petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kodesyair

pinjol yang bunganya rendah 562Jutaan kata 48566Orang-orang telah membaca serialisasi

《kodesyair》

KRL Yogyakarta******

KRL Yogyakarta-Solo melayani 12,7 juta penumpang sejak awal beroperasi
Arsip foto - Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo melakukan uji coba terbatas perdana di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Rabu (20/1/2021). KRL jalur Yogyakarta-Solo dijadwalkan uji coba secara terbatas dengan instansi pemerintahan dan pemangku kepentingan terkait hingga 31 Januari mendatang. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.
Total pengguna yang telah KAI Commuter layani menyentuh angka 12.703.439 orang pengguna.
Yogyakarta (ANTARA) - KAI Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo mencatat sudah melayani lebih 12,7 juta penumpang selama tiga tahun beroperasi sejak 2021.

"Total pengguna yang telah KAI Commuter layani menyentuh angka 12.703.439 orang pengguna," kata Sekretaris Perusahaan KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, di Yogyakarta, Minggu.

Menurut Anne, tren penumpang Commuter Line Yogyakarta-Solo terus mengalami peningkatan setiap tahun.

Pada 2021 atau tahun pertama beroperasi, total jumlah pengguna di angka 1.755.865 orang pengguna dan meningkat mencapai 39 persen pada 2022.

Berikutnya, Anne menyebut sepanjang 2023 penumpang mencapai 6.453.099 orang atau meningkat 44 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sepanjang 2024, Commuterline Yogyakarta-Solo telah melayani 1.096.227 pengguna atau rata-rata mengangkut 18.270 pengguna per hari.

Anne menilai tiga tahun beroperasinya layanan Commuterline Yogya-Solo berdampak pada pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Yogyakarta yang meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Mengacu data yang disajikan Badan Pusat Stistik (BPS) Kota Yogyakarta, ia menyebutkan produk domestik regional bruto (PDRB) sektor transportasi tahun 2023 meningkat menjadi Rp2 triliun dari yang sebelumnya Rp1,7 triliun.

"Ini merupakan contoh PDRB salah satu kabupaten/kota yang dilalui layanan Commuterline Yogya-Solo. Geliat peningkatan PDRB ini menunjukkan layanan transportasi di kota tersebut banyak diminati," ujar Anne.

Sejalan dengan hal tersebut, menurut Anne, KAI Commuter terus meningkatkan layanan Commuterline Yogyakarta-Solo, antara lain dengan melakukan perpanjangan relasi commuter pada Agustus 2022 yang sebelumnya hanya sampai Stasiun Solo Balapan, ditambah dua stasiun yang dilalui yakni Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur.

Tren pengguna Commuter Line Yogyakarta-Solo, kata dia, berkebalikan dengan pengguna KRL Jabodetabek yang jumlah penggunanya meningkat pada akhir pekan.

"Mobilitas pengguna umumnya adalah untuk berwisata baik dari Yogyakarta maupun dari Solo dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit dari Yogyakarta menuju Palur sedangkan 1 jam 8 menit untuk sampai ke Solo," kata dia pula.
Baca juga: Kemenhub: Masyarakat minati KRL Solo-Yogyakarta
Baca juga: KAI Yogya layani hampir 650.000 penumpang pada Angkutan Lebaran 2022

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

YOFC Lansir Inovasi Mutakhir di MWC Barcelona 2024******

YOFC Lansir Inovasi Mutakhir di MWC Barcelona 2024
YOFC Lansir Inovasi Mutakhir di MWC Barcelona 2024
Barcelona, Spanyol, (ANTARA/PRNewswire) - Yangtze Optical Fibre and Cable Joint Stock Limited Company (YOFC), pemimpin pasar serat dan kabel optik dunia, memamerkan rangkaian produk dan solusi mutakhir di 2024 Mobile World Congress Barcelona (MWC Barcelona). Mengusung tema "Connecting the Future with Fibre (Menghubungkan Masa Depan dengan Serat Optik)", pameran YOFC mencakup lima bidang: Move Toward 5G Advanced (Bergerak Menuju 5G Advanced), New Hub of Green Computing (Sentra Baru Komputasi Hijau), New Value of Digital Energy (Nilai Tambah Baru Energi Digital), New Experience of Digital Life (Pengalaman Baru Kehidupan Digital), dan Bridge the Digital Gap (Mengatasi Kesenjangan Digital).
Bergerak Menuju 5G Advanced
Setelah kehadiran teknologi 5G, berbagai industri di seluruh dunia mengawali perjalanan baru menuju transformasi digital. Tren ini menghadirkan sederet aplikasi dan skenario baru yang membutuhkan kemampuan jaringan yang lebih baik. Pergeseran tersebut mendorong munculnya konsep 5.5G. Dalam konteks ini, serat optik, sebagai saluran penting untuk transmisi informasi, menjadi tulang punggung interkonektivitas yang hadir di setiap lokasi (ubiquitous interconnectivity) pada era 5.5G. Di pameran ini, YOFC menghadirkan berbagai inovasi serat optik terbaru:
FarBand® Ultra G.654.E Fibre: Memiliki atenuasi yang sangat rendah, menjamin kapabilitas komunikasi jarak jauh.
EasyBand Fibre: Memiliki diameter eksternal yang lebih kecil, mengoptimalkan efisiensi instalasi.
GenBand Fibre: Solusi serbaguna yang memenuhi berbagai jenis kebutuhan jaringan.
OM4/OM4+ Ultra Bending Insensitive Multimode Fibre: Menyediakan kecepatan transmisi data yang tinggi, bahkan di medan berat.
Specialty Communication Fibre: Dirancang untuk aplikasi spesifik, menjamin reliabilitas dan kinerja.
Demi memenuhi kebutuhan ekonomi digital yang tengah berkembang dan evolusi kecerdasan buatan (AI), YOFC aktif terlibat dalam penelitian dan pengembangan serat optik generasi baru. Lewat langkah ini, YOFC mempertahankan statusnya sebagai pemimpin pasar di dalam dan luar negeri. Di pameran tersebut, berbagai produk serat optik generasi baru YOFC, misalnya serat optik space division multiplexing (SDM) dan serat optik hollow-core, menarik banyak perhatian praktisi industri.
Sentra Baru Komputasi Hijau
Di MWC tahun ini, pusat data—motor penggerak penting pada era digital—menyimpan kumpulan informasi dunia yang jumlahnya terus bertambah— menjadi sorotan. Dalam acara tersebut, YOFC melansir inovasi terbaru: solusi kabel pusat data yang ramah lingkungan, iCONEC. Solusi ini tidak hanya dirancang untuk meningkatkan pita lebar dan efisiensi spasial pada pusat data, namun juga secara signifikan memperpanjang masa operasional pusat data. iCONEC juga menurunkan emisi karbon dan menghemat biaya.
Lebih lagi, YOFC meluncurkan solusi modul optik holistis untuk jaringan komputasi pusat data yang didukung AI. Melampaui teknologi III-V konvensional, YOFC memperkenalkan solusi modul optik 400G/800G generasi baru dengan teknologi fotonik silikon. Terobosan ini akan memangkas konsumsi energi modul optik sekitar 20%. Maka, solusi tersebut membuka babak baru bagi pusat data yang lebih ramah lingkungan.
Nilai Tambah Baru Energi Digital
Inovasi digital membangkitkan kembali sektor energi, serta mengubah segala hal, mulai dari jaringan listrik hingga infrastruktur maritim. YOFC juga memimpin revolusi tersebut dengan melansir beragam produk dan layanan segera merombak infrastruktur energi digital.
Di segmen kelistrikan, transmisi Ultra High Voltage (UHV) menjadi teknologi transmisi listrik tercanggih secara global. YOFC menghadirkan rangkaian solusi listrik digital yang lengkap untuk sistem transmisi UHV DC, termasuk serat optik G654E, kabel ADSS (All-Dielectric Self-Supporting) dan OPGW (Optical Ground Wire), kabel tahan api tegangan tinggi, konektor daya, serta unit perangkat optik. Selain itu, YOFC menyediakan layanan panduan konstruksi profesional yang memastikan keamanan dan keandalan sistem UHV.
Di segmen maritim, YOFC menjadi pionir yang mengembangkan seluruh rantai teknik kelautan. Portofolio produk YOFC pada segmen ini mencakup serat optik bawah laut dan kabel listrik, serta rangkaian solusi terkait dan layanan EPC (engineering, procurement and construction). Portofolio produk ini memenuhi spektrum aplikasi yang luas, mulai dari memfasilitasi transmisi listrik dari pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) lepas pantai, serta melayani kebutuhan anjungan migas lepas pantai, hingga memfasilitasi komunikasi lintas-samudra dan membangun jaringan observasi bawah laut. Investasi strategis pada peralatan PLTB lepas pantai berskala besar melambangkan komitmen YOFC mempertahankan daya saing di bidang teknik kelautan.
Pengalaman Baru Kehidupan Digital
Ketika konektivitas digital yang lancar menjadi unsur terpenting, YOFC mengatasi hambatan "last mile" yang dikenal luas dalam komunikasi seluler. Upaya YOFC ini segera memperkaya kehidupan digital pengguna dengan menawarkan solusi konektivitas optik yang komprehensif.
Menyasar kebutuhan angkutan kereta api modern, YOFC melansir solusi khusus untuk beragam kebutuhan frekuensi sistem komunikasi nirkabel yang berbeda-beda. Dengan kabel leaky coaxial yang inovatif dan aksesorinya, YOFC menjamin, penumpang kereta dan pengguna terowongan memperoleh kecepatan internet dua gigabita sebagai komponen utama dalam gaya hidup mobile-first.
Untuk sistem kabel jaringan optik, solusi prakoneksi F.ODN generasi baru dari YOFC mempersingkat instalasi hingga 80% dibandingkan metode biasa. Hasilnya, klien mampu mengimplementasikan jaringan premium secara cepat dan efisien. Selain itu, YOFC juga meluncurkan solusi invisible cable wiring FTTR (Fibre to The Room). Solusi ini pun telah banyak dipakai operator telekomunikasi berkat kompleksitas instalasi yang lebih minim, serta tidak mengganggu tampilan.
YOFC juga menghadirkan kabel optik aktif leading-edge untuk industri smart audio dan industri. Solusi dengan serat optik bend-resistant yang dirancang secara independen, BendRobust®, ini telah banyak diminati. Produk-produk tersebut memiliki keunggulan berkat fleksibilitas yang luar biasa, serta fitur transmisi data unggulan. Dengan demikian, produk-produk YOFC menjadi lompatan penting dalam evolusi smart home dan teknologi multimedia. 
Mengatasi Kesenjangan Digital
Sejak 2014, YOFC mulai menjalankan misi ambisius untuk menghadirkan konektivitas serat optik ke berbagai area yang paling terpencil di bumi. Didukung sejumlah pabrik di Indonesia, Afrika Selatan, Brazil, dan Polandia, YOFC memimpin upaya berskala internasional untuk menghubungkan masyarakat yang kurang beruntung, mulai dari masyarakat yang tinggal di hutan lebat di Filipina hingga wilayah perkotaan yang padat penduduk di Peru dan Indonesia. Baik laut luas, gunung yang terjal, atau wilayah kumuh, YOFC hadir di tempat-tempat tersebut dengan memegang prinsip bahwa setiap orang layak memperoleh koneksi internet.
Related stocks: HongKong:6869 Shanghai:601869

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:erek erek 1000 mimpi bergambar

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
slot gacor terbaik 2022
top 13 slot demo
situs slot terpercaya hari ini
nusaslots
surgawin
panen777
macauklub
cara pasang togel pemula
slot terpercaya
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot online terpercaya 2022
Bab 2 puncak slot
Bab 3 kilat77 pro
Bab 4 87 togel
Bab 5 slot sering kasih menang
Bab 6 rtp piala88
Bab 7 situs slot resmi 2023
Bab 8 deposit pulsa tanpa potongan
Bab 9 situs slot gacor gampang menang
Bab 10 situs paling gacor 2023
Bab 11 bebasjudi88
Bab 12 judi slot yang gacor hari ini
Bab 13 bonus freespin
Bab 14 utama88 demo
Bab 15 tafsir mimpi 34
Bab 16 link slot deposit 5rb
Bab 17 gbo slot online
Bab 18 video slot maxwin
Bab 19 pragmatic new slot88
Bab 20 boga88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5755bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Budidaya Keabadian Staf

buku joker merah
Satgas Gakkum DC tangkap anggota KKB perampas senpi Polri di Ilaga
Arsip foto - TKP kasus perampasan senjata api yang dilakukan KKB di sekitar pasar Kago, Ilaga, bulan Pebruari lalu. ANTARA/HO-Humas Polda Papua.
Jayapura (ANTARA) - Kasatgas Penegakan Hukum Damai Cartenz (Gakkum DC) Kombes I Gusti Gde Era Adhinata mengakui, tim nya telah menangkap anggota KKB yang diduga kelompok perampas senjata api milik KP3 Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Memang benar anggota telah menangkap salah satu anggota KKB yang juga terlibat dalam kasus perampasan senpi jenis SS 1-V 1 yang terjadi tanggal 2 Pebruari lalu, kata Kombes Era Adhinata kepada ANTARA di Timika, Minggu.

Baca juga: Perampas senjata api KP3 Udara Ilaga anggota KKB Numbuk Telenggen

Diakui, dari laporan yang diterima YT alias WT diduga terlibat dalam perampasan senpi SS 1 yang terjadi di depan Masjid Al Iklas Ilaga Kompleks Pasar Kago, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak .

Setelah merampas senpi, anggota KKB yang merupakan anak buah Numbuk Telenggen itu melarikan diri ke kampung Mundidok, Distrik Gome yang merupakan salah satu kampung yang menjadi basis KKB.

Baca juga: Tim gabungan TNI-Polri tangkap KKB kelompok Numbuk Telenggen di Puncak

Penangkapan terhadap YT dilakukan Sabtu (2/3) saat yang bersangkutan berada di sekitar kampung Kago.

Saat ditangkap, juga diamankan sejumlah barang bukti yang dibawa didalam tas noken, di antaranya dua handphone selular dan dompet yang berisi KTP serta uang.

YT saat ini masih ditahan di Mapolres Puncak di Ilaga untuk dimintai keterangannya, kata Kombes Era Adhinata yang juga menjabat Kabid TIK Polda Papua.

Baca juga: Seorang anggota KKB tewas saat kontak tembak dengan aparat
Baca juga: Anggota KKB dari Yambi nyatakan kembali ke NKRI

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024

Hidup di dunia tanpa akhir

pahlawan88 slot
Polisi pastikan tak ada korban dalam bencana pergeseran tanah di Bogor
Lokasi bencana alam pergeseran tanah di Desa Sukamulya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bogor.
Upaya penanganan dan pemulihan terus dilakukan di lokasi bencana yang terdampak pergeseran tanah
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Kepolisian Sektor Sukamakmur Polres Bogor memastikan peristiwa bencana pergeseran tanah di Desa Sukamulya Sukamakmur Kabupaten Bogor Jawa Barat tidak menyebabkan korban jiwa.

"Kejadian bencana alam tersebut tidak mengakibatkan adanya korban jiwa. Kemudian juga kerugian materiil belum dapat ditaksir," kata Kapolsek Sukamakmur Iptu Supratman di Cibinong, Minggu.

Peristiwa bencana alam pergeseran tanah ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB Sabtu, dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi.

Ia menjelaskan, tim gabungan dari TNI-Polri di Desa Sukamulya telah melakukan pemeriksaan langsung ke tempat terjadinya pergeseran tanah. Hasil pemeriksaan, didapati permukaan tanah yang longsor sekitar 10 hektare.

"Upaya penanganan dan pemulihan terus dilakukan di lokasi bencana yang terdampak pergeseran tanah, dan juga diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terutama warga yang tinggal di wilayah rawan longsor," kata Supratman.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor M Adam Hamdani mengungkapkan bahwa tanah yang bergeser terjadi di areal galian C atau tambang batu milik PT Rizki Putra.

Tanah yang bergeser dari atas ke bawah itu menutup sebagian permukaan Sungai Cihanjawar yang berada tidak jauh dari lokasi galian C.

"Akibat pergeseran tanah menutup dan menyempitnya arus aliran air Sungai Cihanjawar. Jarak ke permukiman kurang lebih 1,5 kilometer," kata Adam. (KR-MFS)
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024

Pembuat mimpi

bola77
Menhub harap kehadiran Biskita Trans Bekasi optimalkan angkutan massal
Armada Biskita Trans Bekasi. ANTARA/HO-BKIP Kemenhub
Kami harap masyarakat yang tadinya naik mobil pribadi pindah ke angkutan umum massal perkotaan sehingga tidak macet, tidak ada polusi.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengharapkan kehadiran Biskita Trans Bekasi dapat mengoptimalkan angkutan umum massal di Kota Bekasi, karena sudah terintegrasi dengan angkutan umum massal lainnya, yaitu LRT Jabodebek dan kereta rel listrik (KRL).

Menhub meresmikan pengoperasian Biskita Trans Bekasi Patriot, di Halte BTS Mall Sumarecon Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu.

"Kami harap masyarakat yang tadinya naik mobil pribadi pindah ke angkutan umum massal perkotaan sehingga tidak macet, tidak ada polusi. Mereka yang bepergian ke kantor di Jakarta jugafresh, tidak stres dan juga lelah," kata Menhub dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Biskita Trans Bekasi Patriot merupakan layanan angkutan umum massal berskema pembelian layanan (buy the service/BTS) di Kota Bekasi, yang terintegrasi dengan LRT Jabodebek.

Saat ini, Biskita Trans Bekasi Patriot melayani satu koridor, yaitu Summarecon Bekasi-Vida Bantar Gebang via Revo Mall (Stasiun LRT Bekasi Barat). Ke depan, direncanakan terdapat total empat koridor Biskita Trans Bekasi Patriot.

"Pak Presiden menyatakan bahwa angkutan umum massal perkotaan adalah suatu keharusan. Kerugian karena tidak adanya atau tidak digunakannya angkutan massal itu ratusan triliun rupiah. Oleh karenanya, pemerintah menginisiasi MRT, LRT, kereta cepat sebagai pendukung BTS dan feederyang harus dilakukan," ujar Menhub.

Peresmian Biskita Trans Bekasi Patriot menjadi salah satu stimulan pengembangan angkutan umum massal berbasis jalan melalui skema BTS. Skema tersebut, dilakukan dengan membeli layanan transportasi umum yang memenuhi standar pelayanan minimal mulai dari aspek kenyamanan, keamanan, keselamatan, keterjangkauan serta kesetaraan.

Bekasi merupakan kota ke-12 yang telah menerapkan layanan BTS. Kota-kota lain yang telah lebih dulu menerapkan BTS, yaitu Bogor, Palembang, Medan, Bali, Solo, Yogyakarta, Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Bandung, dan Surabaya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, yakni Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub Suharto, Penjabat Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad, Forkopimda Kota Bekasi serta para kepala Dinas Perhubungan.
Baca juga: BPTJ Kemenhub cek kesiapan bus BTS Kota Bekasi jelang beroperasi

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Catatan Berburu Hantu Maoshan

buku mimpi pacaran
ASDP gandeng komunitas lingkungan bersihkan sampah di Sungai Ciliwung
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersama Komunitas Ciliwung Depok melakukan aksi nyata menanggulangi sampah di Jakarta dengan menggelar kegiatan Bebenah Ciliwung. ANTARA/HO-ASDP.
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan Komunitas Ciliwung Depok melakukan aksi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan kota dengan menanggulangi sampah di Jakarta dengan menggelar kegiatan Bebenah Ciliwung.

"Pelaksanaan kegiatan Bebenah Ciliwung ini merupakan salah satu giat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebagai wujud kepedulian ASDP terhadap lingkungan melalui penanggulangan sampah," kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dikatakan bagi perseroan, HPSN bukan hanya peringatan tahunan semata namun juga sebagai momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terdapat sekitar 17,7 juta ton sampah per tahun di 123 kabupaten/kota se-Indonesia pada tahun 2023 dengan total sampah yang belum terkelola sebanyak 5,8 juta ton atau setara dengan 33,1% dari timbunan sampah yang ada.

Dengan konsumsi sampah plastik sehari-hari yang terus meningkat, langkah ini sejalan dengan komitmen ASDP untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama pada Nomor 12, 13, dan 14 yang berkaitan dengan Lingkungan dan Penggunaan Plastik.

Kegiatan memperingati HPSN meliputi pembersihan Sungai Ciliwung, kampanye bebas sampah, dan pelepasan ikan khas Ciliwung. "Pada kegiatan kali ini, kami melibatkan komunitas serta relawan yang merupakan karyawan ASDP (Ferizyan) untuk membersihkan bantaran Sungai Ciliwung serta melakukan edukasi langsung dengan menyebarluaskan poster-poster ramah lingkungan. Kami juga melepaskan ikan-ikan khas Ciliwung untuk menjaga kelestarian fauna di Sungai Ciliwung," tambah Shelvy.

Dalam kegiatan bersih-bersih tersebut, ASDP bersama dengan komunitas Ciliwung berhasil mengumpulkan sebanyak 1.214,5 kg atau sama dengan 114 kantong yg dilakukan selama kurang lebih 45 menit. Para volunteer yang merupakan Ferizyan tersebut juga turut berkontribusi dalam tiap program TJSL guna meningkatkan kesadaran serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat.

Sebagai operator kapal dan pelabuhan, ASDP memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selain melakukan aksi langsung seperti yang dilakukan hari ini, ASDP juga telah mengimplementasikan sejumlah program TJSL lainnya seperti penyediaan Reverse Vending Machine (RVM), penanaman pohon di seluruh cabang, dan Ocean Clean Up Day.

Shelvy juga menyatakan ASDP meyakini bahwa dalam menjaga kelestarian lingkungan bukan hanya bentuk tanggung jawab perusahaan, tetapi juga bagian dari wujud nyata ASDP untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan melindungi warisan alam bagi generasi mendatang.

Dengan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk komunitas lokal dan pemerintah, ASDP yakin dapat mencapai tujuan ini serta memberikan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Komunitas Peduli Ciliwung maksimalkan pembibitan tanaman vetiver

Baca juga: Komunitas Peduli Ciliwung aktif ajak warga peduli lingkungan

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024

kegelapan ekstrem

situs link slot terpercaya
Pertukaran budaya seni musik antara China dan Asia Tenggara diperdalam
(Xinhua)
Nanning (ANTARA) - Di Dongxing, sebuah kota di perbatasan China-Vietnam di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, seorang master Duxianqin bernama Su Haizhen (51), yang juga seorang ahli siter senar tunggal, sedang menyetel alat musik unik tersebut.

Su Haizen hendak memulai sesi terakhirnya sebelum berangkat ke pertemuan "Dua Sesi" yang akan datang.

"Dua Sesi" merupakan pertemuan tahunan Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC), badan legislatif tertinggi China, dan Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People's Political Consultative Conference/CPPCC), sebuah badan penasihat di mana Su menjadi salah satu delegasinya.

Lahir dan dibesarkan di Dongxing, Su berasal dari etnis Jing, sebuah kelompok etnis minoritas kecil, dengan populasi sekitar 30.000 jiwa, yang sebagian besar tinggal di tiga pulau, yakni Wanwei, Wutou, dan Shanxin di kota tersebut.

Duxianqin (yang disebut Dan Bau dalam bahasa Vietnam) merupakan sebuah monokord tradisional dan instrumen musik tradisional asli etnis Jing.

"Duxianqin terdiri dari sebuah papan suara lonjong dengan senar logam yang direntangkan di atasnya. Memetik senar dapat menghasilkan semua suara dalam skala pentatonik, dan untuk mengubah nada atau irama, pemain harus menyentuh batang kayu atau pasak yang dipasang di sisi papan," kata Su, yang juga merupakan salah satu nama besar dalam seni memainkan Duxianqin.

"Mempelajari Duxianqin pada tingkat pemula jauh lebih sulit dibandingkan dengan alat musik yang lebih populer, seperti piano dan biola," tambahnya.

"Proposal yang akan saya ajukan tahun ini memiliki fokus khusus untuk mendesak pemerintah agar meningkatkan upaya mempromosikan Duxianqin, yang populer di Vietnam, sehingga dapat menjadi jembatan pertukaran budaya antara China dan negara-negara tetangganya di Asia Tenggara," lanjut Su, setelah bekerja keras semalaman mengoreksi proposal dan usulannya untuk terakhir kalinya sebelum diajukan.
 
(Xinhua). .


Su mencatat bahwa di masa lalu, banyak sekali tantangan bagi seni memainkan monokord etnis ini untuk terus bertahan, apalagi berkembang.

Namun, melalui upaya yang cukup besar untuk melindungi dan mempopulerkannya selama lebih dari dua dekade, vitalitas baru telah disuntikkan ke dalam seni yang dulu hampir punah ini

Dimasukkan ke dalam daftar warisan budaya takbenda oleh otoritas nasional pada 2011, status yang baru didapat ini merupakan sebuah anugerah besar bagi Duxianqin sebagai sebuah seni dan mereka yang hidup dan mengemban keahlian itu seperti Su, yang dengan bangga dinobatkan sebagai "pewaris" warisan budaya tersebut oleh otoritas regional di Guangxi.

Hanya dipisahkan sungai dengan Kota Mong Cai di Vietnam, Dongxing menyaksikan interaksi yang erat antara penduduk perbatasan China dan Vietnam.

Setelah terpilih menjadi anggota CPPCC pada 2023, Su berupaya memanfaatkan kedekatan antara wilayah yang dihuni etnis Jing dan negara-negara tetangga untuk menjadikan alat musik ini sebagai bagian penting dari ikatan budaya antara China dan Asia Tenggara.

"Seni Duxianqin tidak hanya eksklusif di China, namun juga telah menjadi bagian dari tradisi budaya di negara-negara seperti Vietnam dan Myanmar selama berabad-abad," kata Su. "Setiap tahun, penduduk perbatasan dari kedua sisi perbatasan akan menikmati Festival 'Ha' untuk menghormati leluhur bersama mereka dengan cara menyanyi, menari dan bermain Duxianqin. Ini adalah kesempatan untuk memupuk persahabatan, pengertian, dan rasa hormat yang lebih besar.

Pada 2005, Su melakukan perjalanan ke Hanoi di Vietnam dan mencari bimbingan seni Duxianqin dari para maestro. Selama bertahun-tahun, Su telah diundang untuk melakukan tur untuk menampilkan pertunjukan di berbagai negara dan kawasan di seluruh dunia.
 
 (Xinhua)


Permainan Duxianqin juga menjadi bagian dari daftar pertunjukan yang digelar selama China-ASEAN Expo, yang diadakan setiap tahun di Nanning, ibu kota Guangxi. 

"Memainkan lagu-lagu lokal di tempat yang saya kunjungi merupakan cara yang bagus untuk mendekatkan penonton saya, dan membuat mereka tertarik pada alat musik yang saya gunakan dan membuat mereka ingin mempelajarinya lebih lanjut, terutama orang-orang yang menciptakannya dan sejarah di balik itu."

Dengan perdagangan antara kedua pihak yang meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2010, ASEAN dan China, dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi mitra dagang terbesar bagi satu sama lain. Sementara itu, serangkaian forum budaya dan festival seni telah diselenggarakan untuk menyediakan lebih banyak platform guna meningkatkan pertukaran antarpihak.

Sebagai guru seni Gamelan, sebuah orkestra Indonesia yang sebagian besar terdiri dari instrumen perkusi, di Universitas Seni Guangxi, Randy Geovani Putra, seorang musisi Indonesia berusia 37 tahun, juga menjabat sebagai dekan Gamelan di universitas tersebut.

Dalam pengajarannya, Randy mencoba memadukan Gamelan dengan pertunjukan musik tradisional China, dan karyanya sangat diapresiasi oleh mahasiswa dan penonton.
 
   (Xinhua)



Berkat promosinya, semakin banyak mahasiswa di universitas itu yang jatuh cinta pada Gamelan. "Musik tidak mengenal batas. Saya berharap semakin banyak masyarakat China yang bisa mengapresiasi keindahan Gamelan, menjadikannya jembatan pertukaran budaya antara China dan tanah air saya," kata Randy

"Duxianqin dan Gamelan memiliki tingkat kesamaan tertentu dalam sejarah karena keduanya sebagian besar dimainkan di istana kerajaan untuk menghibur pejabat kerajaan sebelum dipopulerkan dan menjadi bagian penting dari identitas etnis," kata Su yang menaruh harapan besar bahwa usulan yang akan dia sampaikan dalam "Dua Sesi" tahun ini akan memberikan perbedaan, dan membuat Duxianqin berkontribusi lebih banyak untuk mempererat ikatan budaya antara China dan negara-negara ASEAN.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Karier Pesawat Dandy

slot online 77
Menpora: Pedayung Solu Bolon berpotensi jadi atlet dayung nasional
Menpora Dito Ariotedjo menjawab pertanyaan wartawan di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (3/3/2024). ANTARA/Donny Aditra
Kabupaten Toba, Sumatera Utara (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa pedayung perahu kayu besar khas Batak atau Solu Bolon berpotensi menjadi atlet dayung nasional ke depannya.
Dito menjelaskan, olahraga tradisional asli dari kawasan Danau Toba itu bisa menjadi sumber untuk mencari bibit-bibit atlet masa depan, sehingga harus didukung oleh pemerintah daerah. "Solu Bolon sangat baik untuk dikembangkan ke depan dan bisa dilihat oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI)," kata Dito di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu. Lebih lanjut, dia menjelaskan, kearifan lokal itu mirip dengan olahraga dragon boat(perahu naga) yang dilombakan dalam ajang internasional, seperti SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade, sehingga para atlet Solu Bolon berpotensi menjadi atlet nasional ke depan. "Nanti, pedayung Solu Bolon berpeluang untuk menjadi atlet nasional," ujar dia. Sementara itu, lomba Solu Bolon menjadi side event dari penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, pada 2-3 Maret.
Baca juga: Kesuksesan F1 Powerboat jadi promosi wisata Sumut berkelanjutan 
Dalam balapan final pada Minggu sore, delapan kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, diwakili masing-masing satu tim untuk mengikuti perlombaan yang digelar oleh PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney. Delapan kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Toba, Tapanuli Utara (Taput), Samosir, Humbang Hasundutan, Simalungun, Dairi, Pakpak Bharat, dan Kabupaten Karo. Kabupaten Tapanuli Utara tampil sebagai juara 1 dalam perlombaan tersebut, diikuti oleh Kabupaten Samosir dan Kabupaten Simalungun dengan masing-masing juara 2 dan 3. Untuk pendukung tim terbaik, panitia memilih tuan rumah yaitu Kabupaten Toba sebagai pemenang. Babak penyisihan dan semifinal Solu Bolon, berlangsung Sabtu (2/3). Pada babak penyisihan, dua tim yang sudah ditentukan oleh panitia saling berhadapan untuk merebut tempat di babak semifinal. Dalam babak tersebut, Tim Taput mengalahkan Toba, sedangkan Samosir menang melawan Humbang Hasundutan. Kemudian, Tim Simalungun menang dari Dairi, sementara Pakpak Bharat harus mengakui keunggulan Karo. Pada babak semifinal, Tim Taput menang melawan Simalungun, dan Karo harus mengakui keunggulan Samosir. Selanjutnya, Tim Simalungun menang atas Karo dalam perebutan tempat ketiga, sedangkan Taput menjadi jawara setelah mengalahkan Samosir. Teriakan penonton semakin menambah tegang perlombaan tradisional itu. Setiap tim Solu Bolon berisi 14 orang yang terdiri dari 10 pedayung (paddler), 1 pengatur arah (steerer), 1 penabuh drum (drummer), dan 2 orang cadangan.

Baca juga: Lomba Solu Bolon jadi salah satu "side event" F1 Powerboat Danau Toba

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024