petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara pinjam uang di paylater

apk kakek zeus 562Jutaan kata 757949Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara pinjam uang di paylater》

WHOOSH, Asa Baru Melesat Jakarta******

Masyarakat Jakarta-Bandung mendapatkan asa transportasi baru; Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dengan kereta ini, Jakarta-Bandung hanya 1 jam.
Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi girang usai Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa melesat dengan kecepatan 351 km/jam. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY).
Jakarta, CNN Indonesia--

Masyarakat yang ingin berpergian dari Jakarta-Bandungmendapatkan asa transportasi baru; Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Setelah digroundbreaking Presiden Jokowi pada awal 2016 lalu, akhirnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung resmi beroperasi Oktober nanti.

Tidak main-main, naik kereta yang dibangun dengan nilai investasi US,27 miliar atau Rp110,5 triliun, jarak Jakarta-Bandung sepanjang 142,3 kilometer hanya butuh waktu tempuh 48 menit saja.

Maklum, Kereta Cepat Jakarta-Bandung memang melaju dengan kecepatan 351 km per jam, hampir 3 kali lipat dibandingkan dengan Kereta Argo Parahyangan.

Waktu tempuh itu jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Kereta Argo Parahyangan yang mencapai 2.45 menit. Waktu tempuh juga jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Dengan mobil saja misalnya. Ketika kita pergi dari Jakarta-Bandung melewati Tol Cipularang yang jaraknya 184 km dengan kecepatan 80 km per jam, waktu yang dibutuhkan mencapai 3 jam 20 menit. 

Lihat Juga :
Arti dan Asal Usul WHOOSH Bisa Jadi Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Itu kalau kondisi normal. Kalau kondisi macet parah, waktu yang dibutuhkan bisa berjam-jam. 

Atas kecepatan yang super luar biasa itulah, Menteri Perhubungan mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akhirnya dinamakan 'WHOOSH'.

Ia mengatakan inspirasi nama didapat secara tak sengaja saat para menteri dan Presiden Jokowi menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung beberapa waktu lalu.

Saat itulah tercetus keinginan agar nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung 'WHOOSH'.

Pasalnya, 'WHOOSH' merupakan ungkapan untuk menggambarkan kecepatan.

"Pak Pratikno bersama Pak Presiden (berdiskusi dalam kereta cepat), lalu saya gabung, beliau bilang, kalau cepat di Indonesia namanya whoosh," kata Budi dalam konferensi pers, Kamis (21/9).

Ia menambahkan nama WHOOSH juga cukup unik didengar dan akrab di telinga masyarakat.

"Jadi unik, saya pikir ini satu pernyataan yang menggembirakan, karena saya juga surprise nama ini. Sama surprisenya dengan kereta cepat yang cepat dan tanpa gangguan," ucap Budi.

Budi mengklaim nama 'WHOOSH' yang barus saja diberikan pemerintah lebih bagus dari Shinkansen.

[Gambas:Video CNN]

Shinkansen adalah nama Kereta Cepat Jepang. Tak hanya itu, ia juga mengklaim WHOOSH lebih bagus dari nama kereta cepat di Prancis, yakni Train à Grande Vitesse (TGV).

"Bahkan kalau mau sombong sedikit dengan Shinkansen atau TGV lebih bagus ini (WHOOSH) ya. It's OK. Kita perlu memberikan kebanggaan terhadap apa yang kita lakukan," ucapnya.

Lihat Juga :
Pemerintah Beri Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung 'WHOOSH'

Rugi Rp100 triliun

Jokowi berharap setelah operasi nanti, WHOOSH bisa bermanfaat besar terhadap mobilitas dan kegiatan ekonomi antara Jakarta-Bandung dan daerah sekitarnya.

Ia juga berharap keberadaan WHOOSH bisa meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan alat transportasi massal. Menurutnya, peningkatan minat masyarakat menggunakan alat transportasi massal akan berdampak pada penurunan angka kemacetan.

Jokowi mengatakan kemacetan menjadi sebuah momok yang harus segera diatasi, termasuk dengan angkutan massal seperti WHOOSH.

Pasalnya berdasarkan data yang masuk ke kantongnya, kerugian materi akibat kemacetan lalu lintas di Jabodebek dan penyangganya, termasuk Bandung mencapai Rp100 triliun per tahun. 

Harapan Jokowi mendapatkan sambutan hangat dari pesohor Raffi Ahmad. Beberapa waktu lalu, suami dari Nagita Slavina mengatakan bakal menjadi pengguna setia WHOOSH.

Aktor, pengusaha, dan pembawa acara tersebut menilai kehadiran proyek kereta cepat dapat memangkas jarak, waktu, dan energi secara signifikan.

Merujuk kepada pengalaman pribadinya sebagai sosok yang lahir dan besar di Bandung, Raffi menganggap kereta cepat dapat memberikan opsi bagi para pekerja yang ingin pulang-pergi dari Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya.

Lihat Juga :
Warga Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Senyap Tanpa Guncangan

"Orang Bandung yang mau kerja di Jakarta, kalau memang ruangnya masih belum cukup, dia enggak usah beli rumah di Jakarta. Dia tinggal menggunakan fasilitas ini, pulang pergi, sudah masih bisa," kata Raffi.

Selain itu, opsi kereta cepat trayek Jakarta-Bandung juga dianggap Raffi sebagai solusi praktis mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di titik-titik tertentu di kota Bandung.

"Terus juga, mengurai kemacetan di Bandung. Karena kan saya saja sebagai orang yang lahir di Bandung, dulu kalau weekend itu selalu pengin pulang ke Bandung," kata Raffi.

"Sekarang kalau mau pulang ke Bandung suka mikir dua kali, karena perjalanannya macet banget. Tapi dengan adanya kereta cepat ini, pasti mengurai dan mengatasi polusi," sambungnya.

Lihat Juga :
Selebrasi Jokowi Saat Kereta Cepat Tembus 351 Km per Jam
(dhf/mrh)

Apa itu Bursa Karbon yang Baru Diluncurkan Jokowi Hari Ini?******

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Bursa Karbon Indonesia pada hari ini, Selasa (26/9). Berikut arti Bursa Karbon.
Presiden Joko Widodo(Jokowi) meluncurkan Bursa Karbon Indonesia pada hari ini, Selasa (26/9). (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Bursa Karbon Indonesia pada hari ini, Selasa (26/9).

Ia berharap kehadiran bursa karbon bisa berkontribusi untuk melawan krisis iklim.

"Hasil dari perdagangan ini akan direinvestasikan kembali pada upaya menjaga lingkungan khususnya melalui pengurangan emisi karbon," kata Jokowi saat meresmikan peluncuran bursa karbon di Gedung Bursa Efek Indonesia.

Jika dikalkulasi, potensi Bursa Karbon Indonesia diperkirakan melampaui Rp3.000 triliun.

Lantas apa itu bursa karbon?

Merujuk Peraturan OJK Nomor 14 Tahun 2023, bursa karbon adalah sistem yang mengatur perdagangan karbon dan/atau catatan kepemilikan unit karbon.

Sementara, perdagangan karbon adalah mekanisme berbasis pasar yang ditujukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca melalui kegiatan jual beli unit karbon.

Yang dijual di bursa karbon adalah kredit atas pengeluaran karbondioksida atau gas rumah kaca.

Mengutip Perpres Nomor 98 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon untuk Pencapaian Target Kontribusi yang Ditetapkan Secara Nasional dan Pengendalian Emisi Gas Rumah Kaca dalam Pembangunan Nasional, perdagangan karbon juga ditujukan untuk mengendalikan perubahan iklim.

Selain itu, kehadiran bursa karbon juga sebagai cara Indonesia berkontribusi dalam membatasi kenaikan suhu rata-rata global di bawah 2 derajat celcius hingga 1,5 derajat celcius.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Hari Ini Aja, Harga Ayam Broiler di Transmart Mulai Rp20 Ribuan******

Belanja ayam broiler di Transmart Full Day Sale, hari ini, Selasa (26/9) banyak diskonnya, mulai dari Rp20 ribuan aja per ekor!
Ilustrasi. Ayam broiler di Transmart Full Day Sale hari ini mulai dari Rp20 ribuan aja per ekor! (iStockphoto/Ann_Zhuravleva)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau belanja hemat kebutuhan pokok di penghujung bulan September ini? Belanjanya di Transmart Full Day Sale September Ceria aja biar hemat!

Soalnya ada banyak produk yang didiskon, salah satunya ayam broiler yang bisa dibeli dengan harga sale mulai dari Rp20 ribuan aja per ekor.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Ada Lagi 26 September, Diskon hingga 50% + 20%
  • Harga normal ayam broiler Rp25.653 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp20.522, hanya berlaku di Transmart Palu.
  • Harga normal ayam broiler Rp32.900 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp26.320, hanya berlaku di Transmart Kupang, Mataram.
  • Harga normal ayam broiler Rp34.900 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp27.920, hanya berlaku di Transmart Jabodetabek, Medan, Palembang, Pangkalpinang.
  • Harga normal ayam broiler Rp35.900 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp28.720, hanya berlaku di Transmart Bandung.
  • Harga normal ayam broiler Rp36.900 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp29.520, hanya berlaku di Transmart Makassar, Jawa Timur.
  • Harga normal ayam broiler Rp38.900 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp31.120, hanya berlaku di Transmart Karawang, Manado.
  • Harga normal ayam broiler Rp39.900 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp31.920, hanya berlaku di Transmart Jawa Tengah, Padang, Pekanbaru.
  • Harga normal ayam broiler Rp40.900 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp32.720, hanya berlaku di Transmart Jambi, Lampung, Denpasar.
  • Harga normal ayam broiler Rp42.500 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp34.000, hanya berlaku di Transmart Pontianak.
  • Harga normal ayam broiler Rp44.500 per ekor, harga diskon menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah jadi Rp35.600, hanya berlaku di Transmart Balikpapan.

Setiap pelanggan Transmart bisa membeli ayam broiler maksimal 2 ekor selama periode diskon ini.

Pastikan bayarnya menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah biar dapat tebus murah harga ayam yang didiskon.

Pelanggan juga bisa belanja sekarang bayar belakangan dengan transaksi pakai Allo Paylater. Download aplikasi Allo Bank dulu, kemudian upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengaktifkan Allo Paylater.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembuatan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah di cabang pembukaan instan yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Yuk, langsung serbu diskonnya dan jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:pragmatikslot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
jam gacor sweet bonanza xmas
one play slot
japritoto
hokivip
game slot game slot
slot gacor
lsi777
jkt303
fun77toto
Daftar isi semua bab
Bab 1 telewin88
Bab 2 eyangslot
Bab 3 erek2 kaki
Bab 4 kreditin pinjol
Bab 5 url slot
Bab 6 situs tergacor dan terpercaya 2022
Bab 7 nusa8et
Bab 8 kapital slot
Bab 9 raja188
Bab 10 bunga di kredivo
Bab 11 cara dapat uang 10 ribu
Bab 12 slotking69
Bab 13 situs slot terpercaya online 24 jam
Bab 14 link slot gacor terbaru 2023
Bab 15 papuwa4d
Bab 16 event slot gacor
Bab 17 slot gacor maxwin
Bab 18 slot4d asli
Bab 19 mendapatkan penghasilan dari hp
Bab 20 situs slot tergacor saat ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6277bab
takutBacaan TerkaitMore+

sistem logistik perkotaan

rtp mahadewa88
IHSG diprediksi menguat pada awal pekan ini. Penguatan masih ditopang rilis data kinerja emiten.
IHSG diprediksi menguat pada awal pekan ini. Penguatan masih ditopang rilis data kinerja emiten. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (25/9) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham menandakan momentum bullish.

"IHSG akan menguji zona resisten 7.058-7.075, di mana penembusan di atasnya akan membuka jalan untuk melanjutkan penguatan menuju 7.118," imbuh Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya juga memproyeksi IHSG menguat hari ini. Menurutnya, pergerakan indeks saham masih ditopang oleh rilis data kinerja emiten.

Sedangkan, kata William, jika melihat pola jangka panjang, IHSG masih berada dalam jalur uptrend.

"Maka peluang koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan investor jangka panjang untuk melakukan akumulasi pembelian, hari ini IHSG berpotensi naik," imbuhnya.

William memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.889 dan resistance7.054 hari ini. Ia pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni TLKM, EXCL, ISAT, JSMR, HMSP, TBIG, UNVR, KLBF, BBCA, dan BINA.

IHSG ditutup menguat 25,37 poin atau 0,36 persen ke level 7.016 pada perdagangan Jumat (22/9) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,32 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,84 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Dahuanglu

merdekatoto
Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan melarang social commerce seperti TikTok Shop berjualan, usai dianggap merugikan UMKM dalam negeri.
Foto: Tangkapan layar web seller-id.tiktok.com
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melarang social commerce seperti TikTok Shop berjualan, usai dianggap merugikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri. 

Keputusan itu diambil usai banyak barang jualan pedagang asli Indonesia di toko offline maupun marketplace lainnya kalah saing dengan produk Tiktok Shop yang sangat murah.

Alasan lainnya, jika social commerce dan e-commerce disatukan, maka hal itu akan sangat menguntungkan pihak platform. Sebab, platform mengantongi algoritma pengguna yang bisa digunakan untuk mengatur iklan kepada yang bersangkutan.

Larangan itu nantinya akan diatur dalam revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Rencananya, revisi beleid itu akan disahkan hari ini, Selasa (26/9).

"Disepakati besok, revisi Permendag nomor 50 tahun 2020 akan kami tanda tangani. Ini sudah dibahas berbulan-bulan sama Pak Teten (menteri koperasi dan UKM)," kaya Zulkifli di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (25/9).

Zulhas menyebut dalam revisi aturan itu, social commerce hanya diperbolehkan untuk melakukan promosi barang dan jasa saja. Artinya platform tersebut dilarang berjualan secara langsung.

Selain itu, pemerintah akan memisahkan social commerce dengan e-commerce. Artinya, tidak boleh ada platform seperti TikTok yang menjadi sosial media dan e-commerce secara bersamaan.

Pemerintah juga akan membatasi produk impor yang bisa dijual di e-commerce hanya boleh di atas harga US0.

"Kalau ada yang melanggar seminggu ini, tentu ada surat saya ke Kominfo untuk memperingatkan. Setelah memperingatkan, tutup," tandas Zulkifli.

Lihat Juga :
Kemenkeu Blak-blakan Sempat Remehkan Dampak Hilirisasi Jokowi

Lantas, efektifkah aturan ini?

Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) Yusuf Wibisono mengatakan meski larangan tersebut bertujuan untuk melindungi UMKM, namun akan berpotensi tidak efektif karena melawan arus perkembangan teknologi.

Menurutnya, perkembangan teknologi tidak bisa dilawan sehingga yang harus dilakukan adalah meregulasinya.

Regulasi yang diterapkan untuk social commerce maupun e-commerce bisa berupa memastikan kepatuhan pajak, pembatasan produk impor, kewajiban sertifikasi halal, dan lain-lain.

"Dengan regulasi, kita akan membuat persaingan yang sehat, menjaga level of playing field yang setara antara social commerce dengan platform social media dan platform e-commerce," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Lihat Juga :
Luhut Ungkap Jokowi Capek Dengar Forum Internasional yang Tak Konkret

Ia menambahkan social commerce memiliki keunggulan dengan algoritmanya yang akan menuntun konsumen terdorong untuk membeli produk tertentu. Social commerce juga memberikan pengalaman berbelanja yang berpotensi membuat konsumen melakukan impulsive buying.

Kondisi tersebut, akan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dalam mengedukasi konsumen sekaligus menjadi dorongan bagi e-commerce untuk terus berinovasi.

"Ini menjadi dorongan bagi e-commerce tradisional agar mereka memperbaiki model bisnisnya agar bisa bersaing dengan social commerce," kata Yusuf.

Konsultan Bisnis DK Consulting Djoko Kurniawan menambahkan pemerintah sebenarnya bisa saja membatasi produk impor yang bisa dijual di e-commerce hanya boleh di atas harga US0 atau Rp1,5 juta (asumsi kurs Rp15.412 per dolar AS).



Skema pengawasan dipertanyakan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Pedang Bintang Suci

musang 123 slot login
Wishnutama Kusubandio menghadiri rapat bersama Jokowi terkait larangan perdagangan melalui medsos di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (25/9).
Wishnutama Kusubandio menghadiri rapat bersama Jokowi terkait larangan perdagangan melalui medsos di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (25/9). (Setpres/Lukas).
Jakarta, CNN Indonesia--

Wishnutama Kusubandio menghadiri rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju terkait larangan perdagangan melalui media sosial (sosial commerce) di Istana Merdeka Jakarta, pada Senin (25/9) kemarin. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut terungkap dari foto yang dirilis Biro Pers Sekretariat Presiden dan diunggah pada situs presidenri.go.id.

Kehadiran mantan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif itu juga dikonfirmasi oleh Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang ikut menghadiri rapat tersebut.

Saat dihubungi, Wishnutama mengakui ia hadir di rapat tersebut. Menurutnya ia hadir untuk dimintai masukan terkait transformasi digital secara umum.

"Mungkin karena latar belakang pekerjaan saya yang datang dari industri media digital, infrastruktur digital, ekonomi digital dan industri kreatif yang juga erat dengan digital," kata Wishnutama melalui pesan tertulis kepada CNNIndonesia.com.

Dalam rapat tersebut, pemerintah memutuskan untuk menandatangani Revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Lihat Juga :
Bea Cukai Beber Progres Pajak Ekspor Produk Nikel Setengah Jadi

"Sudah diputuskan hari ini, nanti sore sudah saya tanda tangani revisi Permendag 50/2020," ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam keterangan kepada awak media usai mengikuti rapat tersebut.

Beleid baru akan mengatur sejumlah ketentuan terkait perniagaan elektronik. Salah satunya, pemerintah hanya memperbolehkan media sosial digunakan untuk memfasilitasi promosi, tidak untuk transaksi.

Selain itu, pemerintah juga akan melarang media sosial merangkap e-commerce. Hal tersebut dilakukan pemerintah untuk mencegah penyalahgunaan data masyarakat.

"Sehingga algoritmanya itu tidak semua dikuasai dan ini mencegah penggunaan data pribadi untuk kepentingan bisnis," ujarnya.

Revisi Permendag juga mengatur bahwa platform digital tersebut tidak boleh bertindak sebagai produsen. Tak hanya itu, pemerintah juga menetapkan minimal transaksi impor sebesar US0.

Aturan itu sendiri merupakan respons pemerintah atas keluhan UMKM lokal yang merasa digempur habis-habisan oleh produk impor murah, salah satunya dipasarkan melalui aplikasi TikTok.

Jeritan itu salah satunya disuarakan oleh pedagang dan pelaku UMKM di Pasar Tanah Abang yang menjerit belakangan ini akibat omzet penjualan mereka anjlok parah.

Para pedagang menuding penurunan omzet terjadi setelah aplikasi TikTok Shop merajalela belakangan ini.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sur)

kaisar kuno

wedebet
Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan melarang social commerce seperti TikTok Shop berjualan, usai dianggap merugikan UMKM dalam negeri.
Foto: Tangkapan layar web seller-id.tiktok.com
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melarang social commerce seperti TikTok Shop berjualan, usai dianggap merugikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri. 

Keputusan itu diambil usai banyak barang jualan pedagang asli Indonesia di toko offline maupun marketplace lainnya kalah saing dengan produk Tiktok Shop yang sangat murah.

Alasan lainnya, jika social commerce dan e-commerce disatukan, maka hal itu akan sangat menguntungkan pihak platform. Sebab, platform mengantongi algoritma pengguna yang bisa digunakan untuk mengatur iklan kepada yang bersangkutan.

Larangan itu nantinya akan diatur dalam revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Rencananya, revisi beleid itu akan disahkan hari ini, Selasa (26/9).

"Disepakati besok, revisi Permendag nomor 50 tahun 2020 akan kami tanda tangani. Ini sudah dibahas berbulan-bulan sama Pak Teten (menteri koperasi dan UKM)," kaya Zulkifli di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (25/9).

Zulhas menyebut dalam revisi aturan itu, social commerce hanya diperbolehkan untuk melakukan promosi barang dan jasa saja. Artinya platform tersebut dilarang berjualan secara langsung.

Selain itu, pemerintah akan memisahkan social commerce dengan e-commerce. Artinya, tidak boleh ada platform seperti TikTok yang menjadi sosial media dan e-commerce secara bersamaan.

Pemerintah juga akan membatasi produk impor yang bisa dijual di e-commerce hanya boleh di atas harga US0.

"Kalau ada yang melanggar seminggu ini, tentu ada surat saya ke Kominfo untuk memperingatkan. Setelah memperingatkan, tutup," tandas Zulkifli.

Lihat Juga :
Kemenkeu Blak-blakan Sempat Remehkan Dampak Hilirisasi Jokowi

Lantas, efektifkah aturan ini?

Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) Yusuf Wibisono mengatakan meski larangan tersebut bertujuan untuk melindungi UMKM, namun akan berpotensi tidak efektif karena melawan arus perkembangan teknologi.

Menurutnya, perkembangan teknologi tidak bisa dilawan sehingga yang harus dilakukan adalah meregulasinya.

Regulasi yang diterapkan untuk social commerce maupun e-commerce bisa berupa memastikan kepatuhan pajak, pembatasan produk impor, kewajiban sertifikasi halal, dan lain-lain.

"Dengan regulasi, kita akan membuat persaingan yang sehat, menjaga level of playing field yang setara antara social commerce dengan platform social media dan platform e-commerce," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Lihat Juga :
Luhut Ungkap Jokowi Capek Dengar Forum Internasional yang Tak Konkret

Ia menambahkan social commerce memiliki keunggulan dengan algoritmanya yang akan menuntun konsumen terdorong untuk membeli produk tertentu. Social commerce juga memberikan pengalaman berbelanja yang berpotensi membuat konsumen melakukan impulsive buying.

Kondisi tersebut, akan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dalam mengedukasi konsumen sekaligus menjadi dorongan bagi e-commerce untuk terus berinovasi.

"Ini menjadi dorongan bagi e-commerce tradisional agar mereka memperbaiki model bisnisnya agar bisa bersaing dengan social commerce," kata Yusuf.

Konsultan Bisnis DK Consulting Djoko Kurniawan menambahkan pemerintah sebenarnya bisa saja membatasi produk impor yang bisa dijual di e-commerce hanya boleh di atas harga US0 atau Rp1,5 juta (asumsi kurs Rp15.412 per dolar AS).



Skema pengawasan dipertanyakan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Setelah kiamat, semua manusia menjadi titik pengalaman

slot gacor 2023
Belanja baju casual atau formal di Transmart aja, soalnya ada Full Day Sale. Semua keperluan outfit wanita diskon sampai 30 persen.
Ilustrasi. Baju casual dan formal untuk wanita di Transmart Full Day Sale diskon sampai 30 persen. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ladies, mau beli baju casual atau formal dengan harga terjangkau? Belanja di Transmart aja yuk selagi ada Full Day Sale, semua keperluan outfit wanita diskon gede sampai 30 persen.

Nggak cuma itu, kalau bayarnya menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah, bakal dapat diskon tambahan sebesar 20 persen dan pastinya bisa bayar belakangan.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Ada Lagi 26 September, Diskon hingga 50% + 20%

Pastikan ladies sudah punya Allo Bank supaya bisa menikmati belanja diskon selama periode Transmart Full Day Sale, yang cuma digelar hari ini saja, Selasa (26/9).

Bagi yang belum memiliki Allo Bank, caranya tinggal download aplikasi Allo Bank melalui App Store atau Google Play Store. Lalu upgrade akunnya ke Allo Prime untuk mengaktifkan Allo Pay Later.

Alternatif lain bisa mengajukan pembuatan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di setiap gerai Transmart supaya kartunya bisa langsung dipakai belanja.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Satu pedang untuk dimuliakan

asian4d slot
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,2 persen ke 6.937 pada Rabu (27/9) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,2 persen ke 6.937 pada Rabu (27/9) sore. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.937 pada Rabu (27/9) sore. Indeks saham menguat 14,02 poin atau 0,20 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,76 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,78 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 276 saham menguat, 245 terkoreksi, dan 232 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham Asia menguat. Tercatat Nikkei 225 di Jepang menguat 0,18 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong menguat 0,68 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,09 persen.

Senada, bursa saham Eropa menguat. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,04 persen, indeks DAX di Jerman menguat 0,06 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis menguat 0,31 persen.

Bursa saham Amerika juga melemah. Indeks S&P 500 melemah 1,47 persen, indeks NYSE Composite melemah 1,61 persen, dan indeks NASDAQ Composite melemah 1,57 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)