petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman awal kredivo

eropa4d 80Jutaan kata 875660Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman awal kredivo》

Mulai Besok Naik MRT Tak Bisa Pakai Ovo, Gopay, Dana dan LinkAja******

PT MRT Jakarta mengumumkan penumpang tidak bisa menggunakan GoPay, Ovo, Dana, dan LinkAja untuk pembelian tiket mulai Sabtu (1/7) besok.
PT MRT Jakarta mengumumkan penumpang tidak bisa menggunakan GoPay, Ovo, Dana, dan LinkAja untuk pembelian tiket mulai Sabtu (1/7) besok. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT MRT Jakarta mengumumkan penumpang tidak bisa menggunakan GoPay,Ovo, Dana, dan LinkAja untuk pembelian tiket mulai Sabtu (1/7) besok.

Corporate Secretary Division head MRT Jakarta Ahmad Pratomo menjelaskan penyesuaian sistem pembayaran ini dilakukan seiring dengan telah selesainya kontrak kerja sama dengan para mitra e-wallet tersebut.

Sampai saat ini katanya, belum ada kesepakatan lebih lanjut untuk memperpanjang kerja sama dari para mitra.

Adapun ketentuan ini tak lepas dari penyesuaian sistem pembelian dan pembayaran tiket yang dilakukan PT MRT Jakarta per 1 Juli 2023.

Mengutip informasi yang mereka sampaikan melalui akun Twitter @mrtjakarta, ada beberapa pilihan dan metode pembayaran tiket yang bisa dipilih masyarakat.

Lihat Juga :
Dirut Pastikan Tak Ada PHK Imbas Perum PPD Digabung dengan Damri

Untuk pembayaran dengan kartu elektronik bank, masyarakat bisa menggunakan Brizzi keluaran BRI, Flazz BCA, e-money Mandiri, TapCash BNI, dan Jakcard.

Selain itu, pembayaran juga bisa dilakukan melalui kartu multi trip, single trip, dan Jak Lingko. Pembayaran juga bisa melalui QR Code di aplikasi MRT-J dengan menggunakan Astrapay, i.saku, dan blu by Digital BCA.

"Hai, Kak. Benar ya. Per tanggal 1 Juli 2023 pembayaran yang tersedia di aplikasi MRT-J dapat menggunakan Astrapay, i.saku, dan blu by Digital BCA, ya. Terima kasih," kata perusahaan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Jasa Marga Catat 182 Ribu Kendaraan Keluar Jabotabek H******

Jasa Marga mencatat sebanyak 182.279 kendaraan keluar Jabotabek pada H-2 Iduladha 2023 atau naik 43,24 persen dibandingkan kondisi normal.
Jasa Marga mencatat sebanyak 182.279 kendaraan keluar Jabotabek pada H-2 Iduladha 2023 atau naik 43,24 persen dibandingkan kondisi normal. (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 182.279 kendaraan keluar Jabotabek pada H-2 libur Hari Raya Iduladha 2023 atau naik 43,24 persen dibandingkan lalu lintas normal.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan sngka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung). 

"Untuk distribusi lalu lintas keluar Jabotabek yang menuju ke tiga arah, yaitu mayoritas sebanyak 91.205 kendaraan atau 50,04 persen menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 52.889 kendaraan atau 29,02 persen menuju arah Barat (Merak), dan 38.185 kendaraan atau 20,95 persen menuju arah Selatan (Puncak)," kata Lisye dalam keterangan resmi, Rabu (28/6).

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas," ucapnya.

Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

1. Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)

- Lalin keluar Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 50.082 kendaraan, naik sebesar 98,28 persen dari kondisi normal.

- Lalin keluar Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 41.123 kendaraan, naik sebesar 57,79 persen dari kondisi normal.

Total lalin keluar Jabotabek yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 91.205 kendaraan, naik sebesar 77,72 persen dari lalin normal.

2. Arah Barat (Merak)

- Lalin keluar Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 52.889 kendaraan, naik 15,13 persen dari kondisi normal.

3. Arah Selatan (Puncak)

- Lalin keluar Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sebanyak 38.185 kendaraan, naik 27,32 persen dari kondisi normal.

[Gambas:Video CNN]

(can/pta)

Jerit Pengunjung Blok M Dipalak Parkir Liar: Kami Merasa Dizalimi******

Warganet mengeluhkan parkir liar yang masih ada di kawasan Blok M. Padahal, sebelum memasuki kawasan tersebut, pengelola sudah memberikan tiket parkir resmi.
Warganet mengeluhkan parkir liar yang masih ada di kawasan Blok M. Padahal, sebelum memasuki kawasan tersebut, pengelola sudah memberikan tiket parkir resmi. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kawasan Blok M memiliki kebanggaan tersendiri bagi para muda-mudi Jakarta. Sayangnya, kawasan ini masih menjadi sarang parkir liar.

Belum lama ini, jagat Twitter diramaikan oleh para netizen yang mengeluhkan parkir liar di kawasan Blok M. CNNIndonesia.commencoba membuktikan jeritan para warganet tersebut.

Dengan mengendarai sepeda motor, penulis tiba di kawasan hits Jakarta ini pada Selasa (4/7), pukul 16.25 WIB. Masuk melalui pintu gerbang sebelah timur Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, penulis disambut dengan mesin parkir otomatis. Satu kali sentuhan di sensor mesin, karcis parkir berwarna putih bersih pun keluar.

"Jangan meninggalkan tiket dan barang berharga di dalam kendaraan Anda," tulis pesan dalam selembar karcis parkir tersebut.

Karcis parkir tersebut penulis genggam erat sembari kembali memacu gas motor. Sepanjang mata memandang, kiri dan kanan jalanan di kawasan Blok M Square berbaris rapi motor dan mobil.

Semilir angin sore dibumbui sahut-sahutan para lelaki yang sigap memanggil pengendara untuk memarkirkan kendaraan di lahan kekuasaannya.

Juru parkir tersebut tidak berseragam resmi. Mereka hanya menggunakan kaus sederhana dan celana pendek, lengkap dengan tato di sekujur tangan atau topi terbalik yang nyentrik.

Lihat Juga :
Penambang Bersuara soal IMF Desak Jokowi Buka Ekspor Nikel Cs Lagi

"Di sini a' (panggilan untuk laki-laki dalam bahasa Sunda)," kata juru parkir saling bersahutan. Penulis pun menepi tepat di sebelah barat muka Blok M Square. Sepeda motor lain tampak nyaman mengapit kendaraan milik penulis.

Motor pun penulis tinggal di lahan parkir liar tersebut. Tak terasa, satu jam lebih waktu berputar penulis habiskan berkeliling di dalam Blok M Square yang kini bak kota mati.

Singkat cerita, penulis keluar untuk berpindah tempat parkir di kawasan Blok M Square. Juru parkir liar pun dengan sigap membantu penulis mengeluarkan motor. Selembar uang Rp5.000 penulis berikan. Sang pemilik 'lahan kekuasaan' tersebut lantas memberikan uang kembalian.

"Keluar ya? Ini (mengembalikan uang Rp2.000). Makasi ya," ucap juru parkir tersebut.

Menuju arah gapura dengan tulisan 'Mal Blok M', penulis tak langsung keluar kawasan tersebut. Kali ini, gas motor dipacu perlahan dan menepi di timur Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, beberapa meter sebelum portal mesin parkir pintar tersebut.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Pastikan Indonesia Sudah Bebas dari Jerat Utang IMF

Juru parkir di lahan ini tak sigap menjajakan jasanya. Penulis bahkan celingukan mencari di mana sosok tukang parkir liar ini.

Setelah motor diparkirkan, barulah muncul sesosok pemuda bertopi dari balik rindangnya pohon. Ia melemparkan pesan singkat andalan para tukang parkir.

"Jangan dikunci setang," ucapnya lugas.

Penulis mengangguk dan beranjak menikmati senja di kawasan taman hits tersebut. Ada banyak muda-mudi duduk di taman, baik hanya untuk sekadar bertukar obrolan atau mencicip makanan.

Salah seorang pengunjung bernama Gilang mengaku kerap datang ke taman tersebut, dan merasa jengkel dengan parkir liar.

"Sering main. Gak terlalu sering sih, tapi kalau main suka ke sini. Saya keberatan ditagih lagi sama tukang parkir liar, ya walaupun cuma Rp2.000-Rp3.000, tapi kan jadinya double. Saya merasa dizalimi, masa iya ditagih parkir di depan, terus di dalam bayar lagi," keluh Gilang.

Lihat Juga :
PUPR Usul Anggaran Rp49 T di 2024, Temasuk Untuk Bandara VVIP IKN

Selain pungutan parkir liar, ia mengatakan tarif parkir yang dibebankan kepada pengguna dari pengelola parkir resmi adalah Rp2.000 per jam. Gilang dengan tegas meminta pengelola parkir Blok M Square menertibkan para jagoan parkir liar tersebut.

Selain Gilang, ada juga Agam yang sedang menikmati senja di kawasan tersebut. Ia mengaku terganggu dengan menjamurnya parkir liar. Menurutnya, taman adalah salah satu kawasan terbuka umum yang seharusnya tidak memberatkan pengunjungnya.

Ia pun mengaku tahu betul jeritan warganet soal parkir liar di kawasan Blok M. Banyak yang mengeluhkan pungutan parkir liar ini di Twitter hingga TikTok.

"Harusnya parkir liar ditindak, sama Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan pengelola parkir resmi di sini," tegasnya.



Sementara itu, Dishub DKI Jakarta berdalih secara rutin melakukan pengawasan dan peninjauan parkir liar, termasuk di kawasan Blok M Square. Mereka menegaskan penertiban dilakukan agar masyarakat bisa memarkirkan kendaraan secara aman dan nyaman.

Bahkan, Dishub DKI Jakarta menegaskan sudah melakukan survei dan peninjauan lapangan di lingkungan parkir Blok M, Jakarta Selatan pada Senin (3/7).

"Dalam peninjauan tersebut, menegur dan memberikan arahan kepada Penyedia Jasa Perparkiran (PJP) di lokasi tersebut agar tidak memungut uang parkir tambahan, mengingat telah adanya imbauan agar masyarakat hanya membayar parkir satu kali di pintu keluar Blok M Square," tulis penjelasan Dishub DKI Jakarta di akun Twitter resmi.

"Dishub DKI Jakarta akan selalu melakukan pengawasan dan peninjauan lapangan pada berbagai lokasi parkir di Jakarta, seperti di kawasan Blok M. Harapannya, upaya ini bisa membuat masyarakat semakin aman dan nyaman saat memarkirkan kendaraannya," tutup mereka.

Bahkan, Dishub DKI Jakarta meminta masyarakat proaktif untuk segera melaporkan jika menemui tindakan parkir liar tersebut. Pelaporan bisa langsung dilakukan melalui aplikasi JAKI.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)




bab terbaru:kings4d

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
situs online slot terpercaya
demo slot odin
bola500
pinjol suku bunga rendah
sgp 88 slot login
situs online slot gacor
rtp asli777
deposit pulsa tanpa potongan
mahkota4d
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara dapat uang banyak dalam waktu singkat
Bab 2 situs slot deposit qris
Bab 3 pola gacor slot gatot kaca
Bab 4 agen 01 slot
Bab 5 paito hk angkanet
Bab 6 slot slots
Bab 7 qqmadrid
Bab 8 link tergacor di dunia
Bab 9 rtp slot pas77 login
Bab 10 slot terbaru gampang menang
Bab 11 firsplay88
Bab 12 slot777 gacor
Bab 13 situs slot dunia
Bab 14 03 togel
Bab 15 pinjaman ke bank mandiri
Bab 16 erek melahirkan
Bab 17 pinjam uang selain pinjol
Bab 18 naga168 slot
Bab 19 pol88
Bab 20 tinyurl slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8926bab
takutBacaan TerkaitMore+

Tuan Kerajaan Dao

voucher hotel traveloka
Mal Blok M hingga Plaza Semanggu yang dulu pernah menjadi andalan muda mudi ibu kota kini sepi bak kota mati, imbas covid-19 hingga pengaruh online shop.
Mal Blok M hingga Plaza Semanggu yang dulu pernah menjadi andalan muda mudi ibu kota kini sepi bak kota mati, imbas covid-19 hingga pengaruh online shop. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gemerlap pusat perbelanjaan andalan Ibu Kota Jakarta kini mulai redup. Satu per satu mulai sunyi. Seperti Mal Blok M yang dulu pernah menjadi andalan muda mudi ibu kota. Kini sepi bak kota mati.

CNNIndonesia.com mencoba mengunjungi mal-mal yang bak kota zombie itu.

Ada Plaza Semanggi, Pasaraya Grande, hingga Mal Blok M yang hits dengan label 'Mal Bawah Tanah'.

Saat tiba di mal itu, suasana dingin sudah terasa. Bahkan, genangan air membanjiri lahan parkir mal ini.

Masuk dari pintu barat, terdengar langkah salah satu pedagang yang menyeret tumpukan barang dagangannya. Ia terburu-buru membuka tokonya seakan tak rela kehilangan satu pun pembelinya.

Langkah sang wanita diikuti jejak kaki putranya. Remaja tanggung itu cekatan memikul barang dagangan sang ibu yang ternyata berupa pakaian muslim.

"Jangan lupa salat ya," kata pedagang wanita tersebut menitipkan pesan kepada putranya yang beranjak pergi.

Penulis pun bergegas mengitari lantai dasar Plaza Semanggi. Bagaikan tawaf, tujuh putaran berlalu ternyata tak mengubah jumlah pedagang yang melapak. Jari tangan penulis tak kesulitan menghitung aktivitas manusia di sini.

Lihat Juga :
PUPR Targetkan Renovasi JIS Rampung Tiga Bulan

Sampai pada akhirnya penulis menghampiri salah satu toko pakaian muslim. "Iya di sini sepi. Bukan karena masih pagi, tapi memang cuma segini toko yang buka," tutur pedagang itu.

Pantauan penulis, hanya kurang dari 10 toko yang bercahaya. Sisanya tertutup rapat, gelap, dipenuhi debu tebal.

Suara napas penulis bahkan terdengar jernih di lantai ini. Namun, kesunyian pecah ketika ada sesosok perempuan paruh baya tampak sibuk merapikan baju dagangannya.

Namanya Euis. Wanita 57 tahun itu mengaku sudah lima tahun melapak di Plaza Semanggi. Menurutnya, mal ini berubah selaiknya sarang zombie sejak pandemi covid-19 menyerang.

"Omzet bukan turun lagi, dahsyat. Bukan berapa persen lagi turunnya. Dulu nih ya, sebelum pandemi itu jam 12 siang saya sudah dapat Rp1 juta. Sekarang, sebulan baru dapat itu Rp1 juta, ya mentok Rp1,5 juta. Jauh banget, ribuan persen kali turunnya," curhat Euis sembari menyeka matanya yang berkaca-kaca.

Ia mengaku rindu sahut-sahutan pedagang di Plaza Semanggi. Euis menceritakan teman sejawatnya yang tak kunjung kembali berniaga meski covid-19 sudah mereda.

Lihat Juga :
Teten Sebut UU Koperasi Bakal Direvisi Imbas KSP Banyak Bermasalah

Meski hatinya sedih, ia tetap percaya pintu rezeki akan selalu terbuka. Euis juga bersyukur pihak pengelola mal mau berbenah. Menurutnya, Plaza Semanggi tengah dalam masa renovasi dengan niat melahirkan konsep baru yang lebih segar.

"Alhamdulillah manajemennya bijaksana. Harga sewa toko sih seragam ya, mau yang lama atau baru. Tapi sekarang untuk sewa dibebaskan, gratis. Cuma servis sama listrik kita yang bayar. Itu sudah sejak pandemi sampai sekarang, dari 2019 itu," tuturnya.

"Kita kan sekarang yang buka cuma sedikit. Jadi sama-sama saling bantu kan. Enggak ada lebih dari 10 toko ini, makanya saling bantu. Kita sebenarnya sudah engap-engapanjuga," imbuhnya.

Ternyata kesunyian tak hanya timbul di lantai dasar. Suasana mencekam bahkan terasa di lantai 3A. Ada sudut di lantai tersebut yang tampak terbengkalai, lengkap dengan tumpukan debu, lubang di papan eskalator, hingga suasana pengap.

Beberapa eskalator di mal ini tak berfungsi normal.

Setiap kaki melangkah, sama sekali tak ada sahut-sahutan pedagang yang beradu menarik calon pembeli. Wajar saja, rata-rata toko tak berpenghuni, lengkap dengan rolling door tertutup rapi.

Bukan nama toko yang terpampang di rolling door Plaza Semanggi, melainkan secarik kertas iklan bertuliskan 'Dijual/Disewakan'.



Banyak ruko kosong disewakan bahkan dijual

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Perjalanan Shen Yuan menyatukan dunia

erek2 41
PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mulai menguji cobakan rangkaian rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Penumpang KA Cepat Jakarta-Bandung.
PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mulai menguji cobakan rangkaian rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Penumpang KA Cepat Jakarta-Bandung. (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia-China(KCIC) mulai mengujicobakan rangkaian rangkaian Electric Multiple Unit (EMU)atau kereta penumpang KA Cepat Jakarta-Bandung.

Kereta tersebut diuji dengan comprehensive inspection train (CIT)atau kereta inspeksi hingga 350 km per jam.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan saat ini pengujian sudah memasuki tahap selanjutnya yaitu tes untuk rangkaian kereta penumpang dengan pola uji coba belum diperuntukkan mengangkut penumpang.

Berbeda dengan kereta inspeksi yang dipenuhi ruang rapat dan peralatan pengukuran, kereta penumpang berfungsi untuk melayani penumpang sehingga di dalamnya terdapat fasilitas tempat duduk hingga 601 buah.

Selain interiornya, perbedaan juga terlihat pada eksteriornya. Jika di kereta inspeksi berwarna abu-abu dan kuning, untuk kereta penumpang berwarna abu-abu dan merah.

Kereta penumpang pada KA Cepat juga memiliki nama Red Komodo atau Komodo Merah.

Lihat Juga :
Arti Perusahaan Zombie yang Diwanti-wanti IMF Berpeluang Muncul di RI

Hal itu didasari dari rangkaian yang berwarna merah serta bentuknya yang terinspirasi dari hewan khas Indonesia dari zaman prasejarah.

Eksterior kereta penumpang juga terinspirasi dari sisik komodo yang tercermin dalam corak segitiga di hidung dan pintu-pintu kereta.

Terdapat 11 rangkaian kereta penumpang KCJB yang telah tiba seluruhnya di Indonesia.

Seluruh rangkaian kereta saat ini terparkir di Depo Tegalluar dan bersiap untuk disertifikasi oleh Kementerian Perhubungan guna memastikan kelayakan operasional kereta.

Dalam satu rangkaian KCJB, ada 8 kereta dengan total panjang 208 meter yang memiliki tiga kelas pelayanan yaitu first classdi kereta 1 & 8,business classdi kereta 7, dan sisanya adalah premium economy.

Lihat Juga :
Pertamax Green 95 Bakal Dijual Rp13.500 Mulai Pekan Ketiga Juli 2023

First Classmemiliki 18 tempat duduk berwarna abu-abu dengan susunan 2-1, berbahan kursifaux leather, berbordir batik mega mendung.

Business Classmemiliki 28 tempat duduk berwarna merah dengan susunan 2-2, berbahanfaux leather, bermotif laser cut batik mega mendung.

Premium Economymemiliki 555 tempat duduk berwarna abu-abu dan biru dengan susunan 3-2, berbahan suede, bermotif printing batik mega mendung.

Fasilitas penunjang lainnya yang tersedia dalam kereta penumpang pada KA Cepat diantaranya stop kontak, televisi, meja lipat, dan toilet yang ramah untuk pengguna berkebutuhan khusus.

Terdapat juga mini bar di tengah-tengah rangkaian untuk penumpang yang ingin membeli makanan ringan serta minuman dingin dan panas.

"Kami terus mempersiapkan pengoperasian KA Cepat relasi Jakarta-Bandung sebaik mungkin bersama seluruh stakeholder," ujar Emir Monti dalam keterangan resminya Selasa (4/7) kemarin.

Ia mengatakan bagi masyarakat yang hendak mencoba KA Cepat agar dapat menunggu informasi resmi dari KCIC. Hal ini dikarenakan sampai saat ini tata cara dan skema pendaftaran masih dalam pembahasan.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/pta)

Era masa depan dalam budidaya makhluk abadi

slot gacor wd kecil
Harga beras terancam naik karena fenomena El Nino dan kebijakan tunjangan pertanian India.
Harga beras terancam naik karena fenomena El Nino dan kebijakan tunjangan pertanian India. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga beras terancam naik karena fenomena El Nino dan kebijakan tunjangan pertanian India.

Melansir Reuters, Rabu (5/7), harga beras global saat ini mencapai level tertinggi selama 11 tahun terakhir dan diperkirakan terus meningkat setelah India mendorong peningkatan pendapatan petani.

India yang menyumbang lebih dari 40 persen ekspor beras dunia dan merupakan pemasok termurahnya, akan meningkatkan pembayaran kepada petaninya.

Harga ekspor beras India melonjak 9 persen ke level tertinggi dalam lima tahun, menyusul kenaikan 7 persen bulan lalu dalam harga yang dibayarkan pemerintah kepada petani untuk beras musim baru.

"India adalah pemasok beras termurah," kata Presiden Asosiasi Eksportir Beras (REA) BV Krishna Rao.

"Ketika harga India naik karena harga dukungan minimum yang baru, pemasok lain juga mulai menaikkan harga," lanjutnya.

Beras merupakan makanan pokok bagi lebih dari 3 miliar orang dan hampir 90 persen dari tanaman intensif air diproduksi di Asia, di mana pola cuaca El Nino biasanya menurunkan curah hujan. Dampak El Nino disebut tidak hanya terbatas pada satu negara saja, tapi hampir seluruh negara produsen.

Lihat Juga :
Mengintip Gaji 27 Atlet yang Diangkat Menpora Jadi PNS

Terlepas dari perkiraan panen Asia yang kuat, beberapa rumah perdagangan global memperkirakan El Nino akan mengurangi produksi semua produsen beras utama.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) memperkirakan persediaan beras global akan turun ke level terendah dalam enam tahun terakhir yakni sebanyak 170,2 juta ton pada akhir 2023 lantaran penurunan stok di China dan India.

Di India, penanaman padi pada musim panas turun 26 persen dari tahun lalu karena curah hujan 8 persen lebih sedikit dari biasanya.

"Situasi pasokan sangat ketat, dan penurunan ekspor India berpotensi menyebabkan harga global melonjak," kata dealer yang berbasis di Singapura dengan rumah perdagangan global.

Namun beberapa negara pembeli beras asal Asia, seperti Indonesia dan Filipina, telah membangun stok dan meningkatkan pembelian dari Vietnam.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Menggunakan Tuhan sebagai umpan

juaragan69
Menkop UMKM Teten menyebut UMKM RI baru 7 persen yang masuk rantai pasokan industri. Kalah dengan Vietnam, yang mencapai 24 persen.
Menkop UMKM Teten menyebut UMKM RI baru 7 persen yang masuk rantai pasokan industri. Kalah dengan Vietnam, yang mencapai 24 persen. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM)Teten Masduki mengatakan UMKM Indonesia yang masuk rantai pasokan industri baru sebesar 7 persen. Jumlah itu jauh di bawahVietnam, yang mencapai 24 persen.

Teten menjelaskan hal itu terjadi lantaran sekitar 90 persen UMKM Indonesia berskala mikro yang banyak bergerak di sektor kuliner. Sedangkan, UMKM di Vietnam sudah berbasis inovasi dan teknologi.

"Misalnya (UMKM Vietnam) menjadisupplier,menjadi bagian rantai pasok industri otomotif, industri furnitur, industri makanan, industri kesehatan," kata Teten di Gedung Smesco, Jakarta, (5/7).

"Jadi industri besar harus membagi sebagian besar pekerjaannya kepada pelaku UMKM. Komponen-komponennya bahan bakunya, segala macam harus distribusinya dari UMKM," katanya.

Lebih lanjut, Teten menyebut potensi belanja di UMKM bisa mencapai Rp2.000 triliun pada tahun ini. Angka itu bersumber dari belanja pemerintahan, belanja BUMN, belanja IKN Nusantara dan lainnya.

"Saya kira potensi belanja UMKM sangat besar. BUMN bisa Rp500 triliun untuk beli produk UMKM, IKN bisa Rp Rp400 triliun, pemerintah Rp500 triliun. Jadi ada potensi bisa Rp2.000 triliun untuk beli produk UMKM," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Aku mencintaimu pada tahun aku dilahirkan kembali

imba gacor slot
Badan Pangan Nasional (Bapanas) menaikkan harga pembelian gula di tingkat petani menjadi minimal Rp12.500 per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp11.500 per kg.
Badan Pangan Nasional (Bapanas) menaikkan harga pembelian gula di tingkat petani menjadi minimal Rp12.500 per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp11.500 per kg. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) menaikkan harga pembeliangula di tingkat petani menjadi minimal Rp12.500 per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp11.500 per kg.

Penetapan harga itu diatur dalam Surat Edaran (SE) Badan Pangan Nasional Nomor 159/TS.02.02/K/6/2023 tentang Harga Pembelian Gula Kristal Putih Di Tingkat Petani, berlaku mulai 3 Juli 2023.

"Harga pembelian di tingkat petani atau produsen naik sebesar Rp1.000 per Kg, dari Rp11.500 per kg menjadi Rp12.500 per kg," ujar Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi melalui keterangannya, Minggu (2/7).

"Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan petani tebu khususnya di tengah musim giling yang sedang berlangsung," kata dia.

Selain itu, kebijakan ini juga langkah strategis untuk meningkatkan daya saing industri gula nasional secara berkelanjutan. Dengan pendapatan yang baik ia mengharapkan minat masyarakat atau petani tebu untuk menanam dan meningkatkan produksi tebunya semakin tinggi.

"Sehingga dapat mendorong peningkatan ketersediaan bahan baku tebu yang berdampak pada peningkatan produksi gula nasional," imbuhnya.

Lihat Juga :
Bea Cukai Tahu Eksportir Penyelundup 5 Juta Ton Ore Nikel ke China

Bapanas telah berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri terkait langkah-langkah sosialisasi serta pengawalan implementasi harga di lapangan untuk memastikan agar berlakunya kebijakan terbaru ini berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, Arief mengungkapkan kenaikan harga pembelian gula konsumsi di tingkat petani ini tidak lepas dari adanya kenaikan biaya produksi (biaya sewa, tenaga kerja, benih, pupuk, dan pestisida), serta biaya distribusi.

Berdasarkan survei Biaya Pokok Produksi (BPP) Tebu 2023 yang dilakukan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan, telah terjadi kenaikan BPP sebesar 9,08 persen dari Rp589.229 per ton tebu menjadi Rp650 ribu per ton tebu.

"Untuk itu, diperlukan penyesuaian agar keseimbangan dan kewajaran harga di tingkat petani, penggilingan, pedagang, dan konsumen, terjaga sesuai harga keekonomian saat ini, sebagaimana arahan Bapak Presiden," pungkas Arief.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Dunia pedang pertama

qq1889
LRT Jabodebek bakal beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 23.37 WIB. Rencananya, moda transportasi itu beroperasi mulai 18 Agustus 2023.
LRT Jabodebek bakal beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 23.37 WIB. Rencananya, moda transportasi itu beroperasi mulai 18 Agustus 2023. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

LRT Jabodebek bakal beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 23.37 WIB.

Manajer Humas LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan moda transportasi tersebut akan resmi beroperasi mulai 18 Agustus mendatang.

"Nantinya LRT akan beroperasi dari jam 5 pagi sampai jam 23.37 WIB. Jadi warga masyarakat enggak perlu khawatir berangkat gelap pulang gelap kami siap mendukung," kata Kuswardoyo saat uji coba LRT Jabodebek, Kamis (6/7).

Sebelum resmi beroperasi, LRT Jabodebek akan mengadakan soft launchingpada 12 Juli hingga 15 Agustus yang dapat diikuti oleh masyarakat dengan tarif Rp1. Sebanyak 4 trainsetakan dijalankan saat soft launchingdengan kapasitas 150 orang pertrainset. Sehingga total penumpang yang bisa ikut soft launchingdalam satu hari sebanyak 600 orang.

Kuswardoyo mengatakan tidak ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi masyarakat yang ingin ikut soft launching. Mereka cukup mendaftar di link yang akan tertera di akun media sosial resmi LRT Jabodebek.

Sementara itu, LRT Jabodebek dapat menempuh rute Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat hingga Stasiun Jatimulya, Bekasi hanya dalam 45 menit.

Sedangkan rute Stasiun Dukuh Atas - Stasiun Harjamukti, Depok, ditempuh dalam 40 menit.

Kuswardoyo mengatakan perjalanan tersebut ditempuh dengan kecepatan 50 km per jam hingga 80 km per jam. Kecepatan akan berubah-ubah sesuai jarak setiap stasiun.

"Kemudian juga tergantung pada sistem yang kita masukkan. Artinya ketika kereta di depannya mengurangi kecepatan maka kereta belakangnya juga mengurangi kecepatannya," kata Kuswardoyo.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)