petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bocoran rtp live

777luckyslot 942Jutaan kata 453707Orang-orang telah membaca serialisasi

《bocoran rtp live》

KKP Sebut Ekspor Pasir Laut Lanjut Meski Tim Mahfud Minta PP Dicabut******

KKP tetap melanjutkan kebijakan ekspor pasir laut meski Tim bentukan Menkopolhukam Mahfud MD mengusulkan agar PP Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut dicabut.
KKP tetap melanjutkan kebijakan ekspor pasir laut meski Tim bentukan Menkopolhukam Mahfud MD mengusulkan agar PP Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut dicabut. ( iStockphoto/Alex Potemkin).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan tetap melanjutkan kebijakan ekspor pasir lautmeski Tim Percepatan Reformasi Hukum bentukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengusulkan agar Presiden Jokowi mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Juru Bicara Menteri KKP Wahyu Muryadi mengatakan tim bentukan Mahfud tersebut bersifat internal yang hanya menyampaikan usulan kepada menteri koordinator yang bersangkutan.

"Tapi silahkan saja, kami akan tetap menjalankan kebijakan tersebut karena tata kelolanya sangat berbeda dengan rezim penambangan pasir laut yang diatur oleh Kementeria ESDM merujuk UU Minerba. Ini urusan pengelolaan sedimentasi di laut yang menjadi tanggung jawab KKP berdasarkan UU Kelautan," kata Wahyu kepada CNNIndonesia.com, Selasa (28/11).

Ia menjelaskan sedimentasi merupakan endapan atau polusi di laut yang justru harus dibersihkan karena mengganggu ekosistem biota laut seperti rumput laut, kekerangan, koral, dan sebagainya.

"Nah ini mau dibersihkan, ibaratnya bersihin sampah malah negara dapat rezeki pemasukan berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kan bagus. Prinsipnya tata kelolanya harus benar dan proper," katanya.

"Jadi kami berpandangan mending diatur tata kelolanya dengan prinsip tak boleh merusak lingkungan. Bukan seperti penambangan pasir selama ini yg dilakukan secara serampangan, sehingga merusak lingkungan dan murah pula," tambahnya.

Ekspor sendiri, lanjut Wahyu, merupakan opsi paling akhir jika kebutuhan domestik yang begitu besar sudah terpenuhi dengan menggunakan mekanisme government to government (G2G)sebagai payung hukum sebelum dilakukan antar business to business (B2B).

Apalagi Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono juga ke depan, katanya, akan mensyaratkan bahwa setiap reklamasi di mana pun di dalam negeri harus menggunakan bahan sedimentasi.

Sementara itu, badan usaha yang diperbolehkan mengekspor pasar sedimen harus mengajukan izin ke KKP.

"Harus mengajukan proposal kepada KKP yang akan kami uji bonafiditas finansialnya dan kecanggihan teknologi kapalnya apakah mampu melakukannya tanpa merusak lingkungan dan sebagainya," katanya.

Tim Percepatan Reformasi Hukum bentukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengusulkan kepada Presiden RI Jokowi untuk mencabut PP Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Dalam rekomendasi jangka pendeknya, Tim Percepatan Reformasi Hukum, khususnya yang membidangi isu reformasi sektor agraria dan sumber daya alam (SDA), mengusulkan kepada Jokowi agar pencabutan pp itu dilakukan pada Desember 2023.

[Gambas:Video CNN]

Dalam dokumen rekomendasi yang diserahkan kepada Presiden RI yang dipublikasikan Antara,Sabtu (16/9), Tim Percepatan Reformasi Hukum menyoroti masih ada kebijakan-kebijakan yang berisiko berdampak pada kerusakan lingkungan yang tidak dapat dipulihkan kembali (irreversible).

Walaupun demikian, rekomendasi jangka pendek yang mencakup revisi dan pencabutan beberapa peraturan, menurut Tim Percepatan Reformasi Hukum, hanya akan bermakna jika diikuti dengan tindak lanjut atas rekomendasi jangka menengah dan jangka panjang.

Dalam pengelolaan agraria dan SDA lainnya, Tim juga memandang bahwa tidak berarti yang paling mendesak adalah untuk menyelesaikan persoalan yang bersifat jangka pendek.

Dalam dokumen rekomendasinya, Tim memandang perlu perbaikan kebijakan maupun peningkatan kapasitas kelembagaan serta penyesuaian terhadap pola administrasi baru, yang semuanya memerlukan waktu lebih panjang.

Lihat Juga :
Prabowo Janji Bakal Setop Impor BBM Jika Terpilih Jadi Presiden
(fby/agt)

Sam Altman Dipecat dari CEO Induk Perusahaan ChatGPT******

Perusahaan induk ChatGPT, OpenAI, memecat CEO sekaligus pendirinya, Sam Altman.
Perusahaan induk ChatGPT, OpenAI, memecat CEO sekaligus pendirinya, Sam Altman. (REUTERS/ELIZABETH FRANTZ).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan induk ChatGPT, OpenAI, memecat CEO sekaligus pendirinya, Sam Altman.

Dalam pernyataannya, perusahaan mengatakan penyelidikan internal menemukan bahwa Altman tidak selalu jujur kepada dewan direksi.

"Dia (Altman) tidak secara konsisten jujur dalam komunikasinya dengan dewan, sehingga menghambat kemampuannya untuk melaksanakan tanggung jawabnya," bunyi pernyataan perusahaan, dikutipCNN, Jumat (17/11).

OpenAI mengumumkan posisi CEO akan diisi sementara oleh Chief Technology Officer (CTO) Mira Murati.

Sementara itu, Altman mengatakan ia menyukai bekerja di OpenAi.

"Ini sangat transformatif bagi saya pribadi, dan semoga dunia bisa sedikit berubah. Yang terpenting, saya senang bekerja dengan orang-orang berbakat seperti itu. 'Ini sangat transformatif bagi saya pribadi, dan semoga dunia bisa sedikit berubah. yang terpenting, saya senang bekerja dengan orang-orang berbakat seperti itu," katanya.

Kabar dipecatnya Altman muncul setelah konferensi pengembang pertama OpenAI yang diadakan di San Francisco pekan lalu. Saat itu, Altman menjabat sebagai pembawa acara yang meluncurkan serangkaian pembaruan alat kecerdasan buatan baru, termasuk termasuk kemampuan bagi pengembang untuk membuat versi khusus ChatGPT.

Lihat Juga :
EDUKASI KEUANGANTips Mempersiapkan Biaya Haji Sejak Dini

Dia juga menyampaikan bahwa sekitar dua juta pengembang kini menggunakan platform ini, dan sekitar 90 persen dari perusahaan Fortune 500 menggunakan alat tersebut secara internal.

Meskipun Altman telah lama mendukung AI, dia juga salah satu kritikus terbesar. Dalam kesaksiannya di hadapan Kongres awal tahun ini, Altman menggambarkan ledakan teknologi saat ini sebagai momen yang sangat penting.

"Apakah [AI] akan menjadi seperti mesin cetak yang menyebarkan pengetahuan, kekuatan, dan pembelajaran secara luas ke seluruh lanskap yang memberdayakan individu sehari-hari yang mengarah pada kemajuan yang lebih besar, yang terutama mengarah pada kebebasan yang lebih besar?," katanya.

"Atau apakah ini akan menjadi lebih seperti bom atom, sebuah terobosan teknologi yang sangat besar, namun konsekuensinya (parah, mengerikan) terus menghantui kita hingga hari ini?" imbuhnya.

Dia juga salah satu CEO teknologi yang bertemu Presiden AS Joe Biden pada tahun ini untuk menekankan pentingnya pengembangan AI yang beretika dan bertanggung jawab.

Sementara itu, Peneliti Gartner Research Arun Chandrasekaran mengatakan dipecatnya Altman menjadi kabar yang mengejutkan karena dia telah memperjuangkan tujuan OpenAI. Ia yakin dewan OpenAI mengambil keputusan itu setelah mempertimbangkan banyak hal.

"OpenAI memang memiliki banyak pemimpin teknis dan akan menarik untuk melihat bagaimana generasi pemimpin berikutnya akan melanjutkan budaya inovasi yang bergerak cepat, meningkatkan skala bisnis, dan memenuhi ekspektasi regulator dan masyarakat secara luas," katanya.

[Gambas:Video CNN]



 

(fby/sfr)

Bahlil soal Anies******

Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut kritik Anes Baswedan-Muhaimin Iskandar soal IKN tidak berdampak pada keberlanjutan proyek itu.
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut kritik Anes Baswedan-Muhaimin Iskandar soal IKN tidak berdampak pada keberlanjutan proyek itu. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut kritik soal Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dilayangkan kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) baru-baru ini tidak berdampak pada keberlanjutan IKN.

Bahlil memastikan isu kritik AMIN tidak berdampak pada investor. Ia justru menilai keberlanjutan IKN mungkin mengganggu pasangan tersebut.

"Enggak (berefek, mungkin mengganggu pasangan AMIN kali, investor enggak," kata Bahlil usai menghadiri rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11).

Ia pun meminta agar PKB konsisten dalam segala perkataan dan tindakannya.

"Apa yang mau dikritik? Itu kan PKB juga setuju," kata Bahlil.

Bahlil mengklaim pembangunan IKN bakal terus berlanjut. Apalagi ketentuan tersebut sudah tertuang dalam UU, sehingga semua pihak menurutnya wajib mengikuti amanat hukum tersebut.

"Itu adalah undang-undang, dan sekarang IKN jalan terus. Ya itu merupakan kewajiban, apanya yang menjadi masalah?" pungkasnya.

Kubu pasangan AMIN kompak melontarkan kritik terhadap proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur yang dicetuskan Presiden Joko Widodo.

Kritik itu dilontarkan oleh Anies, Imin, hingga petinggi PKS dan PKB yang menjadi partai pengusung AMIN yang tergabung dalam Koalisi Perubahan.

Anies misalnya menilai pembangunan IKN hanya akan menimbulkan ketimpangan baru. Anies mengatakan pembangunan IKN tak menghasilkan pemerataan, namun justru akan membuat munculnya ketimpangan antara kota baru tersebut dengan daerah-daerah yang ada di sekitarnya.

Padahal menurutnya, pemerataan bisa dilakukan dengan cara mengembangkan kota-kota kecil hingga menengah yang ada di berbagai wilayah.

Terpisah, Cak Imin mengaku lebih memilih tinggal di Jakarta daripada pindah IKN yang menurutnya hingga kini belum layak untuk ditinggali.

Sementara PKS menyebut mereka bakal mengupayakan untuk memperjuangkan Jakarta sebagai Ibu kota adalah salah satu gagasan yang akan dibawa dalam Pemilu 2024. Sedangkan PKB menyinggung potensi ketimpangan baru dari mega proyek itu.

[Gambas:Video CNN]



(khr/agt)




bab terbaru:pola maxwin mahjong ways 2

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
slot judi slot
slot online gacor
erek tangan
mpo5000
macau188
cara dapat duit instan
bocoran admin jarwo hari ini 2022
judi online24jam terpercaya
bocoran admin riki hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 google cari duit
Bab 2 game hijau slot
Bab 3 situs slot yang ramai
Bab 4 kumpulan situs slot gacor
Bab 5 pinjol tunaiku legal atau ilegal
Bab 6 asiktogelku
Bab 7 cara pinjam uang di seabank
Bab 8 rtp key4d
Bab 9 link slot deposit pulsa
Bab 10 slot gacor resmi
Bab 11 gacor judi slot
Bab 12 situs slot 633
Bab 13 qqroyal
Bab 14 situs slot terpercaya 2023
Bab 15 trik main 777
Bab 16 lobby303
Bab 17 airbet88 login
Bab 18 rtp live menang123
Bab 19 pegadaian pinjam uang
Bab 20 km 88 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9323bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Rasul Carmen

garuda slot 89
Investasi ke startup RI anjlok 87 persen secara tahunan, dari US,3 miliar menjadi US0 juta atau setara Rp6,2 triliun selama semester I-2023.
Investasi ke startup RI anjlok 87 persen secara tahunan, dari US,3 miliar menjadi US0 juta atau setara Rp6,2 triliun selama semester I-2023. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Suntikan modalke perusahaan rintisan alias startup Indonesia dilaporkan anjlok 87 persen secara tahunan atau year on year(yoy), yakni dari US,3 miliar menjadi US0 juta atau setara Rp6,2 triliun selama semester I-2023.

Angka ini berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2023 oleh Google, Temasek dan Bain and Company.

Merosotnya pendanaan ke startup juga terjadi di lima negara lainnya di Asia Tenggara, yakni Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura dan Vietnam.

Kemudian Malaysia pun turun 52 persen dari US0 juta menjadi US0 juta, Singapura turun 63 persen dari US,5 miliar menjadi US,8 miliar, serta Vietnam turun 24 persen dari US0 juta menjadi US0 juta.

Dari data tersebut, terlihat bahwa penurunan suntikan dana terbesar terjadi di Indonesia. Hal ini membuat peringkat Indonesia turun di bawah Vietnam dan Singapura.

Laporan e-Conomy SEA 2023 menunjukkan suntikan dana kestartupdi Asia Tenggara anjlok 69,2 persen dari US miliar menjadi US miliar selama semester I tahun ini.

Pendanaan ke startupAsia Tenggara telah anjlok ke level terendah dalam enam tahun terakhir karena biaya modal yang meningkat.

"Ketika para investor mengkalibrasi ulang ekspektasi mereka, para startup ingin memperpanjang runwaydengan membelanjakan dana lebih efisien, demi pertumbuhan jangka panjang yang lebih sehat," bunyi laporan tersebut.

Laporan tersebut juga mengungkap alasan merosotnya investasi ke kawasan ini. Selama 12 bulan terakhir, investor bergulat dengan prospek yang suram. Sebanyak 87 persen investor merasa bahwa penggalangan dana menjadi lebih sulit.

Lalu, 64 persen investor menjadi kurang minat berinvestasi. Sebanyak 88 persen pemilik modal pun menghadapi kesulitan untuk keluar (exit) dari investasinya dan meraup profit, misalnya lewat initial public offering(IPO) dan lainnya.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Impian Hiburan Tiongkok

nama slot terpercaya
Cukupi stok daging sapi dan kambing di Transmart mumpung ada diskon gede-gedean selama periode Full Day Sale hari ini, Minggu (3/12).
Cukupi stok daging sapi dan kambing di Transmart mumpung ada diskon gede-gedean selama periode Full Day Sale hari ini, Minggu (3/12). (Pixabay/PDPhotos)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bunda mau masak rendang, gulai, steak, sukiyaki, atau shabu-shabu di rumah? Beli dagingnya di Transmart aja soalnya ada diskon gede-gedean nih dari Transmart Full Day Sale.

Aneka paket daging sapi dan kambing segar harganya bikin hemat jadi bisa borong banyak buat stok di rumah.

Lihat Juga :
Cara Dapat Diskon Belanja Tambahan di Transmart Hari Ini

Soalnya kalau pakai salah satu dari ketiga bank di atas, Bunda bisa beli daging dengan harga diskon. Selain dari bank yang direkomendasikan harga daging berlaku normal.

Cek di bawah ini daftar harga daging yang diskon di Transmart Full Day Sale dan berlaku di seluruh gerainya se-Indonesia.

· Goat carcas harga normal Rp11.540 per 100 gram, harga diskon Rp9.232 per 100 gram. Berlaku di Transmart Pontianak.

· Paket daging ekonomis harga normal Rp10.990 per 100 gram, harga diskon Rp8.792 per 100 gram. Berlaku di Transmart Palembang.

· Paket slice shabu short plate harga normal Rp22.000 per 100 gram, harga diskon Rp17.600 per 100 gram. Berlaku di Transmart Denpasar.

· Daging sukiyaki harga normal Rp15.800 per 100 gram, harga diskon Rp12.640 per 100 gram. Berlaku di Transmart Makassar.

· Daging sukiyaki harga normal Rp18.000 per 100 gram, harga diskon Rp14.400 per 100 gram. Berlaku di Transmart Balikpapan.

· Daging sukiyaki 500 gram harga normal Rp74.900 per pack, harga diskon Rp59.920 per pack. Berlaku di Transmart Jawa Timur.

· Daging shabu 500 gram harga normal Rp83.500 per pack, harga diskon Rp66.800 per pack. Berlaku di Transmart Manado.

· Daging shabu 500 gram harga normal Rp89.900 per pack, harga diskon Rp71.920 per pack. Berlaku di Transmart Jabodetabek, Karawang, Jawa Tengah dan Palu.

· Daging shabu 500 gram harga normal Rp99.000 per pack, harga diskon Rp79.200 per pack. Berlaku di Transmart Bandung.

· Daging rendang special harga normal Rp14.990 per 100 gram, harga diskon Rp11.992 per 100 gram. Berlaku di Transmart Lampung.

· Daging rendang special harga normal Rp15.990 per 100 gram, harga diskon Rp12.792 per 100 gram. Berlaku di Transmart Jambi.

· Daging rendang family harga normal Rp135.000 per pack, harga diskon Rp108.000 per pack. Berlaku di Transmart Pekanbaru.

· Daging rendang family harga normal Rp139.000 per pack, harga diskon Rp111.200 per pack. Berlaku di Transmart Padang.

· Daging rendang family harga normal Rp18.890 per 100 gram, harga diskon Rp15.112 per 100 gram. Berlaku di Transmart Banjarmasin.

· Beef slice 500 gram harga normal Rp92.500 per pack, harga diskon Rp74.000 per pack. Berlaku di Transmart Pangkalpinang.

· Beef sirloin harga normal Rp14.890 per 100 gram, harga diskon Rp11.912 per 100 gram. Berlaku di Transmart Mataram.

· Beef blade harga normal Rp13.790 per 100 gram, harga diskon Rp11.032 per 100 gram. Berlaku di Transmart Medan.

Gimana, murah dan bikin hemat kan harganya? Jadi tunggu apalagi, buruan merapat ke Transmart terdekat dan borong dagingnya selagi ada diskon di Transmart Full Day Sale.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Saya sangat baik

pondok777
Harta Zhang Yiming, pendiri ByteDance Technology, yang merupakan perusahaan induk TikTok itu tersisa Rp679,73 triliun.
Harta Zhang Yiming, pendiri ByteDance Technology, yang merupakan perusahaan induk TikTok itu tersisa Rp679,73 triliun. (Screenshot via pintaram/yimzhang)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harta kekayaan bos TikTok Zhang Yiming susut sekitar US,1 miliar atau setara Rp95,53 triliun (asumsi kurs Rp15.661 per dolar AS) buntut berbagai aturan terkait penggunaan aplikasi di negara lain.

Dilansir dari Forbes, Kamis (9/11), harta pendiri ByteDance Technology yang merupakan perusahaan induk TikTok itu saat ini tersisa US,4 miliar atau sekitar Rp679,73 triliun.

Harta Zhang merosot tak lepas dari hambatan yang terus dihadapi TikTok terkait peraturan di pasar internasional.

Selain AS, Indonesia juga baru-baru ini membatasi penggunaan TikTok. Pemerintah melarang aplikasi itu mewadahi e-commerce dan media sosial sekaligus.

Alhasil, platform TikTok Shop pun dilarang di Indonesia. Sebagai gantinya, TikTok hanya boleh beroperasi sebagai media sosial saja.

Lebih lanjut, meski harta Zhang merosot Rp95,53 triliun, ia masih menduduki posisi orang nomor dua terkaya di China.

Hal ini terjadi karena harta keseluruhan 100 orang terkaya di China susut pada 2023 buntut pelemahan aktivitas ekonomi di negara tersebut. Tercatat, kekayaan kolektif 100 orang terkaya turun dari US7,1 miliar atau setara Rp14.189 triliun menjadi US5 miliar atau Rp14.000 triliun.

Zhang berada satu peringkat di bawah Zhong Shanshan. Miliarder air kemasan itu menjadi orang terkaya nomor satu di China selama tiga tahun berturut-turut.

Zhong Shanshan memiliki kekayaan sebesar US,1 miliar atau sekitar Rp939,86 triliun. Meski demikian, harta itu turun dari tahun sebelumnya yang mencapai US,3 miliar atau setara Rp974,18 triliun.

Kekayaan itu susut seiring penurunan investasi Zhong di Beijing Wantai Biological Pharmacy, sebuah perusahaan vaksin dan diagnostik untuk penyakit menular, termasuk Covid-19.

(mrh/wiw)

Kelahiran Kembali Era Puncak

mpogecor
Transmart Full Day Sale digelar Minggu 3 Desember 2023, diskon badai untuk produk elektonik hingga bahan makanan.
Transmart Full Day Sale digelar 3 Desember 2023, diskon badai untuk produk elektonik hingga bahan makanan. (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Para pemburu diskon bisa bergembira, karena besok Minggu (3/12) Transmart Full Day Sale akan kembali hadir, dengan tentunya menghadirkan diskon besar-besaran.

Pada gelaran Full Day Sale, ada diskon hingga 50% dan ada tambahan 20% dengan menggunakan Allo Prime, Allo Paylater dan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Dicatat ya, diskon ini berlangsung mulai buka toko hingga pukul 22.00 WIB atau jam 10 malam..

Artinya, pelanggan bisa hemat sampai Rp 3.849.800 dari harga normal.

Sementara untuk harga promo di luar Pulau Jawa, Bali dan Lampung untuk kulkas tersebut adalah Rp 11.549.000 dari harga normal Rp 12.649.000. Jika kamu menggunakan Allo Prime, Allo Patlater, dan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah, maka cukup membayar Rp 9.239.200.

Artinya, pelanggan bisa hemat sampai Rp 3.409.800 dari harga normal.

Namun ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Promo tidak berlaku untuk pembelian partai besar.

Untuk yang belum punya Kartu Kredit Bank Mega, enggak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Cibubur dan Central Park. Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore. Tinggal klik link ini, download, dan upgrade ke Allo Prime.

Yuk besok segera meluncur ke Transmart terdekat, lalu nikmati diskon melimpah khusus di Transmart Full Day Sale!

(vws/vws)

Tidak ada tulang terminal

dokubola
Memiliki sertifikat hak milik (SHM) atas lahan yang ditempati tentu menjadi hal yang diinginkan setiap pemilik rumah.
Memiliki sertifikat hak milik (SHM) atas lahan yang ditempati tentu menjadi hal yang diinginkan setiap pemilik rumah. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).
Jakarta, CNN Indonesia--

Memilikisertifikat hak milik(SHM) atas lahan yang ditempati tentu menjadi hal yang diinginkan setiap pemilik rumah.

Namun, belakangan ramai diperbincangkan seorang nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) mengeluh hanya memperoleh hak guna bangunan (HGB) alih-alih SHM.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional mencatat masyarakat sebenarnya bisa mengubah HGB menjadi SHM.

Kedua,dapat diwariskan dari generasi ke generasi sesuai hukum yang berlaku. Ketiga,bisa menjadi aset karena SHM bisa dijual, digadaikan, hingga menjadi jaminan bank.

Melansir aplikasi 'Sentuh Tanahku', milik Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Senin (27/11), masyarakat dapat mengurus perubahan HGB menjadi SHM di Kantor Pertanahan.

Terdapat beberapa persyaratan yang harus disiapkan, yaitu:

1. Mengisi formulir permohonan dan menandatangani pemohon atau kuasanya di atas materai

2. Surat kuasa apabila dikuasakan

3. Fotokopi identitas pemohon (KTP,KK) dan kuasa apabila dikuasakan, yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket

4. Surat Persetujuan dari kreditor (jika dibebani hak tanggungan)

5. Foto copy SPPT PBB Tahun berjalan yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket

6. Penyerahan bukti bayar uang pemasukan (pada saat pendaftaran hak)

7. Sertifikat HM/HGB/HP

8. IMB/surat keterangan Kepala Desa/Lurah bagi perubahan hak dari HGB/HP menjadi HM untuk rumah tinggal dengan luas sampai dengan 600 meter kubik

Selain itu, masyarakat juga harus mengisi keterangan seperti:

- Identitas diri
- Luas, letak dan penggunaan tanah yang dimohon
- Pernyataan tanah tidak sengketa
- Pernyataan tanah/bangunan dikuasai secara fisik

Adapun proses penyelesaian perubahan HGB menjadi SHM itu memerlukan waktu selama lima hari.

Sementara, tarif yang harus dibayar adalah sebesar Rp50 ribu per sertifikat hak atas tanah.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Kaisar Aogu

situs online slot terbaik
PT KAI buka suara soal penumpang protes penerapan fasilitas face recognition alias boarding menggunakan scan wajah di Stasiun Bandung.
PT KAI buka suara soal penumpang protes penerapan fasilitas face recognition alias boarding menggunakan scan wajah di Stasiun Bandung. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT KAI(Persero) buka suara soal penumpang memprotes penerapan fasilitas face recognition alias boarding menggunakan pemindai wajah di Stasiun Bandung.

Protes salah satu penumpang tersebut diluapkan di media sosial X. Sang penumpang mengaku tak ingin menjalani scan atau pemindaian atau wajah tersebut.

Namun, keengganannya itu malah membuat dirinya kesulitan boarding. Si penumpang harus menunggu 10 menit sebelum kereta berangkat untuk melakukan proses boarding.

Di sisi lain, yang sudah mendaftar face recognition pun wajahnya kerap tak terdeteksi oleh sistem. Ujung-ujungnya, mereka tetap harus scan tiket dan data KTP.

Alhasil, penumpang pun kesulitan boarding tepat waktu.

Menanggapi hal tersebut, Manajer Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono mengatakan kejadian itu merupakan buntut dari kesalahpahaman petugas di lapangan dalam memberikan informasi kepada penumpang yang bersangkutan.

KAI pun meminta maaf atas kesalahpahaman tersebut.

"Ini menjadi masukan bagi kami agar dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para petugas kami di lapangan terkait aturan yang kami terapkan pada pintu boarding di stasiun Bandung," kata Mahendro seperti dikutip dari detik finance, Minggu (19/11).

Meski begitu, Mahendro membantah informasi yang disampaikan soal boarding tanpa face recognition hanya bisa dilakukan 10 menit sebelum boarding.

Ia menjelaskan pihaknya telah membuat pintu utara Stasiun Bandung sebagai jalan masuk yang diprioritaskan untuk penumpang yang mau boarding dengan sistem face recognition.

Sementara, bagi masyarakat yang memang belum mendaftar ataupun yang tidak mau mendaftar diri untuk sistem face recognition bisa masuk dengan leluasa di pintu selatan.

"Untuk diketahui juga bahwa pintu utara boarding stasiun Bandung per 1 Oktober sudah kami terapkan khusus untuk yang sudah terdaftar untuk sistem face recognition," papar Mahendro.

Meski begitu, pihaknya tetap menyiagakan fasilitas boarding manual di pintu utara untuk mengantisipasi apabila ada terjadi hal-hal yang mengakibatkan sistem face recognition tersebut tidak dapat dipakai atau sedang bermasalah.

"Jadi sebenarnya untuk boarding manual pun masih bisa di pintu selatan dan tidak harus menunggu sampai 10 menit sebelum keberangkatan," ucap Mahendro.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/pta)