petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

nagagg

buku mimpi uang 2d 266Jutaan kata 871008Orang-orang telah membaca serialisasi

《nagagg》

Grup 1 Kopassus adakan donor darah peringati HUT Ke******

Grup 1 Kopassus adakan donor darah peringati HUT Ke-78 Persit KCK
Grup 1 Kopassus menggelar donor darah memperingati HUT ke 78 Persit Kartika Chandra Kirana Cabang II Grup 1 Pengurus Cabang BS Kopassus di Balai Baladika, Serang, Banten, Jumat (1/3).  (ANTARA/HO-Dokumen Kopassus)
Serang (ANTARA) - Grup 1 Kopassus mengadakan donor darah untuk memperingati HUT ke 78 Persit Kartika Chandra Kirana Cabang II Grup 1 Pengurus Cabang BS Kopassus di Balai Baladhika, Serang, Banten, Jumat.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang II Grup 1 Pengurus Cabang BS Kopassus Ny. Ayu Irfan, di Serang, Banten, Jumat, mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan momentum yang tepat untuk menebar kebaikan dengan meningkatkan aksi kemanusiaan yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.
 "Donor darah ini juga bertujuan untuk memenuhi stok darah di PMI Kota Serang,” katanya. Selain itu, kegiatan donor darah itu juga bertujuan untuk membantu PMI dalam menyalurkan darah bagi pasien yang membutuhkan. “Kita patut bersyukur karena kita sampai saat ini masih diberi kesehatan. Tidak ada salahnya kita yang dalam keadaan sehat ini menyumbangkan darah lewat PMI karena sekantong darah yg kita sumbangkan sangatlah berarti bagi yang membutuhkan " katanya. Ia mengatakan kegiatan donor darah pada peringatan HUT ke-78 Kartika Chandra Kirana ini diikuti oleh pengurus dan anggota Persit serta Prajurit dan juga Instansi dari berbagai elemen dan tidak terlepas dari peran serta warga binaan Grup 1 Kopassus. Selain itu, kegiatan donor darah ini juga bekerjasama dengan UTD Palang Merah Indonesi (PMI) Kabupaten Serang dan Dinas Kesehatan setempat sehingga kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024

15 Investor Groundbreaking Proyek Baru di IKN Januari******

Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investor bakal melakukan groundbreaking proyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang.
Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investor bakal melakukan groundbreaking proyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investorbakal melakukan groundbreakingproyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan hal tersebut menandakan bawah pemerintah bakal terus mempercepat pembangunan IKN di tahun depan.

"Sebagian di antaranya bahkan Desember ini tadinya mau groundbreaking, tapi dengan waktu terbatas mereka (investor) akhirnya bersiap di Januari hingga Februari (2024)," ucap Agung dalam acara media briefing, Jumat (29/12).

Lalu, Yayasan Arsari membangun Pulau Suaka Orang Utan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membangun gedung kantor, Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) membangun gedung kantor, dan BPJS Kesehatan membangun gedung kantor.

Lalu, PT PLN (Persero) membangun gedung kantor, Bank Mandiri membangun perkantoran/bank, Jambuluwuk membangun hotel, RGE (Royal Golden Eagle) Group membangun hotel bintang 5, dan Indogrosir membangun bangunan multi fungsi.

Kemudian, Ciputra Group membangun hunian hijau, hotel, dan lapangan golf, Bank BCA membangun perkantoran/bank, GGS Interiors membangunshowroom furniture, Ninar Primera membangun kawasan pergudangan, dan Grand Lucky membangun bangunan multi fungsi.

Meski demikian, Agung belum bisa membocorkan berapa nilai investasi dari 15 investor tersebut.

"Groundbreaking saya belum bisa sebut nilainya, tapi jumlah perusahaannya ada 15," kata dia.

Lebih lanjut, Agung mengatakan China dan Malaysia ikut seleksi tender pembangunan 166 tower dan rumah tapak di IKN dengan skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU). Rinciannya, China diwakili oleh CITIC Limited dan Malaysia Maxim serta IJM Corporation Berhad.

CITC Construction rencananya akan membangun 60 tower. Sementara, Maxim 10 tower dan IJM 20 tower.

Adapun sisanya akan dibangun oleh empat perusahaan dalam negeri, yakni Summarecon, Trinitiland, PT Nindya Karya, dan Intiland. Keseluruhan proyek ini memiliki indikasi nilai capex sebesar Rp55 triliun.

"Mereka harus dievaluasi feasibility study, kemudian nanti dilakukan tender untuk kemudian ditetapkan mana yang terbaik. Baru kemudian ada perjanjian yang dibangun," jelas Agung.

Agung menyebut perusahaan asing yang ikut seleksi tender itu saat ini sedang dalam tahap evaluasi feasibility study. Jika proses itu lolos, mereka bisa menjadi tender.

"Jadi mereka berkompetisi, dipilih supaya kita mendapat hasil yang terbaik," tutur Agung.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Agung juga mengatakan saat ini ada enam negara yang telah menyatakan minat atauLetter of Intent (LOI)untuk mendukung pembangunan smart city di IKN.

Keenam negara itu yakni Korea Selatan, Amerika Serikat, Prancis, China, Jerman, dan Finlandia.

Terlepas dari itu semua, Agung mengatakan pihaknya berhasil merealisasikan komitmen investasi senilai Rp41 triliun dalam pembangunan IKN sepanjang 2023.

Total pendanaan non-APBN itu berasal dari 23 investor domestik alias dalam negeri.

Agung menuturkan masuknya 23 investor itu ditandai dengan pelaksanaan tiga rangkaian groundbreakingsejak September hingga Desember 2023 ini.

Ia menyebut tahap pertama ada empat investor masuk IKN, kemudian pada tahap kedua ada sembilan investor, dan pada tahap ketiga ada 10 investor.

"Dari investasi IKN ada 23 investor dan kita sebut mereka investor pelopor, pionir yang melaksanakan groundbreaking, total investasi senilai Rp41 triliun," ucap Agung.

Lihat Juga :
Luhut Sebut Ada Indikasi Pelanggaran SOP di Ledakan Smelter PT ITSS

Lebih rinci, keempat investor yang masuk dalam tahap pertama ini adalah Yayasan Innopark, RS Abdi Waluyo, PSSI, dan Konsorsium Nusantara (terdiri dari Agung Sedayu Group, Adaro, Sinarmas, Pulau Intan, Salim Group, Astra, Mulia Group, Barito Pacific, Kawan Lama Group, dan Alfamart) dengan total investasi sebesar Rp23,1 triliun.

Lalu, investasi kedua yang masuk melalui groundbreakingpada November 2023 berasal dari RS Hermina, Pakuwon Group, Jakarta Intercultural School (JIS), Mayapada Hospital, Astra International, Kementerian Perhubungan, BPJS Ketenagakerjaan, Bank Indonesia (BI), dan PT PLN (Persero) dengan total nilai investasi sebesar Rp13,1 triliun.

Kemudian, investasi yang masuk IKN melalui groundbreaking pada Desember 2023 adalah Aqua, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, The Pakubuwono Development, Wulandari Bangun Laksana, Balikpapan Super Block, BSH, Bluebird, Polri dan TNI dengan total nilai Rp5,9 triliun.

(mrh/agt)

Daftar Proyek Jokowi yang Ditinggalkan Investor Asing******

Sejumlah investor meninggalkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Sejumlah investor meninggalkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Daftar Isi
  • 1. Proyek Gasifikasi Batu Bara
  • 2. Proyek Gas Laut Dalam
  • 3. Proyek Gas Abadi
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah investormeninggalkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sektor yang paling banyak ditinggalkan adalah minyak dan gas bumi (migas).

Adapun daftar PSN yang ditetapkan tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Kemudian direvisi menjadi Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020.

Hingga akhirnya dituangkan dalam Peraturan Menteri Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga atas Permenko Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

1. Proyek Gasifikasi Batu Bara

Perusahaan Amerika Serikat (AS) Air Products and Chemicals Inc, mundur dari PSN gasifikasi batu bara yang berada di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan salah satu alasan Air Products and Chemicals Inc hengkang dari proyek kerja sama hilirisasi batu bara itu karena pengembangan bisnis di AS lebih menarik daripada di Indonesia.

Selain itu, pemerintah AS juga menawarkan subsidi, khususnya bagi pengembangan proyek energi baru dan terbarukan (EBT).

Lihat Juga :
Kemenkeu Hapus Artikel Tolak Pengungsi Rohingya Usai Dirujak Netizen

Tidak hanya keluar dari proyek yang digagas oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tersebut, Air Products and Chemicals juga angkat kaki dari proyek hilirisasi batu bara lainnya di Indonesia.

Proyek gasifikasi batu bara yang digagas PTBA ditetapkan sebagai PSN melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020, yang diteken Presiden Jokowi 17 November 2020 lalu.

2. Proyek Gas Laut Dalam

Investor lainnya yakni Chevron Indonesia Company (CICO) memilih hengkang dari PSN gas laut dalam atau Indonesia Deepwater Development (IDD) di Kalimantan Timur.

Hal itupun dibenarkan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Kendati, Arifin mengatakan meski ditinggalkan investor, proyek akan tetap jalan.

PSN ini terdiri dari dua proyek hub gas yang akan dikembangkan yakni Gendalo dan Gehem hub dan ditargetkan dapat beroperasi pada 2025.

3. Proyek Gas Abadi

PSN selanjutnya yang ditinggalkan investor adalah Proyek Lapangan Abadi, Blok Masela di Maluku.

Shell yang awalnya menjadi pengelola memutuskan untuk hengkang dengan melepas hak partisipasi (participating interest/PI) sebesar 35 persen.

Kekosongan sebagian hak partisipasi tersebut akhirnya 'memaksa' Kementerian ESDM untuk mendorong PT Pertamina (Persero) masuk ke blok migas tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)




bab terbaru:pinjol ilegal di play store

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
club77
5000 slot
seribu mimpi 93
cari slot yang gacor
mpotop88
kbo77
06 di erek erek
ozon88
slotguru88
Daftar isi semua bab
Bab 1 idrsloto
Bab 2 link asiabet118
Bab 3 link slot oxplay
Bab 4 seribu mimpi 08
Bab 5 bisnis online yang cepat menghasilkan uang
Bab 6 main slot terpercaya
Bab 7 slot online gacor
Bab 8 rtp agus live
Bab 9 tancap88
Bab 10 julo pinjol
Bab 11 slot gacor hari ini maxwin
Bab 12 pola dan jam gacor slot
Bab 13 slot gacor pagi hari ini
Bab 14 zeus 138 rtp
Bab 15 judi slot indonesia terpercaya
Bab 16 room slot gacor hari ini domino
Bab 17 buku tafsir mimpi 2d bergambar lengkap
Bab 18 situs online terpercaya 2023
Bab 19 rtp agus live
Bab 20 rtp bang jarwo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8364bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

superstar terbatas

cara cairkan limit kredivo ke rekening
IHSG ditutup di level 7.272 pada perdagangan Jumat (29/12) atau akhir tahun ini, melemah 0,43 persen dibanding Kamis (28/12) kemarin.
IHSG ditutup di level 7.272 pada perdagangan Jumat (29/12) atau akhir tahun ini, melemah 0,43 persen dibanding Kamis (28/12) kemarin. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.272 pada perdagangan Jumat (29/12) atau akhir tahun ini. 

Indeks saham melemah 31,09 poin atau minus 0,43 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,17 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,3 miliar saham.

Beralih ke asing, bursa saham Asia bergerak bervariasi. Tercatat Nikkei 225 di Jepang melemah 0,22 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong mengiat 0,24 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan menguat 1,6 persen.

Sementara, bursa saham Eropa kompak bergerak di zona hijau. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,17 persen, indeks DAX di Jerman 0,27 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis 0,43 persen.



[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Kehidupan sehari-hariku bersama istriku

info situs slot gacor hari ini
Sejumlah konsumen di Transmart Cempaka Putih, Jakarta Pusat mendapatkan diskon hingga Rp7 juta saat membeli motor listrik.
Sejumlah konsumen di Transmart Cempaka Putih, Jakarta Pusat mendapatkan diskon hingga Rp7 juta saat membeli motor listrik. Foto: CNN Indonesia/Chandra Erlangga
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah konsumen di Transmart Cempaka Putih, Jakarta Pusat mendapatkan diskon hingga Rp7 juta saat membeli motor listrik.

Dana (51) warga Kemayoran, Jakarta pusat membeli motor listrik Selis E Max 2 baterai dengan harga Rp13.500.000 padahal harga awalnya Rp20.500.000.

Lihat Juga :
Tumbler Kece Cuma Rp135 Ribuan di Transmart, Cocok Dibawa Liburan

"Buat nganteranak, belanja sayur atau kebutuhan aja, operasional di rumah lah. Jadi enggak usah minta beli-beli bensin lagi," kata dia.

Ditemui terpisah, Bayu (38) yang juga warga asal Kemayoran, Jakarta Pusat memutuskan untuk membeli sepeda listrik lantaran harganya sesuai di kantong.

"Ini yang paling cocok sih. Saya nyaridi bawah Rp5 juta. Kebetulan didiskon dari Rp4,9 juta menjadi Rp4,4 juta," kata Bayu.

Lihat Juga :
Tumbler Kece Cuma Rp135 Ribuan di Transmart, Cocok Dibawa Liburan

Program promo Transmart Full Day Sale yang berlangsung Sabtu (30/12) mulai dari jam toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Jika pembeli ingin dapatkan diskon tambahan 20 persen, bisa melakukan pembayaran menggunakan Allo Bank, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Tak hanya itu, ada juga diskon hingga 50 persen untuk beragam produk terpilih di Transmart Full Day Sale yang berlaku di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

(can/dna)

[Gambas:Video CNN]

Pedang dan Lan

cara mendapatkan 100rb sehari
Bawa pulang TV LED dengan harga spesial di Transmart Full Day Sale pada Sabtu (30/12) sampai Minggu (31/12).
Bawa pulang TV LED dengan harga spesial di Transmart Full Day Sale pada Sabtu (30/12) sampai Minggu (31/12). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Akhir tahun telah tiba, saat yang ditunggu-tunggu untuk borong elektronik impian dengan harga spesial di Transmart Full Day Sale, pada Sabtu (30/12) sampai Minggu (31/12).

Salah satu produk elektronik yang diskon yaitu ada TV LED dari berbagai merek unggulan seperti LG, Polytron, Sharp, sampai dengan Samsung.

Lihat Juga :
Masih Ada Waktu buat Belanja Hemat di Transmart, Diskonnya 50% + 20%

Begitu juga dengan LED TV 65" UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp11.969.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp7.199.200.

Harga TV yang didiskon hanya bisa di klaim dengan pembayaran dari salah satu bank yang direkomendasikan yaitu Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah. Selain dari itu harga TV berlaku normal.

Semua harga TV tersebut berlaku di semua gerai Transmart se-Indonesia. Sementara untuk stoknya bisa berbeda-beda di setiap gerai.

Pelanggan setia Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan bisa mengikut cara berikut.

DownloadAllo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store, lalu upgradeakunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon puluhan persen tiap transaksi di Transmart Full Day Sale.

Alternatif lain bisa mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Elang Arad

slot depo 4k dana
Holding BUMN aviasi dan pariwisata PT Aviasi Pariwista Indonesia (Persero) atau InJourney resmi membentuk subholding bandara, PT Angkasa Pura Indonesia.
Holding BUMN aviasi dan pariwisata PT Aviasi Pariwista Indonesia (Persero) atau InJourney resmi membentuk subholding bandara, PT Angkasa Pura Indonesia. (dok. Angkasa Pura I).
Jakarta, CNN Indonesia--

Holding BUMN aviasi dan pariwisata PT Aviasi Pariwista Indonesia (Persero) atau InJourney resmi membentuk subholding bandara, PT Angkasa Pura Indonesia.

Hal itu dikonfirmasi oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

"Iya (PT Angkasa Pura Indonesia resmi terbentuk)," kata pria yang akrab disapa Tiko ini seperti dikutip detikcom, Kamis (28/12).

Angkasa Pura Indonesia akan menaungi PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II. Tiko menerangkan pembentukan PT Angkasa Pura Indonesia ini merupakan tahap awal dalam penggabungan AP I dan II.

"Ini tahap awal," ujarnya.

Menteri BUMN Erick Thohir memang tengah berupaya untuk melakukan restrukturisasi BUMN Karya dalam 2-3 tahun. Kemenerian BUMN sebelumnya sudah berhasil menggabungkan PT Pelindo dari empat menjadi satu.

"Saya sudah berulang-ulang kali bicara proses restrukturisasi BUMN karya itu butuh waktu 2-3 tahun dengan opsi masing-masing yang berbeda," katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (19/12) lalu.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Sistem bantuan yang sangat baik

nuansa slot 77
McDonald's Malaysia menggugat kelompok BDS Movement setara Rp20 Miliar buntut seruan boikot produk terkait Israel.
ILUSTRASI restoran cepat saji McDonald's. Saat ini restoran itu menjadi salah satu target boikot karena terjadi agresi Israel ke Palestina. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

McDonald's Malaysiamenggugat kelompok pro-Palestina BDS Movement sebesar US,3 juta (setara Rp20 miliar) buntut seruan memboikot perusahaan yang diduga mendukung Israel.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Jumat, restoran makanan cepat saji tersebut mengatakan gugatan perdata terhadap BDS (Boikot, Divestasi, Sanksi) Sanctions) Malaysia bertujuan untuk melindungi 'hak dan kepentingan kami sesuai dengan hukum'.

Namun, McDonald's mengatakan pihaknya tidak mendukung atau memaafkan konflik yang terjadi di Timur Tengah saat ini.

Berdasarkan salinan dokumen hukum, McDonald's meminta ganti rugi sebesar enam juta ringgit atas dugaan pencemaran nama baik.

Sementara itu, dalam sebuah postingan di media sosial X pada hari Jumat, BDS Malaysia mengatakan "kami dengan tegas menyangkal" dugaan pencemaran nama baik.

BDS merupakan bagian dari gerakan global Boikot, Divestasi, Sanksi, yang diluncurkan oleh organisasi masyarakat sipil Palestina pada tahun 2005, dan kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Malaysia.

Kampanye ini menganjurkan tindakan politik dan ekonomi terhadap perusahaan Israel atas perlakuannya terhadap warga Palestina.

Terkait serangan Israel ke Gaza yang terjadi sejak 7 Oktober dan menewaskan lebih dari 21 ribu jiwa, BDS Malaysia menggencarkan seruan kepada masyarakat Malaysia untuk memboikot merek-merek Barat, termasuk McDonald's, KFC dan Zara, yang dituduh terlibat dalam kekejaman Israel terhadap warga Palestina.

Lihat Juga :
AS Setujui Penjualan Senjata Darurat ke Israel
(AFP/vws)

[Gambas:Video CNN]

Ahli Senjata

bukalapak cicilan
PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) akan terjadi pada Senin, 1 Januari 2024.
Ilustrasi. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) akan terjadi pada Senin, 1 Januari 2024. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus baliklibur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) akan terjadi pada Senin, 1 Januari 2024.

Kendaraan yang kembali ke Jabotabek mayoritas akan berasal dari arah Timur (arah Trans Jawa) yang diprediksi akan mencapai 140 ribu kendaraan.

"Naik 28% dari puncak arus mudik Nataru 2022/2023 (110 ribu kendaraan)," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (30/12).

Lihat Juga :
Libur Nataru, Nusa Penida Bali Dibanjiri Wisatawan

"Sebelumnya, Jasa Marga mencatat sebanyak 1,9 juta kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada Libur Natal 2023 (18 s.d 28 Desember 2023). Jumlah ini meningkat 25% jika dibandingkan lalin normal (1,5 juta kendaraan) pada periode yang sama. Jika dibandingkan dengan periode Natal 2022, total volume lalin ini meningkat 7% (1,79 juta kendaraan)," ujar Lisye.

Lisye juga menjelaskan, dengan adanya lonjakan tersebut, lokasi yang menjadi fokus perhatian untuk diantisipasi yaitu pada KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau pertemuan kendaraan dari Bandung dan Cikampek menuju Jakarta.

"Selain itu ada potensi kepadatan di beberapa lokasi ruas tol Trans Jawa dari arah Semarang menuju Jakarta, terutama pada titik pertemuan simpul lalu lintas, akses keluar jalan arteri dan beberapa lokasi rest area. Oleh karena itu, Jasa Marga bekerjasama dengan Kepolisian dan instansi berwenang lainnya untuk melakukan rekayasa lalu lintas dalam mengantisipasi kepadatan di lokasi tersebut," ujar Lisye.

Lisye juga mengimbau kepada pengguna jalan, khususnya yang melewati Jalan Tol Trans Jawa, untuk dapat mengatur waktu perjalanannya kembali ke Jabotabek agar lebih nyaman dan tidak menumpuk pada tanggal-tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus balik serta dalam rangka menjaga waktu tempuh perjalanan dari Semarang menuju ke Jakarta yaitu kurang dari 7 jam atau kecepatan rata-rata di 60 sd 70 km/jam.

"Hindari pulang bersamaan di hari Senin dan Selasa, 1 dan 2 Januari 2024. Bagi pengguna jalan yang masih diberikan kelonggaran untuk melanjutkan periode mudiknya, dapat menggeser perjalanan dengan pilihan hari Sabtu-Minggu, 30-31 Desember 2023 maupun Rabu, 3 Januari 2024. Khusus di hari Rabu, 3 Januari 2024, pengguna jalan dapat sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 10% yang akan berlaku di Jalan Tol Trans Jawa untuk perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta (GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama)," ujar Lisye.

Jasa Marga dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya pengelola Jalan Tol Trans Jawa Semarang s.d Jakarta akan kembali memberlakukan potongan tarif sebesar 10% pada 3 Januari 2024. Untuk jam pemberlakuan potongan tarif yaitu mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB, atau berlaku 24 jam, serta diberlakukan untuk semua golongan kendaraan.



Besaran potongan tarif tol 10% untuk tarif perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta, hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama) menjadi sebagai berikut:
- Kendaraan Golongan I: Semula Rp408.500 menjadi Rp367.650, potongan tarif sebesar Rp40.850
- Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp630.000 menjadi Rp567.000, potongan tarif sebesar Rp63.000
- Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp830.500 menjadi Rp747.450, potongan tarif sebesar Rp83.050.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur Nataru 2023/2024 dengan baik. Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker) saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM, dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

Lihat Juga :
Lalu Lintas Macet, AP I Buka Jalur Roda Dua Menuju Bandara Ngurah Rai
(tim/isn)

[Gambas:Video CNN]