petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bobaslot

situs slot 100 574Jutaan kata 131808Orang-orang telah membaca serialisasi

《bobaslot》

Kata Pengamat soal APBN Jadi Jaminan Utang Kereta Cepat******

Ekonom menilai negara menanggung risiko dari keputusan menjadi APBN sebagai jaminan utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Ekonom menilai negara menanggung risiko dari keputusan menjadi APBN sebagai jaminan utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Keuangan Sri Mulyanimemastikan pemerintah memberikan penjaminan pinjaman untuk proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB).

Komitmen itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemberian Penjaminan Pemerintah untuk Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung.

Beleid diteken Sri Mulyani pada 31 Agustus lalu. Beleid mengatur soal penyediaan jaminan pemerintah bagi pencarian pendanaan dalam rangka menutup kenaikan atau perubahan biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Jaminan diberikan dengan mempertimbangkan berbagai prinsip.

"Kemampuan keuangan negara, kesinambungan fiskal dan pengelolaan risiko fiskal," kata beleid itu.

Sri Mulyani mengatakan penjaminan proyek KCJB diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2021. Penjaminan diberikan karena terjadi pembengkakan biaya proyek yang memicu lahirnya pinjaman tambahan.

Lihat Juga :
OBITUARISoebronto Laras, Sosok Pengusaha dan Tokoh Otomotif Indonesia

Biaya pembangunan KCJB memang membengkak. Dalam proposal penawaran yang disampaikan pemerintah China ke Indonesia pada 2015 lalu, Negeri Tirai Bambu menawarkan biaya pembangunan proyek hanya US,13 miliar.

Namun, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan biaya itu kemudian bengkak US,2 miliar atau sekitar Rp18,24 triliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS).

PMK Nomor 89 Tahun 2023 tadi pun sempat ramai dikritik karena disinyalir pemerintah menggadaikan APBN. Namun, hal ini ditepis oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo.

Menurut Prastowo, PMK Nomor 89 Tahun 2023 hanya penjaminan biasa. Ia mengatakan pemerintah sudah biasa memberikan penjaminan proyek infrastruktur.

Lihat Juga :
Daftar Direksi dan Komisaris Baru PLN Usai Agus Martowardojo Masuk

"Lalu masalahnya di mana? Tidak ada. Selama ini dijamin aman karena tata kelola dan manajemen risiko sangat dijaga. Yang bermasalah itu pikiran jorok, seolah APBN digadaikan ke China!," kata Yustinus dalam akun twitternya @prastow, Selasa (19/9).

Ia menjelaskan pemerintah memberikan penjaminan kepada PT Kereta Api Indonesia atau KAI sebagai pemegang saham mayoritas KCJB agar dapat meningkatkan reputasinya ke pemberi pinjaman. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman terhadap proyek KCJB.

"Jelas ya, yang meminjam PT KAI ke kreditur, bukan pemerintah, apalagi seolah APBN langsung digunakan," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menjelaskan sebenarnya keterlibatan APBN dalam proyek KCJB ini sebagai jaminan jika PT KAI di kemudian hari akan melakukan pinjaman.

Lihat Juga :
Profil Sofiah Balfas, Direktur Bukaka Tersangka Baru Korupsi Tol MBZ

"Sehingga APBN di sini seperti semacam letter of guaranteeyang kemudian seharusnya bisa menekan cost of borrowing ketika kemudian kereta api cepat membutuhkan pendanaan di kemudian hari," katanya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/9).

Meski demikian, kata Yusuf, keterlibatan APBN akhirnya memunculkan kontijensi risk yang kemudian bisa muncul dari proyek KCJB.

Memang, APBN tidak serta merta menalangi kebutuhan dana yang semisal dibutuhkan dalam perjalanan operasional kereta api cepat ini. Namun, hal ini tidak menutup fakta bahwa ada risiko kontingensi yang kemudian harus ditanggung oleh APBN dari kesepakatan ataupun kebijakan ini.

Oleh karena, menurut Yusuf sebenarnya perlu yang dipastikan adalah skenario-skenario operasional dari KCJB perlu dipastikan berjalan sesuai dengan rencana.

Lihat Juga :
The Fed Putuskan Tahan Suku Bunga Bulan Ini

"Misal di sisi target penumpang, apakah kemudian target penumpang per hari per bulan ataupun per tahun itu mencapai sesuai proyeksi sebelumnya," kata Yusuf.

"Kalaupun misalnya tidak tercapai apa bentuk mitigasinya? Bentuk mitigasi inilah yang juga akan berkorelasi terhadap risiko yang muncul dari kebijakan ini," sambungnya.

Yusuf juga menyebut KCJB akan berpotensi meningkat kinerja perekonomian di daerah yang terdapat stasiun. Pada muaranya ketika meningkatkan perekonomian akan berpotensi memunculkan titik-titik ekonomi baru.

Nah, titik-titik ekonomi baru inilah yang kemudian perlu dipantau. Apakah dia bisa berjalan sesuai dengan proyeksi atau tidak.

"Karena sama seperti argumen penumpang di atas, ini akan juga berkorelasi dengan risiko yang bisa muncul dalam operasional kereta api cepat ini sehingga mitigasi yang handal akan mengurangi risiko yang kemudian bisa muncul ke APBN melalui kebijakan ini," jelas Yusuf.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Tekanan China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Tak Penuhi Standar Laik Fungsi, Stadion Kanjuruhan Akan Direnovasi******

Pemerintah akan merenovasi Stadion Kanjuruhan di Malang. Total anggaran yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut mencapai Rp322 miliar.
Pemerintah akan merenovasi Stadion Kanjuruhan di Malang. Total anggaran yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut mencapai Rp322 miliar. (AP/Hendra Permana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah akan merenovasi Stadion Kanjuruhan di Malang. Total anggaran yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut mencapai Rp322 miliar.

Pemerintah sudah menunjuk PT Waskita Karya (Persero) untuk melaksanakan kegiatan tersebut. 

Director Of Operation I & QSHE Waskita I Ketut Pasek Senjaya Putra mengatakan renovasi diputuskan setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengevaluasi bangunan Stadion Kanjuruhan.

Pasek menyebut renovasi Stadion Kanjuruhan berfokus pada pondasi bangunan. Renovasi membutuhkan waktu 16 bulan dan ditargetkan selesai 2024 mendatang.

Dengan renovasi, Stadion Kanjuruhan yang memiliki lahan sebesar 21,5 hektar dan luas bangunan 3,4 hektar nantinya akan didesain untuk menampung 21.734 orang yang terbagi menjadi VVIP Sofa untuk delapan orang dan 100 kursi lainnya, VIP sebanyak 2.560 orang, dan 18.918 penonton untuk kelas Ekonomi.

Kemudian penambahan tribun media tanpa meja untuk 88 orang da tribun dengan meja untuk 54 orang.

"Selain itu nantinya akan dibangun trackatletik dan gym serta stadion ini juga dapat difungsikan untuk acara non olahraga seperti konser musik dan pertunjukan komersial lainnya," tambah Pasek.

Pasek menyebut prioritas dalam renovasi Stadion Kanjuruhan yaitu mendesain pagar perieter, struktur memenuhi SLF, pintu dan tangga untuk fasilitas penonton, fasilitas pemain dan FOP, renovasi atap eksisting, fasade dan MEP.

Dalam mengerjakan setiap proyek termasuk Stadion Kanjuruhan, Waskita akan mengimplementasikan building information modeling atau BIM yang dapat membuat pekerjaan selesai lebih cepat dengan kualitas yang baik. Selain itu, Waskita juga memberdayakan pekerja lokal.

"Perseroan berkomitmen untuk menyelesaikan proyek renovasi Stadion Kanjuruhan dengan standar QSHE tinggi dan mutu terbaik serta terus melakukan tata kelola yang baik" kata Pasek.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Luhut Respons Kritik Masalah LRT: Semua Butuh Waktu******

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan angkat suara soal berbagai masalah yang ada selama pengoperasian LRT Jabodebek.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan angkat suara soal berbagai masalah yang ada selama pengoperasian LRT Jabodebek.( REUTERS/STAFF)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan angkat suara soal berbagai masalah yang ada selama pengoperasian LRT Jabodebek.

Luhut mengklaim sederet masalah yang ada selama tahap awal operasi merupakan hal yang wajar. Menurutnya hal yang sama juga terjadi saat negara lain mulai menerapkan alat transportasi baru.

"Ini kan yang buat anak bangsa baru pertama kali dibuat. Dulu China, kemudian Jepang, apa tidak alami seperti ini? Ya ngalamilah," ujarnya kepada wartawan di Istana Negara, Jumat (1/9).

Diketahui jadwal perjalanan (headway) LRT berkisar antara 8-12 menit. Sementara itu pemerintah ingin menurunkan menjadi 4 menit agar lebih cepat dan masyarakat tidak menunggu lama di satu stasiun.

Kendati demikian, Luhut menekankan seluruh perbaikan itu membutuhkan butuh waktu dan proses. Setidaknya beberapa bulan ke depan sampai nanti operasi LRT berjalan sempurna.

"Jadi nggak usah terlalu ribut, bilang ini begini, begitu, semua butuh waktu, orang kawin saja butuh waktu kok," jelasnya.

Sebelumnya Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan jajarannya terus melakukan evaluasi bersama seluruh stakeholder. Semua permasalahan yang terjadi saat pengoperasian LRT pun langsung ditindaklanjuti.

Lihat Juga :
Menhub Tanggapi Kritik DPR Soal LRT Jabodebek yang Tak Sampai Bogor

"Beberapa gangguan sarana yang terjadi telah langsung ditindaklanjuti oleh teman-teman dari INKA yang saat ini masih bertanggung jawab terhadap maintenance operasional sarana nya," tuturnya kepada CNNIndonesia.com.

Berikut sejumlah permasalahan LRT Jabodebek yang terjadi setelah beroperasi selama beberapa hari ini:

1. AC Mati

Beberapa hari setelah LRT Jabodebek beroperasi, penumpang mengeluh terkait pendingin ruangan (AC) yang tak berfungsi atau mati. Hal tersebut terjadi pada Rabu (30/8) pagi.

Pihak LRT mengatakan hal tersebut bukan karena AC rusak, melainkan ada masalah di sistem listrik yang drop.

2. Tutup Pintu Kereta Tak Sinkron

Beberapa penumpang juga mengeluhkan mengenai pintu kereta LRT Jabodebek yang tidak sinkron saat menutup. Masalah itu sampai mengganggu perjalanan sehingga terjadi keterlambatan.

Pihak LRT mengatakan hal tersebut terjadi karena permasalahan dari kereta yang memang didesain menggunakan sensor. Sehingga, kendala gangguan teknis masih kerap terjadi.

Lihat Juga :
Luhut Bersuara Soal Sederet Masalah LRT Usai Beroperasi

3. Rute Tak Sesuai Pengumuman

Permasalahan LRT Jabodebek yang paling baru terjadi adalah pengumuman tak sesuai dengan rute.

Penumpang yang tengah menunggu Stasiun Dukuh Atas ramai-ramai kena prank. Kereta yang diumumkan akan menuju Stasiun Jati Mulya, Bekasi ternyata menuju Stasiun Harjamukti, Cibubur.

"Tadi katanya ke Cibubur sudah habis. Jadi ini katanya memang ke Jatimulya," kata Doni salah satu penumpang seperti dikutip dari detikcom, Jakarta, Kamis (31/8).

(tfq/chs)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:baywin88

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
daftar pinjol ilegal agustus 2022
pokerqq777
jam gacor pragmatic
slot neko
kumpulan situs judi slot online terpercaya 2022
asianabet
tabel angka jitu semua pasaran
prediksi togel jitu hari ini
pola dan jam gacor olympus hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 bahasa slot88
Bab 2 indowin168
Bab 3 suletoto
Bab 4 situs 666 slot
Bab 5 rajaasia88
Bab 6 angsuran kredivo 5 juta
Bab 7 situs link gacor
Bab 8 tafsir mimpi ikan togel
Bab 9 pedro4d
Bab 10 google gimana cara dapat uang banyak
Bab 11 piala slot
Bab 12 situs tergacor maxwin
Bab 13 gacor slot 168 login
Bab 14 pola gacor athena hari ini
Bab 15 slotbet888
Bab 16 slot lagi bagus
Bab 17 erek buaya
Bab 18 bo slot gacor mudah maxwin
Bab 19 sistem kredit di shopee
Bab 20 wak togel
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8531bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Bintang besar yang paling mempesona

slot yakin maxwin
PT KCIC menyebut kebakaran yang terjadi di kantor mereka bermula dari percikan api di atap peron pada Senin 00.30. Api sudah dipadamkan.
PT KCIC menyebut kebakaran yang terjadi di kantor mereka bermula dari percikan api di atap peron pada Senin 00.30. Api sudah dipadamkan. Ilustrasi kebakaran. iStockphoto/sankai).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta CepatIndonesia Coba (KCIC) mengungkapkan kronologi kebakaranyang melanda Kantor KCIC pada Senin (11/9).

GM Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan kebakaran bermula dari percikan api yang muncul pada pukul 00.30. Percikan terjadi di sisi atap peron timur di bagian lapisan atas proteksi atap. 

Setelah mengetahui adanya percikan api, Eva menambahkan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur. 

Eva menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Ia juga memastikan saat ini kondisi Stasiun Halim dalam kondisi aman. Bagian bangunan stasiun juga dalam kondisi baik dan dapat berfungsi maksimal. 

"KCIC juga akan terus berkoordinasi dengan pihak kontraktor untuk memastikan keselamatan dan keamanan proyek kereta api cepat relasi Jakarta-Bandung," katanya.

Sementara itu, Kasie Operasional Sudin Gulkarmat Jaktim Gatot Sulaeman mengatakan hingga pagi ini pihaknya masih melakukan pengecekan terkait objek mana yang terbakar.

"Yang terbakar itu lapisan pelindung atap dengan panjang sekitar 20 meter. Sekarang masih pengecekan. Unit masih 'standby' di lokasi," kata Gatot seperti dikutip dari Antara.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Detektif Kecil dan Pangeran

cara main domino gaple agar menang terus
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (4/9) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (4/9) ini. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Senin (4/9) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham menunjukkan potensi bullish.

"Berdasarkan indikator MACD (Moving Average Convergence Divergence) menandakan momentum bullish," ujar Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya juga melihat IHSG bakal bergerak menguat pada hari ini, namun terbatas.

William menilai hal ini dikarenakan nilai tukar rupiah yang berfluktuasi dan masih terjadinya outflow yang baka menjadi sentimen yang membayangi pergerakan IHSG.

"Awal bulan ke sembilan yang juga masih merupakan awal pekan, pola gerak IHSG masih diwarnai oleh potensi kenaikan terbatas," jelasnya.

Lihat Juga :
Perusahaan Malaysia Siap Bangun 20 Tower Apartemen di IKN

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 6.889 dan resistance 7.088 hari ini. William merekomendasikan sejumlah saham, yakni BBCA, AALI, GGRM, BMRI, ITMG, JSMR, AKRA, dan ASII.

IHSG ditutup di level 6.977 pada Jumat (1/9) sore. Indeks saham menguat 24,39 poin atau 0,35 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8,58 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,16 miliar saham.

Pada penutupan kemarin, 251 saham menguat, 275 terkoreksi, dan 225 lainnya stagnan. Terpantau, enam dari 11 indeks sektoral melemah dipimpin oleh sektor transportasi, yakni minus 2,53 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Dewa Gila Pedang Terbalik

link slot terbaru 2022
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas menjamin penyaluran bantuan sosial (bansos) beras bebas dari mafia.
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas menjamin penyaluran bantuan sosial (bansos) beras bebas dari mafia. (CNN Indonesia/ Aria Ananda).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama Perum BulogBudi Waseso alias Buwas menjamin penyaluran bantuan sosial (bansosberasbebas dari mafia.

Jaminan ia berikan karena memang penyaluran 10 kilogram (kg) beras per bulan itu akan diawasi oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan.

"Nanti tugasnya Satgas Pangan, saya sudah koordinasi dengan Satgas Pangan," kata Buwas di Gudang Bulog, Jakarta Utara, Senin (11/9).

"Itu yang bertanggung jawab kontrol pasar juga harus menandatangani, mereka bertanggung jawab untuk ikut mengendalikan dan mengawasi," ucap Buwas.

Bansos beras sendiri dibagikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai hari ini. Bansos itu dibagikan kepada 21,35 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Setiap KPM menerima sebanyak 10 kg per bulan atau 30 kg selama tiga bulan.

Jokowi menyebut kebijakan itu ditempuh demi meredam inflasi. Maklum, beras merupakan komoditas utama pendorong inflasi.

Apalagi, harga beras sudah naik sekitar 5-6 persen di Agustus kemarin.

"Ini semi operasi pasar, sehingga setiap bulan keluar 210 ribu ton, selama 3 bulan akan terus kita berikan bantuan pangan lewat beras kepada 21,3 juta KPM," tutur Jokowi dalam pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi 2023 di Istana Negara, Kamis (31/8) lalu.

Adapun total anggaran untuk bansos beras ini mencapai Rp8 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Catatan Gadis Emas

slot online situs judi slot terbaik dan terpercaya no 1
Kementerian PUPR menyebut pembangunan istana presiden dan gedung pemerintah di IKN sudah 46 persen. Karena itu mereka pede Upacara HUT RI 2024 bisa di IKN.
Kementerian PUPR menyebut pembangunan istana presiden dan gedung pemerintah di IKN sudah 46 persen. Karena itu mereka pede Upacara HUT RI 2024 bisa di IKN. Ilustrasi proyek IKN. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) menyampaikan bahwa pembangunan istana presiden dan gedung pemerintahan di Ibukota Nusantara (IKN) selesai sebelum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia 2024.

"Saat ini progres pembangunan Istana presiden RI dan gedung-gedung pemerintahan untuk batch satu sudah mencapai 46 persen lebih," kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah Selasa (12/9) seperti dikutip dari Antara.

Begitu juga dengan pembangunan gedung-gedung pemerintahan lainnya seperti empat gedung kementerian koordinator, yang juga ditargetkan rampung sebelum 17 Agustus 2024.

Sedangkan, realisasi pembangunan gedung kantor Presiden sebesar 27, 525 persen, penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tahap II mencapai 92,250 persen,

Sementara itu, pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator satu 12,78 persen, kementerian koordinator tiga 10,429 persen dan kementerian koordinator empat 15,135 persen.

Presiden Jokowi mengatakan upacara detik-detik Proklamasi HUT RI ke-79 akan mulai dilakukan di IKN Nusantara Kalimantan Timur.

"Insya Allah. Tahun depan sudah di IKN. Kita lihat nanti," kata presiden.

[Gambas:Video CNN]



(Antara/agt)

Ada cara yang tepat untuk mengejar suami Anda

daftar gacor
Mendag Zulkifli Hasan tak ingin terburu-buru dalam menerbitkan revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang ketentuan perdagangan melalui sistem elektronik.
Mendag Zulkifli Hasan tak ingin terburu-buru dalam menerbitkan revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang ketentuan perdagangan melalui sistem elektronik. (CNN Indonesia/Panji Septo).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan tak ingin terburu-buru dalam menerbitkan revisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 (Permendag 50/2020) tentang ketentuan perdagangan melalui sistem elektronik.

"Ini bukan soal lama dan cepat, ini kan soal yang bagus ya dan akan melibatkan seluruh kementerian terkait," ujar Zulkifli seusai mengunjungi Gudang Ekspor Shopee di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu (30/8).

Saat ini, Permendag 50/2020 masih dalam tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM. Dalam penyusunan beleid itu, pihaknya banyak masukan dari berbagai pelaku usaha, lokapasar, dan asosiasi terkait.

"Jangan sampai jadi baru dua minggu, diubah lagi. Oleh karena itu, kami beri kesempatan juga kepada e-commerce untuk memberikan masukan-masukan," terangnya.

Revisi beleid itu bertujuan untuk melindungi pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang terdampak penjualan produk-produk luar negeri di social commerce dengan harga sangat murah.

Beberapa revisi yang diusulkan, pertama, penjualan produk lokapasar dan platform digital atau social commerce harus melalui izin dan pengenaan pajak yang sama.

Lihat Juga :
ANALISISMenakar Taji Syarat Baru Subsidi Dorong Minat Beli Motor Listrik

Platform digital tidak diperbolehkan menjadi produsen atau menghasilkan barangnya sendiri. Sebagai contoh, social commerceseperti TikTok Shop dilarang untuk membawa barangnya langsung dari negara afiliasinya.

Usulan kedua, harga minimum barang impor sebesar US0. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya produk-produk dengan harga sangat murah yang dapat mengganggu keberlanjutan UMKM dalam negeri.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki sebelumnya mengatakan Indonesia harus segera membuat regulasi yang mengatur perdagangan digital sebelum banyak pelaku UMKM yang gulung tikar.

Ia menilai, jika tidak diatur, masuknya produk impor dengan harga miring akan sangat berdampak pada penjualan UMKM lokal.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/dzu)

Aku, si penjelajah bayangan

cnnslots
Saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) masuk dalam radar pantauan Bursa Efek Indonesia (BEI).
Saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) masuk dalam radar pantauan Bursa Efek Indonesia (BEI). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Saham PT Amman MineralInternasional Tbk (AMMN) masuk dalam radar pantauan Bursa Efek Indonesia(BEI).

Mengutip surat pengumuman yang tertera di website resmi keterbukaan, Senin (11/9), BEI mengeluarkan peringatan ke AMMN karena harga saham yang naik di luar kebiasaan atau unusual market activity (UMA).

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham AMMN yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity). Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang- undangan di bidang pasar modal," ungkap BEI.

"Sehubungan dengan terjadinya Unusual Market Activity atas saham AMMN tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini."

Dengan pengumuman itu, maka para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa.



Selain itu, investor juga perlu mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

Kemudian, mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS, dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Adapun pada 11 Agustus 2023 saham Amman berada di level 3.000, sedangkan per 11 September 2023 saham perusahaan tersebut berada di level 5.625.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)