petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot dana66

hoki 29 slot 508Jutaan kata 706735Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot dana66》

Daftar Pilihan Saham Berpotensi Cuan Pekan Ini******

Analis menyebut sejumlah saham akan cuan pada pekan ini mulai dari sektor keuangan hingga teknologi.
Analis menyebut sejumlah saham akan cuan pada pekan ini mulai dari sektor keuangan hingga teknologi. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 20,83 poin atau 0,29 persen ke level 7.059 pada Jumat (1/12) lalu. Investor melakukan transaksi sebesar Rp11,88 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 31,09 miliar saham.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham menguat tiga kali, sementara dua hari sisanya melemah. Tak heran, performa indeks pun menguat 0,72 persen.

PJ Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad pun mengatakan selama periode tanggal 27 November sampai dengan 1 Desember 2023 kemarin, perdagangan saham ditutup positif.

Peningkatan juga terjadi pada rata-rata frekuensi transaksi harian, yakni meningkat 10,31 persen dari 1.123.494 menjadi 1.239.339 kali transaksi. Adapun rata-rata nilai transaksi harian juga meningkat 43,38 persen dari Rp9,57 triliun menjadi Rp13,72 triliun.

"Investor asing pada hari ini mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp213,29 miliar dan sepanjang tahun 2023 investor asing telah mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp13,64 triliun," kata Kautsar seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (1/12).

Lantas, seperti apa proyeksi pergerakan IHSG untuk sepekan ke depan?

Head of Customer Literation and Education (CLE) PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi memproyeksi indeks saham cenderung bergerak menguat terbatas dengan antisipasi koreksi sehat. IHSG diprediksi bergerak di rentang support6.940 dan resistance7.140.

Menurut Oktavianus, pada pekan ini, IHSG bakal diwarnai oleh berbagai sentimen dari perekonomian dalam negeri dan juga global.

Dari dalam negeri, indeks dipengaruhi oleh rilis data cadangan devisa November 2023 yang diperkirakan naik menjadi ke US5 miliar dari US3 miliar seiring dengan kenaikan neraca dagang dan rupiah yang lebih stabil dari bulan sebelumnya.

"Kami melihat ini akan direspons moderat oleh pasar, karena meski surplus neraca dagang, pertumbuhan ekspor masih cenderung lambat," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (3/12).

IHSG juga dipengaruhi oleh rilis indeks keyakinan konsumen November 2023 yang diperkirakan tetap di level optimis serta rilis data penjualan eceran yang diperkirakan tumbuh sebesar 1,9 persen.

"Kami menilai data ritel yang masih kokoh akan direspons moderat oleh pasar, di tengah tren kenaikan pertumbuhan yang masih lambat," kata Oktavianus.

[Gambas:Video CNN]

Sementara sentimen global, Oktavianus mengatakan IHSG dipengaruhi oleh rilis data tingkat pengangguran AS yang diperkirakan tetap pada level 3,9 persen. Data tenaga kerja AS yang masih kuat akan menjadi alasan The Fed bersikap hawkish, meski saat ini pasar memperkirakan tidak ada lagi kenaikan suku bunga.

Dengan sentimen di atas, Oktavianus menyarankan investor untuk mengantisipasi terjadinya koreksi sehat di IHSG pada pekan ini.

"Kami melihat mulai terjadinya inflow pada low riskseperti penurunan yield obligasi dan harga emas yang cetak new all time high," katanya.

Adapun sektor yang dapat diperhatikan adalah sektor keuangan, konsumer, dan teknologi seiring dengan potensi pivot dari pengetatan kebijakan moneter yang diperkirakan pasar segera terjadi.

Berdasarkan analisis teknikal, Oktavianus pun merekomendasikan beberapa saham yang bisa dikoleksi.

Pertama,saham PT Impack Pratama Industri Tbk atau IMPC yang ditutup menguat 2,22 persen ke posisi 368 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi IMPC dapat menyentuh level 392 pada pekan ini.

Kedua,saham PT Erajaya Swasembada Tbk atau ERAA yang ditutup menguat 6,15 persen ke posisi 380 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi ERAA dapat menyentuh level 418 pada pekan ini.

Ketiga,PT Global Digital Niaga Tbk atau BELI yang ditutup menguat 0,84 persen ke posisi 480 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi BELI dapat menyentuh level 498 pada pekan ini.

Lihat Juga :
Cerita Warga Tebet Tergiur Beli TV di Transmart karena Diskon Gede

Keempat, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BBRI yang ditutup menguat 1,42 persen ke posisi 5.350 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi BBRI dapat menyentuh level 5.700 pada pekan ini.

Sementara itu, Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memproyeksi IHSG bergerak cenderung terkoreksi dalam sepekan. Ia memprediksi indeks saham bergerak di rentang support6.987 dan resistance7.128.

"Untuk pekan depan, kami perkirakan IHSG masih dipengaruhi oleh sentimen global, seperti data manufaktur AS, data pekerjaan AS, dan rilis data perdagangan China," katanya.

Lihat Juga :
Erick Thohir Angkat Wamendag Era SBY Jadi Bos Bulog Gantikan Buwas

Ia pun menyarankan investor dapat mencermati beberapa saham dari emiten ia rekomendasikan, yakni PT Petrosea Tbk atau PTRO yang ditutup di posisi 4.150 pekan lalu. Ia memproyeksi PTRO dapat menyentuh level 4.600 pekan ini.

Selanjutnya, Herditya juga merekomendasikan saham PT Adi Sarana Armada Tbk atau ASSA yang melemah 0,52 persen ke posisi 950 pekan lalu. Ia memproyeksi ASSA dapat menyentuh level 1.120 pekan ini.

Terakhir, Herditya juga merekomendasikan saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk atau TOWR yang pekan lalu ditutup di posisi 940. Ia memproyeksi TOWR dapat menyentuh level 1.080 pekan ini.

(Feby Febriana Nadeak/agt)

Kenapa Bisa Tak Dapat SHM Meski Cicilan KPR Sudah Lunas?******

Sertifikat hak milik (SHM) ternyata belum tentu dimiliki meski cicilan kredit pemilikan rumah (KPR) sudah lunas.
Sertifikat hak milik (SHM) ternyata belum tentu dimiliki meski cicilan kredit pemilikan rumah (KPR) sudah lunas. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sertifikat hak milik (SHM) ternyata belum tentu dimiliki meski cicilan kredit pemilikan rumah (KPR) sudah lunas.

Kasus tersebut belakangan viral di media sosial. Seorang pejuang KPR mengeluh hanya memperoleh hak guna bangunan (HGB) atas rumahnya, bukan mengantongi SHM.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Real Estate Indonesia (REI) Joko Suranto pun turun tangan. Menurutnya, pemberian HGB atas rumah KPR sudah sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok-pokok Agraria.

"Hak kepemilikan PT adalah berupa HGB atau hak lainnya. Kalau tidak dijanjikan dalam bentuk hak milik atau konsumen tidak membaliknamakan dahulu, ya tetap HGB," sambungnya.

Ia menegaskan pemberian status HGB bukan kemauan pengembang. Menurutnya, developerhanya menjalankan ketentuan dalam UU Pokok Agraria.

Akan tetapi, ia memberikan solusi jika pembeli ingin mendapatkan SHM atas rumah KPR. Joko menyarankan pemegang KPR mengajukan peningkatan status hak milik ke perbankan yang memberikan pinjaman beli rumah.

"Ada prosedurnya di perbankan karena sertifikat masih jaminan. Mudah (prosesnya)," ungkapnya.

"Ketika dalam masa KPR belum lunas, itu konsumen juga bisa menaikkan SHGB (sertifikat hak guna bangunan)-nya, haknya atas tanah itu, menjadi hak milik (SHM)," tandas Joko.

Meski begitu, Joko menyebut pejuang KPR tak diharuskan meningkatkan status kepemilikannya dari HGB ke SHM. Ia menekankan HGB juga sudah menunjukkan kekuatan di mata hukum.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Buruh Tolak 3 Komponen Perhitungan UMP yang Disodorkan Kemnaker******

Kelompok buruh tegas menolak perhitungan UMP berdasarkan 3 komponen yang disiapkan pemerintah karena variabel yang digunakan rancu dan merugikan mereka.
Kelompok buruh tegas menolak perhitungan UMP berdasarkan 3 komponen yang disiapkan pemerintah karena variabel yang digunakan rancu dan merugikan mereka. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kelompokburuhtegas menolak perhitungan upahminimum provinsi (UMP) 2024 berdasarkan 3 komponen yang disiapkan pemerintah.

Komponen yang dimaksud adalah pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu. Untuk komponen indeks tertentu, buruh menolak karena variabel itu rancu dan berpotensi membuat kenaikan UMP tidak sesuai harapan.

"Faktor indeks tertentu inilah yang memastikan kenaikan upah minimum di bawah 5 persen, jika inflasi berada di bawah 3 persen dan pertumbuhan ekonominya sekitar 5 persen," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) Ristadi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (9/11).

Serupa, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) Mirah Sumirat ingin KHL dimasukkan dalam formula perhitungan UMP 2024. Terlebih, terjadi lonjakan harga bahan pokok termasuk beras yang semakin mempersulit kondisi buruh.

"Sekarang ini harusnya dipertimbangkan situasi dan kondisi harga-harga barang kebutuhan pokok tinggi, harga beras semakin tinggi, sepertinya tidak terkendali. Juga belum ada kompensasi kepada buruh soal harga BBM naik di 2022. Itu artinya masih menambah PR pemerintah bagaimana untuk menambahkan angka-angka kenaikan tersebut kepada formula UMP yang akan diberikan di 2024," tuntut Mirah.

Menurutnya formula pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu akan menahan kenaikan upah buruh. Pada akhirnya kenaikan UMP 2024 ia prediksi tidak akan lebih dari 7 persen.


Sejatinya, Mirah menyebut para buruh mengusulkan kenaikan UMP 15 persen kepada pemerintah. Ia menegaskan usul ini sudah berupa angka kompromi.

Seharusnya kata Mirah, upah buruh bisa naik sampai 20 persen-25 persen.

"Tapi karena kami memang paham betul kondisi ekonomi saat ini, para pelaku usaha, dan sebagainya. Kami mengambil jalan tengah (kenaikan UMP 2024) 15 persen permintaannya, padahal angka itu sudah sangat-sangat minim," tegasnya.

"Maksudnya apa ini indeks tertentu? Jadi semakin ambigu. Pertumbuhan ekonomi plus inflasi sudah, kalau tak malu ya mereka pakai itu saja. Tapi ya (agar) seolah-olah mengolah angka secara sungguh-sungguh dengan memunculkan variabel indeks tertentu yang sesungguhnya mereka (pemerintah) juga tak mengerti. Pada saat diimplementasikan 'membatasi' angka UMP itu tidak boleh lebih dari 7 persen," tutup Mirah.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan pihaknya sedang mengebut revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Anwar berjanji Kemnaker akan segera merilisnya dalam waktu dekat, sehingga seluruh pihak diminta bersabar.

Anwar merinci akan ada 3 variabel utama yang dipertimbangkan pemerintah dalam pengupahan buruh. Ketiganya adalah pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu.

"Indeks tertentu tersebut digambarkan dalam bentuk simbol alfa yang merupakan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/11).

Pada pasal 29 ayat 1 PP Nomor 36 Tahun 2021 ditegaskan pemerintah harus mengumumkan UMP paling lambat pada 21 November di tahun berjalan. Jika tanggal tersebut merupakan Minggu, hari libur nasional, atau hari libur resmi, maka pengumuman UMP harus dilakukan sehari sebelumnya.

Lihat Juga :
Alasan Prabowo Ingatkan Buruh Tak Banyak Tuntut Upah Naik ke Pengusaha
(skt/agt)




bab terbaru:ok777 slot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
game slot hasilkan saldo dana
joni slot 99
aston777
hacep138
gasbro138
aerox88
bangjago88 2
setiabet88
slot paling terpercaya
Daftar isi semua bab
Bab 1 agen slot terbaru 2022 resmi
Bab 2 prediksi togel taiwan
Bab 3 serius slot
Bab 4 mentos 4d
Bab 5 juragan38
Bab 6 asli slot 777
Bab 7 seribu mimpi 01
Bab 8 ucokbet
Bab 9 sensasi 77 slot
Bab 10 kingdom 288 slot
Bab 11 akun judi slot terpercaya
Bab 12 totocasino
Bab 13 slot yang paling selalu menang
Bab 14 qq5796
Bab 15 cara pinjam di julo
Bab 16 nama situs slot luar negeri
Bab 17 gmwin slot
Bab 18 qq 138 slot
Bab 19 slot o
Bab 20 ratucasino88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4345bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Sistem guru pengalaman profesional

togel terpercaya
UMP DKI Jakarta 2024 bakal diputuskan hari ini. Jika memakai PP Pengupahan terbaru, kenaikan maksimal Rp174 Ribu.
UMP DKI Jakarta 2024 bakal diputuskan hari ini. Jika memakai PP Pengupahan terbaru, kenaikan maksimal Rp174 Ribu. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia--

Upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2024 diputuskan hari ini (17/11).

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan pihaknya akan rapat bersama beberapa elemen hari ini. Ada pakar, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pusat Statistik (BPS), serikat buruh, hingga perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

"Direncanakan Jumat (17/11) akan dilakukan sidang dewan pengupahan untuk menetapkan UMP 2024. Yang hadir lengkap dari Pemprov DKI Jakarta, tim pakar dari akademisi, BPS, serikat pekerja, serta Apindo dan Kadin wakil dari pengusaha," katanya, dikutip dariCNBC Indonesia.

"Terkait tuntutan pekerja atau buruh UMP dinaikkan 15 persen merupakan masukan untuk Dewan Pengupahan dalam sidang (hari ini)," tambah Hari.

Hari menyebut isi pembahasan rapat hari ini mencakup komponen penetapan UMP, di antaranya inflasi, produk domestik regional bruto (PDRB) DKI, serta indeks tertentu. Khusus variabel alpha akan mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja dan rata-rata upah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023.

Jika menggunakan rumus Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam PP 51 Tahun 2023, kemungkinan upah buruh di Jakarta hanya naik maksimal Rp174 ribu.

Berikut perkiraan kenaikan UMP DKI Jakarta hari ini:

UMP DKI Jakarta 2023= Rp4.901.798
Inflasi DKI Jakarta per Oktober 2023= 2,08 persen year on year (yoy)
PDRB DKI Jakarta kuartal III 2023= 4,93 persen yoy
Indeks tertentu atau alpha di PP Nomor 51 Tahun 2023= 0,1-0,3

Rumus UMP 2024= inflasi + (pertumbuhan ekonomi X indeks tertentu)

Lihat Juga :
Mengintip Anggaran Militer Israel di Tengah Agresi ke Gaza

1. Simulasi jika indeks tertentu 0,1

UMP DKI Jakarta 2024= 2,08 + (4,93 X 0,1)= 2,57 persen

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 2,57 persen= Naik Rp126.123

2. Simulasi jika indeks tertentu 0,2

UMP DKI Jakarta 2024= 2,08 + (4,93 X 0,2)= 3,06 persen

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 3,06 persen= Naik Rp150.289

3. Simulasi jika indeks tertentu 0,3

UMP DKI Jakarta 2024= 2,08 + (4,93 X 0,3)= 3,55 persen

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 3,55 persen= Naik Rp174.454

4. Simulasi naik 15 persen sesuai tuntutan buruh

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 15 persen= Naik Rp735.269

[Gambas:Video CNN]



(skt/pta)

Tentara Pembebasan Alien

gampang slot
UMP DKI Jakarta 2024 bakal diputuskan hari ini. Jika memakai PP Pengupahan terbaru, kenaikan maksimal Rp174 Ribu.
UMP DKI Jakarta 2024 bakal diputuskan hari ini. Jika memakai PP Pengupahan terbaru, kenaikan maksimal Rp174 Ribu. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia--

Upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2024 diputuskan hari ini (17/11).

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan pihaknya akan rapat bersama beberapa elemen hari ini. Ada pakar, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pusat Statistik (BPS), serikat buruh, hingga perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

"Direncanakan Jumat (17/11) akan dilakukan sidang dewan pengupahan untuk menetapkan UMP 2024. Yang hadir lengkap dari Pemprov DKI Jakarta, tim pakar dari akademisi, BPS, serikat pekerja, serta Apindo dan Kadin wakil dari pengusaha," katanya, dikutip dariCNBC Indonesia.

"Terkait tuntutan pekerja atau buruh UMP dinaikkan 15 persen merupakan masukan untuk Dewan Pengupahan dalam sidang (hari ini)," tambah Hari.

Hari menyebut isi pembahasan rapat hari ini mencakup komponen penetapan UMP, di antaranya inflasi, produk domestik regional bruto (PDRB) DKI, serta indeks tertentu. Khusus variabel alpha akan mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja dan rata-rata upah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023.

Jika menggunakan rumus Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam PP 51 Tahun 2023, kemungkinan upah buruh di Jakarta hanya naik maksimal Rp174 ribu.

Berikut perkiraan kenaikan UMP DKI Jakarta hari ini:

UMP DKI Jakarta 2023= Rp4.901.798
Inflasi DKI Jakarta per Oktober 2023= 2,08 persen year on year (yoy)
PDRB DKI Jakarta kuartal III 2023= 4,93 persen yoy
Indeks tertentu atau alpha di PP Nomor 51 Tahun 2023= 0,1-0,3

Rumus UMP 2024= inflasi + (pertumbuhan ekonomi X indeks tertentu)

Lihat Juga :
Mengintip Anggaran Militer Israel di Tengah Agresi ke Gaza

1. Simulasi jika indeks tertentu 0,1

UMP DKI Jakarta 2024= 2,08 + (4,93 X 0,1)= 2,57 persen

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 2,57 persen= Naik Rp126.123

2. Simulasi jika indeks tertentu 0,2

UMP DKI Jakarta 2024= 2,08 + (4,93 X 0,2)= 3,06 persen

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 3,06 persen= Naik Rp150.289

3. Simulasi jika indeks tertentu 0,3

UMP DKI Jakarta 2024= 2,08 + (4,93 X 0,3)= 3,55 persen

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 3,55 persen= Naik Rp174.454

4. Simulasi naik 15 persen sesuai tuntutan buruh

UMP DKI Jakarta 2024= Rp4.901.798 X 15 persen= Naik Rp735.269

[Gambas:Video CNN]



(skt/pta)

Pacar hantuku

tajir77
LPEM UI menyebut peluang Indonesia menjadi negara maju yang masyarakatnya berpendapatan tinggi pada 2045 mendatang kecil.
Presiden Joko Widodo targetkan Indonesia jadi negara maju pada 2024. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) memperkirakan cita-cita Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan Indonesia sebagai negara maju pada 2045 sulit tercapai.

Dalam sebuah publikasi terbaru LPEM UI berjudul'White Paper- Dari LPEM Bagi Indonesia: Agenda Ekonomi dan Masyarakat 2024-2029', mereka mengungkap alasan Indonesia sulit naik kelas menjadi negara maju.

Menurut LPEM UI, peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada 2045 nanti menjadi titik kritis perenungan sejarah bangsa ini.

LPEM UI menggunakan the rule of 72untuk memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan. Ini adalah rumus cepat dan populer untuk mengestimasi jumlah tahun yang diperlukan untuk menggandakan uang dari investasi pada tingkat pengembalian tahunan tertentu.

"Dengan asumsi batas bawah upper income country(UIC) sama dengan 2023 sebesar US.846 dengan pertumbuhan gross national income(GNI) per kapita 5 persen per tahun atau setara pertumbuhan ekonomi 6 persen, maka Indonesia akan menjadi UIC pada 2044," tulis riset tersebut, dikutip Kamis (9/11).

"Semakin berkembang perekonomian maka pertumbuhan ekonomi 5 persen-7 persen sangat sulit dicapai, dengan skenario pertumbuhan yang berbeda-beda tiap periode (5 persen, 4 persen, dan 3 persen) maka Indonesia tidak akan mencapai UIC di 2045," lanjut LPEM UI.

Kemudian, aspek kemiskinan. Ini masih menjadi persoalan mendasar Indonesia, di mana angka kemiskinan tahun ini menyentuh 9,36 persen atau tak turun signifikan dari 11,25 persen di 2014.

LPEM UI khawatir obsesi berlebihan pemerintah terhadap mimpi Indonesia menjadi negara kaya di 2045 bakal mengubah orientasi kebijakan yang ada. Alokasi sumber daya dikhawatirkan hanya dipakai untuk mengejar pertumbuhan ekonomi semata melalui investasi besar-besaran di sektor padat modal.

Padahal, pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak serta merta mengurangi kemiskinan. Terlebih, jika mesin pertumbuhan dimotori sektor-sektor yang kurang melibatkan rakyat miskin.

Lihat Juga :
Buruh soal Diminta Prabowo Tak Tuntut UMP Naik: Tahu Kontrakan Mahal?

"Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, seperti di Halmahera Tengah tempat hilirisasi nikel tidak serta merta menurunkan angka kemiskinan secara masif. Rata-rata pertumbuhan ekonomi Halmahera Tengah pada 2019-2022 sebesar 75,61 persen per tahun, tetapi angka kemiskinan pada periode yang sama hanya turun 2,12 persen poin dari 14,12 persen di 2019 menjadi 12 persen di 2022," jelasnya.

LPEM UI lantas membandingkan kondisi sosial ekonomi Indonesia dengan beberapa negara yang juga ingin berpenghasilan tinggi, seperti China, Brasil, Thailand, Malaysia, dan Korea Selatan.

Kondisi Indonesia pada 2022 dengan pendapatan per kapita US.580 disebut setara Korea Selatan pada 1988, Malaysia 2004, Brasil 2006, serta China dan Thailand di 2010.

Dalam kurun waktu 18 tahun, Malaysia belum mampu keluar dari middle income trapdengan penghasilan US.780. Sedangkan Thailand selama 12 tahun juga belum mampu menggandakan pendapatannya.

Malaysia kemudian berambisi menjadi negara berpendapatan tinggi pada 2020, tetapi bergeser target ke 2030 karena adanya pergantian kepemimpinan. Hanya China yang dianggap mampu keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah dalam kurun waktu 13 tahun.

[Gambas:Video CNN]

"Apakah Indonesia mampu mengikuti jejak China atau Malaysia? Kondisi sosial ekonomi Indonesia saat ini jauh berbeda dengan kondisi sosial ekonomi negara-negara lain ketika memiliki pendapatan per kapita yang sama dengan Indonesia," jelasnya.

Mereka merinci pertumbuhan ekonomi Korea Selatan di level 12 persen, China 10,6 persen, Malaysia 6,8 persen, dan Thailand 7,5 persen. Capaian tersebut jauh di atas Indonesia yang hanya berkisar 5 persen.

Di lain sisi, kemajuan ekonomi negara-negara tersebut, kecuali Brasil, ditopang sektor manufaktur yang kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 28 persen di Korea Selatan. Lalu, 3 persen di Malaysia dan 32 persen di China.

"Berdasarkan perbandingan antara kondisi Indonesia dan kondisi negara lain, peluang Indonesia untuk menjadi negara berpendapatan tinggi di 2045 sangat kecil karena beberapa kondisi dasar pendorong kemajuan ekonomi belum dimiliki oleh Indonesia saat ini," terang LPEM UI.



(skt/wiw)

Saat gelombang setan meningkat

bandar game slot terpercaya
Bacapres Anies Baswedan bakal memperkuat peran koperasi jika terpilih dalam Pilpres 2024, agar masyarakat bebas jeratan pinjol.
Bacapres Anies Baswedan bakal memperkuat peran koperasi jika terpilih dalam Pilpres 2024, agar masyarakat bebas jeratan pinjol. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengatakan akan meningkatkan peran koperasijika terpilih dalam Pilpres 2024, agar masyarakat terjerat pinjaman-pinjaman online.

Anies mengatakan peningkatan peran koperasi telah ia lakukan saat memimpin Jakarta.

"Kami rasakan di Jakarta ketika PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) memiliki koperasi, less likelyterjebak pinjol-pinjol yang selama ini ada," katanya di acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, Rabu (7/11).

"Apa yang terjadi? Yang terjadi dalam koperasi bukan hanya transaksi ekonomi, tapi kepercayaan antarwarga tumbuh," katanya.

"Kita butuh hari ini mengembalikan peran koperasi menjadi salah satu pelaku penting perekonomian Indonesia," imbuh Anies.

Dalam paparannya, ia menjabarkan ada tiga agenda untuk meningkatkan peran koperasi. Pertama, mendorong penggunaan dan modernisasi usaha koperasi.

Kedua, meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani dengan penataan tata niaga melalui koperasi.

Ketiga, menghadirkan kebijakan afirmatif untuk sektor atau komoditas tertentu untuk usaha koperasi.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Kelahiran Kembali dan Mimpi

jitu77
Ikan shisamo asal Jepang ini dijual di Transamart Full Day Sale seluruh Indonesia dengan harga promo mulai dari Rp40 ribuan per pak.
Ikan shisamo asal Jepang ini dijual di Transamart Full Day Sale dengan harga promo mulai dari Rp40 ribuan per pak. (iStockphoto/Copterandmom)
Jakarta, CNN Indonesia--

Penggemar ikan shisamo segera merapat ke Transmart terdekat karena ada penawaran harga spesial di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (19/11).

Ikan asal dari Jepang ini tersedia di gerai Transamart seluruh Indonesia. Kamu bisa beli ikan shisamo di Transmart mulai dari Rp40 ribuan aja per pak.

Lihat Juga :
Belanja Sekarang Pakai Bank Mega Langsung Diskon 20%

1. Ikan shisamo di Transmart Jawa Tengah, harga normal Rp59.900/pack diskon jadi Rp47.920/pack.

2. Ikan shisamo di Transmart Jawa Timur harga normal Rp64.900/pack diskon jadi Rp51.920/pack.

3. Ikan shisamo di Transmart Medan, harga normal Rp75.500/pack diskon jadi Rp60.400/pack.

4. Ikan shisamo di Transmart Palu, harga normal Rp73.999/pack diskon jadi Rp59.199/pack.

5. Ikan shisamo di Transmart Karawang, harga normal Rp84.500/pack diskon jadi Rp67.600/pack.

6. Ikan shisamo di Transmart Makassar, harga normal Rp67.900/pack diskon jadi Rp54.320/pack.

7. Ikan shisamo di Transmart Jabodetabek dan Kupang, harga normal Rp74.900/pack diskon jadi Rp59.920/pack.

8. Ikan shisamo di Transmart Manado, harga normal Rp72.600/pack diskon jadi Rp58.080/pack.

9. Ikan shisamo di Transmart Denpasar, harga normal Rp80.000/pack diskon jadi Rp64.000/pack.

10. Ikan shisamo di Transmart Bandung, Balikpapan, Padang harga normal Rp69.900/pack diskon jadi Rp55.920/pack.

11. Ikan dori fillet di Transmart Mataram harga normal Rp6.990/gram diskon jadi Rp5.592/gram.

Harga diskon ikan shisamo dan dori di atas berlaku untuk transaksi menggunakan Allo Prime, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah.

Jadi, pastikan bayarnya menggunakan Allo Prime, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah, supaya kamu bisa borong ikan shisamo dan dori yang banyak untuk stok di rumah.

Masih bingung cara mendapatkan Allo Prime, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah? Cara pertama, download Allo Bank dari Play Store atau App Store secara gratis.

Lalu registrasi untuk buka akun seperti cara pada umumnya. Setelah itu upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengaktifkan Allo Pay Later.

Cara kedua, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah bisa diperoleh dengan mengajukan pembukaan kartu kredit ke kantor cabang terdekat atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan di booth Bank Mega yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Mudah kan cara daftar banknya! Jadi tunggu apalagi, jangan sampai terlewat diskonnya karena Transmart Full Day Sale hanya berlangsung satu hari dan harga diskon produk berlaku mulai dari toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Gif banner Allo Bank
(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

peradaban yang jauh

prda188
Rumah.com mengumumkan bakal tutup operasi di Indonesia pada 1 Desember 2023.
Rumah.com mengumumkan bakal tutup operasi di Indonesia pada 1 Desember 2023. (Tangkapan layar web rumah.com)
Jakarta, CNN Indonesia--

Rumah.commengumumkan bakal tutupdi Indonesia pada 1 Desember 2023.

Konglomerat properti asal Singapura, PropertyGuru, bakal menutup marketplacejual-beli rumah tersebut, setelah beroperasi lebih dari 10 tahun di Tanah Air.

"Mulai 1 Desember 2023, kami akan menghentikan operasi. Terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan Anda selama bertahun-tahun," tulis perusahaan melalui surat kepada pelanggan, dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (15/11).

PropertyGuru menjanjikan pemberian dukungan bagi mereka yang terkena PHK, serta membantu proses transisi.

Perusahaan juga menjanjikan pesangon yang diberikan untuk karyawan yang terdampak lebih tinggi, di atas standar yang berlaku. Selain itu, asuransi kesehatan dan program bantuan karyawan selama tiga bulan dari tanggal terakhir bekerja.

"Bisnis Marketplace kami di Indonesia beroperasi sebagai Rumah.com akan berhenti beroperasi pada 30 November 2023," kata CEO PropertyGuru Group and Managing Director Hari V Krishnan melalui pernyataan yang dirilis di situs perusahaan pada Agustus 2023 lalu.

Hari menegaskan perusahaan akan mengembalikan biaya yang telah dibayarkan oleh pelanggan dan mitra sesuai kontrak masing-masing.

"Untuk mitra vendor kami, kami akan membayar iuran sesuai dengan komitmen kontrak individu," ucap Hari.

Selain Rumah.com, PropertyGuru juga menutup FastKey, produk software as a service (SaaS) PropertyGuru secara global, yakni pada 31 Juli 2024 di Indonesia dan 15 Oktober 2024 di Malaysia dan Singapura.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)