petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

paito macau 2023

petir99 658Jutaan kata 98052Orang-orang telah membaca serialisasi

《paito macau 2023》

Dominasi Pasar E******

Data SimilarWeb memperlihatkan pada Mei 2023, Shopee dikunjungi 161 juta pengunjung, ementera Tokopedia 106 juta orang, dan Lazada dengan 70 juta pengunjung.
Hingga pertengahan 2023, aplikasi belanja Shopee tetap mempertahankan dominasi di pasar e-commerce Indonesia. (Foto: iStockphoto/Chainarong Prasertthai)
Jakarta, CNN Indonesia--

Hingga pertengahan 2023, aplikasi belanja Shopee tetap mempertahankan dominasi di pasar e-commerce Indonesia. Hal ini ditandai dengan pengunjung Shoope lebih banyak dibandingkan pemain e-commerce lainnya.

Demikian berdasarkan data SimilarWeb yang memperlihatkan pada Mei 2023, Shopee dikunjungi oleh 161 juta pengunjung. Sementara Tokopedia dikunjungi 106 juta orang, dan Lazada dengan 70 juta pengunjung.

Kemudian, Data.ai juga mencatat sepanjang 2022, shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor satu di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store, dan menjadi platform belanja online nomor satu dalam jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.

Selanjutnya, ragam pilihan layanan pengiriman (57 persen), fitur-fitur interaktif (52 persen), muncul lebih banyak potensi pelanggan (43 persen), dan banyak promo menarik (95 persen) yang diberikan oleh marketplace pada bulan Ramadan.

Dibandingkan platform e-commerce lain, lebih dari setengah responden pada riset yang sama menilai Shopee (67 persen) menempati urutan pertama di benak online seller, diikuti Tokopedia (16 persen), Lazada (6 persen), dan TikTok Shop di bawah 6 persen.

Hal ini didukung indikator lain, yaitu Brand Used Most Often (BUMO), dengan posisi Shopee pada peringkat pertama (80 persen), disusul Tokopedia (10 persen), sementara Lazada dan TikTok Shop mendapat angka 6 persen.

Beberapa aspek pendukung keunggulan itu antara lain bahwa Shopee memimpin pada faktor pertimbangan marketplace yang paling banyak menyediakan promo bagi pelanggan (62 persen). Pengaruh dari hal ini dapat dirasakan langsung, khususnya terkait peningkatan penjualan.

Riset yang sama menunjukkan, Shopee (65 persen) diasosiasikan sebagai marketplace yang memberikan omzet terbesar, berada di atas Tokopedia (16 persen), dan TikTok Shop di angka 9 persen.

Lebih dari itu, berdasarkan pilihan responden, Shopee (59 persen) juga menjadi marketplace di urutan pertama yang memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online seller, diikuti oleh Tokopedia (20 persen) di urutan kedua, TikTok Shop di angka 8 persen.

Dampak langsung dari aspek di atas dicatat oleh Snapcart, yang pada Maret lalu melalui riset 'Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023' menyatakan bahwa Shopee memiliki jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan, yakni 51 persen, diikuti Tokopedia (22 persen), TikTok Shop di angka 11 persen.

Begitu pula pada indikator nilai transaksi, Shopee menduduki peringkat pertama yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 46 persen. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia (26 persen), lalu TikTok Shop (10 persen).

Riset yang sama mengungkapkan faktor pertimbangan responden memilih e-commerce untuk berbelanja selama bulan Ramadan, yakni fitur Gratis Ongkir menempati peringkat utama (71 persen), diikuti oleh Menyediakan Metode Pembayaran COD (37 persen), Program Ramadan yang Menarik (36 persen) dan Keseruan Livestream dengan Penjual (16 persen).

Kemudian, berdasarkan survey pada awal 2023, Shopee masih menduduki posisi pertama sebagai e-commerce yang menawarkan promo gratis ongkir terbaik (62 persen), memimpin dari Tokopedia (20 persen) dan TikTok Shop (9 persen).

Adapun inovasi fitur affiliate (afiliasi) ternyata banyak digandrungi menjelang Ramadan. Dari program afiliasi yang ditawarkan berbagai platform belanja, Snapcart menemukan lebih dari setengah responden memilih Shopee Affiliate (61 persen) sebagai program afiliasi e-commerce terbaik, dengan Tokopedia Affiliate 20 persen, dan TikTok Affiliate 13 persen.

Live Shopping Shopee, Pengalaman yang Terintegrasi

Ketika live shopping yang menghadirkan interaksi langsung antara penjual dan pembeli menjadi kegemaran baru, Shopee pun serta dengan menyajikan pengalaman belanja yang terintegrasi.

Survei Populix bertajuk "Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia" yang menilik perilaku dan sikap pengguna berbelanja menggunakan fitur live streaming menyimpulkan, 69 persen responden memilih berbelanja di Shopee Live.

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live mendapatkan 30% persen suara.

Riset Populix mengungkapkan, serupa dengan berbelanja online biasa, kombinasi penawaran menarik yang tergabung dari gratis ongkir, diskon serta promo spesial, dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas menjadi faktor-faktor pendukung berbelanja melalui live streaming.

Dari riset ini juga diketahui bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85 persen), kecantikan, perawatan & kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari/FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), dan ibu dan anak/kebutuhan bayi (16 persen).

Melengkapi temuan animo tinggi masyarakat menggunakan fitur live shopping, Populix mendapati bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion & Kecantikan.

Untuk kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden, dengan TikTok digunakan 44 persen responden. Di kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, lebih tinggi dari TikTok Live (51 persen).

Temuan itu sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai oleh 66 persen responden.

Dengan seluruh fitur unggul dan inovasi yang terus dilakukan baik bagi penjual maupun pembeli, tak mengherankan jika Shopee dapat mempertahankan dominasi di tengah pertumbuhan pemain e-commerce dalam negeri.

(inh/inh)

Jangan Ketinggalan, Metro Diskon Long Weekend Surprise Mulai Hari Ini******

Metro Department Store menggelar pesta diskon bertajuk Metro Great Sale 'Long Weekend Surprise' mulai hari ini, Rabu (28/6).
Metro Department Store menggelar pesta diskon bertajuk Metro Great Sale 'Long Weekend Surprise' mulai hari ini, Rabu (28/6) (Courtesy of www.metroindonesia.com)
Jakarta, CNN Indonesia--

Metro Department Store menggelar pesta diskonbertajuk Metro Great Sale 'Long Weekend Surprise' mulai hari ini, Rabu (28/6) di berbagai cabang.

Pesta diskon ini akan digelar sampai akhir pekan, Minggu (2/7). Diskonnya mencapai 50 persen untuk aneka produk dari berbagai brand.

Lihat Juga :
Pengguna Baru Allo Bank Main di Trans Studio Dapat Cashback Rp50 Ribu

Lalu, ada juga diskon untuk pembelian produk fesyen mulai dari Columbia, Crocodile, Dresshaus, Executive, Guy, Jack Niklaus, Jobb, Laroche, Levi's, Pierre Cardin, Sasha Effendi, Wrangler, sampai Wood.

Begitu pula dengan sepatu dari Andre Valentino, Melissa, dan Zaxy serta aneka koper dari American Tourister, Delsey, Jack Niklaus Luggage, Lokel, sampai Samsonite.

Metro Department StoreMetro Department Store menggelar pesta diskon bertajuk Metro Great Sale 'Long Weekend Surprise' mulai hari ini, Rabu (28/6) (Metro Department Store)

Tak ketinggalan produk-produk rumah tangga, seperti kasur King Koil, Kinu, Serta, Tempur, dan Therapedic Spring Air, handuk Sheridan, sampai kursi pijat dari Ogawa.

Diskon juga berlaku untuk pembelian aneka peralatan dapur dari Corelle, Greenpan, Kitchen Aid, Roval Albert, Tefal, Wedgwood, dan Zojirushi.

Khusus pengguna kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah ada tambahan diskon sebesar 10 persen dan tambahan cashbackRp100 ribu dengan minimal pembelian mencapai Rp2 juta per transaksi.

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera merapat ke Metro Department Store dan buru diskon 'Long Weekend Surprise' sebelum kehabisan!

Gif banner Allo Bank
(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]

IHSG Diproyeksi Menguat Berkat Denyut Modal Asing******

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat terbatas pada perdagangan Selasa (11/7).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat terbatas pada perdagangan Selasa (11/7). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat terbatas pada perdagangan Selasa (11/7).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pola pergerakan IHSG sejatinya masih datar. Namun, rilis data cadangan devisa mewarnai pergerakan indeks saham.

"Serta masih adanya sentimen dari tercatatnya capital inflow secara year to date (ytd) yang juga akan turut menopang pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang," jelas William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan AALI, BMRI, PWON, HMSP, BBCA, ITMG, dan SMRA.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memprediksi IHSG bakal menguat hari ini. Ia meramal indeks akan bergerak di rentang 6.700-6.745.

"IHSG menguat 0,22 persen di level 6.731 pada 10 Juli 2023. Berdasarkan indikator MACD menandakan momentumbullish(penguatan)," ungkapnya.

IHSG ditutup hijau di posisi 6.731 pada perdagangan Senin (10/7). Indeks saham menguat 14,57 poin atau plus 0,22 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp7,49 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23,81 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:ceri138

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
888vipbet
rtp bang jarwo
diskon goride hari ini
dolar138 rtp
yoktogel
slot gacor malam hari ini
dunia88
pinjol bulanan terbaik
logam777
Daftar isi semua bab
Bab 1 poin365
Bab 2 angka jitu 4d
Bab 3 luxsury777
Bab 4 situs slot online terpercaya
Bab 5 id88bet
Bab 6 slot gacor deposit pulsa tanpa potongan
Bab 7 papislot
Bab 8 slot gacor depo 20 bonus 20
Bab 9 togel wayang
Bab 10 situs slot 2021
Bab 11 panen33
Bab 12 rajaremi
Bab 13 link terbaru slot
Bab 14 slot online terpercaya
Bab 15 slot game online terpercaya
Bab 16 bunga kta kilat
Bab 17 iron slot
Bab 18 situs minimal wd 25
Bab 19 pinjaman online ojk cepat cair bunga rendah
Bab 20 danakita pinjaman online
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9692bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

penerbangan putus asa

dotmaxx99
Menteri Investasi memastikan perusahaan asal AS SEG Solar Inc bersama ATW Group akan membangun pabrik panel surya dengan nilai investasi US0 juta.
Menteri Investasi memastikan perusahaan asal AS SEG Solar Inc bersama ATW Group akan membangun pabrik panel surya dengan nilai investasi US0 juta. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadaliamemastikan masuknya investasi perusahaan asal AS SEG Solar Inc bersama ATW Group (mitra Indonesia) senilai US0 juta atau sekitar Rp7,5 triliun (asumsi kurs Rp15 ribu per dolar AS) untuk membangun industri pembuatan paneldan modul surya di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah.

Kepastian itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pra-Kerja Sama antara perusahaan asal AS SEG Solar Inc bersama ATW Group (mitra Indonesia) dengan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang dilakukan oleh Direktur Utama KITB Ngurah Wirawan, CEO SEG Solar Inc Jim Wood, Founder ATW Group Antonius Weno, dan Direktur ATW Group Victor Samuel di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat di Washington, DC, AS, Jumat (23/6).

"Penandatanganan kerja sama ini adalah sebuah bentuk upaya dari Pemerintah Indonesia untuk mendorong transisi energi dan juga proses awal dalam rangka mendorong keterbukaan antara kita dengan Pemerintah Amerika Serikat," kata Bahlil dalam keterangan yang dikutip dari Antara.

Lihat Juga :
Mengenal Redenominasi Rupiah yang Sudah Disiapkan BI

Ditambah lagi dengan insentif dari Pemerintah AS kepada perusahaan yang melakukan investasi di negara rekan (friendshoring).

Perjanjian ini juga dinilai akan memperkuat kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah AS.

"Kerja sama yang akan segera direalisasikan insyaallah tahun depan ini tidak hanya akan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi namun juga mendukung transisi energi dan juga penciptaan lapangan pekerjaan," kata Rosan.

SEG Solar melalui perusahaanjoint venture-nya dengan ATW Group dari Indonesia akan membangun fasilitas manufaktur panel surya dan modul surya berkapasitas hingga 5 Giga Watt (GW). Investasi itu diperkirakan dapat menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 2.000 tenaga kerja Indonesia.

Berdasarkan data BKPM AS menempati peringkat ke-6 negara dengan realisasi investasi terbesar di Indonesia dengan total investasi US,4 miliar selama periode 2018 hingga kuartal pertama 2023.

Mayoritas investasi ditempatkan pada sektor pertambangan; jasa lainnya; listrik, gas dan air; industri kimia dan farmasi; serta industri makanan. Dari total realisasi investasi tersebut, terdapat 5.683 proyek yang menyerap tenaga kerja sebesar 82.299 orang.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Benua Kayu Dou

slot gacor 100
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada hari ini, Selasa (11/7). Berikut profil Tol Cisumdawu.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada hari ini, Selasa (11/7). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada hari ini, Selasa (11/7). Ia membanggakan jalan tol itu karena memiliki terowongan kembar 472 meter.

"Kita berada di terowongan kembar, twin tunnel, yang panjangnya 472 meter. Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pagi ini," kata Jokowi saat meresmikan Tol Cisumdawu, Selasa (11/7), dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyebut pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun, di mana duit pemerintah digelontorkan Rp9,07 triliun. Sementara itu, sisanya diambil dari kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) swasta.

"Dulu memang ini kita kerjakan bersama-sama agar jalan tol jadi, Bandara Kertajati juga jadi, berbarengan. Tetapi, sekali lagi karena urusan pembebasan lahan, Bandara Kertajati selesai, tolnya belum selesai, sehingga ini mengganggu operasional Kertajati," curhat Jokowi.

Berdasarkan situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi. Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah dan Seksi 3-6 dikerjakan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Sejatinya, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km sudah beroperasi sejak Januari 2022. Bahkan, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km) beroperasi sejak Desember 2022 di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Lihat Juga :
Jokowi Sebut Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Oktober 2023

Sementara itu, Seksi 4 hingga 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km sudah dibuka fungsional saat mudik Lebaran 2023 lalu. Kini, keseluruhan seksi Tol Cisumdawu sudah resmi beroperasi.

"Jalan Tol Cisumdawu merupakan proyek strategis nasional yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Segera operasionalkan dengan tetap mengutamakan kualitas, safety,dan estetika. Ruas Tol Cisumdawu sekaligus juga untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Selasa (23/5).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat Brawijaya turut menyinggung soal teknologi khusus yang dipakai dalam pembangunan Tol Cisumdawu, yakni geofoam EPS. Ini diterapkan pada pembangunan Seksi 5A di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Geofoam EPS merupakan material berbentuk balok-balok berbobot ringan. Teknologi ini diklaim lumrah diterapkan di luar negeri, terutama untuk menangani lapisan tanah yang labil.

"Pada Seksi 5A ini, terdapat bagian tanah labil dan berair sehingga tidak bisa ditangani dengan urugan atau konstruksi biasa. Ini yang pertama dikerjakan dengan skala massal dengan volume hampir 40 ribu m3. Timbunan ringan ini akan mengurangi risiko longsor. Kelebihan utama dari geofoam adalah bebannya yang ringan," kata Brawijaya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim Tol Cisumdawu bakal berkontribusi 6 persen pada pertumbuhan ekonomi Jabar tahun ini.

Sebelumnya, ekonomi Jabar tumbuh 4,61 persen pada kuartal keempat 2022 secara tahunan (year on year/yoy). Sepanjang 2022, ekonomi Jabar tumbuh 5,45 persen atau meningkat 3,74 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Pahlawan Terkuat dan Gadis Monster

akun paling gacor slot
Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyebut serangkaian pengujian LRT Jabodebek dilakukan dari berbagai sisi, mulai dari kesiapan sarana, prasarana, hingga SDM.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum bisa menerbitkan izin operasional LRT Jabodebek karena masih dalam serangkaian tahap pengujian. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum bisa menerbitkan izin operasional LRT Jabodebek karena masih dalam serangkaian tahap pengujian.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan serangkaian pengujian LRT Jabodebek dilakukan dari berbagai sisi, mulai dari kesiapan sarana, prasarana, hingga sumber daya manusia (SDM).

Lihat Juga :
Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Satgas Hilirisasi RI-Papua Nugini

Teranyar, Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Halim pada 22 Juni 2023 lalu.

Adita mengatakan progres kesiapan LRT Jabodebek secara keseluruhan sudah mencapai rata-rata 97 persen. Namun, harus segera diperbaiki dan disempurnakan jika ditemukan kekurangan.

Lihat Juga :
Bea Cukai Incar Jemaah Haji Asal Makassar Pamer Emas dari Arab Saudi

Jika seluruh rangkaian pengujian sudah rampung, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) bakal mengeluarkan sertifikat hasil pengujian. Setelah itu, barulah izin operasi dari Menhub Budi Karya Sumadi terbit.

LRT Jabodebek dijadwalkan beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023 mendatang. Sebelum itu, akan ada uji coba dengan tarif Rp1 pada 12 Juli hingga 15 Agustus 2023.

Adita menegaskan pihaknya bersama operator LRT Jabodebek tengah menggodok skema uji coba terbatas itu. Beberapa yang dipersiapkan, yakni waktu operasi alias berapa trip dalam sehari, kapasitas maksimal penumpang, rute perjalanan, dan beberapa aspek lain.

"Kami terus berkoordinasi intensif dengan operator LRT, konsultan pengawas, dan pihak terkait lainnya untuk mempersiapkannya dengan matang. Sehingga pada saat uji coba nanti dapat berjalan dengan mulus tanpa hambatan sampai nantinya beroperasi secara komersial," ujarnya.



(skt/fra)

[Gambas:Video CNN]

Dewa pejuang pertanian

888vipbet slot
DKI Jakarta menggelontorkan anggaran Rp78 miliar untuk penerapan teknologi artificial intelligence alias AI di lampu lalu lintas 20 persimpangan di ibu kota.
DKI Jakarta menggelontorkan anggaran Rp78 miliar untuk penerapan teknologi artificial intelligence alias AI di lampu lalu lintas 20 persimpangan di ibu kota. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub)DKI  Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan anggaranpemasangan teknologi artificial intelligencealias AIsebesar Rp78 miliar.

Uang tersebut dipakai untuk pemasangan teknologi AI pada lampu lalu lintas di 20 simpang jalan Ibu Kota dan ruang kontrol di lantai 16 Gedung Dinas Perhubungan, Gambir, Jakarta Pusat.

Syafrin mengklaim penggunaan AI itu efektif mengurangi kemacetan di persimpangan jalan.

Ia pun mencontohkan manfaat AI di Jalan Gunung Sahari-Jalan Dokter Sutomo (MBAL). Menurutnya dengan bantuan AI, arus lalu lintas pada sore hari dari sisi selatan sudah dapat mengalir lebih lancar ke arah utara.

Secara bentuk, kata Syafrin, AI ini merupa kamera pengenal plat nomor otomatis (ANPR) yang terlihat mirip dengan kamera pemantau pelanggaran lalu lintas otomatis (ETLE) dari kepolisian. Namun, kamera ini terletak pada 100 meter sebelum simpang jalan.


"Jadi di 20 simpang, ada yang simpang lima, ada yang simpang empat, simpang tiga. Jadi di kaki persimpangan itu jaraknya sekitar 100 meter, kamera ANPR kita pasang. Itu untuk memonitor berapa traffic volume yang masuk di kaki simpang itu," ujar Syafrin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan penerapan AI ini dilakukan secara mandiri oleh Dishub DKI Jakarta, bukan dengan kerja sama Google Indonesia.

Cara kerja alat AI yang berbentuk kamera ANPR ini sifatnya sistem yang menghitung volume lalu lintas yang masuk di setiap kaki persimpangan, lalu sistem akan menghitung siklus waktunya.

"Kemudian diberikangreen time(waktu lampu hijau lebih lama) kepada satu simpang yang terpadat. Itu langsung diberikan waktu prioritas untuk melintas," ujar Syafrin.

[Gambas:Video CNN]

Adapun 20 titik lokasi yang sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan atauartificial intelligence (AI)antara lain Jalan Jembatan 2 Raya-Jalan Tubagus Angke, Jalan Kyai Tapa-Jalan Daan Mogot (Grogol), Jalan S Parman-Jalan Tomang Raya, Jalan S. Parman-Jalan KS. Tubun-Jalan Gatot Subroto (Slipi), dan Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasuna Said (Kuningan).

Lalu Jalan Gatot Subroto-Jalan Supomo (Pancoran), Jalan MT haryono-Jalan Sutoyo (Cawang Uki), Jalan DI Panjaitan-Jalan Kalimalang, Jalan Ahmad Yani-Jalan Utan Kayu (Rawamangun), Jalan Ahmad Yani-Jalan Pemuda-Jalan Pramuka, Jalan Ahmad Yani-Jalan H. Ten, dan Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Letjen Suprapto.

Kemudian Jalan Senen Raya-Jalan Kwitang (Senen), Jalan Gunung Sahari-Jalan Wahidin, Jalan Gunung Sahari-Jalan Dokter Sutomo (MBAL), Jalan Gunung Sahari-Jalan Angkasa-Jalan Samanhudi , Jalan Gunung Sahari-Jalan Mangga Besar (Kartini), Jalan Gunung Sahari-Jalan Pangeran Jayakarta, Jalan Gunung Sahari-Jalan Mangga Dua, dan Jalan Perniagaan Raya-Jalan Pasar Pagi Flyover (Jembatan Lima).

(mrh/agt)

Erha mengembara di dunia lain

pola maxwin starlight
BPKP tengah mengevaluasi laporan keuangan PT Waskita Karya (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) atau Wika yang dituding dimanipulasi.
BPKP tengah mengevaluasi laporan keuangan PT Waskita Karya (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) atau Wika yang dituding dimanipulasi. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tengah mengevaluasi laporan keuangan PT Waskita Karya(Persero) dan PT Wijaya Karya(Persero) atau Wika yang dituding dimanipulasi.

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh mengatakan proses pemeriksaan terus bergulir. Menurutnya, untuk mendapatkan hasil membutuhkan waktu cukup lama.

"Sudah diproses. Lagi dievaluasi," ucapnya singkat saat ditemui di Kompleks DPR RI, Jakarta, Senin (26/6).

Terkait dugaan manipulasi laporan keuangan Waskita dan Wika, Menteri BUMN Erick Thohir pun siap menindak tegas jika hal itu benar terjadi. Bahkan, ia tak segan untuk membawa kasus tersebut ke ranah hukum.

Erick mencontohkan saat ada manipulasi keuangan PT Garuda Indonesia Tbk pihaknya langsung menindak secara pidana.

"Sama juga kalau ada laporan keuangan bukan hanya di Waskita dan Wika, sudah pasti kami akan lakukan yang namanya tindakan hukum keras," ucapnya di Kompleks DPR RI, Jakarta, Kamis (15/6) lalu.

Menurut Erick, dalam menghadapi masalah hukum tidak boleh pandang bulu. Pasalnya, hal itu akan membuat kepercayaan publik jatuh.

Dugaan manipulasi laporan keuangan Waskita Karya dan Wika mulanya dilontarkan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo.

Tiko, sapaan akrabnya, menyebut laporan keuangan dua BUMN karya itu tidak sesuai dengan kondisi riil. Pasalnya, di laporan kondisi keuangan masih menyebut kondisi mereka selalu untung.

Padahal, cash flow perusahaan tidak pernah positif.

[Gambas:Video CNN]

"Sebenarnya ini apakah memang pelaporan keuangan selama ini riil atau jangan-jangan perlu restatement karena selama ini laporan keuangannya tidak riil. Ini kami akan ada restatement," ujar Tiko.

Tiko berjanji bakal menuntut manajemen yang membuat laporan jika hasil investigasi menunjukkan terdapat pemalsuan laporan keuangan.

"Apabila memang ada fraud dari sisi pelaporan keuangan kami bisa lakukan tindakan tegas dengan kerangka governance yang ada," ucapnya.

Di sisi lain, VP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita menuturkan dalam penerbitan laporan keuangan, sebagai perusahaan publik pihaknya selalu mengacu kepada ketentuan perundangan yang berlaku.

Selain itu, perusahaan berkode emiten WSKT itu juga telah mengikuti peraturan Badan Pengawas Pasar Modal serta Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Sebelum melakukan penerbitan Laporan Keuangan, perseroan juga sudah melakukan beberapa tahapan dan juga proses audit oleh Akuntan Publik yang terdaftar di OJK sebagai Auditor Independen untuk pemenuhan kewajiban sesuai ketentuan OJK," ungkap Ermy.

Terkait Kementerian BUMN yang tengah melakukan investigasi bersama BPKP terkait manipulasi laporan keuangan tersebut, Ermy menyebut pihaknya menyerahkan sepenuhnya kewenangan itu kepada Kementerian BUMN selaku pemegang saham seri A Waskita Karya.

Lihat Juga :
Kemenkeu Bongkar Alasan Jokowi Naikkan Tunjangan PNS Bappenas Cs

"Manajemen WSKT mendukung penuh langkah-langkah yang dilakukan oleh Kementerian BUMN untuk memperbaiki kondisi WSKT menjadi lebih baik," katanya.

Segendang sepenarian, Sekretaris Perusahaan Wika Mahendra Vijaya menuturkan dalam hal penyusunan laporan keuangan perseroan selalu mengacu kepada ketentuan perundangan yang berlaku.

Selain itu, dalam menyusun laporan itu Wika juga berupaya penuh untuk menyesuaikan dengan kaidah-kaidah akuntansi yang berlaku di Indonesia.

"Serta setiap laporan keuangan perseroan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik sebagai Auditor Independen," ucapnya.

(mrh/agt)

Sistem yang paling kuat

judi slot online garuda999
China tak lagi memaksa Indonesia untuk menggunakan APBN sebagai jaminan utang terkait Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
China tak lagi memaksa Indonesia untuk menggunakan APBN sebagai jaminan utang terkait Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Ilustrasi. (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

China disebut melunak dan tak lagi memaksa Indonesia untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai jaminan utang terkait Kereta CepatJakarta-Bandung (KCJB).

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto menegaskan Indonesia dan China Development Bank (CDB) sudah sehati soal pinjaman utang untuk pembengkakan biaya kereta cepat. Seto memastikan APBN sudah tak lagi diminta jadi penjamin.

"Sekarang sudah enggak (China minta jaminan APBN), pakai PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) sekarang, sama kayak yang lain. PII sudah oke, siap. Pokoknya enggak beda jauh dengan PLN, Mandalika, segala macam," katanya kepadaCNNIndonesia.comdi kantor Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Senin (26/6).

Bahkan, Seto mengungkapkan bunga utang pinjaman tersebut sudah turun lagi dari kesepakatan terakhir 3,4 persen. Ia menyebut CDB sepakat menurunkan bunga utang tersebut ke angka 3,2 persen.

Meski tidak sesuai target awal hingga 2 persen, Seto berdalih angka 3,2 persen sudah ideal di era sekarang. Ia membandingkan tenor dengan suku bunga yang ditawarkan Pemerintah AS, di mana jauh lebih tinggi dari tawaran China.

"Sudah, sudah beres. Sekarang 3,2 persen, sepakat 3,2 persen. Insyaallah deal, sampai kita tanda tangan. Tanda tangan belum, kan ada prosesnya, tapi ini sudah kesepakatan," tegas Seto.

Lihat Juga :
Erick Thohir: Presiden Jokowi Putuskan Kereta Cepat Gratis 3 Bulan

"Sekarang Pemerintah AS kalau menerbitkan obligasi bunganya berapa? Ini kita dapat kan 45 tahun, obligasi AS untuk 30 tahun deh berapa bunganya? 3,9 persen. Jadi, bunga yang dikasih ke kita lebih rendah dibandingkan bunga obligasi Pemerintah AS. Menurut saya tawaran yang diberikan CDB sudah oke banget," sambung anak buah Luhut itu.

Menurutnya, sulit untuk mencapai kesepakatan bunga utang di angka 2 persen, seperti pada 2017 lalu. Pasalnya, suku bunga global saat ini sudah berbeda.

Dengan begitu, pemerintah berpikir rasional dengan membandingkan tawaran China dan produk AS. Selisih tersebut yang akhirnya memantapkan Indonesia berutang ke Negeri Tirai Bambu.

"Jadi, saya bandingkan sama Pemerintah AS saja. Dulu waktu 2017, waktu kita dapat 2 persen, Pemerintah AS kasih 2,7 persen-2,8 persen. Jadi, selisihnya itu yang kita lihat dan itu cuma 30 tahun. Ini kan kita 45 tahun dan 15 tahun grace period, kita enggak perlu bayar cicilan dulu selama 15 tahun awal. Kalau dibandingkan dengan Pemerintah AS, lebih murah. Mau cari di mana lagi coba?" tutupnya.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan China kekeh meminta APBN jadi jaminan pinjaman utang KCJB. Namun, Luhut tak mengamini tuntutan China tersebut.

"Memang masih ada masalah psikologis ya, jadi mereka (China) maunya dari APBN. Tapi kita jelaskan prosedurnya akan panjang. Kami dorong melalui PT PII karena ini struktur yang baru dibuat pemerintah Indonesia sejak 2018," ujar Luhut dalam konferensi pers di Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Senin (10/4).

"Ada masalah itu, tapi kalau dia (China) mau tetap APBN, ya dia akan mengalami (prosedur) panjang. Itu sudah diingatkan dan mereka sedang mikir-mikir," tambahnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)