petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol ada kami

1 sangat hoki slot 35Jutaan kata 356183Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol ada kami》

Belanja Baju di Transmart Full Day Sale Banyak Diskonnya******

Transmart Full Day kembali digelar seharian pada Selasa (8/8). Nikmati produk fesyen dengan diskon dan harga spesial!
Ilustrasi. Belanja baju di Transmart Full Day Sale banyak diskonnya (Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day kembali digelar hari Selasa (8/8) di seluruh gerai Transmart Indonesia, mulai dari toko buka sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat.

Pesta diskon gede-gedean ini berlangsung selama satu hari dengan potongan harga spesial sebesar 50 persen plus 20 persen.

Lihat Juga :
Wow Transmart Full Day Sale Datang Lagi Besok, Diskon 50% + 20%!

T-shirt dari produk Arizona, Red Point, dan Capetown juga menawarkan harga spesial mulai dari Rp75.000. Tidak hanya men apparel, ada juga produk dari Kids Icon yang diskon 50 persen.

Selainfashion item,diskon juga dapat dinikmati untuk berbagai aneka produk sehari-hari seperti bahan pokok, kosmetik, elektronik, furnitur, sepeda listrik dan masih banyak lagi.

Selain diskon 50 persen, setiap pelanggan berkesempatan mendapat diskon tambahan senilai 20 persen.

Syaratnya gampang, Anda hanya perlu belanja dan bayar menggunakan Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, atau Mega Syariah sudah otomatis langsung bisa klaim diskon 20 persen.

Jika Anda belum punya Allo Prime, caranya mudah banget. Cukup downloadaplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore dan upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengaktifkan Allo Paylater.

Sementara untuk pelanggan yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah bisa mengajukan pembukaan kartu kredit di unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart terdekat.

Segera kunjungi gerai Transmart terdekat di kota Anda dan nikmati berbagai diskonnya hanya di Transmart Full Day Sale!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Bappebti Batal Rilis Bursa Sawit Juni Buntut Kasus Korupsi CPO******

Bappebti batal merilis bursa minyak sawit mentah atau CPO Juni 2023. Pembatalan terkait kasus korupsi ekspor CPO.
Bappebti batal merilis bursa minyak sawit mentah atau CPO Juni 2023. Pembatalan terkait kasus korupsi ekspor CPO. ( Diolah dari Istockphoto/ipopba).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko mengatakan bursa minyak sawitmentah atau crude palm oil (CPO) batal rilis Juni 2023.

Target peluncuran di Juni merupakan arahan dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Pembatalan dilakukan karena pihaknya hati-hati dalam meluncurkan bursa CPO. Kehati-hatian terutama dipicu kasus ekspor CPO yang sedang diproses Kejaksaan Agung.

Meski belum bisa menargetkan kapan bursa CPO akan diluncurkan, Didid berharap peraturan menteri perdagangan (permendag) terkait bursa CPO akan terbit Agustus ini.

Harapan disampaikan karena rancangan permendag itu telah selesai ditelaah oleh Biro Hukum Kementerian Perdagangan. Bappebti pun akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait bursa CPO.

Didid menjelaskan tujuan utama pembentukan bursa CPO adalah agar RI memiliki harga acuan CPO sendiri. Apalagi Indonesia merupakan produsen CPO terbesar di dunia.

Ia berharap keberadaan harga acuan tersebut dapat digunakan untuk menentukan Harga Patokan Ekspor (HPE) dan bea keluar serta mengatur hingga harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

"Sehingga petani sawit juga nanti akan diuntungkan dengan harga yang wajar. Saya tidak mengatakan harganya pasti naik, tapi harga yang fair, harga yang wajar sesuai dengan pasar permintaan dan pembelian," kata Didid.

Di sisi lain, Didit membantah bursa CPO RI bertujuan untuk menjantuhkan bursa Malaysia. Menurutnya, RI dan Malaysia justru sedang memperjuangkan CPO di tengah UU Anti Deforestasi yang dikeluarkan Uni Eropa.

"Kita tidak dalam posisi ingin menjatuhkan bursa Malaysia. Kita ingin punya harga acuan tersendiri, itu saja," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Zulkifli Hasan mendorong Bappebti membentuk referensi harga komoditi di bursa berjangka milik Indonesia sendiri. Salah satunya, minyak kelapa sawit mentah (CPO).

Ia menargetkan harga referensi pertama yang akan dibuat adalah untuk produk kelapa sawit. Adapun bursa CPO itu ditargetkan bisa selesai pada Juni 2023.

Zulkifli mengatakan saat ini Indonesia masih merujuk pada bursa Malaysia terkait harga CPO. Padahal, produksi CPO RI jauh lebih besar dari Negeri Jiran.

"Ya sawit, masa kita patokan ke negara tetangga padahal produksi kita paling besar. Dengan segala kewenangan yang kita miliki Bappebti, kita usahakan sebelum Juni kita sudah punya," ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Januari lalu.

Lihat Juga :
Operasional LRT Terancam Mundur ke 30 Agustus 2023
(fby/agt)

Pilihan Saham Cuan Pekan Ini, Energi dan Tambang Bisa Jadi Pilihan******

Analis menyebut saham sektor energi dan pertambangan bisa jadi pilihan pekan ini di tengah kondisi perekonomian China yang tengah bermuram durja.
Analis menyebut saham sektor energi dan pertambangan bisa jadi pilihan pekan ini di tengah kondisi perekonomian China yang tengah bermuram durja. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 40,62 poin atau minus 0,59 persen ke level 6.859 pada perdagangan pekan lalu. Investor asing mencatat jual bersih (net sell) Rp3,42 triliun selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat menguat dan melemah masing-masing dua kali, sisanya perdagangan libur pada Kamis (17/8) bertepatan dengan HUT Indonesia ke-78. Secara total, performa indeks saham merosot 0,48 persen.

Pjs Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan penguatan paling besar mencapai 7,42 persen dialami rata-rata volume transaksi harian yang naik dari 16,76 miliar saham menjadi 18,1 miliar lembar saham.

"Rata-rata nilai transaksi harian bursa mengalami perubahan sebesar 12,62 persen menjadi Rp10.700 triliun dari Rp10.245 triliun pada penutupan pekan lalu," katanya dalam keterangan resmi di situs IDX, Jumat (18/8).

Tak jauh beda, rata-rata frekuensi transaksi harian bursa amblas 3,56 persen selama sepekan dari 1.090.176 transaksi menjadi 1.051.405 transaksi.

Pelatih Investasi Saham dan Derivatif sekaligus CEO Akela Trading System Hary Suwanda memperkirakan IHSG bakal berada di level support6.834. Sedangkan gerak indeks pekan ini berupaya menembus posisi resistance6.966.

Ada satu faktor yang berpengaruh dari dalam negeri, yakni keputusan Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga di level 5,75 persen. Hary menilai selisih 25 bps dengan Fed Fund Rate pada akhirnya membuat rupiah kembali takluk dari dolar AS.

Lihat Juga :
Aliran Keluar Modal Asing Akan Jungkalkan IHSG di Awal Pekan

Sementara itu, dua ancaman dari mancanegara berkaitan dengan ekonomi China.Pertama, Hary menyebut Negeri Tirai Bambu tengah di ambang resesi, terlebih data Juli 2023 menunjukkan negara tersebut masuk periode deflasi minus 0,3 persen.

"Investor mewaspadai kebangkrutan developerproperti terbesar kedua di China, Evergrande, yang kemungkinan bisa menimbulkan efek domino. Di samping itu, developerterbesar China, Country Garden, juga kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran bunga utangnya," jelas Hary soal sentimen kedua dari China kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (19/8).

Ia menyarankan para tradertetap disiplin dan memperhatikan levelsupportIHSG. Jika posisi ini jebol, maka indeks berpotensi semakin terkoreksi.

Sedangkan untuk para investor, ia menilai koreksi menjadi peluang mengoleksi saham-saham dengan pertumbuhan positif serta valuasi atraktif. Menurutnya, sektor pertambangan, khususnya mineral, serta infrastruktur menarik untuk dicermati.

Hary menyarankan dua emiten untuk dikoleksi. Pertama, PT Adaro Minerals Indonesia Tbk yang meroket 6,31 persen ke 1.180 pekan lalu. Menurutnya, ADMR bisa menembus posisi 1.275 pada pekan ini.

Kedua, ia merekomendasikan saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk alias PGAS. Emiten ini tumbuh tipis 0,67 ke 1.495 pekan lalu dan diperkirakan bakal bergerak di rentang 1.420-1.545 sepekan ini.

Sementara itu, Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi menyebut indeks saham bakal melemah pekan ini jika mengacu indikator MACD. Audi memperkirakan gerak IHSG ada dalam rentang 6.765 hingga 6.950.

Ada dua sentimen utama dari tanah air yang akan menekan indeks.Pertama, suku bunga acuan BI yang stagnan di 5,75 persen berpotensi menahan laju IHSG, di mana ekspansi emiten jadi terbatas.

[Gambas:Video CNN]

Kedua,data permintaan kredit yang disinyalir tumbuh melambat seiring survei BI yang menunjukkan saldo bersih tertimbang (SBT) melambat sampai minus 1,12 persen. Audi melihat penurunan permintaan kredit perbankan bakal menjadi sentimen negatif untuk pasar.

Sedangkan sentimen dari luar negeri adalah pidato Gubernur The Fed Jerome Powell yang berpotensi kembali menyoroti naiknya indeks harga konsumen (CPI) serta potensi kenaikan suku bunga. Audi menegaskan ini merupakan sentimen negatif di pasar.

Oleh karena itu, Audi menyarankan investor harus lebih waspada. Jika sikap The Fed kembali hawkish, maka IHSG bisa tertekan dan modal asing bakal keluar.

"Sektor yang dapat diperhatikan adalah energi, spesifik batu bara karena potensi dividen dari pertumbuhan pendapatan di semester I 2023 dan pergerakan teknikal yang potensial. Serta sektor consumernoncyclical sebagai defensif stock," jelas Audi.

Lihat Juga :
Bahlil Soal Pajak Global 15 Persen: Akal-akalan Negara Maju

Ada tiga saham pilihan yang ia rekomendasikan. Pertama,emiten PT Mayora Indah Tbk alias MYOR yang naik 0,38 persen ke 2.670 sepekan lalu. Ia menyarankan pasar untuk trading buysaham emiten ini. Ia memprediksi saham MYOR gerak di angka 2.550-2.890.

Kedua, trading buysaham PT Baramulti Suksessarana Tbk atau BSSR. Kinerja emiten ini naik 1,56 persen ke 3.900 pada pekan lalu dan diharapkan bisa menembus 4.160 pada pekan ini.

Ketiga,ada saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang merosot 0,70 persen ke 7.050 pada pekan lalu. Audi menyarankan untukbuy on break(BoB) emiten berkode INDF ini pada posisi 7.100.

(skt/agt)




bab terbaru:cara dapat uang gratis di dana

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
jam gacor olympus 2023
gacor388
situs slot kasih modal
game slot terbaru 2022
cara pola slot gacor
hallo88
asiasloto
pinjol pembayaran bulanan
situs slot gacor terbaru 2023
Daftar isi semua bab
Bab 1 pinjaman online cepat cair 2022
Bab 2 rumus permainan slot pragmatic
Bab 3 poker338
Bab 4 kumpulan situs slot bonus new member 100
Bab 5 cara pinjam uang online di bank bca
Bab 6 situs slot mudah jackpot 2023
Bab 7 xn slot
Bab 8 panda slot 88
Bab 9 petatoto
Bab 10 androslot
Bab 11 cara pinjam di seabank
Bab 12 eie88
Bab 13 hk jp paus
Bab 14 situs slot gacor luar negeri
Bab 15 link slot paling gacor 2022
Bab 16 idr88
Bab 17 pandaslot88
Bab 18 angka angka jitu
Bab 19 pinjol ada modal ilegal atau legal
Bab 20 slot gacor cuan
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5343bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Anda menyebut ini jari emas

pinjam uang di shopeepay
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membongkar sederet keburukan perbankan dalam urusan pembiayaan UMKM.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membongkar sederet keburukan perbankan dalam urusan pembiayaan UMKM. (Bloomberg via Getty Images/Bloomberg)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membongkar sederet keburukan perbankan dalam urusan pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Saya pernah menjadi pelaku UMKM, pernah menjual ikan di pasar, menjual bawang, saya pernah punya omzet Rp60 juta. Saya tahu betul sakitnya UMKM, pinjam uang di bank diputar-putar, izin mau dibuat dimintakan uang, pinjam uang di bank dimintakan aset, betul kan? Saya tahu sakit bapak ibu semua," ucapnya dalam Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di Pekanbaru, Riau, Kamis (10/8).

Menurutnya, credit lending alias jumlah pinjaman yang diberikan perbankan pada 2020 lalu mencapai Rp6.000 triliun. Namun, penyaluran kepada UMKM hanya 18 persen-19 persen atau tidak lebih dari Rp1.235 triliun, sedangkan sisanya dinikmati pengusaha besar.

"Uang yang kalian (bank) himpun itu dari UMKM, di situ saya katakan ketidakadilan perbankan kepada UMKM, dari penyaluran kredit. Saya minta ke Pak Presiden (Jokowi), kita harus berikan kredit ke UMKM lebih besar. Pak Presiden setuju, saya cek kenapa Bapak Presiden setuju, karena Pak Presiden juga dari UMKM," tegas Bahlil.

"Apa yang diarahkan Presiden? Sekarang 30 persen kredit yang dikucurkan perbankan harus membiayai UMKM, jumlahnya sekarang hampir Rp400 triliun di tahun ini," sambungnya.

Lihat Juga :
Erick Thohir Apresiasi BUMN Masuk Daftar Fortune Indonesia 100

Kendati, Bahlil paham mengapa selama ini perbankan sulit menyalurkan kredit kepada UMKM. Menurutnya, hampir 50 persen pelaku UMKM di Indonesia tidak memiliki legalitas perizinan.

Oleh karena itu, dirinya mengajak para pelaku UMKM mengurus NIB melalui Online Single Submission (OSS). Menurutnya, NIB sangat berguna untuk mengajukan pinjaman atau pembiayaan ke bank.

"Saya sarankan kepada UMKM jangan salah pinjam, jangan ke pinjol atau rentenir, urus NIB. Jangan ke pinjol, negara menyiapkan ngapain (pinjam) ke pinjol," tandas Bahlil.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

gen dewa super

asian4d situs slot
Yuk, serbu Transmart Full Day Sale besok Selasa (8/8) dan borong belanjaan sebanyak-banyaknya di gerai terdekat.
Yuk, serbu Transmart Full Day Sale besok Selasa (8/8) dan borong belanjaan sebanyak-banyaknya di gerai terdekat. (Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart bakal kasih diskon selama seharian penuh di gelaran Full Day Sale besok, Selasa (8/8). Diskonnya sampai 50% + 20% lho dan digelar serentak di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Berbagai macam produk di Transmart bakal mendapat diskon sampai 50 persen, mulai dari daging, fashion item, kosmetik dan fragrance, furnitur, peralatan dapur, hingga produk elektronik seperti TV, AC, kulkas, mesin cuci, sampai sepeda listrik!

Lihat Juga :
Wow Transmart Full Day Sale Datang Lagi Besok, Diskon 50% + 20%!

Jika belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download saja aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Ingat ya, serbu Transmart Full Day Sale besok dan borong belanjaan sebanyak-banyaknya di gerai Transmart terdekat.

Diskon besar-besaran ini cuma berlaku besok, sejak gerai Transmart buka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank ya supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Tuan Pedang Tanpa Jiwa

lgo234
LRT Jabodebek melayani 28.925 penumpang hingga hari kedua pascaperesmian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
LRT Jabodebek melayani 28.925 penumpang hingga hari kedua pascaperesmian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

LRT Jabodebek melayani 28.925 penumpang hingga hari kedua pascaperesmian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rinciannya, volume penumpang LRT Jabodebek pada Senin (28/9) sebesar 5.220 penumpang dan pada Selasa (29/9) sebanyak 23.705 penumpang. Adapun stasiun yang paling banyak melayani penumpang yaitu Stasiun Dukuh Atas, Cawang, dan Kuningan.

"KAI mengapresiasi minat masyarakat yang begitu tinggi terhadap transportasi massal LRT Jabodebek. Hal ini tentu akan semakin mendorong KAI dan stakeholder untuk terus membenahi layanan LRT Jabodebek di berbagai sisi," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, Rabu (30/8).

Joni menambahkan saat ini pihaknya baru mengoperasikan 12 train set dengan kapasitas 40 ribu - 45 ribu penumpang per hari dari target 27 train set dapat melayani 137 ribu penumpang dalam satu hari.

Melihat hal tersebut, ia menilai target ini akan terus ditinjau dan dievaluasi lagi bersama-sama dengan pemerintah. Jika nanti jumlah penumpangnya sudah cukup banyak dan mulai menunjukkan demand yang sangat tinggi, kami akan mengusulkan ke Kementerian Perhubungan untuk menambah rangkaian kereta dan perjalanan.

Lebih lanjut, Joni juga meminta maaf atas kekurangan dalam pengoperasian di tahap awal. Kekurangan itu mulai dari proses pengereman yang masih ada hentakan, terjadinya penumpukan penumpang karena ada kendala teknis seperti pintu kereta tidak dapat tertutup, AC dan listrik mati serta beberapa fasilitas papan informasi yang belum berfungsi secara maksimal.

Lihat Juga :
ANALISISMenakar Taji Syarat Baru Subsidi Dorong Minat Beli Motor Listrik

"KAI berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan layanannya," tutup Joni.

Berikut jadwal sementara keberangkatan awal dan terakhir LRT Jabodebek:

A. Jadwal Keberangkatan Awal LRT Jabodebek

Dukuh Atas - Harjamukti: pkl 05.09 WIB

Harjamukti - Dukuh Atas: pkl 05.09 WIB

Jati Mulya - Dukuh Atas: pkl 05.00 WIB

Dukuh Atas - Jati Mulya: pkl 05.58 WIB

B. Jadwal Keberangkatan Terakhir LRT Jabodebek

Dukuh Atas - Jati Mulya: pkl 18.58 WIB

Jati Mulya - Dukuh Atas: pkl 18.00 WIB

Harjamukti - Dukuh Atas: pkl 17.49 WIB

Dukuh Atas - Harjamukti: pkl 17.49 WIB

*Untuk sementara waktu Stasiun Halim belum dapat digunakan untuk naik dan turun penumpang

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Kuda bambu yang maha kuasa berusaha menjadi pelanggan tetap

mickey 88 slot
Gaji petinggi Pertamina belakangan ini menjadi sorotan. Bahkan santer disebut-sebut gaji Ahok selaku komisaris perusahaan tersebut mencapai miliaran.
Gaji petinggi Pertamina belakangan ini menjadi sorotan. Bahkan santer disebut-sebut gaji Ahok selaku komisaris perusahaan tersebut mencapai miliaran. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gaji petinggi PT Pertamina(Persero) belakangan ini menjadi sorotan. Bahkan santer disebut-sebut gaji Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) selaku komisaris perusahaan tersebut mencapai miliaran.

Besaran gaji direksi dan komisaris Pertamina sejatinya tertuang dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-13/MBU/09/2021 tentang Perubahan Keenam Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara.

Untuk gaji direktur utama, perhitungannya ditetapkan lewat pedoman internal yang ditetapkan oleh menteri BUMN. Besaran gaji ini ditetapkan melalui RUPS/Menteri BUMN setiap tahun selama satu tahun terhitung sejak Januari tahun berjalan.

"Dalam pemberitaan disebutkan bahwa honorarium komisaris disebutkan mencapai miliaran rupiah per bulan, hal itu tidak benar," ucap Fadjar, dikutip dari CNBC, Jumat (4/8).

Jika mengacu pada pedomanya, penetapan penghasilan yang berupa gaji atau honorarium, tunjangan dan fasilitas ditetapkan dengan mempertimbangkan faktor skala usaha, faktor kompleksitas usaha, tingkat inflasi, kondisi dan kemampuan keuangan Perusahaan.

Lihat Juga :
ESDM Sebut China Bisa Swasembada Pangan Gara-gara Batu Bara RI

Kemudian faktor-faktor lain yang relevan serta tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

"Besaran gaji atau honorarium itu berdasarkan banyak faktor, salah satunya kemampuan keuangan perusahaan," kata Fadjar.

Pada 2020 lalu, Ahok pernah memberitahu bahwa gajinya sebagai komisaris utama di Pertamina tembus Rp170 juta per bulan.

Selain gaji, Ahok juga menyebut dirinya mendapatkan bonus tantiem atau insentif kerja. Namun, Ahok tidak tahu nominal pastinya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Tidak di masa muda

pinjaman online terpercaya bunga rendah tenor panjang
Ombudsman RI memproses 275 laporan pada tahap resolusi dan monitoring sepanjang semester I 2023.
Ombudsman RI memproses 275 laporan pada tahap resolusi dan monitoring sepanjang semester I 2023.. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ombudsman RI memproses 275 laporan pada tahap resolusi dan monitoring sepanjang semester I 2023.

Kepala Keasistenan Utama Resolusi dan Monitoring Ombudsman RI Dominikus Dalu mengatakan dari 275 laporan, mayoritas terkait masalah pertanahan sebanyak 23 persen. Kemudian terkait kepegawaian 22 persen dan desa 10 persen.

Untuk masalah pertanahan, Dominikus mengatakan laporan berasal dari seluruh daerah Indonesia. Salah satu laporan terkait sengketa antara masyarakat yang mengaku sebagai pemilik hak atas tanah dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) di Sumatra Utara.

Terkait masalah kepegawaian, laporannya terkait hak-hak pegawai negari sipil (PNS) yang tidak terpenuhi. Sedangkan laporan terkait desa misalnya menyangkut perangkat desa yang diberhentikan tidak sesuai prosedur.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih mengatakan penyelesaian laporan masyarakat tahap resolusi dan monitoring merupakan bagian ketiga atau terakhir dari tahapan penanganan laporan masyarakat.


Dalam laporan tersebut ditemukan maladministrasi dan diberikan tindakan korektif dalam laporan hasil pemeriksaan, yang disampaikan kepada instansi terlapor serta pihak terkait.

"Penyelesaian laporan masyarakat tahap resolusi dan monitoring yaitu mediasi atau konsiliasi serta fasilitasi pihak terkait, dan/atau menerbitkan rekomendasi, yang didahului dengan permintaan keterangan kepada para pihak dan stakeholder yang diperlukan untuk penyusunan rekomendasi," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Pedang dan Lan

pola gacor duofu duocai
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membongkar sederet keburukan perbankan dalam urusan pembiayaan UMKM.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia membongkar sederet keburukan perbankan dalam urusan pembiayaan UMKM. (Bloomberg via Getty Images/Bloomberg)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membongkar sederet keburukan perbankan dalam urusan pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Saya pernah menjadi pelaku UMKM, pernah menjual ikan di pasar, menjual bawang, saya pernah punya omzet Rp60 juta. Saya tahu betul sakitnya UMKM, pinjam uang di bank diputar-putar, izin mau dibuat dimintakan uang, pinjam uang di bank dimintakan aset, betul kan? Saya tahu sakit bapak ibu semua," ucapnya dalam Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di Pekanbaru, Riau, Kamis (10/8).

Menurutnya, credit lending alias jumlah pinjaman yang diberikan perbankan pada 2020 lalu mencapai Rp6.000 triliun. Namun, penyaluran kepada UMKM hanya 18 persen-19 persen atau tidak lebih dari Rp1.235 triliun, sedangkan sisanya dinikmati pengusaha besar.

"Uang yang kalian (bank) himpun itu dari UMKM, di situ saya katakan ketidakadilan perbankan kepada UMKM, dari penyaluran kredit. Saya minta ke Pak Presiden (Jokowi), kita harus berikan kredit ke UMKM lebih besar. Pak Presiden setuju, saya cek kenapa Bapak Presiden setuju, karena Pak Presiden juga dari UMKM," tegas Bahlil.

"Apa yang diarahkan Presiden? Sekarang 30 persen kredit yang dikucurkan perbankan harus membiayai UMKM, jumlahnya sekarang hampir Rp400 triliun di tahun ini," sambungnya.

Lihat Juga :
Erick Thohir Apresiasi BUMN Masuk Daftar Fortune Indonesia 100

Kendati, Bahlil paham mengapa selama ini perbankan sulit menyalurkan kredit kepada UMKM. Menurutnya, hampir 50 persen pelaku UMKM di Indonesia tidak memiliki legalitas perizinan.

Oleh karena itu, dirinya mengajak para pelaku UMKM mengurus NIB melalui Online Single Submission (OSS). Menurutnya, NIB sangat berguna untuk mengajukan pinjaman atau pembiayaan ke bank.

"Saya sarankan kepada UMKM jangan salah pinjam, jangan ke pinjol atau rentenir, urus NIB. Jangan ke pinjol, negara menyiapkan ngapain (pinjam) ke pinjol," tandas Bahlil.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)