petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kredivo alfamart

depo 50 dapat 50 809Jutaan kata 15700Orang-orang telah membaca serialisasi

《kredivo alfamart》

MCEBI fokus penciptaan produk jasa dalam kewirausahaan kampus******

MCEBI fokus penciptaan produk jasa dalam kewirausahaan kampus
Ketua Muhammadyah Center for Enterpreneurship and Business Incubator (MCEBI) Dr. Endang Rudiatin menyampaikan sambutan pada acara pengukuhan pengurus periode 2023-2025 dan Klinik Bisnis di Auditoroum Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ pada Rabu (28/2/2024). ANTARA/HO-MCEBI
Society 5.0 adalah tentang mengintegrasikan teknologi ke dalam kehidupan kita dengan cara yang lebih cerdas, manusiawi, dan berkelanjutan,
Jakarta (ANTARA) - Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator (MCEBI) akan fokus pada penciptaan usaha produk jasa yang mengandalkan soft skillberbasis web dalam kewirausahaan kampus.

“Society 5.0 adalah tentang mengintegrasikan teknologi ke dalam kehidupan kita dengan cara yang lebih cerdas, manusiawi, dan berkelanjutan,” kata Ketua MCEBI Dr.Endang Rudiatin dalam keterangan persnya yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Endang mengatakan pihaknya secara rutin menyelenggarakan Klinik Bisnis kewirausahaan tiap tahun. Untuk tahun ini, selain praktisi dan pengusaha, MCEBI juga menggandeng akademisi untuk menentukan model inkubasi kewirausahaan ke depan.

Baca juga: Kemenpora gandeng PNM berikan pelatihan kewirausahaan muda di pasar

Dari pengalaman menyelenggarakan Klinik Bisnis selama dua tahun, MCEBI mendapatkan model pengembangan inkubasi bisnis dan kewirausahaan melalui elaborasi soft skill. Hal ini untuk menghasilkan produk jasa dengan penggunaan IT dan AI seperti, fintech dalam transaksi, pengolahan data bisnis, analisa pasar, ataupun manajemen risiko dan sejenisnya.

Endang juga menyebutkan besarnya andil Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dalam melahirkan dan membesarkan MCEBI antara lain pemberian fasilitas dalam berbagai kegiatan kepada para mahasiswa yang menggerakkan MCEBI.

Dikatakan, MCEBI didirikan oleh 30 Lembaga Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA). Dalam kiprahnya, MCEBI telah melakukan serangkaian kegiatan mulai dari klinik bisnis, bootcamp, mengikuti berbagai bazar dan pameran, serta mendampingi mahasiswa melakukan sertifikasi produk dan mengikuti temu bisnis bersama eksportir.

Baca juga: INDEF: Jiwa wirausaha perlu dikembangkan sejak masa prasekolah

Sementara itu, anggota Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadyah Dr.Ir.Paristiyanti Nurwardani mengatakan MCEBI harus menjadi pionir dalam mendorong akselerasi peningkatan prosentase jumlah wirausahawan.

"Hal itu karena masih sangat sedikit mahasiswa yang mau berwirausaha," kata Paristiyanti saat pengukuhan pengurus MCEBI periode 2023-2025 dan Klinik Bisnis di Jakarta pada Rabu (28/2/24).

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Prof. Ma’mun Murod menyampaikan bahwa UMJ menjadi salah satu pionir dalam pembentukan MCEBI.

“UMJ menjadikan kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib bagi para mahasiswa sebagai bentuk dukungan universitas,” katanya.

Baca juga: Kemenperin fokuskan anggaran pengembangan wirausaha baru dan IKM

Menurut Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadyah Prof. Bambang Setiaji, para studentpreneurtidak perlu terpaku kepada produk barang tertentu seperti kuliner yang kini semakin menjamur.

“Mahasiswa mesti mengembangkan keilmuan yang diperolehnya di perguruan tinggi untuk menghasilkan produk jasa yang lebih dibutuhkan setelah Artificial Inteligence menjadi kebutuhan pasar,” kata Bambang Setiaji.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024

Bandara Abdulrachman Saleh Kembali Dibuka Usai Terdampak Erupsi Semeru******

Bandara Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur, kembali beroperasi setelah ditutup akibat erupsi Gunung Semeru.
Bandara Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur, kembali beroperasi setelah ditutup akibat erupsi Gunung Semeru. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bandara Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur, kembali beroperasi setelah ditutup akibat erupsi Gunung Semeru.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M Kristi Endah mengatakan bandara kembali dibuka pada Jumat (12/1) pukul 10.52 WIB setelah sempat ditutup pada Kamis (11/1).

"Kami terus melakukan tes secara berkala dengan interval 1 jam, dan didapatkan hasil negatif," ujar Kristi dalam keterangan resmi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, sambungnya, akan terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait dalam penanganan kondisi tersebut.

"Kejadian seperti ini bersifat dinamis sehingga kami akan menyampaikan update informasi jika ada perkembangan lebih lanjut di lapangan," terang Kristi.

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi. Sejak Senin (8/1) dini hari, terpantau terjadi letusan dengan tinggi kolom abu setinggi 2.000 meter.

"Teramati sembilan kali asap letusan dengan tinggi 400-2.000 meter warna asap putih kelabu," kata Ketua Tim Gunung Api PVMBG Ahmad Basuki.

Masyarakat diminta tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.

"Waspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

JK Cerita Tanah Prabowo yang Diusik Anies, Dulu Milik Bob Hasan******

Jusuf Kalla menyebut tanah ribuah hektar milik Prabowo Subianto yang diusik Anies Baswedan saat debat calon presiden kemarin dulunya milik Bob Hasan.
Jusuf Kalla menyebut tanah ribuah hektar milik Prabowo Subianto yang diusik Anies Baswedan saat debat calon presiden kemarin dulunya milik Bob Hasan. ( Arsip Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) mengungkap asal usul tanah ribuan milik Prabowo Subianto yang diusik Anies Baswedan saat debat calon presiden Minggu (7/1) lalu.

Menurut JK, tanah yang dikuasai oleh Prabowo itu merupakan hasil pembelian dari pabrik kertas PT Kiani Lestari milik Bob Hasan pada 2004 lalu.

JK bercerita bahwa ia lah yang punya peran besar dalam proses pembelian tanah itu. Peran dilakukannya dalam memfasilitasi Prabowo Subianto membeli pabrik kertas PT Kiani Lestari yang berada di Kalimantan.

"Prabowo datang ke kantor saya, dan dia ingin membeli pabrik kertas PT Kiani Lestari milik Bob Hasan yang macet di Bank Mandiri," kata JK di Jakarta, Rabu (10/1).

"Saya telepon Dirut Mandiri Agus Martowardojo. Saya bilang benar ada Kiani Kertas akan dijual? Berapa harganya? Kami akan jual US0 juta dan sudah ada peminat dari Singapura, jangan jual ke Singapura lebih baik ke pengusaha nasional. Lalu dijawab Pak Agus, "Boleh Pak asal cash". Jadi di depan saya ada Pak Prabowo tetapi cash US0 juta," tambahnya .

Setelah pertemuan itu, Prabowo kemudian membeli pabrik Kiani Kertas yang mempunyai lahan untuk hutan industri seluas kurang lebih 200 ribu hektare.

JK berharap keterangan ini menepis isu bahwa ia pernah memberikan lahan kepada Prabowo.

Lihat Juga :
Menteri ATR Komentari Lahan Prabowo yang Diungkit Anies di Debat

"Bukan saya berikan lahan, melainkan dia beli, pabriknya ada izin lahan, tetapi beda kabupaten," kata JK.

Pada saat debat, Ahad (7/1) malam, Anies menyoroti lahan 340 ribu hektare milik Prabowo. Ia mengatakan kepemilikan itu merupakan ironi.

Pasalnya, saat menteri pertahanan memiliki lahan seluas itu, setengah dari total jumlah prajurit TNI di Indonesia justru tidak memiliki rumah.

Prabowo sebut lahan digunakan untuk food estate

Dua hari setelah debat, atau pada Selasa (9/1) Prabowo mengatakan lahan ratusan ribu hektare miliknya sudah diserahkan sebagai tanah hak guna usaha (HGU) yang digunakan untuk proyek lumbung pangan atau food estate.

"Saya sampaikan ke bapak presiden, bapak presiden kalau lahan ini dibutuhkan untuk lumbung pangan bangsa Indonesia, pakai lahan HGU saya, gunakan! saya siap! dan kita sedang menggarap itu," kata Prabowo pada acara Konsolidasi relawan Prabowo-Gibran di GOR Remaja, Riau, Selasa.

Prabowo bercerita semua itu bermula sekitar tiga tahun lalu. Ia ditugaskan menggarap proyek food estate untuk mengantisipasi krisis pangan.

Lihat Juga :
ANALISISRp510,23 T Dana PSN Masuk ke Kantong ASN hingga Politisi, Kok Bisa?

Saat itu, Prabowo mengajukan lahan HGU yang ia kuasai untuk proyek food estate tersebut. Ia mengaku telah menguasai tanah HGU itu sebelum ia menjabat sebagai Menhan.

"Padahal Pak Jokowi ada, saya di istana 2,5 ahun yang lalu saya sudah serahkan tanah itu kepada negara," ucap dia. Ia juga meralat data Anies soal jumlah lahan HGU miliknya, yaitu bukan 340 ribu hektare melainkan 500 ribu hektare.

Tidak diketahui apakah lahan yang disinggung oleh JK dan lahan yang disebut diberikan Prabowo untuk food estate adalah lahan yang sama. 

[Gambas:Video CNN]



(mab/agt)




bab terbaru:pinjol limit tinggi cepat cair

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
live judi88
kera4d
empored
situs ter gacor
server luar thailand
suster4d
erek2 kecelakaan
deposit 30k bonus 30k to kecil
adirabet
Daftar isi semua bab
Bab 1 mpoxtra838
Bab 2 link slot deposit 5000
Bab 3 bidadari 88 slot login
Bab 4 pinjam uang 10 juta di bank bri
Bab 5 agen asia slot
Bab 6 halo138
Bab 7 paito zerozero
Bab 8 naga51
Bab 9 cumibet
Bab 10 slot baru launching
Bab 11 depo 20 bonus 20 to kecil
Bab 12 judi 4d slot
Bab 13 29hoki slot
Bab 14 slot paling terpercaya
Bab 15 rtp bmw4d
Bab 16 kring88
Bab 17 igamble247 demo
Bab 18 situs tergacor slot
Bab 19 aplikasi nyicil hp
Bab 20 buku mimpi togel 3d abjad
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4804bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Ketik 8 orang

jagoan88
Bos Meta Mark Zuckerberg merambah bisnis ternak sapi dengan membuka Peternakan Ko'olau, Kauai, Hawaii. Ia berambisi ciptakan daging terbaik di dunia.
Bos Meta Mark Zuckerberg merambah bisnis ternak sapi dengan membuka Peternakan Ko'olau, Kauai, Hawaii. Ia berambisi ciptakan daging terbaik di dunia. (AP/Nick Wass).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bos Meta Mark Zuckerberg  merambah bisnis ternak sapidengan membuka Peternakan Ko'olau, Kauai, Hawaii.

Dari bisnis itu, ia berambisi menciptakan daging sapi dengan kualitas terbaik di dunia.

"Ternaknya adalah wagyu dan angus, dan mereka akan tumbuh dengan memakan makanan macadamia dan minum bir yang kami tanam dan produksi di peternakan ini," tulis Zuckerberg di akun instagram pribadinya, Selasa (9/1).

Zuckerberg mengatakan ia ingin seluruh proses ternak sapinya bersifat lokal dan terintegrasi secara vertikal. Setiap sapi, sambungnya, akan mengonsumsi 5.000 hingga 10 ribu ton pon makanan setiap tahun. Karena, dibutuhkan banyak sekali pohon macadamia.

Zuckerberg menceritakan ia dibantu sang putri membantu menanam pohon macadamia dan merawat berbagai hewan.

"Kami masih dalam tahap awal perjalanan dan sangat menyenangkan untuk terus meningkatkannya setiap musim. Dari semua proyek saya, ini yang paling enak," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Buku Harian Bajak Laut Magang Magang

slot gacor freebet
Nezar harap platform digital sambut positif Perpres "Publisher Rights"
Tangkapan layar saat Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria memberikan paparan dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang digelar daring, Jumat (1/3/2024) (ANTARA/Fathur Rochman)
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria berharap perusahaan platform digital menyambut positif regulasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas.

"Kita berharap tidak ada respons negatif ya, karena sebelum ini ditetapkan kita mengutamakan dialog dengan semua pemangku kepentingan," ujar Nezar dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang digelar daring, Jumat.

Nezar menjelaskan bahwa regulasi ini, yang juga sering disebut sebagai Perpres Publisher Rights, dibentuk dengan melibatkan banyak pihak, termasuk platform digital dan penerbit, hingga akhirnya menemukan titik kesamaan.

Baca juga: Komite independen awasi implementasi Perpres "Publisher Rights"

Oleh karena itu, kata dia, ketika Perpres tersebut diteken oleh Presiden Joko Widodo, semua pihak, termasuk platform digital dan perusahaan pers, memberikan gestur yang positif.

"Ada kelemahan dan ada kelebihannya dari Perpres ini tapi semuanya kelihatannya bisa menerima," kata Nezar.

Lebih lanjut Wamen Nezar mengatakan bahwa dalam Pasal 19 pada Perpres itu disebutkan bahwa regulasi tersebut baru berlaku enam bulan setelah disahkan.

Artinya, masih terdapat cukup waktu bagi semua pihak untuk membaca secara detail Perpres tersebut, menginternalisasi, dan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

"Jadi bukan berarti kita tunggu enam bulan lagi baru berunding, tapi perundingan sudah dimulai pada hari-hari ini dan semua mencoba menyesuaikan sehingga kita harapkan begitu enam bulan semuanya sudah bisa berjalan sesuai dengan kesepakatan," pungkas dia.

Baca juga: Sekali lagi tentang urgensi Perpres "Publisher Rights"

Perpres Publisher Rights ditetapkan dan diundangkan di Jakarta, 20 Februari 2024. Peraturan itu dirancang untuk mewujudkan kesetaraan antara pelaku industri media massa lokal dan perusahaan platform digital guna memastikan disrupsi digital tidak sampai menggerus industri media massa konvensional.

Selain itu, regulasi tersebut juga bertujuan mendorong kerja sama kedua pihak untuk mendukung jurnalisme berkelanjutan. Perpres Publisher Rights telah digagas sejak tiga tahun lalu. Pemerintah dan pemangku kepentingan terkait telah membahas peraturan yang berkaitan dengan kerja sama perusahaan media dan platform digital. Melalui perpres ini, diharapkan tersedia payung hukum yang menjadi acuan kerja sama antara perusahaan pers dan platform digital agar dapat mendukung jurnalisme berkualitas yang jauh dari konten-konten negatif.

Baca juga: Forum Pemred: Publisher Rights pintu masuk ekosistem media lebih sehat

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Sahabat di sebelah

paito oregon 9 angkapaito
IHSG loyo 0,10 persen ke 7.219 pada Kamis (11/1) imbas tertekan penurunan kinerja 267 saham.
IHSG loyo 0,10 persen ke 7.219 pada Kamis (11/1) imbas tertekan penurunan kinerja 267 saham. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeksharga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.219 pada Kamis (11/1). Indeks saham melemah 7,33 poin atau minus 0,10 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,45 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23,15 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 249 saham menguat, 267 terkoreksi, dan 252 lainnya stagnan. Terpantau tujuh dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor transportasi yang naik 0,74 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia mayoritas hijau. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang tumbuh 1,77 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong naik 1,09 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan merosot 0,07 persen.

Bahkan, bursa saham Eropa kompak menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,49 persen, indeks CAC 40 di Prancis tumbuh 0,61 persen, dan indeks DAX di Jerman naik 0,85 persen.

Bursa Amerika pun serempak ditutup dengan kokoh. Indeks S&P 500 menguat 0,57 persen, indeks NYSE naik 0,27 persen, dan indeks NASDAQ Composite melesat 0,75 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Budidaya kembali: Saya adalah Tuhan yang sejati

slot138 gacor
CGTN: Mengapa China Menganggap Benih Tanaman Sebagai Salah Satu Isu Keamanan Nasional
Logo CGTN
Beijing, (ANTARA/PRNewswire) - Chen Qingshan dan timnya memiliki prioritas yang harus segera dikerjakan: mempercepat budi daya varian baru kedelai guna meningkatkan hasil panen agar China mencapai swasembada kedelai.
"Kedelai menjadi salah satu kendala China," ujar Chen, pakar budi daya kedelai dan peneliti di Northeast Agricultural University, universitas pertanian terkemuka di wilayah penghasil kedelai terbesar di China—Provinsi Heilongjiang, China Timur Laut.
Menurut Chen, tim risetnya berfokus membuat terobosan dalam plasma nutfah (germplasm) kedelai. Tujuannya, mempercepat produksi kedelai dalam negeri dan mengurangi ketergantungan impor. Target ini semakin relevan di tengah kondisi geopolitik yang memanas, termasuk krisis Ukraina yang berlarut-larut.
Meski terkesan sepele, benih tanaman adalah "cip" dalam sektor pertanian. Dan, plasma nutfah atau sumber daya genetik hidup, sangat menentukan keberhasilan budi daya benih.
Ketahanan plasma nutfah harus ditingkatkan menjadi level strategis dalam keamanan nasional, seperti dijelaskan Presiden China Xi Jinping pada Juli 2021. 
Pendekatan holistis dalam keamanan nasional dapat dipahami dengan jelas dalam sebuah filosofi China kuno: "Momentum dunia diliputi masa perkembangan atau kemerosotan; kondisi dunia berjalan maju atau mundur".
Dengan mengutip pepatah ini, dan kearifannya, Xi menggarisbawahi pentingnya persiapan guna menghadapi tantangan potensial, risiko, dan bahaya, serta mengambil inisiatif untuk mengatasinya.
"Gelombang pasang di dunia dapat mengalir atau menyusut; kondisi negara juga bisa makmur atau gagal."
Pepatah China ini, karya Lyu Zuqian, cendekiawan Konfusianisme, pada era Dinasti Song Selatan (1127-1279), memiliki makna bahwa sebuah negara harus waspada dan bersiap menghadapi potensi bahaya, sekalipun keadaan tenteram dan damai, mengingat perubahan cepat dalam momentum dan situasi dunia.
Para pemimpin China telah lama mengutamakan filosofi tata kelola. Bagi Presiden Xi, ketahanan pangan merupakan salah satu kepentingan yang paling fundamental di China. Sebab, China harus menyediakan bahan pangan bagi seperlima populasi dunia dengan sekitar 9% lahan subur yang terdapat di dunia.
Meski China telah meningkatkan produksi kedelai bermutu tinggi, angka impor juga menurun, sektor ini tetap menjadi titik rentan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan. Pada 2021, kedelai impor memenuhi lebih dari 85% kebutuhan dalam negeri China.
Menurut Chen, peneliti kedelai, target China adalah meningkatkan produksi tanaman kedelai hingga 50% pada tiga hingga lima tahun ke depan.
Lalu, produksi kedelai akan naik sebesar 10 juta ton per tahun, atau sepersepuluh dari volume impor China, seperti dijelaskan Chen.
https://news.cgtn.com/news/2024-02-27/Why-China-believes-seeds-are-a-matter-of-national-security-1rxB2anZk9W/p.html

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024

Penyihir Hitam Terlahir Kembali

cara menggunakan voucher shopback dari im3
Ganjar Pranowo mengatakan ada beberapa cara yang akan ditempuhnya untuk menarik minat pemuda RI menjadi petani.
Ganjar Pranowo mengatakan ada beberapa cara yang akan ditempuhnya untuk menarik minat pemuda RI menjadi petani. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowomengungkap kiatnya untuk menarik minat anak muda menjadi petani jika ia menang dalam Pilpres 2024.

Kiat ia lontarkan untuk menjawab pertanyaan dari salah satu pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Ia mengatakan menarik minat anak muda bisa dilakukan salah satunya dengan menerapkan modernisasi pertanian. Hal itu bisa dilakukan dengan mengajak anak muda dan melatih mereka hingga mencapai sumber daya manusia (SDM) yang baik.

Ia mengatakan pernah bertanya ke beberapa anak muda soal keinginan menjadi petani. Jawaban mereka beragam.

"Satu, ideologis. 'Kami akan melakukan karena kami akan tahan dan daulat.' Tapi yang lain, 'Pak, enggak menjanjikan, lebih baik jadi pegawai di Kadin', gitu. Enggak mau dia," ujar Ganjar dalam Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045, di Jakarta, Kamis (11/1).

Maka itu, menurut Ganjar, anak-anak muda harus diberikan insentif berupa pelatihan dan teknologi yang memudahkan mereka.

"Maka insentif mesti diberikan. Dengan cara itu anak muda, saya tanya 'Kenapa Anda enggak mau ke sawah? Kenapa enggak mau peternak?', 'Bau kotor' tapi ketika saya menemukan anak-anak muda yang ideologi, 'Pak kasih kami pelatihan dan teknologi pak, mudahkan," ujarnya lebih lanjut.

"Ada akademisi, ada businessman, ada government.Kalau kemudian ini bisa kita wujudkan, dapat pak," sambungnya.

Dalam 10 tahun terakhir, jumlah penduduk Indonesia bertambah 25,5 juta jiwa. Sedangkan jumlah petani berkurang 1,7 juta jiwa. Jumlah petani akan terus berkurang karena 32 persen petani berusia di atas 60 tahun.

Sedangkan anak-anak muda kurang berminat menjadi petani baru. Ekosistem pertanian juga belum baik. Sebanyak 59 persen petani menggarap lahan di bawah 0,5 hektare.

Sehingga sulit mendapatkan bibit, pupuk, dan teknologi karena kecilnya skala usaha. Di sisi lain, nilai tukar petani semakin menurun akibat rendahnya produktivitas dan masih rendahnya teknologi.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

Arus balik 2002

link slot gacor terpercaya 2022
Bursa Efek Indonesia (BEI) menginvestigasi pergerakan saham emiten Prajogo Pangestu, PT Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) usai melonjak 355 persen.
Bursa Efek Indonesia (BEI) menginvestigasi pergerakan saham emiten Prajogo Pangestu, PT Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) usai melonjak 355 persen. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bursa Efek Indonesia (BEI) menginvestigasi pergerakan sahamemiten Prajogo Pangestu,  PT Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) usai melonjak 355 persen.

CUAN melejit tak wajar dan akhirnya saham emiten Prajogo itu disuspensi pada 19 Desember 2023.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menyebut investigasi saham CUAN dilakukan oleh Divisi Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan. Sedangkan tim Penilaian Perusahaan bakal meminta keterangan dari Prajogo Cs.

"Di sini performance kita digging, pola transaksi yang bergerak itu juga dilakukan investigasi," imbuhnya.

Prajogo Pangestu memiliki 9,5 miliar lembar saham di PT Petrindo Jaya Kreasi. Kepemilikannya di CUAN mencapai 85,07 persen.

Bursa sempat bersurat dan mempertanyakan faktor apa yang membuat harga saham emiten milik Prajogo itu meroket.

Direktur Utama CUAN Michael mengaku sudah menyampaikan seluruh rencana atau aktivitas yang diperlukan. Tujuannya, agar pelaku pasar bisa benar-benar mempertimbangkan sebelum memutuskan berinvestasi.

"Menurut perseroan, dengan memperhatikan pemberitaan di media elektronik maupun konvensional, faktor yang mungkin menjadi sentimen positif terkait peningkatan harga saham perseroan adalah karena perseroan secara aktif sedang melakukan beberapa aksi korporasi," jelas Michael dalam keterbukaan informasi pada 20 Desember 2023 lalu.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)