petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman bank langsung cair

lapak hoki88 770Jutaan kata 805098Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman bank langsung cair》

Produsen Obat Buka Suara soal Polemik Paracetamol Sirop******

PT Indofarma Tbk menyatakan akan mengikuti araam BPOM dan Kementerian Kesehatan terkait penghentian penjualan paracetamol dalam bentuk sirop.
PT Indofarma Tbk menyatakan akan mengikuti araam BPOM dan Kementerian Kesehatan terkait penghentian penjualan paracetamol dalam bentuk sirop. (iStockphoto/spukkato).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Indofarma Tbk menyatakan akan mengikuti arahan BPOM dan Kementerian Kesehatan terkait penghentian penjualan paracetamol dalam bentuk sirop.

"Kami akan ikuti arahan dari BPOM dan Kemenkes," kata Direktur Utama PT Indofarma Tbk Arief Pramuhanto kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/10).

Hal ini terkait dengan 66 anak meninggal akibat gagal ginjal yang merebak di Gambia, Afrika. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghindari penggunaan paracetamol sirop.

Meski begitu, Arief menjelaskan Indofarma sudah tidak lagi memproduksi paracetamol sirop untuk anak-anak.

Sementara itu, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Noffendri Roestam mengatakan pihaknya masih akan rapat dengan dewan pakar soal setop penjualan paracetamol sirop.

Adapun dalam kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal di Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan kasus mencapai 192 orang per Selasa (18/10).

Lihat Juga :
Jokowi Pamer Komitmen Proyek Swasta di IKN: 7 RS dan 9 Sekolah

Lonjakan kasus bulanan tertinggi tercatat terjadi pada September 2022 dengan 81 kasus yang dilaporkan.

Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI Piprim Basarah Yanuarso menambahkan temuan ratusan kasus itu didapatkan dari 20 provinsi di Indonesia.

Temuan kasus terbanyak terjadi di DKI Jakarta dengan 50 kasus, kemudian Jawa Barat dan Jawa Timur masing-masing 24 kasus, Sumatera Barat 21 kasus, Aceh 18 kass, dan Bali 17 kasus.

Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Murti Utami meminta agar seluruh tenaga kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair atau sirop sampai dilakukan pengumuman resmi dari pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Telkom Terus Pacu Transformasi untuk Mendigitalkan Bangsa******

Telkom memastikan terus berupaya bertansformasi jadi digital telco kelas dunia yang dapat beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi pasar di dunia.
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah. (Foto: Arsip Telkom)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan terus berupaya bertansformasi menjadi digital telco kelas dunia yang dapat selalu beradaptasi dengan berbagai situasi, tantangan, dan kondisi pasar di dunia.

Telkom memahami percepatan adopsi digital dalam negeri juga semakin terasa pada beragam sektor vertikal mencakup logistik, perawatan kesehatan, pendidikan, pertanian, dan layanan keuangan yang saat ini sudah banyak memanfaatkan layanan digital.

Sebagai BUMN telekomunikasi yang tengah fokus bertransformasi, Telkom mendapatkan amanat untuk menjadi lokomotif digitalisasi yang mampu mendorong perkembangan ekosistem digital di Indonesia.

Salah satu keberhasilan terbesar Telkom hingga saat ini adalah pengembangan aplikasi PeduliLindungi untuk mendukung pemerintah dalam menyukseskan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu aplikasi digital dengan jumlah pengguna terbesar.

Hal ini juga dibenarkan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo pada kesempatan diskusi panel dengan tema Economic Transformation through Digitalization: Impact to Nation's Trade and Investment.

Kartika mengatakan bahwa PeduliLindungi menjadi salah satu aplikasi digital terdepan yang fokus pada fungsi tracking dan tracing yang sangat bermanfaat dalam menangani puncak pandemi Covid.

PeduliLindungi juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan telemedicine sehingga saat ini telemedicine menjadi solusi terbaik bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan dan berbagai kebutuhan dalam satu aplikasi.

"Saat ini kami tengah berdiskusi mengkaji peluang utilisasi aplikasi PeduliLindungi pasca pandemi, yang memungkinkan menjadi apps Government to People," ungkap Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo.

Hingga saat ini, Telkom fokus menggarap kompetensi dan kapabilitasnya di bisnis digital melalui tiga pilar utama, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Lapisan dasar bisnis Telkom adalah konektivitas digital, dengan memiliki Telkomsel dan IndiHome yang menguasai pangsa pasar yang telah melayani lebih dari 80 persen pelanggan seluruh Indonesia.

Selain itu, Telkom juga memiliki infrastruktur serat optik, menara telekomunikasi hingga satelit yang mumpuni dan menjangkau hingga wilayah pelosok. Lapisan kedua di atas konektivitas digital adalah platform digital.

Kini Telkom telah memiliki beragam platform untuk dimanfaatkan pada berbagai sektor seperti data center, cloud computing, Big Data dengan platform Big box, IoT dengan platform Antares, Ads dengan platform Tadex, serta payment digital LinkAja.

Selanjutnya, Telkom memiliki lapisan digital services dengan tujuan memberikan beragam solusi digital bagi seluruh lapisan masyarakat, di antaranya sektor pendidikan melalui Pijar, sektor pertanian dengan Agree, sektor logistik dengan Logee, sektor perdagangan dan UMKM melalui PaDi UMKM, serta beragam layanan hiburan.

Untuk semakin membangun keunggulan kompetitif perusahaan, Telkom telah mencanangkan lima strategi utama yang dikenal dengan strategi Five Bold Moves. Strategi ini dibentuk untuk mencapai tujuan jangka panjang yang dapat memberikan penciptaan nilai yang optimal bagi para pemangku kepentingan dan masyarakat.

Ririek menyampaikan bahwa Telkom akan terus bertransformasi mengikuti arus perubahan pasar dan membidik potensi digital ke depan.

"Kita sudah tahu bahwa solusi digital telah terbukti menyelesaikan beberapa masalah sosial, seperti pandemi Covid-19 dan pemerintahan. Program bantuan sosial juga tak lepas dari prioritas utama Telkom dalam memberikan kebermanfaatan yang lebih bagi masyarakat," pungkas Ririek.

Ketiga pilar utama bisnis yang dijalankan Telkom turut didemonstrasikan pada acara SOE International Conference 2022. Telkom juga melaksanakan business matching, investor talk, dan corporate day dengan para calon investor. Sebagai side event dari G20, SOE International Conference 2022 berlangsung pada Senin hingga Selasa, 17-18 Oktober 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center.

Acara dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Luhut B. Pandjaitan ini dihadiri juga oleh mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury, dan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, serta jajaran direksi BUMN. Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara daring meluncurkan program Indonesia Water Fund (IWF) sebagai upaya untuk memperbaiki akses air bersih bagi seluruh rakyat Indonesia.

(inh/inh)

Vaksin Pfizer Akan Dijual Rp2 Juta per Dosis di AS pada 2023******

Pfizer akan mulai menjual secara komersil vaksin Covid-19 dengan biaya sekitar Rp2 juta per dosis di Amerika Serikat.
Pfizer akan mulai menjual secara komersil vaksin Covid-19 dengan biaya sekitar Rp2 juta per dosis di Amerika Serikat. (REUTERS/CARLO ALLEGRI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pfizer akan mulai menjual secara komersil vaksin Covid-19 dengan biaya US0 atau sekitar Rp2 juta per dosis di Amerika Serikat. Hal ini menyusul langkah pemerintah setempat yang berhenti memberikan subsidi terkait vaksinasi gratis kepada masyarakatnya.

Eksekutif Pfizer mengatakan harga komersial untuk dosis dewasa dapat dimulai awal 2023, tergantung pada saat pemerintah menghentikan program pembelian dan pendistribusian suntikan vaksin.

Lihat Juga :
Omicron XBB Sudah Masuk Indonesia, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Seorang juru bicara mengatakan perusahaan juga memiliki program bantuan berbasis pendapatan yang membantu warga AS dalam memenuhi syarat tanpa asuransi untuk mendapatkan vaksin.

CNNdalam laporannya menyebutkan analisis yang diterbitkan Keluarga Kaiser Foundation pekan ini mengatakan tanpa pendanaan atau perlindungan tambahan, pencegahan dan penanggulangan Covid-19 akan terhambat, terutama pada sisi vaksin, tes, dan terapi, terlebih poin itu tidak masuk ke dalam perlindungan asuransi.

Lihat Juga :
Poin-poin Penjelasan Menkes Soal Kasus Gagal Ginjal Akut

Vaksin dosis dua Pfizer memulai debutnya pada akhir 2020 dan telah menjadi suntikan pencegahan paling umum yang digunakan untuk memerangi Covid-19 di AS.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, lebih dari 375 juta dosis vaksin asli, yang dikembangkan Pfizer bersama produsen obat Jerman BioNTech telah didistribusikan di AS.

Angka itu belum termasuk 12 juta dosis booster terbaru yang disetujui awal tahun ini.

Vaksin Pfizer menghasilkan pendapatan US,78miliar pada tahun lalu dan merupakan produk terlaris dari perusahaan obat tersebut. Analis memperkirakan hal itu akan menghasilkan USmiliar lagi tahun ini, menurut FactSet.

Lihat Juga :
133 Pasien Meninggal, Menkes Belum Putuskan KLB Gagal Ginjal Akut

Tetapi mereka juga memperkirakan penjualan akan turun dengan cepat setelah itu. Lebih dari 90 persen populasi orang dewasa AS telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19, menurut CDC. Tetapi hanya sekitar setengah dari populasi itu yang telah menerima dosis booster.

(cnn/pmg)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:daftar pinjaman online legal ojk 2022

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
manjurbet
slot terbaru hari ini
kode alam kucing ketabrak motor
nada dering kakek zeus
fifaqq
limit kredivo hilang
game slot gacor hari ini
cleopatra demo slot
slot teramai
Daftar isi semua bab
Bab 1 warna paito taiwan
Bab 2 slot member baru di kasih menang
Bab 3 egs777
Bab 4 audy88
Bab 5 uang 500rb
Bab 6 link gacor 2023 terbaru hari ini
Bab 7 dunia gacor77
Bab 8 pinjam cepat ilegal
Bab 9 gacor 89 slot
Bab 10 buku mimpi 46
Bab 11 joker128
Bab 12 indpoker
Bab 13 slot paling gacor banget
Bab 14 tuanpoker
Bab 15 pinjaman online yang legal 2022
Bab 16 rumahbet88
Bab 17 high slot88
Bab 18 cahaya4d
Bab 19 25 erek erek togel
Bab 20 zeus88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3674bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Penginapan Youyaoqi

lazada paylater bisa pinjam uang
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 (Sayung-Demak) beroperasi Desember 2022.
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 (Sayung-Demak) beroperasi Desember 2022. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan JalanTol Semarang-Demak Seksi 2 (Sayung-Demak) beroperasi Desember 2022.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengungkapkan hingga saat ini, konstruksi ruas tol sepanjang 16,31 km itu telah mencapai 97,82 persen.

"Harapan kita pada akhir tahun ini Seksi 2 bisa dioperasikan untuk mendukung pelaksanaan libur NATARU akhir tahun 2022, ataupun dapat difungsionalkan jika belum keluar SK pengoperasiannya dan dinikmati oleh masyarakat bersama-sama," ujar Danang seperti dikutip dalam keterangan resmi, Sabtu (22/10).

"Selain itu juga jalan tol ini memberikan akses yang mudah menuju Kota Demak, dan tentunya dapat meningkatkan interaksi ekonomi, meningkatkan pariwisata hingga mendukung kelancaran arus logistik dari Barat ke Timur, dari Jawa Timur ke Jawa Tengah hingga ke DKI Jakarta," ujarnya.

Jalan Tol Semarang-Demak dikenal sebagai jalan tol atas laut yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang. Selain juga berfungsi untuk penahan banjir rob, jalan tol ini diharapkan dapat mengatasi banjir dan genangan air yang selama ini menjadi permasalahan ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Direktur Utama PT PP Semarang-Demak Siswantono menambahkan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 ini siap dioperasikan sepenuhnya pada awal Januari 2023, dan direncanakan pada November dan Desember sudah bisa dilakukan Uji Laik Fungsi.

Lihat Juga :
Faisal Basri Kritik Keras Rencana Jokowi Larang Ekspor Timah

Siswantono menambahkan kehadiran Jalan Tol Semarang ke Demak bisa mengurai kemacetan yang biasanya mencapai 2 jam lamanya.

"Setelah Jalan Tol Seksi 2 ini beroperasi bisa ditempuh 45 menit perjalanan saja dan semakin lebih cepat," jelasnya.

Jalan Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km dan terbagi menjadi dua seksi. Rinciannya, Seksi 1 (Semarang - Sayung) sepanjang 10,69 Km yang merupakan porsi pemerintah Saat ini, Seksi 1 sedang dalam tahap pembebasan lahan untuk dilanjutkan konstruksinya.

Selanjutnya, Seksi 2 (Sayung - Demak) sepanjang 16,31 Km merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Teknik Menelan Surga Kuno

angkasa138
Pemerintah Singapura mewajibkan pengusaha angkutan kota (angkot) memberikan waktu istirahat 30 menit setiap 6 jam bekerja kepada para sopir.
Pemerintah Singapura meminta pengusaha angkutan kota (angkot) memberikan waktu istirahat 30 menit setiap 6 jam bekerja kepada para sopir. Ilustrasi. (CNN Indonesia/M. Andika Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

PemerintahSingapuramewajibkan pengusaha angkutan kota (angkot) memberikan waktu istirahat 30 menit setiap 6 jam bekerja kepada para sopir.

Aturan ini dibuat demi meningkatkan keselamatan sopir, penumpang, hingga pengendara lain. Adapun ketentuan tersebut akan diberlakukan mulai 1 Januari 2023.

Selain itu, pengusaha juga harus menunjuk seorang kernet untuk setiap kendaraan. Kernet pun harus diberi pengarahan tentang peran mereka, seperti memeriksa apakah sopir dalam keadaan sehat untuk mengemudi dan tetap waspada saat mengemudi.

"Tentu saja ada pengakuan luas bahwa keselamatan pekerja adalah kuncinya. Perlu ada langkah-langkah yang praktis dan efektif, yang dapat diterapkan secara kaku dan luas di lapangan," kata Menteri Senior Negara Transportasi Amy Khor seperti dikutip dari CNA, Rabu (19/10).

Lebih lanjut, Otoritas Transportasi Darat (LTA) pun akan mewajibkan semua angkot dilengkapi dengan penutup hujan. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kenyamanan penumpang.

Lihat Juga :
Alasan Agung Podomoro Jual Central Park Rp4,5 Triliun

"Penutup hujan ini, yang biasanya terpal kanvas, harus dipasang di kanopi untuk semua bagian dek truk yang tidak tertutup, termasuk celah yang sebagian terbuka, untuk melindungi pekerja dari cuaca buruk," kata badan tersebut.

LTA menyebut setidaknya satu sisi kanopi juga harus dilengkapi dengan penutup hujan transparan. Hal ini dilakukan agar angkot mendapat pencahayaan yang cukup.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Dewa super dari dewa tertentu, Marvel

situs slot 5unsur
BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) mengatakan sebanyak 4.200 orang telah mengajukan klaim program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) per September 2022.
BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) mengatakan sebanyak 4.200 orang telah mengajukan klaim program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) per September 2022. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia--

BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) mengatakan sebanyak 4.200 orang telah mengajukan klaim program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) per September 2022. Sementara anggaran yang disalurkan sebanyak Rp18 miliar.

"Kalau JKP yang klaim sampai awal September kemarin di angka Rp18 miliar. Jumlah pesertanya ada di 4.200," ujar Direktur Pelayanan BPJamsostek Roswita Nilakurnia di Plaza BPJamsostek, Kamis (20/10).

Roswita menambahkan korban PHK yang sudah mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) tidak otomatis menjadi peserta JKP karena persyaratannya yang berbeda.

Mengutip jkp.go.id, JKP adalah jaminan sosial berupa uang tunai, informasi pasar kerja, dan pelatihan untuk pekerja atau buruh yang mengalami PHK.

Program JKP ditujukan bagi peserta BPJS yang memiliki masa iuran minimal 12 bulan dalam 24 bulan terakhir dan membayar iuran selama 6 bulan berturut-turut sebelum terjadi PHK.

Ketentuan PHK yang diterima tidak dapat disebabkan karena mengundurkan diri, pensiun, cacat total tetap, meninggal dunia, dan pekerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) yang masa kerjanya berakhir sesuai jangka waktu kontrak kerjanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Jalannya menghadap ke langit

dana paylater akulaku
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi masih menguat pada perdagangan Kamis (20/10).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi masih menguat pada perdagangan Kamis (20/10). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks HargaSahamGabungan (IHSG) diproyeksi masih menguat pada perdagangan Kamis (20/10).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan memprediksi pergerakan akan didorong musim laporan keuangan kuartal III 2022 yang akan datang.

Di lain sisi, investor akan mencermati hasil kebijakan suku bunga yang akan diumumkan hari ini oleh Bank Indonesia (BI).

Menurut perkiraannya, indeks saham akan bergerak dalam rentang support 6.816 dan resistance 6.893.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan ada potensi penguatan terbatas jelang rilis data perekonomian tingkat suku bunga yang disinyalir belum akan mengalami perubahan.

"Pergerakan IHSG terlihat masih cenderung bergerak sideways, peluang koreksi wajar dapat dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi pembelian mengingat kinerja emiten yang terlihat di Q2 membaik dan memiliki potensi akan lebih baik di Q3," katanya.

Lihat Juga :
Mengintip Daftar 10 Negara 'Sakit' yang Sudah Jadi Pasien IMF

Ia memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.789 dan resistance 6.945.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan ASII, BBNI, SMRA, UNVR, AALI, JSMR, SMGR, dan KLBF.

IHSG menguat ke level 6.860 pada Rabu (19/10). Indeks saham menguat 25,92 poin atau plus 0,38 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp13,19 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,17 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Menggunakan Tuhan sebagai umpan

idn joker slot
Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) meminta pemerintah bijak dalam mengambil keputusan melarang sementara obat sirop anak di Indonesia.
Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) meminta pemerintah bijak dalam mengambil keputusan melarang sementara obat sirop anak di Indonesia. (iStockphoto/PORNCHAI SODA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ikatan ApotekerIndonesia (IAI) meminta pemerintah bijak dalam mengambil keputusan melarang sementara obat siropanak di Indonesia.

Hal ini terkait dengan 66 anak meninggal akibat gagal ginjal yang merebak di Gambia, Afrika. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghindari penggunaan parasetamol sirop.

"Kami dari IAI meminta lebih bijak dalam mengambil satu keputusan karena jangan sampai keputusan tersebut menimbulkan tantangan baru," ungkap Juru Bicara Dewan Pakar IAI Keri Lestari Dandan kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/10).

Keri menyebut pada akhirnya konsumsi obat beralih ke puyer. Padahal tidak semua obat bisa dijadikan obat puyer.

Karenanya, pemilihan bentuk sediaan obat, antara sirop atau puyer, tidak bisa disamaratakan.

"Ada juga faktor risiko dan benefit yang kami pertimbangkan. Contoh misalkan ada anak-anak dalam kondisi sulit menelan jika diberi puyer, maka harus diberi sirop. Nah, ada yang biasa konsumsi obat sirup tidak masalah. jadi tidak semua terdampak," imbuhnya.

Oleh karena itu, Keri mengatakan pihaknya sedang menyusun rekomendasi langkah bijak untuk menanggulangi risiko masalah ini. Apalagi, sejawat dokter Indonesia tidak mengklasifikasikan ini sebagai gagal ginjal, tapi anak dengan gangguan ginjal.

[Gambas:Video CNN]

Lebih lanjut, IAI masih menunggu penjelasan dari Kemenkes tentang kadar EG yang diperbolehkan dalam obat sirop.

Keri menjelaskan, berdasarkan USP 43 tahun 2020, EG diethylene glycol adalah bisa jadi cemaran dari gliserin, propilen glikol, dan polietilena glikol (PEG).

"Mungkin saja EG pada sediaan yang mengandung gliserin/propilen dan kurang dari sama dengan 0,1 persen masih ditolerir. Yang jadi masalah jika diatas itu. ada juga PEG tidak boleh lebih dari 0,25 persen. Jadi temuan tersebut pada kadar berapa," kata Keri.

Ia juga mengatakan pihaknya akan menelisik anak-anak yang mengalami gangguan ginjal tersebut. IAI akan mencari tahu makan dan obat apa saja yang dikonsumsi si anak.

"Jadi harus bijak. Karena kalau hanya satu obat, ini mudah melihatnya karena pengguna obat tersebut bakal terdampak. Tapi ini tidak. Jadi ada berbagai kemungkinan," tandasnya.

Kemenkes telah menginstruksikan agar apotek maupun tenaga kesehatan di Indonesia untuk sementara ini tidak menjual atau meresepkan obat bebas dalam bentuk cair atau sirop kepada masyarakat.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Prediksi 4 Negara Masih Kebal Resesi di 2023, Termasuk RI

Upaya itu dilakukan sebagai kewaspadaan atas temuan gangguan ginjal akut progresif atipikal yang mayoritas menyerang usia anak di Indonesia.

"Untuk sementara ini Kemenkes sudah mengambil langkah untuk menyelamatkan kasus yang lebih banyak, atau kematian yang berikutnya. Kita berhentikan sementara penggunaannya sampai selesai penelitian atau penelusuran kami," ujar Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril.

Syahril menjelaskan dari temuan 206 kasus yang berdasarkan laporan 20 provinsi di Indonesia, 99 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

(mrh/agt)

Di bawah pisau iblis

pondok777
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak pemerintah mengusut tuntas dari hulu ke hilir kasus masif gagal ginjal akut pada anak.
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak pemerintah mengusut tuntas dari hulu ke hilir kasus masif gagal ginjal akut pada anak. (CNN Indonesia/ Aria Ananda).
Jakarta, CNN Indonesia--

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak pemerintah mengusut tuntas dari hulu ke hilir kasus masif gagal ginjal akutpada anak.

Kasus tersebut diduga kuat karena dampak cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) pada obat sirop.

"YLKI mendesak usut tuntas kasus dari hulu hingga hilir. Dari pasokan bahan baku obat, proses produksi, hingga pemasaran," tulis akun Twitter resmi YLKI, @YLKI_ID, Senin (24/10).

Oleh karena itu, kata YLKI, hal yang rasional jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi kinerja Badan POM dalam hal pengawasan dan kebijakannya.

"Juga pengawasan oleh produsen dalam proses produksinya. Sebab, proses pembuatan obat mestinya mengacu pada aspek CPOB (cara pembuatan obat yang baik). Terjadinya cemaran itu juga membuktikan bahwa quality controldi internal manajemen produsen obat tidak dilakukan," imbuh YLKI.

YLKI juga mendesak ada intervensi oleh tim independen dari hulu hingga hilir. Hal ini dilakukan agar persoalan menjadi tuntas dan pihak mana saja yang harus bertanggung jawab, baik dari sisi perdata, pidana, dan administrasi.

[Gambas:Twitter]


"Pihak regulator, seperti Badan POM dan Kemenkes (Kementerian Kesehatan), dan juga dari sisi operator yakni produsen farmasi, semuanya harus bertanggung jawab," tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan pemerintah menginstruksikan penghentian sementara penjualan obat penurun panas sirop di seluruh apotek selama pelaksanaan investigasi risiko infeksi menyusul munculnya kasus gangguan ginjal akut pada anak.

Sejauh ini ada 245 kasus gagal ginjal akut yang tercatat oleh Kementerian Kesehatan. Sebanyak 141 pasien meninggal dunia.

Lihat Juga :
Philips Bakal PHK 4.000 Pekerja Buntut Penarikan Ventilator dari Pasar

Polri pun ikut mengusut dugaan pidana. Bareskrim Polri mengecek kandungan obat sirop yang diduga jadi penyebab utama penyakit gagal ginjal akut.

Sementara itu, Badan POM telah mengecek 102 obat yang digunakan para pasien gangguan ginjal akut. Hasilnya, 23 obat di antaranya dinyatakan aman dan dapat digunakan oleh masyarakat.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)