses menggelar malam kedua konser Eras Tour di Singapura pada Minggu (3/3) di Stadion Nasional.

Pada malam tersebut, terlihat penyanyi dan rapper dari ikon pop Korea Selatan, Lisa Blackpink menghadiri konser tersebut.

Di tulis laman Channel News Asia, Senin, Lisa terlihat bernyanyi bersama lagu-lagu Swift dan bertukar gelang persahabatan dengan penggemar pada malam kedua Eras Tour penyanyi Amerika itu.

Malam sebelumnya, Lisa berada di area tersebut untuk mendukung grup idol pop Korea lainnya, Shinee, meskipun tidak jelas apakah dia tinggal untuk konser atau hanya mampir untuk menyapa mereka.

Baca juga: Lisa BLACKPINK akan debut akting di serial The White Lotus

Konser Swift juga merupakan tempat yang bagus untuk mencari selebritas karena banyak bintang dan tokoh sering datang untuk melihat pertunjukannya. Dalam video TikTok , penyanyi Thailand yang berbasis di Korea Selatan, Sorn, terlihat berjalan bersama Lisa saat mereka menuju malam kedua tur Singapura.

Choi Minho dari SHINee juga hadir hanya satu hari setelah tampil di konsernya sendiri pada tanggal 3 Maret. Dia melalui Instagram Storiesnya, menulis “Taylor noona sangat cantik" dalam bahasa Korea.

Sementara itu, bintang Saltburn Barry Keoghan tertangkap dalam video TikTok , mendukung pacarnya Sabrina Carpenter, yang menjadi artis pembuka Swift selama bagian Eras Tour ini.

Baca juga: Taylor Swift terkesima oleh jutaan penonton di Australia

Konser Taylor Swift di Singapura juga memiliki momen kejutan untuk para penggemarnya selama pertunjukan dengan mengungkapkan versi keempat dan terakhir dari album barunya "The Tortured Poets Department".

Selain menceritakan bahwa lagu bonus untuk edisi kali ini bertajuk "The Black Dog", pemenang Grammy Award ini juga mengungkap artwork album yang belum pernah terlihat sebelumnya, yaitu foto dirinya sedang menyisir rambutnya dengan tangan.

Baca juga: Film konser Taylor Swift “The Eras Tour” tayang di Disney+

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Jiwa Takdir yang Abadi

maxbet338
Anggota DPR dorong pengangkatan pustakawan jadi ASN dimaksimalkan
Arsip - Seorang pustakawan sedang memilih buku di Perpustakaan Daerah Kota Pekalongan, Rabu (21/2/2024). ANTARA/Kutnadi
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki mendorong Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim agar memaksimalkan pengangkatan pustakawan menjadi aparatur sipil negara (ASN). "Kami akan dorong Menteri Pendidikan untuk mengangkat bukan hanya guru honorer menjadi tenaga pendidik, melainkan juga diangkat menjadi ASN, PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dari pustakawan," ujar Zainuddin dalam video singkat sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube TVR Parlemen di Jakarta, Senin. Menurut dia, langkah tersebut bernilai penting untuk dilakukan agar masyarakat semakin tertarik menjadi pustakawan, menyusul minimnya jumlah ahli perpustakaan itu di tanah air.

Ia mengatakan jumlah pustakawan cukup sangat bermanfaat dalam membangun perpustakaan-perpustakaan berakreditasi, membantu kegiatan belajar di sekolah, dan meningkatkan literasi siswa. Sejalan dengan persoalan itu, Komisi X DPR RI juga mendorong pemerintah memperluas rekrutmen pustakawan. Sebelumnya, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mencatat per tahun 2023 Indonesia kekurangan sebanyak 439.680 pustakawan.

Baca juga: Perpusnas alokasi Rp520 miliar bangun gedung perpustakaan di daerah

Baca juga: Provinsi Bengkulu bangun perpustakaan berstandar internasional Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan, kekurangan 439.680 pustakawan itu terjadi di semua jenis perpustakaan, mulai dari perpustakaan umum dan khusus, sekolah negeri maupun swasta, serta perguruan tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, ia menyampaikan bahwa perekrutan pustakawan perlu diprioritaskan untuk menutupi kekurangan tersebut. ”Satu-satunya cara (memprioritaskan perekrutan pustakawan) ada pada kewenangan yang melekat pada pejabat pembina kepegawaian, yaitu bupati/wali kota, gubernur, pimpinan lembaga, dan lainnya,” ujar dia.

Hingga September 2023 lalu, Perpusnas mencatat terdapat sebanyak 164.610 perpustakaan di Indonesia. Sebanyak 2.057 di antaranya adalah perpustakaan perguruan tinggi dan 6.552 perpustakaan khusus.

Terkait akreditasi, perpustakaan perguruan tinggi yang sudah terakreditasi berjumlah 558. Sementara itu, 1.499 perpustakaan lainnya berstatus belum terakreditasi. Lalu untuk perpustakaan khusus, sebanyak 179 sudah terakreditasi dan 6.373 perpustakaan belum terakreditasi.

Baca juga: Perpusnas bangun budaya baca lewat program 10 ribu perpustakaan desa

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024

Legenda manusia pertama

daftar pinjaman ilegal
Dua korban longsor di Sragen masih dalam pencarian
Pencarian korban longsor di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (3/3/2024) petang. (ANTARA/HO-Dokumentasi relawan)
Kami mengevakuasi korban, sudah ditemukan satu, masih ada dua lagi. Minta doanya semoga hari ini bisa ketemu
Sragen, Jateng (ANTARA) - Dua orang korban longsor di Dukuh Secang, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang terjadi pada Minggu (3/3) petang hingga saat ini masih dalam pencarian.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Kabupaten Sragen, Senin, mengatakan ada satu orang korban yang sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Kami mengevakuasi korban, sudah ditemukan satu, masih ada dua lagi. Minta doanya semoga hari ini bisa ketemu," katanya.

Terkait hal itu, dikatakannya, sebagai tindak lanjut masyarakat yang tinggal di daerah rawan diminta untuk mengungsi terlebih dahulu.

"Untuk tingkat kerawanan yang sangat tinggi agar mengungsi terlebih dahulu ke saudara atau ke tempat lain yang aman," katanya.

Ia mengatakan hingga saat ini masih terus menyisir mana saja keluarga yang terdampak akibat kejadian tersebut.

"Dari daerah yang kami sisir sudah dilakukan assessment. Baru setelah itu, kita bisa ambil tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk membantu mereka yang terdampak," katanya.

Sementara itu, berdasarkan laporan kepolisian, longsor terjadi pada pukul 18.30 WIB. Sebelum longsor, di daerah tersebut terjadi hujan ringan sejak pukul 14.00 WIB. Selanjutnya hujan lebat mulai terjadi pada pukul 17.30 WIB hingga berakibat pada longsor.

Baca juga: Tiga Penambang Batu di Sragen Tewas Tertimpa Longsor
Baca juga: BPBD: tidak ada korban tewas bencana Sragen
Baca juga: Marzuki temui korban banjir Sragen
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

Berubah menjadi peri

papislot demo
Dua gol Foden bantu Manchester City menang 3-1 atas Manchester United
Arsip foto - Erling Haaland (tengah) bersama teamnya mewarnai kemenangan Manchester City atas Luton Town dengan skor 6-2 pada babak kelima Piala FA di Stadion Kenilworth Road, Luton, Rabu dini hari WIB (28/2/2024). ANTARA/HO-https://www.mancity.com/pri.
Jakarta (ANTARA) - Manchester City keluar sebagai pemenang setelah melakukan comeback 3-1 lawan Manchester United (MU) dalam laga Derby Manchester di pekan ke-27 Liga Premier Inggris 2023/2024 di Etihad Stadium pada Minggu (03/03) malam WIB. MU unggul lebih dahulu lewat gol Marcus Rashford sebelum dua gol Phil Foden dan Erling Haaland mengamankan tiga poin untuk City. Berdasarkan laman resmi Liga Premier Inggris, kemenangan ini membuat City kini mengemas 62 poin dari 27 laga. Mereka berada di posisi kedua dan hanya tertinggal satu angka dari Liverpool yang memuncaki klasemen sementara. Sedangkan, MU masih berada di posisi enam dengan koleksi 44 poin. Mereka terpaut 11 poin dari posisi empat yang saat ini ditempati Aston Villa.

MU membuka skor saat laga baru berjalan delapan menit. Marcus Rashford mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti yang menjebol pojok kanan atas gawang Ederson. Tim tamu unggul 1-0. City merespons gol itu dengan sebuah peluang pada menit ke-13. Silva memberikan umpan pada Foden di dalam kotak penalti, yang kemudian melepas tembakan kaki kanan dari sudut sempit. Sayangnya bola masih bisa dihalau penjaga gawang Andre Onana dengan sukses. Pada menit ke-18, City mendapat peluang emas. De Bruyne mengirim umpan terobosan pada Phil Foden. Gelandang asal Inggris itu tinggal berhadapan dengan Onana, tetapi sepakannya masih bisa diblok kiper Kamerun tersebut. Kedua tim saling balas menyerang. City mendapatkan peluang mencetak gol melalui upaya Haaland, Rodri dan Foden. Sedangkan MU mengancam melalui Rashford. Pada akhirnya tidak ada ada gol tambahan tercipta di babak pertama. Manchester City 0-1 Manchester United.

Baca juga: Preview Liga Inggris Man City vs Man United: tetangga yang lagi kontras Manchester City langsung tancap gas di babak kedua dan berusaha menekan pertahanan lawan. Namun, MU bisa mengimbangi permainan City dan bisa menekan balik. Sayangnya, City bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Foden menjebol gawang Onana dengan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kanan atas gawang MU. Skor menjadi 1-1. City bisa membalikkan keadaan berkata gol kedua mereka pada menit ke-80. Kerja sama Alvarez dan Foden dapat membuat gelandang asal Inggris itu masuk ke kotak penalti. Foden kemudian melepas tembakan keras kaki kiri mendatar yang tidak bisa dihentikan Onana. MU balik unggul 2-1. City menyempurnakan comeback mereka dengan mencetak gol ketiga pada da menit 90+1, Amrabat melakukan error. Bola bisa direbut dari kakinya sebelum dituntaskan Haaland dengan tendangan kaki kiri ke sisi kanan bawah gawang. 3-1. Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan, yang dimenangkan Manchester City dengan skor 3-1.

 Baca juga: Onana yakin mulai bersinar di Manchester United

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024