petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

rog777 slot

erek erek 2d 94 588Jutaan kata 229546Orang-orang telah membaca serialisasi

《rog777 slot》

Kemenhub pastikan kesiapan Bandara Soetta menjelang libur panjang******

Kemenhub pastikan kesiapan Bandara Soetta menjelang libur panjang
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni (tengah) saat menginspeksi Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (2/2/2024) untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana di bandara itu menjelang libur panjang Isra Mi'raj dan Tahun Baru Imlek 2024. ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Udara/pri.
Saya juga mengecek pelayanan kereta layang, fasilitas lift, eskalator dan kebersihan toilet yang ada di terminal, semua nyaman dan bersih
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kesiapan sarana dan prasarana Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjelang libur panjang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2024.

"Mendekati libur panjang, kegiatan operasional di Bandara Soekarno-Hatta akan meningkat. Kami ingin memastikan bahwa semua fasilitas dan layanan di bandara siap melayani para penumpang dengan baik," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Kristi menginspeksi Bandara Soetta pada Jumat (2/2) untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana di bandara itu menghadapi lonjakan jumlah penumpang.

Kristi juga berinteraksi dengan petugas keamanan, petugas counter checkin, dan manajemen bandara untuk memastikan aktivitas operasional penerbangan dan pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Selain itu, ia juga mencoba mengecek pelayanan dan kenyamanan kereta layang (Kalayang) atau yang biasa disebut sky train, sebagai salah satu alternatif transportasi umum gratis menghubungkan terminal keberangkatan di Bandara Soetta.

Baca juga: Kemenhub catat 17 rute penerbangan perintis beroperasi di Tarakan

Baca juga: Kemenhub kucurkan Rp15 miliar di 2024 ini untuk Terminal Leuwipanjang

"Saya juga mengecek pelayanan kereta layang, fasilitas lift, eskalator dan kebersihan toilet yang ada di terminal, semua nyaman dan bersih," ungkapnya.

Bandara Soetta sebagai gerbang utama penerbangan di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan konektivitas udara yang lancar dan aman, khususnya selama libur nasional.

"Kami berterima kasih kepada seluruh tim yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta telah bekerja keras untuk memastikan semua operasional berjalan dengan lancar," ujar Kristi.

Baca juga: BPTJ Kemenhub rencanakan tambah lintasan "Skybridge" Bojonggede

Baca juga: Tahun ini Kemenhub bangun "skybridge" Stasiun KA ke Pelabuhan Ketapang

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Bertemu Menlu Belanda, Retno bahas ekonomi hingga Palestina******

Bertemu Menlu Belanda, Retno bahas ekonomi hingga Palestina
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kiri) berjabat tangan dengan Menlu Belanda Hanke Bruins Slot (kanan) di Den Haag, Rabu (31/1/2024). ANTARA/HO-Kemlu RI/pri.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membahas berbagai isu mulai dari kerja sama ekonomi hingga Palestina, dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Belanda Hanke Bruins Slot di Den Haag pada Rabu (31/1).

“Belanda adalah salah satu mitra penting Indonesia di Eropa. Belanda merupakan mitra dagang terbesar pertama dari Eropa dan juga mitra investasi yang pertama terbesar di Eropa. Hal yang sama juga berlaku untuk bidang pariwisata,” kata Retno dalam pernyataan persnya yang diterima ANTARA, di Jakarta, Kamis.

Selama pertemuan, Retno menyampaikan harapan agar Rencana Aksi untuk 2024-2025 yang ditandatangani bersama dengan Menlu Hanke di Jakarta pada Oktober tahun lalu dapat diimplementasikan dengan baik.

Ia menekankan kembali beberapa prioritas kerja sama bilateral, antara lain transisi energi, industri digital, serta pengembalian barang-barang bersejarah Indonesia.

“Saya juga tekankan pentingnya kedua negara untuk terus bekerja sama di dalam memperkuat produksi kelapa sawit yang berkelanjutan. Sebagaimana diketahui, 14 persen dari total ekspor Indonesia ke Belanda adalah berupa kelapa sawit,” kata dia.

Dalam konteks kerja sama bilateral, Menlu Belanda juga menyampaikan kembali komitmen untuk bekerja sama dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, terutama terkait dengan perairan dan sustainable city.

Belanda juga menyampaikan dukungan penuh bagi aplikasi Indonesia untuk menjadi anggota OECD.

Selanjutnya, Retno membahas kerja sama antara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Uni Eropa (EU), terutama menjelang pertemuan para menlu ASEAN-EU yang akan diselenggarakan pada 1-2 Februari di Brussels, Belgia.

Dengan penduduk lebih dari 650 juta, dia menyebut ASEAN memiliki potensi sangat besar untuk mengembangkan kerja sama dengan EU.

“Saya menyinggung di dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Hanke mengenai negosiasi yang sedang dilakukan Indonesia dengan EU terkait dengan CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement).Sejak 2016, sudah dilakukan 16 kali putaran perundingan dan diharapkan negosiasi akan dapat diselesaikan dalam waktu dekat,” tutur Retno.

Menyambut putaran ke-17 perundingan Indonesia-EU CEPA yang akan berlangsung di Indonesia, Retno menegaskan pentingnya prinsip saling menguntungkan agar dijadikan pedoman dalam negosiasi.

“Spirit ini lah yang perlu terus dijaga dalam penyelesaian negosiasi,” katanya.

Retno pun menyampaikan kembali beberapa kebijakan EU yang dinilai merugikan Indonesia, termasuk soal kelapa sawit dan Regulasi Bebas Deforestasi EU (EUDR).

“Saya juga menekankan bahwa komitmen untuk melakukan hilirisasi industri akan terus dilakukan oleh Indonesia. Saya berharap Belanda akan dapat terus memberikan dukungan terhadap negosiasi Indonesia-EU CEPA ini,” ujar dia.

Isu terakhir yang dibahas dalam pertemuan kedua menlu adalah soal Palestina, di mana Retno menyampaikan kekhawatiran mendalam mengenai semakin memburuknya situasi kemanusiaan di Jalur Gaza.

“Di tengah situasi kemanusiaan yang memburuk ini, sangat disayangkan bahwa beberapa negara donor, termasuk Belanda, melakukan suspensedukungan keuangannya terhadap UNRWA,” tuturnya.

Oleh karena itu, Retno menegaskan pentingnya investigasi yang komprehensif, kredibel, dan transparan untuk segera dapat dilakukan sehingga semua tuduhan Israel terkait keterlibatan sejumlah personel badan PBB untuk pengungsi Palestina itu dalam serangan 7 Oktober 2023 bisa dibuktikan dengan jelas.

“Pembekuan dukungan keuangan terhadap UNRWA akan sangat memperburuk situasi kemanusiaan yang memang saat ini sudah sangat buruk,” kata dia

Di dalam diskusi, pentingnya investigasi juga ditekankan oleh Menlu Hanke dan Belanda menekankan dukungannya terhadap solusi dua negara.

Baca juga: Indonesia dan Belanda sepakat tingkatkan kerja sama siber
Baca juga: Indonesia-Belanda perkuat kerja sama di bidang maritim
Baca juga: Indonesia harap kerja sama dengan Belanda percepat transisi energi

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024

Jokowi menilai petisi akademisi bagian dari demokrasi******

Jokowi menilai petisi akademisi bagian dari demokrasi
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Anggota Komisi V DPR Mulyadi bersiap meresmikan revitalisasi Terminal Leuwipanjang di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2024). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz/aa.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menilai petisi dari berbagai akademisi universitas soal pemerintahannya adalah bagian dari hak demokrasi yang harus dihargai.

"Ya, itu hak demokrasi yang harus kita hargai, ya," kata Jokowi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, seperti dalam tayangan akun YouTube Sekretariat Presiden yang disaksikan di Jakarta, Sabtu.

Sebelumnya, beberapa akademisi dari sejumlah universitas, seperti alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan civitas academicaUniversitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, serta dari Universitas Indonesia menyampaikan petisi berupa kritik terhadap pemerintahan Jokowi. Mereka menyinggung soal etika hingga kenegarawanan dalam petisi itu.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan dalam negara demokratis; kebebasan untuk menyampaikan pendapat, seruan, petisi, maupun kritik harus dihormati.

Baca juga: Gibran terima masukan akademisi beberapa universitas

"Bapak Presiden (Jokowi) juga telah menegaskan freedom of speechadalah hak demokrasi. Kritik adalah vitamin untuk terus melakukan perbaikan pada kualitas demokrasi di negara kita," kata Ari.

Ari menyebut perbedaan pendapat, perspektif, maupun pilihan politik adalah sesuatu yang sangat wajar dalam demokrasi. Terlebih, lanjutnya, di tahun politik menjelang pemilu, pertarungan opini pasti terjadi.

"Akhir-akhir ini, terlihat ada upaya yang sengaja mengorkestrasi narasi politik tertentu untuk kepentingan elektoral. Strategi politik partisan seperti itu juga sah-sah saja dalam ruang kontestasi politik. Namun, ada baiknya kontestasi politik, termasuk dalam pertarungan opini, dibangun dalam kultur dialog yang substantif dan perdebatan yang sehat," ujar Ari Dwipayana.

Ari menegaskan bahwa Presiden Jokowi tetap berkomitmen untuk melaksanakan prinsip-prinsip demokrasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan koridor konstitusi.

Baca juga: Jokowi minta semua capres tidak terjebak pada debat personal

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:gacor33

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
slot gacor to
pinjam duit di lazada
situs judi slot online tergacor
cara pinjam uang ke bank bri tanpa jaminan
pinjol danamas
kings asia slot
tiger388
akun kredivo tidak bisa digunakan
cempakaslot
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs member baru maxwin
Bab 2 situs online judi
Bab 3 situs judi slot gacor malam ini
Bab 4 prediksi forum togel wap
Bab 5 bintang4d
Bab 6 asia89 login
Bab 7 kta online proses cepat
Bab 8 judi slot game
Bab 9 olympus maxwin
Bab 10 tafsir mimpi 84
Bab 11 mpoad
Bab 12 panenjp
Bab 13 rtp menang123
Bab 14 mpo368
Bab 15 toto sdy
Bab 16 cicil hp tanpa dp
Bab 17 erek2 kupu2
Bab 18 mpo383
Bab 19 slot hari
Bab 20 buku mimpi sang pemimpi
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6094bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Makan seluruh dunia

tanganjudi
TWICE merilis single baru "I Got You"
Sembilan anggota grup K-pop TWICE. (ANTARA/ Instagram/@spotify)
Jakarta (ANTARA) - Grup K-pop TWICE merilis single baru berjudul "I Got You” dan melanjutkan tur dunianya pada hari Jumat (2/2) kata agensi grup tersebut.

Menurut JYP Entertainment dikutip dari Yonhap, Sabtu, lagu tersebut akan dimasukkan dalam album mini ke-13 TWICE yang berjudul "With YOU-th” yang akan dirilis pada 23 Februari. "I Got You" akan menjadi lagu terbaru dari grup itu dalam kurang lebih setahun sejak "Ready to Be” album mini ke-12 yang dirilis pada tahun lalu.

Singlepra-rilis itu menggambarkan persahabatan diantara sembilan anggota band TWICE, menampilkan suara dan harmoni vokal yang beresonansi dengan pola drum sederhana, menurut pernyataan agensi.

Baca juga: Intip gaya busana anggota TWICE saat tampil di Jakarta

Musik video "I Got You" TWICE  telah ditonton oleh lebih dari 7,5 juta penggemar dalam platform streaming Youtube dalam 20 jam setelah lagu itu dirilis.

Seiring dengan rilis lagu itu, TWICE juga akan melanjutkan tur dunia kelima mereka "Ready to Be” di Mexico City. Tur yang dimulai pada April lalu itu akan membawa grup ke Sao Paulo, Brasil.

Selain Amerika Selatan, TWICE juga akan menyambangi Las Vegas, Amerika Serikat pada Maret dan Osaka, Nagai dan Kanagawa di Jepang pada Juli. 

Baca juga: Jihyo TWICE akan debut solo dengan album bertajuk “ZONE”

Baca juga: BABYMONSTER segera "comeback" setelah Ahyeon kembali

Baca juga: LE SSERAFIM eksplorasi kecemasan dan kekhawatiran lewat "Easy"

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024

Dunia Seribu Rumah

indolottery88
Lakers hapus sembilan kemenangan beruntun Knicks
Megabintang Los Angeles Lakers LeBron James. ANTARA/AFP/GETTY IMAGES/Kevin C. Cox.
Jakarta (ANTARA) - Los Angeles Lakers menghapus catatan sembilan kemenangan beruntun New York Knicks usai laga di Madison Square Garden New York, Minggu WIB, yang berakhir 113-105 untuk kemenangan LeBron James dkk.

Usai kemenangan Lakers atas Celtics yang fenomenal karena tanpa LeBron James dan Davis, kini tim Los Angeles tersebut melanjutkan permainan serupa saat melawan Knicks.

LeBron James mencetak 24 poin, Austin Reaves menyumbang 22 poin, D'Angelo Russell dan Taurean Prince masing-masing mencetak 16 poin, dan Anthony Davis menyelesaikan laga dengan catatan double-double 12 poin dan 18 rebound saat Lakers meraih kemenangan kedua berturut-turut.

“Kami hanya mencoba untuk mencapai posisi di mana kami memainkan permainan bola basket yang kami impikan,” kata pelatih Lakers Darvin Ham seperti dikutip dari laman resmi NBA.

“Jenis permainan bola basket yang kami tahu mampu kami mainkannya dan mempertahankannya pada level yang sangat tinggi," kata Darvin Ham. Dia meyakini timnya memiliki kekuatan yang cukup dalam pemain starter maupun pemain yang datang dari bangku cadangan.



Penyandang gelar NBA All-Star Jalen Brunson mencetak 36 poin dan 10 rebound. Donte DiVincenzo menyumbang 26 poin, Josh Hart menyumbang 12 poin dan 11 rebound, dan Precious Achiuwa menambahkan 10 poin.

“Kami tidak cukup bermain di kedua sisi permainan," kata Brunson.

Pertandingan berlangsung ketat sejak menit pertama. Knicks memimpin 86-80 setelah tiga kuarter laga berjalan. Namun Lakers mencetak tujuh poin pertama di kuarter keempat untuk terus unggul sampai laga usai. Kedua tim saling membalikkan kedudukan sejak kuarter pertama hingga awal kuarter empat. Knicks sempat bisa membalikkan keadaan di awal kuarter empat sebelum akhirnya Lakers menguasai pertandingan.

“Awal kuarter keempat, kami sempat unggul. Namun ada turnover yang besar. Mereka mendapat momentum dan membalikkan keadaan," kata Pelatih New York Knicks Tom Thibodeau.

Selanjutnya, Lakers akan berhadapan dengan Charlotte Hornets pada Selasa (6/2), dan Knicks kembali menjamu Memphis Grizzlies pada Rabu (7/2).

Baca juga: NBA rilis daftar lengkap pemain All-Star 2024
Baca juga: Knicks raih kemenangan kesembilan beruntun lewat 40 poin Jalen Brunson

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Manual Pengoperasian Pakan Meriam

situs slot yang ramai
Pasar "smartphone" global tunjukkan tren makin stabil, Apple memimpin
Arsip foto - Tampilan pilihan warna iPhone 15 Pro series yang resmi dirilis membawa keunggulan chipset Bionic A17 Pro serta desain titanium. ANTARA/HO-Apple Newsroom/pri.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan analis pasar teknologi, Canalys, merilis laporan terbaru tentang pasar smartphonesecara global di Q4 2023 dan menyebutkan secara umum pasar smartphone global tengah menunjukkan tren perbaikan dengan laju pertumbuhan yang makin stabil.

Laporan itu mencatat pada Q4 2023 secaraYear-on-Year(YoY) pertumbuhan pasar naik sebesar 8 persen dengan pengiriman produk mencapai 319,5 juta perangkat.

Pertumbuhan tersebut dinilai menjadi indikator bahwa pasar smartphonemulai kembali tumbuh setelah dalam beberapa tahun terakhir melemah.

Dalam periode Q4 2023 tersebut, rupanya Apple menjadi pemimpin pasar dengan persentase pengiriman produk terbesar 24 persen secara global.

Baca juga: Riset Counterpoint catat Samsung rajai pasar ponsel di Indonesia

Disusul oleh rivalnya Samsung dengan persentase penguasaan pasar 17 persen, lalu di posisi ketiga ada Xiaomi dengan persentase 13 persen, dan di urutan keempat ada Transsion sebesar 9 persen, serta vivo dengan 7 persen.

Bila dilihat performa pasar ponsel pintar secara keseluruhan di 2023, Canalys menyebutkan para produsen smartphonetelah mengirimkan sebanyak 1,14 miliar perangkat secara global.

Terdapat sedikit penurunan pengiriman perangkat sebesar 4 persen dibanding tahun sebelumnya namun penurunan tersebut tidak terlalu signifikan dan maka dari itu pasar dapat dikatakan menunjukkan perbaikan ke arah positif.

Apabila dilihat dari persentase pengiriman produk sepanjang 2023, Apple juga masih memimpin pasar dengan persentase 20 persen dan pengiriman unit sebanyak 229,2 juta.

Samsung sebenarnya apabila dilihat dari persentase juga memiliki porsi sama yaitu 20 persen di pasar global.

Baca juga: Pasar ponsel 4G Indonesia naik selama kuartal II 2023

Namun dapat terlihat pengiriman unitnya memang memiliki selisih sedikit dengan Apple yaitu 225,4 juta pengiriman.

Selanjutnya di posisi ketiga ada Xiaomi yang memegang 13 persen pasar secara global dengan pengiriman 146,4 juta sepanjang 2023, disusul Oppo dengan persentase 9 persen, dan Transsion sebesar 8 persen.

Analis Senior Canalys Sanyam Chaurasia memberikan dua rekomendasi kepada para pelaku industri ponsel pintar untuk menyambut pasar di 2024.

Pertama berinvestasi pada AI dalam perangkat atau memperluas pengiriman di segmen menengah ke bawah.

Peluang itu sebenarnya sudah diambil Samsung, dengan merilis Samsung Galaxy S24 dilengkapi Galaxy AI secara global.

Sementara perusahaan-perusahaan yang berbasis di China seperti OPPO, vivo, Xiaomi, dan transsion mulai meluncurkan ponsel-ponsel sejenis di pasar domestik. Langkah untuk pasar global tentunya juga dinantikan.

Baca juga: Mengungkap strategi POCO menjadi merek berpengaruh di pasar ponsel

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Evolusi seni bela diri ekstrim

jam gacor kakek zeus hari ini
Putri Takamado tanam pohon sakura di Wisma Duta Tokyo
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi (kiri), yang didampingi istri Nuning Akhmadi, bersama Putri Takamado menanam pohon sakura di Wisma Duta Tokyo, Jepang, Kamis (1/2/2024). ANTARA/HO-KBRI Tokyo/aa.
Tokyo (ANTARA) - Salah satu anggota keluarga kekaisaran Jepang, Putri Takamado, menanam pohon sakura bersama Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi di Wisma Duta Tokyo, Kamis (1/12).

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama KBRI Tokyo dengan Ikebana International dan Ikebana Tokyo Founding Chapter. 

Heri Akhmadi dalam pernyataannya di Tokyo, Jumat, menyebut penanaman pohon sakura itu menjadi penanda persahabatan Indonesia-Jepang.

"Penanaman Bunga Sakura oleh Yang Mulia Putri Takamado... akan dikenang sebagai penutup peringatan 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang sepanjang tahun 2023," kata Heri. 

Selain itu, ujarnya, penanaman sakura juga merupakan "penanda dekat dan kuatnya hubungan antarbangsa Indonesia dan Jepang."

Pohon yang ditanam itu akan menambah koleksi 10 pohon sakura di Wisma Duta, kata Heri. 

Dalam sambutannya, Putri Takamado menyatakan senang berkesempatan menanam pohon sakura di Wisma Duta.

Selain menjadi sebuah kehormatan, ia memaknai penanaman tersebut sebagai simbol persahabatan Indonesia Jepang.

Acara penanaman sakura oleh Putri Takamado dan Dubes RI dihadiri istri Perdana Menteri Jepang Yuko Kishida, Istri Chief Cabinet Secretary Jepang Yuko Hayashi, dan Penasihat Kehormatan Tokyo Founding Chapter (TFC) Etsuko Hattor. 

Juga hadir pada acara itu Presiden Ikebana Internasional Tomoko Takada, Presiden TFC Miyoko Watanabe, serta para istri duta besar asing serta korps diplomatik.

Heri menambahkan bahwa pada 7 September 2023 Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio sepakat meningkatkan status hubungan bilateral kedua negara menjadi ‘Kemitraan Strategis Komprehensif".

“Acara hari ini adalah testimoni dari kedekatan hati Indonesia dan Jepang," kata Heri.

Nuning Akhmadi, istri Dubes Heri serta Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI Tokyo, menyampaikan apresiasi kepada Tokyo Founding Chapter dan Ikebana Internasional atas kerja sama yang telah terjalin, terutama saat kegiatan Charity Bazaar.

Putri Takamado dan para tamu undangan usai penanaman sakura dihibur dengan Tari Oleg Tamulilingan, yang merupakan tari tradisional Bali.

Selain itu, para tamu undangan juga berkesempatan melihat paparan merangkai bunga oleh Sita Laretna yang berjudul ‘Mayasari Indonesia Flower and Janur Arrangement’ secara virtual.

Acara ditutup dengan minum teh bersama dan menikmati berbagai makanan khas Indonesia.


Baca juga: Pesona sakura pikat wisatawan lokal dan mancanegara kunjungi Jepang

Baca juga: Sakura hubungkan budaya RI dan Jepang lewat Sakuranesia Society

 

Putri Jepang Mako rayakan ultah kekaisaran terakhirnya

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024

Semangat bela diri saya adalah Pangu

cara pasang togel lewat dana
Pasar "smartphone" global tunjukkan tren makin stabil, Apple memimpin
Arsip foto - Tampilan pilihan warna iPhone 15 Pro series yang resmi dirilis membawa keunggulan chipset Bionic A17 Pro serta desain titanium. ANTARA/HO-Apple Newsroom/pri.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan analis pasar teknologi, Canalys, merilis laporan terbaru tentang pasar smartphonesecara global di Q4 2023 dan menyebutkan secara umum pasar smartphone global tengah menunjukkan tren perbaikan dengan laju pertumbuhan yang makin stabil.

Laporan itu mencatat pada Q4 2023 secaraYear-on-Year(YoY) pertumbuhan pasar naik sebesar 8 persen dengan pengiriman produk mencapai 319,5 juta perangkat.

Pertumbuhan tersebut dinilai menjadi indikator bahwa pasar smartphonemulai kembali tumbuh setelah dalam beberapa tahun terakhir melemah.

Dalam periode Q4 2023 tersebut, rupanya Apple menjadi pemimpin pasar dengan persentase pengiriman produk terbesar 24 persen secara global.

Baca juga: Riset Counterpoint catat Samsung rajai pasar ponsel di Indonesia

Disusul oleh rivalnya Samsung dengan persentase penguasaan pasar 17 persen, lalu di posisi ketiga ada Xiaomi dengan persentase 13 persen, dan di urutan keempat ada Transsion sebesar 9 persen, serta vivo dengan 7 persen.

Bila dilihat performa pasar ponsel pintar secara keseluruhan di 2023, Canalys menyebutkan para produsen smartphonetelah mengirimkan sebanyak 1,14 miliar perangkat secara global.

Terdapat sedikit penurunan pengiriman perangkat sebesar 4 persen dibanding tahun sebelumnya namun penurunan tersebut tidak terlalu signifikan dan maka dari itu pasar dapat dikatakan menunjukkan perbaikan ke arah positif.

Apabila dilihat dari persentase pengiriman produk sepanjang 2023, Apple juga masih memimpin pasar dengan persentase 20 persen dan pengiriman unit sebanyak 229,2 juta.

Samsung sebenarnya apabila dilihat dari persentase juga memiliki porsi sama yaitu 20 persen di pasar global.

Baca juga: Pasar ponsel 4G Indonesia naik selama kuartal II 2023

Namun dapat terlihat pengiriman unitnya memang memiliki selisih sedikit dengan Apple yaitu 225,4 juta pengiriman.

Selanjutnya di posisi ketiga ada Xiaomi yang memegang 13 persen pasar secara global dengan pengiriman 146,4 juta sepanjang 2023, disusul Oppo dengan persentase 9 persen, dan Transsion sebesar 8 persen.

Analis Senior Canalys Sanyam Chaurasia memberikan dua rekomendasi kepada para pelaku industri ponsel pintar untuk menyambut pasar di 2024.

Pertama berinvestasi pada AI dalam perangkat atau memperluas pengiriman di segmen menengah ke bawah.

Peluang itu sebenarnya sudah diambil Samsung, dengan merilis Samsung Galaxy S24 dilengkapi Galaxy AI secara global.

Sementara perusahaan-perusahaan yang berbasis di China seperti OPPO, vivo, Xiaomi, dan transsion mulai meluncurkan ponsel-ponsel sejenis di pasar domestik. Langkah untuk pasar global tentunya juga dinantikan.

Baca juga: Mengungkap strategi POCO menjadi merek berpengaruh di pasar ponsel

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Naga perang datang ke pintu

66 slot
Optimisme meraup partisipasi tinggi dalam Pemilu 2024 damai di Solo
Sosialisasi dan simulasi Pemilu 2024 di Kota Solo. ANTARA/Aris Wasita/am.
Solo (ANTARA) - Terletak jauh dari Ibu Kota Jakarta dan bukan bagian dari kota besar yang memiliki jumlah penduduk hingga jutaan orang, Kota Solo memiliki dinamika sendiri dalam perjalanan politik di Indonesia, bahkan jauh sebelum kemerdekaan RI.

Oleh karena itu, meski dihuni sekitar 520.000 penduduk dengan jumlah pemilih pada Pemilu 2024 sebanyak 439.000 orang, kota budaya ini menjadi salah satu bagian dari episentrum politik di Tanah Air.

Pun bagi partai politik, calon anggota legislatif, hingga capres/cawapres. Mampu memenangi perebutan suara di Kota Solo memiliki makna simbolik tersendiri bagi siapa pun pada Pilpres 2024.

Oleh karena itu, meski jumlah suaranya relatif kecil, Solo atau Surakarta menjadi ajang bergengsi perebutan suara bagi duet Anis Rasyid Baswedan/Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto/Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), serta pasangan Ganjar Pranowo/Mahfud Md. (nomor urut 3).

Tidak mengherankan kalau ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut mengklaim memiliki banyak pendukung di kota tersebut. Tentu saja hasil pencoblosan pada 14  Februari 2024 menjadi ajang pembuktian atas pendakuan tersebut.

Ahli psikologi politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Mohammad Abdul Hakim menilai Solo memang memiliki pemilih partai politik militan. Kondisi ini berlangsung sejak zaman reformasi, setidaknya sampai dengan Pilpres 2019.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pasangan mendulang sebanyak-banyaknya suara untuk membuktikan mereka memiliki kekuatan elektoral di Solo yang dijuluki "kota yang tak pernah tidur" itu.

Bukan tidak mungkin dinamika politik belakangan ini bakal meningkatkan tensi politik, kondisi yang sebenarnya lumrah dalam setiap kompetisi, termasuk dalam setiap pemilu. Di mana pun.

Sebagai langkah antisipasi, tokoh masyarakat perlu ikut ambil bagian dalam mengelola situasi tersebut agar tetap dinamis namun tidak sampai memanas.

Di sisi lain ada modal sosial dari budaya masyarakat kota ini. Meski Solo sudah berwajah metropolitan, sebagian besar warganya tetap mengusung adat Jawa yang masih menghormati orang-orang yang ditokohkan.

Yang menyejukkan, sejauh ini tokoh-tokoh yang maju dalam Pilpres 2024 menunjukkan pandangan bahwa pemilu bukan merupakan arena zero sum gameatau permainan yang hanya menyisakan pemenang dan pecundang. Kemenangan pada pemilu bukan milik satu pihak saja, melainkan seleksi pemimpin melalui mekanisme demokrasi. Oleh karena itu ada optimisme bahwa kondisi di Solo bakal aman dan pemilu berlangsung damai.

Untuk mencapai kondisi tersebut, perlu ada pemahaman dan kesadaran pula dari masyarakat bahwa hasil akhir kompetisi politik bukan kemenangan satu pihak dan kekalahan total bagi pihak lain, melainkan hanya perbedaan siapa yang menduduki posisi pemenang.

Dengan menyadari siapa pun pemenangnya bakal membawa Indonesia lebih sejahtera maka masyarakat bakal mendapatkan manfaat dari pemilu sehingga tidak bakal terjadi gesekan. Kondisi ini berbeda pada tahun 1998.


Partisipasi pemilih

Pemilu tidak bisa dilepaskan dari partisipasi masyarakat. Pesta demokrasi 5 tahunan ini nyatanya memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang memiliki perhatian tinggi terhadap masa depan bangsa Indonesia.

Nasib dan masa depan bangsa tergantung dari kiprah pemimpinnya, yang dari kebijakannya dirancang bisa menyejahterakan sekitar 280 juta penduduk di negeri ini.

Saat ini ada sebagian masyarakat yang masih menimang memilih capres/cawapres dengan mempelajari visi misi masing-masing, namun ada sebagian lagi yang dari awal sudah fanatik terhadap partai politik tertentu sehingga mengikuti pasangan mana yang diusung oleh partai pilihannya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo jauh hari sudah menjalankan program edukasi dan sosialisasi secara masif dan intens, khususnya bagi mereka yang merupakan pemilih baru.

Untuk Pemilu 2024, KPU Solo menargetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 82 persen. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan realisasi partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 sebesar 80 persen.

Namun, angka ini justru mengalami penurunan dibandingkan tahun 2014 di mana tingkat partisipasi warga untuk menggunakan hak pilih pada pemilu mencapai 81,23 persen.

Perwakilan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Surakarta Yuly Yulianingrum mengatakan sosialisasi tidak hanya difokuskan pada pemilih muda dan pemilih baru tetapi juga calon pemilih.

KPU setempat sebelumnya juga mendatangi sejumlah sekolah dasar untuk memberikan pendidikan politik sejak dini. Bukan hanya bertujuan membekali calon pemilih masa depan, melainkan diharapkan bisa menjadi "jembatan" untuk menularkan informasi yang mereka peroleh kepada lingkup terdekat, salah satunya ke orang tua siswa.

Secara umum, edukasi juga menyasar ke mahasiswa, penyandang disabilitas, hingga komunitas.

KPU Kota Surakarta bersama dengan KPU RI juga menyelenggarakan acara KPU Goes To Campus untuk memberikan edukasi kepada pemilih muda dan pemilih baru.


Fokus mengawasi

Tinggal menghitung hari, pemungutan suara segera tiba. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surakarta makin intens mengawasi berbagai tahapan kampanye. Bagi Bawaslu, pengawasan di setiap tahapan menjadi langkah pencegahan memanasnya kondisi politik.

"Ini bagian dari upaya meminimalisasi terjadinya gesekan," kata Ketua Bawaslu Kota Surakarta Budi Wahyono.

Bawaslu tidak bekerja sendiri. Dalam pengawasan tersebut, Bawaslu juga melibatkan berbagai pihak. Bahkan setiap akan ada pelaksanaan kampanye, terlebih dahulu ada pertemuan antara Bawaslu, kepolisian dengan tim penyelenggara.

Harapannya, pada pelaksanaannya nanti kampanye tidak melanggar peraturan. Bawaslu juga intens mengajak peserta pemilu maupun partai politik untuk melakukan kampanye sesuai dengan ketentuan, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan.

Bawaslu mencatat sejauh ini tidak ada pelanggaran serius di Kota Solo, selain itu dugaan pelanggaran juga tidak terlalu banyak.

Yang paling menonjol hanya pada pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye yang tidak sesuai ketentuan.

Meski begitu, edukasi masih terus dilakukan, termasuk tidak boleh melibatkan anak kecil pada saat kampanye. Bagi anak yang didapati menggunakan atribut kampanye agar segera dilepas.

Makin dekat dengan hari pemungutan suara, makin masif juga berbagai kegiatan kampanye yang dilakukan oleh tim pendukung masing-masing pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Kota Solo. Nyatanya sejauh ini kondisi Kota Solo tetap kondusif.

Terlepas siapa pun pemenangnya, Solo patut bangga bahwa salah satu putra daerahnya mampu memimpin Indonesia hampir 10 tahun terakhir ini.

Warga Solo kini kembali memiliki kesempatan untuk memilih capres/cawapres pada 14 Februari 2024. Siapa pun yang terpilih, itulah pilihan terbaik bagi bangsa Indonesia.

Kewajiban bagi setiap warga negara ikut menjaga negeri ini tetap aman dan damai dengan sikap legawa menerima pasangan yang akan memimpin Indonesia untuk 5 tahun ke depan.












Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024