petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol cicilan termurah

rumus permainan slot pragmatic 723Jutaan kata 112441Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol cicilan termurah》

Jusuf Hamka Ungkap Pemerintah Cuma Mau Bayar Utang Kepadanya Rp78 M******

Pengusaha Jusuf Hamka mengungkapkan pemerintah cuma mau bayar utang kepadanya Rp78 miliar. Padahal ia mengklaim utang itu tembus Rp800 miliar.
Pengusaha Jusuf Hamka mengungkapkan pemerintah cuma mau bayar utang kepadanya Rp78 miliar. Padahal ia mengklaim utang itu tembus Rp800 miliar. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha Jusuf Hamka mengungkapkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) cuma mau bayar utangkepadanya Rp78 miliar.

Padahal, sebelumnya pria yang akrab disapa Babah Alun itu menagih utang pemerintah kepada PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) senilai Rp800 miliar.

Hal tersebut disampaikan setelah bertemu dengan perwakilan Kemenkeu dan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (13/12).

"Waktu itu juga negosiasi yang dari Rp400 miliar (2017) ke Rp179 miliar adalah denda 37,5 persen dan pokok Rp78 miliar. Sekarang cuman pokoknya saja tanpa denda sama sekali," ucap Jusuf.

Ia pun mengaku tak tahu secara rinci alasan pemerintah cuma mau bayar Rp78 miliar. Jusuf hanya menyampaikan angka itu yang diajukan pemerintah.

"Alasannya tadi mandatnya yang diterima cuma angka itu. lebih dari itu nggak bisa nanti akan dibicarakan lagi," katanya.

Terhadap putusan itu, ia pun mengaku belum mau menerima. Jusuf pun kemudian berharap pemerintah bisa adil dan berumah hati membayar utang.

Ia juga menyinggung pemerintah selalu tegas dalam menagih pajak kepada masyarakat. Namun, giliran membayar utang kepada rakyat malah molor.

"Bahkan tadi ada kata keluar kalau negara tidak mau bayar bisa apa? Ya nggak bisa apa apa, kita kan warga negara bukan negara," kata Jusuf.

Di sisi lain, ia juga mengungkapkan meski pemerintah cuma mau bayar Rp78 miliar saja, waktu pembayarannya pun masih belum jelas kapan. Menurutnya, masih jauh panggang dari pada api.

"Singkat aja kali ya, Belanda masih jauh. Hilalnya belum kelihatan," ujarnya.

CNNIndonesia.com sudah berupaya untuk minta tanggapan kepada Stafsus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo terkait pengakuan Jusuf Hamka tersebut. Namun yang bersangkutan enggan berkomentar jauh mengenai masalah itu.

"Sebaiknya ditanyakan Kemenko Polhukam karena ini dihandle Satgas BLBI bersama-sama," katanya.

Sengkarut utang piutang antara Jusuf dengan Kementerian Keuangan bermula dari deposito perusahaannya PT CMNP sebesar Rp78 miliar di Bank Yakin Makmur atau Bank Yama.

Utang itu belum dibayar sejak krisis moneter 1998, kala Bank Yama dilikuidasi pemerintah. Sejak saat itu, Jusuf mengaku tidak mendapatkan kembali uang depositonya.

Pemerintah berdalih CMNP terafiliasi dengan pemilik Bank Yama, yakni Siti Hardijanti Hastuti alias Tutut Soeharto yang masuk daftar pengutang BLBI.

Tak terima dengan dalih itu, pihaknya kemudian menggugat pemerintah ke pengadilan pada 2012 dan memenangkannya.

Lalu, ia dipanggil Kepala Biro Hukum Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat itu, yakni Indra Surya. Pemerintah mengakui utang tersebut dan berjanji akan membayar. Namun, Kemenkeu meminta diskon.

[Gambas:Video CNN]

Sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) yang dimenangkan Jusuf Hamka, negara harus membayar pokok utang tersebut beserta denda 2 persen per bulan. Itungan pada 2016 atau 2017 adalah Rp400 miliar, tetapi pemerintah hanya bersedia membayar Rp179 miliar.

"Waktu itu menterinya (menteri keuangan) Bambang Brodjonegoro kalau nggak salah, 2016 atau 2017. Disuruh buat kesepakatan. Pemerintah minta diskon, tercapailah angka Rp170 miliar (Rp179 miliar). Ya sudahlah saya pikir asal duitnya balik saja, tanda tangan perjanjian," ucapnya.

Lihat Juga :
Profil Tsamara Amany yang Diangkat Erick Thohir Jadi Staf Khusus

Dijanjikan dua minggu selesai, Jusuf menyebut utang tersebut malah diabaikan pemerintah bertahun-tahun. Sampai pada akhirnya Jusuf mengklaim utang pemerintah kepada dirinya hingga kini mencapai Rp800 miliar.

Dalam perjalanannya, Jusuf belakangan ini bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD untuk membahas nasib utang tersebut.

Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan pihaknya masih akan mempelajari dengan teliti dan hati-hati mengenai persoalan utang itu.

(mrh/agt)

Cerita Pelaku Jastip Raup Cuan Jutaan Rupiah dari Jakarta X Beauty******

Pelaku jasa titip (jastip) ikut meraup cuan dari acara Jakarta X Beauty yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (14/12).
Pelaku jasa titip (jastip) ikut meraup cuan dari acara Jakarta X Beauty yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (14/12). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pelaku jasa titip (jastip) ikut meraup cuan dari acara Jakarta X Beautyyang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (14/12).

Salah satunya, Nia, yang membuka jastip dengan mengumumkan lewat Instagram pribadinya mulai kemarin malam.

Ia memberitahu format bagi mereka yang ingin jastip seperti nama, nomor telepon, produk yang ingin dibeli, dan alamat pengiriman.

Ia mengatakan jumlah orang yang jastip bertambah saat sudah di lokasi karena ia akan membagikan foto dan video produk yang dijual dengan berbagai diskon.

"Kalau ditotal ini sampai 4 sore tadi aku close order ya soalnya udah sore juga itu aku tutup di 35 jastip," katanya.

Dari open jastip hari ini, ia memperkirakan meraup omzet Rp2 juta.

"Untuk omzet saya belum hitung ya tapi kisarannya sih bisa tembus Rp2 juta untuk hari ini soalnya jumlah produk yang nitip banyak," katanya.

Lihat Juga :
Jokowi soal Divestasi 10 Persen Saham Freeport: Menunggu PP

Biaya jastip yang ia kenakan sebesar Rp10 ribu per produk. Meski dikenakan biaya jastip, ia menilai konsumennya tetap untung karena harga produk yang dijual lebih murah dibandingkan dengan belanja di e-commerce.

Sementara untuk ongkos kirim dikenakan ke konsumen sesuai dengan alamat mereka masing-masing. Nia mengatakan produk yang diminati mayoritas produk kecantikan.

"Biasanya 1 customeritu bisa titip 3-5 produk. Karena kan sale-nya gede gede. Ya, jadinya mereka sekalian nitip itu banyak," katanya.

Sementara itu, pelaku open jastip lainnya, Yessica mengatakan ia baru memulai bisnis tersebut. Sehingga baru mendapatkan keuntungan Rp600 ribu per hari ini.

"Kalau biaya jastip variatif mulai dari Rp30 ribu sampai 10 persen dari harga barang," katanya.

Yessica menawarkan jastipnya melalui akun Instagram pribadinya serta membuat grup di Whatsapp untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen.

"Produknya ada skincare, makeup, body care, dan lain-lain. Untuk merek terlaris sih dari local brand Avoskin, Somethinc, dan Skintific," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Bos PII Tunggu Mandat Sri Mulyani Jamin Proyek Kereta Cepat Whoosh******

Direktur Utama PII Muhammad Wahid Sutopo masih menunggu mandat Menkeu Sri Mulyani untuk menjamin proyek kereta cepat Jakarta - Bandung Whoosh.
Direktur Utama PII Muhammad Wahid Sutopo masih menunggu mandat Menkeu Sri Mulyani untuk menjamin proyek kereta cepat Jakarta - Bandung Whoosh. Ilustrasi. (AFP/BAY ISMOYO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Muhammad Wahid Sutopo masih menunggu mandat Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menjamin proyek kereta cepat Jakarta - Bandung Whoosh.

Pria yang akrab disapa Topo itu menyebut saat ini PII sudah dilibatkan dalam pembahasan terkait rencana penjaminan. Ia mengatakan pembahasan melibatkan sejumlah stakeholder, antara lain Kemenkeu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku penerima pinjaman, dan pemberi pembiayaan.

"Nanti pada waktunya dimungkinkan dari Kemenkeu akan mengeluarkan penugasan kepada PII untuk bersama-sama melaksanakan skema penjaminan yang akan diberikan dan diperlukan untuk program kereta cepat (Whoosh) ini," tuturnya dalam Media Briefing di Aula DJKN, Jakarta Pusat, Jumat (8/12).

Kemampuan PT KAI selaku penerima pinjaman dalam penjaminan proyek Whoosh akan benar-benar diperhitungkan. Apakah perusahaan pelat merah ini bisa menunaikan kewajibannya tersebut.

"Sekarang antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk memanfaatkan kereta cepat. Kalau bisa kita jaga kelangsungannya, juga akan membantu proyek ini dapat memenuhi pengembalian pinjamannya," ucapnya.

"Dari sisi penjaminannya memang sudah dibuka di dalam perpres, ada penjaminan oleh Kemenkeu. Namun, nanti berapa yang akan dimandatkan kepada PII akan ditetapkan dalam keputusan menteri keuangan (KMK). Ini sekarang masih dalam proses, kami belum terima berapa alokasi penjaminan yang diberikan kepada PII," sambung Topo.

Akan tetapi, ia menekankan berapapun alokasi penjaminan yang akan diberikan kepada pihaknya pasti sudah mempertimbangkan kapasitas PII.

Bos PII itu menegaskan tak akan lagi minta tambahan modal. Topo menyebut pihaknya tak perlu penyertaan modal negara (PMN) baru untuk melaksanakan penugasan penjaminan proyek Whoosh.

"Jadi kami tidak akan minta tambahan lagi PMN ke Pak Mei (Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Meirijal Nur) karena berapapun yang diberikan sudah sesuai dengan apa yang ada di PII saat ini," tutupnya.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada akhirnya diperbolehkan menjamin pembengkakan biaya (cost overrun) proyek Whoosh.

Ini ditetapkan dalam PMK Nomor 89 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemberian Penjaminan Pemerintah untuk Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:cicil hp tanpa bunga

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
slot terpercaya
info link gacor hari ini
slot gacor 88
situs judi online gacor
uji4d
hotel 138 slot
slotqq88
member baru bonus 100
pinjaman online
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot gacor hari ini terpercaya
Bab 2 lama verifikasi kredivo
Bab 3 slot yang gacor pagi hari
Bab 4 agen 5000 slot
Bab 5 casino88
Bab 6 1121slot
Bab 7 pola lucky neko gacor
Bab 8 link slot yang bagus
Bab 9 qqmercy slot gacor
Bab 10 slot bonus new member 100 di awal to kecil
Bab 11 arena168
Bab 12 rtp megajp
Bab 13 erek2 67
Bab 14 suhu 168 slot
Bab 15 kuda55
Bab 16 kawan777
Bab 17 pinjol tanpa ojk 2022
Bab 18 slot yang paling gacor hari ini
Bab 19 bolagg
Bab 20 ini777
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9789bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

uap baja dan api

pinjol cair lewat e wallet
Apindo berjanji akan merilis daftar produk yang terafiliasi dengan Israel supaya aksi boikot yang dilakukan masyarakat tak salah sasaran dan merugikan RI.
Apindo berjanji akan merilis daftar produk yang terafiliasi dengan Israel supaya aksi boikot yang dilakukan masyarakat tak salah sasaran dan merugikan RI. (Arsip CNBC Indonesia TV).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani buka suara soal marak aksi boikotproduk yang disinyalir pro Israeldi Indonesia.

Pihaknya sejatinya mendukung aksi itu. Sebagai bentuk dukungan, Apindo akan merilis data produk apa saja yang memang terafiliasi dengan Israel.

"(Data) sedang kami siapkan supaya tidak ada konotasi yang salah. Ini kan kita tidak bisa salah informasi, kita harus menyadari. Kalau itu produk berkaitan Israel saya juga tidak akan mendukung," ucapnya di Jakarta, Selasa (28/11).

Dampak itu didapatkan Apindo setelah pihaknya turun ke lapangan. Ia mengatakan tidak ada produk buatan Indonesia yang mendukung Israel, tapi terkena dampak seruan itu.

Dampak salah satu contohnya terlihat dari produk Unilever yang ikut terkena boikot. Shinta  menyangkal Unilever terkait dengan Israel. 

Menurutnya, Unilever tidak mendukung atau berkaitan dengan Israel.

Dampak boikot, kata dia, cukup jauh. Sebab, itu menurunkan produksi perusahaan sehingga karyawan pun terancam mendapat pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Kenyataannya produk-produk ini bukan produk yang berkaitan dengan Israel. Nah itu yang perlu kami luruskan dulu," ujar Shinta.

"Kenyataannya yang kami lihat sebagian besar itu (yang kena boikot) produk-produk buatan Indonesia, jadi ini merugikan kita sendiri," kata Shinta.

Shinta sendiri mempertanyakan kenapa masyarakat bisa memboikot produk Indonesia. Padahal, produk tersebut tidak mendukung Israel.

Apalagi, kata Shinta, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga tidak pernah mengeluarkan secara resmi listproduk dari perusahaan mana saja yang dianggap mendung Israel.

"Jadi kasihan konsumen yang tak mengerti karena mereka pikir ini produk-produk yang berkaitan dengan Israel atau men-supportagresi Israel. Tidak ada yang supportagresi Israel," tegas Shinta.

Aksi boikot terhadap produk yang diduga terafiliasi dengan Israel mengemuka belakangan ini. Seruan muncul terkait agresi yang dilakukan Israel di Palestina sebulan belakangan ini.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Saya seorang raksasa

kerja online dapat uang langsung
Beli buah-buahan segar seperti semangka merah hemat banget di Transmart karena ada diskon 20 persen setiap hari!
Beli buah-buahan segar seperti semangka merah hemat banget di Transmart karena ada diskon 20 persen setiap hari! (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau beli buah semangka yang banyak buat stok di rumah? Nggak perlu nunggu gajian lagi deh, karena sekarang beli buah-buahan segar di Transmart pasti ada diskon terus sampai 20 persen setiap hari.

Syarat dapat semangka dengan harga murah di Transmart ini gampang, kamu cukup menjadi salah satu nasabah dari ketiga bank yang direkomendasikan, yaitu Allo Bank, Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Lihat Juga :
Transmart Banjir Promo Setiap Hari, Produk Segar Diskon 20 Persen!

Apabila pembayarannya tidak menggunakan Allo Prime, Kartu Kartu Kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah, pembelian semangka berlaku harga promo.

Yuk, segera downloadAllo Bank sekarang supaya bisa menggunakan Allo Prime untuk belanja buah-buahan segar di Transmart.

Cara lainnya bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap boothyang ada di gerai Transmart seluruh Indonesia.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Dianhuang

20 slot demo gratis
Mau belanja hemat dan banyak untungnya? Belanjanya di Transmart Full Day Sale aja ya, soalnya bertabur diskon yang bikin untung!
Mau belanja hemat dan banyak untungnya? Belanjanya di Transmart Full Day Sale aja ya, soalnya banyak diskon yang bikin untung! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau belanja hemat dan banyak untungnya? Belanjanya di Transmart Full Day Sale aja. Soalnya Transmart kasih diskon gede-gedean sampai 50 persen buat beragam produk terpilih.

Enggak cuma itu, masih ada diskon tambahan 20 persen! Ekstra diskon 20 persen tersebut bisa didapat khusus bagi pengguna Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Lihat Juga :
Jangan Lupa Belanja ke Transmart Besok, Ada Diskon 50% + 20% Menanti

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Kali ini Transmart Full Day Sale digelar selama dua hari, pada Sabtu (23/12) dan Minggu (24/12). Pesta diskon seharian ini berlaku dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat. Jadi jangan sampai kelewatan, ya!

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Cus nikmati belanja di Transmart bertabur diskon sekarang juga!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Orang yang paling berkuasa sepanjang masa

situs gacor hari ini slot
Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Johar Baru, Jakarta dan mendapati harga cabai yang cukup tinggi atau Rp120 ribu per kilogram.
Mendag Zulkifli Hasan usai melakukan pemantauan harga bahan pokok Pasar di Jakarta. (Foto: Arsip PAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Johar Baru, Jakarta. Hasilnya ia mendapati harga cabai yang cukup tinggi atau Rp120 ribu per kilogram.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) pun membandingkan harga cabai di Pasar Baru Gresik, Jawa Timur, yang lebih rendah. Menurut dia, hal ini terjadi karena lokasinya dekat dengan petani, Pasar Johar Baru jauh. Sehingga ada tambahan biaya pengiriman yang mengakibatkan harga cabai mahal

Guna mengatasi masalah ini, Zulhas meminta pemerintah daerah memberi subsidi biaya pengiriman, sehingga harga cabai bisa ditekan.

"Cabai Rp 100 ribu-Rp 120 per kg. Telur Rp 28 ribu-Rp 29 ribu, masih menjadi apa yang ketentuan kita. Sebetulnya Rp 28 ribu-Rp 29 ribu harga patokan, kalau Rp 26 ribu, petelur rugi," ujar Zulhas.

"Ayam juga kalau Rp 32 ribu itu rugi. Jadi semua masih stabil, beras juga stabil tapi tinggi," jelasnya.

Sebagai informasi, Zulhas sebelumnya juga melakukan pemantauan harga bahan pokok di sejumlah pasar di Indonesia, mulai dari Gresik, Bogor, hingga Jakarta. Pemantan dilakukan untuk melihat stabilitas harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru.

(inh/inh)

Cang Lei Zhi Yu

prediksi angka jitu sydney hari ini
Aplikasi biro perjalanan daring (OTA) Pegipegi resmi tutup per 11 Desember 2023 kemarin. Hal ini diumumkan langsung di situs resmi mereka.
Aplikasi biro perjalanan daring (OTA) Pegipegi resmi tutup per 11 Desember 2023 kemarin. Hal ini diumumkan langsung di situs resmi mereka. (Tangkapan layar web pegipegi.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Aplikasi biro perjalanan daring (OTA) Pegipegi menghentikan operasinya per Senin (11/12) kemarin. Hal ini diumumkan langsung di situs resmi mereka.

Perusahaan menyampaikan berita penutupan setelah hampir 12 tahun menjadi teman travel masyarakat Tanah Air.

Lihat Juga :
Pegipegi Jamin Pesanan Tiket Masih Berlaku Meski Sudah Tutup Operasi
Lihat Juga :
ANALISISTikTok Shop Comeback, Bagaimana Nasib UMKM Lokal?

Sementara, bagi pelanggan yang ingin melakukan refundatau permintaan dana kembali, pergantian jadwal atau reschedule maupun komplain diarahkan untuk menyampaikan melalui email ke [email protected].

"Pegipegi ingin berterima kasih sebesar besarnya untuk kamu para pelanggan setia Pegipegi yang telah menjadikan Pegipegi sebagai teman perjalananmu selama ini."

Berdasarkan pantauan, CNNIndonesia sudah tidak bisa lagi mengakses situs Pegipegi untuk melihat menu lainnya, selain surat terbuka ucapan perpisahan penutupan.

Pegipegi menjadi salah satu korban yang tak mampu bertahan di tengah sengitnya persaingan di dunia startup. Sebelumnya, penutupan sudah lebih dulu dilakukan oleh Airy Room hingga CoHive.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Kaisar zombie di hari-hari terakhir

whiteslots
IHSG ditutup melemah ke level 7.087 pada Rabu (6/12) sore, usai 355 saham terkapar.
IHSG ditutup melemah ke level 7.087 pada Rabu (6/12) sore, usai 355 saham terkapar. (Foto: cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks hargasahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.087 pada Rabu (6/12) sore. Indeks saham melemah 13,45 poin atau 0,19 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp16,45 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 44,14 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 221 saham menguat, 355 saham terkoreksi, dan 191 saham lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, mayoritas bursa saham Asia terpantau kompak bergerak di zona hijau.

Tercatat indeks Hang Seng Composite di Hong Kong menguat 0,88 persen, indeks Straits Times di Singapura menguat 0,12 persen, dan indeks Nikkei 225 di Jepang plus 2,04 persen.

Senada, bursa saham Eropa pun terpantau kompak menguat. Tercatat indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,14 persen dan indeks DAX di Jerman plus 0,18 persen.

Sebaliknya, bursa Amerika terpantau melemah. Indeks S&P 500 melemah 0,06 persen, indeks NASDAQ Composite minus 0,54 persen, dan indeks Dow Jones minus 0,89 persen.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)