petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol ditolak terus

semongkobet 5Jutaan kata 482920Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol ditolak terus》

Kemenhub pimpin persiapan delegasi RI di Sidang IMO MEPC******

Kemenhub pimpin persiapan delegasi RI di Sidang IMO MEPC
Suasana persiapan Kementerian Perhubungan dalam rangka menyambut Sidang Komite Perlindungan Lingkungan Laut (Marine Environment Protection Committee) ke-81 IMO di London, Inggris Raya. ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub/aa.
Indonesia senantiasa memanfaatkan forum MEPC dalam kapasitasnya tidak hanya sebagai negara anggota, tetapi juga statusnya sebagai anggota Dewan IMO
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mulai melakukan persiapan dalam rangka menyambut Sidang ke-81 Komite Perlindungan Lingkungan Laut (Marine Environment Protection Committee/MEPC) di kantor pusat Organisasi Maritim Internasional (IMO).

Persiapan meliputi penyiapan posisi delegasi Republik Indonesia yang akan mengikuti sidang dan akan berlangsung di kantor pusat IMO di London, Inggris Raya, pada tanggal 18 sampai 22 Maret 2024.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Kementerian Perhubungan, Hartanto, mengatakan selain penyiapan posisi delegasi RI, kegiatan ini juga bertujuan membahas berbagai usulan dari negara anggota IMO berkaitan dengan perlindungan lingkungan maritim.

“Selama ini Indonesia senantiasa memanfaatkan forum MEPC dalam kapasitasnya tidak hanya sebagai negara anggota, tetapi juga statusnya sebagai anggota Dewan IMO Kategori C untuk menyuarakan kepentingan nasional mengenai aspek kemaritiman. Hal ini tentu memerlukan dukungan dari berbagai pihak,” kata Hartanto dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Sidang MEPC ke-81 ini akan membahas 10 agenda utama, yaitu Consideration and adoption of amendments to mandatory instruments; Harmful aquatic organisms in ballast water; Air pollution prevention; Energy efficiency of ships; Reduction of green-house gas emissions from ships; Follow-up work emanating from the Action Plan to address marine plastic litter from ships; Pollution prevention and response; Reports of other sub-committees; Identification and protection of Special Areas, Emission Control Areas and Particularly Sensitive Sea Areas; dan Technical cooperation activities for the protection of the marine environment.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengamanatkan setiap Negara untuk menegakkan kedaulatan di wilayah perairannya.

“Penegakan kedaulatan negara di bidang perlindungan lingkungan maritim harus menjadi perhatian setiap pemangku kepentingan tidak hanya di lingkungan Kementerian Perhubungan, tetapi juga kementerian dan lembaga lainnya yang berkepentingan dengan pelestarian lingkungan laut dan segala sumber dayanya,” tegasnya.

Hartanto berharap seluruh peserta dapat proaktif dan memberikan masukan yang akan menjadi bekal bagi delegasi Indonesia yang akan hadir dalam sidang MEPC ke-81.

Sebagai informasi, Dewan IMO kategori C terdiri dari 20 negara dengan menempatkan Indonesia bersama dengan Singapura, Malta, Saudi Arabia, Turki, Mesir, Mexico, Filipina, Chili, Indonesia, Malaysia, Bahamas, Siprus, Maroko, Denmark, Qatar, Bangladesh, Kenya, Peru, Finlandia dan Jamaika dimana merupakan perwakilan dari negara-negara yang mempunyai kepentingan khusus dalam angkutan laut dan mencerminkan pembagian perwakilan yang adil secara geografis.


Baca juga: Kemenhub komitmen tunjukkan peran aktif jelang audit wajib IMO 2025
Baca juga: Indonesia terpilih kembali jadi anggota Dewan IMO kategori C 2024-2025
Baca juga: Indonesia dan Korsel menjajaki potensi kerja sama bidang kemaritiman

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Hujan sebabkan genangan di dua jalan Jakarta Barat******

Hujan sebabkan genangan di dua jalan Jakarta Barat
Sejumlah warga melintasi genangan banjir di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (27/2/2023). ANTARA FOTO/Prabanndaru Wahyuaji/wpa/hp/am.
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengumumkan, hujan dengan intensitas cukup tinggi menyebabkan genangan di dua jalan Jakarta Barat sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu.

"Terdapat genangan di dua jalan kawasan Jakarta Barat," kata kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta. 

Isnawa menjelaskan, kedua jalan itu yakni Jalan Tanjung Duren Raya RT12/RW02, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Pada pukul 10.20 WIB, genangan mencapai setinggi lima centimeter (cm).

Lalu, Jalan H. Muhajar RT 04 dan 11 RW 02, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca juga: Warga pesisir utara diminta waspada banjir rob pekan ini

Pada pukul 10.00 WIB, genangan mencapai setinggi kurang lebih lima cm dan pukul 10.48 WIB mencapai setinggi kurang lebih 10 cm.

"Kondisi genangan lantaran hujan intensitas tinggi pada Sabtu hingga pukul 11.00 WIB," jelasnya.

Selain itu, BPBD DKI juga mencatat peristiwa pohon tumbang di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Pasar Manggis, Jakarta Selatan pukul 10.50 WIB.

Penyebabnya karena hujan dan angin kencang.

"Upaya penanganan sedang ditangani oleh satu Unit Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan satu unit PPSU Kelurahan Sunter Agung," katanya.

Baca juga: BPBD DKI sebut satu RT di Jakarta Selatan banjir 50 cm

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah DKI Jakarta diguyur hujan ringan sejak Sabtu siang hingga Minggu dini hari.

BMKG melalui laman resmi di Jakarta, meski begitu, seluruh DKI Jakarta didahului berawan pada pagi hari.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024

Souq Waqif yang tetap klasik meski dikepung moderenisasi Doha******

Souq Waqif yang tetap klasik meski dikepung moderenisasi Doha
Salah satu sudut di Souq Waqif pada malam hari, yang menjadi area ramai bagi pelancong untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan kuliner atau berbelanja cendera mata khas Qatar. ANTARA/Roy Rosa Bachtiar/am.
Doha (ANTARA) - Jika berkunjung ke Qatar maka dipastikan kita akan merapat ke Doha, tempat dimana satu-satunya bandara internasional negara tersebut terletak.

Negeri yang luasnya sekitar 11.500 Km persegi tersebut, atau hanya sepertiga Provinsi Jawa Barat, punya sentuhan modernitas yang begitu kental dalam sarana dan prasarana.

Tiba di Bandara Hamad International Airport, lalu melihat-lihat dari lobinya, kita bisa menemukan beragam gedung pencakar langit yang megah sekaligus indah berdiri kokoh dari berbagai penjuru mata angin. Hanya sisi timur bandara saja yang langsung berbatasan dengan Teluk Persia.

Qatar mulai mendapatkan tempat tersendiri bagi masyarakat penjuru dunia. Yang tadinya lebih dikenal sebagai negara transit penerbangan dari Benua Asia menuju Eropa atau sebaliknya, kini negara berpranata monarki itu menjadi lokasi perhelatan beragam ajang olahraga berkelas internasional.

Tak ayal kian banyak orang datang ke Qatar untuk menonton agenda olahraga seperti MotoGP dan F1 di Sirkuit Lusail, atau baru-baru ini Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Pemerintah Qatar tahu betul bagaimana memberikan pelayanan terbaik bagi pelancong selama di negaranya. Doha yang menjadi kota terbesar, menjadi episentrum para pendatang untuk menginap, berwisata, atau berbelanja.

Demi mendukung pelayanan, beragam fasilitas anyar dibangun dan mengubah wajah Doha dan sekitarnya hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

Salah satu proyek fenomenalnya adalah pembangunan jaringan kereta bawah tanah Metro, pembangunan bandara Hamad International Airport sebagai pengganti Doha Airport, serta fasilitas umum lainnya.

Doha divermak sedemikian rupa mengikuti standar pariwisata urban berkelas dunia.

Namun dari banyaknya pembangunan di Doha, ada satu lokasi yang tetap mempertahankan keaslian dan mengusung konsep klasik seperti awal didirikan.

Lokasi tersebut adalah Souq Waqif, sebuah area perdagangan berusia sekitar satu abad yang memiliki bangunan khas Timur Tengah.

Kompleksnya berupa bangunan petak dengan lorong-lorong sempit. Dinding bangunannya berlapis semen, namun dibiarkan dengan finishing kasar, lalu dilabur dengan cat khaki selayaknya warna khas gurun pasir.
 
Sebuah lorong di Souq Waqif yang menghubungkan area pasar dengan kafe dan restoran. ANTARA/Roy Rosa Bachtiar/am.


Lagi di bagian atasnya, tepat sebelum garis atap, masih terpasang kayu-kayu yang disusun berjejer. Kayu-kayu silindris tersebut menjadi penopang bagian atap yang berbobot.

Atapnya sendiri tidak membentuk sudut miring seperti perumahan di Indonesia, namun mendatar berlapis tanah. Konstruksi atap demikian lah yang menuntut dibutuhkan penopang kuat bermaterial kayu utuh.

Di luar kekunoannya, Souq Waqif tetap memperhatikan unsur keamanan yang mumpuni. Pompa hidran dan alarm api disisipkan di sejumlah sudut pasar dengan papan peringatan jelas untuk tidak menaruh barang apapun di area hidran.

Belum lagi penempatan polisi yang rutin menjaga di sejumlah sudut Souq Waqif.

Souq Waqif menjadi pembeda dari area sekitarnya. Bahkan kawasan Musheireb yang juga menyimpan nilai historis awal mula berdirinya Doha, sudah menjelma menjadi daerah downtown yang modern dan sarat bangunan estetik kekinian.

Gedung megah yang berdempet serta fasilitas stasiun utama Metro menjadi pemandangan besar di kawasan yang mulanya hanya diisi empat rumah penduduk di masa lampau.

Kawasan Musheireb juga banyak dijumpai hotel-hotel dari kelas menengah hingga mewah. Mobilitas pelancong di Musheireb didukung dengan stasiun utama Metro yang mempertemukan tiga jalur layanan yaitu, Red Line, Yellow Line, dan Green Line.

Ada juga terminal bus listrik yang terintegrasi dengan stasiun tersebut.

Namun selisih satu blok di sisi timur Musheireb, masih ada Souq Waqif yang hadir untuk mengisi keingintahuan pendatang akan unsur kehidupan lawas di Doha.

Baca juga: Akhir perjalanan Garuda dan awal petualangan baru tak kalah menantang
Baca juga: Pertunjukan Tari Saman warnai laga Indonesia vs Vietnam di Doha
Baca juga: Pj Gubernur sebut hubungan baik Sumut-Qatar buka peluang investasi

Halaman berikut: Mengisi perut dan belanja di Doha
 12Tampilkan Semua

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:kembar jitu

Perbarui waktu:2024-07-06

Daftar bab terbaru
microgaming 88
pola maxwin gate of olympus hari ini
neraka 138 slot
gendang4d
petir zeus 88
member slot88
pinjol ojk terbaru 2022
situs yang paling gacor
xyzclub
Daftar isi semua bab
Bab 1 pragmatic zeus
Bab 2 beli hp dengan kartu kredit
Bab 3 link game slot terbaru
Bab 4 slot paling gacor member baru
Bab 5 kakek zeus
Bab 6 airbet88 daftar
Bab 7 seribu mimpi 45
Bab 8 agen slot gacor gampang menang
Bab 9 gas4d
Bab 10 12shio3
Bab 11 situs slot mudah
Bab 12 koi138 slot
Bab 13 pinjol pencairan besar
Bab 14 sky77 slot demo
Bab 15 petir388
Bab 16 slot receh 5000
Bab 17 link slot terpercaya
Bab 18 togel sidney
Bab 19 new slot88
Bab 20 bocor88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9767bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Master Kustomisasi Mecha

69 di erek erek
Kongo singkirkan Mesir, Guinea atasi Guinea Ekuatorial
Pesepak bola Republik Demokratik Kongo merayakan kemenangan atas Mesir dalam laga putaran 16 besar Piala Afrika 2023 di Laurent Pokou Stadium, San Pedro, Pantai Gading, Minggu (28/1/2024). ANTARA FOTO/REUTERS/Siphiwe Sibeko/foc.
Jakarta (ANTARA) - Kejutan dibuat oleh timnas Republik Demokratik (RD) Kongo dengan menyingkirkan timnas Mesir, sedangkan timnas Guinea mengatasi perlawanan Guinea Ekuatorial pada partai 16 besar Piala Afrika 2023, Senin dini hari WIB.
 RD Kongo secara mengejutkan dapat menyingkirkan Mesir melalui drama adu penalti setelah selama 120 menit bermain imbang 1-1, demikian catatan CAF. Bermain di Stadion Laurent Pokou, San Pedro, Pantai Gading, RD Kongo dapat mencuri keunggulan terlebih dahulu pada babak pertama melalui gol yang dicetak Mechak Elia pada menit ke-37. Pada waktu tambahan babak pertama, Mesir dapat menyamakan kedudukan melalui eksekusi tendangan penalti Mostafa Mohamed sehingga skor berubah kembali sama kuat 1-1.
Selanjutnya kedua tim berusaha mencari gol kemenangan, namun hingga pertandingan berjalan sampai 120 menit, skor 1-1 tetap bertahan hingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti. RD Kongo akhirnya memastikan diri lolos ke babak perempat final setelah penendang ke-8 Mesir Mohamed Gabaski gagal melaksanakan tugasnya sehingga skuad asuhan Sebastien Desabre menang adu penalti dengan skor 8-7. Sementara itu di Stadion Alassane Ouattara, Abidjan, Guinea menang dengan skor 1-0 atas Guinea Khatulistiwa berkat gol semata wayang Mohamed Bayo satu menit jelang waktu normal berakhir. Selanjutnya Guinea akan ditantang RD Kongo pada babak perempat final Piala Afrika 2023 di Stadion Alassane Ouattara, Abidjan, Sabtu (3/2) waktu setempat.

Baca juga: Angola dan Nigeria melaju ke perempat final Piala Afrika 2023
Baca juga: Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Afrika
Baca juga: Cisse sangat puas Senegal sapu bersih laga babak grup Piala Afrika

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Kronik Yuan Neng di Masa Depan

tafsir mimpi ikan gabus
Permintaan dompet tenun Badui diminati konsumen hingga tembus Bali
Perajin menunjukan produksi dompet berbahan tenun Badui yang diproduksinya di Desa Girimukti, Lebak, Banten, Minggu (28/1/2024). ANTARA/Mansur/aa.
Lebak (ANTARA) - Permintaan kerajinan dompet tenun Badui di Kabupaten Lebak, Banten diminati konsumen hingga menembus Provinsi Bali, karena memiliki keunikan dari warna dan motif khas adat setempat. "Kita cukup terbantu memasarkan produk dompet tenun khas Badui melalui media sosial," kata Yahya (55) seorang pelaku UMKM kerajinan dompet tenun di Kampung Bangkalok Kabupaten Lebak, Minggu. Produksi dompet tenun Badui itu menggunakan bahan baku tenun khas masyarakat adat setempat, sehingga diminati konsumen. Permintaan konsumen, selain Jakarta dan daerah lainnya di Jawa Barat juga menembus Provinsi Bali. Selama ini, dirinya memasarkan dompet tersebut melalui media sosial. Pemasaran melalui media sosial itu cukup membantu untuk menghasilkan omzet pendapatan dan menggulirkan perekonomian masyarakat. Selain itu juga produksi dompet tenun Badui dipasarkan di kawasan wisatawan seba budaya Badui. Harga dompet tenun Badui dijual rata-rata Rp480 ribu per lusin atau 12 unit dompet. "Kami bisa menjual 50 lusin per pekan dengan pendapatan Rp24 juta," katanya. Jali (60) seorang pedagang dompet tenun Badui mengatakan banyak konsumen membeli dompet tenun Badui dari wisatawan seba budaya Badui di kawasan pemukiman tanah hak Ulayat Adat. Keunggulan dompet tenun itu, selain motif warnanya cukup indah dan bagus juga bahannya sangat lembut dan tidak kasar. "Konsumen lebih nyaman membawa dompet tenun itu," katanya. Sementara itu, Sekertaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Lebak, Imam Suangsa mengatakan pemerintah daerah hingga kini memfasilitasi untuk mempromosikan perajin dompet tenun Badui karena dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Selain itu juga pihaknya menargetkan semua pelaku UMKM wajib masuk ekosistem digital. Kelebihan ekosistem digital itu, karena pemasarannya bisa menembus pasar domestik dan mancanegara.

Baca juga: Produksi dompet di Lebak Banten menumbuhkan ekonomi pedesaan

Baca juga: Perajin kerai di Lebak mampu atasi pengangguran dan kemiskinan  
  "Kami meyakini dengan masuk ekosistem digital itu dipastikan UMKM tumbuh dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat juga mampu mengatasi kemiskinan," kata Imam. Berdasarkan jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Lebak yang menerima bantuan dari pemerintah tercatat ada 117.269 unit usaha dan sebagian besar bergerak di bidang perdagangan dan kerajinan bambu, dompet, kain batik, serta aneka makanan kuliner. “Kami mendorong ke depan semua pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform daring secara online karena sangat membantu omzet pendapatan," katanya menjelaskan.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024

buku keabadian

daftar situs slot gacor terpercaya
Polisi selidiki kematian anak artis Tamara Tyasmara di kolam renang
Kapolsek Duren Sawit AKP Sutikno saat memberikan keterangan pers di Mapolsek Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (31/1/2024). ANTARA/Syaiful Hakim/aa.
Jakarta (ANTARA) - Polsek Duren Sawit melakukan penyelidikan terhadap kematian Raden Andante Khalif Pramudityo (6) yang merupakan anak artis Tamara Tyasmara di kolam renang yang berada di Jakarta Timur. "Kita lakukan penyelidikan maksimal, karena kita baru dapat informasi dari ibu korban. Nanti lebih jauh kalau sudah ada perkembangan (diberi informasi lagi)," kata Kapolsek Duren Sawit Kompol Sutikno di Mapolsek Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu. Dante dilaporkan meninggal dunia karena tenggelam saat berenang di kolam renang di kawasan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (27/1). Orang tua korban pun sudah mendatangi Polsek Duren Sawit pada Rabu siang untuk dimintai keterangan terkait kasus kematian Dante. "Iya (pihak keluarga datang ke Polsek), sedang memberikan informasi. Sebagian saksi sudah diperiksa," ujarnya. Penyidik Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Duren Sawit tengah berkoordinasi dengan RS Polri Kramat Jati untuk permintaan visum. "Kita sedang memohonkan untuk ke kedokteran forensik RS Polri," katanya.
Baca juga: Gulkarmat Jaktim temukan jasad bocah yang tenggelam di Kali Ciliwung
Baca juga: Bocah laki-laki tewas tenggelam di pintu air KBT Jakarta Timur

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024

Kecintaan pada hiburan Korea

komedi4d
RS Nasser di Gaza kehabisan bahan bakar, makanan dan pasokan
Arsip foto - Truk pengangkut bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina yang dikirim oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tiba di Rumah Sakit Nasser di Kota Khan Yunis setelah memasuki Gaza melalui Rafah di daerah perbatasan Mesir pada 23 Oktober 2023. ANTARA/Anadolu/Mustafa Hassona.
London (ANTARA) - Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Jumat (26/1) mengatakan 350 pasien dan 5.000 pengungsi masih bertahan di Rumah Sakit Nasser di Gaza selatan yang kehabisan bahan bakar, makanan dan persediaan.

Saat pertempuran di sekitar rumah sakit di Khan Younis meningkat, ratusan pasien dan petugas kesehatan menyelamatkan diri, kata Tedros.

“Saat ini 350 pasien dan 5.000 pengungsi masih bertahan di rumah sakit. Rumah sakit tersebut kehabisan bahan bakar, makanan dan pasokan,” tulisnya di platform X beserta video dari rumah sakit.
Baca juga: Tank Israel serang rumah sakit dan lukai warga di Gaza selatan

Menurut Tedros, pertempuran di sekitar rumah sakit terus terjadi dan akses untuk membawa kembali pasokan “masih terhalang.”

“Kami menyerukan gencatan senjata segera, sehingga kami bisa mengisi lagi persediaan penyelamatan jiwa yang sangat dibutuhkan,” katanya.
Baca juga: Israel targetkan Rumah Sakit Martir Al-Aqsa dengan 'drone'

Israel meluncurkan serangan mematikan di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sedikitnya 26.083 warga Palestina dan melukai 64.487 orang lainnya.

Sementara itu, hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas.

Perang Israel menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah krisis makanan, air bersih dan obat-obatan, dengan lebih dari separuh infrastruktur di wilayah kantong tersebut rusak atau bahkan hancur, demikian menurut PBB.

Baca juga: WHO peringatkan tidak ada rumah sakit yang berfungsi di Gaza utara

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Tuhan Tuhan Perancang Dunia

situs slot terbaru 2023
Gempa berkekuatan 4,8 M guncang Kota Bima, NTB
Ilustrasi - Petugas menunjukkan rekam seismograph pengukur gempa bumi. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/ama/aa.
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa dengan kekuatan magnitudo 4,8 mengguncang tenggara Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).
BMKG di Jakarta, Minggu (28/1), mencatat gempa terjadi pada pukul 00:18:23 WIB, berpusat di laut tepatnya di koordinat 8,56 Lintang Selatan, 119,11 Bujur Timur atau 41 km Tenggara Kota Bima, NTB dengan kedalaman 125 km.
BMKG mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.
Baca juga: Gempa berkekuatan 4,4 M guncang Batusangkar Sumatera Barat
Baca juga: Gempa M5,6 di Samudera Hindia selatan Bali tidak berpotensi tsunami

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024

Yun Qi Nian Gu Jingchen

cara pasang cb togel
Kemendikbudristek: Pendidikan usia dini harus menyenangkan
Tangkapan layar - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril dalam Sosialisasi Penguatan Implementasi Transisi PAUD ke SD 2024 di Jakarta, Selasa (30/1/2024). ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah/aa.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbudristek, Iwan Syahril menegaskan pendidikan bagi anak-anak usia dini harus berlangsung secara menyenangkan, sehingga memunculkan rasa cinta mereka pada belajar.

“Kita ingin anak-anak sejak PAUD dan SD kelas 1 dan 2 memiliki rasa cinta terhadap belajar. Belajar adalah sesuatu yang mereka rindukan. Bukan hal yang menakutkan,” katanya dalam Sosialisasi Penguatan Implementasi Transisi PAUD ke SD 2024 di Jakarta, Selasa.

Iwan menuturkan apabila anak-anak sejak usia dini memiliki rasa cinta dan nyaman terhadap kegiatan belajar, mereka akan memiliki fondasi yang baik dan kuat untuk bisa menyambut masa depan lebih cerah.

Baca juga: Kemendikbudristek apresiasi Bunda PAUD kawal transisi bahagia ke SD

Menurutnya, pembelajaran yang berlangsung menyenangkan bagi anak-anak akan membuat mereka memiliki nilai-nilai pribadi yang baik, mulai dari sisi agama, budi pekerti, bersosialisasi, komunikasi, meregulasi emosi, hingga motorik.

Oleh sebab itu, Kemendikbudristek pada tahun lalu mengeluarkan gerakan Merdeka Belajar Episode ke-24 bertajuk "Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan" dan kini telah diimplementasikan oleh lebih dari 504 kabupaten/kota di Indonesia.

Salah satu kebijakan dari gerakan tersebut adalah menghapuskan tes membaca, menulis, dan menghitung (calistung) ketika anak-anak PAUD mendaftar untuk masuk ke jenjang SD.

Iwan mengatakan proses pembelajaran yang menyenangkan, bahkan yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan masing-masing siswa akan memicu mereka untuk memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga membentuk pribadi yang berpikir kritis.

“Jadi, harapan kami guru kelas 1 dan kelas 2 tidak bingung kalau anaknya tidak bisa calistung. Tetapi, secara holistik melihat tumbuh kembang anak di enam kemampuan fondasi,” katanya.

Ada enam kemampuan fondasi pada anak usia dini yang ingin dibentuk melalui kebijakan ini, yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, serta kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar.

Kemudian, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, serta pemaknaan belajar yang menyenangkan dan positif.

Baca juga: Kolaborasi menjadikan gerakan Transisi PAUD ke SD lebih bermakna

Baca juga: Kemendikbud: PAUD fondasi anak jadi pembelajar sepanjang hayat

Ia menambahkan apabila para guru bingung dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak usia dini, guru bisa menggunakan Kurikulum Merdeka.

Di dalam Kurikulum Merdeka sudah mengasumsikan bahwa anak-anak sebagian belum bisa calistung, sehingga dari buku dan pembelajarannya disesuaikan dengan kebutuhan, tingkat perkembangan, dan pertumbuhan anak.

“Jika anak belum bisa calistung, tidak apa-apa. Ada anak yang mungkin lebih cepat, ada anak yang lebih lambat. Apalagi tidak semua anak-anak memiliki kesempatan masuk ke taman anak-anak,” kata Iwan.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024